Kalimantan Barat
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Barat > ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
Total Views: 16908 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 138 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#1
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ►
Selamat Datang Ke
Sambas,
Kote Besejarah, Alwatzhikoebillah
◄ஜ۩۞۩ஜ►

Quote:
[CENTER]◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Peta Kab.Sambas[/CENTER]


Quote:
Sekapor Sirreh
Spoiler for Sekapor Sirreh
Quote:
Sambas, sebuah kote kaccik yg berade di wilayah pemerentahan Kalimantan Barat, sebuah distrik yang di jaman gek marek merupekan pusat pemerentahan Kerajaan Melayu Sambas, istane kerajaan tappat didappan persimpangan tige buah sungai, yg embantok muare, yang sampai kinni tok disabbut Muare Ulakkan.

Quote:
Kerajaan Sambas tebantang di Selatan dari mule kawasan Sungai Durek ( Sungai Duri sekarang ), sampai ke utare ekok pulau Kalimantan di Paloh, di seballah Barat tebantang Laut Cine Selatan, sadangkan di Utare, ngan Kerajaan Serawak.
Quote:

Ekonomi urrang gek dolok kebanyakan dari hasel tambang dangan hasel uttan,dangan kerajjaan tattapnye sebagai petani.Gayye di jajah Belande, Nagri Sambas mule kacau, sampai akhernye Jappang masok, rusaklah Kesultanan Sambas.


Quote:
Kinni tok, Sambas dah balik agek, merentah wilayahnye sorang, tattap dangan kote Sambas sebagai ibukotenye, walau ade sebagian yg maccah ngikut Kabupaten Bengkayang.Perekonomian udah bagus lah juak, walau mun nak di bandingkan dangan wilayah lain maseh jaoh nye urrang, tapi Alhamdulillah, kite-kitte ndak begantong agek dangan daerah laing.

Quote:
Sambas kinnitok wilayahnya ndak same macam gek marek, seballah selatan sampai Selakau nak ang, seballah utare sampai tanjong datok, yg kinni tok ade kampong kaccik disie,yg tekannal dangan Temajok, iye mukke Sambas ye, barrang jak betammu dangan batas negare Malaysia, lalu ballah Barat tattap ngan laut, ndak bise berubah lah yak, lalu yg timur ngan Negare Malaysia dangan Kabupaten Bengkayang.


Quote:
Gayyelah kire-kire pungkak ceritenye long e, mun ade salah kate, mintak maaf ajaklah i, maklom, jak rase nak an rambus gillak nulis pakai Bahase Sambas..
Peace:


Quote:
Sejarah Sambas

Spoiler for Sejarah Sambas
Quote:
Sambas, yang dari berbagai sumber tertulis merupekan sebuah kerajaan yg cukup bassar, dan cukup tue, sampai-sampai di dalam kitab Negara Kertagama karye Prapanca, udah bediri sejak abad ke 13 Masehi.Namun pade jaman iye Kerajaan Sambas adalah kerajaan Hindu, sebagaimane dengan Kerjaaan-Kerajjan lain di Nusantare dolok.Kerne kepercayaannye Hindu, make ndak heranlah mun jaman iye banyak patung-patung atau arca yg merupekan wujud kebudayaan Hindu.

◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Arca Peninggalan Kerajaan Hindu Sambas di Musium Nasional Inggris

Quote:
[B]Pade jaman iye, kerajaan Sambas posisinye berade didaerah Muare sungai Sambas, utk tappatnye didaerah Dusun Kote Bangun yg keberadaan sekarangnye masok wilayah Kecamatan Sebawi, tapi sayang, doloknye iye daerah pusat pemerentahan, kinnitok dah jadi kampong kaccik yg ndak tsantoh leh pembangunan berdukas


Quote:
Kerajaan Sambas Hindu, pade umumnye ndak punye catatan sejarah langkap macam kerajaan nang di Jawe nun, makenye cerite yg ade ndak bise di absahkan sebagai catatan sejarah karne hanye bedasarkan cerite rakyat.

Termasok masalah cerite Raje Tan Nunggal yg tekannal kajjam, yg diperkirekan sekitar abad 14 Masehi memerentah Sambas Hindu, saking kajjamnye, sampai-sampai anak kandongnye, Bujang Nadi dangan Dare Nandong, ditanamnye idup-idup, yang kinnitok kuborannye ade di Dusun Sebaddang, gayye ade kudeta rakyatnye, si raje ditngkap idup-idup lalu dimasokkan didalam patti tembage, dan dibuang di muare sungai Sambas kaccik yg diperkirekan didaerah Tanjong Putat di Kecamatan Sebawi.

Raje tan Nunggal selassai, tejadi kekosongan pemerentahan selama kurang labeh pulohan taon di Kerajaan Sambas Hindu.


Quote:
Akhernye perkiraan sekitar awal abad ke 16 Masehi, Sambas kedatangan pelayar dari Jawe, yg melarikan direk dari kajjaran pasukan Kesultanan Demak, sekitar 500 urang, yg berasal dari sisa-sisa abdi pemerentahan kerajjaan Majapahit.

Pendaratan pertamenye di daerah pangkalan Jambu, yang masuk wilayah Kecamatan Jawai sekarang, makenye dari sie name Jawai diambek, JAWA"I".

Setelah mendarat, pendatang tsb lalu membaor dangan masyarakat, dan akhirnye melanjutkan pelayaran hingge ke ullu sungai Sekura, lalu beranti di daerah Kecamatan Galing yg sekarang dan mendirikan sebuah kerajaan baru didaerah kote lama, sekarang kondisi Desanye sangat menyedihkan, karne jaoh dari sentuhan pembangunan.


Quote:
Dari sitok, yg diperkirekan sekitar abad 16 Masehi, berdiri Kerajaan yg disabbut Panembahan dangan rajenye begallar Ratu.Ratu pertame ntah siape ke namenye, sean catattannye, yang ade ye anaknye naknye, Ratu Timbang Paseban, lalu mendadak meninggal si Ratu, digantekkan oleh Ratu Sepudak yg merupekan adek kandungnye sorang.Dari pemerentahan Ratu Sepudak itoklah, pertame kali adenye perjanjian dagang dangan VOC pade taon 1609.

Quote:

Dari kesah Ratu Sepudak, Sambas mengalami perubahan, terutame kebudayaan, karne dengan masoknye ajaran Islam yg capat diterima rakyatnye, udah dapat dipastikan terjadi konflik yg cukup menjadi asal ngape Sambas bise maccah jadi dua, walau konflik iye ndak terlalu bassar sampai beparrang, tapi yg pasti dgn konflik iyelah Sambas kinnitok ade, tepatnye di kota Sambas.

