Banten
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Banten > [Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten
Total Views: 1950 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

cakncuk - 26/02/2012 02:25 AM
#1
[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten
lagi pengen iseng nih sob , bagi-bagi ilmu seputar kuliner .
hayooo yang doyan makan , musti coba nih kuliner banten .
apakah agan tau apa saja kuliner banten tersebut ?
cekidot D


Spoiler for Sate Bebek Khas Cibeber
[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten
Banten mempunyai makanan khas yang berasal dari Cibeber Banten. Sate bebek juga merupakan ciri khas kuliner Banten yang banyak digemari oleh masyarakat Banten pada umumnya dan para wisatawan pada khususnya.
Salah satu pengusaha Rumah Makan yang menyajikan menu makanannya yang terbuat dari bebek yaitu H Syamsudin yang terletak di Jl. Abdul Latif, Sumur Pecung, Serang.
Awal mula H. Syamsudin menyajikan sate bebek dalam menu makanannya adalah dalam bentuk pengembangan usahanya dan juga menciptakan gebrakan dari usahanya yang lama.
“Secara kebetulan istri saya dari Cibeber kenapa tidak kita mencoba membuat menu baru yaitu sate bebek yang merupakan makanan khas Banten,” jelasnya.
Menu favorit yang tersedia di rumah makan miliknya Rumah Makan Damai 05 dan banyak dibeli oleh konsumen yaitu sate bebek, selain daging bebeknya yang empuk, bumbunya juga meresap sampai ke dalam dagingnya, “Sebenarnya kalo makan sate bebek tidak usah pake bumbu sambelnya, hanya dengan bumbu satenya saja sudah terasa enak,” tegasnya.
Dalam sehari omset yang diperoleh dapat mencapai Rp 2 juta/hari, dengan menghabiskan 30 ekor bebek per harinya. Ketika ditanya kapan pengunjung banyak yang datang H. Syamsudin menjelaskan tergantung dari waktu kunjungannya, “Tergantung dari waktunya, biasa paling rame pengunjung di awal-awal bulan dan juga liburan,” terangnya.
Suasana Rumah Makan milik H. Syamsudin sangat merakyat dan terbuka, jadi bisa siapa saja yang datang berkunjung dan makan di Rumah Makannya, “Kita tidak membatasi pengunjung yang ingin makan di rumah makan ini, untuk siapa saja boleh makan,” lanjutnya.
Persaingan di bidang kuliner khas Banten, menurut H. Syamsudin, menghadapinya dengan cara bersikap ramah. “Pelanggan yang datang dianggap saudara, dan kita juga tidak terlaku menekankan harga jual, yang terpenting adalah tali silaturahmi. Untuk masalah keuntungan tidak terlalu diutamakan.”
Disinggung soal obsesinya membuka cabang rumah makan khas bebek ini di kota lain, H. Syamsudin menjelaskan, “Kalo saya membuka rumah makan khas sate bebek ini di Jakarta, ntar orang Jakarta tidak ada yang berkunjung ke Serang dong,” kilahnya.
Para wisatawan yang ingin membawa sate bebek ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat, tak perlu takut basi. Sate bebek bisa tahan lama untuk dibawa. Selama satu hari satu malam. Konsumen yang berkunjung ke Rumah Makan H. Syamsudin juga ada yang berasal dari Jakarta, Bandung dan Palembang.


Spoiler for SATE BANDENG KHAS BANTEN IBU ALIYAH
[Must Try]Wisata Kuliner Khas BantenYang paling unik dari kuliner khas Banten adalah bentuk penyajiannya dalam bentuk sate, selain sate bebek yang menjadi andalan kuliner Banten yaitu sate bandeng. Kuliner ini sudah terkenal di berbagai penjuru di Indonesia, dengan dipublikasikannya kuliner ini melalui beberapa media, baik itu cetak dan elektronik.Sate Bandeng yang terkenal di Banten yaitu Sate Bandeng Ibu Aliyah (Kaujon Banten). Usaha ini didirikan sejak tahun 1989, merupakan usaha turun-temurun dari sejak dahulu. Harga yang ditawarkan oleh Sate Bandeng Ibu Aliyah termasuk tinggi yaitu sebesar Rp. 25 ribu per ekor.

“Harga boleh lebih mahal tetapi kita mengimbanginya dengan kualitas rasa yang lebih dan beda,” ujarnya.
Aliyah menambahkan percuma dijual harga murah tetapi kualitas rasa tidak diperhatikan.
Aliyah dalam satu hari dapat memproduksi Sate Bandeng sebanyak 60 tusuk dengan ikan sebanyak 20 Kg. Sate Bandeng Ibu Aliyah melakukan inovasi baru dengan menyediakan dua macam pilihan rasa, rasa biasa, manis gurih, dan rasa pedas. Tergantung keinginan pembeli yang mana yang paling disukai. Ikan yang dipilih untuk dibuat sate bandeng tentunya adalah ikan yang terbaik dan masih segar dengan produksi sebanyak dua hari satu kali.

Persaingan usaha pembuatan sate bandeng menurut Aliyah, mengalami persaingan yang tidak sehat. “Dulu saya pertama kali yang mempelopori berjualan sate bandeng di sepanjang jalan tol menuju Serang Timur, tetapi sekarang sudah banyak yang berjualan dengan harga murah dan rasa yang tidak menjamin, maka dari itu saya pindah dan membuka usaha ini di rumah saja,” terangnya.

Aliyah menambahkan dalam menghadapi persaingan merupakan sebuah tantangan baginya dan semakin menambah keyakinannya untuk bisa bertahan di antara persaingan yang ada.


Spoiler for RABEG KHAS SERANG
[Must Try]Wisata Kuliner Khas BantenJika Anda berkunjung ke Banten, tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi makanan khas hidangan untuk para sultan Banten. Warga menyebut makanan akulturasi Arab-Banten itu dengan nama rabeg.

Bahan baku utamanya adalah daging dan jeroan kambing atau Wedhus \).

Bumbu rempah-rempah yang paling menonjol adalah jahe dan lada, dengan sedikit rasa cabai merah. Maklum, dulu Banten memang dikenal sebagai penghasil lada. Sampai-sampai ada daerah yang dinamai Pamarican, pusat penyimpanan dan jual-beli lada pada masa lalu. Letaknya di sebelah utara kompleks keraton, dekat dengan Bandar Banten.

Rasanya yang pedas bisa mengobati rasa pening setelah berpanas-panas keliling Banten. Jangan khawatir tekanan darah naik karena biasanya warung makan juga menyediakan acar atau lalap mentimun untuk menemani menu rabeg.

Menurut beberapa warga asli Serang, rabeg merupakan hidangan istimewa Istana Banten. Namun, rabeg kini menjadi menu khas masyarakat, terutama Serang dan Cilegon, yang biasanya disajikan pada saat pesta dan acara selamatan, terutama pada selamatan akikah kelahiran anak.

Saat ini, rabeg juga menjadi menu makanan yang disajikan di sejumlah warung atau rumah makan. Agak sulit untuk menemukan rabeg karena hanya ada beberapa rumah makan khusus rabeg di Serang.
Salah satunya di daerah Magersari, Jalan Raya Serang-Cilegon, tepat di depan Rumah Tahanan Serang. Di depan rumah makan itu tertulis, ”Rabeg Khas Serang”.

Menu rabeg juga lazim dijual di warung-warung makan khas Sunda-Banten, salah satunya di rumah makan Emak Haji di bilangan Ciceri, Serang. Setiap hari warung makan tersebut menyediakan menu rabeg dengan harga Rp 7.000 untuk satu porsi.

Harus sedikit jeli untuk bisa menemukan tempat makan yang menyediakan menu rabeg. Carilah warung makan yang menempelkan tulisan ”RABEG” pada bagian depan, seperti sebuah warung makan di daerah Lopang, dekat Pasar Lama, Serang,
di Lontar Sipung deket Jembatan Lontar juga ada Nasi Uduk Empal dan Rabeg milik Kang Indin, satu bungkus cukup 10rb untuk rebegnya tanpa nasi, atau yang paling saya suka rabegnya Warung Pojok deket indomaret, disitu bisa sekalian beli jus strawbery mmm yummi.


Spoiler for NASI SUMSUM KHAS SERANG BANTEN
[Must Try]Wisata Kuliner Khas BantenJika berkunjung ke Serang, Banten, jangan lupa mencicipi nasi sumsum. Nasi bercampur sumsum tulang kerbau ini merupakan makanan khas Banten.

Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih dijual di beberapa rumah makan di Serang. Demikian pantauan Liputan 6 SCTV, baru-baru ini.
{begam}pub-4041765120154434/8221935017{/begam}Para penjual awalnya menyiapkan bahan-bahan nasi sumsum di rumah seperti sumsum tulang kerbau. Sedangkan nasi dimasak secara terpisah. Adapun bumbu yang akan menentukan rasa nasi sumsum ditumbuk. Setelah itu, bumbu dicampurkan dengan nasi dan sumsum tulang kerbau. Campuran nasi dan sumsum yang telah diberi bumbu kemudian dibungkus daun.
Bungkusan nasi sumsum selanjutnya dibakar di tempat berjualan. Nasi sumsum biasanya dihidangkan bersama sate lidah kerbau dalam keadaan hangat.


Spoiler for NASI UDUK PLUS EMPAL
[Must Try]Wisata Kuliner Khas Bantenmakanan yang satu ini emang banyak di temui di sepanjang jalan kota serang apalagi arah ke pasarlama dari sumur bor wuiih banyak bgt, tapi ada satu yang paling favorite yaitu
Nasi Uduk Mas Joni, seporsi 12ribuan, yang khas di mas Joni ada emping diameternya kira-kira 20cm gede bgt tapi guriiihnya bkin ketagihan, apalagi di siram pake kecap... mmm kriuk-krnyes maknyus dah \), empal daging empuk bgt, kuahnya gurih.
Nasi Uduk Pakupatan, ini juga edun rasanya, didekat terminal pakupatan sebelah kiri. Nasi uduknya pake acar (asinan). Dan... ada semur jengkolnya yang mantabh ..tabh ..tabh, cobain yu...


ane pribadi paling doyan sama nasi uduk + empal , selain harga nya terjangkau , buat teman begadang selalu ada gan D , warung nya dimana2 banyak . jadi ga repot kalo malam2 lapar Yb :2thumbup

Spoiler for sumber



Spoiler for jangan dibuka please
kaskuser yang baik selalu :rate5 :rate5 :rate5 , yang udah ISO ane ga nolak kok kalo mau :toast :toast :toast
Andreas16Ferian - 26/02/2012 11:32 AM
#2

mantap nih,,kalo bisa diupdate terus gan ...\)

ditambah dengan lokasi2 nya donk ...thumbup:
cakncuk - 26/02/2012 12:43 PM
#3

Quote:
Original Posted By Andreas16Ferian
mantap nih,,kalo bisa diupdate terus gan ...\)

ditambah dengan lokasi2 nya donk ...thumbup:


ada pusat nya juga gan , cekidot :2thumbup

Spoiler for taman sari
[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten
gedhebook - 27/02/2012 09:24 PM
#4

penasaran sm sate bandengnya niiihhh
kangemon - 28/02/2012 02:38 PM
#5

newbie mau nambahin boleh ya gan...

Spoiler for laksa


[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten

Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal.

[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten

lokasi di Jl. Mohammad Yamin Kota Tangerang (deket LP wanita Tangerang)
cakncuk - 28/02/2012 05:05 PM
#6

Quote:
Original Posted By kangemon
newbie mau nambahin boleh ya gan...

Spoiler for laksa


[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten

Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal.

[Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten

lokasi di Jl. Mohammad Yamin Kota Tangerang (deket LP wanita Tangerang)


wow :matabelo ,
anyway thx sob D ijin ane sedot \)
Zibull91 - 16/03/2012 09:13 AM
#7

Nice info gan...
Jangan biarin ke budayaan banten kita hilang matabelo:matabelo
Rangkasbitoeng - 21/03/2012 10:07 AM
#8

Gan, saya mah klo pulang kampung biasanya suka makan ikan kecil-kecil yang namanya klo g salah "impun". Ntu enak gan.

Ada yang jual nggak yah.. :matabelo
bukan.klikklik - 28/03/2012 11:36 AM
#9

Taman Laksa juga oke gan depan LP wanita

atau Nasi Jagal di daerah bayur sana (cuma ga tau itu khas banten apa engga hammers
Pontz.mawee - 05/04/2012 07:57 PM
#10

Nice Share : Monitoring terus ahmalu
dikroas - 08/04/2012 10:49 AM
#11

Wah ane seneng tuh yang Nasi Uduk + Empal ... Klo ane Seneng Nasi Uduk Mang Hariri.... Empalnya mak nyus.. murah cuma 10rb, Tp Rasa Maknyus... Lokasi Depan LP Serang.... :thumbup
ninnonline - 09/04/2012 04:18 PM
#12
Nasi kucing
Assalamu'alaikum..
mohon doa restunya ya gan, akhir mei ane mau buka gerai nasi kucing di daerah pakupatan.
Nanti rencananya ane ada kode khusus buat kaskuser kalo mampir ke nasi kucing ane, setiap agan mau isi ulang es teh manis cukup bilang ke anak buah/ane "sundul gan" ANE KASIH REFILL ES TEH GRATISSS sampe kembung.
Masih banyak konsep2 unik di gerai nasi kucing ane.

Oh iya, tolong bantu kasih ide kreatif lainnya ya.. klik disini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=671853279#post671853279
sitaki - 10/04/2012 10:53 AM
#13

Wah, mantep nehhh info kulinernya ... jadi laper .... pengen icip2.. D

:thumbup
rafa_vanderbach - 03/05/2012 10:03 AM
#14

Buat agan2 yang masih SMA n punya ide-ide bisnis kuliner di Banten, bisa ikut kompetisi Kreativitas & Kewirausahaan Sosial (K3S) Banten 2012.

Hadiahnya menarik lho... Piala Gubernur Banten & Total hadiah senilai 22 juta rupiah.

Info lengkap & Pendaftaran : www.pmbs.ac.id/k3s
Follow : @K3Sbanten
Facebook : www.facebook.com/K3sBanten
pompompom - 06/05/2012 04:43 PM
#15

Quote:
Original Posted By ninnonline
Assalamu'alaikum..
mohon doa restunya ya gan, akhir mei ane mau buka gerai nasi kucing di daerah pakupatan.
Nanti rencananya ane ada kode khusus buat kaskuser kalo mampir ke nasi kucing ane, setiap agan mau isi ulang es teh manis cukup bilang ke anak buah/ane "sundul gan" ANE KASIH REFILL ES TEH GRATISSS sampe kembung.
Masih banyak konsep2 unik di gerai nasi kucing ane.

Oh iya, tolong bantu kasih ide kreatif lainnya ya.. klik disini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=671853279#post671853279

semoga sukses pembukaannya nanti dan ane bisa mampir.
jef23 - 16/05/2012 02:30 AM
#16

Info kuliner nya bagus2 nih...sesama wilayah tangerang nih...:thumbup
nadiyani - 24/05/2012 09:11 AM
#17

Quote:
Original Posted By ninnonline
Assalamu'alaikum..
mohon doa restunya ya gan, akhir mei ane mau buka gerai nasi kucing di daerah pakupatan.
Nanti rencananya ane ada kode khusus buat kaskuser kalo mampir ke nasi kucing ane, setiap agan mau isi ulang es teh manis cukup bilang ke anak buah/ane "sundul gan" ANE KASIH REFILL ES TEH GRATISSS sampe kembung.
Masih banyak konsep2 unik di gerai nasi kucing ane.

Oh iya, tolong bantu kasih ide kreatif lainnya ya.. klik disini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=671853279#post671853279


asik.... warung makan punya kaskuser...
sundul gaaan..
nadiyani - 24/05/2012 09:16 AM
#18

Quote:
Original Posted By ninnonline
Assalamu'alaikum..
mohon doa restunya ya gan, akhir mei ane mau buka gerai nasi kucing di daerah pakupatan.
Nanti rencananya ane ada kode khusus buat kaskuser kalo mampir ke nasi kucing ane, setiap agan mau isi ulang es teh manis cukup bilang ke anak buah/ane "sundul gan" ANE KASIH REFILL ES TEH GRATISSS sampe kembung.
Masih banyak konsep2 unik di gerai nasi kucing ane.

Oh iya, tolong bantu kasih ide kreatif lainnya ya.. klik disini:
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=671853279#post671853279


asik.... warung makan punya kaskuser...
sundul gaaan..
L10nelmess1 - 31/05/2012 02:30 AM
#19

nice gan buat bahan skripsi ane wisata kuliner has banten
bh - 31/05/2012 06:45 AM
#20

ini wajib dicoba dagh mah o

met walik dagh beer:
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Banten > [Must Try]Wisata Kuliner Khas Banten