YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Trik Agar Gaji Tak Selalu Habis
Total Views: 758 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

angelkidz - 09/03/2012 08:14 AM
#1
Trik Agar Gaji Tak Selalu Habis
Bingung gaji bulanan seringkali habis tak bersisa, bahkan masih pertengahan bulan kita sudah teriak gaji habis. Anda mungkin berdalih kalau semuanya serba mahal dan gaji tidak cukup untuk membiayai pengeluaran bulanan.

Eits tunggu dulu, jangan-jangan semua itu karena Anda kurang baik dalam mengelola keuangan Anda dan bisa jadi juga dipengaruhi gaya hidup Anda yang boros. Padahal, kalau Anda ingat sebelumnya gaji Anda lebih kecil dari sekarang toh cukup-cukup saja.

Agar kebiasaan ini tidak terus menerus dan merugikan Anda, berikut ada beberapa tips untuk mengelola gaji Anda:

>> Nabung dulu, jangan tunggu sisanya

Kebanyakan orang menabung ketika sisa gaji hampir habis, ini pemikiran yang salah. Mulailah sekarang menyisihkan gaji Anda sesuai kemampuan untuk ditabung. Anda bisa buka rekening baru tanpa menggunakan ATM atau ikut program tabungan recana yang ada di hampir setiap bank.

>> Budgeting adalah keharusan

Tiap awal bulan kamu harus membuat budgeting yang rapi agar pengeluaranmu bisa terkontrol. Pisahkan kewajiban seperti misalnya hutang dan cicilan. Untuk asuransi dan tabungan juga
harus ada porsinya tersendiri

>> Disiplin dalam perencanaan keuangan

Jika kamu sudah merencanakan keuangan maka kamu harus berdisiplin. Jika jatah untuk bersenang-senang sudah habis jangan memaksakan diri mengambil porsi dari pos pengeluaran lain.

>> Belanja sesuai kemampuan

Berbelanjalah sesuai uang yang Anda punya bulan ini, bukan berdasarkan seberapa uang atau bonus yang akan Anda dapat di kemudian hari. Ingat, jangan mengeluarkan uang untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya.

>> Batasi penggunaan kartu kredit

Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet jika Anda tidak bisa mengontrol penggunaannya. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya, segera setelah gaji Anda masuk.

>> Jangan remehkan uang receh

Anda tentunya sering menerima kembalian dari swalayan atau sehabis makan di restoran. Coba deh untuk menyimpannya di dompet khusus, uang receh ini bisa Anda gunakan untuk membayar parkir, membeli cemilan atau bisa juga digunakan untuk membeli kebutuhan kecil tak terduga.

>> Buat dana cadangan

Dana cadangan ini penting banget lho untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga misalnya seperti kondangan, membeli hadiah atau sekedar mengganti ban mobil yang sudah rusak.

>> Investasi

Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini sama saja seperti Anda menabung disiplin.

Nah sekarang udah tau kan cara mengelola gaji, coba dipraktekkan ya dan semoga berhasil!

Spoiler for sumber
jualanpertamax - 09/03/2012 08:41 AM
#2

:sorry
angelkidz - 09/03/2012 09:22 AM
#3

Quote:
Original Posted By jualanpertamax
:sorry


apaan sihh luu... koment cuma emot doang capedes
edora26 - 09/03/2012 07:43 PM
#4

nice share gan.. cocok di coba untuk ane yang boros nih..
gaji sebulan kadang ng'pas kadang kurang lebih seringnya kurangan... hammer
aquilani. - 10/03/2012 04:44 AM
#5

indutz.jr - 10/03/2012 10:33 AM
#6

receh2 biasanya ane tabung gan
baonkfram - 10/03/2012 11:10 AM
#7

ada yg udah di lakuin tp ada jg yg belum...
tetapi kenapa koq ane lbh percaya klo pendapatan meningkat pasti pengeluaran jg akan bertambah, knp tuh ya gan??
xxradithyaxx - 10/03/2012 03:40 PM
#8

Quote:
Original Posted By baonkfram
ada yg udah di lakuin tp ada jg yg belum...
tetapi kenapa koq ane lbh percaya klo pendapatan meningkat pasti pengeluaran jg akan bertambah, knp tuh ya gan??


ahahhaa ane setuju ama agan ini.
pas gaji 1 jt habis,pas gaji 2 jt habis jg.
makin banyak gaji,makin banyak pengeluaran.
skrg gaji 3 jt habis jg buat makan anak istri.
zzzzzzzzzzz

tapi bagus saran TS..semoga ane bisa praktekin.

