YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup
Total Views: 1482 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

YoonAddict4ever - 24/01/2012 07:39 AM
#1
Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup
Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup


Quote:

[CENTER]Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup[/CENTER]
Dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya dalam dunia belajar, ada dua jenis cara belajar yaitu belajar dengan bimbingan dan satu lagi belajar dengan kemampuan sendiri, tanpa bimbingan. orang yang biasa mempelajari sesuatu biasanya disebut dengan orang otodidak.
Seni dan Karya otodidak
kata otodidak berasal dari bahasa Yunani yaitu autodidaktos yang artinya belajar sendiri. orang otodidak tidak membutuhkan figur seorang pembimbing untuk mempelajari satu hal. tanpa bantuan dari orang lain orang otodidak mampu mempelajari hal-hal dasar dari ilmu yang sedang mereka pelajari. yang menariknya dari orang otodidak, karena mereka mampu mempelajari sesuatu dengan baik dan dibarengi oleh prakteknya, sebagian dari mereka mampu mengungguli kemampuan orang yang belajar ilmu yang sama dengan cara dibimbing.
bidang yang paling banyak dihuni sama orang-orang otodidak ini adalah bidang seni, sastra, kerajinan tangan, pokoknya bidang-bidang yang menghasilkan sebuah karya seperti bermusik dan akting juga termasuk.
kemampuan otodidak ini bisa di bilang sangat luar biasa, tapi walaupun luar biasa gak berarti tanpa kekurangan. diantara kekurangan yang paling banyak kita amati tentang orang otodidak adalah mereka cenderung sering bikin kesalahan, atau karya yang gagal. biasanya mereka lebih banyak melakukan kesalahan dibanding orang yang belajar dibawah bimbingan. hal kayak begini sebenernya bisa dimaklumin karena kita juga tahu orang otodidak belajar sesuatu dengan mempraktekannya, jadi wajar kalo banyak kesalahan, dan dari kesalahan itulah mereka belajar.
dulu orang otodidak itu dipandang sebelah mata, karena mereka dianggap orang-orang yang gak ngerti dasar keilmuwan, dan mereka dicap sebagai orang yang seenaknya mengeskplorasi ilmu pengetahuan atau seni. tapi belakangan ini eksistensi orang otodidak justru disegani. mereka dianggap orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dengan orang yang menekuni bidang yang sama dengannya, dengan bimbingan.


Quote:
ciri-ciri orang otodidak:

berikut ini ciri yang erat dari orang otodidak:

1.Terbuka. orang otodidak cenderung terbuka dengan berbagai hal baru. mereka tidak akan berusaha menyangkal hal-hal yang baru dan perubahan yang terjadi. justru mereka akan lebih menyikapi positif suatu perubahan. orang otodidak lebih suka jadi demokratis

2.Rasa ingin tahu yang besar. rasa ingin tahu keberadaannya sangat dekat dengan orang otodidak. melalui rasa ingin tahu inilah orang otodidak mempunyai ilmunya dan mampu mengembangkan ilmunya. rasa ingin tahu tidak berkutat hanya di bidangnya saja, tapi segala hal yang menarik perhatian dia bisa amat sangat membuat orang otodidak sangat penasaran. saking dekatnya otodidak dengan rasa ingin tahu, jadi bisa dibilang kalo orang yang tidak punya rasa ingin tahu yang lebih besar dari orang biasa, mereka tidak bisa dibilang otodidak sejati

3.Kreatif. tidak bisa dipungkiri lagi kreatifitas adalah tiang dari otodidak, dimana rasa ingin tahu adalah atapnya. orang otodidak tidak terpengaruh sama ilmu pasti dan bimbingan. mereka juga gak pernah mengenal istilah pakem dalam satu bidang ilmu. kemampuannya dalam menggeksplorasi dan mengkombinasikan berbagai macam ilmu dalam satu bidang membuatnya terus bertahan menjadi orang otodidak di bidang ilmunya

4.Rela berkorban untuk hal yang disukai. kalo orang otodidak udah suka sama satu bidang ilmu, dia akan cenderung berkorban banyak hal. mulai dari berkorban materi untuk beli banyak buku sebagai referensi ilmu, sampai mengorbankan pikiran dan waktu untuk mencari sesuatu yang lebih dari hal atau ilmu yang dia minati

5.Biasanya cenderung tidak matrealistis. orang otodidak mendapat ilmunya murni tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk suatu bimbingan. semuanya dipelajari oleh dirinya sendiri. ditambah lagi orang otodidak memiliki satu sifat khusus yaitu bangga kalo dirinya dianggap orang yang pintar karena mampu belajar sendiri tanpa bimbingan orang lain. oleh karena itu untuk mengakuisisi kalo dirinya adalah orang yang hebat, maka dia butuh pengakuan dari banyak orang. salah satunya dengan cara membagi ilmunya ke banyak orang dan mengakuisisi kalo dialah orang yang hebat di bidang itu, tanpa bimbingan siapapun.

beberapa ciri di atas mungkin hanya mencerminkan sebagian ciri orang otodidak. setiap orang otodidak memiliki ciri khas masing-masing yang unik. jadi tidak bisa dipukul rata semua. tapi ciri-ciri di atas adalah gambaran umum dari orang otodidak.


Quote:
Menjadi Orang Otodidak Dalam Kehidupan Nyata

Kalau kita ingin melihat seperti apa orang otodidak itu…coba kita liat sekitar kita dulu. kebanyakan orang otodidak yang kita kenal itu adalah para pengusaha muda. mulai dari pemilik kedai kebab, ternak lele, bisnis kripik, dll kebanyakan orang otodidak. mereka tidak mendapat ilmu pasti tentang bisnisnya di sekolah manapun, they just do it !! lakuin apa yang mereka rasa benar sesuai insting mereka. kebanyakan dari pengusaha muda kuliner yang serba kreatif adalah orang otodidak.

pernah denger ada orang lulusan SMP tapi malah jadi manager ngalahin mahasiswa. coba renungkan bagaimana hebatnya menjadi otodidak dalam satu bidang kelimuwan daripada hanya sekedar mempelajarinya tanpa mempraktekan.


Quote:


Quote:
Quote:
"Menjadi Otodidak bisa dikatakan suatu keistimewaan dalam kehidupan ,karena orang yang belajar dengan otodidak benar-benar memompa kemampuan dari dalam dirinya sendiri, Walau dengan Proses yang tidak sebentar dan sangat sulit.
Menjadi Otodidak bukan 100% menjadi yang terbaik tapi menjadi pribadi yang penuh kegigihan dan pandai mengoptimalkan potensi dari diri."

Semoga Info ini bisa Bermanfaat dan memotivasi bagi Kita \)
Bantu Rate5 , Komen + cendols Juragan \)
beer:

Tinggalkan Komentar Terbaik dari Agan disini \)
YoonAddict4ever - 24/01/2012 07:40 AM
#2

semoga bermanfaat bagi kita \)
soksd - 24/01/2012 11:57 AM
#3

pleidaian - 24/01/2012 01:20 PM
#4

Kelihatannya emang hebat gan... Tapi gimana dengan orang IT yang otodidak... Kadang2 mereka tidak memiliki kesempatan sama di dunia kerja kalo bersaing dengan yang pegang ijasah... Paling tidak hanya untuk dipanggil test... berdukasberdukas
YoonAddict4ever - 24/01/2012 01:28 PM
#5

Quote:
Original Posted By pleidaian
Kelihatannya emang hebat gan... Tapi gimana dengan orang IT yang otodidak... Kadang2 mereka tidak memiliki kesempatan sama di dunia kerja kalo bersaing dengan yang pegang ijasah... Paling tidak hanya untuk dipanggil test... berdukasberdukas


Berbisnislah gan ,mau jalan apalagi ???
sering kok dosen gua katain " memang orang IT yg otodidak yg walaupun hebat tapi kalah ma mahasiswa yang memang kuliah di Jurusan IT karena mereka ga tau teori ",tapi di balik itu semua mereka yg Otodidak udah pnya nilai +++ ..
terkadang orang yang udah punya ijasah aja dateng ke orang yg Otodidak buat belajar, tuh dah dapet kesempatan bisnis kecil lho kursusin orang D.......
FatsaL234 - 24/01/2012 02:07 PM
#6

wow mantabzzz kalo gitu D
gajulgajulan - 24/01/2012 03:16 PM
#7

Quote:

biasanya orang kalo mau otodidak harus bener2 tertarik pada bidang tersebut ya gan..
dan kemungkinan berhasil lebih besar..
sasrabirawa - 24/01/2012 03:21 PM
#8

Otodidak memang spesial Gan, tapi prosesnya itu lho... panjang dan berliku. Gw termasuk orang yang bisa secara otodidak. Gw seorang Graphic Designer yang mempelajari semua software grafis secara otodidak. Guru gw cuman 3, buku, internet dan temen temen yang lebih dulu jagoan. Tapi prosesnya benar benar melelahkan dan lama.

Pengalaman Gw paling gw inget adalah ketika mencari setting pencahayaan untuk render 3D yang butuh waktu sampai sebulan hanya sekedar menghasilkan efek pantulan yang tepat.

Prosesnya memang sulit, Tapi gw bangga dengan hasilnya sekarang, Gw bisa hidup layak dengan ilmu gw itu
AdamJohnson. - 24/01/2012 06:46 PM
#9

ane aja main drum otodidak gan.
oke abaikano
ILove.Unite - 25/01/2012 12:33 AM
#10

Ya beberapa hal memang dapat dilakukan dengan otodidak seperti menggunakan internet,
dan ada juga yang perlu bimbingan seperti bila ingin menjadi pilot harus perlu bimbingan yang tepat.
triirawan - 25/01/2012 08:55 AM
#11

Quote:
Original Posted By YoonAddict4ever
Berbisnislah gan ,mau jalan apalagi ???
sering kok dosen gua katain " memang orang IT yg otodidak yg walaupun hebat tapi kalah ma mahasiswa yang memang kuliah di Jurusan IT karena mereka ga tau teori ",tapi di balik itu semua mereka yg Otodidak udah pnya nilai +++ ..
terkadang orang yang udah punya ijasah aja dateng ke orang yg Otodidak buat belajar, tuh dah dapet kesempatan bisnis kecil lho kursusin orang D.......


bener banget gan..
ini ane rasakan..thumbup:
yang pinter akademik blm tenetu bisa prakteknya..gila:
menirnjah.ifoel - 25/01/2012 10:12 AM
#12

ane belajar sotosop en program desain lainjah sebagian besar djoega otodidak ...malu:
RowdyGaga - 25/01/2012 10:35 AM
#13

yups, ane belajar musik juga otodidak, mulai dari belajar gitar, sampai digital recording. Entah kenapa ane lebih nyaman belajar sendiri daripada bimbingan. Guru ane ya yutub, majalah, sama trial error. Tapi emang prosesnya gak singkat. Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup
andry.a50 - 26/01/2012 06:07 PM
#14

salut deh..mantep threadny nih :2thumbup
depelover - 27/01/2012 01:04 AM
#15

ane anak jurusan IT gan, tp merasa ga nyaman sama pelajaran yg dikasih di kampus. akhirnya ane tinggalin dunia kampus, belajar sendiri, sekarang Alhamdulillah udah hidup lumayan jadi web programmer dari hasil belajar sendiri, walopun blm bisa disebut kaya D
YoonAddict4ever - 27/01/2012 07:27 AM
#16

Quote:
Original Posted By depelover
ane anak jurusan IT gan, tp merasa ga nyaman sama pelajaran yg dikasih di kampus. akhirnya ane tinggalin dunia kampus, belajar sendiri, sekarang Alhamdulillah udah hidup lumayan jadi web programmer dari hasil belajar sendiri, walopun blm bisa disebut kaya D


kenapa keluar gan ,kalau agan punya kemampuan seperti itu berarti bisa dapat kombinasi yg :thumbup kan D ,..
mantab dah gan sukses selalu ... shakehand
depelover - 27/01/2012 06:47 PM
#17

Quote:
Original Posted By YoonAddict4ever
kenapa keluar gan ,kalau agan punya kemampuan seperti itu berarti bisa dapat kombinasi yg :thumbup kan D ,..
mantab dah gan sukses selalu ... shakehand


Ngga nyaman gan D, pengennya langsung praktek ke lapangan, bukan cuma teori2 & praktikum doang. Tapi ane belum drop out kok, cuma cuti ngga ijin doang ngakak: besok kalo ada niat lagi ane terusin kuliahnya :addfriends

Thanks gan.. Sukses selalu jg buat agan :addfriends
batamchoy - 30/01/2012 10:02 PM
#18

klo ane bljar main gitar jg otodidak , , ,
referensinya cukup youtube \)
YoonAddict4ever - 30/01/2012 10:31 PM
#19

Quote:
Original Posted By batamchoy
klo ane bljar main gitar jg otodidak , , ,
referensinya cukup youtube \)


iya gan bagus tuh ,kebanyakan Musisi Otodidak ga bisa baca Not ,"bisa jadi Garis besar Tuh Gan belajar membaca Notasi juga penting" .. beer:
Qboet - 31/01/2012 12:17 AM
#20

ane banget ni
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Otodidak Sebuah Keistimewaan Hidup