TRAVELLERS
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
Total Views: 1757 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

Dwyane - 05/01/2012 10:27 AM
#1
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
Quote:
sundulgans sundulgans sundulgans
Mohon Comment dan Ratenya ya gan
ck


Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
☆ We Never Give Up ☆

Quote:
Quote:
Mohon Maaf jika terjadi reposts dalam pembuatan thread ini, ane hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan


Quote:
iloveindonesias Taman Nasional Wakatobi iloveindonesias
Quote:
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan[QUOTE]
Taman Nasional Wakatobi ini sendiri terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara,Ibu kota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut.
Spoiler for Wakatobi
[CENTER]Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan


Sebelum 18 Desember 2003, kepulauan ini disebut Kepulauan Tukang Besi dan masih merupakan bagian dari Kabupaten Buton. Secara astronomis, Kabupaten Wakatobi berada di selatan garis khatulistiwa dan seperti daerah lain di Indonesia, Wakatobi memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Taman Nasional Wakatobi yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata yang sudah lama dikenal dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slop, flat, drop-off, atoll dan underwater cave.

Spoiler for Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

Spoiler for Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

Spoiler for Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

[/CENTER]


Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya Acropora formosa, A. Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp yang tinggal harmonis bersama penghuni bawah laut lainnya.

Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan diantaranya (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.

Taman Nasional Wakatobi juga menjadi tempat beberapa jenis burung laut seperti Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus), Cerek Melayu (Charadrius peronii) dan Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) bersarang. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Spoiler for Wakatobi
[CENTER]Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

Spoiler for Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

Spoiler for Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan



Perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari Manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari Manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis.

Keberadaan 25 buah gugusan terumbu karang dan kedalaman yang ideal menjadikan perairan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi tempat yang ideal bagi berbagai jenis biota laut untuk tinggal, menjadikan penghuni laut di sini memiliki nilai estetika dan konservasi yang tinggi.

Secara spesifik Taman Nasional Kepulauan Wakatobi dikeliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km serta obyek wisata pantai yang sangat potensial untuk dikelola, tersebar di seluruh wilayah Wakatobi. Jadi bukan tanpa alasan jika kawasan pantai di Wakatobi sangat cocok untuk wisata seperti diving, snorkeling, berenang dan memancing.[/CENTER]
[/QUOTE]


Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan

Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan MAMPIR JUGA GAN! Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
My Social Media
Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
Dwyane - 05/01/2012 10:27 AM
#2

Pengalaman salah satu agan kaskuser \)

Quote:
Original Posted By pitik goreng
Diving ke Wakatobi memang asyik, sayangnya kalau kurang informasi, maka akan banyak keluar biaya.
Perlu diperhatikan bahwa Wakatobi terdiri dari 4 pulau besar yang saling terpisah jauh dengan jarak perjalanan laut lebih kurang 2-4 jam per-pulaunya, jadi sebelum ke Wakatobi, pastikan dulu Pulau/Daerah yang hendak dikunjungi.

Untuk ke Wakatobi, kita bisa menggunakan penerbangan Ekspres Air yang bisa diakses melalui bandara Hasanudin Ujung Pandang. tiketnya sekitar 600 sampai 800 ribuan.

Karena Bandara besarnya hanya ada di Pulau Wangi-wangi, disinilah bagi mereka yang kurang informasi akan jadi masalah, mengingat di Pulau Wangi-wangi spot divingnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan 3 pulau utama lainnya.

jadi, kumpulkan info sebanyak-banyaknya untuk dapat menikmati "Surga Bawah Laut Wakatobi".


Quote:
Original Posted By pitik goreng
Lanjutan...

jalur ke Wakatobi selain bisa dilakukan dengan naik pesawat, dapat juga dilakukan dengan Kapal Laut Pelni.
perjalanan bisa dimulai baik dari Tanjung Priok maupun Tanjung Perak.. ( bagi mereka yg dari P.Jawa).. menggunakan Kapal pelni sesuai dengan jadwal yang ada.

Dari P.Jawa perjalanan dilakukan sampai pelabuhan Baubau, dari sini kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal tradisional yang pelayarannya sekitar pukul 21.00 WITA dan jarak tempuh laut selama 8-10 jam dan dimungkinkan sampai di Wanci (Wangi-wangi) pada keesokan harinya.
Perjalanan lainnya juga dapat ditempuh dari Kendari (Ibukota Provinsi Sultra) tetapi, pelayarannya tidak untuk setiap hari, kalau tidak salah hanya untuk hari senin dan jumat saja.

Sesampainya di pelabuhan Wanci, usahakan mencari informasi dimana ada hotel yang telah menyediakan prasarana selam/snorkling, salah satunya ada hotel yang terdapat klub selam yang menyediakan peralatan selam/snorkling yang memadai. ini tentunya bagi mereka yang tidak merencanakan untuk menuju ke 3 pulau uatama lainnya.

Tetapi di club selam tersebut juga telah menyediakan/menyelenggarakan paket selam sesuai dengan keinginan para traveler. Biasanya paket yang tersedia untuk 4-6 orang sekaligus dengan biaya diatas 3.000.000,- an per orang.

Peace: Peace:







Komentar lain ditunggu \)
Gielovant - 05/01/2012 10:34 AM
#3

adem ganss liat nya..

mupeng pengen kesana...

indonesia timur emang selalu memukau gan pesona lautnya iloveindonesias

moga HT ya gan...

:rate5 datang
Dwyane - 05/01/2012 10:36 AM
#4

Quote:
Original Posted By Gielovant
adem ganss liat nya..

mupeng pengen kesana...

indonesia timur emang selalu memukau gan pesona lautnya iloveindonesias

moga HT ya gan...

:rate5 datang


sama gan o

Iya ya, indonesia timur rajanya tempat beginian D

Makasih bang cendols
DerrickRose - 05/01/2012 10:42 AM
#5

Surganya yang keren2 memang indonesia ini gan iloveindonesias
homerMaenKaskus - 05/01/2012 10:45 AM
#6

matabelo: jernih bener aernya. Pengen sekali2 ke situ, tapi jauh juga ya harus ke sulawesi
Dwyane - 05/01/2012 10:49 AM
#7

Quote:
Original Posted By DerrickRose
Surganya yang keren2 memang indonesia ini gan iloveindonesias

iya gan, salut ya ma indo D
Quote:
Original Posted By homerMaenKaskus
matabelo: jernih bener aernya. Pengen sekali2 ke situ, tapi jauh juga ya harus ke sulawesi

Sama bang, bareng2 aja yuk biar seru kisss
Toxz2710 - 05/01/2012 11:29 AM
#8


kyknya enak nih kalo pengen nyelam disana genit:
yandhi_gila' - 05/01/2012 11:34 AM
#9

jelas kalo wakatobi ntu :thumbup














iloveindonesia
Dwyane - 05/01/2012 11:39 AM
#10

Quote:
Original Posted By Toxz2710

kyknya enak nih kalo pengen nyelam disana genit:

Memang gan jernih mancap D
Quote:
Original Posted By yandhi_gila'
jelas kalo wakatobi ntu :thumbup














iloveindonesia


Yoiii D
z.mubarok45 - 05/01/2012 12:53 PM
#11

jernih banget tuh gan airnya bagus nih untuk honeymoon :matabelo
mr.matrixs - 05/01/2012 01:10 PM
#12

wah mantep tuh wakatobi, indonesia emg tak kalah pesona sm luar negeri iloveindonesia Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
wiraspy - 05/01/2012 01:53 PM
#13

CAESAR.Utd - 05/01/2012 03:49 PM
#14

WoooooW Aer lautnya Bagus banget Gan, jernih :matabelo
kapan yak ane bisa kesana hammer:
:rate5 SEND shakehand
Startrii - 05/01/2012 10:43 PM
#15

indah banget dah kepulauan wakatobi :2thumbup Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
kepitingjawa - 06/01/2012 07:33 AM
#16

Keren banget gan matabelo:

Yang kaya gini emang perlu di promosikan thumbup:







Congratulation ! Your Thread Just Visited By. TRAVEL LOVERS 1 Second ago .
soksd - 06/01/2012 02:44 PM
#17

Jhonharis - 06/01/2012 02:49 PM
#18

wakatobi.. pilihan oke untuk berwisata. D reserved.
balebale1 - 06/01/2012 05:19 PM
#19

willywinarta - 06/01/2012 05:31 PM
#20

sama kayak thread ane,beda isi doang hammer:
Emang keren wakatobi Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > TRAVELLERS > Taman Nasional Wakatobi, Sektor Wisata Indonesia Yang Tak Boleh Diremehkan