Germany
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Germany > Tanya jawab : Kuliah dijerman dan sekitarnya
Total Views: 93549 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 145 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

capek - 22/06/2008 09:10 PM
#1
Tanya jawab : Kuliah dijerman dan sekitarnya
Halo kk-kk senior di Jerman.hehe gw mau nanya nih... gw skrg lagi STK di Berlin smester 1 (FH bukan Uni)..
maunya pas kuliah ngambil Angewandte Informatik..
Meine erste Frage ist:
Ada masukan ga FH mana kira2 yang direkomendasiin?

FYI, nilai2 smester 1 gw sih pas2an.. paling tinggi klausur jg 10 NP (di Berlin pake sistem Noten Punkte) sisanya rata2 7-8 NP lah.. takut juga jelek ntar Zeugnis nya. Awalnya gw pgn di FHTW Berlin, tapi abis lyat di www.zeit.de ranking nya jelek banget banyak kuning sm merah nya.. tapi ttp aja klo daftar takut ga diterima karena nilai2 gw soalnya NC di sana.
meine zweite Frage ist:
Apa bener chance kita lebih besar keterima di FH/UNI kota dimana kita ambil STK?

ok vielen Dank, ich freue mich auf eure Antworte \)\)
----------------------------------------------------------------------------------------------------- -------------
numpang dikit yah : -komandan-

Quote:
Original Posted By YohanaP
hy tmn2...
ni sengaja g copy dari situs DAAD...
sapa tau pada males.... huaahahha...
(bukan maksud jiplak)

Tanya - jawab Studi

Tertarik untuk studi atau penelitian di Jerman? Di sini Anda dapat menemukan informasi mengenai sistem pendidikan Jerman, akomodasi, biaya kuliah, kerja paruh waktu, dll.
1
Dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai studi di Jerman?
2
Berapa jumlah Institusi Pendidikan Tinggi yang ada di Jerman?
3
Gelar apa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Jerman?
4
Kualifikasi apa yang diperlukan untuk bisa masuk ke Institusi Pendidikan Tinggi Jerman?
5
Apakah saya harus menguasai bahasa Jerman?
6
Bagaimana studi doktoral di Jerman?
7
Apakah "Graduiertenkolleg" itu?
8
Apakah saya harus membayar uang kuliah?
9
Berapa besar biaya hidup per bulan?
10
Apakah saya harus mengajukan visa dan apa persyaratannya?
11
Bisakah saya memperoleh beasiswa atau bantuan?
12
Bagaimana cara mencari tempat tinggal?
13
Apakah saya boleh bekerja sewaktu studi di Jerman?
14
Apakah Institusi Pendidikan Tinggi Jerman membuka program studi singkat atau kursus musim panas?



1. Dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai studi di Jerman? top

Kantor DAAD Jakarta merupakan tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Jam kunjungan kami Senin - Kamis, jam 13.30 - 16.00. Staff DAAD akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda mengenai studi dan penelitian di Jerman. Kami juga menyediakan internet yang dapat digunakan untuk mencari referensi, perguruan tinggi atau profesor di Jerman. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan via fax atau email. Kami akan menjawab pertanyaan tersebut.

Tentu saja Anda juga dapat mencari informasi yang dibutuhkan melalui situs berikut:

www.campus-germany.de
www.daad.de/deutschland/en/index.html
www.auswaertiges-amt.de/www/de/adressen_html
www.studienkollegs.de



2. Berapa jumlah Institusi Pendidikan Tinggi yang ada di Jerman? top

Secara keseluruhan terdapat 324 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh Jerman. Universitas dibangun atas prinsip "kesatuan antara penelitian dan pengajaran" dan memiliki reputasi internasional yang baik. Dalam kapasitasnya sebagai universitas yang modern, universitas mengkombinasikan riset murni dan terapan. Perjanjian kerjasama lintas disiplin ilmu dengan lembaga kerjasama multinasional dan institusi penelitian sudah jamak dilakukan. Hal ini akan memperkuat daya saing lulusan universitas.

Jumlah Fachhochschule (FH) atau University of Applied Science di Jerman cukup banyak. FH memberikan pelatihan akademis profesional yang berkualitas tinggi bagi mereka yang tidak mengejar karir dalam ilmu murni. Di samping penyampaian teori, FH juga menitikberatkan praktek yang dilakukan mahasiswa FH di perusahaan atau organisasi pelayanan sosial.

