DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Total Views: 200033 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 216 of 227 | ‹ First  < 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 >  Last ›

lubeguka - 28/09/2012 11:29 PM
#4301

Quote:
Original Posted By khoyyir
inget gan, ketika sujud ruku' itu berarti kita merendah, bahwa kita tidak apa2nya, dan memuji Allah, gan ngpain aja kl dlm logika ktika kita sujud pd raja? apa ktika disuru sujud memuji raja trus kita mgulang kata2 raja ktika mghukum kita, sujud kpada raja trus gomong, kaum kafir pembangkang itu msuk neraka, dibakar dipukuli dgn mghadap raja??
bodoh lagi gan?


ngakak bukannya ada d hadit juga tuh yang ente imani kalo nabi membolehkan shalat sambil menghardik orang lain

ngakak

orang juga kalo berargumen, mbok ya mikir jadi ga ketauan pinternya
khoyyir - 28/09/2012 11:38 PM
#4302

Quote:
Original Posted By lubeguka
haha mana ayat Qur'annya.
Ada ayat Qurany shalat itu dalam keadaan khusyu. bukan sujud dan rukuk dalam keadaan khusyu.
itu berarti keseluruhan sahlat itu dalam keadaan khusyu (merendahkan diri) apa ente sekarang mau bilang pas berdiri ente ga merendah dihadapan Allah?

ngakak

bawa kemari dah ayat, kebanyakan maen tafsir ente makin bahlul nanti, masalahnya ente sanggup ga bawa satu ayat aja yang bilang ruku dan sujud itu keadaan terendah

malu

oh iya jawab dong pertanyaan ane tuh diatas pakai iya atau tidak aja..apa Qur;an ga berisi pengAgungan terbaik yang harus dikatakan kepada Allah? takut jawab?

malu


makanya goblok pelajari juga syariat lewat sunnah, jadi ente tau waktunya bca alquran dimana gak sembarangan,
bner2 bahlul ini, ente punya otak gak gan, coba bayangin ketika mghadap raja dalam keadaan berdiri, ente boleh gmongin janji2 raja, n hkum2 raja, tapi ketika ente diperintah sujud?? mikir gan mikir??? itu cuma sbagian hikmah yg terungkap, blum lagi hikmah tersembunyi.

sholat smbil mhardik orang, sbutin riwayatx blm prnah dger.
lubeguka - 28/09/2012 11:42 PM
#4303

Quote:
Original Posted By khoyyir
makanya goblok pelajari juga syariat lewat sunnah, jadi ente tau waktunya bca alquran dimana gak sembarangan,
bner2 bahlul ini, ente punya otak gak gan, coba bayangin ketika mghadap raja dalam keadaan berdiri, ente boleh gmongin janji2 raja, n hkum2 raja, tapi ketika ente diperintah sujud?? mikir gan mikir??? itu cuma sbagian hikmah yg terungkap, blum lagi hikmah tersembunyi.

sholat smbil mhardik orang, sbutin riwayatx blm prnah dger.


makin ngaco ente gan,, belajar lagi ya...emang ente pikir Quran isinya cuma hukum hukum dan janji janji raja? jadi ente mau bilang di Quran ga ada ayat yang berisi pengAgungan terbaik terhadap Allah nih..ane rekam ya Yb
trus ente mau bilang pas berdiri ga dalam keadaan rendah nih? ane rekam ya Yb

malu

mending ente bantuin seindah deh..kan pas tuh gaya bicara sama pinternya
khoyyir - 28/09/2012 11:43 PM
#4304

gomong aja gan kalo gak bisa jawab pertanyaan ane, pake nglawak2 segala. udah therad closed li'anna fi hadal majlisi katsir minal majdubin, wa ana abhal lau hawilik
kabamania - 28/09/2012 11:43 PM
#4305

Quote:
Original Posted By khoyyir


1. gan, agan gimana kalo belajar alquran? gimana kalo ngambil hukum?
apa kalau dialquran tidak ada perintah naik mobil terus agan naik mobil berarti menentang alquran? belajar ente gan jangan asal njeplak, bau kentutnya gan.

2. agan pke ilmu sgala macam, tetep agan gak bisa nandingin hikmah yg tampak n tersembunyi dari sgala syariat n sunnah, tapi agan sendiri yang mengatakan islam dzolim, gan rasulullah masih punya ajaran kasih sayang terhadap hewan, bahkan tidak ada dikitab manapun, justru agan yg mnuduh islam dzolim, pdhl jelas disitu cara membunuh cicak 1 kali harus lgsug mati, crax dpukul lgsg kepalax jk 2x brti phala sparuhx, bhwa dstu dengan membunuh lebih cepat tidak menyiksanya, sama dengan meyembelih hewan, terus kalau kita mau makan daging2n mau ente sebut dzolim?
gan, kalau ilmu2 spti itu banyak gan, bahkan khamr itu haram gan, tp kl diteliti banyak manfaatnya, zat2 sejenis khamr byk d jadikan obat2n, msalx obat bius dlm prsalinan, tp knp dharamkan di alquran?
itu hikmah yg blm agan ketahui n cara agan mmahami dlm mgambil hukum, kalo agan gk tau ilmunya tanyakan ke ahlul dzikri gan.



islam zalim?, bukanlah ajaran alquran melarang kita zalim pada diri sendiri orang lain dan melarang berbuat kerusakan? gunakan sesuatu pada tempatnya. saya hanya melihat ajaran membunuh cicak itu adalah pekerjaan yang tidak ada dasar hukumnya sama sekali dengan hanya bersandarkan kepada dongeng tidak ilmiah. alam ini sudah diciptakan seimbang, gan, jangan dirusak serampangan agar tidak terjadi bencana atau kerusakan ekosistem. di pengajian kan agan yang sering bilang "Islam itu rahmatal lil alamin" ya buktikanlah lewat prakteknya.

anda mengejek lagi dengan kentut..

1. anda tidak akan bisa memberikan satu ayat saja di dalam alquran yang menyuruh membunuh cicak.
2. melalui ciptaan allah yang sangat banyak ini , kita bisa belajar, gan. dari apa saja, dari lalat, dari nyamuk, cicak, sarang laba2 dll

tentunya agan ingat ayat ini : Sungguh allah tidak malu membuat perumpamaan dengan nyamuk.

ternyata pelajaran tentang bagaimana parasit malaria di perut nyamuk ,meskipun sudah ribuan artikelnya, masih juga belum selesai sampai sekarang. ilmuwan masih mengeluh terlalu sedikit yang mereka ketahui tentang parasit malaria tersebut..

ini pepatah kami di minangkabau, gan,,,

bacampua sajo kantuik jo aia liua (bercampur kentut dengan air liur)
artinya bicara yang tidak memiliki dasar sama sekali, alias tidak pikir2 dulu.

jika substansi alkohol yang diharamkan, maka agan haram memakan buah2an. buah2an matang mengandung alkohol dalam takaran rendah. nah, gimana tu, gan? tidak gampang bukan?

coba anda pikirkan, mana ada teks suci dibaca di WC, surat dari cewek ane saja di baca di kamar dan disimpan dengan baik. belum pernah ane baca surat dari cewek di dalam WC, meskipun itu bukan lembaran suci.
jika anda sudah menghargai sesuatu, secara naluriah anda akan menempatkannya di posisi yang layak. dahulu pernah saya memegang skripsi teman, dia marah, gara2 tangan saya basah. nah, cuma skipsi, entah dibaca orang entah tidak setelah itu, apalagi kitab suci, gan...

tentang link cicak yang ane kasih itu, ane belajar dikit2, gan, silakan baca dulu, nanti kita diskusi lagi di threat yang relevan. siapa tahu ada yang menarik bagi agan. \)

KENTUT pun menarik juga dipelajari, gan, apa agan berminat diskusi tentang kentut?
saya bersukur bisa kentut, kentut itu bau memang lumrah, gan.
cuma kentut jangan dicampur air liur, gan..

selamat malam minggu, maaf kebablasan, saya harus menjaga kata2 saya tapi kelihatannya masih sulit mengontrol diri.
khoyyir - 28/09/2012 11:50 PM
#4306

Quote:
Original Posted By kabamania
islam zalim?, bukanlah ajaran alquran melarang kita zalim pada diri sendiri orang lain dan melarang berbuat kerusakan? gunakan sesuatu pada tempatnya. saya hanya melihat ajaran membunuh cicak itu adalah pekerjaan yang tidak ada dasar hukumnya sama sekali dengan hanya bersandarkan kepada dongeng tidak ilmiah. alam ini sudah diciptakan seimbang, gan, jangan dirusak serampangan agar tidak terjadi bencana atau kerusakan ekosistem. di pengajian kan agan yang sering bilang "Islam itu rahmatal lil alamin" ya buktikanlah lewat prakteknya.

anda mengejek lagi dengan kentut..

1. anda tidak akan bisa memberikan satu ayat saja di dalam alquran yang menyuruh membunuh cicak.
2. melalui ciptaan allah yang sangat banyak ini , kita bisa belajar, gan. dari apa saja, dari lalat, dari nyamuk, cicak, sarang laba2 dll

tentunya agan ingat ayat ini : Sungguh allah tidak malu membuat perumpamaan dengan nyamuk.

ternyata pelajaran tentang bagaimana parasit malaria di perut nyamuk ,meskipun sudah ribuan artikelnya, masih juga belum selesai sampai sekarang. ilmuwan masih mengeluh terlalu sedikit yang mereka ketahui tentang parasit malaria tersebut..

ini pepatah kami di minangkabau, gan,,,

bacampua sajo kantuik jo aia liua (bercampur kentut dengan air liur)
artinya bicara yang tidak memiliki dasar sama sekali, alias tidak pikir2 dulu.

jika substansi alkohol yang diharamkan, maka agan haram memakan buah2an. buah2an matang mengandung alkohol dalam takaran rendah. nah, gimana tu, gan? tidak gampang bukan?

coba anda pikirkan, mana ada teks suci dibaca di WC, surat dari cewek ane saja di baca di kamar dan disimpan dengan baik. belum pernah ane baca surat dari cewek di dalam WC, meskipun itu bukan lembaran suci.
jika anda sudah menghargai sesuatu, secara naluriah anda akan menempatkannya di posisi yang layak. dahulu pernah saya memegang skripsi teman, dia marah, gara2 tangan saya basah. nah, cuma skipsi, entah dibaca orang entah tidak setelah itu, apalagi kitab suci, gan...

tentang link cicak yang ane kasih itu, ane belajar dikit2, gan, silakan baca dulu, nanti kita diskusi lagi di threat yang relevan. siapa tahu ada yang menarik bagi agan. \)

KENTUT pun menarik juga dipelajari, gan, apa agan berminat diskusi tentang kentut?
saya bersukur bisa kentut, kentut itu bau memang lumrah, gan.
cuma kentut jangan dicampur air liur, gan..

selamat malam minggu, maaf kebablasan, saya harus menjaga kata2 saya tapi kelihatannya masih sulit mengontrol diri.


jawabannya sama aja, dengan pertanyaan yang tadi, ane copasin aja wong jawabannya sama mbuletnya.
1. apa kalau dialquran tidak ada perintah naik mobil terus agan naik mobil berarti menentang alquran?
2. bhwa dstu dengan membunuh hewan itu lebih cepat tidak menyiksanya, sama dengan meyembelih hewan, terus kalau kita mau makan daging2n mau ente sebut dzolim? bukannya ente yg bilang islam dzolim, kok tiba2 ane yg dituduh? sana ente sama seindah.
3. bahkan khamr itu haram gan, tp kl diteliti banyak manfaatnya, zat2 sejenis khamr byk d jadikan obat2n, msalx obat bius dlm prsalinan, tp knp dharamkan di alquran?
khoyyir - 28/09/2012 11:56 PM
#4307

ane punya dasar untuk ngomong kasar ke agan2 kayak ente semua, bhwa org fasiq tdak patut dihormati, n hikmahnya banyak, slh stu yg tampak adlah agar sdar kefasiqannya
kabamania - 28/09/2012 11:56 PM
#4308

Quote:
Original Posted By khoyyir
gomong aja gan kalo gak bisa jawab pertanyaan ane, pake nglawak2 segala. udah therad closed li'anna fi hadal majlisi katsir minal majdubin, wa ana abhal lau hawilik



kayaknya malam minggu agan tidak sukses nih, jadi ngamuk2 di sini. hehehehe
tadi dapet apa dari ceweknya, gan?

eh, gan.. apakah setiap kali berak, pipis dan kentut agan berterima kasih tidak kepada allah atas karunia ini?
kok maki2nya pakai bahasa kentut sih?

Quote:
Original Posted By khoyyir
jawabannya sama aja, dengan pertanyaan yang tadi, ane copasin aja wong jawabannya sama mbuletnya.
1. apa kalau dialquran tidak ada perintah naik mobil terus agan naik mobil berarti menentang alquran?
2. bhwa dstu dengan membunuh hewan itu lebih cepat tidak menyiksanya, sama dengan meyembelih hewan, terus kalau kita mau makan daging2n mau ente sebut dzolim? bukannya ente yg bilang islam dzolim, kok tiba2 ane yg dituduh? sana ente sama seindah.
3. bahkan khamr itu haram gan, tp kl diteliti banyak manfaatnya, zat2 sejenis khamr byk d jadikan obat2n, msalx obat bius dlm prsalinan, tp knp dharamkan di alquran?


1. anda suka melompat2 gitu deh, naik mobil tidak ada hubungan dengna kesalehan, gan. mobil adalah sarana manusia seperti juga kapal2 di lautan dan pengganti hewan untuk kendaraan. abis waktu dulu mobil belum ada, sehingga ayatnya cuma kapal doang. intinya adalah kendaraan. anda puas`?
ini ayatnya tentang manfaat kapal sebagai sarana transportasi....
Quote:
Rabbmu adalah yang melayarkan kapal-kapal di lautan untukmu, agar kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyayang terhadapmu. (QS. 17:66)

tentu saja manusia dapat menggunakan alat lain untuk transportasi berdasarkan ayat di atas.

2. membunuh hewan untuk dikonsumsi dagingya tidak sama dengan membunuh hewan dengan sia2 karena baca dongengan, gan. jelas sekali membunuh hewan untuk diambil daging ada ayatnya, sementara bunuh cicak tidak ada perintahnya. lain pasal kalau cicak ini menimbulkan wabah, jelask kita punya alasan yang jelas. ini tidak.

3. nah, itu yang menarik, pertama, kita tidak bisa menghindari sama sekali substansi yang bernama alkohol ini. efek memabukkanlah yang menjadi isu penting. tape dan buah2an adalah makanan mengandung alkohol, tapi karena keduanya dapat mengenyangkan sebelum ambang mabuk tercapai.

tapi minuman yang sengaja dari awal dibuat untuk menghasilkan alkohol, jelas akan menimbulkan mabuk karena bisa dikonsumsi dalam jumlah yang besar. mengontrol minum ini bukan pekerjaan gampang, makanya minum itu dilarang saja sekalian. kedua, ambang mabuk ini tidak sama pada setiap orang atau etnis, sehingga sampai sekarang dosis memabukkan pada alkohol sulit diukur secara pasti seperti halnya dosis obat. respon enzimatik terhadap alkoholpun beragam sehingga toksisitas akibat alkoholpun beragam pula.

penyalah gunaan alkohol, obat bius, dll. ke sanalah pemahaman seharusnzya bergerak. alkohol tetap menjadi bahan kimia penting bagi umat manusia selain untuk minuman.

anda gampang benar menuduh orang fasiq, tapi anda tidak sadar bahwa anda sudah mengada-ada atas nama allah.
khoyyir - 29/09/2012 12:00 AM
#4309

kenapa ane masih ngeladenin agan, karena ane masih punya prasaan gan sama ente, ane pengen ente cepet sadar, ente masih sodara, masih ngaku muslim n mngikuti printah Allah dalam alquran.
lubeguka - 29/09/2012 12:03 AM
#4310

Quote:
Original Posted By kabamania
kayaknya malam minggu agan tidak sukses nih, jadi ngamuk2 di sini. hehehehe
tadi dapet apa dari ceweknya, gan?

eh, gan.. apakah setiap kali berak, pipis dan kentut agan berterima kasih tidak kepada allah atas karunia ini?
kok maki2nya pakai bahasa kentut sih?


masih labil gan jangan dikomporin terus..wong baru seumur jagung kenal forum
kita doain aja supaya Allah membuka pintu hati dia. Yb
khoyyir - 29/09/2012 12:26 AM
#4311

Quote:
Original Posted By lubeguka
masih labil gan jangan dikomporin terus..wong baru seumur jagung kenal forum
kita doain aja supaya Allah membuka pintu hati dia. Yb


gan ane lama kenal forum diskusi gan, gk smbong y gan d forum dskusi univ ane pernah didatengin bwt debat di univ. dr lebanon, n ane sering didebat quranist kayak agan, n ane punya videonya org spti agan plg gk jadi debat krn dy malu ktika pembukaan muqoddimah dy pke hdits gan, n wktu itu ane bru pny 3 ptnyaan yg gk bs d jwb quranist smpe skrg. n anak jurusan ane selalu juara nasional debat bahasa arab, hanya satu kunci kemenangan kami gan, berpegang dengan alquran n sunnah.
kabamania - 29/09/2012 12:37 AM
#4312

Quote:
Original Posted By khoyyir
gan ane lama kenal forum diskusi gan, gk smbong y gan d forum dskusi univ ane pernah didatengin bwt debat di univ. dr lebanon, n ane sering didebat quranist kayak agan, n ane punya videonya org spti agan plg gk jadi debat krn dy malu ktika pembukaan muqoddimah dy pke hdits gan, n wktu itu ane bru pny 3 ptnyaan yg gk bs d jwb quranist smpe skrg. n anak jurusan ane selalu juara nasional debat bahasa arab, hanya satu kunci kemenangan kami gan, berpegang dengan alquran n sunnah.


hebat dong.. ! seharusnya agan yang mengajari kami berpikir ilmiah, kok agannya membawa cerita mirip walt disney ke sini?

ane mah biasa2 aja, gan, kalau ente minta artikel ilmiah cicak itu, ya ane kasih gratis deh, meskipun satu artikel USD 25-40 (250-400 ribu)
buat agan khoyyir minta sampai sepuluh ane kasih gratis deh, asal sadar bahwa cicak itu binatang berharga untuk dijadikan pelajaran, bukan dibunuh sia2 karena dongengan tak berdasar, eh malah dibilang allah menyuruh lagi.

gimana caranya ya cicak meniup api ?

ada2 aja agan ini, kok cerita mirip walt disney dibawa2 ke sini.
masak nabi muhammad di utus bikin cerita lucu begini
kabamania - 29/09/2012 12:40 AM
#4313

Quote:
Original Posted By lubeguka
masih labil gan jangan dikomporin terus..wong baru seumur jagung kenal forum
kita doain aja supaya Allah membuka pintu hati dia. Yb


iya deh, gan, ane mundur nih..
cuma penasaran aja sih, kok cicak bisa meniup api ya?
ane sih senang juga agan khoyyir ini maen2 ke sini, abis dia lucu sih...
lubeguka - 29/09/2012 12:42 AM
#4314

Quote:
Original Posted By khoyyir
gan ane lama kenal forum diskusi gan, gk smbong y gan d forum dskusi univ ane pernah didatengin bwt debat di univ. dr lebanon, n ane sering didebat quranist kayak agan, n ane punya videonya org spti agan plg gk jadi debat krn dy malu ktika pembukaan muqoddimah dy pke hdits gan, n wktu itu ane bru pny 3 ptnyaan yg gk bs d jwb quranist smpe skrg. n anak jurusan ane selalu juara nasional debat bahasa arab, hanya satu kunci kemenangan kami gan, berpegang dengan alquran n sunnah.


kemenangan debat bhs arab??? wah terus jaminannya surga ya malu
definisi sunnah menurut sekte agan mungkin menang, tapi definisi sunnah menurut Qur'an berantakan ente gan, coba bawa aja satu ayat tersurat yang ada tulisan sunnah rasul?

terus ane harus bilang wow gitu ya gan
ya udah deh ane kasih wow.....

sampe sekarang satu pertanyaan ane aja ente ga berani jawab, belum pertanyaan yang laen yang ente ga berani bawa dalilnya Yb

tapi ga apa gan, kalo ente obsesif dengan kemenangan ane kasih ente menang \)
tapi asal diinget kebenaran bukan di tangan ente, temen temen ente sama ulama ente dan jangan suka menduakan Allah gan Yb
lubeguka - 29/09/2012 12:45 AM
#4315

Quote:
Original Posted By kabamania
iya deh, gan, ane mundur nih..
cuma penasaran aja sih, kok cicak bisa meniup api ya?
ane sih senang juga agan khoyyir ini maen2 ke sini, abis dia lucu sih...


bisa gan cicak niup api, pokoknya ulama dia bilang bisa ya bisa
Sama gan.. dia demen menang..ya kita kasih dah daripada stress belum kuat mental ntar kaya seindah lagi Yb
khoyyir - 29/09/2012 12:47 AM
#4316

Quote:
Original Posted By lubeguka
kemenangan debat bhs arab??? wah terus jaminannya surga ya malu
definisi sunnah menurut sekte agan mungkin menang, tapi definisi sunnah menurut Qur'an berantakan ente gan, coba bawa aja satu ayat tersurat yang ada tulisan sunnah rasul?

terus ane harus bilang wow gitu ya gan
ya udah deh ane kasih wow.....

sampe sekarang satu pertanyaan ane aja ente ga berani jawab, belum pertanyaan yang laen yang ente ga berani bawa dalilnya Yb

tapi ga apa gan, kalo ente obsesif dengan kemenangan ane kasih ente menang \)
tapi asal diinget kebenaran bukan di tangan ente, temen temen ente sama ulama ente dan jangan suka menduakan Allah gan Yb


siapa yang bilang gitu gan? ente jangan mengada2, bisanya maen argumen orang, pertanyaan apa yg belum ane jawab ane tunggu gan, belum jawab pertanyaan ane balik2 argumen lagi, gak malu ente gan
khoyyir - 29/09/2012 12:50 AM
#4317

gk usah bilang waw gan, qul masyaAllah, ane gk pamer gan tapi nyampein nikmat Allah, supaya bwt motivasi laenx, fa'amma bini'mati robbika fahadits.
kabamania - 29/09/2012 12:54 AM
#4318

Quote:
Original Posted By lubeguka
bisa gan cicak niup api, pokoknya ulama dia bilang bisa ya bisa
Sama gan.. dia demen menang..ya kita kasih dah daripada stress belum kuat mental ntar kaya seindah lagi Yb


sepakat, gan, diskusi malam minggu ini dimenangkan oleh agan khoyyir.
ane kalah total dan telak.
alasan kekalahan telak ane karena ane tidak percaya bahwa cicak bisa meniup api, padahal agan khoyyir sudah menjelaskan panjang lebar.

tapi ane minta syarat, gan.
agan khoyyir sering2 maen ke sini.
barusan ane kentut lagi, alhamdulillah, otot2 peristaltik di dalam perut ane bekerja baik. berkat agan khoyyir ane semakin bersukur kepada tuhan, meskipun cuma terkentut saja.
khoyyir - 29/09/2012 01:12 AM
#4319

Quote:
Original Posted By kabamania
sepakat, gan, diskusi malam minggu ini dimenangkan oleh agan khoyyir.
ane kalah total dan telak.
alasan kekalahan telak ane karena ane tidak percaya bahwa cicak bisa meniup api, padahal agan khoyyir sudah menjelaskan panjang lebar.

tapi ane minta syarat, gan.
agan khoyyir sering2 maen ke sini.
barusan ane kentut lagi, alhamdulillah, otot2 peristaltik di dalam perut ane bekerja baik. berkat agan khoyyir ane semakin bersukur kepada tuhan, meskipun cuma terkentut saja.


qul masyaAllah gan, walhamdulillah
kabamania - 29/09/2012 01:28 AM
#4320

Quote:
Original Posted By khoyyir
qul masyaAllah gan, walhamdulillah


ya deh, rajin2 maen ke sini, gan.... jangan lupa bawa cerita2 menarik2 dan lucu lagi,ya..... nanti kita diskusi lagi, kalau soal menang, jangan kawatir gan, boleh pesan dari awal.. agan mau menang berapa kali?

ntar bisa diatur deh..
\)

salaamun alaikum
ane tidur dulu ya....
Page 216 of 227 | ‹ First  < 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab