Mamalia
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
Total Views: 9678 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 15 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

skanking06 - 11/03/2012 11:27 PM
#1
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
sebelumnya saya minta maaf dengan yang membuat TS http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=1493969 ini, karena di TS itu menjelaskan semua jenis tupai.

nah, sekarang saya membuat TS hanya untuk membahas pecinta tupai terbang atau flying squirrel

jadi untuk para mastah atau yang sudah berpengalaman yang memelihara pecinta tupai terbang atau flying squirrel di rumah, mohon untuk sharenya dari kandang, cara makanannya, dll yang berhubungan dengan pecinta tupai terbang atau flying squirrel

karena saya masih newbie untuk memelihara pecinta tupai terbang atau flying squirrel

mohon bantuannya

tapi jika para agan agan atau para mastah yang mempunyai TS yang sudah membahas tentang pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni), coba link nya cantumkan

semoga TS yang saya buat tidak membuat para kaskusker engan untuk komeng, memberi :rate5 dan cendolbig

salam tupai lovers iloveindonesia

saya membuat TS ini dengan kaskus beta D

Dari agan
Quote:
Original Posted By Wing00



Siklus Hidup Tupai Terbang

pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
Southern flying squirrel (Glaucomys volans)

Nama: Glaucomys volans
Harapan hidup: 10-12 tahun
Panjang: 20-25 cm, termasuk ekor
Berat: 56–85 gram

Terdapat banyak spesies tupai terbang, salah satu yang cukup terkenal adalah Southern Flying Squirrel/Glaucomys volans. Nama Glaucomys volans sendiri berasal dari bahasa Yunani ( Glauko = abu-abu, mys = tikus, volans = terbang) yang jika diartikan adalah tikus abu-abu yang bisa terbang.

Meskipun demikian, tupai terbang sebenarnya tidak bisa terbang seperti burung. Hanya satu mamalia yang benar-benar dapat terbang, yaitu kelelawar. Tupai terbang hanya bisa melayang (glide) dari satu pohon ke pohon lainnya ataupun meluncur dari pohon ke tanah tanpa harus mengalami cedera. Kemampuan melayang mereka cukup mengagumkan, pernah tercatat mampu menempuh jarak hingga 90 meter jauhnya. Tupai terbang menggunakan pergelangan tangan mereka sebagai kemudi, sedangkan ekor berbulu mereka digunakan untuk keseimbangan dan rem sebelum pendaratan.

Tupai terbang memiliki bulu sangat tebal dengan mata gelap yang sangat besar, karena tupai terbang adalah hewan nokturnal. Di bagian sisi tubuh mereka di antara kaki depan dan kaki belakang terdapat mebran tipis seperti kulit ditutupi bulu yang digunakan untuk melayang.

Keluarga tupai terbang memiliki banyak jenis yang tersebar di dunia. Diketahui terdapat 15 genus tupai terbang : Aeretes, Aeromys, Belomys, Biswamoyopterus, Eoglaucomys, Eupetaurus, Glaucomys, Hylopetes, Iomys,Petaurillus, Petaurista, Petinomys, Pteromys, Pteromyscus, dan Trogopterus. Yang terbesar adalah spesies tupai terbang berbulu (Eupetaurus cinereus).

Habitat

Habitat tupai terbang beragam tergantung jenis dan penyebarannya. Untuk Glaucomys volans biasanya ditemukan di selatan dan timur Amerika Serikat. Di Indonesia, tupai-tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa.

Tupai terbang membuat sarang di lubang-lubang di pohon berbatang besar, biasanya pohon mati. Di dalam lubang tersebut, tupai terbang suka meletakkan daun dan ranting untuk membuat sarang mereka lebih nyaman dan hangat. Tidak jarang tupai terbang menggunakan sarang burung pelatuk yang sudah ditinggalkan sebagai sarang baru mereka. Tupai terbang memiliki kebiasaan sering berpindah-pindah dari sarang satu ke sarang lain dan suka berbagi sarang dengan tupai terbang lainnya (5-7 tupai terbang dalam 1 sarang). Kebiasaan berbagi sarang ini kemungkinan ada hubungannya dengan sistem pertahanan mereka dalam menjaga suhu tubuh selama musim dingin, karena tupai terbang tidak melakukan hibernasi, mereka tetap bangun dan aktif mencari makan di musim dingin sekalipun. Namun ada kalanya dimana cuaca buruk saat musim dingin, tupai terbang akan membatasi aktivitas mereka di malam hari.

Makanan

Tupai terbang adalah hewan nokturnal, mereka aktif di malam hari. Tupai terbang lebih sering melayang di malam hari karena mereka tidak mahir melarikan diri dari burung pemangsa yang berburu di siang hari. Alasan lainnya adalah tupai terbang dapat dengan mudah mencari makanan di malam hari, karena indera penciuman mereka sangat tajam.

Makanan tupai terbang di alam liar antara lain: buah-buahan, kacang-kacangan, jamur, telur burung, dan serangga (ngengat). Sumber makanan utama tupai terbang adalah truffle, jamur langka yang merupakan jamur termahal di dunia.Saat pasokan makanan rendah, tupai terbang akan menyimpan lumut dan biji-bijian sebagai cadangan makanan mereka.

Spoiler for "makanan kesukaan tupai terbang"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
makanan kesukaan tupai terbang


Siklus Hidup

Tupai terbang berkembang biak sekali setahun biasanya di bulan Mei atau Juni. Masa kehamilan tupai terbang sekitar 40 hari dimana jumlah anak yang dilahirkan antara 2-6 ekor. Sejak dilahirkan, anak-anak tupai terbang akan dirawat dan dilindungi oleh induk betina mereka hingga mereka mampu meninggalkan sarang. Induk jantan tidak berpartisipasi dalam mengasuh keturunan mereka. Anak tupai terbang terlahir gundul, mata tertutup, dengan kulit berwarna merah transparan. Berat bayi tupai terbang berkisar antara 3-6 gram dengan panjang 60 mm. Setelah 2 minggu berat mereka akan bertambah menjadi 10-15 gram.

Sekitar usia 4 minggu, mata anak tupai sudah mulai terbuka dan tubuh mereka sudah sepenuhnya ditumbuhi bulu dengan berat badan 25 gram dan panjang 15 cm. Di minggu-minggu selanjutnya, anak tupai mulai berlatih melompat dan melayang. Setelah 7 minggu tupai terbang remaja sudah bisa melayang hingga 1,8 m, dan akan benar-benar mandiri setelah berusia 12 minggu.Tupai terbang akan dewasa secara seksual sekitar 1-2 tahun dan siklus kembali berulang.

Spoiler for "bayi tupai terbang"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


Perbedaan Tupai Terbang dan Sugar Glider


Saat ini, tupai terbang dan sugar glider banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan. Meskipun memiliki tampilan fisik yang mirip: mata besar, bagian perut berwarna putih, dan membran di sisi tubuh yang dapat digunakan untuk melayang, tupai terbang dan sugar glider adalah berasal dari 2 subclass berbeda, mereka hanya berkerabat jauh bukan satu keluarga. Tupai terbang masuk dalam subclass hewan berplasenta, yaitu hewan yang semasa janin berkembang dalam plasenta di dalam tubuh induknya. Sedangkan Sugar glider masuk dalam subclass marsupalia (hewan berkantung), sama halnya seperti kangguru dan koala, dimana janin dikeluarkan dari tubuh sang induk dengan ukuran sangat kecil untuk selanjutnya berkembang dan menyusui di dalam kantong induknya.

Untuk lebih jelas : Klik Disini

Tupai Terbang
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mamalia
Subclass: Eutheria (hewan berplasenta)
Ordo: Rodentia (hewan pengerat)
Family: Sciuridae (tupai)
Subfamily: Pteromyinae (tupai terbang)
Genus: Glaucomys
Spesies: volans

Sugar Glider
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mamalia
Subclass: Marsupialia (hewan berkantung)
Ordo: Diprotodontia
Family: Petauridae
Genus: Petaurus
Spesies: breviceps

Spoiler for "Sugar Glider (Petaurus breviceps)"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)




Beberapa Jenis Tupai Terbang

Spoiler for "Black Flying Squirrels (Aeromys tephromelas )"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
tersebar mulai dari Thailand hingga Borneo


Spoiler for "Hairy-footed Flying Squirrel (Belomys pearsonii)"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
tersebar di Asia Tenggara


Spoiler for "Namdapha Flying Squirrel (Biswamoyopterus biswasi)"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
tersebar di India


Spoiler for "Hylopetes sp"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
tersebar di Asia


Spoiler for "Red And White Giant Flying Squirrel (Petaurista alborufus)"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
terbesar di Asia


Spoiler for "Red Giant Flying Squirrel (Petaurista petaurista)"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
tersebar di Asia Tenggara


Spoiler for "Siberian Flying Squirrel (Pteromys volans)l"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


sumber = http://adearisandi.wordpress.com
adie.sunkyu - 12/03/2012 04:20 AM
#2

Hylopetes winstoni (sumatran flying squirel)
emang bener gan ini nama ilmiahnya FS yg ada dipasaran ??
tapi di pic yg dibisikin ama embah , kok agak beda ya
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
x-code - 12/03/2012 12:28 PM
#3

ane juga punya gan. tp dah ane jual kemaren. D

Spoiler for "FS"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
rega07 - 12/03/2012 03:03 PM
#4

ane jg bli gan kmarin, ane juga pingn bljr tntang tupai ni. jdi tlong para sesepuh sharing ya
skanking06 - 12/03/2012 06:07 PM
#5

Quote:
Original Posted By adie.sunkyu
Hylopetes winstoni (sumatran flying squirel)
emang bener gan ini nama ilmiahnya FS yg ada dipasaran ??
tapi di pic yg dibisikin ama embah , kok agak beda ya
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


sebenernya itu bajing loncat gan, tupai sama bajing beda. bedaiinya gampang gan. kalau tupai pasti idungnya lebih panjang daripada bajing. kalau tupai terbang gedenya bisa hampir sebesar dada sampai perut orang dewasa

Quote:
Original Posted By x-code
ane juga punya gan. tp dah ane jual kemaren. D

Spoiler for "FS"
pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


wah padahal ane pingin banget gan, tupai ane baru aja kabur entah kemana soalnya di colok colok pake tusukan baso sama adik ane jadi mungkin si bajing loncatnya berontak berdukas

Quote:
Original Posted By rega07
ane jg bli gan kmarin, ane juga pingn bljr tntang tupai ni. jdi tlong para sesepuh sharing ya


iya gan ane berharap para sesepuh datang dimari...
skanking06 - 12/03/2012 10:35 PM
#6

alhamdulillah tupai ane ga kabur gan, balik lagi ke kandangnya D
Yojinbo - 13/03/2012 11:44 AM
#7

GAn ane pingin beli tupai yg jinak jenisnya apa ya ?kasih info ganngacir:
skanking06 - 13/03/2012 01:49 PM
#8

Quote:
Original Posted By Yojinbo
GAn ane pingin beli tupai yg jinak jenisnya apa ya ?kasih info ganngacir:


gan, tupai dan bajing berbeda...

kalau menurut ane mah semua tupai atau bajing juga bisa jinak tapi di urusnya kalau bisa dari baby tapi yang sudah bisa makan sendiri soalnya kalau ngerawat dari besar, agak repot dan susah jinaknya
skanking06 - 13/03/2012 07:26 PM
#9

aduh tupai ane mokad gan berduka
sh.play - 18/03/2012 08:15 AM
#10

Quote:
Original Posted By skanking06
aduh tupai ane mokad gan berduka


fs emang sulit gan miaranya, padahal pagi keliatan sehat2 aja lincah gt, eh nggak taunya siangnya mati:nohope
udah banyak kok yg ngalamin kayak gt
skanking06 - 18/03/2012 08:03 PM
#11

Quote:
Original Posted By sh.play


fs emang sulit gan miaranya, padahal pagi keliatan sehat2 aja lincah gt, eh nggak taunya siangnya mati:nohope
udah banyak kok yg ngalamin kayak gt


iya gan, pagi paginya mah sehat sehat aja. kira kira bajing terbang kok bisa cepat mati, kenapa ?
sh.play - 19/03/2012 05:53 AM
#12

Quote:
Original Posted By skanking06


iya gan, pagi paginya mah sehat sehat aja. kira kira bajing terbang kok bisa cepat mati, kenapa ?


wah kurang tau y gan, itu ane tau dari baca2 pengalamanya yg udah pelihara fs aja
kalo ane dulu waktu beli fs belum ada 24jam udah kabur:nohope
mau beli lg takut mati sm harganya mahalp jd pelihara BK aja,,hehe
thegunstya - 19/03/2012 09:02 AM
#13

ini punya ane
udah 1 bulan sehat2 aja.
setau saya fs gk tahan dingin. perlu tempat hngat buat tidur biar gk mati. jangan sekali kali ngelepas fs di kamar saat lagi tidur bahaya banget buat keselamatan fs. bisa mati pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)
sh.play - 19/03/2012 11:41 AM
#14

Quote:
Original Posted By thegunstya
ini punya ane
udah 1 bulan sehat2 aja.
setau saya fs gk tahan dingin. perlu tempat hngat buat tidur biar gk mati. jangan sekali kali ngelepas fs di kamar saat lagi tidur bahaya banget buat keselamatan fs. bisa mati pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


mungkin bisa di share gan tips2 melihara FSnya??shakehand2
skanking06 - 19/03/2012 05:20 PM
#15

Quote:
Original Posted By thegunstya
ini punya ane
udah 1 bulan sehat2 aja.
setau saya fs gk tahan dingin. perlu tempat hngat buat tidur biar gk mati. jangan sekali kali ngelepas fs di kamar saat lagi tidur bahaya banget buat keselamatan fs. bisa mati pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)


seperti iya gan kedinginan. sama ane simpen di kamar tapi ga di tutupin kandangnya tp sama ane udah di kasih ke hangatan...

Quote:
Original Posted By sh.play


wah kurang tau y gan, itu ane tau dari baca2 pengalamanya yg udah pelihara fs aja
kalo ane dulu waktu beli fs belum ada 24jam udah kabur:nohope
mau beli lg takut mati sm harganya mahalp jd pelihara BK aja,,hehe


di bandung mah murah gan di bawah 40rb FS yg masih baby yg masih warna abu abu seperti yg di atas...
sh.play - 19/03/2012 05:46 PM
#16

Quote:
Original Posted By skanking06

di bandung mah murah gan di bawah 40rb FS yg masih baby yg masih warna abu abu seperti yg di atas...


murah amat gan, andai di surabaya semurah itu udah ane borong dehngakak
skanking06 - 20/03/2012 10:00 AM
#17

Quote:
Original Posted By sh.play


murah amat gan, andai di surabaya semurah itu udah ane borong dehngakak


iya gan murah, hehe...
mang di sana berapa gan ?
sh.play - 20/03/2012 04:11 PM
#18

Quote:
Original Posted By skanking06


iya gan murah, hehe...
mang di sana berapa gan ?


ane dtawarin orang aja 1 ekor 150rb disinihammer
skanking06 - 21/03/2012 12:45 AM
#19

Quote:
Original Posted By sh.play


ane dtawarin orang aja 1 ekor 150rb disinihammer


mahal bener gan. ane sih bisa jual murah tapi kalau keluar kota ane ga berani ngirim soalnya ga tau cara packingnya D
sh.play - 21/03/2012 12:49 AM
#20

Quote:
Original Posted By skanking06


mahal bener gan. ane sih bisa jual murah tapi kalau keluar kota ane ga berani ngirim soalnya ga tau cara packingnya D


packing y cuma ditaruh kandang aja gan sm dikasih makanya, terus kandangnya ditutupi kain ato kertas gt,,ane kalo ngirim BK biasanya gt
Page 1 of 15 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > pecinta tupai terbang atau flying squirrel (Hylopetes winstoni)