Lampung
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Lampung > Mau belajar bahasa Lampung masuk sini
Total Views: 30163 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 35 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

sarachens - 11/12/2008 12:33 AM
#1
Mau belajar bahasa Lampung masuk sini
Mungkin ini sedikit banyak membantu kawan2 yg belum bisa bahasa Lampung, dan u kaskuser lampung yg bisa bahasa Lampung (lampung mana aja) u membantu menyumbangkan kosakata ataw informasi2 tentang bahasa lampung....

Spoiler for kosakata pembuka dr ane
saya = nyak,ekam
kamu = nikew
makan = mengan
pergi = lapah
cewek = mulei
cowok = menganai
suka = buguh
tidur = pedem
sakit = magheng
goblok = lugur
nyamuk = nyenyek
semut = seghem
nasi = mei
baju = kawai
gila = lawang
air = way
centil = todaw
kentut bau = to' buyuk
dst..........menunggu tambhn dr agan/aganwati ........

Dan ini tambahan dr teman-teman...
Spoiler for 1

Quote:
Original Posted By syahdan05
depan = depan
belakang = juyew / belakang > betteng(perut)
ngantuk = kedugek
kencing = miyeh
berak = mising
mandi = mandei
enak = bangik
manis = mettekh
asin = masin / kekhat
pahit = pahhik
jelek = jahhel
diney = disana
duduk = mejeng(dialek 'nyow') = duduk > mejong (dialek 'api')


Spoiler for 2

Quote:
Original Posted By g1L4_0n
Aksara Lampung berlaku seragam untuk seluruh rumpun Lampung; berkenaan dengan tempat-tempat tertentu yang mempunyai tulisan Kaganga sendiri dapat memakai Kaganga-nya sendiri tidak dapat disepakati.
Aksara Lampung disebut dengan istilah Kaganga bukan Basaja.
Aksara Lampung terdiri atas tiga unsur, yakni huruf induk (huruf kelabai), anak huruf, dan tanda-tanda baca.
Aksara Lampung terdiri atas 20 huruf dengan susunan aksara disesuaikan dengan susunan aslinya, yakni ka, ga, nga, pa, ba, ma, ta, da, na, ca, ja, nya, ya, a, la, ra, sa, wa, ha, dan gha. Penambahan huruf-huruf baru (huruf pelengkap) belum dapat disepakati sebelum diadakan musyawarah antar suku/adat Lampung.
Huruf besar dibuat dengan jalan membesarkan huruf biasa dua kali dapat diterima.
Huruf (nya) perlu diubah sedangkan huruf-huruf Kaganga lainnya dapat diterima.
Istilah "tanda-tanda surat" perlu diganti dengan istilah "tanda-tanda baca". Tanda baca menggunakan tanda-tanda baca pada huruf Latin.
Angka menggunakan angka Latin dan angka Romawi

[spoiler=3]
[QUOTE=syahdan05;58502293]Tambahan nih buat panggilan dalam keluarga lampung:

Kiyai= panggilang dlm keluarga untuk kakak tertua, tapi panggilan untuk kakak tertua juga masih ada lgi nggak cuma hanya kiyay aja. diantaranya : kanjeng,peduka,rato dll, kiyai buat panggilan kakak laki2 boleh juga buat kakak perempuan

Adin= ini juga panggilan buat kakak laki2 dibawah-bawahnya kiyay, bisa kakak no 2,3 ,

Batin=panggilan buat kakak laki2/perempuan no 3 biasanya.
----------

Om= kemaman(sebutan dlm bhs lampung) panggilan untuk Om dr ayah baik kakak/adeknya dan om dr IBU baik kakak/adeknya
sokheh - 11/12/2008 01:22 AM
#2

bahasa lampungnya kucing ke injek apaan yaa..............?
di jawab dengan benar = satu cendol .
Do4jc - 11/12/2008 11:25 AM
#3

dikentutin ?
artinya apa?
kucinglistrik - 11/12/2008 05:42 PM
#4

Quote:
Original Posted By sokheh
bahasa lampungnya kucing ke injek apaan yaa..............?
di jawab dengan benar = satu cendol .


lah kok doain g ke injek sih???
wah doanya ga dikabulin tuhan tuh.... p
kucinglistrik - 11/12/2008 05:44 PM
#5

kekna kosa kata yg ada di atas itu dari lampung pepadun, kerna beda dgn bahasa yg g pake sehari2 dgn mak n bak di rumah.... D Peace:
kucinglistrik - 11/12/2008 05:46 PM
#6

g nungu sesepuh aja yg nambahin ah...