Anda dapat memilih dari Institusi Pendidikan Tinggi berikut ini:

* 118 universitas, termasuk Universitas Teknik, Sekolah Tinggi Teologi, Perguruan Tinggi Komprehensif, Sekolah Tinggi Pedagogik, dengan lebih dari 1,3 juta mahasiswa
* 52 Sekolah Tinggi Musik, Seni dan Film, memiliki sekitar 30.000 mahasiswa
* 154 Fachhochschule, dengan total mahasiswa lebih dari 400.000 orang

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada situs berikut:
www.higher-education-compass.de



3. Gelar apa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Jerman? top

Gelar standar yang ditawarkan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Jerman adalah Diplom atau Diplom (FH) , contohnya Diplom-Inginieur untuk bidang teknik atau Diplom Sozialpaedagoge (FH) bagi lulusan bidang pendidikan sosial, dan Magister Artium (MA). Staatsexamen atau Ujian Negara adalah kualifikasi yang diperlukan bagi profesi tertentu yang diawasi oleh negara seperti hukum, kedokteran, farmasi, dll.

Informasi mengenai gelar dapat dilihat pada situs berikut:
www.higher-education-compass.de

Universitas dan Sekolah Tinggi di Jerman juga memberikan kualifikasi internasional yakni gelar Bachelor dan Master dengan lebih dari 1000 jurusan dan program studi. Gelar yang diberikan bervariasi tergantung dari jurusannya, sebagai berikut:

* "Bachelor of Arts" (BA) atau "Master of Arts" (MA)
Studi bahasa dan kebudayaan, hukum, ekonomi dan ilmu sosial, dan sejarah seni

* "Bachelor of Science" (BSc) atau "Master of Science" (MSc)
Matematika, ilmu pengetahuan alam, kedokteran dan kedokteran hewan, pertanian, kehutanan dan ilmu nutrisi/diet, ditambah teknik

* "Bachelor of Business Administration" (BBA) atau "Master of Business Administration" (MBA)
Ekonomi dan manajemen bisnis

* "Bachelor of Computer Science" atau "Master of Computer Science"
Ilmu komputer

* "Bachelor of Social Work" atau "Master of Social Work"
Social Work dan Social Education

Daftar gelar Bachelor dan Masteryang ditawarkan oleh jurusan dan program studi di Institusi Pendidikan Tinggi Jerman dapat dilihat di www.daad.de/deutschland/studium/idp/04709.en.html



4. Kualifikasi apa yang diperlukan untuk bisa masuk ke Institusi Pendidikan Tinggi Jerman? top

* Jika Anda ingin studi untuk mendapatkan gelar, Anda harus memiliki kualifikasi untuk masuk perguruan tinggi. Jika sertifikat tanda tamat belajar yang Anda miliki diakui setara dengan Abitur (ijazah yang diperoleh lulusan SMU Jerman sebagai kualifikasi untuk bisa studi di perguruan tinggi), Anda dapat langsung masuk ke Institusi Pendidikan Tinggi Jerman. Jika tidak, Anda harus terlebih dulu mengikuti Fesstellungspruefung (ujian masuk ke perguruan tinggi Jerman) di Jerman untuk menentukan apakah Anda layak untuk studi.

* Jika Anda berencana studi pascasarjana, studi lanjutan atau tambahan, gelar sarjana Anda harus memenuhi kualifikasi untuk masuk ke jurusan yang Anda minati tersebut.

* Jika Anda ingin studi doktoral di Jerman, Anda harus benar-benar memiliki gelar pascasarjana yang setara dengan gelar yang diberikan universitas Jerman. Kesetaraan ditentukan oleh masing-masing universitas dan Anda harus langsung menghubungi universitas bersangkutan (www.higher-education-compass.de).

* Sejumlah jurusan, terutama di bidang seni dan musik, mensyaratkan pelamar untuk mendemonstrasikan bakat seni mereka dalam tes kecakapan (Eignungspruefung)



5. Apakah saya harus menguasai bahasa Jerman? top

Biasanya bahasa pengantar di universitas dan sekolah tinggi Jerman adalah bahasa Jerman

* Jika Anda ingin menyelesaikan studi sarjana atau pascasarjana, Anda harus memberikan bukti kemampuan bahasa Jerman. TestDaf adalah tes bahasa Jerman terpusat yang telah terstandardisasi mengikuti "Test of English as a Foreign Language" (TOEFL). TestDaf memberi kesempatan bagi pelamar studi asing untuk mengikuti tes kemampuan bahasa yang dibutuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi Jerman. Tes tersebut dapat diambil di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silakan langsung menghubungi Goethe Institut Jakarta (Tel. 021 23550208). Pelamar studi harus lulus "TestDaf - Niveaustufe 5" (Level 5) di empat bagian ujian. Informasi detil mengenai TestDaf bisa ditemukan di www.testdaf.de

* Sertifikat lain yang dapat menjadi bukti bahwa Anda telah memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Jerman adalah:

* "Deutsches Sprachdiplom der Kultusministerkonferenz - Zweite Stufe", yang dapat diambil di sekolah Jerman di luar negeri
* "Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang ausländischer Studienbewerber" (DSH), tes bahasa Jerman bagi pelamar studi asing yang dapat dilakukan di universitas Jerman
* Sertifikat "Feststellungsprüfung", yang diberikan bagi pelamar studi yang telah lulus tes penilaian (assessment test)
* Sertifikat "Kleines Sprachdiplom", "Großes Sprachdiplom" or "Zentrale Oberstufenprüfung" dari Goethe Institute. Informasi lebih lanjut tersedia dalam bahasa Jerman di situs www.kmk.org/ausland/home.html (di bawah "Beschlüsse)

* Kemampuan bahasa Jerman bukan merupakan syarat masuk untuk studi di sejumlah international degree courses and programs (jurusan dan program studi yang memberikan gelar internasional) , karena paling tidak pada semester awal dilangsungkan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, bukti kemampuan bahasa Inggris akan diperlukan.
* Kemampuan bahasa yang dibutuhkan untuk studi doktoral tergantung dari bidang penelitian yang akan diambil. Pada umumnya Anda harus memiliki kemampuan bahasa Jerman. Namun pada kasus tertentu mahasiswa program doktoral dimungkinkan untuk menulis tesis dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Silakan menanyakan ke universitas bersangkutan mengenai pengaturannya.
* Bahasa Jerman tidak diperlukan untuk kunjungan studi singkat (seperti penelitian atau kursus musim panas). Namun, pengetahuan bahasa Jerman selalu membantu.


6. Bagaimana studi doktoral di Jerman? top

Segera setelah menentukan topik, Anda harus mencari profesor yang bersedia menjadi pembimbing akademik. Jika Anda telah memiliki pembimbing akademik, Anda harus mendaftar ke universitas bersangkutan untuk beberapa semester dan mengikuti mata kuliah tertentu. Silakan menanyakan sesegera mungkin, apakah gelar yang Anda miliki memenuhi syarat untuk masuk ke program doktoral.

Universitas Jerman semakin banyak membuka program khusus bagi kandidat doktor asing. Program tersebut didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan dan minat kandidat doktor asing. Kekhususan utamanya meliputi persiapan, bimbingan dan konsultasi, dan ketentuan mengenai syarat penelitian yang lebih baik. Tidak hanya tesis yang terkadang dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya, tetapi kursus bahasa Jerman yang terintegrasi dalam studi juga membantu mahasiswa mengatasi kendala bahasa. Program tersebut meliputi:

* Program dukungan PhD
* Perjanjian program doktoral antar dua negara
* Graduate Schools

Informasi mengenai program tersebut dan alamat seluruh universitas dan semua program doktoral dan jenis gelar doktor dapat ditemukan di situs berikut www.higher-education-compass.de.



7. Apakah "Graduiertenkolleg" itu? top

Graduiertenkolleg atau Graduate College adalah bagian dari universitas yang bertujuan mendukung sarjana S2 yang berkualitas dalam program doktoral. Graduiertenkolleg terdiri dari 15-25 mahasiswa yang mengerjakan tesis dengan pilihan topik dari bidang penelitian Graduiertenkolleg bersangkutan untuk meraih gelar doktor atau gelar lainnya. Sewaktu di Graduiertenkolleg, mahasiswa dibantu dengan program khusus ditambah dengan bimbingan dan arahan dari tim yang terdiri dari para profesor.

www.dfg.de/en/research_funding/coordinated_programmes/research_training_groups/index.html



8. Apakah saya harus membayar uang kuliah? top

Sebagian besar Institusi Pendidikan Tinggi Jerman berada di bawah naungan negara. Dana yang diperoleh universitas berasal dari pajak. Hingga saat ini mahasiswa Jerman dan mahasiswa asing dapat melanjutkan studi dan penelitian tanpa harus mengkhawatirkan uang kuliah. Situasi ini sekarang berubah. Universitas di Jerman mulai menerapkan uang kuliah. Bagaimana dan berapa besar uang kuliah tergantung dari kebijakan masing-masing negara bagian. Bagaimanapun besarnya uang kuliah di Jerman lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya.

Institusi pendidikan tinggi swasta merupakan perkecualian. Pada umumnya mereka menarik uang kuliah sesuai dengan standar internasional.

Untuk informasi detil mengenai ongkos dan biaya yang harus Anda perhitungkan - seperti iuran sosial, semester ticket (abonemen pemakaian sarana transportasi umum), biaya administrasi - silakan mengunjungi: www.studis-online.de/StudInfo/Gebuehren



9. Berapa besar biaya hidup per bulan? top

Biaya hidup termasuk sewa tempat tinggal, makan, pakaian, kebutuhan pribadi, perjalanan, bahan pelajaran dan pengeluaran lainnya untuk asuransi, telepon dan aktivitas waktu luang lainnya - rata-rata berkisar 540 - 670 euro per bulan.

Berikut gambaran kasar presentase pembagian pengeluaran:

30% untuk sewa, 20% untuk makan, 10% untuk pakaian, kebutuhan pribadi, 10 % untuk perjalanan dan 5% untuk bahan pelajaran. Sisanya digunakan untuk keperluan lainnya.

Perhatian: Angka di atas adalah nilai rata-rata. Biaya hidup Anda bisa saja lain dari nilai tersebut tergantung dari gaya hidup Anda. Contohnya, di kota besar seperti Munich dan Hamburg biaya hidup lebih besar dibanding di kota kecil. Anda bisa memperoleh bantuan dan nasihat menyangkut masalah finasial, sosial, kesehatan dan kultural dari Studentenwerk (Student Service) dengan mengunjungi situs:

www.studentenwerke.de



10. Apakah saya harus mengajukan visa dan apa persyaratannya? top

Ya, untuk masuk Jerman dengan keperluan studi Anda memerlukan visa studi. Berikut kami kutip informasi mengenai visa dari Kedutaan Jerman.

Ketentuan visa bagi warga negara Indonesia untuk
kunjungan lebih dari 3 bulan

Warga negara Indonesia yang ingin berdiam lebih lama dari 90 hari dalam kurun waktu setengah tahun atau ingin bekerja di Republik Federal Jerman memerlukan visa sebelum berangkat. Visa tersebut hanya dapat diberikan bila persetujuan dari kantor imigrasi di kota tujuan sudah ada. Oleh karenanya, sebaiknya permohonan visa sudah harus diajukan se-kurang-kurangnya 6 minggu sebelum rencana keberangkatan.

Formulir permohonan harus dilengkapi paspor asli yang masih berlaku sekurang-kurangnya 6 bulan dan dokumen-dokumen berikut rangkap dua:

* formulir yang telah diisi
* surat pernyataan (formulir kedutaan Jerman)
* surat keterangan kesehatan dalam bahasa Inggris atau Jerman
* 2 buah pasfoto

ditambah:

Untuk pelamar studi/mahasiswa:

bagi semua pelamar:

* Bukti pendaftaran di perguruan tinggi Jerman atau tanda penerimaan sekolah bahasa Jerman
* Jaminan keuangan yang resmi (dari Kedutaan atau kantor imigrasi setempat di Jerman)
* Bila ada, sertifikat bahasa Jerman (misalnya dari Goethe Institut)

ditambah

Bagi lulusan SMU

* Fotokopi STTB SMU (yang telah dilegalisir oleh SMU dan Departemen Pendidikan)
* Fotokopi NEM (Ujian Akhir Nasional yang telah dilegalisir oleh SMU dan Departemen Pendidikan dengan nilai rata-rata NEM minimal 6.0
* Fotokopi Rapor SMU kelas III cawu I, II, III yang telah dilegalisir oleh SMU dan Departemen Pendidikan
* Surat Tanda Kelulusan SMU (bagi yang lulus mulai tahun 2003), yang telah dilegalisir oleh SMU dan Departemen Pendidikan)

Bagi lulusan DIII

sama dengan lulusan SMU, ditambah fotokopi ijazah D III (yang telah dilegalisir oleh Universitas)

Bagi lulusan S 1

* fotokopi ijazah S1 ( yang telah dilegalisir oleh Universitas)
* fotokopi transkrip Nilai (yang telah dilegalisir oleh Universitas)
* Fotokopi ijazah STTB SMU

Untuk suami/isteri (kumpul keluarga):

* Surat sponsor dari suami/isteri
* Akte perkimpoian yang telah dilegalisasi
* Bukti tempat tinggal yang memadai
* Apabila anak-anak ikut: akte kelahiran dan surat keterangan kesehatan

Untuk menikah di Jerman:

* Dokumen-dokumen yang telah dilegalisir sesuai brosur "Menikah di Jerman"
* Surat pernyataan sponsor dari calon suami/isteri (diperoleh dari Kantor Imigrasi setempat di Jerman)

Untuk yang ingin bekerja

* Kontrak kerja
* Keterangan pengalaman kerja (khusus tukang masak)

Au-Pair:

* Surat sponsor yang menjamin keikutsertaan kursus bahasa Jerman

Semua Dokumen Indonesia harus terlebih dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh seorang penerjemah yang diakui Kedutaan Jerman (lihat daftar) dan kemudian disahkan oleh Kedutaan Jerman. Dokumen berbahasa Inggris tidak perlu diterjemahkan.

Biaya: Semua proses yang dilakukan di bagian Visa adalah cuma-cuma, kecuali biaya Visa. Formulir diberikan cuma-cuma, bantuan untuk mengisi formulir oleh biro jasa tidak perlu. Bila mengajukan permohonan visa melalui Konsul honorer, ada biaya tambahan yang harus dibayar untuk pemeriksaan identitas dalam bentuk pengesahan tanda tangan. Selain itu juga harus membayar biaya ongkos pengiriman.

Biaya visa: 25,- Euro (dibayar dalam Rupiah)

Jam buka Kedutaan: Senin - Kamis, 08.30 - 11.30 WIB

Alamat Kedutaan Jerman:

Jl. M.H. Thamrin 1
10310 Jakarta
Indonesia

Tel.: 021-398 55 000 ext. 117
Fax: 021-316 22 84, 390 1757
E-mail Konsuler/Visa: [email]germembcons@cbn.net.id[/email]
Homepage:
www.deutschebotschaft-jakarta.or.id
www.jakarta.diplo.de



11. Bisakah saya memperoleh beasiswa atau bantuan? top

Institusi Pendidikan Tinggi Jerman biasanya tidak memberikan beasiswa atau bantuan dana. Namun, terdapat sejumlah organisasi lainnya yang dapat Anda hubungi mengenai kemungkinan mendapatkan bantuan finasial. DAAD menawarkan program bantuan finansial paling luas. Sebagian beasiswa DAAD ditujukan bagi sarjana untuk meraih gelar Master atau Doktor. Masing-masing organisasi pemberi beasiswa memiliki syarat beasiswa yang spesifik. Melalui situs berikut Anda dapat mengakses data bank beasiswa dan juga alamat organisasi pemberi beasiswa lainnya:

www.daad.de/deutschland/foerderung/hinweise/00461.en.html
www.campus-germany.de/english/1.7.45.html



12. Bagaimana cara mencari tempat tinggal? top

Pada umumnya Institusi Pendidikan Tinggi Jerman tidak mengelola akomodasi bagi mahasiswa. Hal ini berarti Anda harus mencari akomodasi yang tersedia, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Anda dapat mencari tempat tinggal melalui papan pengumuman di universitas, di Studentenwerk (student service), di kantor perwakilan mahasiswa (perhimpunan mahasiswa, dll), atau di Akademisches Auslandsamt (international office). Mempelajari iklan baris di koran lokal merupakan strategi mencari tempat tinggal yang menjanjikan. Bagi mereka yang ingin tinggal di asrama mahasiswa (biaya sewa terjangkau dan disubsidi oleh negara) harus menghubungi Student Service secepatnya.

Jika Anda ingin mulai mencari tempat tinggal dari Indonesia, Anda dapat menemukan alamat Studentenwerk (student service) dari situs universitas pilihan Anda dan melakukan pendaftaran online. Jika Anda memilih untuk tinggal di akomodasi yang dikelola swasta , Anda dapat mencoba agen pencarian flat bersama, seperti "Mitwohnzentrale"
www.mitwohnzentrale.de

Tinggal di Wohngemeinschaften (WG) atau mendiami flat bersama sangat populer di kalangan mahasiswa Jerman.

www.studenten-wg.de
www.studenten-wohnung.de



13. Apakah saya boleh bekerja sewaktu studi di Jerman? top

Ya, Anda boleh bekerja. Namun jika Anda bukan warga negara salah satu negara Uni Eropa atau Eslandia, Liechtenstein, Norwegia atau Swiss, Anda hanya diperbolehkan bekerja full selama 90 hari atau 180 hari (paruh waktu) per tahun tanpa harus mengurus ijin kerja. Namun perlu diingat mendapatkan pekerjaan tidak mudah.

Jika Anda penerima beasiswa DAAD dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda harus memperoleh ijin terlebih dulu dari DAAD.

Informasi detil mengenai student jobs tersedia di situs www.daad.de/deutschland/studium/studienplanung/00491.en.html



14. Apakah Institusi Pendidikan Tinggi Jerman membuka program studi singkat atau kursus musim panas? top

Tentu saja memungkinkan untuk melakukan kunjungan singkat di universitas Jerman. Kunjungan untuk penelitian yang berlangsung selama satu atau dua semester, seperti yang ditawarkan dalam lingkup perjanjian kerjasama antar universitas sangat populer. Daftar lebih dari 14.000 program kerjasama internasional yang melibat Institusi Pendidikan Tinggi Jerman dapat ditemukan di situs Association of Universities and other Higher Education Institution in Germany (Hochschulrektorenkonferenz - HRK) : www.higher-education-compass.de

Sejumlah Institusi Pendidikan Tinggi Jerman juga membuka kursus musim panas. Selain menawarkan kursus bahasa Jerman dan ilmu sastra, penawaran program dalam bidang lainnya juga semakin bertambah banyak. Setiap tahunnya DAAD menerbitkan brosur mengenai kursus musim panas yang ditawarkan di Jerman. Anda dapat mencari kursus yang tepat melalui www.daad.de/deutschland/deutsch-lernen/sommerkurse/00490.en.html




beer:beer:beer:


http://kaskus.us/showpost.php?p=43350654&postcount=369
sinterklas - 22/06/2008 09:17 PM
#2

1. ada beberapa, kalo mo ikutin ranking, ke furtwangen, darmstadt
liat aja tuh rankingnya D

2. iya

tambahan info dari bro deepz :

Quote:
Original Posted By Deepz
Mari berhitung....
Mumpung gue lagi banyak waktu.

Inilah perhitungan biaya dan waktu untuk persiapan kuliah di jerman bagi lulusan sma di Indonesia

Urutan : Kursus bahasa - Studienkolleg - Kuliah

1. Kursus bahasa Jerman
di Goethe Institut (Jakarta) http://www.goethe.de/ins/id/jak/lrn/deu/sup/idindex.htm
Pendaftaran..................... 150.000,-
Kelas Super Intensif ........... 4.500.000,-
I. A1.1 - A2.1 , II. A2.3 - B1.3 , III. B2.1 - B2.4

Total biaya sekitar 15.500.000,-
untuk : Pendaftaran, 3x kelas super intensif, buku, ujian ZD dan Sertifikat B2
Waktu 3x 10 Minggu atau 9 - 10 bulan. (Sampai level B2.4 (720 jam))

Kenapa harus Goethe?? karena bukti kemampuan bahasa yang diakui dari luar jerman hanya dari Goethe Institute

di Jerman
Biaya kursus 600 jam ....... 1200 EUR
Pendaftaran .......... gratis
Transfer uang dari bank di Indonesia ke bank di Jerman $20 plus 50.000,-
POS (jika dibutuhkan) DHL... 300.000 - 350.000,-

Total biaya 1250 EUR (17- 18 juta)
Lama waktu kursus 6 bulan

2. Studienkolleg
di Indonesia http://www.studienkolleg-indonesia.net/
Per semester ...25 juta

Total Biaya : 50 jt
Waktu : 1 tahun

di Jerman http://www.studienkollegs.de/09039/index.html
per semester sekitar 200 - 700 EUR (tergantung negara bagian)

total biaya : 400 - 1.400 EUR
Waktu : 1 tahun

Catatan : Belum termasuk biaya hidup

3. VISA http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01/Visabestimmungen/Hinweis__Aufenthalt__mehr__3__Monate.html

- Formulir Visa gratis

Syarat untuk mengajukan visa study:
- Legalisir copy dokumen di sekolah dan diknas? .... kadang gratis kadang bayar (5 set)
- Terjemahan dokumen sekolah 10 lembar x 150.000 ... 1.500.000,- (rangkap 5)
- Legalisir dokumen di kedutaan gratis untuk 5 set pertama
- bukti keuangan untuk satu tahun ......... 7.658 EUR
http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/download/download__finanzierungsnachweis,property=D aten.pdf
- Pengesahan tanda tangan..20 EUR
- Surat sponsor ......... 25 EUR
- Pengiriman dokumen untuk bukti keuangan ke Jerman 300rb- 350rb (DHL)
http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/download/download__geb_C3_BChren__idn,property=Date n.pdf
- Test kesehatan ... 200.000,-

setelah itu
- VISA Study 60 EUR

Biaya :
untuk kedutaan jerman ........ 110 EUR
untuk terjemahan dan lainnya 2.000.000,-
untuk Rekening bank di jerman 7.658 EUR
(Dana tersebut dapat diambil sekitar 634 EUR perbulan, setelah sampai di jerman)

Waktu :
Bukti keuangan 2 - 3 Minggu
Legalisir, terjemahan 1 Minggu
Visa study 6 Minggu

4. Keluar Indonesia
Tiket pesawat, Baru dibeli setelah visa didapatkan, Bukan sebelum visa keluar.
oneway sekitar $500 - $800 untuk kelas ekonomi
Fiskal di Airport 1.000.000,- mulai tahun 2011 peraturan fiskal keluar negeri ditiadakan.
Airporttax 100.000,-


Bersambung.. biaya hidup di jerman....
britni69 - 23/06/2008 10:57 PM
#3

halo adik junior!

nurut saya nih.... rangking uni/fh nda terlalu relevan, toch fasilitas uni/fh sini hampir sama semua, mendingan masuk yg gampang aja, asal output nilai keluarnya tinggi, jurusan gw (MI) pake NC, sekarang tambah susyeh aja klausurnya amazed:

menurut pengamatan saya malu: chance dapet kerja disini jg tergantung relasi, apalagi ditunjang kemampuan pinter ngomong/ngibul panjang lebar & pinter gaul, kadang si boss subyektif bgt...
supedtue - 24/06/2008 12:12 AM
#4

hmm, spesialisasinya mau ngambil apa? Informatik itu luas loh..Setiap Fh spesialisasi Inf. nya beda2. Kalo saran gw coba liat FH Bonn-Rhein-Sieg. Note lu juga ga usah tinggi2 karena disana fach Informatiknya ga NC dan juga banyak pilihan spezialisierungnya. Ada 5 pilihan eingebetete Systeme, Telekomunikatinsinf., Medieninf., biomedizinische Inf., dan Wirtschaftinf. Jadi werbung Fh sendiri deh....
selamat mencari...
capek - 24/06/2008 10:23 PM
#5

wah makasih kk2 senior buat masukannya..yg gw pgn ambil ya Angewandte Informatik, yg cuma informatik sm mat tok blajarnya..haha pusing klo ktemu pelajaran yg lain2 soalnya..

trus ada yg bisa kasih informasi soal living cost di kota2 tertentu ga?
z.B:
Hanno
Darmstadt
Dortmund
Hamburg
Bonn

soalnya gw pgn banding2in jg antara ranking uni sm living cost di kota nya... atau mungkin ada daftarnya di thread apa gt?
FYI gw di Berlin dengan 500 euro udah komplit bgt bs foya2 malah ^^..kira2 klo di kota2 tersebut ideal nya brp ya?
danke
Ph4nt0m1A5 - 24/06/2008 11:51 PM
#6

kalo diberlin aja lo abis 500
dihamburg kalo mau foya2x juga dgn 500 diberlin kayanya perlu min 600
-gianconere- - 28/06/2008 03:41 AM
#7

@TS

udah tau apa aja yg dipelajarin di angewandte informatik blm?

btw masuk giessen aja, kurang orang niy D D
murah, ga bayar studiengebühren lagi beer:
mr_BOG - 28/06/2008 03:53 AM
#8

ada yg lg cari mangsa rupanya D D
capek - 29/06/2008 04:54 AM
#9

wah tenang aja ane udah lyat apa aja yg dipelajarin..hehe udah dipikirin mateng2 kok. wah mangsa apa nih? hahaha.. cari yg banyak schöne Frauen nya deh p
radieth86 - 29/06/2008 03:37 PM
#10

Cibadeulit aja jang...Bandung sono dikit...cakep2 tu cewenya
Ph4nt0m1A5 - 29/06/2008 05:36 PM
#11

Quote:
Original Posted By radieth86
Cibadeulit aja jang...Bandung sono dikit...cakep2 tu cewenya


berape semalem? D
dwichagi - 07/07/2008 11:41 PM
#12

Quote:
Original Posted By sinterklas
1. ada beberapa, kalo mo ikutin ranking, ke furtwangen, darmstadt
liat aja tuh rankingnya D

2. iya


Quote:
Original Posted By capek
wah makasih kk2 senior buat masukannya..yg gw pgn ambil ya Angewandte Informatik, yg cuma informatik sm mat tok blajarnya..haha pusing klo ktemu pelajaran yg lain2 soalnya..

trus ada yg bisa kasih informasi soal living cost di kota2 tertentu ga?
z.B:
Hanno
Darmstadt
Dortmund
Hamburg
Bonn

soalnya gw pgn banding2in jg antara ranking uni sm living cost di kota nya... atau mungkin ada daftarnya di thread apa gt?
FYI gw di Berlin dengan 500 euro udah komplit bgt bs foya2 malah ^^..kira2 klo di kota2 tersebut ideal nya brp ya?
danke


Banyak yang nyebut eks kampus saya malu:

Jadi malu o o o
Ekyssanjayaa - 08/07/2008 01:19 AM
#13

gw pernah bewerben jurusan ini dulu
tapi di tolak o

tapi cuman ut jaga2 doank sih o
Tyrion - 12/07/2008 02:47 PM
#14

berlin sih emang uda ketauan rankingnya rendah di jerman DDD
kalo mo santei dan nyaman.. jadinya mendingan masup berlin aja
*Peace:
Ph4nt0m1A5 - 13/07/2008 05:18 AM
#15

tapi berlin kan kota super gede super keren super duper sampe2x ada mapia dan bapia D
Demonrush - 20/07/2008 08:34 PM
#16

Quote:
Original Posted By -gianconere-
@TS

udah tau apa aja yg dipelajarin di angewandte informatik blm?

btw masuk giessen aja, kurang orang niy D D
murah, ga bayar studiengebühren lagi beer:


oi ini wiwied??
-gianconere- - 22/07/2008 10:03 PM
#17

Quote:
Original Posted By Demonrush
oi ini wiwied??


oii iya ini gw dan beer:
okta lala - 23/07/2008 03:57 AM
#18

Quote:
Original Posted By Ph4nt0m1A5
tapi berlin kan kota super gede super keren super duper sampe2x ada mapia dan bapia D


huidiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhh keret bet yak di Berlin.. ampe ada mapia ama bapia bgono.. hadeuuuuuh D
Ph4nt0m1A5 - 23/07/2008 04:37 AM
#19

Quote:
Original Posted By okta lala
huidiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhh keret bet yak di Berlin.. ampe ada mapia ama bapia bgono.. hadeuuuuuh D


yoe, sampe ada mapia gendut, yg ngeludah dilapangan basket D
dikiranya lapangan bola apa nohope:
okta lala - 23/07/2008 04:46 AM
#20

Quote:
Original Posted By Ph4nt0m1A5
yoe, sampe ada mapia gendut, yg ngeludah dilapangan basket D
dikiranya lapangan bola apa nohope:



beuuuuuuuuuuuhhh ngludah doank noh mias?? kaga plus ngencingin??? biar macem lapangan sepak bola pinggiran komplek rumah di indo... heuheu...

noh mapia gendut kali kaga bisa bedain mana boden bakal maen basket.... ama lapangan bola... hadeuh o
Page 1 of 145 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > EROPA > Germany > Tanya jawab : Kuliah dijerman dan sekitarnya