Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Dari Genghis Khan
Total Views: 16667 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

xiang.yu - 07/03/2010 12:26 PM
#61

hmm mungkin juga perlu ditambahkan... salah satu alasan kenapa bangsa mongol begitu perkasa, yaitu karena mereka menggunakan compound bow. berbeda dgn busur yang umum dipakai pada waktu itu, mereka menggunakan busur "rakitan", yang memiliki ukuran lebih kecil dari busur pasukan infantri (mis: longbowmen-nya inggris) namun tetap memiliki jarak tembak dan akurasi yang tinggi. selain itu karena bentuknya yang kecil, busur ini mudah digunakan sambil menunggang kuda.
PanembahanRama - 07/03/2010 08:02 PM
#62

^

iya tuh gan. heavy cavalry nya eropa rontok semua pas diadu sama mounted archer mongol thumbup:
Galihatidumarp - 08/03/2010 08:21 PM
#63

gan ane lg baca novel
Treasure of genghis khan - Clive clusser
PanembahanRama - 19/03/2010 07:18 PM
#64
@tas gw
udah pernah liat di toko buku tapi blom sempet beli. nohope: ceritanya tentang apa sih gan?
redemption - 19/03/2010 08:40 PM
#65

Subotai Baatur lah, panglima Mongol terhebat, jenderal2 hebat dari masa ke masa kyknya jarang yang bisa naklukin 32 bangsa dan menang 65 pitched battles (pertempuran yang para pihaknya janjian dulu, kyk perang saudara di Amerika antara Konf sama Union)

Sejarah Dari Genghis Khan
nih Jebe sama Subotai, kasarnya kalo Jebe itu Guan Yu-nya Genghis Khan, Subotai itu Zhou Yu-nya (soalnya jago military arts juga bukan cuma strategi) D
PanembahanRama - 23/03/2010 03:58 PM
#66
@tas gw
itu dari komik apa gan?
i-seng - 23/03/2010 06:48 PM
#67

dulu pernah denger kalo gengis khan ini ada hubungannya sama kwe cheng (condor hero). bener gak?
amatintalu - 23/03/2010 06:48 PM
#68

Quote:
Original Posted By Galihatidumarp
gan ane lg baca novel
Treasure of genghis khan - Clive clusser

upload gan novelnya
MaOaNk - 23/03/2010 09:18 PM
#69

Lanjutkan kreasimu sob...
keinan22 - 24/03/2010 10:59 AM
#70

tapi knpa gan genghis khan ga bisa naklukin china.....?

kiss

padahal kan china tu lbih dkat ma mongol.....?
Synd - 24/03/2010 11:59 AM
#71

Quote:
Original Posted By berwin
I
Nah ketika kembali ke Mongol, Genghis Khan melewati wilayah Kaukusian dan melintasi Himalaya dan konon disini dia mendengar cerita mengenai Shang Ri La dan mencarinya. Dia bertemu dengan seorang pendeta Tibet yang menanyakan apa yang paling di yakininya dalam hidup dan Genghis Khan menjawab Kekuatan. Sang Biksu tibet itu akhirnya berkata bahwa untuk masuk kedalam Shang Ri La maka seseorang harus membuktikan apa yang diyakininya benar. Nah, Walaupun Genghis Khan tidak menemukan Shang Ri La tetapi legenda ini jadi berkembang bahwa sebuah komunitas kecil disiapkan ditempat itu untuk mengundang para ahli beladari untuk bertarung dan yang terkuat akan melihat Shang Ri La. Well....thats the legend....

Gw pernah baca, memang dulu Bangsa Mongol jg nyari tuh Shang Ri La, tapi cuman sebentar aja.

Quote:
Original Posted By keinan22
tapi knpa gan genghis khan ga bisa naklukin china.....?

kiss

padahal kan china tu lbih dkat ma mongol.....?

Loh, kan dikuasai Mongol juga, dan dalam sejarah China
era Mongol itu disebut Yuan Dynasty, sekitar abad ke 14 gitu
Emperor pertama nya ya si Kublai Khan confused:

Bangsa2 lain dulu, ga sehebat bangsa Mongol yang hebat dalam berkuda.
dan Mongol itu paling terkenal akan pasukan berkuda nya, Mangudai thumbup:
gogogk - 24/03/2010 12:17 PM
#72

Quote:
Original Posted By PanembahanRama
biar gak rancu aja. wilayah taklukan Genghis Khan sampe doi meninggal emang segitu. beda dengan Mongol Empire yang merupakan hasil penaklukan penerus2 doi yang terbentang dari Korea sampe Austria



gak juga ah gan D ente udah pernah baca buku Genghis Khan nya John Man? di situ disebutkan klo bangsa Mongol menganggapnya sebagai pahlawan karena doi adalah orang yang menyatukan suku2 di mongolia n membawa mereka menuju kejayaan (klo disini Gajah Mada gan) n menciptakan aksara mongol yang berbasis dari aksara yang dipakai bangsa Uighur.

dan bangsa Cina juga menanggapnya sebagai salah satu founding father karena dia yang nyatuin Cina yang pada saat itu terpecah jadi kerajaan Xi Xia, Jin, dan Song. kerajaan Yuan yang didirikan pasca penaklukan (yang bisa dibilang penyatuan) cina oleh cucunya (Khubilai) adalah kerajaan yang makmur gan sampe kaisar terakhir (Toughan Temur) yang korup dan akhirnya digulingkan oleh dinasti Ming pimpinan Zhu Yuanzhang. perdagangan lewat jalur sutra juga semakin intensif pada jaman dinasti Yuan. ente juga bisa liat di catatan2nya Marcopolo. penaklukan2 Mongol juga menyebabkan akulturasi budaya di daerah-daerah taklukannya. ente tau suku Hazara di Afghanistan? konon mereka masih ada keturunan bangsa Mongol gan



Timur Lenk a.k.a Tamerlane bukan keturunan GK gan. tapi istrinya sih ktnya keturunan GK. Tamerlane tuh seorang muslim Turki-Mongol yang ngancurin Golden Horde. klo ga salah pasukannya sempet perang sama Ottoman, nyerang Iraq n India n membantai ribuan penduduk disitu. dia di periode taon 1400an gan


penaklukan gajag mada atas pulau2 diluar jawa dimata sejarawan jawa disebut "menyatukan' padahal sejatinya tak lebih dari penjajahannajis
berwin - 24/03/2010 12:39 PM
#73

Quote:
Original Posted By keinan22
tapi knpa gan genghis khan ga bisa naklukin china.....?

kiss

padahal kan china tu lbih dkat ma mongol.....?


Perlu dimengerti bahwa China saat itu gak seperti China seakrang.

Daerah yang besarnay di duduki Dinasti Sung, tetapi masih ada lagi etnis cina yang punya kerjaaan seperti Dinasti Xia dan ada yang bangsa manchurian dengan Dinasti Jin nya.

Nah, Dinasti Jin yang menyerang Dinasti Song pada 1127 dan menguasai Cina utara.

Pada saat ini bahkan Genghis Khan belom lahir, masih 40 thn lagi baru dia lahir.

Jadi Dinasti Cina yang ada sekarang berada di selatan sungai Kuning dan yang diutara itu Dinasti Jin. serta di barat itu Dinasti Xia.

Ketika Genghis Khan mempersatukan seluruh monggol pada thn 1206, maka pertama kerajaan yg dia serang adalah Xia, baru kemudian Jin tetapi dia tidak melanjutkan ke selatan dan memilih untuk mendapatkan daerah mudah dibarat.

Baru nanti dijaman cucunya, Monggol berhasil menguasai Sung Selatan dan mendirikan dinasti baru yaitu Dinasti Yuan.
redemption - 24/03/2010 03:43 PM
#74

Quote:
Original Posted By PanembahanRama
itu dari komik apa gan?


ga tau juga gan, pas lagi gugling2 tau2 muncul, dulu di gramed sempet ada komik satu seri langsung tamat ttg Genghis Khan, dari dia masih si Temujin bocah desa terlantar, sampe jadi Khan of all Khan, lumayan tebel komiknya, kyk 2 buku larry gonick tebelnya
PanembahanRama - 24/03/2010 07:15 PM
#75

Quote:
Original Posted By gogogk
penaklukan gajag mada atas pulau2 diluar jawa dimata sejarawan jawa disebut "menyatukan' padahal sejatinya tak lebih dari penjajahannajis


semua penaklukan itu juga bisa dibilang sebagai penjajahan gan D
gogogk - 24/03/2010 08:40 PM
#76

Quote:
Original Posted By PanembahanRama
semua penaklukan itu juga bisa dibilang sebagai penjajahan gan D


kadang2 eneg gue baca buku sejarah tentang 'kebesaran majapahit" yang mempersatukan nusantaralah,apalah,pas naklukan bali kebo iwa dikadalin dan akhirnya mati ditangan majapahitnajis
xiang.yu - 25/03/2010 09:50 AM
#77

Quote:
Original Posted By berwin
Perlu dimengerti bahwa China saat itu gak seperti China seakrang.

Daerah yang besarnay di duduki Dinasti Sung, tetapi masih ada lagi etnis cina yang punya kerjaaan seperti Dinasti Xia dan ada yang bangsa manchurian dengan Dinasti Jin nya.

Nah, Dinasti Jin yang menyerang Dinasti Song pada 1127 dan menguasai Cina utara.

Pada saat ini bahkan Genghis Khan belom lahir, masih 40 thn lagi baru dia lahir.

Jadi Dinasti Cina yang ada sekarang berada di selatan sungai Kuning dan yang diutara itu Dinasti Jin. serta di barat itu Dinasti Xia.

Ketika Genghis Khan mempersatukan seluruh monggol pada thn 1206, maka pertama kerajaan yg dia serang adalah Xia, baru kemudian Jin tetapi dia tidak melanjutkan ke selatan dan memilih untuk mendapatkan daerah mudah dibarat.

Baru nanti dijaman cucunya, Monggol berhasil menguasai Sung Selatan dan mendirikan dinasti baru yaitu Dinasti Yuan.


ya, saat itu memang china bukanlah seperti china yg wilayahnya kita ketahui sekarang ini, tapi alasan mengapa mongol menghentikan invasinya ke song selatan yg sudah bobrok bukan karena ke barat lebih mudah... penaklukkan ke barat itu (kalau tidak salah baca) didasari oleh penghinaan dari sultan Khorezm yg membakar jenggot utusan diplomat mongolia dan merampas harta mereka. (bahkan ada yg dipotong hidung/telinganya...) karena amarah maka jenghis khan menghentikan penaklukkannya ke selatan, toh sung selatan pun tinggal tunggu waktu, sudah tidak punya kekuatan dan persatuan untuk menyerang balik... sudah tidak ada Yue Fei di sana... berduka

setelah kerajaan khorezm dikalahkan, target berikutnya adalah kerajaan xi xia yang kembali berontak.
(buat agan yg ingin gambaran jelas tentang peta kekuatan jaman itu bisa mencoba main game keluaran koei utk PC, Genghis Khan II, game lama tapi asik utk dimainkan.) Genghis Khan kalau ga salah ratingnya War A Lead A Charm A Pol C (rating a-e)... ada richard lionheart, saladin, kublai, minamoto yoshitsune, hojo, robin hood, marcopolo, yehlu cucai, jamuga, jebe, dll... sayang ga ada srivijawa kingdom.....iloveindonesia
viyaz - 25/03/2010 10:36 PM
#78

salah satu jendral favorit ane.. buset dia naklukin banyak gila
Chiep - 26/03/2010 08:20 AM
#79

pelemnya pernah diputar di metro..keren abis, gw ampe kagak melek nontonnya..ada juga kan film dokumentasi ttg dia yang pernah diputar di metro.
berwin - 26/03/2010 08:55 AM
#80

Quote:
Original Posted By xiang.yu
ya, saat itu memang china bukanlah seperti china yg wilayahnya kita ketahui sekarang ini, tapi alasan mengapa mongol menghentikan invasinya ke song selatan yg sudah bobrok bukan karena ke barat lebih mudah... penaklukkan ke barat itu (kalau tidak salah baca) didasari oleh penghinaan dari sultan Khorezm yg membakar jenggot utusan diplomat mongolia dan merampas harta mereka. (bahkan ada yg dipotong hidung/telinganya...) karena amarah maka jenghis khan menghentikan penaklukkannya ke selatan, toh sung selatan pun tinggal tunggu waktu, sudah tidak punya kekuatan dan persatuan untuk menyerang balik... sudah tidak ada Yue Fei di sana... berduka

setelah kerajaan khorezm dikalahkan, target berikutnya adalah kerajaan xi xia yang kembali berontak.
(buat agan yg ingin gambaran jelas tentang peta kekuatan jaman itu bisa mencoba main game keluaran koei utk PC, Genghis Khan II, game lama tapi asik utk dimainkan.) Genghis Khan kalau ga salah ratingnya War A Lead A Charm A Pol C (rating a-e)... ada richard lionheart, saladin, kublai, minamoto yoshitsune, hojo, robin hood, marcopolo, yehlu cucai, jamuga, jebe, dll... sayang ga ada srivijawa kingdom.....iloveindonesia




Yue Fei sudah wafat bahkan sebelum Temujin lahir.

Dan Dinasti Jin yang mengalahkan Dinasti Sung (Sung Utara) bkan orang monggol. Dinasti Jin sendiiri bukan orang Han, mereka dari suku Jurchen masuk golongan manchuria.

Suku Jurchen awalnya adalah bagian dari Dinasti Liao yang berperang dengan Sung, Kemudian memberontak dan dengan bantuan Dinasti Sung, Orang Jurchen berhasil mengalahkan Dinasti Liao.

Perang dengan Dinasti Liao ini berlangsung cukup lama terjadi dijaman Keluarga Yang dan Hakim Bao masih mengabdi di kerajaan Sung sampai jaman 108 pendekar.

Tetapi orang Jurchen melihat bahwa pasukan Sung itu lemah karena udah letih perang bertahun-tahun.

Mereka berhasil mengepung Kai Feng, tetapi gagal merebutnya. Dinasti Sung kemudian menawarkan gencatan senjata dengan memberikan beberapa kota. Dinasti Jin akhirnya mundur kembali ke daerah mereka dan melakukan reorganisasi tentaranya.

Didalam internal Dinasti Sung sendiri, banyak jendral mengusulkan berbagai macam strategi pertahanan dan reorganisasi tentara. Tetapi rencana ini dihalang-halangi oleh pihak birokrat yang merasa terancam dengan makin besar pengaruh kelompok militer di Istana.Akhirnya Jendral2x yang berjasa di pensiunkan dini dan diberi tanah atau diberikan pos yang tinggi tp gak punya pengaruh apa2x. Sedangkan Jendral yang muda2x di kirim ke perbatasan atau daerah2x laen yang jauh dari ibu kota.

Pada thn 1127, Pasukan Jin menyerang lagi dan kali ini Kai Feng berhasil direbut. Kaisar Sung ditawan dan dibawa ke YangJing, ibu kota Dinasti Jin (sekarang kota itu berubah nama jadi Bei Jing).Seluruh keluarga kekaisaran dibawa ke utara dan yang wanita dijual jadi Pelacur, yang pria dijadikan budak.

Mereka yang berhasil kabur keselatan akhirnay di kejar oleh Pasukan Jin tetapi beruntung Dinasti Sung masih memiliki 2 orang Jendral muda yang walaupun dengan segala keterbatasannya tetapi memiliki keberanian dan strategi yang handal. Keduanya berhasil menahan pasukan Jin untnuk tidak menyeberangi Sungai Yng Tze. Taktik yang digunakan mirip yg digunakan Zhang Fei untuk menahan Cao2x di Chang Ban cuman tidak ada teriakan yang mengetarkan bumi nya doank.

Thn 1137, 2 orang jendral muda ini yang udah gak muda lagi berhasil mengalahkan pasukan Jin 1 demi 1 dan ibu kota Sung Utara, Kai Feng bisa direbut kapan asja. Jika Kai Feng berhasil direbut maka seluruh Cina utara akan kembali kedalam kekuasaan Sung.

Sayangnya........PM Sung saat itu yang bernama Qin Hui menggunakan nama Kaisar memanggil kembali Yue Fei ke Ibu Kota Nan Jing di selatan.

Jika Yue Fei menolak kembali maka dia tidak hormat pada kaisar dan bersalah, jika dia kembali maka kesempatan emas merebut seluruh wilayah utara akan hilang.

Tetapi Yue Fei memilih untuk kembali, begitu tiba didalam Istana, Yue Fei langsung ditangkap dan di Siksa dan kemudian dikenakan tuduhan Korupsi dan melanggar titah kaisar, dia dipenjara.

Setelah 2 bulan disiksa, Yue Fei tetap tidak dapat dipaksa untuk mencap pengakuan bersalahnya. Pada saat ini Surat2x dari Jendral2x lainnya di garis depan mulai berdatangan dan bertanya mengenai keadaan Yue Fei.

Oleh sebab itu Qin Hui sekarng harus menghukum Yue Fei dengan cepat karena kalau sampai Kaisar tahu maka Yue Fei harus dibebaskan.

Karena Yue Fei adalah Jendral yang ditugaskan oleh Kaisar maka untuk menghukum Yue Fei harus dengan keputusan Kaisar dan dia harus di adili Kaisar. Qin Hui kemudian menyuruh orang untuk menaruh racun dalam makanan Yue Fei untuk melemahkan badannya dan kemudian memastikan kematian Yue Fei dengan mengirim 3 orang untuk mencekik leher Yue Fei dengan tali sampai mati. (Ini perlu dilakukan soalnya Yue Fei ahli bela diri dan memiliki badan yang kuat, kalo gak dikasih racun dulu mungkin 3 orang jg belom bisa mengalahkan Yue Fei).

Ok...singkat certia setelah Kematian Yue Fei, banyak Jendral2x garis depan yang kecewa dan mengundurkan diri. Pasukan Sung ditarik sampai ke garis batas semua. Pasukan Jin yang kalah, butuh waktu mereorganisasi tentaranya dan mereka tidak pernah lagi dapat melakukan serangan secara besar2xan melintasi sungai Yang Tze ke selatan.

Pada thn 1207 pasukan monggol menyerang Dinasti Jin beberapa kali. Akhirnya pada 1209 Dinasti Jin setuju membayar upeti sama monggol.

Pada saat yang sama Dinasti Sung juga menjalin hubungan dgn monggol dan membayar upeti pada mereka. Sehingga Dinasti Jin gak berani macem2x sama Dinasti Sung.

Ini sebabnya Monggol gak nyerang mereka, toh mereka dah dianggap bawahannya juga.

Pada thn 1227, Genghis Khan meninggal dunia. Dinasti Jin mengambil kesempatan ini untuk menjalin kerjasama dengan Kerajaan tanguts untuk menyerang monggol. Mereka memindahkan ibukota ke Kaifeng.

Ogodei Khan yg mengetahui hal ini segera menyerang Dinasti Jin pada 1231 dan dengan bantuan dari Dinasti Sung maka Dinasti Jin tamat riwayatnya pada 1234.

Pada 1238, Ogodei mulai melancarkan ekspansi ke selatan. Tetapi serangan2x ini berhasil dipukul mundur oleh pasukan Sung. selain karena faktor bahwa tentara monggol gak terbiasa berperang di air dan banyak dari mereka gak bisa berenang sehingga mati tenggelam.

pada 1243 mereka mencoba lagi, kali ini lewat jalur memutar gak pake perang Sungai. Cuman sialnya ada wabah penyakit waktu itu sehingga mereka berhasil di pukul mundur.

Pada 1260, Kubilai Khan menjadi khan yang baru dan melakukan penyerangan ke Sung. Berbagai macam pemberontakan di monggol yang memperebutkan kekuasaan dan juga pertahanan kota Xiang Yang dan Fan Cheng yang begitu kuat membuat mereka membutuhkan waktu 13 thn sebelum berhasil menguasai Sung Selatan.

Kota Xiang Yang berhasil di hancurkan setelah Kubilai Khan meng "import" 2 orang ilmuwan dan engineer muslim dari jazirah arab untuk bikin catapult yg memiliki daya dobrak lebin tinggi buat ngehancurin tembok Xiang Yang yg tebelnya mencapai 2 - 3 meter.

Walaupun berhasil merebut ibu kota Sung Selatan pada 1273 tetapi tidak sampai 1279 peperangan antara monggol dan Sung berakhir. Peperangan terakhir ini ditentukan dalam pertempuran air dimana pasukan Sung membuat kesalahan fatal seperti yg dilakukan Cao2x dalam pertempuran di Chibi yaitu mereka menambatkan kapal2x mereka satu sama lain.

Seluruh menteri dan keluarga kekaisaran ada disitu, dan ketika melihat kekalahan ini, Sang Perdana Menteri yang bernama Lu Xia Fu berserta lebih dari 10.000 pegawai istana menceburkan diri ke laut karena mereka gak mau ditawan sama monggol.

Menurut cerita Lu Xia Fu membawa kaisar yang saat itu masih berusia 6 thn dalam gendongannya dan mati bersama2x. Tetapi sebuah catatan sejarah menyebutkan bahwa Admiral Zhang Jie telah lebih dahuku membawa Kaisar yang asli pergi ke arah tenggara dan mendirikan kerajaan "Sung Kecil".

Dalam bahasa mandarin "Lu Song Guo" dan akhrinya daerah itu dikenal dengan nama Luzon, filipina sekarang.
Page 4 of 10 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Sejarah Dari Genghis Khan