Yb Yb Yb
angelk1dz - 14/03/2012 02:11 PM
#9

Quote:
Original Posted By edora26
nice share gan.. cocok di coba untuk ane yang boros nih..
gaji sebulan kadang ng'pas kadang kurang lebih seringnya kurangan... hammer


ngakak sama kek ane hammers

Quote:
Original Posted By xxradithyaxx


ahahhaa ane setuju ama agan ini.
pas gaji 1 jt habis,pas gaji 2 jt habis jg.
makin banyak gaji,makin banyak pengeluaran.
skrg gaji 3 jt habis jg buat makan anak istri.
zzzzzzzzzzz

tapi bagus saran TS..semoga ane bisa praktekin.

Yb Yb Yb


yah setidaknya di bisain nabung walo 500k/bln gan buat jaga2 nnti ke depan takut ada sesuatu.. hammers [syahrini]
FourensixDesign - 15/03/2012 12:11 AM
#10

thanks gan..

ane banget nih yang sulit ngontrol pengeluaran... D
jekoz - 15/03/2012 11:03 AM
#11

Berguna banget nih gan buat ane, Thank you poll :thumbup ilovekaskus
OldMan_41 - 15/03/2012 11:07 AM
#12

Wah., boleh dicoba tuh gan trik nya :thumbup

btw uang receh ane udah menumpuk tuh, bingung mau make nya gmn.?? ngakaks
.betheone. - 15/03/2012 11:10 AM
#13

bener banget tuh urang receh,, ane suka nyimpen uang receh.. tau2 udah banyak aja trus d tabung deh.. army:
udinbukanudin - 15/03/2012 11:11 AM
#14

ane gajiannya cuman dari uang bekal kuliah tapi ane anggep itu gaji
udah ane lakuin 2-3bln an akhir2 ini trik2 di atas soalnya mau beli suatu barang
yg cmn anak kuliahan aja ane bisa kumpulin 1jt lumayan lah buat anak kostan mah
tp ane pengen nyoba investasi masih bingung investasi apaan ya gan yg cocok buat anak kost
gandalfr - 15/03/2012 11:13 AM
#15

Setuju banget ma yang ini
Quote:

>> Nabung dulu, jangan tunggu sisanya
>> Jangan remehkan uang receh


recehan berfungsi bener pas kehabisan uang di akhir bulan

thumbup:thumbup:thumbup
gopeklimaratus - 15/03/2012 11:15 AM
#16

klo ane tuhh jarang makan diluar maknnya gaji utuh terus ngakakngakak
klo makan dirumah rumah ortu kan gak ngeluarin uang

maklum ane blom punya cwek jdinya jarang bnget makan diluar

Peace:Peace:

klo inverstasi sekarang ane kurang percaya soalnya bnyak penipuan
abg ipar ane pernah ditipuin invertasi gk jelas ampe 50 jeti
i2nUpil - 15/03/2012 11:17 AM
#17

wahhh ide nya bener banget nih gan..

tambahin satu lagi gan, 2,5% amalin dikit p
udinbukanudin - 15/03/2012 11:18 AM
#18

Quote:
Original Posted By gopeklimaratus
klo ane tuhh jarang makan diluar maknnya gaji utuh terus ngakakngakak
klo makan dirumah rumah ortu kan gak ngeluarin uang

maklum ane blom punya cwek jdinya jarang bnget makan diluar

Peace:Peace:

klo inverstasi sekarang ane kurang percaya soalnya bnyak penipuan
abg ipar ane pernah ditipuin invertasi gk jelas ampe 50 jeti


nah ini dia yg bikin ane jiper buat ikutan investasi2 kaya begituan
banyak oknum gak bertanggung jawab
tp ane rencana mau ikut inves di sodara yg punya ternak ayam malus
gopeklimaratus - 15/03/2012 01:00 PM
#19

Quote:
Original Posted By udinbukanudin


nah ini dia yg bikin ane jiper buat ikutan investasi2 kaya begituan
banyak oknum gak bertanggung jawab
tp ane rencana mau ikut inves di sodara yg punya ternak ayam malus


wah mudah2an lancar gan investasi nya ..



dewa.kasus - 25/03/2012 12:37 AM
#20

saran yang pertama udah ane lakukan gan tuh
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Trik Agar Gaji Tak Selalu Habis