DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Total Views: 200033 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 225 of 227 | ‹ First  < 220 221 222 223 224 225 226 227 > 

AntiKemunafikan - 13/10/2012 10:01 PM
#4481

Quote:
Original Posted By lolapaloza
sebenarnya saya cukup prihatin adanya thread ini ABQM dan ABSM mengingat adanya ABMM yang udah mpe part banyak...
ndak masalah apakah kalian sunni,syiah, Quranist atau salik atau sufi bahkan wali sekali pun...

jika di ABMM ada pertanyaan ntah dari dalam atau luar islam, cukup sederhana...
bagi yang Quranist ya tinggal jawab secara Quran
bagi salik/sufi secara kesalik/sufiannya
bagi wali ya secara ilmu yang diketahuinya


terkadang ane sedih \(
sebagian quranist di sini inkonsisten, mengingat





tapi di satu sisi kalian berani menghakimi hadist atau orang yang belajar hadist... ngacir:


abmm dibanggain o

saya sudah melihat sendiri abmm, dan jujur saja menurut saya isinya memang islam doktrinan yang tidak memiliki cerminan rahmatan lil aalamiin

kelompok islam yang akan dengan bangganya berkata memperkosa budak adalah wajar2 saja, menikahi anak kecil yang belum cukup umur bisa dibenarkan, bahkan kelompok teroris macam amrozi cs akan dianggap bisa jadi pembela islam sejati

ini mungkin bagian dari perbedaan pendapat, tapi perbedaan pendapat dimana jelas2 suatu pendapat yang tidak mencerminkan semangat dan isi alquran dianggap memiliki kemungkinan untuk benar dan sebagai jawaban resmi islam?

apakah elo pernah melihat kelompok syiah, sufi memberi jawaban di abmm?

tidak usahlah banyak protes, abmm faktanya memang di isi oleh pandangan kelompok wahabi atau wanabe agama yang bahkan tidak pernah mencoba untuk mengkaji alquran sama sekali sehingga bisa ol terus menerus di kaskus
ini bisa dilihat bagaimana abmm sudah menjadi ajang chitchat tanpa mutu

perbedaan mazhab atau aliran atau perpecahan di umat islam itu pasti akan terjadi, yang menjadi masalah adalah apakah itu membuat kita saling bunuh atau bertoleransi

dan saya rasa, keberadaan trit2 lain jawaban muslim di luar abmm adalah wujud dari keprihatinan bahwa pandangan mereka mengenai islam tidak dapat disalurkan di abmm


masalah menghakimi hadits, ngapain elo mengkaji hadits kalau kitab sucimu itu alquran
lubeguka - 13/10/2012 10:04 PM
#4482

Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
di dalam alquran ada surat allahab yang bercerita nasib abu lahab di neraka

dari sini, bisa dikatakan bahwa tempat manusia pada akhirnya nanti di akhirat itu sudah diketahui oleh Tuhan

tapi apakah itu bagian dari ketetapan Tuhan?

apapun jawaban dari pertanyaan tersebut, tidak akan merubah fakta bahwa nasib kita di akhirat bergantung dari perilaku kita di dunia

misalkan kita percaya, itu sudah ditetapkan Tuhan, dan kita berbuat buruk dan kemudian masuk neraka, maka itu kesalahan kita sendiri

tapi misalkan kita tidak percaya bahwa itu ketetapan Tuhan, dan kemudian berperilaku baik, maka apa yang dijanjikan Tuhan pastilah kebenarannya

harap anda bisa membedakan bahwa Tuhan jelas tahu nasib kita kelak di akhirat, tapi apakah itu bagian dari ketetapan Tuhan, itu masih bisa diperdebatkan (sebab tidak dijelaskan oleh alquran)

tapi jawaban dari hasil debat tidak akan merubah hukum bahwa kalau kita berbuat buruk maka hasil akhir di neraka, dan kalau berbuat baik maka hasil akhir insya Allah di surga


bener gan Yb
Kalau ane justru mikir, karena ketidaksempurnaan manusia maka Allah sudah tahu semuanya nanti yang kembali harus direbus. Tapi karena free-will merupakan ketetapan Allah juga maka ya udah dikirim rambu rambu..istilahnya..'biar ga nyasar dah;....kalo udah dikasih rambu trus diingetin sama rasul dan Nabi masih milih nyasar juga ya wesss Yb
lubeguka - 13/10/2012 10:06 PM
#4483

Quote:
Original Posted By lolapaloza
sebenarnya saya cukup prihatin adanya thread ini ABQM dan ABSM mengingat adanya ABMM yang udah mpe part banyak...
ndak masalah apakah kalian sunni,syiah, Quranist atau salik atau sufi bahkan wali sekali pun...

jika di ABMM ada pertanyaan ntah dari dalam atau luar islam, cukup sederhana...
bagi yang Quranist ya tinggal jawab secara Quran
bagi salik/sufi secara kesalik/sufiannya
bagi wali ya secara ilmu yang diketahuinya


terkadang ane sedih \(
sebagian quranist di sini inkonsisten, mengingat





tapi di satu sisi kalian berani menghakimi hadist atau orang yang belajar hadist... ngacir:


Mungkin ente aja yang belum connect gan buat baca jawaban agan rehctaw , Yb
flamerhoax - 13/10/2012 10:17 PM
#4484

Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
di dalam alquran ada surat allahab yang bercerita nasib abu lahab di neraka

dari sini, bisa dikatakan bahwa tempat manusia pada akhirnya nanti di akhirat itu sudah diketahui oleh Tuhan

tapi apakah itu bagian dari ketetapan Tuhan?

apapun jawaban dari pertanyaan tersebut, tidak akan merubah fakta bahwa nasib kita di akhirat bergantung dari perilaku kita di dunia

misalkan kita percaya, itu sudah ditetapkan Tuhan, dan kita berbuat buruk dan kemudian masuk neraka, maka itu kesalahan kita sendiri

tapi misalkan kita tidak percaya bahwa itu ketetapan Tuhan, dan kemudian berperilaku baik, maka apa yang dijanjikan Tuhan pastilah kebenarannya

harap anda bisa membedakan bahwa Tuhan jelas tahu nasib kita kelak di akhirat, tapi apakah itu bagian dari ketetapan Tuhan, itu masih bisa diperdebatkan (sebab tidak dijelaskan oleh alquran)

tapi jawaban dari hasil debat tidak akan merubah hukum bahwa kalau kita berbuat buruk maka hasil akhir di neraka, dan kalau berbuat baik maka hasil akhir insya Allah di surga


Jadi? Bagian kalimat anda yang mana, yang bisa menjawab pertanyaan ane. capedes

Jawaban ente gak lebih dari retorika belaka. Kek teman ane, yang kalo ane tanya yang dia gak paham. Jawabanya "semua itu kehendak Allah".

Jawaban yg bisa menjawab semua pertanyaan, tapi tidak berarti apa- apa. Cuma menunjukan kedangkalan anda.

Jadi, kalo tidak mengetahui jawabanya lebih baik diam, atau bilang.. Saya tidak tau. Itu lebih sopan. fuck:
flamerhoax - 13/10/2012 10:23 PM
#4485

Quote:
Original Posted By lubeguka
di annahl 72 itu cuma dikatakan dijadikan bagi kamu pasangan (azwajan), kalau itu diplintir sebagai jodoh maka banyak kontradiksi.
Allah menjadikan juga banyak hal apa berarti semua manudia bisa mengambil manfaat dario semua yang dijadikan Allah tong?

Maksud an-nahl tuh Allah jadiin pasangan (dari lawan jenis) yang dari pasangan tersebut bisa punya anak dst. Bukan berarti si A lahir sudah ada jodohnya si B, tergantung manusianya bisa aja si A nikah trus punya anak sama si C

Soal yang ente bilang paradox, ini sebenernya persoalan cukup berat gan, banyak ayat yang harus dikaji

Ane ke intinya aja deh ya

Allah menghendaki manusia berusaha terhadap segala ujian di dunia. Allah memang maha tahu. Free-will merupakan salah satu ketetapan Allah juga. Ketetapan Allah ga bisa kontradiksi dengan sifat Allah (yang maha tahu).

Nah akhirnya ke kehendak Allah gan

....Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada diantara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya......

Allah mengirim Rasul dan Nabi ada tujuannya gan, bukan tanpa tujuan Allah memberikan petunjuk. Jadi ism Alalh yang Maha Tahu juga tidak bisa ditafsirkan keluar dari koridor Qur'an, dan kalaupun keluar koridor Quran maka itu semua berdasarkan prasangka saja.

Mungkin itu sedikit dari ane, mungkin PR disini ada yang bsia kasih jawaban memuaskan


Thaks tong, untuk berusaha menjawab. Dan mengakui keterbatasan loe.
Semoga ada yang bisa memberi wawasan tong. cendols
AntiKemunafikan - 13/10/2012 10:29 PM
#4486

Quote:
Original Posted By flamerhoax
Jadi? Bagian kalimat anda yang mana, yang bisa menjawab pertanyaan ane. capedes

Jawaban ente gak lebih dari retorika belaka. Kek teman ane, yang kalo ane tanya yang dia gak paham. Jawabanya "semua itu kehendak Allah".

Jawaban yg bisa menjawab semua pertanyaan, tapi tidak berarti apa- apa. Cuma menunjukan kedangkalan anda.

Jadi, kalo tidak mengetahui jawabanya lebih baik diam, atau bilang.. Saya tidak tau. Itu lebih sopan. fuck:


anda bertanya dan menginginkan jawaban atas ketidaktahuan anda, dan ini sikap anda? :nohope

terserah dan selamat sajalah bagi anda untuk memikirkan paradoks itu sampai tewas atau teler D

inti dari jawaban saya adalah tidak usah memikirkan apakah sesuatu itu takdir atau bukan, berusaha sajalah untuk berbuat baik agar insya Allah masuk surga dan jauhilah perbuatan2 buruk sehingga tidak ada alasan Tuhan melempar kita ke neraka

this is the last time i will reply your post
lolapaloza - 14/10/2012 12:28 AM
#4487

Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
abmm dibanggain o

saya sudah melihat sendiri abmm, dan jujur saja menurut saya isinya memang islam doktrinan yang tidak memiliki cerminan rahmatan lil aalamiin

kelompok islam yang akan dengan bangganya berkata memperkosa budak adalah wajar2 saja, menikahi anak kecil yang belum cukup umur bisa dibenarkan, bahkan kelompok teroris macam amrozi cs akan dianggap bisa jadi pembela islam sejati

ini mungkin bagian dari perbedaan pendapat, tapi perbedaan pendapat dimana jelas2 suatu pendapat yang tidak mencerminkan semangat dan isi alquran dianggap memiliki kemungkinan untuk benar dan sebagai jawaban resmi islam?

apakah elo pernah melihat kelompok syiah, sufi memberi jawaban di abmm?

tidak usahlah banyak protes, abmm faktanya memang di isi oleh pandangan kelompok wahabi atau wanabe agama yang bahkan tidak pernah mencoba untuk mengkaji alquran sama sekali sehingga bisa ol terus menerus di kaskus
ini bisa dilihat bagaimana abmm sudah menjadi ajang chitchat tanpa mutu

perbedaan mazhab atau aliran atau perpecahan di umat islam itu pasti akan terjadi, yang menjadi masalah adalah apakah itu membuat kita saling bunuh atau bertoleransi

dan saya rasa, keberadaan trit2 lain jawaban muslim di luar abmm adalah wujud dari keprihatinan bahwa pandangan mereka mengenai islam tidak dapat disalurkan di abmm


masalah menghakimi hadits, ngapain elo mengkaji hadits kalau kitab sucimu itu alquran



ane belum apa2 dah di cap, ajib....genit:



mari belajar "melihat" bukan melihat kawan....
jika qta belum bisa "melihat" bagaimana qta bisa "membaca"?belum lagi... MEMBACA


ndak perlu juga lah pake emosi2an segala....shakehand



Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
masalah menghakimi hadits, ngapain elo mengkaji hadits kalau kitab sucimu itu alquran



kitab suci memang Al Quran...thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup:

tapi, tak boleh kah qta belajar matematika dan mengkajinya..?\)
tak boleh kah qta belaja sains dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar bahasa dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar ilmu pengetahuan dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar dan mengkaji?\)
....
....
tak boleh kah qta belajar hadist dan mengkajinya?norose:



...jika memang di Al Quran tidak diperbolehkan belajar/mengkaji hadist, coba tunjukkan satu ayat saja yang melarang untuk itu...shakehand

lebih banyak ayat, lebih baik, dan pasti masalah langsung selesai....recsel



hati-hati
menurutmu,saya rasa, pendapat saya,~ku, ~mu, ~qta belum tentu = ...-NYA......ngacir:


Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
perbedaan mazhab atau aliran atau perpecahan di umat islam itu pasti akan terjadi, yang menjadi masalah adalah apakah itu membuat kita saling bunuh atau bertoleransi


oiya, perkenalkan saya lolapaloza, saya cuma pemulung...
masalah mazhab, insyaALLAh mazhab yang saya ikuti Baginda Rosulullah Muhammad SAW, apakah qta berbeda?




Quote:
Original Posted By lubeguka
Mungkin ente aja yang belum connect gan buat baca jawaban agan rehctaw , Yb


insyaAllah ane udah connect dengan isi yang disampaikanshakehand thumbup: buat om rehctaw dan lubeguka
AntiKemunafikan - 14/10/2012 08:58 AM
#4488

Quote:
Original Posted By lolapaloza
ane belum apa2 dah di cap, ajib....genit:



mari belajar "melihat" bukan melihat kawan....
jika qta belum bisa "melihat" bagaimana qta bisa "membaca"?belum lagi... MEMBACA


ndak perlu juga lah pake emosi2an segala....shakehand






kitab suci memang Al Quran...thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup:

tapi, tak boleh kah qta belajar matematika dan mengkajinya..?\)
tak boleh kah qta belaja sains dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar bahasa dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar ilmu pengetahuan dan mengkajinya?\)
tak boleh kah qta belajar dan mengkaji?\)
....
....
tak boleh kah qta belajar hadist dan mengkajinya?norose:

...jika memang di Al Quran tidak diperbolehkan belajar/mengkaji hadist, coba tunjukkan satu ayat saja yang melarang untuk itu...shakehand

lebih banyak ayat, lebih baik, dan pasti masalah langsung selesai....recsel



seperti biasa, datang tiba2 ke trit quranist membuat klaim bahwa quranist ini dan itu tanpa mengetahui dan membaca penjelasan2 yang sudah dijelaskan berkali2 dan diulang2 sekian kalinya

siapa yang mengatakan kita tidak boleh belajar hal lain selain alquran? yang tidak boleh adalah menjadikan selain alquran dan bertentangan dengan alquran sebagai pedoman hukum tertinggi

sebagai misal dalam kaitannya negara kita, hukum tertinggi adalah pancasila dan pembukaan uud 1945, tapi ini tidak masalah karena isinya tidak bertentangan dengan alquran, malah cenderung sejalan dan senafas

tapi hadits, banyak yang isinya jelas2 bertentangan dengan semangat alquran, tapi hadits2 itu malah tetap menjadi pedoman hukum tertinggi hanya karena ulama2 semacam bukhari dan muslim sudah menggolongkannya sebagai shahih

Quote:
hati-hati
menurutmu,saya rasa, pendapat saya,~ku, ~mu, ~qta belum tentu = ...-NYA......ngacir:




oiya, perkenalkan saya lolapaloza, saya cuma pemulung...
masalah mazhab, insyaALLAh mazhab yang saya ikuti Baginda Rosulullah Muhammad SAW, apakah qta berbeda?






insyaAllah ane udah connect dengan isi yang disampaikanshakehand thumbup: buat om rehctaw dan lubeguka


lho lalu maumu gimana? jelas2 quranist itu mengandalkan akal pribadi untuk memahami alquran, sehingga semua pendapat adalah pribadi

mereka hanya berusaha mendapatkan kebenaran menurut versi mereka, dan hal ini belum tentu cocok untuk orang lain

jadi memang belum tentu pasti adalah kebenaran, tapi selama semangat dasar alquran masih dipenuhi oleh pendapat2 tersebut, sangat besar kemungkinan insya Allah semuanya benar

berbeda dengan "ahli sunnah" yang dengan yakinnya bisa menyatakan pendapat mereka sebagai kebenaran sejati karena sudah "distempel" berasal dari rasulullah saw bahkan meskipun isinya bertentangan dengan semangat alquran

seperti perkataan anda bahwa mazhab anda adalah mazhab rasulullah saw, siapa yang memberitahukan anda bahwa pendapat anda adalah memang benar2 pendapat rasulullah saw?

semuanya tidak lain dan tidak lebih daripada prasangka anda belaka

begini, pada akhirnya insya Allah kita semua muslim yang bersaudara selama perbedaan itu tidak membuat kita saling bermusuhan

selama kelompok "ahli sunnah" tetap mengikuti semangat alquran, saya yakin para quranist tidak akan ada yang protes terhadap suatu hadits yang diikuti
yestitit - 14/10/2012 09:09 AM
#4489

Siapa bilang hadis bertentangan dengan Quran?! Cieh, itu sih penafsiran ngaco elo sendiri! Goblok!
flamerhoax - 14/10/2012 11:05 AM
#4490

Quote:
Original Posted By lolapaloza
mari belajar "melihat" bukan melihat kawan....
jika qta belum bisa "melihat" bagaimana qta bisa "membaca"?belum lagi... MEMBACA

Dan bla bla....


terus, ane musti gimana gan?*so nah und?

Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
berbeda dengan "ahli sunnah" yang dengan yakinnya bisa menyatakan pendapat mereka sebagai kebenaran sejati karena sudah "distempel" berasal dari rasulullah saw bahkan meskipun isinya bertentangan dengan semangat alquran


Jadi menurut anda ada hadist yg tidak konsisten dengan alqur'an? Bisa kasih contoh? Ato anda asal ngecap aja?

Quote:
Original Posted By flamerhoax
nah ini yang sampai sekarang ane binggung tentang takdir.
contoh kasus: manusia ketika hari pembalasan akan masuk neraka ato surga.
(ato lo mau ngomong ini gak masuk takdir tong?) sementara angep ini takdir tong, cuma buat model/ anologi.
ini ada paradoks..
1. secara, Allah kan maha mengetahui. endingnya tau elo di surga ato neraka.
jalan cerita hidup elu sudah di tentukan dari awal.
2. manusia di anjurkan berusaha dalam hidup, Allah yg nentukan hasilnya.
free will. terserah loe pilih apa tapi ada konsekuensinya.

nah, mana yang bener ini...
kalo yang bener nomer 1 kan berarti percuma aja kita usaha toh hasil akhir sudah di tentukan.
jangan ngomong makanya takdir disembunyikan.. tuh jawaban ndak menjawab apa-apa. kenyataan semua sudah di setting.
kalo yang bener nomer 2, berarti ada takdir manusia yg tidak di ketahui Allah (semoga allah mengampuni saya pakai kalimat ini).
nasib manusia bisa di neraka ato di surga, tergantung amalnya. amalnya = faktor X.

mohon pencerahanya mas bro.


Ada yang kira- kira punya pendapat tentang ini?
lolapaloza - 14/10/2012 12:51 PM
#4491

Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan
seperti biasa, datang tiba2 ke trit quranist membuat klaim bahwa quranist ini dan itu tanpa mengetahui dan membaca penjelasan2 yang sudah dijelaskan berkali2 dan diulang2 sekian kalinya


apakah datang di trit quranist harus menulis kan sesuatu di thread ini kemudian harus say hallo, apa kabar, kumaha damang, Assalamualaikum?malus



Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

siapa yang mengatakan kita tidak boleh belajar hal lain selain alquran? yang tidak boleh adalah menjadikan selain alquran dan bertentangan dengan alquran sebagai pedoman hukum tertinggi

sebagai misal dalam kaitannya negara kita, hukum tertinggi adalah pancasila dan pembukaan uud 1945, tapi ini tidak masalah karena isinya tidak bertentangan dengan alquran, malah cenderung sejalan dan senafas


thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup: thumbup:

menurut om, kenapa muncul adanya Ketetapan MPR (Tap MPR);Undang-Undang (UU);Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu);Peraturan Pemerintah (PP);Keputusan Presiden (Keppres);Peraturan Daerah (Perda)?

apakah itu sebuah masalah?



Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

tapi hadits, banyak yang isinya jelas2 bertentangan dengan semangat alquran, tapi hadits2 itu malah tetap menjadi pedoman hukum tertinggi hanya karena ulama2 semacam bukhari dan muslim sudah menggolongkannya sebagai shahih


apakah salah atau mungkin bahkan dosa, perawi hadits menggolongkan shahih, hasan, daif dan sebagainya?malus
adakah salah satu diantara penghuni kaskus yang pernah membaca tulisan tangan asli perawi hadist?malus

atau jangan2 di sini kumpulan orang yang hadist hater karena berhasilnya orang yang melakukan propaganda di hadist mengingat di AL QURAN tiada celah?saya berdoa qta bukan seperti itu...

saya pribadi sangat ingin sekali membacanya yang asli, dan kalo ada yang punya di sini dan diijinkan mengopinya, saya akan mengcopi dengan tangan saya meskipun saya lum bisa bahasa arab....rose:



atau malah om setuju kalo hadist gak perlu digolongkan?atau mungkin bahkan gak perlu ada yang namanya Hadist?cukup AL QURAN saja?bingungs
emang om tahu tujuan sebenarnya digolongkannya hadist oleh perawi kenapa?malus
bukankah malah perawi2 hadist menunjukkan tata cara belajar hadist dan pengamalannya?malus, dan insyaALLAH dipastikan malah selaras dengan AL QURAN lho om


jika memang karena ulama2 sekarang yang menurut om gak selaras AL QURAN, tapi kenapa perawi hadist yang disalahkan bahkan mungkin hadist itu sendiri yang qta salahkan bisa jadi benar2 dari Rosulullah?hati-hati om, murtad dalam ISLAM tidaklah seberat qta membuka mata rose:


Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

lho lalu maumu gimana? jelas2 quranist itu mengandalkan akal pribadi untuk memahami alquran, sehingga semua pendapat adalah pribadi

mereka hanya berusaha mendapatkan kebenaran menurut versi mereka, dan hal ini belum tentu cocok untuk orang lain

jadi memang belum tentu pasti adalah kebenaran, tapi selama semangat dasar alquran masih dipenuhi oleh pendapat2 tersebut, sangat besar kemungkinan insya Allah semuanya benar


quranist bukan lah mengandalkan akal pribadi utuk memahami ALQURAN ya om...mad:
tidak semua pendapat adalah pribadi, dan mereka para Quranist berusaha mendapatkan kebenaran yang hakiki...rainbow:
janganlah rendahkan terminologi quranist sebenarnya melalui Thread ini dan pendapat2 qta yang pribadi...rose:

SEMANGAT DASAR AL QURAN apa ya om?



Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

berbeda dengan "ahli sunnah" yang dengan yakinnya bisa menyatakan pendapat mereka sebagai kebenaran sejati karena sudah "distempel" berasal dari rasulullah saw bahkan meskipun isinya bertentangan dengan semangat alquran


ahli sunnah memang yakin om, yakin bisa menyatakan pendapat...
kalo memang berasal dari Rosulullah jelas isinya selaras dengan AL QURAN lah om...shakehand
apakah itu kebenaran sejati?bisa jadi, manusia sebatas ikhtiar...


cukup berbeda dengan quranist di sini....
saya dulu cukup minta sederhana, minta di ajarin tata cara sholat siapa tahu tata cara sholat saya selama ini yang kurang benar bahkan salah, tapi sampai saat ini belum ada yang berani share tata cara sholatnya quranist di sini seperti apa...

bukankah ISLAM rahmatan lil alamin, kawan? kenapa kebenaran hanya untuk kalian sendiri?
apa saya belum pantas sholat seperti kalian kawan?

anggaplah saya anak om2 sekalian di sini yang masih kecil,yang mana baca dan tulis pun masih terbata bata,pantaskah seseorang bapak cuma nyerahin AL QURAN ke anaknya terus minta anaknya baca sendiri dan diamalkan sesuai tingkat pemahamannya?


Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

seperti perkataan anda bahwa mazhab anda adalah mazhab rasulullah saw, siapa yang memberitahukan anda bahwa pendapat anda adalah memang benar2 pendapat rasulullah saw?


mazhab saya bukan mazhab Rasulullah SAW ya om AntiKemunafikan, tapi insyaALLAH mazhab saya Rasulullah SAW....malu:
emang mazhab om antikemunafikan sendiri apa ya?malus
kan dah diterangin panjang lebar di depan jenis-jenis mahzab ya om?hammers
boleh lah quranist yang lain bercerita ikut mahzab apa....shakehand



Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

begini, pada akhirnya insya Allah kita semua muslim yang bersaudara selama perbedaan itu tidak membuat kita saling bermusuhan

selama kelompok "ahli sunnah" tetap mengikuti semangat alquran, saya yakin para quranist tidak akan ada yang protes terhadap suatu hadits yang diikuti



perbedaaan masalah aqidah sangat berbahaya...
semua muslim bersaudara... thumbup: thumbup: thumbup: thumbup:
dan jangan lupa sesama umat muslim wajib hukumnya lurus meluruskan ( *di AL QURAN ada ya om)...thumbup: thumbup: thumbup:
dan ahli sunnah jelas mengikuti semangat AL QURAN, shakehand



Quote:
Original Posted By yestitit
Siapa bilang hadis bertentangan dengan Quran?! Cieh, itu sih penafsiran ngaco elo sendiri! Goblok!

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab



Quote:
Original Posted By flamerhoax
terus, ane musti gimana gan?*so nah und?

saran pribadi aja ya om...
1. di KASKUS qta nyantai aja om afro: table: ngakaks rose: dan ikuti aturan maennya,jangan lupa sebarkan shakehand peluk kiss
2. jangan sering2 maen ke DC atau BLPN, kalo memang terpaksa, hindari thread sara, kalo memang terpaksa masuk jangan lupa pake kacamata :cool :cystg
3. di DC saat ini saya cuma rekomended ABSM, meskipun kayaknya tu tread aslinya gak gitu tapi ABCmM hammers
4. sering maen ke SF yang spesifik, jangan lupa maen ke SF spiritual sebelum para guru "hilang"berduka
5. jangan lupa ucapkan bismilah sebelum masuk ke dunia ini, dan sebelum posting, dan jangan terlalu lamahammer:
6. jangan pake emosi2 terlebih marah
7. hargai lah mereka yang mau berbagi

mungkin om flamerhoax mau nambahin?siapa tahu om malah lebih tahu daripada ane rose:


thumbup: thumbup: thumbup:
Quote:
Original Posted By AntiKemunafikan

semuanya tidak lain dan tidak lebih daripada prasangka anda belaka
d60 - 14/10/2012 01:22 PM
#4492

Quote:
Original Posted By lolapaloza


saran pribadi aja ya om...
1. di KASKUS qta nyantai aja om afro: table: ngakaks rose: dan ikuti aturan maennya,jangan lupa sebarkan shakehand peluk kiss
2. jangan sering2 maen ke DC atau BLPN, kalo memang terpaksa, hindari thread sara, kalo memang terpaksa masuk jangan lupa pake kacamata :cool :cystg
3. di DC saat ini saya cuma rekomended ABSM, meskipun kayaknya tu tread aslinya gak gitu tapi ABCmM hammers
4. sering maen ke SF yang spesifik, jangan lupa maen ke SF spiritual sebelum para guru "hilang"berduka
5. jangan lupa ucapkan bismilah sebelum masuk ke dunia ini, dan sebelum posting, dan jangan terlalu lamahammer:
6. jangan pake emosi2 terlebih marah
7. hargai lah mereka yang mau berbagi

mungkin om flamerhoax mau nambahin?siapa tahu om malah lebih tahu daripada ane rose:


thumbup: thumbup: thumbup:


assalamualaikum gan..yg di maksud agan dgn ABSM dan ABCmM itu apa ya??

maklum gan aku silent reader...
lolapaloza - 14/10/2012 06:36 PM
#4493

Quote:
Original Posted By d60
assalamualaikum gan..yg di maksud agan dgn ABSM dan ABCmM itu apa ya??

maklum gan aku silent reader...


Wa'alaikumusaalam wr wb

ABSM itu Anda Bertanya Salik/Sufi Menjawab, om



dulu saya rencana mau tanya(*udah ngetik juga) dan mengingat kan kenapa harus pake terminologi salik/sufi layaknya thread ini, karena ditakutkan mengundang fitnah

terlebih opening TS ABSM menyatakan jawaban tertentu silahkan tanya ke ABMM dan ABQM, jadi seakan gak guna hammers


tapi ane telah diingatkan duluan dengan cara-NYA utnuk tak perlu menanyakan itu


>ABSM---Anda Bertanya Cermin-mu Menjawab (ABCmM)
itu tak lebih dari pendapat pribadi saya gan shakehand


silent reader juga gak masalah gan...shakehand
bisa jadi silent reader, pertamaxer dan troller yang dianggap oleh sebagaian warga di Kaksus jauh lebih mulia di hadapan ALLAH SWT thumbup:



oiya rekomendasi pribadi ane yang om bold,cuma berlaku untuk qta yang mau belajar agama, khususnya ISLAM rainbow: \)
flamerhoax - 14/10/2012 11:49 PM
#4494

@lolapaloza
Gan tolong kalo ngoming jangan panjang- panjang. Singkat jelas padat.
Kalo ente ngomong panjang- panjang ane malah gak paham.

Sedikit OOT
Memang salah ya gan? Mengkaji quran gak pakai hadist?
Setau ane cuma sepertiga ayat alquran yang bisa di kaji pakai hadist.

Emang gak boleh mengkaji quran pakai landasan ilmu qalam ato ilmu2 lainya?
Ada larangan mengkaji alquan secara subyektif, cuma modal akal?

Tolong di jawab.
d60 - 14/10/2012 11:52 PM
#4495

Quote:
Original Posted By lolapaloza
Wa'alaikumusaalam wr wb

ABSM itu Anda Bertanya Salik/Sufi Menjawab, om



dulu saya rencana mau tanya(*udah ngetik juga) dan mengingat kan kenapa harus pake terminologi salik/sufi layaknya thread ini, karena ditakutkan mengundang fitnah

terlebih opening TS ABSM menyatakan jawaban tertentu silahkan tanya ke ABMM dan ABQM, jadi seakan gak guna hammers


tapi ane telah diingatkan duluan dengan cara-NYA utnuk tak perlu menanyakan itu


>ABSM---Anda Bertanya Cermin-mu Menjawab (ABCmM)
itu tak lebih dari pendapat pribadi saya gan shakehand


silent reader juga gak masalah gan...shakehand
bisa jadi silent reader, pertamaxer dan troller yang dianggap oleh sebagaian warga di Kaksus jauh lebih mulia di hadapan ALLAH SWT thumbup:


oiya rekomendasi pribadi ane yang om bold,cuma berlaku untuk qta yang mau belajar agama, khususnya ISLAM rainbow: \)


terimakasih atas jawabannya gan....

silakan jika memang agan memang masih menggenggam ketakutan untuk bertanya kepada sang TS ABSM....mungkin beliau memberikan aturan tersebut biar tidak terlalu OOT....silakan dipakai jalur yg lebih private....mungkin beliau berkenan untuk menjawabnya....\)

kemuliaan di hadapan Allah SWT hanya untuk orang-orang saleh..shakehand
d60 - 15/10/2012 12:23 AM
#4496

Quote:
Original Posted By flamerhoax

Sedikit OOT
Memang salah ya gan? Mengkaji quran gak pakai hadist?
Setau ane cuma sepertiga ayat alquran yang bisa di kaji pakai hadist.


ga salah kok gan..begitu juga yang mengkaji hadist tanpa mengkaji al quran..siapa tahu dua posisi tersebut hanya langkah awal seseorang untuk mempelajari Islam..toh menurut pendapat saya pribadi, Al-Quran dan Hadist itu tak terpisahkan...semoga orang-orang yang mempelajarinya mendapatkan rahmatNya...\)

mari sharing sedikit gan..

jika sepertiga ayat alquran adalah akhlaknya rasulullah/hadist...lalu duapertiganya alquran apa saja isinya gan?? sdgkan yg akhlak rasulullah saja masih menjadi perdebatan tiada akhir dan sangat luas bahasannya

mohon petunjjuknya gan..shakehand

Quote:
Original Posted By flamerhoax
Emang gak boleh mengkaji quran pakai landasan ilmu qalam ato ilmu2 lainya?
Ada larangan mengkaji alquan secara subyektif, cuma modal akal?
Tolong di jawab.


emang siapa yg ga bolehin gan?DD
kan ilmu2 yg agan sebutin itu cabang-cabang ilmu dalam al quran..\)
Discuzz - 15/10/2012 01:26 AM
#4497

Quote:
Original Posted By flamerhoax
nah ini yang sampai sekarang ane binggung tentang takdir.
contoh kasus: manusia ketika hari pembalasan akan masuk neraka ato surga.
(ato lo mau ngomong ini gak masuk takdir tong?) sementara angep ini takdir tong, cuma buat model/ anologi.
ini ada paradoks..
1. secara, Allah kan maha mengetahui. endingnya tau elo di surga ato neraka.
jalan cerita hidup elu sudah di tentukan dari awal.
2. manusia di anjurkan berusaha dalam hidup, Allah yg nentukan hasilnya.
free will. terserah loe pilih apa tapi ada konsekuensinya.

nah, mana yang bener ini...
kalo yang bener nomer 1 kan berarti percuma aja kita usaha toh hasil akhir sudah di tentukan.
jangan ngomong makanya takdir disembunyikan.. tuh jawaban ndak menjawab apa-apa. kenyataan semua sudah di setting.
kalo yang bener nomer 2, berarti ada takdir manusia yg tidak di ketahui Allah (semoga allah mengampuni saya pakai kalimat ini).
nasib manusia bisa di neraka ato di surga, tergantung amalnya. amalnya = faktor X.

mohon pencerahanya mas bro.


hmm ...
ini termasuk pertanyaan bagus.
membahas tentang kedaulatan Tuhan dan Kehendak manusia.

biasanya sih kristen yang aliran reformed atau calvinis bisa jawab ini.
no 1 dan no 2 itu gak saling kontradiksi, tapi sejalan.
lubeguka - 15/10/2012 02:27 AM
#4498

soal taqdir , penyebutannya di dalam Qur'an udah ane jawab gan Yb
ane juga udah kasih inti jawaban dair pembahasan yang ribet, tapi itu menurut ane yang banyak menggunakan ayat Qur'an dan menafsirkan dalam koridor ayat ayat tersurat.

Jawabanya gampang, ciptaannya bukan Allah, memang ruh yang diberikan berasal dari Allah, tapi tidak meliputi keseluruhan. Sebagai figur pencipta dia ingin melihat apakah ciptaanya ketika diberi mandat untuk menjadi khalifah dunia bisa menemukan jalan balik ke arahNya. Hasil akhir ya tergantung dari manusianya.

Dalam hal terkait, Opsi satu pada akhirnya hanya akan mensifatkan Allah, menempatkan ketidaksempurnaan untuk mensifati yang Maha sempurna. Lagipun tidak ada dukungan ayat tersurat mengenai hal ini, kalaupun ada itu berupa tafsir yang dari beberapa ayat banyak kontradiksi dengan banyak ayat lain.

Memang Allah mempunyai gelar Maha mengetahui tapi ada ayat yang menekankan soal sunah Allah yang tidak berubah. Seorang hakim bisa mempunyai banyak gelar tapi dia tidak akan merubah keputusan mengenai keputusan yang sudah diberikan.

...subhaanallaahi rabbi l'arsyi 'ammaa yashifuun..

Di lain hal, opsi dua mendukung penugasan Nabi dan Rasul untuk membuat manusia 'ingat' kepada apa yang telah dipersaksikannya dahulu (ketika pertam kali diberi ruh)

Seperti yang ane bilang dalam dimensi yang lebih luas, freewill yang diberikan itu merupakan Sunah Allah yang mempunyai gelar, salah satunya, Yang Maha Mengetahui.

Mungkin nanti kalo ane ada waktu panjang kita bahas semua ayat- ayat terkait. Mungkin PR disini bisa membantu Yb

Sekalian dikit mengenai ABSM

kalau mau jawaban ghaib silahkan ke ABSM heheheheh...ane dulu pernah salik juga kok alhamdulilah udah disadarin sama Qur'an, setelah banyak menyelami asmaul husna dan apalagi setelah mursyid ane bilang kalau ada aliran thariqat, hakikat dst dan mursyidnya ada yang bilang pernah ketemu sama Rasul rasul Allah, itu semua bisa dipastiin semua orang 'keblinger'...kalo mursyidnya aja dibilang keblinger gimana saliknya yang ngaku ngaku pernah ketemu Rasul ini dan Rasul itu ya?

ga usah jauh jauh di India banyak tuh yang ngaku pernah ketemu Rasul rasul islam, budha dan Nabi Nabi Allah, mereka padahal nyembah patung, mereka banyaj pengikutnya juga kok, kadang ada festival di India setahun 2 hari mereka (laki laki) bugil bareng lari ke laut. Contoh yang paling deket ya lia eden..bisa dikategorikan gnostik juga Yb

btw.... menurut suni orthodox sufi itu bukan dari suni tapi dari syiah..di timur tengah hampir semua dari aliran syiah..dan suni orthodox menganggap aliran sufi itu bid'ah.....jadi kalau ada ajaran sufi yang ngaku dari suni itu karena mungkin suni di Indonesia bukan suni orthodox alias suni campuran. Jadi sebaiknya aliran sufi di Indonesia memanfaatkan internet untuk melihat sejarah sufi yang benar itu bagaimana, karena yang sejauh ane tahu dulu. Para mursyid yang senior senior, alias udah pada tua mereka terbatas soal informasi dari literatur dunia, kecuali kalo informasi dari dunia ghaib ya. Yb

Tapi ya memang fenomena sufi memang banyak narik peminat kok..soalnya pada dasarnya manusia ingin tahu soal ghaib, dan sufi biasanya mempunyai kabar kabar ghaib yang bisa melegakan dahaga...permasalahannya apa kabar ghaib itu berasal dari Allah??
banyak banyak istighfar..'syekh siti jenar' aja ga pernah mengklaim pernah ngeliat rasul rasul dan NAbi Nabi Allah..itulah mursyid yang ga keblinger

Hanya sebagai pengingat

Salah satu contoh uswatun hasanah dari NAbi Muhammad.

Suatu hari dalam hidupnya Nabi Muhammad pernah berkata

..laa aquulu lakum 'indii khazaa-inullaahi walaa a'lamu lghayba walaa aquulu lakum innii malakun in attabi'u illaa maa yuuhaa ilayya qul hal yastawii l-a'maa walbashiiru afalaa tatafakkaruun..

...Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?"

Kalau orang sekelas nabi Muhammad saja menjawab seperti itu? Bagaimana dengan mereka (bahkan yang masih tahap salik) bisa mengku mengetahui yang ghaib?

[2:204] Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penantang yang paling keras.

then again..sufi memang menarik hati kok..bagi para pemula yang haus akan alam ghaib..alhamdulilah ane udah tobat dari tuh aliran aliran semacam itu.

udah ah....ane ga bilang ABSM salah atau benar yang suka dan percaya jalanin aja, kan ntar tinggal tanggung jawab..ups menurut rasul..rasul, nabi nabi, Malaikat, Allah ( ya banyak kasus yang mengklaim udah pernah ketemu Allah) yang mereka temuin secara ghaib yang mereka jalankan bener...

Bedanya mungkin disini ga ada yang klaim pernah ketemu Rasul dan Nabi Allah, Malaikat Allah dan Allah..

Dan kalau mau tau lebih mengenai aliran sufi maen dah tuh di board spiritual nongkrong para master master yang lebih 'tinggi' ilmunya

Yb
flamerhoax - 15/10/2012 02:45 AM
#4499

Quote:
Original Posted By d60
jika sepertiga ayat alquran adalah akhlaknya rasulullah/hadist...lalu duapertiganya alquran apa saja isinya gan?? sdgkan yg akhlak rasulullah saja masih menjadi perdebatan tiada akhir dan sangat luas bahasannya

mohon petunjjuknya gan..shakehand

Ane juga belajaran gan, masih banyak salahnya.

Ayat yang di jelaskan oleh hadist.
Ayat berbicara tentang halal haram makanan. Lalu ada hadist yang menjelaskan secara detail mana yang haram & haram. Seperti tentang belalang, hati/ ampla.

Tapi ada juga malah yang malah bertentangan.
Ayat berbicara tentang berhias. Tapi hadisnya malah mengharamkan perhiasan tertentu. Seperti emas/ sutra bagi laki. Maslahnya hadist ini dianggap sahih, lah terus mau ikut yang mana?

Saya belum pernah tahu ada hadist yang menjelaskan tentang penciptaan dunia. Itu beberapa ayat yang di jadikan landasan bahwa dunia dibuat dalam 6 massa.

Dan ayat yang pasti gak ada penjelasnya dalam hadist... ALIFLAM MIM, YA SIN, dll.
flamerhoax - 15/10/2012 02:49 AM
#4500

Quote:
Original Posted By Discuzz
hmm ...
ini termasuk pertanyaan bagus.
membahas tentang kedaulatan Tuhan dan Kehendak manusia.

biasanya sih kristen yang aliran reformed atau calvinis bisa jawab ini.
no 1 dan no 2 itu gak saling kontradiksi, tapi sejalan.

Bisa anda tunjukan, dimananya bisa sejalan?
Terimah kasih sudah membantu.
Page 225 of 227 | ‹ First  < 220 221 222 223 224 225 226 227 > 
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab