Lampung
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Lampung > Mau belajar bahasa Lampung masuk sini
Total Views: 30163 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 29 of 35 | ‹ First  < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 >  Last ›

pubara - 18/03/2011 09:09 AM
#561

Quote:
Original Posted By kucinglistrik
itu artinya "kenapa kamu?"

--------------

tabik pun...
sikindua teliyu dija...
kekalau petungga puakhi jama kelama... o

:travel


Silakan gan....
dang liyom2 kuruk dija...
Di trit sija, unyin2na puwari...
kucinglistrik - 18/03/2011 10:21 AM
#562

mawat kik liyom puakhi...
kidang sungkan sikindua teliyu dija...
ulehni dija ji mehiyon baccong... o


payu, sikindua laju pai....

:travel:
pubara - 18/03/2011 05:20 PM
#563

Quote:
Original Posted By kucinglistrik
mawat kik liyom puakhi...
kidang sungkan sikindua teliyu dija...
ulehni dija ji mehiyon baccong... o


payu, sikindua laju pai....

:travel:


Gegohna puari ulun krui kodo?
kilu tulung pai api arti "mehiyon baccong" bangi sikam dija betambah pengetahuanna.

Payu puari hati2 delom lapahan, dang lupa singgah dija koppok
iisbeee - 19/03/2011 11:20 PM
#564

bagus bangett nih gan,,
ane emang mau belajar bahasa lampung,,nice inpoh gan,,
ane pendatang di lampung,,
kucinglistrik - 24/03/2011 10:14 AM
#565

Quote:
Original Posted By pubara
Gegohna puari ulun krui kodo?
kilu tulung pai api arti "mehiyon baccong" bangi sikam dija betambah pengetahuanna.

Payu puari hati2 delom lapahan, dang lupa singgah dija koppok


nah sikindua laju singgah dija luwot.... o
penanni dacok onlen saka... D
sikindua ji ingkah hulun lappung biasa, kik asal sikindua ji jak bandar lampung, kidang kik ulun tuha wat sai jak pringsewu, wat sai jak liwa... o

mehiyon baccong sa gegoh jama mangi nihan.... Peace:

kheno hani kidah pun.... o

Quote:
Original Posted By iisbeee
bagus bangett nih gan,,
ane emang mau belajar bahasa lampung,,nice inpoh gan,,
ane pendatang di lampung,,


yup sering2 aja berinteraksi dengan orang2 yg bisa bahasa lampung gan... D

---------------

payu sikindua laju pai...
:travel:
kucinglistrik - 01/04/2011 05:54 PM
#566

wah...
antak kelop di halaman telu.... nohope:

nah nyin keliakan.... ti usung mit datas pai.... sundulgans:
deidaraankerz - 05/04/2011 09:54 PM
#567

dikedo ulun sai cawo abung..?
wkwkwkwk
salam knal smuany.., ane bsa dkit ja bhs lmpng p ane rng transmigran yg lhir d lampungMau belajar bahasa Lampung masuk sini
pubara - 07/04/2011 12:12 PM
#568

Quote:
Original Posted By deidaraankerz
dikedo ulun sai cawo abung..?
wkwkwkwk
salam knal smuany.., ane bsa dkit ja bhs lmpng p ane rng transmigran yg lhir d lampungMau belajar bahasa Lampung masuk sini


Nyo kabar Yai....?
Najin sekam ulun trans, mak nyo2 Yai, po lagei kak lahhir di Lappung, Yo kak jadei ulun Lappung lah...
Ayo ram cawwo lappung...
supercb - 17/04/2011 01:31 PM
#569

Quote:
Original Posted By humpilahop
Maaf agan-agan,
ane butuh bantuannya. ane sedang membutuhkan kamus bahasa Lampung buat kebutuhan skripsi ane. skripsi ane tentang bhs Lampung dan bahasa Jawa dialek Banten. jika agan-agan berkenan, tolong carikan kamusnya nanti saya bayarin seharga kamus dan ongkirnya. ane udah nyari mulai dari Banten sampai Bandung, dari toko buku mewah sampai loak loak tp ane blm nemu tuh kamus. ane sedang belajar bahasa Lampung gan, ane bermaksud melestarikan bhs Ibu kita yaitu bhs Lampung (bhs daerah). silakan PM atau VM saya gan, atau lewat email saya: [email]humpilahop@yahoo.com[/email]
terima kasih
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesia


ane kok bingung ya gan,
nyari kamus lampung-indonesia dan indonesia-lampung ya cari di lampung dong..
ada banyak kok :

1. Belajar mudah kamus bahasa lampung, by Iskandar muharom
lampung-indonesia dan indonesia-lampung
+ : ditambahin kalimat sama dia, jadi bisa tau cara pakai atau kapan kata2 tsb dipakai
- : dialek a dan dialek o gak dipisah gan

2. Kamus bahasa lampung 70 ribu kata, by Herman, S.Pd.I
+ : udah dipisahin dialek a sama dialek o nya, juga ada tambahan halaman pelengkap nya, kayak kata ganti orang, kata ganti tempat, abjad aksara lampung, kata majemuk, kata ulang, peribahasa dll

3. Kamus bahasa lampung, by H. Fauzi Fattah MM
ini juga bagus, buku nya dipisah dibagi 2, yang lampung-indonesia dan indonesia-lampung

4. lupa judulnya, kamus lengkap juga bahasa lampung
tapi seharusnya judul kamus nya jadi kamus lengkap dialek o, karena emang gak ada dialek a nya..
bagusnya ada tambahan software kamus

agan ini lokasi nya di gerlong-bandung nya
kan banyak temen unit kebudayaan mahasiswa lampung di bandung, kayak di ITB, Unpad, ITT, IMT, dan Asrama Mahasiswa Lampung - Bandung

salam kemuaghian,
jejama gham andan budaya lampung
iloveindonesia
kucinglistrik - 18/04/2011 12:12 PM
#570

^
tu buku kamus belinya di mana?
maksudnya di toko buku biasa di sekitar pasar tengah ato pasar bawah ada ga?
atao harus beli di gramedia? confused:
kira2 harganya berapa ya? o

sapa tau saia iseng mo pulang ke lampung trus beli.... D
supercb - 19/04/2011 02:17 PM
#571

Quote:
Original Posted By kucinglistrik
^
tu buku kamus belinya di mana?
maksudnya di toko buku biasa di sekitar pasar tengah ato pasar bawah ada ga?
atao harus beli di gramedia? confused:
kira2 harganya berapa ya? o

sapa tau saia iseng mo pulang ke lampung trus beli.... D


sori lupa harganya yay, tapi dulu belinya di gramed..
coba juga liat2 di fajar agung
SKoeBall - 19/04/2011 03:35 PM
#572

misi yay, atu, datuk, kanjeng, umi, uncu, tante,om, sekelik disini kisss
met MENGAN PAI.....!!!
pubara - 20/04/2011 10:12 AM
#573

Quote:
Original Posted By SKoeBall
misi yay, atu, datuk, kanjeng, umi, uncu, tante,om, sekelik disini kisss
met MENGAN PAI.....!!!


Wawai munih, avatar kiyai Skoebal ijo...
"Liman bejugiet" mantapsss.....

Met tukuk yai...
supercb - 21/04/2011 11:16 AM
#574

oya, makasih guwai kiyay kucinglistrik

ulah dijuk cendol iloveindonesia
pelangi.ungu - 22/04/2011 09:30 PM
#575

udah 15 tahun di lampung tapi ga bisa bahasa lampung hammers
mesti banyak belajar nih D
pubara - 25/04/2011 10:40 AM
#576

Quote:
Original Posted By pelangi.ungu
udah 15 tahun di lampung tapi ga bisa bahasa lampung hammers
mesti banyak belajar nih D


Ayo ganwati, bulajar cawa lappung...
Masak kak timbay menong rik mengan di lampung mak dapok cawa lampung... \)


(Ayo gan belajar ngomong lampung....)
(Masak sudah lama tinggal dan makan di lampung gak bisa ngomong lampung...)

Salam guway kolpahku sa...
supercb - 25/04/2011 10:21 PM
#577

Quote:
Original Posted By pubara
Ayo ganwati, bulajar cawa lappung...
Masak kak timbay menong rik mengan di lampung mak dapok cawa lampung... \)


(Ayo gan belajar ngomong lampung....)
(Masak sudah lama tinggal dan makan di lampung gak bisa ngomong lampung...)

Salam guway kolpahku sa...


kolpah ?

kiyay pubara ji anjak lampung komering kudo ?
pubara - 26/04/2011 03:20 PM
#578

Quote:
Original Posted By supercb
kolpah ?

kiyay pubara ji anjak lampung komering kudo ?


Layon gan, sikam ja campuran way kanan rik abung....
Lengkap Api n Nyo....
pubara - 26/04/2011 03:30 PM
#579
Asal-usul Puyang di Lampung
Sekedar sharing mengenai puyang2 utama Lampung

Dari beberapa tulisan dan silsilah mungkin dpt disimpulkan:
Di Sumatera bagian selatan terdapat dua Rumpun utama yakni Dempo dan Seminung.
Suku Asli Lampung (yg pertama kali mendiami daerah Lampung) adalah Buay Tumi mereka mendiami daerah Liwa dan sekitarnya (Kenali, Bkt Pesagi, Ranau) mereka ini disebut Rumpun Seminung. Kemudian datanglah Puyang2 lain yg berasimilasi dengan rumpun seminung yakni:

1. Puyang Abung datang ke daerah Bengkulu (kaur) kalau dalam silsilah disebut Laut Lebu, Suku Abung kl dari silsilahnya Tuan Guru sakti (mungkin dr Indrapura pagaruyung) mempunyai anak namanya Bebatak, Bebugis dan Begeduh, Begeduh inilah yg menurunkan suku abung, di kaur Bengkulu Puyang abung kawin dengan Umpu Setungau/Putri setenggang orang serawai/lebong yg mungkin dari rumpun Dempo, lalu mereka pindah ke Danau ranau, disini puyang abung melakukan perkawinan dengan Putri Ranau dari Rumpun seminung, karena ada perselisihan dengan Aji Saka maka suku abung pindah ke Martapura, lalu pindah kembali ke Skala brak/Segara Brak/Bukit Pesagi, dari sini mereka pindah ke Canguk Gattcak, lalu menyebar ke Lampung utara, Lampung Tengah, Lampung timur dan Hingga Ke Bandar Lampung. ada juga yg pindah kedaerah Kayu Agung dan Lempuing di Ogan Komering Ilir.
Suku Abung terdiri dari sembilan marga yg disebut Abung Siwo Migo.
Kalau dari silsilah orang abung mereka sudah sampai ke turunan yg ke 31~32
Jadi diperkirakan mereka sdh ada pada abad 9~10 M

2. Puyang Aji saka adalah puyang ini berasal dari India dari suku Saka, suku saka berawal dari daerah Iran, info: http://en.wikipedia.org/wiki/Saka
Sedangkan Aji juga merupakan suatu nama sungai di India, Aji berarti Ibu/Nenek.kemungkinan besar beragama hindu dan mempunyai kesaktian yg tinggi, puyang ini mempunyai dua Istri, satu dari di daerah selabung dan satunya dari Bukit pesagi rumpun seminung yakni putri dayang, keturunannya ini menyebar ke beberapa daerah di Lampung dan Sumsel, biasanya kebuayan mereka masih menggunakan kata Aji, semisal buay Aji, Aji kagungan, Sandang Aji, Suku Pakngepuluh buay Aji dll.
Puyang Aji saka juga dikenal dimasyarakat Jawa yg akhirnya sangat mempengaruhi adat dan budaya jawa yg cenderung ke-India-an, salah satunya tulisah jawa hanacaraka.
Diperkirakan puyang ini datang ke Selabung pada abad ke 14M.

3. Puyang Naga Berisang, diperkirakan puyang ini berasal dari Tiongkok selatan dan masuk bersama puyang aji saka, setelah menikah dengan Putri dari Rumpun seminung, maka keturunannya pun menyebar ke daerah Lampung(Way kanan, Tulang Bawang) dan Sumsel (Komering)
Diperkirakan puyang ini datang ke daerah rumpun seminung pada abad ke 14M.

4. Puyang lain dari Pagaruyung (Belunguh, Pernong dll), puyang2 ini pun melakukan perkawinan dengan Rumpun seminung, keturunannya menyebar di Lampung tengah (pubiyan), Lampung barat (paksi pak) dan Lampung selatan.
Diperkirakan puyang ini datang ke daerah rumpun seminung pada abad ke 14M.

Pada kenyataannya, keturunan dari Buay Tumi dan Puyang2 diatas saling berinteraksi(kawin) yg menghasilkan keturunan2 yg lain.

Dijaman Keratuan pada abad 14~15 M dibentuk 4 Keratuan dilampung, keratuan itu dibentuk untuk menghindari perselisihan terhadap daerah hunian masing2 keturunannya dan membentengi diri gempuran perompak cina, 4 Keratuan tersebut adalah:
1. Keratuan DiPuncak (Suku Abung)
2. Ketauan DiPemanggilan (Aji,Komering & Way Kanan)
3. Keratuan DiPugung (Pubiyan)
4. Keratuan Dibelalaw (Liwa, Krui dan Ranau).

Setalah zaman kemerdekaan maka Rumpun Seminung mereka dipisahkan menjadi 2 Propinsi yakni Lampung dan Sumsel, dimana Suku yg Sungainya yg mengalir/bermuara ke sungai Musi masuk Ke daerah Sumsel dan yg bernuara ke Laut khususnya Laut Jawa masuk ke Lampung. Karena berbeda provinsi, beda daerah dan guratan2 perselisihan pada masa lalu, yg muncul adalah egoisme masing2, padahal semua mempunyai garis hubungan yg sama yakni asimilasi dengan rumpun seminung Buay Tumi.
Semoga bermamfaat.
Dewasejak1999 - 28/04/2011 08:55 PM
#580

Lanjut Gan!!!

berduka eee salah emotion ngakak

cendolbig cendolbig
Page 29 of 35 | ‹ First  < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Lampung > Mau belajar bahasa Lampung masuk sini