Kalimantan Tengah
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Tengah > •° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•
Total Views: 36712 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 405 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

r1zh4l - 22/01/2012 12:27 PM
#1
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•
Kaskuser Reg.Kalteng Divisi Sampit

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•



Quote:
Thread Ini Dibuat Bertujuan Untuk Mempererat Tali Silaturrahmi Antar Sesama Kaskuser divisi Sampit secara khususnya & Kaskuser dari daerah lain secara umumnya


RULES THREAD SAMPIT

[*]DILARANG Hanya Posting Emoticon, Postingan OOT (Out Of Topik).
[*]DILARANG Posting Gambar Yang Mengandung BB++.
[*]DILARANG Posting yang Mengandung Unsur SARA, Berbicara Kotor.
[*]DILARANG transaksi GRP / BRP.
[*]DILARANG Posting Hanya Greeting (Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam, Absen Gan, Hadir, Numpang Duduk, Melintas, Nupeki ,Nampang Page One, Nice Info, / Sejenisnya).
[*]Dilarang chit-chat antara Prime - Klon atau sesama Klon (monolog)
[*]Identitas ID Clone WAJIB berhubungan dengan Prime ID (bisa di location, avatar atau ID).
[*]CLONE ID wajib menjawab bila ditanya primenya yang mana.
[*]DILARANG Posting Iklan, Spammer, / Berjualan Di Thread Lounge.
[*]Disarankan untuk melakukan QOUTE atau MULTIQOUTE untuk pembicaraan sebelum nya, supaya pembicaran tetap jelas & nyambung.
[*]Tamu dari luar area Kalteng wajib PID only


Rules thread Sampit dpt berubah kapan pun

Biodata kaskuser divisi Sampit dan daerah lainnya disini
۩۞۩ Biodata Kaskuser Reg.Kalteng ۩۞۩

Panduan & Aturan main KRKT silahkan dmari
**Panduan & Aturan Main Regional Kalimantan Tengah**


SAYA SANGAT BERHARAP SUMBANG SIH UNTUK KEMAJUAN THREAD INI BAIK BERUPA SARAN ATAUPUN USULAN
r1zh4l - 22/01/2012 12:28 PM
#2

Quote:

Sejarah Sampit

Sampit sebagai Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu kota terpenting di Provinsi kalimantan Tengah. Di samping karena secara ekonomis merupakan daerah kabupaten yang relatif maju juga karena terletak di posisi yang strategis.

Dilihat dari peta regional Kalimantan Tengah, kota Sampit sebelumnya terletak di tengah-tengah dan ini menyebabkan posisinya sangat strategis. Misalnya, warga dari Buntok mau ke Pulau Jawa, maka akan lebih dekat jika melewati Kota Sampit daripada harus ke Kota Banjarmasin. Begitu pun kalau dari Palangkaraya, Kuala Pembuang, maupun Kasongan. Jadi, posisi strategis tersebut akan meningkatkan keunggulan komparatif pelabuhan laut Sampit yang dimiliki daerah ini, terutama akan menarik perekonomian dari kabupaten yang ada di sekitar wilayah Kotawaringin Timur.

Kota Sampit terletak di tepi Sungai Mentaya. Dalam Bahasa Dayak Ot Danum, Sungai Mentaya itu disebut batang danum kupang bulan (Masdipura; 2003). Sungai Mentaya ini merupakan sungai utama yang dapat dilayari perahu bermotor, walaupun hanya 67 persen yang dapat dilayari. Hal ini disebabkan karena morfologi sungai yang sulit, endapan dan alur sungai yang tidak terpelihara, endapan gosong, serta bekas-bekas potongan kayu.

Hingga kini, yang masih menjadi pertanyaan banyak orang adalah asal kata Sampit itu sendiri. Menurut beberapa sumber, kata Sampit berasal dari bahasa Cina yang berarti “31” (sam=3, it=1). Disebut 31, karena pada masa itu yang datang ke daerah ini adalah rombongan 31 orang Cina yang kemudian melakukan kontak dagang serta membuka usaha perkebunan (Masdipura; 2003). Hasil usaha-usaha perdagangan perkebunan ketika itu adalah rotan, karet, dan gambir. Salah satu areal perkebunan karet yang cukup besar saat itu yakni areal di belakang Golden dan Kodim saat ini.

Pada 1795-1802 terjadi peperangan sengit antara Belanda melawan Inggris. Hal ini mengakibatkan terjadi pemindahan pemukiman warga Samit ke pedalaman, tepatnya ke Kota Besi. Pemindahan itu tak terlepas dari adanya gangguan para bajak laut terhadap desa-desa di muara Sungai Mentaya. Pada 1836, eskader Belanda akhirnya dapat menghancurkan gerombolan bajak laut pimpinan Koewardt yang berkekuatan 25 perahu di sekitar Teluk Kumai dan Tanjung Puting. Tokoh bajak laut Koewardt akhirnya tewas dan dikuburkan di sekitar Ujung Pandaran. Hingga kini, Kuburannya itu dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Setelah merasa aman, pada 1836, penduduk kumudian pindah ke Seranau yang dulunya bernama Benua Usang (sekarang: Mentaya Seberang) di mana para pedagang-pedagang Cina waktu itu juga mulai berdatangan dan menetap di sana. Namun, sesuai kepercayaan masyarakat Cina, bahwa suatu kota harus dibangun menghadap matahari terbit. Sedangkan Seranau menghadap matahari terbenam,yang menurut perhitungan hongsui Cina dianggap kurang baik. Karena itulah, mereka membangun pemukiman baru diseberang Seranau (Sampit sekarang) yang menghadap matahari terbit.

Versi lain, menurut legenda rakyat setempat yang masih hidup kini, bahwa Sampit pada masa itu berbentuk sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sungai Sampit dan diperintah oleh Raja Bungsu. Sang baginda memiliki dua putra masing-masing Lumuh Sampit (laki-laki) dan Lumuh Langgana (perempuan). Diceritakan, kerajaan Sungai Sampit akhirnya musnah akibat perebutan kekuasaan antara saudara kandung tersebut.

Lokasi kerajaan Sungai Sampit ini diperkirakan sekitar perusahaan PT Indo Belambit sekarang (Desa Bagendang Hilir). Beberapa tahun lampau, tiang bendera kapal bekas kerajaan yang terbuat dari kayu ulin besar masih ada dan terkubur lumpur di bawah dermaga PT Indo Belambit tersebut. Bukti-bukti lain yang menguatkan dugaan ini,bahwa di lokasi tersebut pernah pula ditemukan pecahan keramik takala dilakukan penggalian alur parit. Bukti ini kian menguatkan dugaan bahwa di lokasi ini pernah ada Kerajaan Sungai Sampit yang pada masa itu sudah mengadakan kontak dagang dengan bangsa-bangsa luar seperti dari Cina, India bahkan Portugis.

Diperkirakan, Kerajaan sungai Sampit berdiri pada masa kekuasaan Dunasti Ming di Cina (abad ke-13).Hal ini dapat dicermati dari ramainya lalu lintas perdagangan dari Cina yang demikian maju sampai kemudian runtuhnya Dinasti Ming dan merek banyak yang lari kearah selatan (Kalimantan). Diceritakan pula, bahwa Putti Junjung Buih,istri dari Pangeran Suryanata, pernah pula berkunjung ke kerajaan sungai Sampit. Seperti diketahui, Pangeran Suryanata (berkuasa antara 1400-1435) adalah seorang pangeran dari kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Prabu Wirakarrama Wardhana sekitar 1389-1435 (Masdipura; 2003).

Bila ditelisik lebih jauh, Kerajaan Sungai Sampit ini usianya lebih tua dari Negara Dipa (abad ke-14),sehingga di buku Negarakertagama Kerajaan Banjar tidak tertulis. Terbukti pula, kala Putri junjung Buih hendak dikawinkan dengan Pangeran suryanata,40 kerajaan besar dan kecil pada waktu itu bermufakat untuk menyerang Negara Dipa. Namun, mereka dapat ditaklukkan dan sejak itulah kerajaan-kerajaan itu menjadi vazal Kerajaan Banjar. Bukti-bukti ini dapat ditelusuri pada Traktat Karang Intan di mana Sampit sebagai salah satu wilayah yang diserahkan kepada VOC.

Kota Sampit juga pernah disebut-sebut di dalam buku kuno Negarakertagama. Pada masa itu disebutkan, terutama pada masa keemasan Kerajaan majapahit, yang diperintah oleh Raja Hayam Wuruk dengan mahapatihnya yang tersohor yaitu Gajah mada.Di salah satu bagian buku yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada 1365 itu disebutkan, bahwa pernah dilakukan ekspedisi perjalanan nusantara di mana salah satu tempat yang mereka singgahi adalah Sampit dan Kuala Pembuang.
selengkapnya dimari
r1zh4l - 22/01/2012 12:27 PM
#3

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

Arti Lambang Logo Kotim

Quote:
Lambang Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berbentuk "TALABANG" (Perisai) seg empat dengan warna dasar hijau tua bergaris sisi dengan putih didalam dan merah di luar. Di dalam Talabang terdapat bentuk Tajau (Belanga) yang dilingkari dengan tali yang bermata 59 (Lima Puluh Sembilan) yang didalamnya terdapat lingkaran padi dan kapas berbentuk bulat yang melambangkan kebulatan tekat serta kesetiaan rakyat kepada pemerintah sekaligus melambangkan kekayaan rakyat daerah. Dengan penjelasan sebagai berikut :

a. Talabang (Perisai) pada umumnya adalah salah satu alat penangkis dan kesanggupan mempertahankan diri dengan gagah berani.
b. Warna merah : Melambangkan keberanian dan kepahlawanan
Warna putih : kesucian dan kejujuran
Warna kuning : kesetiaan dan keluhuran
Warna hijau tua : kesuburan dan kemakmuran
Warna hitam : keteguhan dan keabadian
Warna biru : keterangan
c. Tajau (belanga) yang dilingkari dengan tali bermata sebanyak 59 (lima puluh sembilan) pada leher terdapat 4 (empat) bunga telinga. Angka 59 dan 4 melambangkan tahun dan tanggal disahkannya daerah tingkat II Kotawaringin Timur sebagai daerah otonom.

Didalam Talabang yang berbentuk perisai terdapat lukisan-lukisan yang merupakan unsur lambang dengan penjelasan sebagai berikut.
a. Bintang Segi Lima/Bintang Lima
Melambangkan Pancasila lambang dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
b. Batang Beringin/Pohon Beringin
Melambangkan sejarah nama Kotawaringin serta sekaligus melambangkan satuan pada umumnya. Akar dan 5(lima) kelompok daun rimbun melambangkan "pengayoman" yang berasaskan Pancasila. Berakar tunjang 8 (delapan) buah melambangkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Warna hijau berarti kesuburan Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur
c. Jukung Patai/Perahu Patai
Adalah alat perhubungan khas daerah dalam segala bentuk keperluan lalu lintas sungai
d. Satu Sungai
Melambangkan data monografi sungai mentaya
e. Mandau
Adalah suatu senjata tradisional yang diciptakan oleh nenek moyang suku dayak. Senjata ini digunakan untuk menghadapi musuh
f. Sipet
Adalah suatu senjata leluhur suku dayak yang paling ampuh
g. Parei/Padi
Berwarna kuning adalah makanan pokok Bangsa Indonesia.
berwarna kuning dan sebanyak 45 butir melambangkan tahun kemerdekaan Republik Indonesia
h. Kapas
Adalah bahan sandang rakyat Indonesia sebanyak 17 biji melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. Tangkai kapas dan padi bersilang ditautkan dengan 17 lingkaran tali. Angka yang melambangkan disahkannya Daerah TIngkat II Kotawaringin Timur sebagai daerah otonom.
i. Tali yang melingkar tajau dan ikatan pada kapas, padi dibawah bintang segi lima melambagkan ikatan persatuan yang tak terberaikan dalam suatu wadah tertentu serta merta sinari cahaya keagungan Pancasila yang dipancarkan oleh bintang segi lima
j. Motto "Habaring Hurung"
"Habaring Hurung" dalam bahasa dayak yang berarti bahandep/gotong royong dalam pita berwarna kuning bagian atas dan warna putih bagian bawah
r1zh4l - 22/01/2012 12:29 PM
#4

.:Sampit tempoe doloe:.

Spoiler for Sampit
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•



.:Foto - foto beberapa tempat di Sampit:.
Spoiler for Welcome to Sampit City
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Hotel Idola
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Bundaran Sampit
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Bandara H.Asan
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Masjid Jami
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Pusat Perbelanjaan Mentaya 1
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Pusat Perbelanjaan Mentaya 2
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Adipura Kota Sampit
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Perkebunan Sawit
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Mentaya River
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Dari atas gan
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Tugu Perdamaian dan Masjid Raya Sampit
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•
r1zh4l - 22/01/2012 12:29 PM
#5



Baksos & Bukber Kaskuser Sampit '10

Spoiler for Foto bareng dgn anak panti asuhan
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for RL menyerahkan bingkisan
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for Anak Panti
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for RL lg baca mantra D
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


nanti di update lg D

Mini Gath

tanggal : 10-july-2011
tempat : cafe camppass

Spoiler for FR

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

mang zegy dan Mc.joey
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

DonTama
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

pasangan mahos mang L14n dan mang rizal
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

mang popor dan uzay
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Bukber Kaskuser Sampit '11

terimakasih untuk user yg telah hadir dan turut mensukseskan acara ini D

berikut beberapa pic yg sempat di abadikan D

waktu : 17.00 - 19.00

TKP : WR Atap Daun

Spoiler for 1
[CENTER]•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 2
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 3
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 4
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 5
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 6
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 7
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•


Spoiler for 8
•° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•

[/CENTER]
r1zh4l - 22/01/2012 12:30 PM
#6

fffdfdffdf
dhiee51 - 22/01/2012 12:31 PM
#7

reseved o
bonsaiboncel - 22/01/2012 12:32 PM
#8

boh kenapa pula diganti nah bingung:
badpig - 22/01/2012 12:34 PM
#9

menunggu selesainnya rumah baru sampit linux2:
r1zh4l - 22/01/2012 12:37 PM
#10

kena di perbaiki lagi ngacir:
dhiee51 - 22/01/2012 12:40 PM
#11

mari ngejunk malus
badpig - 22/01/2012 12:43 PM
#12

Quote:
Original Posted By dhiee51
mari ngejunk malus


sudah boleh kah di huni rumahnya nih malus
FsH4L - 22/01/2012 12:54 PM
#13

Knp jar rumahnya dpindah lg ne o

Bisa rmh yg dulu hbis sdh sewa nya lah D
ippand - 22/01/2012 01:04 PM
#14

rumah baru sampit :selamat
met ngejunk kk beer:
tapi ingat sesuai aturan yah D
zi1 - 22/01/2012 01:31 PM
#15

kg bepadah batabig
zi1 - 22/01/2012 01:32 PM
#16

sebiji lagi nah :selamat
TuaGila - 22/01/2012 01:40 PM
#17

wow cool:
redhat - 22/01/2012 01:53 PM
#18

manaan buhanya nih o
NkCoker - 22/01/2012 01:58 PM
#19

Ulun Newbie nah.. mohon bimbinganya lah \)
FsH4L - 22/01/2012 02:02 PM
#20

Tutup dulu pekiwannya nah D
Page 1 of 405 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > KALIMANTAN > Kalimantan Tengah > •° Divisi Kotawaringin Timur { Habaring Hurung } °•