*ngelirik brokenwings* p
pertamax hunter - 11/12/2008 11:43 PM
#7

nyak munih ulun lampungD
sarachens - 12/12/2008 12:56 AM
#8

Quote:
Original Posted By pertamax hunter
nyak munih ulun lampungD


gw translett ya bro....nyak munih ulun lampung (saya juga orang lampung)...
syahdan05 - 12/12/2008 04:26 PM
#9

depan = depan
belakang = juyew / belakang > betteng(perut)
ngantuk = kedugek
kencing = miyeh
berak = mising
mandi = mandei
enak = bangik
manis = mettekh
asin = masin / kekhat
pahit = pahhik
jelek = jahhel
diney = disana
duduk = mejeng(dialek 'nyow') = duduk > mejong (dialek 'api')
margeraye - 12/12/2008 11:59 PM
#10

wah bagus neh...terusin juragan2 yg asli Lampung

terusin kosakatanya..
pertamaxBknJUNK - 13/12/2008 06:38 AM
#11

sekula mak haga

ngaji mak haga

jadi haga api niku?
margeraye - 13/12/2008 06:51 AM
#12

Quote:
Original Posted By pertamaxBknJUNK
sekula mak haga

ngaji mak haga

jadi haga api niku?



haga jama nikuw D
cayang - 13/12/2008 03:46 PM
#13

ada yg punya aksara lampungnya g nih??o
cayang - 13/12/2008 03:50 PM
#14

Quote:
Original Posted By pertamaxBknJUNK
sekula mak haga

ngaji mak haga

jadi haga api niku?


Quote:
Original Posted By margeraye
haga jama nikuw D


langsung kopdar deh o










ngacir:
buyungbotaxz - 15/12/2008 07:24 PM
#15

Quote:
Original Posted By cayang
ada yg punya aksara lampungnya g nih??o


nyak ngedok aksara lappung na..
gw ada neh aksara lampung
sarachens - 16/12/2008 04:38 PM
#16

Quote:
Original Posted By pertamaxBknJUNK
sekula mak haga

ngaji mak haga

jadi haga api niku?


Quote:
Original Posted By margeraye
haga jama nikuw D



waduh! kok jadi ajang para homo nih...
ngacir:ngacir:ngacir:
g1L4_0n - 16/12/2008 09:38 PM
#17

Aksara Lampung berlaku seragam untuk seluruh rumpun Lampung; berkenaan dengan tempat-tempat tertentu yang mempunyai tulisan Kaganga sendiri dapat memakai Kaganga-nya sendiri tidak dapat disepakati.
Aksara Lampung disebut dengan istilah Kaganga bukan Basaja.
Aksara Lampung terdiri atas tiga unsur, yakni huruf induk (huruf kelabai), anak huruf, dan tanda-tanda baca.
Aksara Lampung terdiri atas 20 huruf dengan susunan aksara disesuaikan dengan susunan aslinya, yakni ka, ga, nga, pa, ba, ma, ta, da, na, ca, ja, nya, ya, a, la, ra, sa, wa, ha, dan gha. Penambahan huruf-huruf baru (huruf pelengkap) belum dapat disepakati sebelum diadakan musyawarah antar suku/adat Lampung.
Huruf besar dibuat dengan jalan membesarkan huruf biasa dua kali dapat diterima.
Huruf (nya) perlu diubah sedangkan huruf-huruf Kaganga lainnya dapat diterima.
Istilah "tanda-tanda surat" perlu diganti dengan istilah "tanda-tanda baca". Tanda baca menggunakan tanda-tanda baca pada huruf Latin.
Angka menggunakan angka Latin dan angka Romawi
g1L4_0n - 16/12/2008 09:40 PM
#18

ekam kiluy maap spidi ekam lemot D
pertamax hunter - 17/12/2008 12:14 AM
#19

Quote:
Original Posted By sarachens
waduh! kok jadi ajang para homo nih...
ngacir:ngacir:ngacir:


jahhammer: sapa yg mahao
margeraye - 18/12/2008 01:47 AM
#20

Quote:
Original Posted By sarachens
waduh! kok jadi ajang para homo nih...
ngacir:ngacir:ngacir:


sikam muli
Page 1 of 35 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Lampung > Mau belajar bahasa Lampung masuk sini