Quote:

Ceritenye diperkirekan semacam getok, Ratu Sepudak ade kedatangan rombongan Sultan Tangah ( Sultan Sarawak seballom diganti oleh Raje Puteh atau James Brook ) yg datang dari Sukadana, yg kinnitok berade di Ketapang.

Sultan Tangah menetap di daerah Kembayat, name kampong yg maseh ade sampai kinnitok, kerne hubongan antare Sultan Tangah dangan Ratu Sepudak berjalan baik, lalu anak sulong Sultan Tangah yg bename Sulaiman dinikahkan dangan anak bungsu Ratu Sepudak yg bename Mas Ayu Bungsu.


Quote:
Kecemburuan pun tejadi didalam Penembahan Sambas, karne Sulaiman yg dibarek gallar Raden, mendapat dukungan dari petinggi penembahan,sehingge timbol konflik, ndk maok masalah jadi bassar, Raden sulaiman lalu mengajak pengikut setienye utk behijrah ke daerah lain utk mendirikan kerajjaan baru.

Pilehan tetuju ke Sungai Sambas kaccik, lalu masok sampai ke daerah Lubok Madong, yg kinnitok berade di daerah Kampong dagang, atau ndk jaoh dari Kantor Bupati Sambas, dan disielah kerajjaan Sambas bernuanse Islam pertame didirikan, yg disabbut Kesultanan Sambas dan Raden Sulaiman sebagai sultan pertamenye dangan gelar Sultan Muhammad Shafiudin.
Quote:

Setelah menjalankan pemerentahannye sekitar 15 taon, lalu Sultan mengundorkan direk dan mengangkat anak sulongnye Raden Bima sebagai Sultan Sambas ke II dengan gallar Sultan Muhammad Tajuddin.Kire-kire setaon memerentah, lalu Sultan M.Tajuddin berencane memindahkan pusat pemerentahannye dari Lubok Madong ke daerah persimpangan muare sungai tebarrau, Sungai Sambas Kaccik dan Sungai Subah yg tekannal dgn name Muare Ulakkan, gayye disetujui oleh ayahnye, akhirnye resmilah pusat Kesultanan Sambas pindah ke posisi baru yaitu di dappan Muare Ulakkan yg kinnitok berade di Dusun Kaum, Desa Dalam Kaum, Kecamatan Sambas, sampailah sekarang.

[/B]

hansip - 11/01/2012 08:11 AM
#2
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/8713599 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#3

Foto-foto tentang Sambas

◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Foto gek Marek

Spoiler for Foto Gek Marek


[spoiler=Istane seballom dirombak]
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for Sungai Teberau
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for Kapal Besandar di dappan rumah TS, Dalam Kaum
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for Kilang Raksa di Tegorah
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us



Spoiler for Pasar Pagi
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for Muare Ulakkan
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


Spoiler for Pangeran Bendahara
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us



Spoiler for Steher Pasar Sambas
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us



Spoiler for Pasar Pagi
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us




Spoiler for Pasar Sambas
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us



Spoiler for Sabbok,Dalam Kaum
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us



Spoiler for Kapal Dagang
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Uploaded with ImageShack.us


[/spoiler]
kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#4

Quote:
Bahase Melayu Sambas
Spoiler for Tentang Bahase Sambas

Quote:
Anggapan bahwa bahasa Melayu Nusantara yang menjadi cikal bakal bahasa Indonesia berasal dari Melayu Deli mendapatkan tandingan. Peneliti di Universitas Brunei Darussalam Prof Madya DR Haji Jalaludin menyatakan bahwa bahasa Melayu Nusantara berakar pada Melayu Sambas, Kalimantan.

Quote:
PERNYATAAN mengejutkan yang bisa jadi akan menimbulkan polemik tersebut disampaikan Jalaludin saat menghadiri silaturahmi mahasiswa program bahasa Melayu dan Linguistik Universitas Brunei Darussalam di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak, Selasa lalu (29/12). Dia menyatakan sudah membukukan hasil penelitiannya tersebut.

Quote:
Buku itu membahas asal-usul bahasa Melayu Indonesia yang disebutnya berakar pada bahasa yang digunakan masyarakat Sambas, Kalimantan Barat. “Buku ini merupakan hasil penelitian saya dari tahun 1996-2000,” ungkapnya.

Quote:
Penelitian yang dijadikan bahan buku tersebut, menurut Jalaludin, difokuskan pada asal-usul bahasa Melayu di Kalbar, Kaltim, Kalsel, dan beberapa daerah lain di Indonesia. Termasuk di negeri tetangga, Malaysia dan Brunei Darussalam. Judul buku tersebut adalah Posisi Bahasa Melayu Hudai dalam Bahasa Melayu Purba.


Quote:
Berdasar hasil penelitian itu disimpulkan, asal bahasa Melayu di Indonesia serta bahasa serumpun dari Malaysia dan Brunei adalah bahasa Melayu Sambas. “Saya ingin menepis anggapan yang selama ini terjadi bahwa bahasa Melayu Nusantara berasal dari bahasa Melayu Deli di Sumatera,” terangnya.

Quote:
Jalaludin mengumpulkan beberapa kosakata bahasa Melayu di Sambas dari beberapa literatur. Kemudian, dia membandingkan dengan bahasa Melayu di beberapa daerah lain di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa bahasa Melayu Sambas merupakan akar dari bahasa Melayu Nusantara dan bahasa Melayu serumpun. “Bahasa Melayu Sambas menyebar ke beberapa daerah lainnya di Indonesia, seperti Sumatera, Malaysia, dan Brunei Darussalam,” tambahnya.

Quote:
Hasil penelitian itu, menurut Jalaludin, juga membantah hasil penelitian sarjana Belanda yang menyebut bahwa bahasa Melayu Nusantara berakar dari Indo-China. Dia menegaskan, hasil penelitian sarjana Belanda itu tidak berdasar. “Dari segi perubahan bunyi bahasa Melayu yang ada di Indonesia dan Bahasa Melayu serumpun jika dibandingkan dengan bahasa Indo-China, jelas bunyinya sangat jauh berbeda,” jelasnya.


Quote:
Menurut dia, bahasa Melayu di Sambas, Kalbar, memiliki kesamaan dengan bahasa Melayu Nusantara. Kalaupun ada perubahan, itu terpola. ”Bahasa Melayu purba ada empat intonasi, a, i, u, dan e dan itu berada di Sambas. Kemudian, berkembang ke Brunei menjadi tiga. Berkembang ke Sumatera menjadi enam. Berkembang ke Malaysia menjadi tujuh dengan perubahan yang teratur. Maka, kita berani mengklaim bahwa akar bahasa Melayu di Indonesia, Malaysia, dan Brunei berasal dari Sambas,” tegas Jalaludin.

Quote:
Dia juga mengungkapkan, hasil penelitiannya itu didukung para sarjana dari Barat. Meski ada juga klaim yang mengatakan bahwa bahasa Melayu tersebut berasal dari Sumatera. Hal itu disebabkan klaim tersebut hanya berdasar penemuan-penemuan situs purba, seperti makam, prasasti, dan beberapa benda lainnya.

Quote:
Hal itu, lanjut Jalaludin, sangat bertolak belakang dengan proses penyebaran bahasa. Sebab, secara logika, untuk mewujudkan suatu tulisan di batu nisan, yang berwujud terlebih dahulu adalah bahasanya, kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan.

Quote:
”Saya beranggapan bahwa bahasa merupakan sesuatu yang diwarisi dari zaman ke zaman yang menyebar melalui proses perpindahan. Jika diteliti dari segi historis, kesultanan yang ada di Sambas memiliki satu keturunan dengan kesultanan di Brunei. Demikian halnya kesultanan di Ketapang,” jelas Jalaludin.



Ada beberapa fakta menarik yang bisa ditemukan dalam mengamati bahasa Melayu sambas ini.

Quote:
1) Hampir semua orang Sambas mengerti semua bahasa melayu di seluruh nusantara (bahasa melayu serumpun) baik itu logat Melayu Riau, Melayu Jambi, Melayu Banjar, Melayu Betawi, Melayu Belitong, Melayu Pontianak, Melayu Malaysia, Melayu Brunei dan melayu lainnya.

Tidak heran jika orang sambas merantau ke daerah lain yang walaupun ia tidak pernah sekalipun mendengar bahasa melayu yang baru didengarnya itu ia tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam memahami bahasa baru tersebut. Lain halnya jika kondisinya di balik. Orang Malaysia / Pontianak misalnya, mereka pasti kesulitan memahami bahasa sambas jika sekali-kali berkunjung ke sambas atau mendengar bahasa sambas lokal.

Quote:

2) Bahasa sambas sangat kaya akan kosa kata bahkan jauh lebih kaya dari bahasa Indonesia, Satu kosa kata dalam bahasa indonesia jika dikonversi dapat menjadi beberapa kosa kata dari bahasa paling halus (sopan) hingga bahasa yang kasar.

Contoh : Kata "BAU" dalam bahasa sambas dapat berupa :
Ranggang = Bau air kencing yang masih basah
Passing = Bau air kencing yang kering
Ampis = Bau ikan (amis)
Lassing = Bau busuk
Lassot = Bau kentut yang sangat busuk
Banggam = Bau barang yang lama tersimpang
Bangar = Bau air yang lama tergenang
Bau Ari = Bau keringat yang mengering
Bau Bunto' = Bau bangkai
Bau Ampang = Bau busuk
Bau Banggit = Bau setan (bau dedemit)
Bau Tangngi = Bau busuk minyak jelantah / minyak makan / minyak goreng
Bau Nage = Bau yg kelewat busuk.

Quote:

3) Bahasa sambas syarat akan makna.
Misalnya untuk menunjukkan tingkat kelalian :
Lappa' ayam (telapak kaki ayam) = menunjukkan orang yang berjalan tidak memakai alas kaki baik itu sepatu maupun sendal
Ajal = umur / usia
Ajal = main
Ajalan = mainan/ sifat usil
Beajal = bermain
Singajalan = bergantian bermainnya disaat yang bersamaan
Pengajal = Agak usil / semua barang mau dimainkan

Jajjal = kelewatan usil = degil = suka mengganggu
Dajjal = perusak / super penganggu

Quote:

4) Banyak bahasa sambas sehari-hari yang tidak memiliki sinonim yang pas dengan bahasa Indonesia bahkan tidak ada padanan katanya.Contoh:

Larat = yang berarti salah hitung ; error mathematic ; hitungan pertama berbeda hasilnya dengan hitungan ulang untuk yang kedua kalinya. (dalam bahasa indonesia yg paling mendekati hanyalah RALAT)

Melakkap = seperti anak yang tak mau lepas dalam memeluk ibunya yang hendak meninggalkannya pergi ; seperti orang takut ketinggian yang memanjat pohon. (dalam bahasa indonesia yg paling mendekati hanyalah LENGKET)

Siggong = Memukul dengan siku tangan
Singkol = Ada seseorang yang menghalanginya untuk melakukan sesuatu yang dikhawatirkan akan mencelakai orang yang menghalangi tersebut ; Serba salah karena melakukan sesuatu yang harus dikerjakan dalam ruang yang sangat sempit ;

Camma' = ekpresi yang salah tingkah seperti penjahat yang tertangkap basah
dan masih banyak lagi.



Quote:
LAGU DAERAH SAMBAS
Spoiler for The Teriggas of Sambas Album


Quote:
Artist Evi Tamala & Mul'am Husairi Music by Malacca Ensemble
[spoiler=Alo' Galing Lassoung Labban]
http://www.zid*du.com/download/15230623/01_Ngayatte_Lagu_Ge_Mare_Alo_Galing_Lassoung_Labban.mp3.html
Quote:
Artist Ita Purnamasari Music by Malacca Ensemble
Quote:
Artist Mul'am Husairi & Debu Music by Malacca Ensemble
Quote:
Artist Ita Purnamasari Music by Malacca Ensemble
Quote:
Evi Tamala Music by Malacca Ensemble
Quote:
Ivan Seventeen Music by Malacca Ensemble
Quote:
Kiki KDI Music by Malacca Ensemble
Quote:
Yan Mahmud ARWANA Music by Malacca Ensemble
Quote:
Kiki KDI Music by Malacca Ensemble

[/spoiler]
Note:hilangkan tanda (*) pada www.zid*du.com



Quote:
Kumpolan trit tantang Sambas
kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#5

Quote:
Adat istiadat dan Kesenian tradisional

Spoiler for Cerita daerah Sambas

Asal Mula Batu Betarup
Quote:
Pada suatu desa hiduplah sebuah keluarga miskin yang hanya terdiri dari seorang ibu dengan seorang anak. Anaknya sudah lumayan besar sekitar umur 7 tahun. Keluarga ini adalah keluarga yang paling miskin di desa itu. Orang selalu tidak menganggap keberadaan mereka dan mengucilkan mereka. Ibunya hanya bekerja sebagai pencari kayu bakar untuk menghidupi keluarganya.

Quote:
Suatu hari orang yang paling kaya di kampung itu mengadakan selamatan yang kita tahu kalau orang kaya mengadakan selamatan, pasti seluruh warga kampung diundang. Setelah mendengar cerita itu, si anak merasa ingin sekali pergi ke acara selamatan itu karena seumur hidupnya dia tidak pernah pergi ke acara yang seperti itu.

Quote:
”Aku tidak pernah pergi ke acara yang seperti itu” kata anak itu.
Lalu anak itu bertanya kepada ibunya ”Mak, apakah kita diundang oleh orang di acara itu?”
Lalu jawab ibunya ”Tak tahu ya, coba kamu bertanya ke orang di situ”
Lalu jawab si anak lagi ”Mana ada mak orang yang mau memberitahu kita. Aku kan bau”
”Oh, kalau begitu biar mak saja yang bertanya” kata ibunya.
Pergilah ibunya itu. Kemudian bertanyalah ibunya ke tetangga itu ”Eh, apakah aku diundang di acara itu?”
”Tak tahu ya. Sepertinya tidak ada. Aku Cuma mengundang orang yang namanya di sini” kata tetangga tadi itu.


Quote:
Rasa kesal ibunya menyeruak. Kemudian sadarlah dia bahwa mungkin dia adalah orang paling miskin di kampungnya. Kemudian diberitahukannya kepada si anak bahwa keluarganya tidak diundang oleh orang yang mengadakan acara itu.

Quote:
Akan tetapi si anak ingin sekali seperti orang lain yang dapat makan enak. Kemudian dia nekad bahwa dia harus pergi ke acara itu. ”Mak...!” kata anak itu.
”Aku harus pergi ke acara itu apapun yang terjadi” kata anak itu lagi.

Quote:
Tibalah hari acara tersebut. Orang yang kaya tadi membuat tarub untuk acaranya tersebut. Tarub itu adalah tempat orang terhormat berkumpul seperti kiai, kepala kampung, dan sebagainya. Pokoknya orang kaya dan terhormat yang datang pada sebuah acara yang memang sengaja dibuat oleh orang. Begitu acara dimulai, berdatangan orang sekampung. Melihat orang sekampung pergi ke acara itu, si anak pun ikut pergi juga.

Quote:
Berdandanlah si anak. Ketika sampai di tarub, si anak ditahan oleh si penjaga tarub;”Ada apa kamu ke sini? Kamu itu tidak diundang” kata penjaga tarub tadi. Kemudian penjaga tarub mendorong tubuh anak tersebut hingga jatuh. Merasa diperlakukan seperti itu, pulanglah si anak ke rumahnya. Setibanya di rumah, dia pun langsung memberitahu kepada ibunya apa yang di alaminya di acara tadi. Kemudian ibunya menyuruh dia untuk pergi kembali, pergilah si anak untuk yang kedua kalinya. Akan tetapi, anak tersebut tetap saja diusir oleh penjaga tarub tersebut. Penjaga tarub tersebut mendorong anak tersebut lagi. Kemudian si anak kembali ke rumah dan memberitahukan kejadian tersebut kepada ibunya.


Quote:
Sesampainya di rumah, ibu kembali menyuruh anaknya untuk mandi sampai bersih ”Coba kamu pergi lagi dan sebelum kamu pergi kamu harus mandi sampai bersih. Mungkin saja badanmu masih bau sehingga orang tidak mau menerimamu hadir di acara tersebut”


Quote:
Kemudian si anak tanpa berpikir panjang menuruti perintah ibunya. Setelah mandi si anak langsung pergi ke acara tersebut untuk ketiga kalinya. Akan tetapi, anak tersebut masih juga didorong oleh si penjaga tarub tersebut. Dengan hati yang sedih si anak kembali lagi ke rumahnya dan memberitahukan lagi apa yang dialaminya kepada si ibu. Mendengar cerita anaknya, hati si ibu pun menjadi geram terhadap perlakuan si penjaga tarub terhadap anaknya, maka timbullah niat jahat si ibu.


Quote:
”Oh, kalau begitu caranya orang dengan kami, kami juga bisa berbuat jahat dengan orang” kata si ibu.
”Kalau begitu, kamu dandani kucing kita ini dengan memakaikan baju kepadanya sehingga menjadi kucing yang benar-benar bagus. Kemudian kita bawa kucing tersebut ke acara orang kaya itu” kata si ibu.
Kemudian si anak dengan si ibu pergi ke acara tersebut sambil membawa kucing yang sudah didandani tadi.


Quote:
Sampai di tarub, kucing yang sudah didandan layaknya manusia, dipakaikan baju, dipolesi bedak dan lipstik tebal-tebal dilemparkan oleh mereka di depan orang ramai. Melihat kucing tersebut, orang yang ada di tarub tersebut tertawa sekeras-kerasnya. Kucing itu pun berlari-lari kebingungan tidak terarah. Orang mengira kalau kucing tersebut sedang menari dan semakin besar ketawa orang yang ada di situ. Tidak lama kemudian, tiba-tiba petir pun menyambar dan menyambar orang yang ada di tarub tersebut. Kemudian orang yang terkena sambaran petir itu menjadi batu beserta tarubnya. Akan tetapi, si anak dengan si ibu tadi bersembunyi di batang bambu.

Quote:
Sampai sekarang, jika petir menyambar gesekkan saja batang bambu agar tidak terkena smbaran petir itu. Begitulah cerita mengapa disebut batu betarub yang sekarang batu tersebut terdapat di kampung Daup, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas.



Quote:
Daftar Kaskuser Sambas


Spoiler for Biak-biak asal Sambas
Quote:
1. Kuwagata .............................. :ngacir daerah asal Dalam Kaum, Sambas
2. Abu Syafiq ............................ :ngacir daerah asal Dalam Kaum, Sambas
3. Yanuar7fold..................................:ngacir daerah asal Kecamatan Paloh
4. Yamazuru ........................ ngacir2 daerah asal Kecamatan Paloh
5. Banglong ......................... ngacir2 daerah asal Kecamatan Paloh
6. selakau.pbb.............................. :ngacir daerah asal Kecamatan Selakau
7. xero19 ............................ ngacir2 daerah asal Kecamatan Jawai Selatan
8. Pixodboxid ........................ :travel daerah asal Dalam Kaum, Sambas.
9. Naterivere.................... ngacir2 daerah asal Dalam Kaum, Sambas.
10.Lauk.Stealer.................... :travel daerah asal Suka ramai, Sambas.
11.Citraorigin.................... :travel daerah asal Pemangkat.
12.Shaisy.................... ngacir2 daerah asal Sambas.



Quote:
Daftar Kaskuser Kalbar yg aktif di Sambas

Spoiler for Biak-biak yang rajing ke Sambas
Quote:

1.Adrian.s.rasnie
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.


Quote:
Daftar Kaskuser Keturunan Sambas

Spoiler for Biak-biak perantauan
Quote:

1.Adrian.s.rasnie
2.zcurut
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.


Quote:
.....:ngacir = sangat aktif di trit
.....ngacir2 aktif di trit
.....:travel= kurang aktif di trit


Request by PM
kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#6
Kain Tenun Benang Emas
Quote:
Akhirnye pindah rumah baru....
Nambahe sikit khazanah budaye sambas


Quote:
Kain Benang Emas Sambas, Kalimantan Barat...
Daerah Sambas yang terletak di Pantai Utara Kalimantan Barat, mayoritas penduduknya adalah Suku Melayu Sambas. Dan Salah satu hasil kerajinannya yang terkenal adalah Kain Songket, ato kalo di daerah Sambas lebih dikenal dengan Kain Benang Emas. Biasanya digunakan dalam pesta pernikahan maupun acara adat lainnya, serta sebagai salah satu kelengkapan barang hantaran untuk meminang kepada calon mempelai perempuan. Cekidot aja langsung penampakannya ya.

1. Motif Pucuk Rebung (Kain utk Wanita + Selendang)
Spoiler for kain
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for selendang
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for kain+selendang
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for detail kain
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for detail kain
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for panjang kain
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►



1. Motif Pucuk Rebung (Kain utk Wanita+Pria (sabuk) + Selendang)
Spoiler for kain wanita
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for detail kain wanita
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for selendang
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for kain pria (sabuk)
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for perbandingan kain wanita n kain pria (sabuk)
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for kain wanita, kain pria (sabuk)+selendang
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


originally posted by Abu Syafiq
kuwagata - 11/01/2012 08:11 AM
#7

Quote:
Aturan Main

* Posting disini wajib menggunakan PRIME ID, mulai Senin s/d Kamis, Jumat sampai Minggu BEBAS
*CLONE ID wajib memberikan identitas PRIME ID dengan Avatar / Locationnya.
* DILARANG menggunakan kata-kata yang berbau SARA, memaki, menghina, atau menjelek-jelekkan / melecehkan individu atau yang membuat orang lain merasa tidak nyaman. Gunakan bahasa yang sopan.
* DILARANG post monolog, post cuma emoticon, post gambar saja atau posting asal²an.
* DILARANG post lebih dari 2 post berurutan, dengan pengecualian untuk teknis problem, seperti ISP error, Kaskus Maintenance, dsb.
Dan juga pengecualian untuk TS dengan keperluan seperti update materi untuk kebutuhan yang dapat berupa artikel dan lain sebagainya.
* Untuk menghindari post berurutan, biasakan menggunakan fasilitas edit, quote dan multiquote.
Bagi pengguna WAP gunakan @ ID-yang-dituju
* DILARANG posting gambar DP dan BB17 atau berbau BB17.
* Posting foto/gambar wajib di spoiler.
* DILARANG Reputation Abuse (Tukeran GRP/BRP/cendol/arisan).
* DILARANG promosi website/blog/jualan atau iklan dalam bentuk apapun.
* Peraturan lain menyusul menyesuaikan situasi dan kondisi.
* DIMOHON UNTUK TIDAK POSTING ONELINER KECUALI QUOTE 2 POST...!!!!!
* Dimohon bantuannya buat semua Kaskuser untuk saling mengingatkan peraturan ini demi kebaikan kita bersama.
xero19 - 11/01/2012 08:11 AM
#8

Quote:
[CENTER]Kondisi Umum Kabupaten Sambas


Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for kondisi umum sambas

Quote:
Kondisi Umum Kabupaten Sambas

Quote:
[CENTER]GEOGRAFIS

Kabupaten Sambas dengan luas wilayah 6.395,70 km2 atau 639.570 ha (4,36% dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Barat), merupakan wilayah Kabupaten yang terletak pada bagian pantai barat paling utara dari wilayah propinsi Kalimantan Barat. Panjang pantai ±128,5 km dan panjang perbatasan negara ±97 km. Dilihat dari letak geografisnya

Kabupaten Sambas terletak diantara 1’23” Lintang utara dan 108’39” Bujur Timur. Dengan batas administratif :
• Sebelah Utara berbatasan dengan : Malaysia Timur (Sarawak)
• Sebelah Selatan berbatasan dengan : Kota Singkawang
• Sebelah Timur Berbatasan dengan : Kabupaten Bengkayang
• Sebelah Barat Berbatasan dengan : Laut Natuna
...


Quote:
DAFTAR KECAMATAN

Wilayah administratif Kabupaten Sambas meliputi 19 (sembilan belas) kecamatan, yaitu:
Galing
Jawai
Jawai Selatan
Paloh
Pemangkat
Sajingan Besar
Sambas
Sajad
Salatiga
Sebawi
Sejangkung
Selakau
Selakau Timur
Semparuk
Subah
Tangaran
Tebas
Tekarang
Teluk Keramat

Keseluruhan wilayah kecamatan tersebut dibagi lagi menjadi 183 desa.


Quote:
DEMOGRAFI
Penduduk Kabupaten Sambas berdasarkan data kantor Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Kabupaten Sambas tahun 2007, jumlah penduduk Kabupaten Sambas berjumlah 538.944 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki 273.695 jiwa dan penduduk perempuan 265.294 jiwa dengan kepadatan rata-rata 76 jiwa/km2. Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sambas berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kabupaten Sambas Tahun 2004 adalah 18.005 KK Miskin dengan jumlah 74.968 jiwa.



Quote:
EKONOMI

Tingkat pendapatan suatu daerah dapat diukur antara lain dari pendapatan per kapita, penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta gambaraan kualitatif tentang keadaan sandang, pangan dan perumahan masyarakat. Berdasarkan data tahun 2003 dapat dilihat Keadaan perekonomian Kabupaten Sambas yaitu:

• PAD sebesar 16.350.041.018
• Pendapatan per kapita sebesar 3.419.922
• Pajak bumi dan Bangunan (PBB) sebesar 8.560.013.046
• Upah minimum regional (UMR) sebesar 400.000

Sedangkan Tingkat pendapatan Mata pencaharian Menurut sektor yaitu :
• Pertanian berjumlah 207.350 orang
• Industri Pengolahan berjumlah152.028 orang
• Listrik, gas, dan air berjumlah 9.053 orang
• Bangunan berjumlah 28.308 orang
• Perdagangan berjumlah 34.695 orang
• P erhubungan berjumlah 2.874 orang
• Keuangan berjumlah 9.723 orang
• Jasa kemasyarakatan Lainnya berjumlah 34.678 orang
.

Quote:
IKLIM

Kabupaten Sambas termasuk daerah beriklim tropis dengan curah hujan bulanan rata-rata 187.348 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 11 hari /bulan. Curah hujan yang tertinggi terjadi pada bulan September sampai dengan Januari dan curah hujan terendah antara bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Temperatur udara rata-rata berkisar antara 22,9oC. Sampai 31,05oC. Suhu udara terendah 21,2oC terjadi pada bulan Agustus dan yang tertinggi 33,0oC pada bulan Juli. Kelembaban udara relatif 81-90%, tekanan udara 1,001- 1,01/ Hm Bar, kecepatan angin 155 – 173 Km/ hari, elipasi sinar matahari 50.73%, penguapan (evaporasi ) harian antara 4,2-5,9 Hm dan evapotranspirasi bulanan 134,7 – 171,4 mm.


Quote:
JENIS DAN TEKTUR TANAH

a.Jenis Tanah
Jenis tanah di daerah datar meliputi jenis organotal, aluvial dan pada solik merah kuning (PMK) sedangkan di daerah berbukit dan bergunung meliputi jenis tanah laktosol dan PMK. Secara terperinci luas masing-masing jenis tanah tersebut adalah sebagai berikut :
• Orgnosol : 136.230 ha
• PMK : 157.320 ha
• Aluvial : 230.630 ha
• Podsal : 44.600 ha
• Latosal : 70.790 ha

b.Tekstur Tanah
• Halus : 300.798 ha
• Sedang : 157.320 ha
• Kasar : 76.112 ha
• Gambut : 69.510 ha
• Lainnya : 72.990 ha.
[/CENTER]

Quote:
[CENTER]GEOMORFOLOGI
a. Ketinggian
- Ketinggian 0-7 m terdapat :
Kecamatan Sejangkung, Sambas, Tebas, Selakau, Jawai, Paloh dan Teluk Keramat
- Ketinggian 8-25 terdapat :
Kecamatan Sejangkung, Sambas, Tebas, Selakau, Pemangkat dan Teluk Keramat.
- Ketinggian 26-100m dpl :
Kecamatan Sejangkung, Sambas, Tebas, Selakau, Pemangkat, Teluk Keramat dan Paloh.

b. Daerah Aliran Sungai
Secara umum Kabupaten Sambas memiliki 3 (tiga) Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan total hamparan 516.200 ha, meliputi :
- DAS Paloh : 64.375 ha.
- DAS Sambas : 258.700 ha
- DAS. Sebangkau : 193.125 ha.
[/CENTER]

Sumber : Website Pemkab Sambas
[/CENTER]
asenaja - 11/01/2012 08:11 AM
#9

Selamat menempati rumah baru kaskuser Sambas.... akhirnye... sambas part II sempat terharu karene dapet pejwan, padahal tadek dah deg deg an takut mati lampu, congrats buat bang Kuwagata karena dah bersedie jadi TS, jage kandang bang i Peace: buat seluruh penghuni trit itok tolong rules di jalankan jangan cume dibace \)
semoge kaskus sambas lebih dari dari sbelumnye Amin...
:selamat :selamat :selamat

[CENTER]Paloh
Informasi Singkat Kecamatan Paloh

Quote:
Kecamatan Paloh merupakan kecamatan pantai yang berada di wilayah Kabupaten Sambas dan terletak di wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia Timur (Serawak) dengan luas wilayah ± 1.697,30 Ha, dengan batas sebagai berikut :


Quote:
Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Laut Cina Selatan
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Galing
Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sajingan Besar & Serawak
Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna
Kecamatan Paloh sejak terbentuk membawahi 7 Desa yang terdiri dari :


Quote:
Desa Sebubus
Desa Nibung
Desa Malek
Desa Tanah Hitam
Desa Matang Danau
Desa Kalimantan
Desa Sungai Bening
Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1996 tentang Pembentukan 16 (Enam Belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Pontianak, Sanggau, Sambas, Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu Dalam Wilayah Propinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat, maka Kecamatan Teluk Keramat berkurang menjadi 1.148,84 Km2, dengan wilayah bawahan sebagai berikut :


Quote:
Desa Sebubus
Desa Nibung
Desa Malek
Desa Tanah Hitam
Desa Matang Danau
Desa Kalimantan
Kemudian berdasarkan Keputusan Bupati Sambas Nomor 186 Tahun 2002 tentang Pembentukan Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, maka terbentuklah Desa Temajuk yang merupakan pemekaran Desa Sebubus, sehingga jumlah Desa di Kecamatan Paloh bertambah menjadi :


Quote:
Desa Sebubus
Desa Nibung
Desa Malek
Desa Tanah Hitam
Desa Matang Danau
Desa Kalimantan
Desa Temajuk
Selanjutnya berdasarkan Keputusan Bupati Sambas Nomor 327.A Tahun 2003 tentang Pembentukan Desa Semangau Kecamatan Sambas, Desa Mentibar Kecamatan Paloh dan Desa Mensade Kecamatan Subah Kabupaten Sambas, maka terbentuklah Desa Mentibar yang merupakan pemekaran Desa Malek, sehingga jumlah Desa di Kecamatan Paloh bertambah menjadi :


Quote:
Desa Sebubus
Desa Nibung
Desa Malek
Desa Tanah Hitam
Desa Matang Danau
Desa Kalimantan
Desa Temajuk
Desa Mentibar
Sejak dibentuk sampai sekarang pejabat-pejabat yang pernah duduk sebagai Camat yakni sebagai berikut :


.
.
Quote:
Drs. Kabul Mulyono
Drs. Samingan. Z
Drs. Tufitriandi
Mirza, S.Sos
Arlizen. AB, S.Sos
Yudi, S.Sos.



cool: foto2 Kecamatan Paloh dan sekitarnye cool:[/CENTER]

itok oleh2 saye jalan2 tok....foto pantai di Desa Matang Putus Kecamatan Paloh
Spoiler for MP
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for MP
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for MP
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for sungai sekura
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


credit to thumbup: agan code28h4p

originally posted by Yanuar7fold
adrian.s.rasnie - 11/01/2012 08:11 AM
#10

ian mejeng di pekiwan sambas!!
:cool



Semua Tentang Keraton Sambas

Spoiler for foto-foto
Quote:
[spoiler=foto jadul]
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for sultan muda
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for sultan
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for yang fotonye tersebar di mane-mane
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for keraton dari kejauhan
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for pintu depan keraton
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for kamar sultan
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for ruang depan keraton
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for keraton tampak luar
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for meriam
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


Spoiler for makam sultan
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
[/spoiler]
nizarorigin - 11/01/2012 08:11 AM
#11

Selamat Datang Di Kota Pemangkat


◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►



Sejarah Pembentukan Kota Pemangkat
Quote:
Kecamatan Pemangkat pada masa Kesultanan Sambas dipimpin wakil Sultan, kemudian menjadi Distrik, dipimpin oleh seorang Demang. Sesudah Indonesia merdeka, wilayah Kecamatan Pemangkat terdiri dari Kecamatan Tebas, Kecamatan Jawai, dan Kecamatan Pemangkat. Sampai tahun 1955 dikoordinir oleh Kawedanan Pemangkat. Pada tahun 1958 Kawedanan Kecamatan Pemangkat dipecah menjadi 3 Kecamatan yang ada hingga sekarang ini, yaitu : Kecamatan Pemangkat, Kecamatan Tebas dan Kecamatan Jawai. Pada masa sekarang dengan pemekaran wilayah, Kecamatan Pemangkat telah dimekarkan lagi menjadi dua Kecamatan, yaitu : Kecamatan Pemangkat dan Kecamatan Semparuk.

Kecamatan Pemangkat terletak di pesisir laut yang langsung menghadap Laut Cina Selatan. Pemangkat mempunyai pemandangan yang sangat indah yang merupakan perpaduan pemandangan gunung, laut, sungai, dan kota. Ciri khas kota ini adalah adanya sebuah gunung yang menyerupai gajah duduk, yang dinamakan Gunung Gajah. Tanjung Batu, Bukit Selindung dan Pantai Sinam merupakan ikon wisata kota pemangkat. Terdapat 2 Pelabuhan Nusantara di Pemangkat, yaitu Pelabuhan Sintete dan Seteher menjadikan Kota Pemangkat ramai dikunjungi orang dari berbagai daerah. Keragaman suku dan etnis dikota ini sangat tampak.



Originally posted by sin_nam
adrian.s.rasnie - 11/01/2012 08:12 AM
#12

aku pertamax cool:
Jalan-jalan ke kote Paloh..
Jangan lupa beli tempurong..
Rumah Lama udah pannoh..
Rumah Baru masih kosong..

Pagi buttak udah ke umme..
Agek di jalan bejumpe Pak Guru..
Ayo kite bersame-same..
Menata indah rumah baru..

Kaskuser Sambas
beer:
zcurut - 11/01/2012 08:13 AM
#13

Selamat atas dibuka trit sambas...

Makin salok saye same bg kuwa + bg abu...

Lama inyan dak besue o o o o
Edja182 - 11/01/2012 08:15 AM
#14

Quote:
Quote:
๑۩๑ Istana Alwatzikhoebillah di Sambas ๑۩๑


◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Spoiler for pict
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►



Quote:

[FONT="Arial Black"][SIZE="3"][COLOR="Black"]A. Selayang Pandang

Sejarah Istana Alwatzikhoebillah tidak terlepas dari sosok Sultan Tengah, seorang pangeran dari Kesultanan Brunei yang kemudian diangkat menjadi sultan di Kesultanan Serawak. Sejarah berawal ketika Sultan Tengah beserta rombongannya, setelah melakukan kunjungan persahabatan (muhibah) ke Kesultanan Johor, Malaysia, singgah di Kerajaan Matan, Tanjungpura. Di Matan, beliau disambut dengan hangat oleh raja Matan, Panembahan Giri Kusuma, yang di kemudian hari masuk Islam dan bergelar Sultan Muhammad Syafiuddin (1631-1668). Sultan Tengah tertarik mendalami agama Islam pada Syekh Syamsuddin dari Mekah yang menyebarkan Islam di Matan. Tak lama kemudian, Sultan Tengah menikah dengan Ratu Surya Kusuma, adik Sultan Muhammad Syafiuddin.
Setelah beberapa lama tinggal di Matan, Sultan Tengah memboyong keluarganya ke Kota Bangun, yang berdekatan dengan Kota Lama, ibu kota Kerajaan Sambas. Di Kota Bangun ini, beliau melakukan dua hal penting yang kelak menjadi cikal-bakal berdirinya Kesultanan Sambas dan Istana Alwatzikhoebillah, yaitu menyebarkan agama Islam sampai ke Kota Lama dan menikahkan puteranya, Raden Sulaiman, dengan Mas Ayu Bungsu, puteri Ratu Sepudak dari Kerajaan Sambas. Konon, pada masa raja yang memiliki darah keturunan Majapaht inilah ibu kota Kerajaan Sambas dipindahkan dari Paloh ke Kota Lama.
Terbukti, strategi yang dijalankan Sultan Tengah tersebut berhasil, yaitu beralihnya Kerajaaan Sambas Hindu menjadi Kesultanan Islam dan diangkatnya Raden Sulaiman menjadi pembantu sultan (wazir). Namun karena sebuah fitnah, akhirnya Raden Sulaiman tersingkir dari Kota Lama dan kembali lagi ke Kota Bangun.
Setelah berhasil membangun Kota Bangun, bahkan lebih maju dari Kota Lama, keluarga Sultan Tengah yang dipimpin oleh Raden Sulaiman, memutuskan pindah ke Lubuk Madung, yang merupakan pertemuan Sungai Subah, Sungai Sambas Kecil, dan Sungai Teberau. Kemudian, di tempat itu didirikan Istana Alwatzikhoebillah dan di istana tersebut Raden Sulaiman dinobatkan sebagai sultan pertama Kesultanan Sambas dengan gelar Sultan Muhammad Syafiuddin.
Namun, Istana Alwatzikhoebillah yang terlihat sekarang ini, baru dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim Syafiuddin (1931-1943), sultan ke-15 Kesultanan Sambas. Pembangunan istana tersebut relatif singkat, yaitu dari tahun 1933 sampai tahun 1935. Konon, biayanya yang mencapai 65.000 gulden itu merupakan pinjaman dari Kesultanan Kutai Kartanegara.
Sejak bulan Februari 2008, pemangku Istana Alwatzikhoebillah dipercayakan kepada Pangeran Ratu M. Tarhan Winata Kesuma.

B. Kestimewaan

Kuno tapi terawat dengan baik. Hijau dan sejuk. Begitulah kira-kira kesan yang muncul ketika menginjakkan kaki di Istana Alwatzikhoebillah Kesultanan Sambas ini. Untuk memasuki area istana, pengunjung akan melewati dua buah gapura. Gapura pertama merupakan pintu gerbang untuk memasuki alun-alun dan sekaligus pembatas jalan umum dengan area istana, sedangkan gapura kedua membatasi alun-alun dengan halaman istana.
Dari gapura pertama, pengunjung dapat melihat betapa rapinya tata letak seluruh bangunannya. Di sebelah kanan alun-alun, pengunjung dapat melihat keanggunan Masjid Jami‘ Sultan Syafiuddin, masjid Kesultanan Sambas. Di bagian belakang alun-alun, pengunjung dapat melihat sebuah tiang seperti tiang kapal yang dikelilingi oleh tiga buah meriam dan disangga oleh empat tiang. Secara filosofis, tiga meriam tersebut melambangkan tiga buah sungai yang terdapat di sekitar istana yang harus selalu dijaga. Empat tiang penyangganya melambangkan empat menteri sebagai pembantu sultan. Sedangkan dua tiang penyangga yang terletak di sisi kiri dan kanan tiang itu melambangkan bahwa dalam menjalankan roda pemerintahannya sultan selalu didampingi oleh ulama dan khatib.
Dari gapura kedua, pengunjung dapat melihat tiga bangunan istana dengan dominasi warna kuning sebagai warna khas Melayu yang melambangkan kewibawaan dan keluhuran budi pekerti. Persis di sisi kanan dan kiri gapura kedua, terdapat dua balai pertemuan yang dahulunya digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu kehormatan sebelum bertemu dengan sultan. Sekarang, dua balai pertemuan tersebut difungsikan sebagai tempat bedug.
Bangunan utama istana terletak di tengah-tengah dan memiliki ukuran paling besar. Di sayap kiri dan kanannya, terdapat bangunan pendukung yang terhubung langsung dengan bangunan utama istana. Bangunan sayap kiri dahulunya digunakan sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu kehormatan, sedangkan bangunan sayap kanan digunakan untuk mempersiapkan segala keperluan sultan dan keluarganya. Sekarang, bangunan sayap kiri tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda pusaka kesultanan.
Bagian dalam istana terdiri dari tiga ruangan, yaitu ruangan depan, tengah, dan belakang. Ruangan depan merupakan tempat singgasana sultan dan permaisuri. Di sini, pengunjung dapat melihat foto-foto para sultan dan pakaian kebesaran kesultanan. Ruangan tengah terdiri dari empat kamar yang dahulunya merupakan kamar sultan dan keluarganya. Di ruangan ini, pengunjung dapat melihat foto-foto sultan bersama keluarganya, tamu-tamu kehormatan, dan acara-acara kesultanan. Sedangkan ruangan belakang yang berukuran paling kecil, terlihat kosong.
Selain itu, pengunjung dapat melihat bekas kolam pemandian keluarga sultan di samping kanan istana dan rumah kediaman keluarga sultan yang berada di belakang istana.
Pada sore hari, pengunjung akan berdecak kagum melihat pesona istana ini yang eksotik, apalagi dilihat dari atas perahu yang berjalan perlahan-lahan di atas Sungai Sambas Kecil.

C. Lokasi

Istana Alwatzikhoebillah terletak di Desa Dalam Kaum, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

D. Akses

Kabupaten Sambas berjarak sekitar 225 kilometer di sebelah utara dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Pontianak, pengunjung dapat naik bus sampai Sambas dengan waktu tempuh sekitar lima jam. Dari pusat Kota Sambas, pengunjung dapat naik bus atau minibus menuju Istana Alwatzikhoebillah.

E. Harga Tiket

Pengunjung tidak dipungut biaya.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar kawasan Istana Alwatzikhoebillah, terdapat berbagai fasilitas, seperti masjid, warung makan, pramuwisata, kios wartel, voucher isi ulang pulsa, sentra oleh-oleh dan cenderamata, serta persewaan sampan dan speed boat untuk mengelilingi kawasan istana.[/COLOR][/FONT][/SIZE]
medianfratama - 11/01/2012 08:17 AM
#15

Quote:
rainbow: Top Poster Part Sebelumnya rainbow:


Quote:
selakau.pbb [COLOR="Blue"]970
adrian.s.rasnie 436
2977888 418
shaisy 402
Edja182 378
mendawai.pbb [COLOR="blue"]347[/COLOR]
kuwagata 332
danielRS 305
naterivere 277
long.selakau 277[/COLOR]
selakau.pbb - 11/01/2012 08:19 AM
#16

◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
Semoge dengan rumah Sambas yang baru, bise mempererat jalinan tali silaturahmi antare seluruh penghuni Regional Kalimantan Barat. Sehingga persaudaraan ittok ndak hanye ade secare onlen, tapi akan labbeh rakkap mun kitte bejumpe di dunie nyate.

Spoiler for Selakau, Sambas
[Quote=]
Selakau
Kec. Selakau terbentuk pada tanggal 17 Agustus 1956 dari pemisahan antara Kecamatan Singkawang yang pada waktu itu merupakan wilayah pengembangan untuk Kabupaten Sambas.
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
Selakau pada tahun 2007 mengalami pemekaran dengan melepas beberapa desa: Selakau Tua, Seranggam, Gelik, dan Buduk Sempadang menjadi sebuah kecamatan baru yakni kecamatan Selakau Timur. Sedangkan beberapa desa sisanya yakni: Parit Baru, Kuala, Semelagi Besar, Twi Mentibar, Sungai Daun, Sungai Nyirih, Sungai Rusa, Pangkalan Bemban, dan Bentunai, masih tetap dalam kecamatan Selakau.
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
[/quote]

[Quote=]
Pantai Polaria
DAERAH pantai utara dikenal masyarakat Kalbar mempunyai banyak objek wisata pantai. Pantai Kijing, Pantai Gosong, Batu Payung, Pantai Pasir Panjang, Pantai Sinam dan Tanjung Batu merupakan objek wisata masyarakat lokal yang telah lama dikenal. Selain itu masih banyak pantai yang potensial untuk dikembangkan tapi belum dikenal luas oleh masyarakat ataupun turis. Misalnya Pantai Polaria di Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas. Pantai Polaria terletak di Kec. Selakau, tepatnya di Desa Sungai Rusa, sekitar 65 km selatan Kota Sambas atau sekitar 20 km utara Kota Singkawang. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Kec. Selakau.
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►[/quote]


[Quote=]
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Takkan Melayu Hilang Ditelan Jaman
DARI ONLINE SAMPAI OFFLINE

◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►[/quote]
capt.brick - 11/01/2012 08:22 AM
#17

[FONT="Century Gothic"][SIZE="5"][COLOR="Red"]◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►Selamat Atas Rumah Barunya◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► happy chit chat ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► Read Rules Before Post ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


[/COLOR][/SIZE][/FONT]
IZZMCH - 11/01/2012 08:28 AM
#18

Quote:

Quote:
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ► ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►

Quote:
SAYA UCAPKAN
SELAMAT BUAT RUMAH BARU SAMBAS
JALIN ERAT TALI SILATURAHMI


:selamat :selamat :selamat :selamat :selamat :selamat

Quote:
ck Keep Friendship From Cyber To Brotherhood ck


iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia
◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►


ejaho :genits
asenaja - 11/01/2012 08:32 AM
#19

udah part 2 aja neh

cepet amat neh
topgame - 11/01/2012 08:58 AM
#20

Selamat atas rumah barunya...

Mudah2an tetap sukses untuk dirobohkan ngakak
Page 1 of 138 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Barat > ◄ஜ۩۞۩ஜ Kaskuser Sambas Part 3 ஜ۩۞۩ஜ►