DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Total Views: 200033 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 226 of 227 | ‹ First  < 221 222 223 224 225 226 227 > 

lubeguka - 15/10/2012 02:59 AM
#4501

Quote:
Original Posted By flamerhoax
Ane juga belajaran gan, masih banyak salahnya.

Ayat yang di jelaskan oleh hadist.
Ayat berbicara tentang halal haram makanan. Lalu ada hadist yang menjelaskan secara detail mana yang haram & haram. Seperti tentang belalang, hati/ ampla.

Tapi ada juga malah yang malah bertentangan.
Ayat berbicara tentang berhias. Tapi hadisnya malah mengharamkan perhiasan tertentu. Seperti emas/ sutra bagi laki. Maslahnya hadist ini dianggap sahih, lah terus mau ikut yang mana?

Saya belum pernah tahu ada hadist yang menjelaskan tentang penciptaan dunia. Itu beberapa ayat yang di jadikan landasan bahwa dunia dibuat dalam 6 massa.

Dan ayat yang pasti gak ada penjelasnya dalam hadist... ALIFLAM MIM, YA SIN, dll.


Ada gan hadist tentang penciptaan dunia dimulai hari sabtu selesai hari jum'at sama seperti yang ada di alkitab (walau alkitab ga nyebut hari apa dimulai dan hari apa selesai)..kontradiksi dengan Qur'an yang mengatakan dalam 6 masa dan masa disitu bisa mewakili jutaan tahun. yang jelas belum ada penamaan hari waktu itu...Yb

di myquran dulu pernah dibedah gan sama salah satu PR dimari, dan apologynya sangat sangat berdasarkan tafsir hadist (tanpa didukung hadist secara tersurat). kalau mau dibedah secara ilmu yang udah ada banyak lagi kontradiksinya penciptaan dunia berdasar kitab hadist buatan ulama persia. Yb

Ya ga jauh si abu hurayra juga sartu satunya periwayatnya.,,masuk ke gharib mutlaq juga sama yang kaya dibahas PR...

memakai logika bahlul hadith
kalaupun Rasul menjabarkan Penciptaan dunia itu merupakan sesuatu yang penting bener gan?
lalu kenapa cuma abu hurayra yang meriwayatkan, seorang yahudi yang baru 2 tahun bersama Rasul?
Abu bakar, Umar , Ali yang nota bener menurut sejarah lebih lama ga pernah meriwayatakan hal ini? Yb

yes ....Abu hurayra punya jawabannya. Hanya dia yang paling dekat Rasul sementara sahabat lain sibuk sama urusan dunia, lagipun dia ingat segala perkataan rasul setelah peristiwa ajaib dan magis yang dilakukan rasul kepadanya (menurut abu huarira juga) Yb
flamerhoax - 15/10/2012 03:10 AM
#4502

@lubeguka, terimakasih sudah membantu mencari jawabanya gan. Ane juga setuju kalo kedua konsep itu bener, tapi kita musti cari titik temunya.

Quote:
Original Posted By lubeguka
Jawabanya gampang, ciptaannya bukan Allah, memang *ruh yang diberikan berasal dari Allah tapi tidak meliputi keseluruhan.


Yang ini ane gak setuju gan.
Kalo ciptaan tidak di liputi oleh Allah, maka ada semesta yang lebih besar dari Allah.
Kita buat permisalan.
A= semsta yang di tempati Allah, terserah anda menyebut asyr ato apapun.
B= semsta yang di tempati ciptaan allah, kita sebut dunia.
Kalo Allah tidak meliputi segala sesuatu, maka ada semesta yang lebih besar dari allah.
C(semesta Allah &manusia)= A+ B.
Sedangkan Allah maha besar.
lubeguka - 15/10/2012 03:14 AM
#4503

'Sahih' Muslim

Quote:
Telah menceritakan kepadaku Suraij Bin Yunus dan Harubn Bin Abdullah mereka berdua berkata; telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dia berkata; Ibnu Juraij berkata; telah mengabarkan kepada kami Ismail bin Umayyah dari Ayyub bin Khalid dari Abdullah bin Rafi’ –budak- Ummu Salamah dari Abu hurairah dia berkata; “ Rasulullah shallahu ‘alaihi wasalam memegang tangannya, lalu beliau bersabda:
Allah Azza wa Jalla
menjadikan tanah pada hari sabtu,
menancapkan gunung pada hari Ahad,
menumbuhkan pohon pohon pada hari senin,
menjadikan bahan bahan mineral pada hari selasa,
menjadikan cahaya pada hari Rabu,
menebarkan binatang pada hari kamis,
dan menjadikan Adam Alaihis Salam pada hari jum’at setelah ashar, yang merupakan penciptaan paling akhir yaitu saat saat terakhir di hari jum’at antara waktu ashar hingga malam.


pertanyaan terkait science

--Gimana pohon bisa tumbuh sementara minreal yang diperlukan untuk pertumbuhan baru diciptakan hari berikutnya ( dengan asumsi mineral terpisah dari tanah yang diciptakan terlebih dahulu dan batu batuan yang membetuk gunung tidak/belum mengandung mineral karena gunung udah diciptain 2 hari sebelum mineral)

--Rentang waktu hari di Milyaran tahun lalu bisa disamakan dengan rentang waktu sekarang?

mau bedah sanad juga boleh kok Yb

kaitanya sama kaya pertanyaan ane sebelumnya. Apakah di satu buku itu ketika disebutkan character (i.e 'gandalf'). Di chapter awal maka jika dichapter lain - tengah, akhir dst dalam kisah lain (masih satu buku) ada nama 'gandalf' maka dia orang berbeda?

Yb
lubeguka - 15/10/2012 03:16 AM
#4504

Quote:
Original Posted By flamerhoax
@lubeguka, terimakasih sudah membantu mencari jawabanya gan. Ane juga setuju kalo kedua konsep itu bener, tapi kita musti cari titik temunya.



Yang ini ane gak setuju gan.
Kalo ciptaan tidak di liputi oleh Allah, maka ada semesta yang lebih besar dari Allah.
Kita buat permisalan.
A= semsta yang di tempati Allah, terserah anda menyebut asyr ato apapun.
B= semsta yang di tempati ciptaan allah, kita sebut dunia.
Kalo Allah tidak meliputi segala sesuatu, maka ada semesta yang lebih besar dari allah.
C(semesta Allah &manusia)= A+ B.
Sedangkan Allah maha besar.


maap gan ane rephrase

Jawabanya gampang, ciptaannya bukan Allah, memang *ruh yang diberikan berasal dari Allah[,] tapi [ciptaannya] tidak meliputi keseluruhan.

perhatikan koma setelah kata Allah dan penambahan kata [ciptaannya] untuk mempertegas maksud Yb
bisa dimengertui ya gan, ini pentingnya komunikasi melalui media tertulis, lupa masalah kecil aja seperti [koma] aja arti bisa berubah.

Allah meliputi segalanya gan, tapi ciptaannya tidak meliputi segalanya.
flamerhoax - 15/10/2012 03:44 AM
#4505

Quote:
Original Posted By lubeguka
maap gan ane rephrase

Jawabanya gampang, ciptaannya bukan Allah, memang *ruh yang diberikan berasal dari Allah[,] tapi [ciptaannya] tidak meliputi keseluruhan.

perhatikan koma setelah kata Allah dan penambahan kata [ciptaannya] untuk mempertegas maksud Yb
bisa dimengertui ya gan, ini pentingnya komunikasi melalui media tertulis, lupa masalah kecil aja seperti [koma] aja arti bisa berubah.

Allah meliputi segalanya gan, tapi ciptaannya tidak meliputi segalanya.


Ok, gan. Sorry salah baca.
SuciLogikaRasio - 15/10/2012 07:43 AM
#4506

Quote:
Original Posted By flamerhoax
nah ini yang sampai sekarang ane binggung tentang takdir.
contoh kasus: manusia ketika hari pembalasan akan masuk neraka ato surga.
(ato lo mau ngomong ini gak masuk takdir tong?) sementara angep ini takdir tong, cuma buat model/ anologi.
ini ada paradoks..
1. secara, Allah kan maha mengetahui. endingnya tau elo di surga ato neraka.
jalan cerita hidup elu sudah di tentukan dari awal.
2. manusia di anjurkan berusaha dalam hidup, Allah yg nentukan hasilnya.
free will. terserah loe pilih apa tapi ada konsekuensinya.

nah, mana yang bener ini...
kalo yang bener nomer 1 kan berarti percuma aja kita usaha toh hasil akhir sudah di tentukan.
jangan ngomong makanya takdir disembunyikan.. tuh jawaban ndak menjawab apa-apa. kenyataan semua sudah di setting.
kalo yang bener nomer 2, berarti ada takdir manusia yg tidak di ketahui Allah (semoga allah mengampuni saya pakai kalimat ini).
nasib manusia bisa di neraka ato di surga, tergantung amalnya. amalnya = faktor X.

mohon pencerahanya mas bro.


coba analogikan dengan komputer:

1. semua sudah diprogram:

2. pertanyaan saya, apakah di dalam butir 1 , tidak ada kebebasan?

mohon di jawab sebelum di lanjut...

mudah2an membantu dan membabar siapa & kitab2 sumber2 dogma sesat ini
lolapaloza - 15/10/2012 09:13 AM
#4507

Quote:
Original Posted By d60
terimakasih atas jawabannya gan....

silakan jika memang agan memang masih menggenggam ketakutan untuk bertanya kepada sang TS ABSM....mungkin beliau memberikan aturan tersebut biar tidak terlalu OOT....silakan dipakai jalur yg lebih private....mungkin beliau berkenan untuk menjawabnya....\)

kemuliaan di hadapan Allah SWT hanya untuk orang-orang saleh..shakehand


memang benar biar tidak terlalu oot omshakehand
karena memang yang om rimung bagi spesial, sampai guru2 ane dateng berjejak di DC dan kadang ikut mbantu om rimung malus

kata2 om d60 keren, menggenggam ketakutan genit: thumbup: thumbup: thumbup:
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
flamerhoax - 15/10/2012 09:17 AM
#4508

Quote:
Original Posted By SuciLogikaRasio
coba analogikan dengan komputer:

1. semua sudah diprogram:

2. pertanyaan saya, apakah di dalam butir *1 , tidak ada kebebasan?

mohon di jawab sebelum di lanjut...

mudah2an membantu dan membabar *siapa & kitab2 sumber2 dogma sesat ini *

Memberikan sudut pandang baru terimakasih gan.

Ane akan coba membayangkan, lebih jauh lagi malah. Kita ada dalam program game yang namanya kehidupan.

Seperti dalam game kita bebes melakukan pilihan apapun dan kita bisa game over kapanpun.

Jadi, apa
Quote:
Original Posted By flamerhoax
nah ini yang sampai sekarang ane binggung tentang takdir.
contoh kasus: manusia ketika hari pembalasan akan masuk neraka ato surga.
(ato lo mau ngomong ini gak masuk takdir tong?) sementara angep ini takdir tong, cuma buat model/ anologi.
ini ada paradoks..
1. secara, Allah kan maha mengetahui. endingnya tau elo di surga ato neraka.
jalan cerita hidup elu sudah di tentukan dari awal.
2. manusia di anjurkan berusaha dalam hidup, Allah yg nentukan hasilnya.
free will. terserah loe pilih apa tapi ada konsekuensinya.

nah, mana yang bener ini...
kalo yang bener nomer 1 kan berarti percuma aja kita usaha toh hasil akhir sudah di tentukan.
jangan ngomong makanya takdir disembunyikan.. tuh jawaban ndak menjawab apa-apa. kenyataan semua sudah di setting.
kalo yang bener nomer 2, berarti ada takdir manusia yg tidak di ketahui Allah (semoga allah mengampuni saya pakai kalimat ini).
nasib manusia bisa di neraka ato di surga, tergantung amalnya. amalnya = faktor X.

mohon pencerahanya mas bro.

Analogi sering banget membantu pemahaman mas bro, tapi sering juga malah menyesatkan. Analogi gak akan 100% cocok
lolapaloza - 15/10/2012 09:51 AM
#4509

Quote:
Original Posted By flamerhoax
@lolapaloza
Gan tolong kalo ngoming jangan panjang- panjang. Singkat jelas padat.
Kalo ente ngomong panjang- panjang ane malah gak paham.

Sedikit OOT
1. Memang salah ya gan? Mengkaji quran gak pakai hadist?
Setau ane cuma sepertiga ayat alquran yang bisa di kaji pakai hadist.

2. Emang gak boleh mengkaji quran pakai landasan ilmu qalam ato ilmu2 lainya?
3. Ada larangan mengkaji alquran secara subyektif, cuma modal akal?!!!!!!!!!

Tolong di jawab.


iya gan, ane minta maaf...
mungkin semangat ane ja yang berlebihan....kisss

1. jika om tanya ke ane, gak salah, cuma dikhawatirkan salah shakehand dan hadist cuma istilah saja
ane malah gak tau om, seberapa ayat yang bisa dikaji pake hadist

2. boleh thumbup: thumbup: thumbup: thumbup:
3. jika flamerhoax merupakan anak ane terlebih yang masih kecil, ada larangan, larangan dari saya meskipun sifatnya bisa jadi sementara army:

coba lihat lah tingkah laku anak kecil, pisau mau dimakan, ulat dimakan, mungkin anggapannya anak kecil apa2 enak ya genit:

cuma modal akal bagi ane termasuk saya salahkan, akal memang termasuk modal bukan berarti cuma modal akal

hasilnya apa kalo cuma modal akal?banyak, di kaskus aja coba lihat
1. bagi umat ISLAM, mungkin sholat adalah sesuatu yang istimewa. Ada orang asing dateng (A) lewat orang islam yang kebetulan sholat sendiri, A tertarik dan penasaran, di datengin dah terus ditanyaain "gi ngapain sih om?kok aneh gitu", tu orang diem aja, khusuk dengan sholatnya, berhubung dia belum tahu dan mengenal hadist, terlebih hadist2 yang berbicara sholat (alias baginya cukup AL QURAN saja) dia sujudnya banyak/lama banget dalam sekali sholat. ditungguin mpe rambut si A jadi keriting masih gitu2 aja, dan akhirnya si A pergi dan muncullah istilah jeduker (norose: )

2. Ada umat islam (bisa jadi umat yang lain), kebetulan sedang dalam tahap belajar, dia (B) sedang nyampe di ayat2 yang berhubungan dengan orang kafir di AL QURAN belum nyampe ayat2 yang toleran, tak lupa dia juga belajar hadist. kebetulan dia punya temen baik yang juga belajar hadist dan menurt si B kalo temennya berbicara hadist, dia lebih baik darinya mengingat temennya lebih tua dan belajar hadist lebih lama. si B bertanya, "bro selama lu belajar hadist, menurutmu dasar semangat hadist apaan sih bro?terus si temen dengan yakinnya mengatakan "sampaikanlah walau satu ayat". mengingat si B ini wataknya keras, bergegaslah si B belajar BOM, obrak2 kitab orang lain dan muncullah istilah bomberman, pengantin, yesus bangke, tiang jemuran,1+1+1=1 ( norose: )

3. Ada thread dan postingan SARA everywhere mad:

kalo boleh dibilang pertanyaan om flamerhoax ini intinya mungkin sama dengan pertanyaan yang diberikan guru2 ane di treat ini dulu dan saya akhir2 ini, thumbup: thumbup: thumbup:


EMANG SALAH YA GAN MASAK NASI GAK PAKE AIR?




Spoiler for cuma itu
mohon maaf, ane lolapaloza tidak bermaksud menggurui atau menyakiti siapa2 pun di penghuni ABQM...
ane cuma heran aja om,ane cuma pemulung bro...tak sengaja mampir di ABQM, eh ane nemuin emas di tempat sampah...
terus ane tok tok tok dan bilang, "mas, ni emas kok bisa ada di sini?"



...[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
flamerhoax - 15/10/2012 10:59 AM
#4510

Quote:
Original Posted By lolapaloza
3. jika flamerhoax merupakan anak ane terlebih yang masih kecil, ada larangan, larangan dari saya meskipun sifatnya bisa jadi sementara army:

Kalo saya, akan senang hati untuk menjadi lawan diskusinya. bukan menjadi guru pembimbing.
Quote:
Original Posted By lolapaloza
cuma modal akal bagi ane termasuk saya salahkan, akal memang termasuk modal bukan berarti cuma modal akal
1. bagi umat ISLAM, ..berbicara sholat ..muncullah istilah jeduker (:norose\)
2. ..umat islam ..mengingat si B ini wataknya keras, bergegaslah si B belajar BOM, obrak2 kitab orang lain dan muncullah istilah bomberman, pengantin, yesus bangke, tiang jemuran, 1+1+1=1 (:norose\)

saya setuju, seseorang bertindak bukan semata- mata karena akal saja. ada juga yang namanya hati, perasaan, intuisi. silahkan sebut apa saja.
tapi kalo anda berkesimpulan seperti itu, apa tidak terlalu meremehkan?
Quote:
Original Posted By lolapaloza
3. Ada thread dan postingan SARA everywhere mad:

akhirnya anda tahu bagaimana perasaan saya terhadap orang- orang ini. fuck2:
sepertinya mereka lupa jadual medicine: mereka.
Angel.Michael - 15/10/2012 12:36 PM
#4511

salah jawab sori yak .... D
abdani.yahya - 15/10/2012 05:05 PM
#4512

Quote:
Original Posted By lubeguka

bawa ayatnya gan

mohon maaf mulai sekarang ane ga layanin kalo ga bawa ayat.


dan juga sabar ya agan agan, yang dimari hidupnya bukan hanya di net, jadi kalo mau cepet tanya aja sama ABMM, atau MBMM, banyak tuh disana yang ga ada kerjaan dan kerjanya cuma di internet Yb




setau saya ada di 7 surat berbeda, diantaranya Al-Kahfi 50:
Quote:
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.


semoga berkenan D D
Salam shakehand:
Discuzz - 16/10/2012 12:54 AM
#4513

Quote:
Original Posted By lolapaloza


saran pribadi aja ya om...
1. di KASKUS qta nyantai aja om afro: table: ngakaks rose: dan ikuti aturan maennya,jangan lupa sebarkan shakehand peluk kiss
2. jangan sering2 maen ke DC atau BLPN, kalo memang terpaksa, hindari thread sara, kalo memang terpaksa masuk jangan lupa pake kacamata :cool :cystg
3. di DC saat ini saya cuma rekomended ABSM, meskipun kayaknya tu tread aslinya gak gitu tapi ABCmM hammers
4. sering maen ke SF yang spesifik, jangan lupa maen ke SF spiritual sebelum para guru "hilang"berduka
5. jangan lupa ucapkan bismilah sebelum masuk ke dunia ini, dan sebelum posting, dan jangan terlalu lamahammer:
6. jangan pake emosi2 terlebih marah
7. hargai lah mereka yang mau berbagi

mungkin om flamerhoax mau nambahin?siapa tahu om malah lebih tahu daripada ane rose:


thumbup: thumbup: thumbup:


ane setuju kalau forum debat di kaskus ini gak baik buat kesehatan mental.
apalagi buat anak remaja yang masih dalam perkembangan moral.

di forum debat ini, suasananya keras, panas, dan rasis banget.

D
lubeguka - 16/10/2012 04:35 AM
#4514

Quote:
Original Posted By abdani.yahya

setau saya ada di 7 surat berbeda, diantaranya Al-Kahfi 50:


semoga berkenan D D
Salam shakehand:


Alaika salam

kalo gitu kan seengaknya jelas gan. Makud agan iblis, ane soalnya ga familiar ama nama azazil dst. Yb

kalo dari yang ayat agan kasih, 'qullna' digunakan. Biasanya ketika menggunakan kata 'KAMI' memang melibatkan sesuatu.

Ini jawaban pure bukan mencerminkan kebenaran absolute ya gan, karena banyak maen tafsir. Jawabannya perintah Allah langsung yang disampaikan melalui media ruang dan waktu.

Perlu ditekankan 'KAMI' itu tidak hanya makhluk (baik itu malaikat, manusia dst), ruang dan waktu (alias secara keseluruhan) juga termasuk DIRINYA. Kita ga tahu bagaimana Allah berkomunikasi dengan malaikatnya yang jelas pasti melibatkan ruang dan waktu juga yang juga merupakan bagian dari dirinya.

Digambarkan perjalanan malaikat bahkan masih menempuh jarak yang bisa menekankan ruang dan waktu.

Jawaban ane juga mendasarkan Albaqarah 2:30

'qaala rabbuka lilmalaa-ikati...'

Mudah mudahan agan paham apa yang ane coba sampein. Ujungnya ya gitu cuma jawaban seorang manusia Yb

Intermezzo

Ada yang menarik disitu atau ayat serupa, yang diaddress untuk sujud hanya Malaikat, hingga bisa dikatakan membenarkan teori the 'fallen/banished one'.

Jika kemudian mengetahui bahwa 'fallen/banished one' itu merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan, dan menimbang makhluk tersebut masih ada di dunia ini hingga akhir nanti. Bayangkan, dengan kekuatan yang dia punya, terkurung dalam dunia ini dikerahkan untuk mencapai satu tujuan ...meneguhkan janjinya di hadapan Allah, membuktikan manusia tidak pantas menjadi khalifah Allah....

another time another place Yb

wasalam
abdani.yahya - 16/10/2012 07:32 AM
#4515

Quote:
Original Posted By lubeguka
Alaika salam

kalo gitu kan seengaknya jelas gan. Makud agan iblis, ane soalnya ga familiar ama nama azazil dst. Yb

kalo dari yang ayat agan kasih, 'qullna' digunakan. Biasanya ketika menggunakan kata 'KAMI' memang melibatkan sesuatu.

Ini jawaban pure bukan mencerminkan kebenaran absolute ya gan, karena banyak maen tafsir. Jawabannya perintah Allah langsung yang disampaikan melalui media ruang dan waktu.

Perlu ditekankan 'KAMI' itu tidak hanya makhluk (baik itu malaikat, manusia dst), ruang dan waktu (alias secara keseluruhan) juga termasuk DIRINYA. Kita ga tahu bagaimana Allah berkomunikasi dengan malaikatnya yang jelas pasti melibatkan ruang dan waktu juga yang juga merupakan bagian dari dirinya.

Digambarkan perjalanan malaikat bahkan masih menempuh jarak yang bisa menekankan ruang dan waktu.

Jawaban ane juga mendasarkan Albaqarah 2:30

'qaala rabbuka lilmalaa-ikati...'

Mudah mudahan agan paham apa yang ane coba sampein. Ujungnya ya gitu cuma jawaban seorang manusia Yb

Intermezzo

Ada yang menarik disitu atau ayat serupa, yang diaddress untuk sujud hanya Malaikat, hingga bisa dikatakan membenarkan teori the 'fallen/banished one'.

Jika kemudian mengetahui bahwa 'fallen/banished one' itu merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan, dan menimbang makhluk tersebut masih ada di dunia ini hingga akhir nanti. Bayangkan, dengan kekuatan yang dia punya, terkurung dalam dunia ini dikerahkan untuk mencapai satu tujuan ...meneguhkan janjinya di hadapan Allah, membuktikan manusia tidak pantas menjadi khalifah Allah....

another time another place Yb

wasalam



Ybhi:
jika memang perintah langsung, bagaimana mungkin seorang pemimpin malaikat yang doa nya selalu tembus/diijabah bisa membangkang perintah langsung Allah SWT ? mustahil gan. bahkan Malaikat Jibril pun pernah minta didoakan olehnya D

maaf ini ane kasih beberapa ayat yg ane tau:
Spoiler for iblis-vs-adam

alkahfi 50
Thohaa 116
Al Isra 61
Al Araaf 11
Al Baqarah 34
alhijr 32-33
shaad 72-75


iblis kan julukan gan, Quran tidak pernah menyebut nama langsung, seperti Firaun kan nama aslinya Ramses-II. cmiiw. bahkan Abu Jahal, Abu Lahab, dll.
Allah memberi julukan iblis setelah peristiwa itu kan? jadi nama aslinya iblis siapa dong gan?

semoga berkenan.
shakehand:
lubeguka - 16/10/2012 12:07 PM
#4516

Quote:
Original Posted By abdani.yahya
[B][I][COLOR="Blue"]
Ybhi:
jika memang perintah langsung, bagaimana mungkin seorang pemimpin malaikat yang doa nya selalu tembus/diijabah bisa membangkang perintah langsung Allah SWT ? mustahil gan. bahkan Malaikat Jibril pun pernah minta didoakan olehnya D


maap gan ini ayatnya mana? kalau bawa faktor ke hadist diluar Qur'an.. ane ga mau maen prasangka berdasarkan prasangka.

Quote:
maaf ini ane kasih beberapa ayat yg ane tau:
Spoiler for iblis-vs-adam

alkahfi 50
Thohaa 116
Al Isra 61
Al Araaf 11
Al Baqarah 34
alhijr 32-33
shaad 72-75



Maksudnya ayat soal kesimpulan agan bahwa doa 'makhluk ini (yang kemudian diberi gelar iblis' itu selalu dijabah dan kesimpulan agan yang menekankan pernah Jibril minta doa pada makhluk ini (yang kemudian diberikan gelar iblis)

Quote:
iblis kan julukan gan, Quran tidak pernah menyebut nama langsung, seperti Firaun kan nama aslinya Ramses-II. cmiiw.


Setau ane bukti arkeolgis yang paling mendekati bicara Firaun pada masa Musa itu 'Tut Moses'

Quote:
bahkan Abu Jahal, Abu Lahab, dll.
Allah memberi julukan iblis setelah peristiwa itu kan? jadi nama aslinya iblis siapa dong gan?


Namanya aslinya 'iblis' ga ada yang tahu gan. ane ga berani ngarang pakai nama azazil. Nama azazil pertama kali muncul di kitab perjanjian lama ( bhs ibrani) lalu secara aneh muncul juga di kitab kitab lain selaian Qur'an. Azazil itu juga merupakan sebutan, alias mempunyai arti " yang dikuatkan oleh el', cmiiw

Kebalik sama gelar yang diberikan kepada 'iblis''- yang terusir, yang tidak bisa menerima' dst. Sementara kisah azazil dalam perjanjian lama nama itu disebut juga pada kejadian Harun.
semoga berkenan.

Mohon maaf gan, buat ane, ga perlu tau nama asli, ketika kita hanya diberitahu secukupnya, melalui gelar, itu cukup. Ga perlu mencari cari kabar ghaib lain yang tidak pernah diberitahu secara haq.

shakehand:

Kalau boleh ane tanya balik menurut agan siapa yang membrikan petintah untuk sujud kepada adam, dan jika memang agan berkesimpulan itu melalui via makhluk lainnya bisa diberikan analisa ayatntya tanpa mengandalkan prasangka yang dihimpun dengan data dari kitab lain? Yb

Salam
abdani.yahya - 16/10/2012 01:28 PM
#4517

Quote:
Original Posted By lubeguka
maap gan ini ayatnya mana? kalau bawa faktor ke hadist diluar Qur'an.. ane ga mau maen prasangka berdasarkan prasangka.

tidak ada prasangka, cerita ini bukan dari kitab agama lain.

Maksudnya ayat soal kesimpulan agan bahwa doa 'makhluk ini (yang kemudian diberi gelar iblis' itu selalu dijabah dan kesimpulan agan yang menekankan pernah Jibril minta doa pada makhluk ini (yang kemudian diberikan gelar iblis)

maaf bukan masalah minta doa malaikat Jibril,
namun dari ke 7 ayat tersebut apakah dapat disimpulkan
bahwa iblis salah menerjemahkan perintah Allah?


Setau ane bukti arkeolgis yang paling mendekati bicara Firaun pada masa Musa itu 'Tut Moses'

berarti firaun bukan nama asli saat hidup kan gan? shakehand

Namanya aslinya 'iblis' ga ada yang tahu gan. ane ga berani ngarang pakai nama azazil. Nama azazil pertama kali muncul di kitab perjanjian lama ( bhs ibrani) lalu secara aneh muncul juga di kitab kitab lain selaian Qur'an. Azazil itu juga merupakan sebutan, alias mempunyai arti " yang dikuatkan oleh el', cmiiw


Kebalik sama gelar yang diberikan kepada 'iblis''- yang terusir, yang tidak bisa menerima' dst. Sementara kisah azazil dalam perjanjian lama nama itu disebut juga pada kejadian Harun.
semoga berkenan.


Mohon maaf gan, buat ane, ga perlu tau nama asli, ketika kita hanya diberitahu secukupnya, melalui gelar, itu cukup. Ga perlu mencari cari kabar ghaib lain yang tidak pernah diberitahu secara haq.

shakehand:

Kalau boleh ane tanya balik menurut agan siapa yang membrikan petintah untuk sujud kepada adam, dan jika memang agan berkesimpulan itu melalui via makhluk lainnya bisa diberikan analisa ayatntya tanpa mengandalkan prasangka yang dihimpun dengan data dari kitab lain? Yb

Salam



justru saya bertanya pada agan,
ane yg fakir gak tau apa2 gan.

saya setuju pendapat agan diatas.
berbahaya menerjemahkan apalagi tafsir hanya dengan prasangka.

maaf jika kurang berkenan.
wassalamualaykum wr.wb.
moga Rasulullah berkenan memberi cahaya bagi kita semua.
lubeguka - 16/10/2012 02:17 PM
#4518

sama gan disini fakir ilmu juga Yb

Peemahaman bahwa iblis dulunya 'pemimpin' malaikat. Dimana dikatakan doa sang pemimpin malaikat ini selalku dijabah, bahkan Malaikat Jibril 'katanya' pernah minta dia sama pemimpin malaikat ini

adanya bukan didalam Qur'an gan, tapi di kitab hadist selaian Qur'an. kalo bagi ane kitab agama islam ya cuma Qur'an, mudah mudahan paham dan dimengerti.

Quote:
alkahfi 50
Thohaa 116
Al Isra 61
Al Araaf 11
Al Baqarah 34


Ane udah coba jawab gan disitu ayat diatas memakai kata ' قُلْنَا '. rujuk kepada yang ane jawab sebelumnya ketika kata 'KAMI dipakai itu tidak harus melibatkan makhluk, setidaknya menurut ane. Ruang dan waktu itu merupakan bagian dari DIRINYA. Bahkan matahari dan bulan beredar didalam ruang dan waktu. malaikat memerlukan waktu 1 hari ( waktu dalam ruang) untuk ke hadiratNya.


Quote:
alhijr 29-33
shaad 72-75[/QUOTE]

Ane sedikti koreksi alhijr kita harus lihat dari ayat 29

فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ

[ayatnya agak terpotong ketika ddiberi warna].

Jelas disitu Allah yang membentuk dan memberikan ruh Allah kepada adam.
Sama halnya dengan yang di shaad :72

ini juga didukung oleh apa yang saya kasih sebelumnya di Albaqarah 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَة 616; إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

bahwa yang memberiperintah itu Allah langsung.
Berkaitan dengan pertanyaan agan

Quote:
"apakah iblis salah menafsirkan operintah Allah tersebut? "


Tidak. Memang, sebelum diberi gelar iblis, dia merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan (malaikat). Dan dia termasuk yang diperintahkan untuk sujud terbukti dari percakapan berikutnya ketika Allah menanyakan kenapa tidak mau tunduk terhadap apa yang dia perintahkan/ buat

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَن تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنتَ مِنَ الْعَالِينَ

Hanya kita tidak tahu bagaimana bagaimana komunikasi itu terjadi. Tapi yang jelas komunikasi tersebut berada dalam ruang dan waktu, yang juga termasuk diriNYA

Mudah mudahan mengerti gan. Dari jenis pertanyaan ane tau agan punya ilmu, alabngkah baiknya jika dishare Yb
Mudah Mudahan Allah berkehendak membuka pintu hati Yb
Wirscrew - 16/10/2012 08:27 PM
#4519

Quote:
Original Posted By abdani.yahya


justru saya bertanya pada agan,
ane yg fakir gak tau apa2 gan.

saya setuju pendapat agan diatas.
berbahaya menerjemahkan apalagi tafsir hanya dengan prasangka.

maaf jika kurang berkenan.
wassalamualaykum wr.wb.
[COLOR="Red"]moga Rasulullah berkenan memberi cahaya bagi kita semua.[/COLOR]


itu yg ane Bold gede itu maksudnya apa gan?
anda nganggep Rasulullah saat ini masih bisa BERKENAN memberi cahaya (petunjuk) bagi uamt Muslim gitu?

ente mensejajarkan Nabi Muhammad yang sudah SYAHID dengan Allah yang MAHA HIDUP?
abdani.yahya - 16/10/2012 08:38 PM
#4520

Quote:
Original Posted By lubeguka
sama gan disini fakir ilmu juga Yb

Peemahaman bahwa iblis dulunya 'pemimpin' malaikat. Dimana dikatakan doa sang pemimpin malaikat ini selalku dijabah, bahkan Malaikat Jibril 'katanya' pernah minta dia sama pemimpin malaikat ini

adanya bukan didalam Qur'an gan, tapi di kitab hadist selaian Qur'an. kalo bagi ane kitab agama islam ya cuma Qur'an, mudah mudahan paham dan dimengerti.



Ane udah coba jawab gan disitu ayat diatas memakai kata ' قُلْنَا '. rujuk kepada yang ane jawab sebelumnya ketika kata 'KAMI dipakai itu tidak harus melibatkan makhluk, setidaknya menurut ane. Ruang dan waktu itu merupakan bagian dari DIRINYA. Bahkan matahari dan bulan beredar didalam ruang dan waktu. malaikat memerlukan waktu 1 hari ( waktu dalam ruang) untuk ke hadiratNya.

Quote:


alhijr 29-33
shaad 72-75


Ane sedikti koreksi alhijr kita harus lihat dari ayat 29

فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ

[ayatnya agak terpotong ketika ddiberi warna].

Jelas disitu Allah yang membentuk dan memberikan ruh Allah kepada adam.
Sama halnya dengan yang di shaad :72

ini juga didukung oleh apa yang saya kasih sebelumnya di Albaqarah 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَة 616; إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

bahwa yang memberiperintah itu Allah langsung.
Berkaitan dengan pertanyaan agan



Tidak. Memang, sebelum diberi gelar iblis, dia merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan (malaikat). Dan dia termasuk yang diperintahkan untuk sujud terbukti dari percakapan berikutnya ketika Allah menanyakan kenapa tidak mau tunduk terhadap apa yang dia perintahkan/ buat

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَن تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنتَ مِنَ الْعَالِينَ

Allah SWT bertanya langsung kepada "iblis" kenapa tidak mau sujud, namun untuk perintah sujud, saya tidak melihat indikasi perintah langsung, terlihat pada dua surat diatas (al-hijr & shod) , Allah memberikan jeda, "jika telah kutiupkan ruh-Ku..... maka....."
saya melihat ada peluang iblis tidak mengenali ruh ciptaanNya yg ditiupkan dalam jasad nabi Adam. Setelah mendapat teguran, baru sadar, dan ngeles kalo itu dikira bukan perintah Allah, karena dia merasa lebih baik dari Adam. mohon koreksi malus:

Hanya kita tidak tahu bagaimana bagaimana komunikasi itu terjadi. Tapi yang jelas komunikasi tersebut berada dalam ruang dan waktu, yang juga termasuk diriNYA

Mudah mudahan mengerti gan. Dari jenis pertanyaan ane tau agan punya ilmu, alabngkah baiknya jika dishare Yb
Mudah Mudahan Allah berkehendak membuka pintu hati Yb



inti yg ingin saya tanyakan adalah apakah peristiwa ini akan berulang?
saat nabi Muhammad SAW diturunkan ke muka bumi, banyak yang melihat tanda2 kerasulan, namun banyak yang mengingkari karena yakin bahwa nabi terakhir itu dari darah keturunan yahudi (garis nabi Ishak) bukan dari keturunan selir.
Setelah diangkat nabi, barulah pada sadar, kalo nabi terakhir bukan darah yahudi.

akankah hal ini terulang pada kemunculan imam Mahdi kelak?
oopss, imam Mahdi gak ada di Al-Quran.. maaf...

maaf jika ada yg kurang berkenan
shakehand D
Page 226 of 227 | ‹ First  < 221 222 223 224 225 226 227 > 
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab