DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Total Views: 200033 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 206 of 227 | ‹ First  < 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 >  Last ›

lubeguka - 23/09/2012 06:51 PM
#4101

Quote:
Original Posted By barcon


Tapi saya rasa, kita semua harus setuju untuk mengatakan bahwa golongan Quranist muncul karena kecewa atau tidak bisa menerima penulisan yang ada di hadist mengenai sejarah islam, perilaku muhammad dan gaya hidup yang ditawarkannya berbeda dengan apa yang ada didalam pikiran para Quranist.


nope bukan dengan apa yang ada di pikiran Quranist tapi memang bertolak belakang dengan yangtersurat di Al-Qur'an

Dan apa yang ada di hadist tidak pernah bisa dibuktikan berasal dari Nabi. tahukah agan ilmu hadist?

Quote:
Karena itulah hadist ditolak dan hanya sepenuhnya berpegang pada Alquran karena di alquran terlihat bahwa kehidupan yang ditawarkan muhammad seperti berbeda dengan yang ditawarkan hadist.


memang berbeda gan


Quote:
Hal seperti ini, cukup membingungkan bagi gw. Karena setau gw, kata-kata islam sendiri baru muncul setelah dibawa oleh muhammad.


ya karena memang banyak yang terjebak masalah semantik agan harus tau islam itu artinya apa. Karena kemudian di arab aja maka kata islam dipakai. ga mungkin kata 'kedamaian (bhs indo)' dipakai di arab pad ag ngerti nanti.

Quote:
Gw rasa mengatakan bahwa nabi-nabi sebelumnya juga beragama islam sedikit terlalu jauh. Walaupun gw bisa memahami jika anda sedang berkata dalam bentuk pengakuan iman yang tertulis di alquran bahwa islam sudah ada sejak mula.


ya karena agan terjebak dengan kata arab 'islam' Yb
ga terlalu jauh kok , memang tersureat di Qur;an dan agan memang harus baca Qur;an dulu baru bisa mengerti ini.

Quote:
Jika anda berkata, bahwa yang anda maksud adalah nabi-nabi yang percaya pada Tuhan yang sama [tanpa status embel2 agama islam] maka hal itu tidak masalah.


masalahnya hanya agan tidak mau melihat arti islam itu apa. Yb
Din islam bukan ekslufif turun di arab, sebelumnya juga diajarakan nabi nabai terdahulu. Akan lebih baik jika agan mengerti bhs arab

Quote:
Namun, yang saya maksudkan disini adalah pengikut Muhammad.

Artinya saya menyatakan bahwa apa yang tertulis di Hadist adalah bentuk laporan para pelaku sejarah yang terlibat dengan tindak-tanduk muhammad.
Dimana pada saat itu belum berada dalam bentuk tertulis seperti alquran.


tidak tepat gan.


Quote:
Maka apakah boleh dikatakan bahwa Hadist adalah laporan para pelaku sejarah mengenai apa, bagaimana dan perilaku muhammad dan apa dan bagaimana islam saat mereka merasakannya di jaman mereka?...


tidak bisa, tidak bisa diverifikasi nabi Muhammad melakukan dan mengatakan seprti yang ada di kitab kitab tersebut.

Quote:
Karena itu, bukankah menjadi masuk akal untuk mengatakan bahwa Hadist memberi gambaran tentang Quran dimata jemaat islam (atau muhammad dan pengikutnya) mula-mula?..


nope, soal islam baiknya mulai melihat dari sudut pandang universal. Sehingga awal sejarah islam itu dalam Qur;an jauh sebelum Nabi Muhammad. Yb

Quote:
Termasuk penafisran peraturan alquran, dan bagaimana seharusnya Quran itu di interpretasikan?..


Nope, Qur'an mengatakan penjelasan terbaik ( ahsanal tafsir) nabi tidak meninggalkan kitab selain Qur'an. ini tandanya nabi orang yang paling tahu Qur;an tidak perlu ditafsirkan, karena ada juga ayat ayat yang mengatakan Qur'an itu dijelaskan secara rinci.

Takutnya agan makin ribet karena analisa kata bhs arab tentang Nabi, Rasul dan tugas tugasnya.


Quote:
Tentu saja ada perbedaan sudut pandang. Oleh karena itu saya mengajak anda untuk meilihat satu perikop penuh.


Tidak cukup menganalisa hanya satu syat dan satu surat. Qur;an itu saling berkesinambungan ayat ayatnya. Kalau agan ingin menjatuhkan keimanan setidaknya agan harus baca dulu SEMUA isi Qur'an, baru fair, sudahkan agan membaca Qur;an seluruhnya?

Quote:
Oleh karena itu saya memberikan kalimat dalam bentuk pertanyaan "?", agar anda memberikan klarifikasi setidaknya sesuai dengan apa yang anda pahami dan tentu saja sudut pandang anda.


Bukankah sudah tapi agan ingin terus memaksakan pemahamn bahwa hadist hadist itu adalah pasti berasal dari Nabi?Yb

Quote:
Dan sperti yg telah sy sebutkan bahwa dalam perikop itu, tertulis salah satu alasan menolak muhammad, karena dimata mereka muhammad adalah kriminal?...


Bukankah saya sudah menjelaskan. Apakah iesous tidak dianggap 'kriminal' oleh petinggi petinggi yahudi. Apakah ane bisa langsuing mengambil kesimpulan iesous kriminal? tentu tidak



Quote:
Yang menjadi inti permasalahan sebenarnya. Susah untuk mengatakan bahwa Hadist bukanlah suatu bentuk pelaporan sejarah otentik tentang islam mula-mula. Sehingga susah pula untuk mengatakan bahwa hadist bukanlah bentuk interpretasi tentang seperti apa sebenarnya muhammad dan seperti apa islam seharusnya dijalankan.


memang tidak bisa dibuktikan itu breasaldari Rasul dan Nabi Muhammad gan, baik secara logika maupun secara ilmu hadist


Quote:
Kalo begitu, mungkin ada baiknya kita bahas dulu secara perlahan. Apakah muhammad & Quran menolak adanya perbudakan?


Yang diajarkan Qur;an memang begitu Yb
lubeguka - 23/09/2012 06:56 PM
#4102

Quote:
Original Posted By khoyyir
seperti biasa para quranis, padahal hkum tentang pnilaian ibadah mndahului Allah ada di hadits bkn dialquran,


pinter...memang betul kok perintah untuk mendahului Allah ya jelas ada di kitab selain Qur'an karena di dalam Qur;an tidak boleh mendahului Allah dalam hal apapun, namanya musrik itu gan Yb

Quote:
terus ketika dirinya mendapat pnilaian mengatakan seperti itu, tapi ketika ulama, sahabat, ahli hadits ente kritik, ente kayak gak punya dosa, ente lho lebih busuk daripada ulama2, ente lebih sering berbohong, ente lebih dusta.


Ya serahin aja sama Allah lah gan.




Quote:
Tu ente pampang lagi kefasiqan ente, ketika ente meragukan apa yang di bawa sahabat, tabi'in n ulama, ente anggap ulama ini dusta, ulama ini berbohong, ulama ini meragukan, secara tidak langsung ente menghina orang2 shalih n melakukan penilaian sendiri, dimana hidung ente


kenapa ane marah? baca lagi ketikan ane diatas.


hidung ane di tempatnya lah, heheh memang biasanya kalau orang yang agan kultuskan dikoreksi maka ya reaksinya seperti agan. Mempertanyakan kredibilitas mereka bukan berarti menghina mereka, kecuali kalau mereka menekankan kredibilitasnya tidak boleh diragukan oleh siapapun Yb
lubeguka - 23/09/2012 07:01 PM
#4103

Quote:
Original Posted By Zarathustra.
Al-Qur'an memang belum lengkap buktinya ada jumlah rakaat dalam shalat fardu yang tidak diterangkan, puasa dan haji dan zakat secara terperinci. Al-Qur'an itu hanya berupa gambaran umumnya saja sementara hadits dan As-Sunnah adalah petunjuk praktis mengamalkan Al-Qur'an.


ya itu kan menurut agan, bukan menurut ane, kenapa mesti kebenaran ane harus menurut agan? sementara agan tidak memandang AlQur'an secar tersurat

Quote:
Nabi Muhammad SAW adalah contoh terbaik Muslim yang taat dan telah memberi teladan kepada umatnya. Jika beliau diceritakan dalam Bukhari bukan berarti beriman sama Bukharinya. Saya percaya anda bukan orang bodoh, Al-Qur'an yang disusun oleh Khalifah Usman apa berarti kita beriman kepada Usman?


heheheh agan mengaku mencintai nabi tapi tidak malah menjatuhkan tugas kenabian yang nota bene harus meyampaikan Quran dalam bentuk kitab, ironis. Ini akibatnya agan beriman sama bukhari. Kalau tidak beriman sama bukhari lalu atas dasaar apa agan tahu itu berasal dari Rasul sementara sampai sekarang terus berkilah setelah ane paparkan kasus Yb

muslim sudah ada jauh sebelum Nabi Muhammad tidakah agan mengerti?

Quote:
Syahadat itu ada dua percaya kepada Allah dan RasulNya. Ini adalah persaksian seorang Muslim pada keimanan. Nabi Muhammad SAW yang memberi contoh teladan baik tapi justru tidak dipercayai lalu bagaimana mau beriman pada agama Islam?


Soal syahadat berikan saja satu ayat bahwa manusia biasa harus bersaksi atas Nabi dan rasul, sanggup kah? jangan jangan agan yang menghina nabi dalam hal ini.

Quote:
Memang Nabi Muhammad SAW tidak berbuat apa-apa tanpa meninggalkan jejak dan contoh teladan? Pada kenyataannya Quranist justru mengikuti tradisi yang tidak tertulis tapi sebenarnya dibenarkan dalam hadits. Jadi percuma Quranist itu karena selain Al-Qur'an masih mempercayai tradisi dan secara tidak sadar menjalankan hadits. Bagaimana andan menuntut orang bukti sementara anda tidak sadar juga percaya dan menjalankan hadits?


ya alsaan akan selalu ada, pertama minta ane bawa bukti, ane babarin ga bisa jawab sekarang berkilah lagi..typical..typical Yb
khoyyir - 23/09/2012 07:28 PM
#4104

Quote:
Original Posted By lubeguka
pinter...memang betul kok perintah untuk mendahului Allah
semakin goblok aja ente gan, yang ane tanyakan hukumnya bukan perintahnya, siapa juga yang mau ikut orang goblok sperti agan berdua ini. ngaku2 quranis tapi mngingkari alquran itu sendiri.
lubeguka - 23/09/2012 07:56 PM
#4105

Quote:
Original Posted By khoyyir
semakin goblok aja ente gan, yang ane tanyakan hukumnya bukan perintahnya, siapa juga yang mau ikut orang goblok sperti agan berdua ini. ngaku2 quranis tapi mngingkari alquran itu sendiri.


ya berkelitlah terus gan.
ga ada yang bilang harus ikuti ane kok, ane cuma ingetin agan ikutin Quran aja ga usah kitab kitab hadist imam persia...mau nggak? Yb
nutroppo - 23/09/2012 08:03 PM
#4106

Quote:
Original Posted By lubeguka
Kalau Ayata Qur'annya jelas dan tegas tidak ada kata sembelih dan potong kenapa agan mesti tertawakan? agan mentertawakan apa yang tersurat di Qur'an?

ya memang harus belajar lagi dan banyak banyak istighfar Yb


Iya iya gw belajar lagi ....capedes labil amir emosinya.

cuma pengen tau aja gmana cara quranist makan binatang bintang yg halal dimakan tanpa disembelih/potong.ngakaksngakaksngakaks
Atau mungkin depag nambahin kata disembelih karena mereka tau masih ada yg tolol, ga tau kalo binatang mo dimakan harus dimatiin dulu jgn dimakan hidup hidup.Apalagi anjing bahayakan.Anjing halal dimakan kan bagi quranist.?
SHO0JI - 23/09/2012 08:38 PM
#4107

Quote:
Original Posted By nutroppo
tanyanih bi duluan mana ada nya Quran ataw RAsul.

gitu aja pertanyaan ane bi.... kalobisa pakek bukti ya.


kalo pake nalar quran duluan...
Quran turun langsung dari Tuhan kan...
brarti kan asalnya dari Tuhan
injil juga sdh ada ratusan tahun sblum nb muhammad jadi quran jelas2 lebih duluan
unwell - 23/09/2012 08:59 PM
#4108

Quote:
Original Posted By SHO0JI
kalo pake nalar quran duluan...
Quran turun langsung dari Tuhan kan...
brarti kan asalnya dari Tuhan
injil juga sdh ada ratusan tahun sblum nb muhammad jadi quran jelas2 lebih duluan


are you serious? trus quran yang turun setelah muhammad mau menyempurnakan apa dong, "quran2" yang sebelum muhammad?
lubeguka - 23/09/2012 09:02 PM
#4109

Quote:
Original Posted By SHO0JI
kalo pake nalar quran duluan...
Quran turun langsung dari Tuhan kan...
brarti kan asalnya dari Tuhan
injil juga sdh ada ratusan tahun sblum nb muhammad jadi quran jelas2 lebih duluan


Nope Taurat dan Injil lebih dulu gan. yang bawa Taurat dan injil juga nabi Allah yang sama, menekankan dan mengajarkan soal kedamaian, jalan kembali dst, istilah 'islam' itu karena turun di arab jadi pakai bhs arab.

itu mudahnya kalo menurut bahasa Qur'an itu = baca'an
sehingga injil taurat juga bisa disebut baca'an.
intinya ajaran Allah cuma satu untuk umat yang satu. Mangkanya dikatakan Qur'an bahwa nabi nabi Allah terdahulu sudah disebut 'muslim

nalar bisa jadi salah kalau informasi yang dipakai sebagai variable juga tidak tepat gan Yb
lubeguka - 23/09/2012 09:07 PM
#4110

Quote:
Original Posted By unwell
are you serious? trus quran yang turun setelah muhammad mau menyempurnakan apa dong, "quran2" yang sebelum muhammad?


tidak ada gan kata Quran menyempurnakan kitab kitab tersebut. Taurat dan Injil pada waktu turunya merupakan kitab Allah juga yang sudah sempurna. namun manusia yang kemudian merubah rubah kalimat Allah dari tempatnya dan mengajarkan doktrin doktrin yang tidak pernah diajarkan. Hingga gelar 'Rasul' pada Muhammad berfungsi sebagai pemberi ingatan terhadap ajaran ajaran yang ada pada kitab terdahulu.

Pada akhirnya Qur;an menekankan agar penghikut ijil berhukum dengan injil begitupun dengan yang menerima taurat gar berhukum pada Taurat, karena memang essensinya sama hanya berbeda di masalah 'mansakan', bukan syariat.
unwell - 23/09/2012 09:17 PM
#4111

okay gw dah pernah dengar keterangan seperti itu, tapi disisi lain juga gw pernah dengar bahwa quran justru sudah ada sebelum manusia dijadikan. makanya argumen si shooji sebenarnya bukan nalar dia saja, tapi informasi yang dia peroleh dari sumber lain. barangkali @shooji bisa kasih bukti untuk memperkuat argumennya;

quranist ini menarik, mirip protestant abad pertengahan dengan 'sola scriptura-nya' yang ingin keluar dari dogma praktis yang terkait ajaran tradisi gereja dan kembali kepada 'hanya alkitab'

oke ane seliwet2 aje karena hanya sebagai sr D
kabamania - 23/09/2012 10:06 PM
#4112

Quote:
Original Posted By nutroppo
Iya iya gw belajar lagi ....capedes labil amir emosinya.

cuma pengen tau aja gmana cara quranist makan binatang bintang yg halal dimakan tanpa disembelih/potong.ngakaksngakaksngakaks
Atau mungkin depag nambahin kata disembelih karena mereka tau masih ada yg tolol, ga tau kalo binatang mo dimakan harus dimatiin dulu jgn dimakan hidup hidup.Apalagi anjing bahayakan.Anjing halal dimakan kan bagi quranist.?


hewan tetap disembelih atau dibunuh dengan cara yang diperbolehkan, tapi ketika anda memakannya harus menyebut nama tuhan. tentu saja dimasak dulu.

konsep halalan thayyiban sudah kuat untuk menjamin kami memakan makanan yang halal dan baik secara fisik dan secara ritual.

jika anda memandang ayat tuhan dengan sempit tanpa mengambil hikmah, tentu saja anda tidak mendapatkan apa2 tentang konsep halalan thayyiban tersebut.

intinya adalah peringatan untuk umat islam untuk tidak memakan hewan2 atau makanan apapun yang diperuntukkan untuk sesajen kepada selain nama allah.

perkara anjing yang anda doyan
hewan yang digariskan di dalam alquran untuk dimakan adalah
- hewan ternak
- hewan buruan darat, menggunakan anjing atau senjata , kecuali babi
- hewan buruan laut.

konsep dasar yang mengikat adalah halalan thayyiban (makanan halal dan baik), halal saja tanpa baik tidak boleh. baik ini memiliki pengertian yang luas, contoh, makanan itu tidak mengandung racun, formalin, aflatoksin, dll.
untuk hewan buruan, kita harus melihat jenis hewan apa saja yang lazim dimakan suku2 tertentu dan harus tahu bagaimana cara pengolahannya. hewan2 yang tidak lazim dimakan mereka sebaiknya harus dihindari untuk mencegah keracunan.
contoh .. ikan buntal jika adalah halal, tapi jika tidak tahu cara olahnya akan beracun dan mematikan.

anjing memang tidak dilarang untuk dimakan, tapi apakah anjing ini masuk hewan ternak atau hewan buruan darat atau laut? jawab sendirilah oleh anda.

saya tidak makan anjing, karena sudah ada hewan ternak dan hewan buruan laut (ikan, kerang2an, dll) serta hewan buruan lain. tapi kalau sudah tidak ada pilihan, ya apa boleh buat.

saya peribadi sudah sangat puas dengan ketetapan allah tentang sumber makanan.

ada lagi yang mau anda tanyakan atau mau berolok2 dengan firman allah?
saya berdoa untuk anda, semoga hati anda terbuka terhadap kitab suci anda sendiri yang penuh hikmah.
DombIsmailParan - 23/09/2012 10:13 PM
#4113

Quote:
Original Posted By unwell
okay gw dah pernah dengar keterangan seperti itu, tapi disisi lain juga gw pernah dengar bahwa quran justru sudah ada sebelum manusia dijadikan. makanya argumen si shooji sebenarnya bukan nalar dia saja, tapi informasi yang dia peroleh dari sumber lain. barangkali @shooji bisa kasih bukti untuk memperkuat argumennya;

quranist ini menarik, mirip protestant abad pertengahan dengan 'sola scriptura-nya' yang ingin keluar dari dogma praktis yang terkait ajaran tradisi gereja dan kembali kepada 'hanya alkitab'

oke ane seliwet2 aje karena hanya sebagai sr D


sebenarnya jauh berbeda, welleh-welleh \)b
Protestan ingin keluar dari tradisi institusi gereja katolik roma yg tak dicontohkan Yesus. jadinya peluang makin bener lebih besar dari makin sesat angel:
Quranist ingin keluar dari tradisi Islam yg dicontohkan Muhammad dilanjutkan sahabat beliau, tabi'in (pengikut), tabi'ut tabi'in (pengikut pengikut) yg dikenal sebagai generasi salaf (terdahulu) sampai sekarang (generasi kholaf). jadinya peluang makin sesat lebih besar dari makin bener berdukas
DombIsmailParan - 23/09/2012 10:15 PM
#4114

Quote:
Original Posted By kabamania
hewan tetap disembelih atau dibunuh dengan cara yang diperbolehkan, tapi ketika anda memakannya harus menyebut nama tuhan. tentu saja dimasak dulu.

konsep halalan thayyiban sudah kuat untuk menjamin kami memakan makanan yang halal dan baik secara fisik dan secara ritual.

jika anda memandang ayat tuhan dengan sempit tanpa mengambil hikmah, tentu saja anda tidak mendapatkan apa2 tentang konsep halalan thayyiban tersebut.

intinya adalah peringatan untuk umat islam untuk tidak memakan hewan2 atau makanan apapun yang diperuntukkan untuk sesajen kepada selain nama allah.

perkara anjing yang anda doyan
hewan yang digariskan di dalam alquran untuk dimakan adalah
- hewan ternak
- hewan buruan darat, menggunakan anjing atau senjata , kecuali babi
- hewan buruan laut.

konsep dasar yang mengikat adalah halalan thayyiban (makanan halal dan baik), halal saja tanpa baik tidak boleh. baik ini memiliki pengertian yang luas, contoh, makanan itu tidak mengandung racun, formalin, aflatoksin, dll.
untuk hewan buruan, kita harus melihat jenis hewan apa saja yang lazim dimakan suku2 tertentu dan harus tahu bagaimana cara pengolahannya. hewan2 yang tidak lazim dimakan mereka sebaiknya harus dihindari untuk mencegah keracunan.
contoh .. ikan buntal jika adalah halal, tapi jika tidak tahu cara olahnya akan beracun dan mematikan.

anjing memang tidak dilarang untuk dimakan, tapi apakah anjing ini masuk hewan ternak atau hewan buruan darat atau laut? jawab sendirilah oleh anda.

saya tidak makan anjing, karena sudah ada hewan ternak dan hewan buruan laut (ikan, kerang2an, dll) serta hewan buruan lain. tapi kalau sudah tidak ada pilihan, ya apa boleh buat.

saya peribadi sudah sangat puas dengan ketetapan allah tentang sumber makanan.

ada lagi yang mau anda tanyakan atau mau berolok2 dengan firman allah?
saya berdoa untuk anda, semoga hati anda terbuka terhadap kitab suci anda sendiri yang penuh hikmah.


apakah hadits menyelisihi Quran?
binatang bertaring & buas (karnivora) haram
bertentangan dari 3 jenis hewan halal?
- hewan ternak
- hewan buruan darat, menggunakan anjing atau senjata , kecuali babi
- hewan buruan laut.
barcon - 23/09/2012 10:29 PM
#4115

Quote:
Original Posted By lubeguka
nope bukan dengan apa yang ada di pikiran Quranist tapi memang bertolak belakang dengan yangtersurat di Al-Qur'an

Dan apa yang ada di hadist tidak pernah bisa dibuktikan berasal dari Nabi. tahukah agan ilmu hadist?

memang berbeda gan


Jika dikatakan hal yang ada bertolak belakang dengan Alquran, maka akan menjadi sangat aneh karena jemaat mula-mula islam sama sekali tidak melihat ada kesalahan dalam hadist2 shahih tersebut.

Dalam hal ini, gw memandang bahwa pengikut muhammad, serta orang-orang yang ikut terlibat dalam penulisan hadist, penentuan hadist adalah orang-orang yang benar-benar percaya dengan keberadaan muhammad sebagai rasul, sebagai seorang panutan, dan bahwa dalam pikiran mereka menceritakan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka alami atau tidak sesuai dengan fakta yang terjadi tentang muhammad.

Maka dengan asumsi ini, sangat susah untuk menerima hadist sengaja ditulis untuk bertolak belakang dengan alquran.

Lebih sederhana bagi kita untuk melihat bahwa hadist lah upaya penjabaran ketidaklengkapan dalam alquran dimata jemaat mula-mula dengan mengikuti tingkah laku muhammad dan para sahabatnya.

Kecuali jika kita memakai kaca mata bahwa penulis tersebut [hadist] adalah orang-orang yang sengaja untuk mencemarkan muhammad atau mengutamakan kepentingan mereka.

Namun jika kita pakai asumsi kedua, akan muncul pertanyaan. Bagaimana bisa?...

Orang yang mempercayai muhammad sebagai rasul tuhan, dan percaya bahwa tuhan ada bisa melakukan hal seperti ini?..

Dan bahwa pada saat mula-mula tidak ada pergejolakan besar-besar menolak hal tersebut?.. Mengingat jemaat paling awal pastilah jemaat paling takut akan tuhan dan paling taat melaksanakan perintah muhammad.

Bukankah terlalu tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa hadist sengaja dibangun dengan kebohongan, melihat kondisi psikologis jemaat mula-mula?..

Dengan melihat ini, bukankah lebih masuk akal untuk mengatakan bahwa Hadist memang ditulis sesuai dengan fakta yang dialami oleh para pencerita dan sesuai dengan interpertasi alquran pada jemaat awal?



Quote:
Original Posted By lubeguka

ya karena memang banyak yang terjebak masalah semantik agan harus tau islam itu artinya apa. Karena kemudian di arab aja maka kata islam dipakai. ga mungkin kata 'kedamaian (bhs indo)' dipakai di arab pad ag ngerti nanti.


ya karena agan terjebak dengan kata arab 'islam' Yb
ga terlalu jauh kok , memang tersureat di Qur;an dan agan memang harus baca Qur;an dulu baru bisa mengerti ini.

masalahnya hanya agan tidak mau melihat arti islam itu apa. Yb
Din islam bukan ekslufif turun di arab, sebelumnya juga diajarakan nabi nabai terdahulu. Akan lebih baik jika agan mengerti bhs arab


tidak tepat gan.


tidak bisa, tidak bisa diverifikasi nabi Muhammad melakukan dan mengatakan seprti yang ada di kitab kitab tersebut.


nope, soal islam baiknya mulai melihat dari sudut pandang universal. Sehingga awal sejarah islam itu dalam Qur;an jauh sebelum Nabi Muhammad. Yb


Hahaha, jika elo baca secara seksama dengan baik tulisan gw.
Maka gw udah mengatakan tentang makna islam yang elo maksud.

Kalo saja elo ga motong-motong dibagian yang tidak tepat postingan gw, udah gw sebutkan kenapa melihat islam secara yang elo tawarkan tidak dapat diterima dari sudut pandang objektif.

Oleh karena itu, gw mau elo melihat dari sudut pandang objektif dan fakta sejarah.

Karena dengan begini, semua akan menjadi terlihat lebih jelas.

Gw akan beri sedikit pencerahan biar dapat lebih terbuka dalam membahas ini.

Orang kristen percaya bahwa Yesaya juga adalah pengikut Kristus atau pengikut Yesus karena Yesus adalah Tuhan.

Tetapi dalam pembahasan akan selalu diakui bahwa Yesaya adalah Yahudi dan beragama Yahudi bukan Kristen (dalam label agama).

Itu adalah sudut pandang objektif.
Apakah sudah siap untuk menilai dari sudut pandang objektif? Peace:




Quote:
Original Posted By lubeguka

Nope, Qur'an mengatakan penjelasan terbaik ( ahsanal tafsir) nabi tidak meninggalkan kitab selain Qur'an. ini tandanya nabi orang yang paling tahu Qur;an tidak perlu ditafsirkan, karena ada juga ayat ayat yang mengatakan Qur'an itu dijelaskan secara rinci.

Takutnya agan makin ribet karena analisa kata bhs arab tentang Nabi, Rasul dan tugas tugasnya.


I guess pernyataan diatas terlalu naif. Mengingat barusan saja kita membahas satu ayat, dan satu perikop, namun tersirat bahwa elo mengakui bahwa penafsiran bisa berbeda.

Lantas mengatakan alquran tidak perlu ditafsirkan bukannya suatu pernyataan yang mengada-ngada dan tidak dipikirkan dengan matang?

Sebenarnya pembahasan akan lebih mudah dilakukan klo anda langsung mengutarakan pendapat anda tentang bagaimana nabi/rasul dalam alquran berdasarkan tafsiran anda, ketimbang mengatakan bahwa akan ribet membahasnya... Peace:

Dengan begitu pembicaraan bisa dilanjutkan. \)




Quote:
Original Posted By lubeguka

Tidak cukup menganalisa hanya satu syat dan satu surat. Qur;an itu saling berkesinambungan ayat ayatnya. Kalau agan ingin menjatuhkan keimanan setidaknya agan harus baca dulu SEMUA isi Qur'an, baru fair, sudahkan agan membaca Qur;an seluruhnya?

Bukankah sudah tapi agan ingin terus memaksakan pemahamn bahwa hadist hadist itu adalah pasti berasal dari Nabi?Yb


Hahaha, bukankah treat ada agar anda menjawab?
Menjelaskan pandangan anda tentang bagaimana seharusnya?

Atau gw memang salah mengartikan maksud adanya treat ini. Peace:

Melakukan pemaksaan?....
Apakah anda tidak berpikir bahwa anda sudah melakukan suatu kesalahan berpikir disini?..

Gw menawarkan/menunjukkan pada anda suatu cara berpikir yang boleh anda nilai objektif atau tidak logis, tapi gw menunjukkan suatu kerangka berpikir.

Bukankah lebih baik bagi anda untuk menunjukkan kerangka berpikir anda, menunjukkan bahwa di alquran secara keseluruhan pemikiran itu salah. Ketimbang hanya mengatakan bahwa saya memaksa, dan harus baca seluruh isi Alquran.

Karena menurut gw, disinilah koridor dimana elo harus menunjukkan pemikiran elo itu. Bukan cuma sekedar melakukan defense dan mengatakan klo lawan berbicara melakukan pemaksaan. Peace:


Quote:
Original Posted By lubeguka

Bukankah saya sudah menjelaskan. Apakah iesous tidak dianggap 'kriminal' oleh petinggi petinggi yahudi. Apakah ane bisa langsuing mengambil kesimpulan iesous kriminal? tentu tidak


Jika yang ada bicarakan adalah Yeshua atau Yesus, maka tuduhan orang Jahudi pada dia adalah, Yesus telah menistakan agama karena menggangap dirinya sama dengan Tuhan. Dan sejauh yang gw tau, yesus tidak melakukan pembelaan apa-apa mengenai tuduhan ini.

Tapi sebenarnya bukan masalah "anggapan" yang gw bahas disini, melainkan untuk melihat tentang psikologi muhammad. Karenanya gw mengatakan pada satu perikop itu, terkesan defend muhammad dalam menanggapi tuduhan itu.

