DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Total Views: 200033 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 227 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

ahli..kubur3 - 30/01/2012 01:16 AM
#41

Quote:
Original Posted By Ahli.Dubur


dasar klonengan goblok.. Udah tidur aja sana hammer:

jadi menurut kamu hadist dibuat sama siapa?

Miting aek aja kau sana...!!


Wah nongol lagi nih batak fans ahli kuburngakak
Lu mbuntutin gw mulu sih?
Bataak..batak!!
Batak kok muslim
Jiaah ada ada aja loe batak!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Neshamakh - 30/01/2012 01:20 AM
#42

TERM 'QURANIST', APAKAH KAMI MEMBUAT SEKTE?

Quranist/Quranisme/Quraniyoon adalah TIDAK dan TIDAK AKAN PERNAH menjadi SEKTE. Berikut alasannya:

- Sekte adalah sekelompok orang yang mengklaim pemikirannya yang paling benar

- setiap anggota dalam sekte tersebut harus berpikir SERAGAM dan TIDAK BOLEH melenceng sedikitpun dari pemikiran yang sudah final dari PEMIMPIN mereka, bahkan kita tidak boleh mempertanyakan atau mengkritisi metode pemimpin dalam memberikan sebuah dogma

- anggota sekte berkeyakinan, diluar mereka, maka sudah pasti NERAKA. Walaupun mereka satu agama, menyembah Tuhan yang sama, Nabi dan Kitab suci yang sama, namun jika berbeda pendapat = KAFIR yang dilaknat Tuhan

Dan hal-hal diatas bukanlah keyakinan maupun sikap dari mereka yang hanya mengikuti Al-Quran saja. Karena Al-Quran itu LUAS, JAUH LEBIH LUAS daripada alam semesta bahkan meliputi hal-hal yang ghaib, yang dimana HANYA ALLAH yang mengetahuinya.


Berikut adalah sikap-sikap kami:

1 Tujuan utama kami adalah mengikuti Al-Quran sepenuh hati dan Al-Quran sendiri memungkinan adanya beberapa jalan menuju keselamatan (2:148 dan 5:48) Al-Qur'an sama sekali tidak ada masalah dengan orang-orang yang berpikir berbeda. Karena memang sudah Sunnah Allah agar manusia itu berbeda-beda, namun bagaimana kita mensikapi perbedaan?

﴾ Al Hujuraat:13 ﴿
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Janganlah saling menghakimi dan mencaci, namun cobalah untuk mengenali lebih jauh tentang mereka yang berpikir berbeda, karena mereka berpikir berbeda bukan tanpa alasan.




2. Kami tidak berusaha dan tidak pernah bertujuan untuk mengutuk Sunni dan Syiah. Meskipun Sunni dan Syiah sendiri bersikap sangat eksklusif (yaitu sektarianisme), namun Sunni dan Syiah sendiri kadang-kadang sangat terbuka. Memang banyak elemen Sunni dan Syiah yang sangat sejalan dengan Quran. Quranists menyadari hal ini dan berusaha untuk hubungan damai dengan sesama Muslim mereka.




3. Kami bahkan tidak pernah berusaha untuk menyalahkan atau menghakimi orang-orang di luar Islam. Ada orang yang bahkan belum pernah mendengar tentang Islam dan Al-Quran, namun pemikiran dan tindakan mereka sangat banyak yang sejalan dengan Islam. Quran tidak pernah mengutuk orang seperti itu sehingga kami pun tidak mengutuk mereka.


Tidak, Quranist/Quranism/Quraniyoon bukanlah sebuah sekte. Ini adalah cara untuk mendekati Tuhan. Sama dengan Sunni atau Syiah atau Sufisme. Mereka semua melakukan pendekatan kepada Allah dengan cara mereka sendiri (yang terbaik tentunya).


Quranists tidak setuju dengan Sunni, Syiah dan Sufi dalam cara mereka mendekati Tuhan. Inilah sebabnya mengapa istilah Quranist diperlukan, untuk memberi informasi yang jelas tentang ideologi kita. Apakah setiap orang yang tinggal di sebuah gedung apartemen memiliki alamat yang sama? Ya, tapi bukan kamar yang sama kan?


Sebenarnya lebih Ironis, mereka yang menuduh kita membuat sekte atau memecah belah Islam padahal itu JELAS DILARANG ALLAH (Ali Imran:103 ﴿, malah melakukan hal-hal sektarianisme yang mereka tuduhkan. Mereka menyebut paham Islam yang berbeda dengan mereka adalah KAFIR, LAKNATULLAH, bahkan hal-hal yang tidak masuk akal seperti Agen zionist bahkan kaki tangan Paus Katolik Roma???


Jadi jelas disini, siapa yang bersikap sektarianisme dalam berIslam.
nabi.DC - 30/01/2012 01:24 AM
#43
ooooi te eees
thooonk ooi

ini trit tanya jwb apaa trit kotbaah oooi

jawab niiih mads mads

Quote:
Original Posted By nabi.DC
@ts

tonk lu beneran nih ngepens berat al quran ??? gw curiga nih gw yakin lu cuma bocah ingusan yg panasan belajar kitab

gw tes ni yah

di quran surat 2 ayat 35 ada kata "adam & istri" di suruh tinggal di surga

pertanyaannya gampang sederhana tapi gw yakin lu berikut guru2 lu bakal gelagepan tonk :

pada ayat itu istrinya ADAM cewek atau cowok ? buktikan ! army:

*serius nih*
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
ahli..kubur3 - 30/01/2012 01:25 AM
#44

Quote:
Original Posted By lubeguka
@ TS ane dukung gan

shakehand2


Dukungan penuh diberikan oleh tim ahli kubur series untuk membongkar kebusukan hadist!tipu-tipu hadist,dan kemunafikan muslim yang mengamalkan hadist!!

Saatnya muslim membakar hadist2 nya!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Neshamakh - 30/01/2012 01:25 AM
#45

Quote:
Original Posted By nabi.DC
@ts

tonk lu beneran nih ngepens berat al quran ??? gw curiga nih gw yakin lu cuma bocah ingusan yg panasan belajar kitab

gw tes ni yah

di quran surat 2 ayat 35 ada kata "adam & istri" di suruh tinggal di surga

pertanyaannya gampang sederhana tapi gw yakin lu berikut guru2 lu bakal gelagepan tonk :

pada ayat itu istrinya ADAM cewek atau cowok ? buktikan ! army:

*serius nih* [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


agak geli sih. Jawaban saya: Wanita

Alasan:

1. sebelum turunnya Al-Quran, semua manusia berkeyakinan Suami adalah pria dan Istri adalah wanita. dan tidak ada bantahannya didalam Al-Quran

2. Bagaimana kita bisa disebut keturunan Adam kalau istri beliau itu Pria?
Neshamakh - 30/01/2012 01:26 AM
#46

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Dukungan penuh diberikan oleh tim ahli kubur series untuk membongkar kebusukan hadist!tipu-tipu hadist,dan kemunafikan muslim yang mengamalkan hadist!!

Saatnya muslim membakar hadist2 nya!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


tujuan saya membuat thread ini bukan ngajak ribut seperti yang kau inginkan, untuk memberikan informasi saja kok.
lubeguka - 30/01/2012 01:27 AM
#47

Quote:
Original Posted By nabi.DC
@ts

tonk lu beneran nih ngepens berat al quran ??? gw curiga nih gw yakin lu cuma bocah ingusan yg panasan belajar kitab

gw tes ni yah

di quran surat 2 ayat 35 ada kata "adam & istri" di suruh tinggal di surga

pertanyaannya gampang sederhana tapi gw yakin lu berikut guru2 lu bakal gelagepan tonk :

pada ayat itu istrinya ADAM cewek atau cowok ? buktikan ! army:

*serius nih* [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


Kalau boleh ane jawab:

kata 'zawjuka' di 2:35 itu umum gan dan diartikan sesuai konteks ayat. Kata yang terbentuk dari akat kata zay-waw-jiim tidak menunjuk kepada gender tertentu. contoh [2:232]

wa-idzaa thallaqtumu nnisaa-a fabalaghna ajalahunna falaa ta'dhuluuhunna an yankihna [COLOR="Red"]azwaajahunna idzaa taraadaw baynahum bilma'ruufi dzaalika yuu'azhu bihi man kaana minkum yu/minu bilaahi walyawmi l-aakhiri dzaalikum azkaa lakum wa-athharu walaahu ya'lamu wa-antum laa ta'lamuun [/COLOR]

Jadi agan harus tau dulu apa yang sebenarnya tersurat baru bisa kemudian menyimpulkan dari apa yang tersurat gan. Paham gan?
Fauzul.Azim - 30/01/2012 01:30 AM
#48

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Dukungan penuh diberikan oleh tim ahli kubur series untuk membongkar kebusukan hadist!tipu-tipu hadist,dan kemunafikan muslim yang mengamalkan hadist!!

Saatnya muslim membakar hadist2 nya!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


ngakak Dijawabnya ngakak
v
v
v



Quote:
Original Posted By Neshamakh
tujuan saya membuat thread ini bukan ngajak ribut seperti yang kau inginkan, untuk memberikan informasi saja kok.


Kalo gw sih malu banget tuh \)b
@ahli kubur
Mendingan lu bunuh diri z gan, mumpung belon pagi, anjing gw juga belon bangun tuh beer:
3ngs3l - 30/01/2012 01:33 AM
#49

boleh usul Gan...
gimana kalo nantinya d indeks...
terus
boleh gak judulnya agak diperhalus...(biar gak dianggap...)

makasih sebelumnya

salam
ahli..kubur3 - 30/01/2012 01:34 AM
#50

Quote:
Original Posted By Fauzul.Azim


ngakak Dijawabnya ngakak
v
v
v





Kalo gw sih malu banget tuh \)b
@ahli kubur
Mendingan lu bunuh diri z gan, mumpung belon pagi, anjing gw juga belon bangun tuh beer:


Muslim gak boleh melihara anjing loh dek!!
Ntar malaikat gak mau masuk rumah [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Neshamakh - 30/01/2012 01:34 AM
#51

Quote:
Original Posted By 3ngs3l
boleh usul Gan...
gimana kalo nantinya d indeks...
terus
boleh gak judulnya agak diperhalus...(biar gak dianggap...)

makasih sebelumnya

salam


ini sudah halus, kalau anda merasak term 'Quranist' itu agak2.. baca dulu disini
ahli..kubur3 - 30/01/2012 01:36 AM
#52

Quote:
Original Posted By Neshamakh


tujuan saya membuat thread ini bukan ngajak ribut seperti yang kau inginkan, untuk memberikan informasi saja kok.


Setuju gan ts..pasukan ahli kubur series siap mengawal trid anda dari gangguan muslim2 hadisters!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Fauzul.Azim - 30/01/2012 01:47 AM
#53

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Muslim gak boleh melihara anjing loh dek!!
Ntar malaikat gak mau masuk rumah [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


Si Paulus sama si Lukas ada di luar pager ko... o
nabi.DC - 30/01/2012 01:51 AM
#54
gotchaaa tet... tottt
Quote:
Original Posted By Neshamakh


agak geli sih. Jawaban saya: Wanita

Alasan:

1. sebelum turunnya Al-Quran, semua manusia berkeyakinan Suami adalah pria dan Istri adalah wanita. dan tidak ada bantahannya didalam Al-Quran

2. Bagaimana kita bisa disebut keturunan Adam kalau istri beliau itu Pria?


sotoy toooonk

sejak kapan lafal "zawjuka" di situ artinya = cewe / her ngakaks

zawjuka = pasangan dari cewe = cowo / suami

adam dan suaminya tinggal di surga D D

harusnya "zawjuTUka" / zawzatun...bukan zawjuka

quranist ???? whatever... hammers [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
ahli..kubur3 - 30/01/2012 01:51 AM
#55

Quote:
Original Posted By Fauzul.Azim


Si Paulus sama si Lukas ada di luar pager ko... o


Ngapain di luar pagar boy?
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Fauzul.Azim - 30/01/2012 01:54 AM
#56

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Ngapain di luar pagar boy?
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


Nungguin "Roti Kardus" kesukaan mrk tuh yang diberikan "Bapa" gw tiap pagi ;)

Wk wk wk wk__________________________ ngacir:
nabi.DC - 30/01/2012 01:54 AM
#57

Quote:
Original Posted By lubeguka


Kalau boleh ane jawab:

kata 'zawjuka' di 2:35 itu umum gan dan diartikan sesuai konteks ayat. Kata yang terbentuk dari akat kata zay-waw-jiim tidak menunjuk kepada gender tertentu. contoh [2:232]

wa-idzaa thallaqtumu nnisaa-a fabalaghna ajalahunna falaa ta'dhuluuhunna an yankihna [COLOR="Red"]azwaajahunna idzaa taraadaw baynahum bilma'ruufi dzaalika yuu'azhu bihi man kaana minkum yu/minu bilaahi walyawmi l-aakhiri dzaalikum azkaa lakum wa-athharu walaahu ya'lamu wa-antum laa ta'lamuun [/COLOR]

Jadi agan harus tau dulu apa yang sebenarnya tersurat baru bisa kemudian menyimpulkan dari apa yang tersurat gan. Paham gan?


baca sesuai konteks ?

gimana kalo dibilang ada kesalahn cetak di alquran ?? D D [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Crucifixion - 30/01/2012 01:59 AM
#58

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Wah nongol lagi nih batak fans ahli kuburngakak
Lu mbuntutin gw mulu sih?
Bataak..batak!!
Batak kok muslim
Jiaah ada ada aja loe batak!! [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab

cinak juga banyak kali
klo lo apa? jawak babu?
Quote:
Original Posted By ahli..kubur3
Ngapain di luar pagar boy?
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab


lagi bersihin kotoran babi D
Ahli.Dubur - 30/01/2012 02:00 AM
#59

Quote:
Original Posted By ahli..kubur3


Muslim gak boleh melihara anjing loh dek!!
Ntar malaikat gak mau masuk rumah


pantasan malaikat gak mau masuk rumah kau

rupanya ada kau di rumah itu ngakak ngakak [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab
Neshamakh - 30/01/2012 02:00 AM
#60

Hadist.. dan bagaimana pandangan kami tentang HADIST KUTTUBUS SIHAH SITTAH


AL-JARH WAT TA’TADIL


AL-JARH terlihatnya sifat pada seorang perawi yang dapat menjatuhkan ke adalahannya dan merusak hafalan dan ingatannya, sehingga menyebabkan gugur, lemah hingga kemudian ditolak riwayatnya.

AT-TA’DIL yaitu pensifatan perawi dengan sifat-sifat yang mensucikannya, sehingga Nampak keadalahannya dan diterima beritanya.

ILMU AL-JARH WAT TA’DIL
Ilmu untuk memberikan klasifikasi terhadap manusia yang meriwayatkan dengan menyelidiki segala sifat yang ada (baik yang dapat mensucikan ataupun mencacatkan) pada perawi agar kemudian bisa diterima atau ditolak periwayatannya .

KLASIFIKASI PERAWI YANG DIDAPATKAN DARI AL-JARH WAT-TA’DIL

Yang mendapatkan predikat dibawah ini tidak lagi diperselisihkan dan dijadikan pegangan atas Al-Jarh dan Ta’dilnya. Hadisthnya diterima Dan pendapatnya tentang para perawi dapat dijadikan hujjah
Mereka yang memiliki sifat Al-Hafidh (hafalannya kuat), Al-Wari’ (shalih/hati-hati), Al-Mutqin (teliti), An-Naqid ( kritis terhadap hadith)

Yang mendapatkan predikat dibawah ini adalah perawi yang adil yang bisa dijadikan hujjah dengan hadistnya dan pribadinya dipercaya:
Mereka yang memiliki sifat al-adl dalam dirinya, teguh dalam periwayatannya, shaduq jujur dan benar dalam penyampaiannya. Wara’ dalam agamanya. Hafidh dan mutqin pada hadithnya.

Yang dinilai seperti dibawah ini Para ulama peneliti hadith masih menerimanya dan ia dapat dijadikan hujjah dalam hadithnya:
Shaduq, wara, shalih dan bertakwa dan tsabt; namun terkadang salah dalam periwayatannya.

Yang dinilai dibawah ini boleh ditulis hadithnya bila terkait dengan targhib (motivasi) dan tarhib (ancaman), kezuhudan, dan adab. Untuk masalah halal dan haram tidak boleh berhujjah dengan hadithnya:
Shaduq, wara’ bertaqwa, namun sering kali ragu dan salah dan lupa

Yang dinilai mereka yang nampak kebohongan darinya, maka hadithnya ditinggalkan dan riwayatnya dibuang.

[Muqadimah Al-Jarh Wat’tadil 1/10]

PERTANYAAN:

MUNGKINKAH ALJARH WAT ‘TADIL/ ILMU MENGKLASIFIKASI MANUSIA BERDASARKAN SIFATNYA BOSA MEWAIKILI KEBENARAN YANG TIDAK PASTI SALAH TENTANG PERAWI YANG DINILAI?

JAWABAN
Kecuali beriman total kepada Imam pengumpul hadith, maka ilmu tidak bisa memberikan gambaran yang pasti benar terhadap perawi yang dinilainya!!

Sebelum lebih jauh mari kita melihat ayat Qur'an tentang keberadaan musuh yang dikatakan Allah ada pada setiap pengutusan Nabi.

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikan/mewahyukan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu . Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. [6:112]

Nabi sendiri dikabarkan tidak tahu tentang musuh yang ada dari golongan manusia yang ada di sekelilingnya

Di antara orang-orang arab yang di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik; dan (juga) di antara penduduk Madinah. Mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, Kamilah yang mengetahui mereka. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar. [9:101]

Bahkan pada masa Nabi ada mereka yang munafik, di depan Nabi berkata ta’at tapi ketika malam hari mereka berkumpul untuk merubah apa yang telah Nabi katakan.

Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian," pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. [2:8]

Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: " taat". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari merubah apa yang kau katakan. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung. [4:81]

Dengan kutipan beberapa ayat Qur’an diatas maka bisa disimpulkan pada zaman Nabi, beliau tidak mengetahui mereka mereka yang berkata: 'taat', 'kami beriman kepad Allah dan hari kemudian' namun melakukan rencana untuk merubah apa yang dikatakan Nabi. Bisa disimpulkan Apa yang mereka bisikan dikemas dalam perkataan yang indah untuk kemudian menipu.

Kembali ke masalah Al JARH WA TAT’DIL;

DEFINISI SAHABAT :
Menurut aqidah ahlul sunnah wal jama’ah definisi sahabat adalah : Orang yang hidup satu masa dengan Rasulullah dalam keadaan beriman dan waktu mati juga dalam keadaan beriman.

PERTANYAAN :
BAGAIMANA MUNGKIN IMAM PENGUMPUL HADITH, YANG HIDUP TERPAUT KURANG LEBIH 250 TAHUN SETELAH MASA NABI MUHAMMAD BISA MENGETAHUI MEREKA YANG BERIMAN; TSABT, SHADUQ, WARA, MUTQIN, NAQID (dst seperti disebutkan diatas) DAN MEREKA MATI DALAM KEADAAN BERIMAN SEMENTARA NABI SENDIRI TIDAK MENGETAHUI ??


ILMU MUSTHALAH HADITH

Ilmu Musthalah hadist adalah suatu bidang ilmu yang bisa mengetahui keadaan sanad dan matan hingga membuat suatu hadist itu bisa diklasifikasikan contoh sahih, dhoif, dst

Singkatnya dari ilmu inilah kemudian tercipta status yang menempel pada suatu hadist.

KLASIFIKASI HADITH

JIKA DITINJAU DARI KEADAAN PERAWI HADITH

HADITH MUTAWATIR
Hadith mutawatir terbagi dua:Mutawatir Ma'nawi dan Mutawatir Lafdhi

HADITH AHAD
Terbagi menjadi
- Hadist mahsyur
- Hadist aziz
- Hadist gharib : gharib mutlak dan gharib nisbi

JIKA DITINJAU DARI KUAT DAN LEMAHNYA:

A. HADITH MAQBUL; terdiri dari
- hadith sahih : sahih lidzatihi dan sahih lighairihi
- hadist hasan : hasan lighairihi

Pembagian kabar maqbul yang dapat dan tidak dapat diamalkan
- Al-Muhkam
- Al-Mukhtalif

B. HADITH MARDUD/ TERTOLAK
hadist dhoif diantaranya;
- Dhoif akibat cacat pada sanadnya (gugur sanadnya)
- Keguguran secara zahir : Mu'alaq, Mursal dan Munqathi'
- Keguguran secara tersembunyi : Mudallas dan Mursal

Dhoif akibat cacat pada rawi hadist
- Maudlu
- Matruk
- Munkar
- Ma'ruf
- Mu'alal
- Mukhalafah lits-tsiqaat : mudraj, Maqlub, Al-Maziid fi Muttashilil- Asaanid, Mudtharib dan Mushahhaf
- Syadz, Mahfudh
- Hadith dhoif akibat Jahalatur -Rawi (Mahjul)
- Hadith dhoif akibat Bid'atur-rawi

JIKA DITINJAU DARI JENIS SANDARANNYA

a. Hadith Qudsi
b. Marfu'
c. Mauquf
d. Maqthu

- Bersambung-
Page 3 of 227 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab