Inspirasi
Home > LOEKELOE > LIFESTYLE > Inspirasi > Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi
Total Views: 12591 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 14 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

rudal3131 - 10/03/2009 10:12 AM
#61
Tips/Cara Menyimpan/Menabung Uang Di Bank Dan Investasi Bisnis Demi Masa
Tips/Cara Menyimpan/Menabung Uang Di Bank Dan Investasi Bisnis Demi Masa
adhari hanani taufik hanani kurniadi hanani

Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan. Semakin banyak duit yang ditabung maka semakin baik. Ada pepatah yang mengatakan "hemat pangkal kaya", ini maksudnya apabila kita rajin menyimpan banyak uang dan hidup sederhana tidak berlebihan maka pada akhirnya kita akan dapat menikmati hasil yang membahagiakan.

Jangan lupa bahwa menabung ada batasnya. Bayarlah kewajiban pajak dan zakat anda sebelum menabung serta mengamalkan sebagian uang kita untuk ibadah agar lebih bahagia di kehidupan selanjutnya kelak.

Membiasakan diri menabung dari kecil akan dapat membentuk sifat hemat, berfikir jauh ke depan, tidak egois, sabar, dan lain sebagainya. Untuk itu jika kita memiliki anak maka didiklah anak kita supaya menjadi penabung yang ulung. Tetapi hindari hemat yang berlebihan atau kekhawatiran pada persepsi kebutuhan masa depan yang negatif agar kita tidak menjadi orang yang memiliki sifat pelit atau kikir.

Berikut ini adalah beberapa tips menabung uang yang mungkin berguna bagi anda :

1. Menabung di Bank Yang Terpercaya

Menabunglah di bank agar uang yang kita simpan aman selalu dari para penjahat. Menabung di bank mungkin akan memberikan kita keuntungan bunga bank atau bagi hasil usaha karena uang yang kita setorkan digunakan pihak bank untuk investasi.

Sebaiknya anda menabung di beberapa bank yang berbeda jika uang anda jumlahnya cukup banyak di bank yang bonafid agar uang anda tidak hilang jika tiba-tiba bank tersebut dilikuidasi atau melakukan tindak kecurangan. Dengan menabung di bank yang berbeda maka anda bisa tetap melakukan transaksi ketika suatu bank sedang mengalami masalah.

2. Simpan Uang Receh Anda Yang Tidak Terpakai

Ketika punya banyak uang receh sebaiknya sebagian anda simpan di suatu tempat yang aman dari tangan-tangan jahil termasuk tangan jahil anda sendiri. Ketika jumlahnya sudah banyak anda bisa memasukkannya ke rekening bank atau tetap anda simpan. Lupakan uang receh itu seolah-olah mereka tidak ada atau mereka hanyalah benda tak berguna agar anda tidak tertaris untuk membelanjakannya.

Anda bisa memulai hobi baru dengan mengumpulkan uang receh seperti paman gober bebek di mana anda bisa mendapatkan kepuasan batin ketika melihat uang-uang itu dan merasa betapa kayanya anda. Namun jumlahnya jangan banyak-banyak. Ketika diperlukan mendadak dan genting, uang tersebut dapat anda pakai tanpa harus meminjam pada orang lain, pergi ke mesin atm, mengantri di bank, menunggu gajian, dan lain-lain.

3. Jangan Menabung Uang Terlalu Banyak >--- Investasi

Batasilah menabung uang dalam bentuk cash dalam tabungan biasa atau deposito agar uang yang anda miliki idak terus berkurang nilainya dimakan waktu dan inflasi walaupun secara nilai uang anda terus bertambah dari waktu ke waktu.

Jumlah yang ada di buku tabungan anda batasi karena terlalu banyak uang yang anda timbun maka semakin rugi anda karena bunga di bank lebih kecil dari tingkat inflasi sehingga dalam jangka waktu lama uang anda akan semakin kecil nilainya.

Jalan keluar yang baik adalah berinvestasi pada sesuatu yang dapat menguntungkan banyak orang lain seperti membuka suatu usaha yang banyak memberi kesempatan kerja bagi orang lain. Daripada kita melakukan investasi pada properti, bermain forex / valas, deposito, saham, dsb lebih baik kita membuka usaha yang anda kuasai dan yakin akan memberi keuntungan besar.

Senang melihat orang lain senang adalah inti dari semuanya. Ada suatu kepuasan batin tersendiri ketika orang yang kita pekerjakan hidup bahagia. Berbagilah dengan sesama manusia dengan uang yang kita miliki daripada.

4. Hilangkan Emosi Sesaat, Gaya Hidup Boros Dan Gengsi Anda

Kartu kredit adalah salah sumber potensi bencana yang sangat besar. Dengan kartu kredit anda bisa seenaknya melakukan pengeluaran yang tidak perlu dan anda tersadar dengan lilitan hutang yang mencekik urat leher di mana semua telah berakhir dan penyesalan datang selalu di akhir. Para debt collector / penagih hutang pun akan dengan senang hati meneror hidup anda dan keluarga bahkan teman, tetangga, teman kantor, bos, dsb. Sebaiknya gunakan kartu debit / kartu atm namun tetap dengan bijaksana.

Hidup sederhana adalah kunci kebahagiaan. Hidup yang terlalu gelamor, penuh gengsi, suka pamer kekayaan, senang dipuja-puji orang lain, dan sebagainya hanya akan menjerumuskan anda pada kebodohan dan kemiskinan di masa mendatang. Jadilah oang yang low profil / rendah diri tetapi bila orang lain tahu kenyataan pada diri anda makan orang itu akan terkagum-kagum.

Ketika anda sedang memiliki banyak rezeki, maka sebagainya anda tidak berfoya-foya seperti meningkatkan standar hidup secara drastis, suka traktir, suka membantu / menolong orang lain untuk mendapat pujian, dll. Ketika seseorang sedang sukses mendapatkan penghasilkan yang besar umumnya dia akan meningkatkan pola konsumsi sehingga pengeluaran pun akan turut serta membengkak.

Sebelum membeli sesuatu sebaiknya ada pikir berjuta-juta kali agar anda tidak menyesal kelak. Misalnya ada penawaran khusus suatu barang yang mahal sehingga jadi terlihat murah maka anda harus bertanya apakah barang itu akan terus-menerus anda gunakan dalam jangka panjang? dan apakah nilai produk jauh lebih besar dari harganya?. Terkadang kita baru sadar setelah membeli ternyata kita tidak menggunakannya terus menerus darena cepat bosan atau ternyata tidak penting.

5. Lakukan Perencanaan Hidup Yang Matang

Buatlah tahapan-tahapan dalam hidup anda secara mendetail serta nilai uang yang dibutuhkan untuk menggapainya seperti untuk sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, menikah, membeli kendaraan, berobat, biaya sekolah anak, biaya makan, rekreasi, membuka usaha dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan semakin bijak dalam melakukan pengeluaran setelah tahu seberapa besar dana yang anda butuhkan kelak.

Apabila anda dapat melewati itu semua maka di masa depan anda akan bahagia di mana anda telah melewati tahapan kehidupan anda dengan baik serta saat pensiun memiliki usaha yang dapat diandalkan walaupun anda tidak ikut campur di dalamnya.

Jadi mau pilih mana? Masa depan sengsara atau masa depan bahagia?

Sekian tips menabung dari situs web organisasi.org ini, semoga tip ini dapat membantu anda dalam menabung agar masa depan anda terus dapat selalu bahagia tanpa kesulitan ekonomi.

Artikel Tambahan Yang Sangat Berguna :
rudal3131 - 10/03/2009 10:13 AM
#62
Sering seseorang bilang kalau dia sedang berinvestasi
Sering seseorang bilang kalau dia sedang berinvestasi, padahal sebenarnya yang dilakukannya adalah menabung. Jadi apa bedanya menabung dengan berinvestasi?

adhari hanani

Menabung secara mudah diartikan sebagai menyimpan uang di bank, definisi yang mencakup pula deposito. Jadi biarpun membuka deposito, ini masih digolongkan sebagai menabung.

Menabung masih menjadi cara yang banyak dipilih untuk menyimpan uang. Ini disebabkan setidaknya 2 hal. Pertama, menabung dianggap sebagai metode yang aman. Ini bisa benar, bisa juga tidak. Beberapa kasus bank bermasalah menjadi bukti kalau menabung tidak sepenuhnya aman. Kedua, kurangnya pengetahuan akan instrumen-instrumen lain. Karena tidak tahu maka yang lain ini dianggap memiliki resiko besar hingga akhirnya dihindari.

Padahal resiko itu semestinya dikelola dan bukannya dihindari. Karena dalam kenyataan hidup sehari-hari manusia tidak akan pernah lepas dari resiko. Dan cara paling baik mengelola resiko keuangan adalah dengan memiliki pemahaman atas berbagai instrumen investasi.

Menabung yang dianggap minim resiko sebenarnya menyimpan resiko sangat besar karena sifatnya itu sendiri. Sebagai contoh ada seorang karyawan menyimpan sebagian uangnya di deposito untuk nanti digunakan membayar uang muka mobil. Deposito itu memberikan bunga 6%/tahun.

Katakanlah usia deposito sekarang sudah setahun, imbal balik yang akan diterima si karyawan tidak akan 6%. Pemerintah menetapkan pajak bunga deposito yang lumayan tinggi, hingga akhirnya imbal setelah dikurangi pajak akan berkisar 4.7%.

Kemudian anggap inflasi tahun itu setinggi 7%. Ujungnya, uang si karyawan justru mengalami penyusutan 2.3% dibanding dengan besar inflasi. Padahal niat menyimpan uang di deposito tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan nilai uang. Jadi bisa diprediksi jumah uang yang disimpan teratur di deposito tidak akan mampu mencapai besar uang muka mobil yang setiap tahun pasti mengalami peningkatan seiring angka inflasi.

Cara untuk mensiasati kenyataan ini adalah dengan berinvestasi. Investasi merupakan upaya untuk mendapatkan imbal balik yang mampu mengalahkan imbal balik bank dan inflasi. Bentuk investasi pun jadi bermacam-macam, termasuk reksadana, beli obligasi, berinvestasi di saham, beli tanah, dan lainnya.

Apa kemudian menabung tidak perlu? Menyimpan uang di bank tetap diperlukan, namun pastikan juga untuk menginvestasikan sebagian dana di instrumen
aagun2006 - 12/03/2009 08:02 AM
#63

sip inspiratif banget nih ...
CoolzBlues - 12/03/2009 09:51 AM
#64

Inspiratif, terimakasih untuk Vitamin Otak hari ini, Yups SUKSES!
MaXXimum^MaXX - 14/03/2009 03:23 AM
#65

great wisdom as usually. learn something from the best. thks andrie wongso
berli86 - 14/03/2009 10:20 PM
#66

wew nice,,,,semoga kita sukses selalu,,,
badak2008 - 15/03/2009 12:58 AM
#67

seep pak....
654987 - 25/03/2009 10:23 PM
#68

tetap semangat sepanjang hari D
diarypink - 09/07/2009 11:23 PM
#69

Setuju Pak Andrie... dlm hidup kita harus bs ngomong "Inipun akan berlalu" pd saat sukses maupun gagal. Jd pas sukses ga lupa diri, dan pas gagal jg ga jd depresi
Guild Navigator - 11/07/2009 11:15 PM
#70

Pak Andrie Wongso...

apakah terus menerus mempertahankan semangat itu baik???
Bimarpradana - 19/07/2009 05:52 PM
#71

salut buat pak andri wongso...beer:
godzilla22 - 19/07/2009 07:50 PM
#72

Quote:
Original Posted By cippie
tumben bikin tred lagi...DDDD kirain udah malu ketauan begonya soal tipp-ex..DDDDD


udah bego masih banyak yang ngejilat lagi...DDDDD


hm..
ini kamsudnya apa ya??
Xerozita - 25/07/2009 11:32 AM
#73

iyap itu betul Pak
dragonite9 - 29/07/2009 01:24 AM
#74

makanya jgn sombong am yg lu pny skrg..
StarSoul - 30/07/2009 11:22 PM
#75

Iya ni kata2 bener banged.. bener2 bener banged..
thanks Mr. AW, SDTT, TBS.

By StarSoul si sup2:
kingstairz - 01/08/2009 12:18 AM
#76

suksess dehh beer:
benksept - 08/08/2009 07:35 PM
#77

betul gan " Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi"
Marx_ssa - 12/08/2009 02:12 PM
#78

Makasih atas motivasinya
nubit - 12/09/2009 06:31 PM
#79

MeneerWongso, Bius sukses memang sangat meninabobokkan. Sukses yang saya bina dengan terbata bata, karena lalai sejenak saya jatuh duduk terhenyak. Tanki bahan bakar sukses saya retak dan rembes tak terdeteksi, sementara itu saya masih bergaya sok aksi. Ketika saya sadar apa yang terjadi semuanya sudah terlambat. Saya terperosok kejurang hutang karena piutang saya membatu.Dibawah bayang bayang putih motivasi Meneer saya mencoba bangkit untuk meraih kembali kisah sukses yang sirna sambil bergumam: Que serra Serra!
PhiArC - 13/09/2009 12:50 AM
#80

kta-kta nya mantap bgt...
pnuh inspirasi D
emank c klo ari gagal, harapan utk sukses esok ari ttp terbuka lebar..cm prlu erja keras yang lebih lg utk meraih sukses..D
iloveindonesia
Page 4 of 14 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > LIFESTYLE > Inspirasi > Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi