Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Traffic Education and Information (TEDI)
Total Views: 449 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+

vitawulandari - 28/01/2012 10:10 PM
#1
Traffic Education and Information (TEDI)
Quote:
Hari ini saya berkesempatan berkunjung ke Mapolresta Malang. Ngobrol-ngobrol, nanya-nanya ini itu dan menyampaikan uneg-uneg masyarakat kaskuser tentang Kepolisian pada umumnya. Antusias, itu yang saya tangkap dari mereka. Taukah apa yang saya rasakan? Antusiasme saya melambung jauh dari pada milik mereka. Uhuk..

Terakhir, mereka meminta tolong saya untuk memposting TEDI (Traffic Education and Information). Ya sudahlah.. berhubung janji mau di traktir lagi, 86 deh pak hammer:



Apa itu Traffic Education and Information (TEDI)?

Quote:
Traffic Education and Information (TEDI)

Perkembangan teknologi informasi tidak dapat kita hindari, karena berpengaruh terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, dan itu menjadi tantangan tugas yang tidaklah ringan bagi kepolisian sehingga perlu didukung peran serta masyarakat dalam memberikan informasi dan didukung kemampuan sumber daya anggota POLRI dalam mengoptimalkan kemampuan dalam bidang teknologi. Dengan demikian teknologi dan sistem informasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kepolisian bagi kepentingan operasional maupun pembinaan.

Salah satu inovasi unggulan Polres Malang adalah TEDI (Traffic Education an Information). Layanan TEDI merupakan buku saku elektronik yang berkaitan dengan edukasi dan informasi lalulintas sebagai penjabaran UU no 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Raya. Layanan TEDI merupakan sarana perpolisian yang modern karena program layanan TEDI dapat dimiliki oleh setiap orang dan kapanpun juga dimananpun, dengan menggunakan gadget yang berbasis internet.

Dengan adanya TEDI, diharapkan dapat dijadikan sarana bagi masyarakat untuk dapat mengetahui tentang layanan-layanan Satlantas Polres Malang Kota maupun kegiatan pendidikan masyarakat bidang lalu lintas, rekayasa lalu lintas dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kelalulintasan.


Keunggulan Traffic Education and Information (TEDI)

Quote:
Traffic Education and Information (TEDI)


[*]Merupakan buku saku elektronik yang berkaitan dengan edukasi dan informasi lalu lintas sebagai penjabaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, misalkan tips berkendara R2 dan R4 yang aman, Pengenalan rambu-rambu lalu lintas, Pengenalan gerakan tangan pengaturan lalu lintas, Mekanisme penerbitan BPKB, SIM, STNK, data kecelakaan lalu lintas, Data lokasi rawan laka lantas, Data lokasi SPBU, data tempat wisata dan lain-lain.
[*]Merupakan sarana perpolisian yang modern karena program layanan tedi dapat dimiliki oleh setiap orang kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan gadget yang berbasis internet.
[*]Juga merupakan layanan konsultasi lalu lintas berbasis jaringan komunikasi melalui panggilan telephone 0800-1-009393 selama 24 jam




Materi Traffic Education and Information (TEDI)

Quote:
Traffic Education and Information (TEDI)


1. Tips berkendara Roda 2 yang aman
2. Tips berkendara Roda 4 yang aman
3. Kriteria Helm SNI dan mengapa harus menggunakan safety belt dan menyalakan lampu di siang hari
4. Faktor penyebab Laka lantas
5. Cara mengajukan Klaim asuransi Jasa raharja dan kriteria Laka lantas yang mendapatkan Klaim asuransi
6. Jenis-jenis pelanggaran Lalu lintas dan ketentuan pidananya
7. Pengenalan Rambu-rambu Lalu lintas dan marka jalan
8. Pengenalan 12 gerakan pengaturan Lalu lintas
9. Informasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas (Black Spot)
10. Informasi daerah rawan kemacetan lalu lintas (Trouble Spot)
11. Informasi data kecelakaan Lalu lintas
12. Informasi pendaftaran BPKB
13. Informasi pendaftaran STNK
14. Informasi pendaftaran Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan SIM Internasional
15. Informasi Jadwal SIM dan Samsat keliling
16. Informasi daerah wisata dan pusat keramaian
17. Peta POM bensin dan Rumah Sakit



shakehand2
rose: Semoga Bermanfaat rose:

Selamat berbagi hikmah, mohon maaf jika ada tulisan yang kurang berkenan di hati..

Traffic Education and Information (TEDI)

]Big Thanks to: Pak TMP, Pak FS, mas EAG dan semuanya yang ngga bisa disebutkan satu persatu shakehand
vitawulandari - 28/01/2012 10:12 PM
#2

:cystg INDEX


[*]Tips Berkendara Roda Dua yang Aman
[*]Tips Berkendara Roda Empay yang Aman
[*]Mengapa Harus Menggunakan Safety Belt
[*]Kriteria Helm SNI
[*]Mengapa Harus Menyalakan Lampu di Siang Hari
[*]Faktor Penyebab Laka lantas
[*]Cara Mengajukan Klaim Asuransi Jasa Raharja
[*]Jenis-Jenis pelanggaran Lalu lintas dan Ketentuan Pidananya
[*]Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan
[*]Pengenalan 12 Gerakan Pengaturan Lalu lintas
[*]Info Pendaftaran BPKB
[*]Info Pendaftaran STNK
[*]Info Pendaftaran SIM dan SIM Internasional



Traffic Education and Information (TEDI)
vitawulandari - 28/01/2012 10:13 PM
#3
Tips berkendara roda dua yang aman
Traffic Education and Information (TEDI)

Sebelum berangkat :

Quote:
[B][FONT="Comic Sans MS"]email: Pastikan Surat surat kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM) masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.
email: Periksa kondisi kendaraan yang meliputi:
* Cek kondisi mesin dan oli. Apakah sudah siap jalan atau belum;
* Periksa kelayakan rem depan dan belakang;
* Periksa kelayakan lampu utama, lampu petunjuk, dan lampu isyarat;
* Periksa kelayakan roda belakang dan depan. Bila sudah tipis segera di ganti;
* Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju, bukan jas hujan model ponco. Sebab tipe ini rawan tersangkut kendaraan samping.
email: Bila pemula atau pertama kali mudik, alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan yang akan dilalui nanti.
email: Tanyakan kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik
email: Tanyakan situasi perjalanan di mana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.


Saat di perjalanan :

Quote:
email: Sebelum perjalanan mulailah dengan berdoa agar siap dalam menghadapi perjalanan panjang;
email: Jangan lupa pakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar;
email: Pastikan badan anda sehat;
email: Taati peraturan lalu lintas;
email: Menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari;
email: Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang strir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan;
email: Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan;
email: Jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lain, sehingga mengendarai motor dengan balapan;
email: Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat;
email: Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan;
email: Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.


Saat istirahat :

Quote:
email: Jangan paksa diri terus berkendara karena ingin cepat sampai tujuan;
email: Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit;
email: Jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpenjam;
email: Bila perlu, istirahatlah beberapa kali sehingga kemampuan badan tetap oke.



Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan roda dua di jalan raya, berarti kemungkinan untuk terjadi kecelakaan sangat tinggi. Untuk itu, untuk menghindari semakin bertambahnya angka kecelakaan, ada beberapa tips berkendara yang bisa teman-teman terapkan. Berikut adalah tipsnya:

Quote:
email: Patuhi peraturan lalu lintas, rambu, marka dan petunjuk petugas
email: Siapkan surat-surat identitas (KTP, SIM, STNK)
email: Tidak mengendarai motor lebih dari 2 orang
email: Pastikan kendaraan anda laik jalan
email: Jangan zig-zag/ jangan memaksa diri menyalip kendaraan orang lain
email: Jaga jarak aman dan waspadai kendaraan lain
email: Waspadai posisi “Blind spot”
email: Tidak melaju dengan kecepatan tinggi
email: Gunakan helm pengaman bagi pengemudi maupun pembonceng
email: Beristirahatlah bila mengantuk atau lelah
email: Konsentrasi Perjalanan anda
email: Bila berombongan tidak memenuhi badan jalan
email: Beri kesempatan pada penyeberang jalan
email: Waspadai kendaraan parkir (bila membuka pintu mendadak)
email: Waspada dan kurangi kecepatan di daerah padat lalu lintas (pasar, terminal, sekolahan dll)
email: Kondisi fisik tidak dipengaruhi obat
email: Gunakan bahan dan warna pakaian/ helm yang kontras agar mudah dilihat oleh pengendara lain
email: Nyalakan lampu walau siang hari
email: Waspadai jalan rusak/ berlubang saat musim hujan
email: Jangan lupa berdo’a sebelum dan sesudah berjalan



Thread Terkait: Etika di Jalan
[/FONT][/B]
vitawulandari - 28/01/2012 10:16 PM
#4
Tips berkendara roda empat yang aman
Traffic Education and Information (TEDI)

Driving skills For Life adalah suatu cara yang ideal untuk menekan tingkat kecelakaan kendaraan roda empat saat ini. Dan ini ada beberapa cara mengemudi mobil yang baik meliputi smart driving, protection lives, saving fuel.

Quote:
[FONT="Comic Sans MS"][B]email: Gunakan sabuk pengaman (seatbelt)
Safety belt atau seatbelt dapat melindungi penggunanya dari cedera yang lebih parah dalam suatu kecelakaan. Sekali lagi bukan masalah jenis mobil, mobil pribadi maupun mobil rental, yang penting menggunakan sabuk pengaman.
email: Kaca Spion
Kebanyakan pengemudi tidak menyesuaikan kaca spionnya dan tidak memanfaatkannya seoptimal mungkin dengan terlalu banyak melihat sisi kendaraannya sendiri saja.
email: Pengemudi Yang Defensive
Pengemudi yang defensive harus mampu mengemudikan kendaraannya dengan tenang (tidak tegang). Dan mampu mengantisipasi situasi kondisi lalu lintas di depannya.
email: Gangguan Dalam Berkendara
Mengemudi adalah pekerjaan yang berbahaya, untuk itu dibutuhkan konsentrasi penuh pada saat kita mengemudi. Disarankan jangan menelepon, merokok ataupun aktifitas yang mengganggu saat mengemudi
email: Menjaga jarak aman
Pengemudi yang defensive selalu menyediakan ruang dengan depan, balakang, dan samping. Mobil sendiri maupun melakukan rental mobil Jakarta, hal ini mutlak diperhatikan.
email: Pengoperan gigi transmisi yang ideal
Saat ini banyak produsen kendaraan yang mulai mendisain produknya dengan teknologi mesin yang mempunyai tingkat konsumsi BBM yang sangat efisien. Termasuk kendaraan pada perusahaan rental mobil Jakarta. Akan tetapi, teknologi mesin yang irit BBM tersebut ternyata bukan satu-satunya aspek yang bisa menjamin biaya bahan bakar dapat dikurangi. Jaga Rotation per Menit (RPM ) selalu di bawah 3.000 rpm, akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.
email: Pergunakan momentum kendaraan
Ketika kendaraan akan mendekati perempatan, pertigaan, lampu lalu lintas, atau ingin memperlambat, angkat kaki dari pedal gas lebih awal dan biarkan mobil meluncur sebelum menginjak pedal rem.
email: Matikan mesin kendaraan
Jika kendaraan berhenti dan diam lebih kurang dari 20 menit, maka akan lebih ekonomis apabila mesin kendaraan dimatikan.
email: Pre Start Check
Pre Start Check atau pemeriksaan awal kendaraan sebelum kita melakukan engine start dengan tujuan untuk mencari adanya kerusakan atau potensi permasalahan pada kendaraan (tekanan ban, instalansi lampu)
email: Beban berat mempengaruhi konsumsi BBM
Keluarkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil. Lepaskan roof racks apabila sedang tidak dipergunakan. Gunakan kecepatan rendah, apabila sedang membawa barang dengan roof racks.


Posisi Mengemudi Yang Baik

Quote:
email: Hindari gaya menyetir dengan model badan merebah. Gaya menyetir seperti itu kurang baik karena refleks tangan jadi tak lincah.
email: Saat menyetir sebaiknya tangan jangan lurus tetapi membentuk siku. Itu membuat Anda punya tenaga yang cukup kuat untuk mengontrol kemudi.
email: Duduklah dengan lutut membentuk sudut 110 derajat. Dengan posisi tangan dan kaki seperti itu selain melemaskan otot juga memberi jarak pandang jadi lebih jauh.
email: Perhatikan peletakan tangan yang benar di setir. Sebaiknya tangan kanan pada posisi jam 3, sedang tangan kiri pada posisi jam 9.
email: Selanjutnya, untuk melakukan perputaran setir saat membelok, area tangan kanan hanya boleh bergerak dari jam 11 sampai jam 6. Sedangkan tangan kiri dari jam 6 sampai arah jam 1.
email: Jangan pernah mengemudi tanpa menggunakan alas kaki apalagi meletakkan alas kaki di bawah jok. Hati-hati saat menginjak pedal rem atau kopling jangan sampai tersangkut sepatu.



Thread Terkait: Etika di Jalan
[/B][/FONT]
vitawulandari - 28/01/2012 10:17 PM
#5
Mengapa harus menggunakan safety belt?
Traffic Education and Information (TEDI)

Sabuk keselamatan (safety belt) adalah sebuah sabuk pengaman yang dirancang untuk mengamankan penghuni sebuah kendaraan terhadap keadaan berbahaya yang bisa terjadi akibat tabrakan atau berhenti mendadak. Sebagai bagian dari keseluruhan mobil keselamatan pasif sistem, sabuk pengaman dimaksudkan untuk mengurangi luka dengan meghentikan pemakainya dari memukul keras elemen interior kendaraan, atau penumpang lain (yang disebut dampak kedua), berada dalam posisi yang benar untuk airbag untuk menyebarkan dan mencegah penumpang dari yang dilemparkan dari kendaraan. Sabuk pengaman juga menyerap energi sedang dirancang untuk meregangkan selama setiap diselerasi tiba-tiba, sehingga ada yang kurang kecepatan diferensial antara tubuh penumpang dan interior kendaraan mereka, dan juga untuk menyebarkan pemuatan dampak pada tubuh penumpang.

Definisi sabuk keselamatan menurut Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 37 Tahun 2002 tentang Persyaratan Teknis Sabuk Keselamatan: Sabuk Keselamatan adalah perangkat peralatan yang merupakan bagian dan terpasang pada kendaraan bermotor, yang berfungsi untuk mencegah benturan terutama bagian kepala dan dada dengan bagian kendaraan sebagai akibat perubahan gerak kendaraan secara tiba-tiba.

Menurut Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 37 Tahun 2002 pasal 3, sabuk keselamatan terdiri dari komponen komponen sebagai berikut :

Quote:
[COLOR="Green"][FONT="Comic Sans MS"][B]rose: Pita Sabuk (Webbing)
yaitu bagian dari sabuk keselamatan yang berfungsi untuk menahan posisi pengemudi dan penumpang agar tetap berada pada tempat duduk semula saat mengalami perubahan kecepatan dan gerakan secara mendadak;

rose: Pengunci Sabuk (Buckle)
yaitu bagian dari sabuk keselamatan yang berfungsi sebagai penyambung dan pengunci pita sabuk dengan komponen lainnya;

rose: Pengatur Panjang (length adjuster/retractor)
yaitu bagian dari sabuk keselamatan yang berfungsi untuk mengatur dan menggulung pita sabuk serta mengatur panjang sesuai kebutuhan;

rose: Penuntun Gelincir (slip guide)
yaitu bagianndari sabuk keselamatan yang berfungsi mengarahkan perubahan pergerakan sabuk keselamatan;

rose: Pengikat (fitting)
yaitu bagian dari sabuk keselamatan yang berfungsi mengikat pita sabuk ke badan kendaraan;

rose: Jangkar (anchorage)
yaitu bagian dari perangkat sabuk keselamatan yang berfungsi sebagai tempat dipasangnya sabuk keselamatan pada kendaraan bermotor.


Hal yang perlu diingat pada saat mengenakan sabuk keselamatan yang baik:

Quote:
rose: Dengarkan bunyi ikatan yang terkunci
Tekan piringan lidah sabuk keselamatan ke dalam pengait sampai terdengar bunyi ”KLIK”. Jika kurang tertekan piringan lidah akan keluar dari pengait saat terjadi tabrakan, jadi buatlah hal ini sebagai kebiasaan.

rose: Tali bahu maupun tali pinggul jangan terpelintir
Pastikan sabuk keselamatan anda tidak terpelintir. Jika terpelintir segera betulkan, karena dapat mengakibatkan cedera pada saat terjadi benturan.

rose: Jangan gunakan sabuk keselamatan dengan longgar
Ketika mengaitkan sabuk keselamatan, jangan gunakan jepitan baju atau klip untuk melonggarkan tali. Sabuk keselamatan dirancang guna mendapatkan tekanan yang sesuai untuk keamanan. Tali bahu yang longgar memungkinkan terjadinya cedera pada saat benturan.

rose: Sabuk Keselamatan sebaiknya dipakai oleh satu orang pada suatu perjalanan
Jangan memakai sabuk keselamatan bersama anak-anak yang duduk di pangkuan, dan jangan mengikat dua anak dalam satu sabuk keselamatan. Sabuk keselamatan dirancang dan diproduksi untuk memberikan perlindungan kepada satu orang tertentu.

rose: Jangan memasukkan benda – benda lain kepada pengait
Karena sabuk keselamatan menjadi tidak terkunci dengan benar dan mengakibatkan cedera.

rose: Ganti segera Sabuk Keselamatan yang rusak
Periksa sabuk keselamatan secara periodik dari kerusakan, jangan gunakan sabuk keselamatan yang sudah pernah dipakai pada suatu kecelakaan. Ganti segera walau kerusakannya tidak nampak, karena tidak dapat dipastikan apakah masih bekerja dengan baik.



Thread Terkait: Etika di Jalan
[/FONT][/B][/COLOR]
vitawulandari - 28/01/2012 10:19 PM
#6
Kriteria helm sni
Traffic Education and Information (TEDI)

Helm yang diperbolehkan dipakai sesuai UU Lalu Lintas No. 22 adalah helm yang sudah memenuhi standart SNI, jadi bukan helm yang berstiker SNI. Jadi walaupun tidak ada stikernya asalkan sudah memenuhi standart SNI, helm tetap diperbolehkan dipakai. Mengenai standart SNI pada helm itu sendiri diantaranya adalah minimal melindungi bagian atas dan belakang kepala (seperti helm falf face), dengan kondisi busa, kaca dan tempurung helm sudah memenuhi syarat-syarat keselamatan.

Konstruksi helm harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Quote:
[COLOR="Green"][FONT="Comic Sans MS"][B]email: Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu,

email: Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang melalui lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata,

email: Keliling lingkaran bagian dalam helm adalah sebagai berikut:
Ukuran S Keliling Lingkaran Bagian dalam antara 500 – kurang dari 540 mm
Ukuran M Keliling Lingkaran Bagian dalamantara 540 – kurang dari 580 mm
Ukuran L Keliling Lingkaran Bagian dalam antara 580 – kurang dari 620 mm
Ukuran XL Keliling Lingkaran Bagian dalam lebih dari 620 mm

email: Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan pelindung muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat

email: Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.

email: Tali pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk,

email: Tempurung tidak boleh ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 milimeter dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak boleh ada bagian tepi yang tajam,

email: Lebar sudut pandang sekeliling sekurang-kurangnya 105 derajat pada tiap sisi dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 30 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama.

email: Helm harus dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bisa dipindahkan, tameng atau tutup dagu.

email: Memiliki daerah pelindung helm

email: Helm tidak boleh mempengaruhi fungsi aura dari pengguna terhadap suatu bahaya. Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan temperatur pada ruang antara kepala dan tempurung.

email: Setiap penonjolan ujung dari paku/keling harus berupa lengkungan dan tidak boleh menonjol lebih dari 2 mm dari permukaan luar tempurung.

email: Helm harus dapat dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan di bawah dagu atau melewati tali pemegang di bawah dagu yang dihubungkan dengan tempurung.

Adapun Kriteria Standar Helmet adalah sebagai berikut :

Quote:
rose: Bahan pembuat helmet harus kuat dan tahan terhadap benturan. Adapun jenis bahan yang masuk dalam kriteria kuat adalah campuran plastik, fiber glass, fiber carbon. Untuk jenis bahan yang terakhir fiber carbon adalah jenis bahan yang paling kuat saat ini. Biasanya helm yang telah menggunakan bahan carbon fiber memiliki harga yang cukup mahal berkisar diatas 4 jt. Kebanyakan helm jenis carbon fiber dipilih sebagai helm balap karena memiliki tingkat keselamatan yang tinggi

rose: Bagian dalam helm memiliki foam khusus yang mampu meredam benturan bila terjadi kecelakaan. Foam juga dilapis oleh kain yang dapat menyerap keringat. Bahan tersebut terasa lembut dikulit dan terasa nyaman bila digunakan.

rose: Bagian dalam helmet memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kulit muka anda nyaman pada saat menggunakan helm meskipun berjam-jam. Bayangkan bila anda harus touring jakarta – bali, minimal anda mengenakan helm selama 3-4jam kemudian beristirahat, dan melanjutkan perjalanan kembali.

rose: Sebagai pengguna helmet anda harus pandai memilih helmet, pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala anda, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sesak. Sesuaikan juga dengan kendaraan yang anda bawa, bila anda menggunakan helm khusus untuk motocross sebaiknya jangan digunakan untuk dijalan raya.


FULL FACE

Traffic Education and Information (TEDI)

Quote:
Full Face adalah jenis helm yang melindungi seluruh bagian kepala mulai dari ujung sampai ke pangkal leher. Kaca helm yang dapat dibuka dan ditutup memungkinkan mata pengendara terhindar dari debu dan air hujan sehingga kedua hal tersebut relatif tidak mengganggu pandangan saat berkendara.

Tak heran dengan bentuknya ini, full-face dinilai sebagai helm yang paling aman untuk digunakan. Kekurangan dari helm jenis ini adalah bobotnya yang relatif lebih berat dan harus menahan tekanan angin yang lebih besar ketimbang jenis yang lain sehingga membuat leher relatif lebih cepat lelah. Belum lagi panas yang timbul saat digunakan mengingat helm ini sangatlah tertutup. Namun, kini juga banyak ditemui helm full-face yang memiliki ventilasi di beberapa bagian sehingga hawa panas dalam helm dapat dikurangi.

Bentuk lain dari jenis ini adalah racing helmet yang diperuntukkan bagi pengendara motor trail (dirt biking) dengan bobot yang lebih ringan tapi tanpa kaca helm karena fungsi tersebut digantikan oleh goggles.



Thread Terkait: Etika di Jalan
[/B][/FONT][/COLOR]
vitawulandari - 28/01/2012 10:21 PM
#7
Alasan menyalakan lampu di siang hari
Traffic Education and Information (TEDI)

Setelah kewajiban menyalakan lampu disiang hari bagi sepeda motor diumumkan oleh Polri, ternyata masih saja banyak orang yang belum paham keuntungan dari menyalakan motor di siang hari. Ada yang beralasan menyalakan motor di siang hari adalah pemborosan energi, ada juga yang merasa cahaya matahari sudah lebih dari cukup untuk membuat motor terlihat oleh pengendara lain. Bahkan ada yang mengeluhkan reflektornya meleleh kepanasan karena terus terusan meyalakan lampu di siang hari.

Namun, apapun alasan untuk tidak menyalakan lampu, tetap saja, keuntungan menyalakan lampu disiang hari lebih banyak ketimbang kerugiannya. Salah satunya keselamatan diri kita sendiri.

Menyalakan lampu akan membuat kehadiran kita mudah di lihat oleh pengendara lain. Memang, jika tanpa menyalakan lampu-pun kita masih bisa terlihat, namun dengan lampu menyala, pengendara lain hanya membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melihat kehadiran anda.

Bandingkan kedua foto di bawah ini, mana yang menurut anda lebih gampang terlihat. Perhatikan foto dibawah dengan sekilas layaknya kita melihat spion. Motor yang mana yang jelas terlihat?

Spoiler for
Traffic Education and Information (TEDI)

Traffic Education and Information (TEDI)


Pengendara mobil atau motor pasti melihat spion hanya dalam waktu sangat singkat. Lampu yang menyala akan mempermudah pengendara lain mendeteksi kehadiran anda melalui spion. Sehingga pengendara yang melihat anda akan bisa melakukan antisipasi ketika melihat anda.

Karena seringkali pengendara motor tidak mampu diterdeteksi oleh pengendara mobil karena cepatnya motor bergerak. Sehingga tak jarang mobil dan motor saling bersenggolan.

Jelas sudah, alasan menyalakan lampu bukan sekedar aturan lalu-lintas semata. Melainkan salah satu faktor keselamatan yang seharusnya wajib dilakukan. Maka dari itu, nyalakan lampu sebelum anda celaka karena tidak terdeteksi oleh kendaraan lain.

Dan satu hal lagi, pabrik sudah mendisain lampu motor kita untuk tahan panas karena dinyalakan terus-terusan. Percayalah, saya sudah membuktikannya. Kecuali lampu anda imitasi tentunya.
rahmat125R - 07/02/2012 10:36 AM
#8

mohon maaf buat momod dan abang2 forpol sekalian, bukan maksud saya mau ngejang, tapi saya udah muak banget sama trit bot, saya sengaja nyundul2 trit yang saya anggap perlu disundul, meskipun komennya tidak sejalan dengan isi trit

buat momod, silahkan dihapus postingan saya ini kalo memang kurang pantas, terima kasih.
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Traffic Education and Information (TEDI)