Apakah anda sudah mengerti apa yang saya bicarakan?... Peace:




Quote:
Original Posted By lubeguka

memang tidak bisa dibuktikan itu breasaldari Rasul dan Nabi Muhammad gan, baik secara logika maupun secara ilmu hadist

Yang diajarkan Qur;an memang begitu Yb


Dalam suatu percakapan, pernyataan anda diatas disebut dengan KLAIM.

Klaim butuh bukti. Butuh penjelasan. Sama seperti saya diatas yang menunjukkan suatu kerangka berpikir bagaimana kita dapat mengambil keputusan bahwa benar hadist adalah sesuai dengan interpertasi alquran pada jemaat mula-mula, maka ada baiknya anda juga memberikan bukti dan penjelasan mengenai :

-kenapa hadist tidak bisa diterima secara akal sehat bukan dari rasul dan nabi muhammad.
- bahwa Quran memang mengajarkan agar menghapuskan perbudakan.

Peace:
DombIsmailParan - 23/09/2012 10:44 PM
#4116
بسم الله الرحمن الرحيم
Quote:
Original Posted By barcon

- bahwa Quran memang mengajarkan agar menghapuskan perbudakan.

Peace:



Surat Al-Balad (The City) : 10-17 - سورة البلد




[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan,

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar.

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
(yaitu) melepaskan budak dari perbudakan,

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
atau memberi makan pada hari kelaparan,

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
(kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat,

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
atau kepada orang miskin yang sangat fakir.

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.
Kazulh - 23/09/2012 10:43 PM
#4117
Keharaman
Gan mau nanya apa benar wanita muslim haram/tidak boleh bersentuhan dengan yang non muslim. Sori kalo rupanya udah ada yg pernah nanya
barcon - 23/09/2012 10:52 PM
#4118

What?

Gw baru tau klo ternyata Quranist hanya melakukan syahadat hanya percaya kepada Tuhan, tidak harus mengikutkan muhammad.

Hmmm... Terlepas dari ketidaksetujuan tentang hadits dan muhammad, mungkin harus diakui...

Jika saja pemikiran ini [Quranis] berkembang dari awal bisa saja Islam tidak menjadi seburuk sekarang ini.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya mungkin adalah kenapa pandangan ini tidak menjadi populer?...

Mengingat sudah 1400 tahun berjalan.....

Peace:
Kazulh - 23/09/2012 10:53 PM
#4119
mau nanya gan
Mau nanya apa benar kalo wanita muslim haram/tidak boleh bersentuhan dengan pria non muslim. Sori kalo udah pernah ada yg nanya
lubeguka - 23/09/2012 11:03 PM
#4120

Quote:
Original Posted By barcon
What?

Gw baru tau klo ternyata Quranist hanya melakukan syahadat hanya percaya kepada Tuhan, tidak harus mengikutkan muhammad.

Hmmm... Terlepas dari ketidaksetujuan tentang hadits dan muhammad, mungkin harus diakui...

Jika saja pemikiran ini [Quranis] berkembang dari awal bisa saja Islam tidak menjadi seburuk sekarang ini.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya mungkin adalah kenapa pandangan ini tidak menjadi populer?...

Mengingat sudah 1400 tahun berjalan.....

Peace:


disini agan mungkin terlalu loncat lagi mengambil 'pandangan' Yb
Para nabi dan Rasul Allah itu diimani kenabian dan Kerasulannya bukan disaksikan kenabian dan kerasulannya. Yang ada dalam Qur;an justru rterbalik yang menjadi saksi nanti Nabi terhdap umatnya ketika hari penghisaban. Yb

soal yang agan anggap ; 'defend' agaknya cukup jelas itu hanya dari perspektif agan saja, mangkanya ane tanya agan udah baca seluruh Qur;an atau belum? kan kalo mau mendapatkan perspektif yang jelas setidaknya agan harus membaca keseluruhan dulu. Masa dari satu ayat, satu surat menyimpulkan siapa Nabi Muhammad Yb

ane hanya memakai logika agan bahwa bisa saja ane bilang Imam besar yahudi mengatakan iesous melakukan 'kriminal', kan pointnya agan ingin mengatakan kaum saba menyalahkan Muhammad ( jika memakai logika agan)

soal contoh yesaya dalam alikitab agan ; dalam bhs septuangit theos tidak sama the kyrios. LAI melakukan kesalahan fatal ketika mengartikan lord = tuhan Yb
Page 206 of 227 | ‹ First  < 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab