EDUCATION
Home > CASCISCUS > EDUCATION > ::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::
Total Views: 22276 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 21 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

celso.petso - 02/02/2012 09:05 PM
::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::
::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::

SELAMAT DATANG DI FORUM EDUCATION
DAN SELAMAT DATANG DI THREAD BEASISWA

Quote:
Thread ini dibuat sebagai sarana untuk menampung informasi seputar beasiswa , baik dalam negeri maupun luar negeri. Silakan bagi yang memiliki informasi seputar beasiswa, event pendidikan, serta promosi bisa di share di thread ini \)

RULES :
Quote:
> No SARA/FLAME, JUNK, OOT
> Ramahlah kepada sesama kaskuser
> Diperbolehkan promosi atau iklan seputar beasiswa maupun event, PM saya apabila promonya ingin ditampilkan di page one

WEB, TWITTER, ETC

celso.petso - 02/02/2012 09:16 PM
Kenali jenis beasiswa

:cystg
Kenali Jenis Beasiswa

[QUOTE= Serba Serbi Beasiswa Luar Negeri]
Jenis-jenis Beasiswa
Beasiswa ke luar negeri ada banyak macamnya, di antaranya adalah :

1. Beasiswa penuh, merupakan beasiswa yang keseluruhannya ditanggung oleh pihak penyelenggara, dari mulai biaya sekolah, biaya belajar, biaya hidup bulanan, dan ongkos pesawat pulang-pergi (PP). Contohnya seperti Ausaid, Stuned, Fulbright, Chevening dan Monbukagakusho. genit:

2. Beasiswa Teaching Assistanship (TA), merupakan beasiswa yang berbentuk upah karena bertugas untuk membantu dosen atau menjadi asisten untuk mengajar. Biasanya diberikan kepada mahasiswa S3 atau S2 dimana bertugas mengecek tugas-tugas atau mengajar mata kuliah untuk angkatan di bawahnya. Jumlah upahnya bervariasi, tapi pada umumnya cukup untuk membiayai hidup per bulan, seperti untuk tempat tinggal, makan, dan transportasi. Beasiswa ini biasanya diberikan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

3. Beasiswa Research Assistanceship (RA), hampir sama dengan TA. Tapi kalau RA lebih terlibat dalam proyek-proyek yang dibuat oleh dosen.

4. Beasiswa dalam bentuk proyek PhD, merupakan beasiswa berupa gaji bulanan yang ditawarkan oleh beberapa universitas di Eropa Barat, seperti Belanda, Jerman, Swiss, Italia, Perancis, dan Spanyol dimana seorang profesor atau kelompok penelitian memenangkan sebuah proyek penelitian selevel PhD.[/QUOTE]

[QUOTE=SYARAT]
Syarat-syarat Melamar Beasiswa ke Luar Negeri
Ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan apabila ingin melamar sebuah program beasiswa ke luar negeri, yaitu :

1. Memiliki nilai TOEFL minimal 550.
2. Memiliki nilai IP atau IPK minimal 3.
3. Memiliki banyak pengalaman berorganisasi.
4. Siapkan statement of purpose (SoP) yang spesifik, artinya buatlah SoP yang berbeda atau khusus untuk setiap program beasiswa yang dilamar.
5. Pelajari sebanyak mungkin mengenai universitas dituju, mulai dari jurusan yang dipilih, para dosen, bahkan para alumni universitas tersebut.
6. Buatlah format CV yang sistematis dan ringkas dimana memuat points of importance (hanya yang penting-penting saja).[/QUOTE]

[QUOTE=Bagaimana Dapet Beasiswa?]
Langkah-langkah untuk Memenangkan Beasiswa

1. Teliti dalam melihat iklan-iklan mengenai beasiswa karena siapa tahu ada program beasiswa yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Ambil formulir beasiswa yang Anda inginkan dan bacalah dengan seksama. Pastikan program beasiswa tersebut cocok dengan syarat-syarat yang Anda miliki, seperti usia, latar belakang, dsb.

3. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas kemana Anda akan kuliah dan jurusan apa yang ditawarkan oleh program beasiswa tersebut.

4. Kumpulkan persyaratan yang diminta oleh program beasiswa tersebut, seperti nilai TOEFL.

5. Pastikan aplikasi yang Anda buat dapat ‘menjual diri’ Anda dimana penyelenggara program beasiswa tersebut dapat memahami betul bahwa Anda benar-benar membutuhkan beasiswa tersebut.

6. Perhatikan waktu jatuh tempo program beasiswa tersebut.
[/QUOTE]

Source : KEMENLU RI

[quote=jenis beasiswa]Menurut Buku Pintar Beasiswa, dari segi pendanaan, beasiswa dibagi menjadi dua kategori, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa sebagian.

Beasiswa penuh (full scholarship)

Sesuai namanya, beasiswa penuh meliputi pendanaan seluruh komponen pendidikan. Jenis beasiswa ini menanggung biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian, dan tiket perjalanan. Secara keseluruhan, komponen pendanaan beasiswa penuh hampir sama. Namun, ada pula penyedia beasiswa yang memberikan pendanaan bantuan bagi keluarga tanggungan penerima beasiswa. Contoh program beasiswa penuh, yaitu Chevening, Australian Development Scholarship (ADS), dan Ford Foundation.

Beasiswa sebagian (partial scholarship)

Program beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja selama kamu menjalani perkuliahan. Misalnya, pihak sponsor hanya menanggung biaya perkuliahan, akomodasi, dan perjalanan, sementara kamu harus menyediakan dana untuk biaya hidup. Program ini biasanya banyak ditawarkan oleh pihak universitas atau untuk program pendidikan pendek (short/summer course). Jika tetap ingin mengambil beasiswa parsial, baca kembali peraturan yang ditetapkan oleh pihak sponsor terkait izin untuk mencari pihak sponsor lain guna menutupi biaya yang tidak ditanggung.

Selain beasiswa penuh dan parsial, beasiswa juga dapat digolongkan berdasarkan pihak penyedia. Program ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu berasal dari swasta, pemerintah, serta komunitas tertentu.

Beasiswa dari pemerintah

Program ini ditawarkan oleh departemen atau lembaga pemerintahan. Di Indonesia, sejumlah kementerian pun memiliki program ini dan tidak terbatas ditujukan pada pegawai instansi tersebut. Contoh, beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sebagainya.

Beasiswa dari pihak swasta

Umumnya, program Coorporate Social Responsibility (CSR) di sejumlah perusahaan swasta di Indonesia saat ini menyasar bidang pendidikan. Tidak heran, banyak tawaran beasiswa yang bisa kamu ajukan.

Beasiswa yang berasal dari negara maju dan donor internasional

Beberapa contoh beasiswa yang merupakan kerja sama Indonesia dengan negara lain, yaitu beasiswa ADS dari pemerintah Australia yang dikelola oleh Ausaid, beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola British Council, beasiswa Fullbright pemerintah AS yang dikelola America Indonesia Exchange Foundation (Aminef), pemerintah Belanda melalui beasiswa yang dikelola Nuffic Neso (NEC), dan beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang.

Beasiswa yang berasal dari komunitas, organisasi, atau yayasan

Program ini ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan tertentu dengan berbagai latar belakang, baik sosial, akademik, maupun keagamaan. Di Indonesia, beasiswa dari The Habiebie Center merupakan contohnya.[/QUOTE]

source : OkeZone
celso.petso - 02/02/2012 09:17 PM

iloveindonesia
BEASISWA DALAM NEGERI

DARI PROGRAM KEMENDIKBUD / DIKTI
Quote:
Quote:

Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidik Misi
[QUOTE]Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III.

Official Website : http://bidikmisi.dikti.go.id/
FB : facebook.com/program.bidik.misi | Twitter : @bidikmisi

Pendaftaran

Download Pedoman Bidik Misi >> here

Alur Pendaftaran SNMPTN Undangan > here
Alur Pendaftaran SNMPTN Tertulis > here[/QUOTE]

Quote:
Program Beasiswa PPA dan BBM
Quote:
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik dan atau non akademik.

Informasi Lengkap (Persyaratan, Ketentuan, dsb) :

[*]Website Resmi Kampus Masing Masing (search PPA BBM)
[*]rogram-beasiswa-ppa-bbm&catid=123&Itemid=242" >target="_blank"Website DIKTI

Quote:
Program Beasiswa Unggulan
Quote:
Beasiswa Unggulan adalah pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerja sama kepada putra putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih.

Pemberian Beasiswa Unggulan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing di atas disalurkan melalui lembaga atau instansi pengusul, antara lain: perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga kemasyarakatan, industri, dan instansi pemerintah lainnya dalam kerangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna) sesuai dengan visi pendidikan nasional 2025.

Official Website: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

download form >> here

download panduan >> here

Quote:
Beasiswa Unggulan BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri)

Quote:
Beasiswa unggulan merupakan program bantuan dana (Biaya pendidikan, Biaya hidup atau biaya operasional tergantung masing-masing individu) yang diberikan oleh pemerintah lewat BPKLN, KEMDIKBUD yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang akan melanjutkan study atau sedang study dengan program S1,S2 maupun S3 dalam negeri maupun luar negeri dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pihak BPKLN, KEMDIKBUD.

Persyaratan yang dibutuhkan adalah membuat surat permohonan Beasiswa Unggulan BPKLN (ditujukan kepada Kepala BPKLN, KEMDIKBUD), menyerahkan Surat keterangan Lulus dari univeristas penerima di sertakan beserta rincian biaya study, Toefl/Ielt, Piagam Penghargaan baik tingkat nasional/internasional. Dokumen tersebut dapat diserahkan secara langsung di Gedung C, Floor 6, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN), Sekretariat Jenderal, Kementrian Pendidikan Nasional, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270, atau dapat dikirimkan ke beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id.

Dari Pihak Lain

[*]SAMPOERNA FOUNDATION
[*]BAKRIE CENTER FOUNDATION
[*]BEASISWA DJARUM
[*] Bank Swasta [SIZE="1"](gak nemu hammer: , silakan hubungi kampus masing masing malu: )

[/SIZE]
celso.petso - 02/02/2012 09:19 PM

:travel
[B]Beasiswa [COLOR="Red"]Luar Negeri[/COLOR][/B]

ASIA

MIDDLE EAST
Quote:

Iran:
Mesir :
UAE:

AUSTRALIA and NZ

EUROPE

North America

Others

maaf kalo kurang Update lagi besok \)
thanks to agan purified D
celso.petso - 02/02/2012 09:25 PM

:bookmarks:bookmarks:bookmarks
EVENT DAN IKLAN

Quote:

IDP - AUSTRALIAN UNIVERSITY EXHIBITION 2012

MEDAN, Saturday, 13 October - Grand Aston Hotel
MALANG, Monday, 15 october - Hotel Santika Premiere Malang
SURABAYA, Tuesday, 16 October - Hotel Sheraton Surabaya
MAKASSAR, Thursday, 18 October - Imperial Aryaduta Hotel
BANDUNG, Saturday, 20 October - Holiday Inn Hotel Bandung
JAKARTA, Sunday, 21 October - Four Seasons Hotel
YOGYAKARTA, Tuesday, 23 October - The Phoenix Hotel
SEMARANG, Wednesday, 24 October - Gumaya Tower Hotel Semarang

( Acara di semua kota mulai 13:30 - 18:00 )

Quote:

EUROPEAN HIGHER EDUCATION

3 dan 4 November 2012
Thamrin Nine Ballroom in Jakarta - Indonesia

Quote:

Education UK Exhibition
Ballroom Phoenix Hotel Yogyakarta
Jl Jendral Sudirman No 9 Yogyakarta

http://id.edukexhibitions.org/exhibitions.php

Quote:

EUROPEAN HIGHER EDUCATION

3 dan 4 November 2012
Thamrin Nine Ballroom in Jakarta - Indonesia

Quote:
PLACEMENT DAY YOGYAKARTA
Hari/tanggal : Senin, 29 Oktober 2012
Waktu : 15.00-18.00 WIB
Tempat : Gedung Pertamina Tower Lt. 7 Fak. Ekonomika & Bisnis - UGM

HOLLAND EDUCATION FAIR SEMARANG
Hari/tanggal : Rabu, 31 Oktober 2012
Waktu : 12.00-18.00 WIB
Tempat : Hotel Santika Premiere, Jl. Pandanaran 116-120 Semarang

PLACEMENT DAY JAKARTA
Hari/tanggal : Kamis, 1 November 2012
Waktu : 16.00-19.00 WIB
Tempat : Erasmus Huis, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. S-3 Jakarta 12950
http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/holland-education-fair/acar a

seminar dan pameran Beasiswa (Erasmus Mundus)

** maaf kepada pihak penyelenggara apabila saya belum ijin untuk menyebar luaskan event-event diatas \) , apabila kurang berkenan silakan PM saya untuk dihapus**
** Bagi kaskuser yang bisa diajak konsultasi tentang Beasiswa dan ingin memasang iklan di thread ini , bisa cekpms ane buat dimasukin ke list \)**
celso.petso - 02/02/2012 09:27 PM

celso.petso - 02/02/2012 09:29 PM

Surat-Surat untuk Beasiswa
source : http://kampus.okezone.com/read/2012/08/16/368/678752/surat-surat-untuk-beasiswa

Quote:

JIKA ingin melamar ke satu program beasiswa, kelengkapan informasi adalah hal mutlak yang harus kita miliki. Setelah mengantongi semua informasi tentang beasiswa yang kita incar, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan semua berkas pendaftaran.

Quote:
Persyaratan administrasi standar untuk melamar beasiswa adalah formulir pendaftaran yang sudah diisi, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, curriculum vitae (CV), pasfoto, dan fotokopi paspor.

selain dokumen diatas berikut adalah beberapa surat yang juga harus kita persiapkan ketika menyusun berkas lamaran beasiswa.

Surat rekomendasi
Quote:

Kesaktian surat rekomendasi cukup berpengaruh dalam aplikasi beasiswa kita. Menurut salah satu anggota mailing list (milis) beasiswa, Ronald, surat rekomendasi yang ditulis di kertas berkepala surat (kop) universitas akan lebih berpengaruh bagi panitia seleksi.

"Posisi pemberi beasiswa juga termasuk hal yang penting, setidaknya ketua program studi/ketua jurusan; dan kalau bisa dekan fakultas. Lebih keren lagi kalau dapat surat rekomendasi dari rektor," kata Ronald, seperti dinukil Okezone dari milis beasiswa Yahoo Groups,Kamis (23/8/2012).

Tetapi, Ronald mengimbuh, ada juga pemberi beasiswa yang mensyaratkan surat rekomendasi sesuai format yang mereka persiapkan di formulir tersendiri. Urusan surat rekomendasi ini gampang-gampang susah. Ronald menyebutnya "tricky". Pasalnya, kata Ronald, kita harus mempersiapkan beberapa surat rekomendasi untuk beberapa perguruan tinggi dan program beasiswa yang berbeda.

"Untuk menyiasatinya, mintalah surat rekomendasi yang isinya umum, dengan kop surat universitas; dan minta beberapa buah," sarannya.

Ronald juga punya trik lain, yakni memindai (scan) surat rekomendasi, kemudian mencetaknya berwarna untuk diserahkan dalam aplikasi beasiswa/universitas. "Jika pemberi beasiswa meminta surat yang asli, baru kita serahkan," ujar Ronald.

Poin lain yang perlu diperhatikan ketika meminta surat rekomendasi adalah mencantumkan nomor telepon dan email profesor atau dosen yang memberi rekomendasi di surat rekomendasi tersebut.

Surat nominasi
Quote:

Selain surat rekomendasi, beberapa beasiswa ada yang meminta surat nominasi. Surat ini dikeluarkan universitas yang dituju sebagai prasyarat mengajukan beasiswa. Dalam surat ini diterangkan kualitas unik/khusus pelamar dan program beasiswa yang dituju si pelamar.

"Kalau universitas yang dituju tidak memberikan surat nominasi ini, artinya si pelamar tidak bisa mendaftar ke beasiswa yang dia inginkan, dan dia harus mencari beasiswa yang lain," tutur Ronald menerangkan.

Letter of Acceptance

Quote:
Surat penerimaan (letter of acceptance) menjelaskan bahwa suatu perguruan tinggi telah menerima kita sebagai calon mahasiswa di kampus tersebut. Dalam beasiswa studi berbasis riset, letter of acceptance bisa juga diberikan oleh seorang profesor yang mau menerima kita di laboratorium yang dipimpinnya.

Sertifikat tes kemampuan

Quote:
Para pelamar beasiswa wajib melampirkan sertifikat berbagai tes kemampuan, terutama kemampuan berbahasa asing. Misalnya, sertifikat kemampuan berbahasa Inggris yang sering dipakai adalah Test Of English as Foreign Language (TOEFL) atau International English Language Testing System (IELTS). Biasanya, syarat minimal skor TOEFL adalah 550 dan IELTS 6.5.

Selain bahasa Inggris, ada juga beasiswa yang mensyaratkan sertifikat kemampuan bahasa ibu di negara yang dituju, misalnya bahasa Jepang dan Jerman.

Tes kemampuan lainnya yang harus dipenuhi adalah Test Potensi Akademik
(TPA). Dalam versi internasional, TPA dikenal sebagai Graduate
Record Examinations (GRE) dan Graduate Management Admission Test (GMAT). GMAT biasanya digunakan sebagai bagian persyaratan mendaftar S-2 ke bidang bisnis.

Personal essay

Quote:
Sebagai pelamar beasiswa, kita juga harus membuat sebuah esai yang bercerita tentang diri, studi S-1, dan motivasi kita melamar beasiswa tersebut.

Ronald menyarankan, esai ini harus menghubungkan latar belakang studi dan
pekerjaan saat ini dengan rencana studi S-2, karier, dan visi ke depan dari
pelamar. Menurutnya, esai ini menjadi salah satu faktor penentu. Bahkan, bisa dibilang lebih penting dari IPK.

"Kalau IPK, TOEFL dan nilai-nilai test yang lain bisa dibilang tidak akan banyak berubah, maka esai ini selalu bisa direvisi berkali-kali. Jadi, alokasikanlah waktu yang banyak untuk esai ini dan mintalah ke teman yang jago bahasa Inggris untuk proof read esai kita," tuturnya menyarankan
debutanahair - 02/02/2012 09:51 PM

misi dulu gan ngacir: ....lagi mantau-mantau nih akhir2 ini, sapa tau dapet... D sekalian bookmark dolo....
ncomputing - 02/02/2012 10:14 PM

kok pindah lagi?
celso.petso - 02/02/2012 10:35 PM

Quote:
Original Posted By ncomputing
kok pindah lagi?

yang lama agak berantakan dan jarang diupdate hammer:

semoga thread yang ini lebih lengkap D

mohon bantuannya ya semua \)
ariefbaik2005 - 02/02/2012 11:09 PM

mejeng di peki one cool:

gw mau S2 d dubai nihh,, lumayan genit:
edo072 - 03/02/2012 01:31 AM

thread baru lg, kirain yg lama digembok karena ganti part hammers
bookmark dulu, siapa tau ada inpo baru linux2:
purified - 03/02/2012 05:53 AM

Klo Austria ada ini :

http://www.oead.at/welcome_to_austria/grants_scholarships/EN/

atau

http://www.uibk.ac.at/asea-uninet/

untuk asea uninet biasanya jg diumumkan di web univ2 di Indonesia

Yb
anakkuning - 03/02/2012 06:51 AM

Spoiler for etos
::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::

Beastudi Etos, salah satu beasiswa SDM unggul membuka kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat untuk menerima bantuan pembiayaan pendidikan di perguruan tinggi, pembinaan dan pelatihan, serta pendampingan mahasiswa.

Persyaratan Umum:

Lulus SMA/sederajat dan akan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur seleksi masuk PTN jalur regular
Diterima pada PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos (Daftar PTN dan jurusan yang direkomendasikan dapat dilihat dibawah ini.

Persyaratan Khusus :

Berasal dari keluarga tidak mampu
Melampirkan surat keterangan tidak mampu dan slip gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari ketua RT/DKM setempat
Daftar riwayat hidup yang bisa didapat di asrama Beastudi Etos maupun di-download disini.
Mengisi dan menandatangani akad Beastudi Etos (bisa di-download disini)
Fotokopi raport SMA semester 1-5, Kartu Keluarga, KTP atau kartu pelajar dan STTB bagi yang telah lulus SMA/sederajat
Foto terbaru 4 x 6, 2 lembar
Foto rumah (tampak keseluruhan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur)
Membuat tulisan tentang kisah perjalanan hidup sepanjang minimal 2 halaman folio (tulis tangan)

Berkas pendaftaran yang telah diisi dan persyaratan lainnya dikirimkan ke perwakilan (Contact Person) Etos di daerah. Alamat perwakilan (Contact Person) Etos daerah dapat dilihat dibagian bawah pengumuman ini.

Tahap-Tahap Seleksi :

Seleksi Administrasi,
Seleksi Tulis dan Wawancara,
Home Visit, Lolos di PTN dan jurusan rekomendasi Beastudi Etos melalui jalur regular
Ranking Nasional

Waktu Pendaftaran : 30 Desember – 18 Maret 2012
kunchan - 03/02/2012 09:20 AM

mejeng dulu genit:
hmm .. btw beasiswa ETOS ada dijakarta jugakan yah think:
CMIIW
gillankq - 03/02/2012 05:46 PM

mejeng di page one dulu gan...
haha
celso.petso - 03/02/2012 06:09 PM

Tawaran Beasiswa ternyata banyak bener nohope:

cuma pernah sekali dapet "beasiswa" shutup:

Reserved for FAQ
purified - 03/02/2012 06:39 PM

dadoyster - 03/02/2012 07:06 PM
info
Gan, ada informasi beasiswa buat mahasiswa yg sedang menjalani semester 2?
harak - 03/02/2012 07:20 PM
Beasiswa Unggulan
Ane udah baca info beasiswa unggulan, tapi masih ada beberapa pertanyaan. Agan2 yang sudah pernah dapet, boleh dong ane tanya2. \)

makasih
Page 1 of 21 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > ::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::