Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Dari Genghis Khan
Total Views: 16667 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

ChenIngWei - 31/12/2008 10:18 PM
#1
Sejarah Dari Genghis Khan
Sekedar cerita dan profile genghis khan

nama asli dari Genghis Khan adalah Temujin.Beliau adalah salah satu tokoh sejarah yang paling gw kagumi.

Profile
Nama : Genghis Khan/temujin
tahun lahir : sekitar tahun 1162 dan 1167

Khan lahir di di daerah pegunungan Burhan Haldun, dekat dengan sungai Onon dan Herlen. Ibu Temujin, Holun, berasal dari suku Olkhunut. Kehidupan mereka berpindah-pindah layaknya seperti penduduk Turki di Asia Tengah. Saat Berumur 9 tahun, Temujin dikirimkan keluar dari sukunya karena ia akan jodohkan kepada Borte, putri dari suku Onggirat. Ayah Temujin, Yesugei meninggal karena diracuni suku Tartar tepat pada saat ia pulang setelah mengantar Temujin ke suku Onggirat.

Sejarah Perjuangan Genghis Khan :

Menyatukan Mongolia

Temujin mempunyai teman baik yang juga merupakan saudara angkatnya, yang bernama Jamukha. Ia pernah berkali-kali ditolong oleh Jamukha, yang merupakan keturunan dari suku Jadaran. Bersama-sama dengan saudara angkatnya, Temujin berhasil merebut kembali hak kekuasaannya atas sukunya dan juga perserikatan Mongolia yang didirikan ayahnya dahulu. Waktu demi waktu, wilayah Temujin menjadi semakin besar, yang dilakukan dengan cara menghancurkan musuh-musuhnya dan menggabungkan suku-suku dalam perserikatan Mongolia. Musuh terbesar Temujin dalam sejarah ternyata adalah saudara angkatnya sendiri, Jamukha, yang sering mengadu-domba Temujin dengan suku-suku lainnya, termasuk ayah angkat Temujin sendiri yang bernama Wang Khan. Setelah Temujin berhasil menyisihkan musuh-musuhnya dan melaksanakan perintah almarhum ayahnya, Yesugei, ia kemudian juga berhasil membalaskan kematian nenek-moyangnya, yang dibunuh oleh kerajaan Jin. Temujin kemudian diangkat menjadi Khan dengan gelar Jenghis Khan; yang artinya "Khan dari Segala-galanya".

Perang Melawan Suku Jin(cin)

Nenek-moyang kerajaan Jin berasal dari suku Jurchen. Suku Jurchen berhasil menguasai wilayah utara China selama lebih dari 100 tahun. Hal ini akan menjadi kesulitan besar untuk Jenghis Khan dalam menunaikan tugasnya. Kerajaan Jin memiliki jumlah pasukan yang hampir mendekati jutaan jiwa (lebih dari 10 kali lipat dari pasukan Jenghis Khan pada waktu itu). Mereka hidup aman dibalik tembok kerajaan yang besar dan susah untuk diserang. Jenghis Khan berhasil meruntuhkan semangat perang dan kekuataan kerajaan Jin dalam berbagai peperangan. Salah satunya adalah perang di Tebing Serigala Liar, dimana Jenghis Khan yang hanya memiliki pasukan tidak lebih dari 100.000 tentara berhasil membabat pasukan musuh yang besarnya lebih dari setengah juta jiwa. Kejayaan Jenghis Khan terbukti dari keberhasilannya dalam merebut ibukota kerajaan Jin, Dadu, yang sekarang ini menjadi Beijing. Para seniman (artis), ahli senjata (terutama ahli senjata berat/siege weapon), dan barang berharga, semuanya dibawa kembali ke Mongolia sebagai budak dan rampasan perang.

Invasi ke Timur Tengah

Sejarah mencatat invasi yang dipimpin oleh Jenghis Khan sendiri dengan ratusan ribu tentara terpilih ke kerajaan Khawarizmi yang pada waktu itu menguasai seluruh wilayah Timur Tengah diawali dengan pedagang Mongolia yang dibunuh dan harta mereka dirampas oleh panglima Khawarizmi yang serakah. Keserakahan itu membawa bencana bagi bangsanya. Jenghis Khan berhasil menawan dan menghukum mati panglima tersebut dengan cara menuangkan logam panas ke matanya. Kerajaan Khawarizmi menderita kerugian yang tidak terhitung. Amarah Jenghis Khan bertambah setelah cucu kesayangannya terbunuh. Populasi rakyat Timur Tengah berkurang hingga 1/10, dan wilayah Mongolia pun bertambah luas sampai kebagian barat benua Asia.


Sejarah pernah mencatat bahwa pada saat Jenghis Khan mundur kembali ke Mongolia, ia sempat memerintahkan dua jendral terbaiknya, Jebe dan Subotai Baatur untuk menyelidiki daerah barat dan membasmi sisa musuh sampai ke wilayah Russia. Jebe dan Subotai pernah menginjak daratan Eropa pada saat itu, dan mengalami konfrontasi dan menghancurkan pasukan Salib yang hendak menyerang wilayah Arab. Sumber konfrontasi itu diperkirakan terjadi karena pasukan Salib dari Eropa mengira pasukan Mongol adalah pasukan Arab.

Wilayah Timur Tengah kemudian dibagi-bagi dan dikuasai oleh putra-putra Jenghis Khan.

Saat-saat kematian Genghis Khan

Jenghis Khan yang sudah berumur tua dipaksa untuk memimpin pasukan untuk menghancurkan kerajaan Abbasiyah untuk kesekian kalinya, namun ketidak-cakapan para pasukan dan seringnya melakukan mabuk-mabukan memperlemah pasukan militernya. Ia meninggal dalam perjalanan dan dirahasiakan oleh panglima-panglima setianya sampai musuh berhasil ditaklukan. Kuburan Jenghis Khan dirahasiakan agar tidak dirusak oleh orang lain. Kekuasaan Mongol diwariskan kepada putra ketiganya, Ogodai Khan. Alasan Jenghis Khan menunjuk putra ketiganya untuk meneruskan tahta warisnya, disebabkan oleh keahlian yang dimiliki Ogodai Khan dalam bernegoisasi, memimpin negara dan sifatnya yang tidak sombong (tidak seperti kedua kakaknya yang sering bertempur satu sama lain).



Dulu gw pernah baca 1 artikel cuma pass gw cari itu artikel ga ketemu.Artikel itu isinya ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa Genghis Khan memegang sebuah pecahan tombak yang menjadikan dia kebal.tombak tersebut adalah tombak yang menusuk lambung Tuhan Yesus yang bernamakan Longinus Spear.Cuma gw agak2 lupa sih bener ato ga Genghis Khan yang megang itu tombak....
kalo ada salah2 tolong di ralat yah thx.. ^^
brentie - 31/12/2008 10:23 PM
#2

Kalo gak salah pasukan Mongol dipimpin Genghis Kahn hancur lebur ketika mereka mau menginvasi Jepang melewati jalur laut kan??
ChenIngWei - 31/12/2008 10:27 PM
#3

iya kayanya deh menurut artikel yg gw baca sih info yg bisa gw dapet cuma yg diatas.... cuma yg gw salut dari Genghis Khan itu dia bisa menang perang cuma modal tombak pedang panah tapi bisa nguasain gitu banyak daerah ^^.
d'K4rMa - 31/12/2008 10:46 PM
#4

emang Beliau itu orang yang sangat hebat gan...
nais inpoh gan btw..








happy new year 2009.......
potranidom - 31/12/2008 10:47 PM
#5

orang hebat zaman dahulu tuh...!!!
gelombang cinta - 31/12/2008 10:48 PM
#6

keren tuh cerita na
ChenIngWei - 31/12/2008 10:51 PM
#7

Sebenernya ada juga sih crita anaknya si Khan itu cuma......... panjang ajee gw juga rada ribet bacanya bahasa inggris smua booo @_@ ada yg minat critanya ?? kalo minat kasi tau aja tar gw share d ke loe2 smua ok!! tq

Thx atas smua comment2 nya all ^^
aldeemonz - 31/12/2008 10:57 PM
#8

ada pilemnya gan..
kalo gak salah judulnya MONGOL
dch - 31/12/2008 11:09 PM
#9

Kisah yg bagus tp bagi gw kedengerannya seperti dongeng anak2
ada banyak mitos tanpa didukung fakta2, spt soal tombak ituh D
brentie - 31/12/2008 11:28 PM
#10

Kalo ada info ttg gagalnya invasi Genghis Khan menginvasi Jepang seru tuh. Kalo yang gw tau, Genghis Khan waktu itu udah ampir menguasai seluruh daerah China (bener gak yah). Soalnya pasukan Genghis Khan itu kuat banget di darat, tapi mereka gak pernah melakukan perang di laut. Ketika mereka hendak menguasai Jepang, mereka mau gak mau harus pake jalur laut. Eh sayangnya, karena kurang pinter mungkin, mereka ngebangun kapal laut dengan struktur perahu sungai. Akibatnya armada Genghis Khan malah hancur lembur terkena ombak di perairan Jepang :P. Padahal seru tuh kalo pasukan Genghis Khan sampe ke Jepang, mereka bakal menghadapi warrior terkuat sepanjang sejarah, Samurai! Siapa yang menang yah kira2?
maskwinter - 01/01/2009 12:37 AM
#11

Quote:
Original Posted By dch
Kisah yg bagus tp bagi gw kedengerannya seperti dongeng anak2
ada banyak mitos tanpa didukung fakta2, spt soal tombak ituh D


se 7 D
red_Hoplite - 01/01/2009 03:02 AM
#12

Kemaren gw baru beli buku yang judulnya Jenghis Khan di Gramedia, cuma belum sempet baca D
Eichmann - 04/01/2009 07:15 PM
#13

klo Tulisan aja kaya gak srek klo gak ada gambar gue bantu nih ganD

wajahnya
Sejarah Dari Genghis Khan
Sejarah Dari Genghis Khan

Pas Lagi di nyerbu China
Sejarah Dari Genghis Khan

Daerah jajahanNya
Sejarah Dari Genghis Khan
Eichmann - 04/01/2009 07:16 PM
#14

Satu lagi gan Web pameran tentang Genghis Khan
www.genghiskhanexhibits.com
Eichmann - 04/01/2009 07:20 PM
#15

Quote:
Original Posted By brentie
Kalo gak salah pasukan Mongol dipimpin Genghis Kahn hancur lebur ketika mereka mau menginvasi Jepang melewati jalur laut kan??


Bener
Invansi pertama hampir berhasil tapi dapat di pukul mundur ama jepang.
Invansi ke dua gagal total karena kapal perangnya Mongol terkena badai, orang Jepang sebut badai itu Kamikaze.

setelah itu gak pernah lagi deh Mongol nyerang jepang lagi.
Eichmann - 04/01/2009 07:21 PM
#16

Quote:
Original Posted By red_Hoplite
Kemaren gw baru beli buku yang judulnya Jenghis Khan di Gramedia, cuma belum sempet baca D


itu Buku bagus tuh gan. gue juga baca lengkapnya kaya film dokumenternya
Eichmann - 04/01/2009 07:22 PM
#17

sup:
Sejarah Dari Genghis Khan
Eichmann - 04/01/2009 07:24 PM
#18

Quote:
Original Posted By aldeemonz
ada pilemnya gan..
kalo gak salah judulnya MONGOL


Iya gan tapi pake bahasa Russia, susah di mengerti
Eichmann - 04/01/2009 07:28 PM
#19

Gan gue Req Atila The Hun dong
vanabout - 04/01/2009 11:58 PM
#20

Jenghis Khan..

barbar bgt.. dulu maenin di Age of Empire II..

Peace:
Page 1 of 10 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Dari Genghis Khan