Yogyakarta
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Yogyakarta > [eRYe-COMMUNITY] ►►►≡ DOG Lover Yogyakarta ≡◄◄◄
Total Views: 5725 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 19 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

byanbyan - 20/03/2012 02:12 AM
#21

Tanda Sakit Pada Anjing

Seekor anjing akan tetap bekerja keras hanya untuk memastikan bahwa anda percaya ia baik-baik saja. Hal tersebut merupakan insting alami anjing selama ribuan tahun, karena dialam liar, seekor hewan yang sakit atau lemah (bahkan seekor pemangsa) merupakan hal yang sama dengan kematian. Meskipun pada saat ini anjing tidak harus mengkhawatirkan hal tersebut, tetapi insting anjing anda tetap memberitahunya untuk menyembunyikan tanda-tanda bahwa ia sedang sakit. Jika anda memiliki mata yang cukup jeli, dan keahlian observasi yang baik, anda pasti mampu mendapatkan petunjuk. Tentu saja jika anda cukup mengenali anjing anda, akan lebih mudah mendapatkan petunjuk tersebut.


Beberapa hal yang harus anda perhatikan merupakan hal yang mendasar seperti: bagaimana penampilan anjing anda, sikap, cara makan dan minumnya. Contoh, anjing anda terlihat gemuk, padahal nafsu makan anjing anda biasa saja, atau anjing anda terlihat kurus, padahal nafsu makan anjing anda meningkat. Perubahan berat badan sebesar 10% saja, dapat merupakan hal yang akan menarik perhatian dokter hewan anda.

Pada umumnya, kita mengetahui anjing dalam kondisi baik ketika ia memiliki nafsu makan. Meskipun pernah kita mendengar seekor anjing melewatkan waktu makannya sesekali atau bahkan dua kali, terlebih ketika cuaca sedang panas. Di luar dari itu, jika anjing anda tetap tidak mau makan selama dua hari, anda harus memanggil dokter hewan anda. Beberapa penyakit dan obat-obatan dapat menyebabkan anjing anda merubah pola makannya. Anjing yang tidak pernah mencuri makanan dan tiba-tiba saja mencuri makan, atau mengorek tong sampah, memberi anda petunjuk bahwa anda harus membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan atau merubah obat-obatan yang sedang dikonsumsinya.

Seekor anjing yang minum air lebih banyak dibanding biasanya kemungkinan terserang diabetes atau penyakit ginjal. Anda mungkin tidak menyadari anjing anda telah mengkonsumsi air yang banyak, tetapi anda dapat mengetahui seberapa banyak air yang telah ia minum dengan cara memperhatikan berapa banyak air yang keluar dari ujung yang lainnya. Anjing tersebut akan memproduksi lebih banyak urin dan harus pergi keluar untuk buang air lebih sering. Ia juga akan lebih sering buang air didalam rumah.

Seekor anjing yang sehat memiliki bulu yang lebat dan mengkilat. Bulu yang kusam, kasar, kering atau memiliki kebotakan merupakan tanda bahwa ada masalah dengan anjing anda. Masalahnya dapat berupa jenis makanan yang anjing anda konsumsi, alergi kutu, atau masalah kulit lainnya. Apapun masalahnya, saran dokter hewan dapat membantu anjing anda.

Tanda lain yang lebih jelas adalah “lesu”. Seekor anjing yang lesu menunjukkan tanda-tanda bahwa ia tak ingin pergi untuk jalan-jalan, meskipun biasanya ia akan melakukannya. Ia tak ingin bermain, meskipun hal tersebut merupakan permainan favoritnya. Meskipun terkadang lesu dapat dikarenakan cuaca panas, kelelahan karena telah berjalan jauh seharian, atau hanya tidak ingin melakukannya. Jika hal tersebut terjadi lebih dari dua hari, anda harus menanyakan hal tersebut ke dokter hewan anda.

Tanda lain yang lebih sering terjadi adalah muntah. Muntah tidak terlalu bermasalah dalam dunia anjing maupun dunia manusia, dan anjing sering sekali sengaja muntah untuk menyingkirkan sesuatu yang tidak mengenakkan perut mereka (seperti sampah). Pada umumnya, muntah (yang jarang sekali terjadi) bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Tetapi jika anjing anda muntah dengan sering, atau terjadi beberapa kali dalam sehari, demam, terlihat depresi atau sakit, atau memuntahkan darah, anda harus segera memanggil dokter hewan anda.

Yang terakhir adalah kotoran anjing anda. Mungkin terdengar tidak enak, tetapi kotoran anjing merupakan petunjuk penting akan kesehatannya. Seekor anjing yang sehat, kotorannya solid dan lembab. Kotoran yang kering, keras yang menyebabkan anjing anda untuk mengejan ketika buang air besar merupakan indikasi bahwa anjing anda tidak cukup mengkonsumsi air, atau hal tersebut dapat merupakan petunjuk dari masalah kesehatan yang lain. Kotoran yang terpotong-potong seperti butiran nasi mengindikasi adanya cacing. Bukan merupakan hal yang tidak biasa jika kotoran anjing anda berupa cairan atau sedikit berlendir atau bercampur sedikit darah. Tetapi diare, mengejan atau kotoran yang berlendir atau berdarah selama lebih dari dua hari harus segera dirawat oleh dokter hewan. Jika masalah buang air besar diikuti dengan tanda lain – deman, muntah, lesu, hilangnya nafsu makan, diare berdarah – segera bawa anjing anda ke dokter hewan.
wicaxvaganza - 20/03/2012 02:13 AM
#22

selamat atas dibukanya DOG Lover RY kiss
like a rose - 20/03/2012 02:15 AM
#23

Quote:
Original Posted By byanbyan
benar sekali ni mas FNF. semoga disini kita semua bs sharing bisa bagi pengalaman tanpa ada perbedaan.


Quote:
Original Posted By byanbyan
iya bro. kadang jg husky kan cuek jd kita jg harus sabar nanganinnya. sekarang udah hampir 1 taun sejak loops terakhir, blm ada tanda2 mau loop lg tuh, pdhl udah tak ksh vitamin E jg..


boleh loh kalo pake fasilitas multikuot o

karakter husky sih emg cuek tp kalo udah nyium bau loop sama aja langsung birahi kyk jenis ras lain D
cuman emg ada husky yg birahi krn emg udah hari suburnya si betina ada yg sebelumnya
CMIIW o
galih_ceperis - 20/03/2012 02:20 AM
#24

Quote:
Original Posted By byanbyan


iya bro. kadang jg husky kan cuek jd kita jg harus sabar nanganinnya. sekarang udah hampir 1 taun sejak loops terakhir, blm ada tanda2 mau loop lg tuh, pdhl udah tak ksh vitamin E jg..


yuph. .
bener om. .
sama husky tuh harus sabar banget. . D

hmm. .
belum loop apa udah loop tapi loop kering??
sering loh ada yg kaya gitu. .
tapi kalo beneran belum loop mending di check ke drh aja om. .
siapa tau ada masalah hormonal. .
byanbyan - 20/03/2012 02:25 AM
#25

Quote:
Original Posted By wicaxvaganza
selamat atas dibukanya DOG Lover RY kiss


makasih agan... semoga thread ini bermanfaat kdpnnya..

Quote:
Original Posted By galih_ceperis
yuph. .
bener om. .
sama husky tuh harus sabar banget. . D

hmm. .
belum loop apa udah loop tapi loop kering??
sering loh ada yg kaya gitu. .
tapi kalo beneran belum loop mending di check ke drh aja om. .
siapa tau ada masalah hormonal. .


ud ke vet sih, tp bilangnya gakpapa kok..
iya ni husky tu gak pernah dewasa. jd harus sabar bgt..
pny husky brp om???
like a rose - 20/03/2012 02:26 AM
#26

Quote:
Original Posted By galih_ceperis
yuph. .
bener om. .
sama husky tuh harus sabar banget. . D

hmm. .
belum loop apa udah loop tapi loop kering??
sering loh ada yg kaya gitu. .
tapi kalo beneran belum loop mending di check ke drh aja om. .
siapa tau ada masalah hormonal. .

masih posting aja, tidur mad:
nanti bangun telat malah ga jadi ke dokter loooh mad:
galih_ceperis - 20/03/2012 02:31 AM
#27

Quote:
Original Posted By byanbyan

ud ke vet sih, tp bilangnya gakpapa kok..
iya ni husky tu gak pernah dewasa. jd harus sabar bgt..
pny husky brp om???


hahahaha. .
golden ane juga ga pernah dewasa,,
masih kaya bocah,maunya maen mulu. . hammer:

oh,udah dibawa ke vet. .
ya kalo dokternya bilang gpp ya udah. .
semoga aja abis ini siklus loopnya normal lg lah. . \)
cuma ada 6 husky om. . o

Quote:
Original Posted By like a rose

masih posting aja, tidur mad:
nanti bangun telat malah ga jadi ke dokter loooh mad:


iyo iyo..
tak tidur wes. .
galak amat. . nohope:
byanbyan - 20/03/2012 02:31 AM
#28

Quote:
Original Posted By like a rose
masih posting aja, tidur mad:
nanti bangun telat malah ga jadi ke dokter loooh mad:


nah. disini muncul deh satpamnya..
hayo bobok om.. udah disuruh bobok tuh..
byanbyan - 20/03/2012 02:34 AM
#29

Quote:
Original Posted By galih_ceperis
hahahaha. .
golden ane juga ga pernah dewasa,,
masih kaya bocah,maunya maen mulu. . hammer:

oh,udah dibawa ke vet. .
ya kalo dokternya bilang gpp ya udah. .
cuma ada 6 husky om. . o



iyo iyo..
tak tidur wes. .
galak amat. . nohope:


boleh tuh besanan hhe..
tidur mas, makin dimarain lho nantiYb
byanbyan - 20/03/2012 02:36 AM
#30
Sering Mandi Penyebab Penyakit Kulit
Seberapa sering memandikan anjing dan bagaimana melakukannya dengan benar merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh penggemar anjing pemula. Banyak yang berpikir jika sering dimandikan anjingnya akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Ternyata, setelah sering dimandikan badan anjing malahan mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit.

Minyak Pada Kulit

Kulit anjing mengeluarkan minyak untuk mempertahankan kulit agar elastis dan menjaga bulu supaya kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Bulu anjing akan terasa berminyak jika sudah lama tidak dimandikan. Minyak ini akan hilang ketika kita memandikannya dengan menggunakan bahan deterjen yang ada pada shampoo. Karena sifat minyak menahan kotoran maka kita harus memandikannya secara berkala agar kulit dan bulu anjing kita tidak dekil. Jika kita sering memandikan anjing kita sehingga kulit dan bulunya terbebas dari minyak tersebut maka kulit dan bulu anjing akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering menimbulkan efek gatal sehingga anjing akan lebih sering untuk menggaruk. Garukan akan menyebabkan luka yang dapat mengundang masuknya bakteri atau parasit penyebab sakit kulit. Anjing yang menderita penyakit kulit akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Selain itu, ternyata minyak yang dihasilkan oleh kulit anjing ini berfungsi untuk menangkal serangan bakteri atau parasit sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit kulit. Minyak ini juga membuat bulu terlihat mengkilap dan tebal.

Produktifitas minyak ini sangat bergantung dari makanan yang dimakan oleh anjing. Untuk daerah tropis seperti Indonesia disarankan untuk menambahkan minyak nabati pada menu makanan .

Shampoo dan conditioner yang diformulakan untuk anjing juga mengandung minyak sintetis atau alami untuk menggantikan sementara minyak yang hilang sewaktu anjing dimandikan. Oleh karena itu pemilihan shampoo dan conditioner yang benar merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh pemilik.
byanbyan - 20/03/2012 02:38 AM
#31
Memisahkan & Penanganan P3K Pada Anjing Yang Berkelahi
Seperti kita ketahui, anjing adalah makhluk hidup yang menginginkan mempunyai wilayah teritorial dan seringkali tidak senang bila ada anjing lain, terutama yang berjenis kelamin sama, selain itu karena berebut makanan, saat pemacakan juga bisa jadi faktor berkelahi, dan juga anjing yang kurang sosialisasi. Mereka tidak segan akan berkelahi satu dengan lainnya, penanganan atau tindakan yang salah dapat berakibat fatal bagi mereka,pada saat mereka berkelahi yang bisa kita lakukan ialah :

1.Jangan panik (terkadang teriakan kepanikan anda malah menambah semangat dan kekuatan gigitan).

2.Jangan menarik anjing yang sedang berkelahi apalagi sedang saling gigit atau memukul( selain akan menambah luka robek pada anjing, pada beberapa ras tertentu akan menyerang anda karena merasa anda membela musuhnya dengan menyerang dia, saat dia sadar telah menggigit tuannya maka semua sudah terlambat).

3.Gunakan air untuk menyiramnya, untuk anjing sport/toy umumnya berhasil,namun pada anjing jaga terkadang tidak berhasil, maka anda harus memanaskan hidungnya dengan geretan(cukup dipanaskan saja dengan jarak tertentu, bukan dibakar).

4.Untuk Pitbull bisa membuka rahang dengan stick (biasanya Pitbull yang sedang berkelahi tidak akan menyerang orang disekitarnya atau yang memegangnya).



Setelah memisahkan perkelahian ,P3K yang dapat dilakukan untuk anjing anda :

1.Bersihkan luka dengan Alkohol 70%/PK/cairan antiseptik.

2.Bila ada darah keluar dari lubang lubang kecil bekas gigitan bisa ditutup dengan bubuk PK(bisa dibeli di apotik) hingga berhenti.

3.Bila bengkak bisa dikompres atau dioleskan thrombopop gel hingga kempis.

4.Beri minum antibiotik 500 mg(anjing besar) dan 250 mg (untuk anjing kecil) tiap pagi dan sore untuk mencegah infeksi.Sering anjing mati bukan karena perkelahiannya tapi karena infeksi .

5. Pastikan anjing lawannya bebas rabies.

6. Periksa kedokter hewan bila perlu.





Tips mencegah perkelahian pada anjing :

1.Selalu jaga jarak anjing anda dengan anjing lain saat bertemu waktu jalan - jalan (apapun ras-nya lebih baik tidak didekatkan, apalagi ukuran tubuh beda jauh, meskipun pemiliknya bilang jinak,dll lebih baik tidak saling dekat).

2.Sosialisasikan anjing pada saat anakan, sehingga dia tidak merasa aneh dengan sesamanya.

3.Selalu pisahkan anjing yang berjenis kelamin sama.

4.Pada saat memberi makan ada baiknya tidak berdekatan satu dengan lainnya.
byanbyan - 20/03/2012 02:42 AM
#32
Merawat Anak Anjing
Agar anak Anjing tumbuh dan berkembang dengan sempurna, diperlukan kemauan dan kesungguhan dengan mengajarinya beberapa latihan dan proseur tertentu tentang cara bertingkah laku. Berikut ini adalah hal mendasar yang harus diperhatikan ketika Anda merawat anak Anjing :

Kesabaran dan kasih sayang yang lemah lembut

Memahami perilaku Anjing pada umumnya

Mengajarinya secara konsisten

Menciptakan aturan-aturan

Meluangkan waktu untuk bersama



Bermain

Setelah makan dan tidur, bermain adalah prioritas terpenting bagi anak Anjing, dan tentu saja bermain sangat baik untuk pertumbuhannya. Selain diri kita sendiri yang dianggap sebagai teman bermainnya, anak Anjing begitu menyukai bermain dengan bermacam-macam mainan (misalnya kaos kaki yang terikat untuk digigitnya). Mainan yang diberikan haruslah yang cocok untuk usia anak Anjing, dan Anda harus segera menggantinya begitu mainan telah rusak agar anak Anjing tidak menelan bagian atau potongan mainan yang telah rusak karena hal ini bisa membuat pencernaannya terganggu.

Semakin sering diri kita dan anak Anjing bermain bersama, ia akan menganggap Anda adalah hal terpenting baginya. Semakin sering ia ingin bersama dan menyenangkan Anda, semakin mudah ia untuk dikontrol.



Pujian dan hadiah

Anjing sangat suka diberi pujian dan dihadiahi sesuatu jika ia melakukan hal-hal seperti yang Anda inginkan. Cara ini akan membuat Anjing belajar untuk berperilaku baik. Di samping itu, memberi pujian dan hadiah merupakan cara yang cepat dan menyenangkan untuk melatih Anjing Anda.



Melatih agar patuh

Interaksi antara Anda dan anak Anjing kesayangan Anda haruslah gembira dan menyenangkan, karena itu menandakan Anda adalah sahabat terbaiknya. Karena ia menganggap Anda sahabatnya maka ia akan selalu berusaha untuk menyenangkan diri Anda. Buatlah suasana dimana anak Anjing bisa mendapatkan hadiah dari Anda karena melakukan hal-hal yang benar dan sesuai kemauan Anda, daripada membiarkan ia melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai lalu Anda beri peringatan.

Tunjukkan padanya mana perilaku yang benar dan berikan hadiah ketika ia melakukannya dengan tepat. Peringatkan anak Anjing sambil berkata ’Jangan!’, ’Arghhh’, dengan nada marah jika ia melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan. Atau kejutkan dirinya dengan teriakan, geraman, dan menepuk kedua telapak tangan Anda dengan keras. Tatap dan pandangi terus sampai ia pergi menjauh. Hal penting lainnya adalah menyesuaikan tingkat latihan yang dibutuhkan bagi anak Anjing, jangan terlalu berlebihan namun juga tidak boleh kurang.



Merawat dan mengurus

Agar anak Anjing selalu merasa nyaman dan senang berada di dekat Anda, berikan perhatian lebih pada dirinya dengan cara memeluk dan membelai-belainya. Semakin sering diperlakukan seperti itu, dirinya makin memiliki perasaan tenang, sehingga jika suatu saat ia diajak ke dokter hewan ia tidak akan stres atau menggigit ketika dipegang-pegang. Di samping itu, bila anak Anjing terbiasa disentuh dan dibelai, akan timbul kepercayaan dirinya pada Anda dan anak Anjing akan lebih terbuka untuk menerima kehadiran orang lain atau keluarga terdekat Anda.



Kesehatan mulut

Begitu Anda memiliki anak Anjing, periksalah mulutnya, perhatikan apakah gusinya memiliki masalah dan gigi-giginya bersih dari karang gigi. Untuk membersihkan gusi dan giginya, mulailah dengan mengoleskan pasta gigi khusus Anjing pada jari tangan dan menggosok-gosokkannya. Setelah itu, Anda bisa membiasakan menggosok giginya memakai sikat gigi khusus untuk Anjing yang banyak tersedia di pet shop.
like a rose - 20/03/2012 02:44 AM
#33

postinganku sak durung'e ra dikuot ik ngakak


Quote:
Original Posted By galih_ceperis
hahahaha. .
golden ane juga ga pernah dewasa,,
masih kaya bocah,maunya maen mulu. . hammer:

oh,udah dibawa ke vet. .
ya kalo dokternya bilang gpp ya udah. .
semoga aja abis ini siklus loopnya normal lg lah. . \)
cuma ada 6 husky om. . o



iyo iyo..
tak tidur wes. .
galak amat. . nohope:

amor kan ngikutin kamu p
tp klo sm aku agak anteng dikit tub cool:
byanbyan - 20/03/2012 02:46 AM
#34
Pemberian Obat Cacing
Pemberian Obat Cacing

Berapa banyak dosis pemberian obat cacing untuk anjing dengan menggunakan obat cacing khusus untuk anjing atau menggunakan obat cacing manusia yang banyak dijual di toko obat?.

Dosis pemberian obat cacing sangat tergantung dari berat badan bukan dari umur. Cara pemberiannya pun berbeda untuk setiap merek obat cacing.



Obat Cacing Khusus Anjing

Di toko-toko penyedia kebutuhan hewan peliharaan seperti pet shop banyak sekali ditemukan obat cacing yang diformulasikan khusus untuk anjing, salah satunya adalah Drontal Plus yang diproduksi oleh Bayer, perusahaan obat-obatan terkemuka didunia.

Pada kemasannya tertulis isi dari Drontal Plus ini yaitu 50 mg Praziquantel (Ph.EUR.), 144 mg Pyrantel Embonate dan 150 mg Febantel. 1 tablet Drontal Plus untuk setiap 10 kg berat badan. Contohnya anjing Miniature Dachsund yang memiliki berat badan rata-rata 5-8 kg maka cukup diberikan 1 tablet saja.Jika berat badan anjing antara 1-5 kg maka cukup diberikan 1/2 tablet saja.Jadi, sebaiknya pemberian dosis obat cacing merek Drontal Plus adalah 1/2 tablet/5 kg berat badan. Jika anjing memiliki berat badan 25 kg maka cukup diberikan 2,5 tablet.

Bagaimana jika anjing yang memiliki berat badan diatas 40 kg seperti anjing trah Saint Bernard yang berat badannya yang bisa mencapai 90 kg?. Maksimum pemberian obat cacing ini adalah 4 tablet sehingga untuk anjing yang memiliki berat badan diatas 40 kg tetap menggunakan 4 tablet obat cacing merek Drontal Plus.

Drontal Plus ini dapat diberikan pada anjing sejak usia 3 minggu. Berikan setiap minggu sampai anakan anjing berusia 3 bulan dan selanjutnya dapat diberikan 3 bulan sekali. Pemberian obat cacing Drontal Plus dapat langsung diberikan pada anjing karena berbentuk tablet kunyah dengan perasa atau dapat dicampurkan pada makanan. Pemberian obat cacing Drontal Plus ini dianjurkan pada saat perut kosong dan jika diberikan dengan cara dicampur dengan makanan maka jumlah makanan sebaiknya hanya 1/4 porsi makan biasanya agar obat dapat bekerja dengan baik.

Pemberian obat cacing merek Drontal Plus ini tidak dianjurkan untuk diberikan pada anjing dengan berat badan dibawah 1 kg dan anjing yang sedang hamil kecuali dengan petunjuk dari dokter hewan.

Untuk dosis dan cara pemberian obat cacing khusus anjing merek lainnya, dapat dibaca pada kemasan atau meminta keterangan cara pakai dari penjualnya karena setiap merek memiliki perbedaan formula dan jenis obatnya.



Pemberian Obat Cacing Manusia Untuk Anjing

Paling sering digunakan adalah obat cacing untuk manusia merek Combantrin buatan Pfizer. Combantrin memiliki 2 jenis bentuk yaitu dalam bentuk sirup dan tablet. Dosis pemberiannya adalah 125 mg untuk setiap 10 kg berat badan.

Combantrin mengandung Pyrantel Pamoat, untuk bentuk tablet jumlah kandungan Pyrantel Pamoat tergantung dari angka yang tertera setelah namanya. Contohnya Combantrin 125 mg berarti mengandung 125 mg Pyrantel Pamoat, tersedia dipasaran Combantrin 125mg, 250mg, dan 500mg. Sedangkan untuk bentuk sirup hanya terdapat 2 jenis saja yaitu 125 mg dengan rasa jeruk dan 250 mg dengan rasa vanila.

Anak anjing dapat diberikan Combantrin sejak usia 3 minggu dengan dosis 1 ml Combantrin rasa jeruk untuk setiap 1 kg berat badan. Jika menggunakan Combantrin rasa vanila maka dosis yang dianjurkan adalah 1/2 ml setiap 1 kg berat badan. Berikan setiap minggu sampai berumur 3 bulan dan selanjutnya dapat diberikan setiap 3 bulan sekali. Untuk anak anjing diatas usia 3 bulan dapat diberikan Combantrin tablet dengan dosis yang dianjurkan dan maksimal pemberian adalah 500 mg saja.

Catatan:
Pada beberapa anjing menderita diare setelah diberikan obat cacing.
Indukan anjing yang sedang menyusui dapat diberikan obat cacing setelah 2 minggu melahirkan.
Pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan pada malam hari karena aktifitas anjing lebih berkurang dibanding pada siang hari.
byanbyan - 20/03/2012 02:50 AM
#35
Pencegahan & Penanganan Pilek Pada Anjing
Penyakit pilek pada anjing sampai saat ini sangatlah membingungkan dan merepotkan para penyayang anjing sampai saat ini, dimana pemilik sangatlah dibuat kesulitan dalam hal penciuman anjingnya yang sedang terkena pilek.

Banyak pemilik anjing tidak mengerti apakah anjingnya sedang pilek atau tidak dan bagaimana kejadian bila anjing sedang terkena serangan penyakit pilek ?.
Dikarenakan anjing makan berdasarkan aroma makanan, jadi apabila anjing yang sedang pilek, dia tidak bisa mencium aroma makanannya. Banyak penyayang anjing mengatakan bahwa anjingnya bosan dengan makanan yang biasanya diberikan setiap harinya (dogfood), bahkan ada yang mengganti makanannya dengan daging kaleng atau daging rebus, ternyata si anjing tetap juga tidak mau memakan makanan daging kaleng atau daging rebus tersebut.

Bila anjing anda terjadi demikian setidaknya pemilik memeriksa keadaan anjing peliharaannya, apakah benar si anjing sedang menderita penyakit pilek yang mengakibatkan fatal pada penciuman anjing apa bila tidak diobati dengan segera dikarnakan anjing tersebut tidak makan dalam waktu yang panjang.
Apa lagi untuk anak anjing disaat umur 1 bulan sampai umur 5 bulan, anak anjing tersebut sangatlah rawan dalam hal penyakit pilek tersebut,maka hendaknya kita harus selalu waspada terhadap anak anjing yang sedang kita rawat, dikarenakan kondisi anak anjing dalam keadaan masih sangatlah rentan terhadap penyakit apapun.

Apa bila pilek yang masih baru timbul tidak segera ditangani dengan baik dan berkepanjangan, maka timbullah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan berkembangnya virus dan bakteri didalam saluran pernafasan bagian atas sampai mengeluarkan lender putih yang kelamaan menjadi berwarna hijau. Bahkan timbulnya belekan pada mata yang sedikit berlebihan.

Jika anak anjing sudah dalam keadaan demikian, maka ini pertanda sudah mulai terjangkitnya penyakit distemper yang bila tidak ditangani dengan segerah menimbulkan kematian pada anak anjing tersebut.
Jalan keluar yang baik adalah memberi vaksinasi pada anak anjing tersebut disaat umur 7 minggu dengan menggunakan Eurican phppi 2, yang terdiri dari Parvo, Distemper, Hepatitis, dan Parainfluenza type 2.

Tapi dengan telah divaksinnya anak anjing tersebut juga tidak menjamin bahwa anak anjing tidak terserang penyakit Distemper dan Inlfuenza. Dikarenakan faktor kekebalan tubuh belum benar-benar kuat atau stabil.Jalan terbaik adalah kita sebagai penyayang anjing selalu memeriksa keadaan anjing setiap hari agar kondisi aniing selalu dalam keadaan sehat.terutama kondisi penciuman anak anjing ataupun yang dewasa .

Apabila kita melihat hidung anjing kita basah yang berlebihan,kita harus mulai mencurigai keadaan anjing tersebut. Untuk meyakinkan apakah anjing tersebut sedang terserang pilek , maka ambillah senter. Arahkan serter kebagian dalam lubang hidungnya, apabila kita melihat keluarnya cairan bening yang berlebihan berarti kita boleh yakin dengan keadaan pilek tersebut. Maka segeralah memberikan pengobatan terhadap anjing kesayangan tersebut agar tidak berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan anjing.

Untuk pilek awal seperti ini, cukup kita memberikan obat pilek yang digunakan manusia.(perhatikan pemakaian dosisnya). Juga diikuti dengan obat anti alergi yang khusus untuk saluran pernafasan. Berikanlah antibiotik yang berfungsi untuk saluran pernafasan atas dan bawah. Berikanlah multi vitamin yang mengandung vitamin C.Jika kita tidak mengerti dalam hal pengobatan , segeralah bawa ke dokter hewan yang dipercaya.

Bila sampai timbulnya lender hijau, maka kita harus menggunakan antibiotik yang khusus dan obat anti virus khusus untuk saluran pernafasan serta penyuntikan vitamin C selama 5 hari berturut. Untuk mencegah penyakit Distemper yang berkepanjangan dan akhirnya menimbulkan kematian pada anjing atau cacat disaat terjadi kejang.

NB :

Vaksinkanlah anak anjing sejak umur 7 minggu dengan Eurican dhppi2
Umur 10 minggu dengan eurican dhppi2-L
Umur 14 minggu dengan eurican dhppi2-LR
byanbyan - 20/03/2012 02:53 AM
#36

Quote:
Original Posted By like a rose
postinganku sak durung'e ra dikuot ik ngakak



amor kan ngikutin kamu p
tp klo sm aku agak anteng dikit tub cool:


mbaknya gak ikut bobok??
amor tu goldennya ya ???
byanbyan - 20/03/2012 02:55 AM
#37
Penyakit-Penyakit Pada Anjing
Rabies

Rabies atau penyakit anjing gila merupakan penyakit yang paling ganas pada hewan karena dapat membunuh hewan yang terkena penyakit ini dan dapat pula menular pada manusia.

Tiga golongan mengenai penyakit ini:

1.Stadium Melancholium yang mengakibatkan anjing terlihat gelisah, kehilangan selera minum danmakan.

2.Stadium Exitatie yang dalam beberapa hari saja dapat membuat anjing menggigit apa saja , lalu kabur sampai beberapa jauh kilometer.

3. Stadium Paraltycum yang dalam waktu seminggu dapat membuat anjing menjadi lumpuh dan mati.

Anjing biasanya harus mendapat vaksinasi Rabies pada umur 5 bulan.

Leptospirosis

Penyakit infeksi ini tidak bisa dianggap ringan . Pembawa penyakit ini biasanya merupakan kuman yang terdapat di air kencing tikus. Leptospirosis sangat berbahaya sehingga memerlukan perhatian anda terhadap penyakit infeksi ini .

Gejala-gejala dari penderita penyakit ini antara lain adalah demam, lamban atau tidak bersemangat , sakit pada otot-otot serta diare.

Anjing yang terkena penyakit ini sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk mencegah penyakit ini sebaiknya anda memberi vaksinasi leptospirosis sebelum anjing berumur 3 bulan.

Canine Distemper

Radius penyebarannya dapat mencakup seluruh dunia, cara penularan penyakit ini melalui sentuhan, dan udara. Biasanya menyerang anjing pada usia muda dan anjing dewasa yang daya tahan tubuhnya tidak baik. Penyakit ini memiliki angka kematian yang tertinggi , yakni 80% penderita .

Gejala-gejalanya : demam, gelisah, tidak nafsu makan, mencret, keluar cairan ingus, batuk dan radang paru-paru. Kadang ditemukan bintik-bintik merah pada kulit.. Tanda-tanda pada syaraf meliputi kejang otot, kejang gagau, dan kelumpuhan .

Anjing harus sudah mendapatkan vaksinasi Distemper sebelum berusia 3 bulan.

Parvo virus

Penyebaran penyakit ini sama dengan penyakit Canine Distemper. Hanya 10 % dari penderita penyakit ini yang bisa bertahan hidup. Gejalanya anjing mengalami diare dan muntah karena virus ini menyerang pada bagian pencernaan. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit muntaber pada manusia. Anjing akan kehilangan banyak cairan , muntah darah dan berak darah.

Anjing harus mendapatkan vaksinasi Parvo sebelum berumur 3 bulan.
byanbyan - 20/03/2012 02:56 AM
#38
Serangan Penyakit Di Musim Hujan
Musim hujan memang ada enaknya karena tidak panas seperti dimusim kemarau. Tapi justru di musim hujan penyakit yang menyerang anjing merajalela.

Penyakit yang rutin menyerang anjing di musim hujan biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus karena udara lembab di musim hujan dapat menyuburkan pertumbuhan dan penyebaran jamur, bakteri dan virus.

Berikut ini beberapa penyakit yang kerap menyerang di musim hujan :

1. Diare : diare yang kadang disertai dengan muntah dan berkurangnya nafsu makan diakibatkan karena jamur, bakteri dan virus yang menyerang organ pencernaan. Penyakit ini tidak hanya menyerang anjing saja, manusiapun sering terserang penyakit ini disaat cuaca dingin dan lembab.

Langkah pencegahaan adalah dengan menjaga keseimbangan flora didalam pencernaan. Berikan yoghurt yang banyak dijual dipasaran secara teratur setiap hari. Yoghurt mengandung bakteri yang menguntungkan sehingga dapat membunuh bakteri yang tidak menguntungkan didalam pencernaan. Anjing yang sudah terserang diare lebih dari dua hari sebaiknya diperiksa oleh dokter hewan untuk mendapat pengobatan antibiotik. Anda juga dapat memberikan obat-obatan anti diare yang dijual bebas tetapi sebaiknya pilih obat anti diare yang terbuat dari bahan alami seperti daun jambu biji atau kunyit.

2. Penyakit kulit : penyakit kulit paling banyak disebabkan oleh jamur. Anjing akan merasa gatal sehingga perlu menggaruk, akibat garukan tersebut kulit adakalanya menjadi luka sehingga terbuka peluang bagi bakteri dan virus untuk ikut menyerang sehingga penyakit kulit menjadi lebih parah.

Langkah pencegahan adalah dengan menjaga kondisi kulit dan bulu tetap kering. Untuk bulu pendek, sebaiknya bulu ditaburkan bedak lalu disikat sampai bulu terbebas dari bedak atau bisa juga bulu dan kulit dilap dengan cairan disinfektan setiap hari. Untuk bulu panjang memang agak rumit apalagi kalau lingkungan pemeliharaan sering bsah karena hujan. Pemberian bedak juga bisa diterapkan pada anjing yang berbulu panjang. Setelah ditaburkan bedak, kulit dan bulu diblow dengan hair dryer. Ingat, hair dryer yang digunakan sebaiknya yang dibuat khusus untuk anjing. Jika tidak punya, dapat menggunakan vaccum cleaner yang dapat meniup angin selain menghisap atau gunakan kipas angin dengan kecepatan tinggi. Cairan disinfektan juga bisa diberikan dengan cara disemprot dengan menggunakan sprayer, tidak perlu sampai basah kuyup cukup dipermukaan bulu saja. Mandikan anjing dengan shampo yang memiliki formula anti jamur dan anti bakteri. Sebaiknya jika anjing diberi dog food pilihlah dog food yang menggunakan protein dari daging domba karena daging domba lebih dapat mencegah penyakit kulit dibanding daging ayam atau sapi.

3. Pneumonia : penyakit radang paru-paru ini kebanyakan menyerang anjing diusia anakan tapi untuk anjing dewasa tetap beresiko terserang penyakit ini. Anjing yang terserang biasanya adalah anjing yang sering berbaring dilantai keramik dan terkena angin dingin. Usahakan memberikan alas pada kandang anjing dan hindari kandang anjing terkena angin terutama pada malam hari. Jemur dan ajak anjing bermain pada saat matahari terik.

Pengobatan oleh dokter hewan biasanya menggunakan antibiotik.

4. Penyakit Distemper & Parvovirus : penyakit ini biasanya menyerang anjing musim hujan maupun musim kemarau. Penyakit ini tidak pandang bulu, anakan dan dewasa bisa terserang penyakit ini setiap saat terutama pada saat daya tahan tubuh sedang lemah. Cuaca yang dingin, lembab dan berangin dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Langkah pencegahan, anjing harus mendapat vaksinasi untuk penyakit ini dan diulang setiap tahun. Untuk menjaga daya tahan tubuh, anjing harus diberi nutrisi yang lengkap dan seimbang. Penambahan multivitamin pada musim hujan sangat dianjurkan terutama disaat hujan datang tiap hari.
byanbyan - 20/03/2012 02:58 AM
#39
Hindari Pemberian Hati Pada Anjing
Semua orang tahu kalau hati sapi atau hati ayam sangat disukai oleh anjing. Orang lebih memilih memberikan makan anjingnya dengan hati ayam atau hati sapi karena harganya lebih murah daripada daging, apalagi anjingnya selalu menghabisi porsi makanannya jika diberi hati ayam atau sapi.

Tapi, tahukah anda kalau pemberian makan dengan hati ayam atau sapi secara rutin atau sering dapat merusak kesehatan tubuh anjing?. Ada pendapat yang mengatakan karena protein pada hati sangat tinggi sehingga dapat merusak kinerja ginjal. Mungkin saja pendapat tersebut benar tapi sebaiknya kita mengetahui kandungan gizi dan racun yang ada pada hati ayam atau sapi.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswi ilmu kedokteran hewan IPB yang sedang menyusun skripsi, ternyata banyak penyebab dari kematian anjing diusia 5 tahun keatas di Indonesia adalah karena kerusakan hati, ginjal dan jantung.

Kandungan gizi pada hati per 100 gram:

Air, 73.59 g ,Energi, 125 kcal , Protein, 17.97 g , Total Lemak, 3.86 g , Karbohidrat, 3.42 g , Serat, 0 g , Ampas, 1.17 g, Kalsium 11 mg Besi 8.56 mg,Magnesium 20 mg , Phosphor 272 mg, Potassium 228 mg , Sodium 79 mg, Seng 3.07 mg, Tembaga 0.395 mg, Mangan 0.258 mg , Selenium 64.1 mcg, Vitamin C 33.8 mg, Thiamin 0.138 mg , Riboflavin 1.963 mg, Niacin 9.25 mg , Asam Pantothenic 9.25 mg, Vitamin B-6 0.76 mg , Folate 738 mcg, Vitamin B-12 22.98 mcg, Vitamin A, 20549 IU, Vitamin A, RE, 6165 mcg_RE, Vitamin E, 1.44 mg_ATE.

Seharusnya jika melihat kandungan protein pada hati yang hanya 17,97 gram / 100 gram (17,97%), tidak terlalu tinggi untuk kebutuhan protein seekor anjing. Rata-rata kebutuhan protein pada anjing yang hidup diiklim tropis seperti Indonesia berkisar antara 20-25 %. Jadi, apa penyebab kerusakan ginjal pada anjing yang sering diberi makan hati?, mungkin ada baiknya kalau kita juga mengetahui kandungan racun yang ada didalam organ hati yang ditemukan dari hasil penelitian pada tahun 2003 oleh Rusiana dan DN Iswarawanti.

Kandungan racun pada hati :

antibiotik tylosin

penicillin

oxytetracycline

kanamycin.

Hati ayam broiler yang mengandung antibiotik itu secara berkepanjangan bisa menyebabkan teratogenic effect, carcinogenic effect, mutagenic effect dan resisten terhadap antibiotik sendiri.

Teratogenic effect adalah kandungan antibiotik bisa menyebabkan efek buruk untuk ibu yang mengandung, terutama untuk janinnya. Ibu yang mengandung bisa mengalami keguguran atau bayi yang dilahirkan cacat.

Carcinogenic effect adalah antibiotik yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker.

Mutagenic effect adalah antibiotik dapat menimbulkan mutasi bagi mikroorganisme seperti bakteri.

Antibiotik itu juga bisa menimbulkan alergi seperti menimbulkan bintik-bintik dan gatal-gatal pada kulit.

Dewasa ini, industri peternakan hewan potong cenderung menggunakan obat-obatan kimia untuk mempercepat pertumbuhan hewan potong karena terdesak oleh permintaan dari pasar yang semakin meningkat setiap tahunnya. Mungkin saja, obat-obatan kimia yang digunakan tidak merusak kualitas daging yang dihasilkan tetapi kemungkinan besar hati hewan ternak tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Kenapa? Karena organ hati berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detok). Obat-obatan kimia yang disuntik pada hewan ternak bersarang di organ hati dan belum sempat dikeluarkan dari dalam tubuh pada saat hewan tersebut disembelih. Di negara maju seperi Amerika, sebagian besar penduduknya sudah tidak mau mengkonsumsi organ tubuh hewan seperti hati, ginjal, atau jantung dengan alasan kesehatan.

Kembali ke masalah kerusakan ginjal pada anjing yang diberi makan hati. Ginjal juga merupakan organ penting dalam tubuh dan berfungsi untuk membuang sampah metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urin/air seni, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Jika anjing diberi makanan yang banyak mengandung racun seperti hati ayam atau sapi maka kerja ginjal akan menjadi berat.

Efek jangka pendek yang terlihat pada anjing yang diberi makan hati adalah

Gatal-gatal pada kulit

Muntah

Mencret / diare

Efek jangka panjang :

Kerusakan pada ginjal

Kerusakan pada hati

Kanker

Keguguran pada anjing hamil

Cacat pada anakan anjing

Produsen dog food ternama juga sudah menghindari pemakaian hati pada produk olahannya. Jikapun masih ada, mereka lebih memilih hati dari hewan yang dibesarkan di peternakan organik. Peternak yang mencap peternakannya organik biasanya menghindari pemakaian obat-obatan kimia atau hormon. Biasanya, harga hewan potong dari peternakan organik lebih mahal karena pertumbuhan hewan potong tiga kali lipat lebih lama daripada hewan potong yang diberi booster pertumbuhan berat badan.



Sumber :
http://b3d70.wordpress.com
http://www.gizi.net
http://www.asiamaya.com
http://www.depkes.go.id
byanbyan - 20/03/2012 03:00 AM
#40
Zat & Makanan Berbahaya Bagi Anjing
Mungkin pemilik anjing sering memberikan cemilan pada anjing peliharaannya dengan cemilan yang biasa dimakan oleh manusia. Kita tidak sadar, maksudnya untuk menyenangkan anjing ternyata malah meracuni anjing kesayangan kita. Perhatikan juga perlengkapan perabot rumah disekitar kita yang mengandung bahan kimia, tanaman hias atau obat-obatan manusia yang kadang kita pikir aman untuk anjing.



Berikut daftar makanan berbahaya bagi anjing :

Coklat
Bawang bombay atau bawang merah
Buah anggur
Buah kismis
Kacang Makadamia
Tulang yang direbus (terutama tulang ayam)

Buah anggur dan kismis baru diketahui berbahaya bagi anjing sejak tahun 2000 dan pemilik anjing belum semuanya tahu tentang hal ini. Sebab pasti anggur dan kismis berbahaya bagi anjing belum diketahui sampai sekarang. Kemungkinan besar, buah anggur dan kismis dapat menyebabkn sistem imunitas anjing menjadi aktif dan menyerang sel-sel tubuh sendiri akibat dipicu virus yang menyerang tanaman anggur. Keadaan ini disebut autoimun akut pada anjing. Apapun alasannya, anjing sama sekali tidak boleh diberi makan anggur, berbagai jenis kismis dan produknya olahannya.

Tulang yang sudah direbus sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing, apalagi tulang ayam. Pemanasan mengubah sifat kimia dan sifat fisik tulang yang berakibat tulang tidak bisa dikunyah anjing dengan betul. Tulang pecah menjadi bagian-bagian yang tajam dan membahayakan pencernaan anjing.



Obat-obatan manusia yang berbahaya bagi anjing :

Obat penghilang rasa sakit yang mengandung parasetamol
Asetaminofen (obat flu)
Alkohol

Sayangnya di Indonesia obat-obatan untuk anjing masih sangat sedikit. Tidak heran kalau dokter hewan tetap meresepkan obat manusia untuk anjing. Oleh karena itu, pemberian obat-obatan untuk anjing sebaiknya dilakukan/dikonsultasikan oleh dokter hewan.

Minuman beralkohol juga mempunyai tingkat bahaya yang sama terhadap anjing dan manusia.



Zat-zat kimia disekitar rumah yang berbahaya bagi anjing :

Racun tikus
Deterjen
Cairan pemutih
Karbol
Racun serangga.
Deodoran
Korek api
Thinner, Aseton, atau pembersih kuku
Kosmetik

Anjing suka mencium-cium bau / zat yang asing dan kadang menjilat untuk mengetahui rasanya. Untuk anjing yang nafsu makannya sangt tinggi biasanya tidak sedikit jumlah zat atau racun yang dicicipinya. Jika anjing anda mengalami keracunn sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Pertolongan pertama dengan cara membuat anjing muntah supaya jumlah racun yang masuk bisa diminimalkan.



Tanaman hias yang beracun bagi anjing :

Keladi Hias ( Caladium)
Sri Rejeki
Phildendron
Amarilis
Bunga Bakung
Hedera Helix
Iris
Umbi Tuli
Digitalis
Convallaria
Bunga Mentega
Genus Consolida
Delphinium
Genus Taxus

Keladi hias (caladium), Sri Rejeki, dan Philodendron bisa menyebabkan iritasi kerongkongan. Amarilis, Bunga Bakung, Hedera Helix, Iris, dan Umbi Tuli dapat menyebabkan iritasi perut yang sering berlanjut pada kelumpuhan sistem saraf sentral hingga koma dan kematian. Sedangkan yang paling parah akibatnya hingga menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat adalah Digitalis, Convallaria, Bunga mentega, serta tanaman hias genus Consolida dan Delphinium karena sistem kardiovaskuler menjadi terganggu. Berbagai jenis tanaman hias dari genus Taxus juga sangat berbahaya karena mempengaruhi sistem saraf anjing. Pemilik anjing yang menemui anjing peliharaannya memakan salah satu dari tanaman tersebut di atas harus segera membawa anjingnya ke dokter hewan.

Jika anda sudah mengetahui apa saja yang berbahaya bagi anjing kesayangan anda sebaiknya mulai sekarang melakukan berbagai pencegahan seperti:

Tidak sembarangan memberikan cemilan atau makanan manusia pada anjing.
Menaruh obat atau zat berbahaya ditempat yang tidak terjangkau oleh anjing.
Selalu berkonsultasi pada dokter hewan sebelum memberikan obat-obatan pada anjing.
Menyingkirkan atau menaruh tanaman hias yang berbahaya bagi anjing ditempat yang aman atau setidaknya tidak diletakkan di taman tempat anjing sering bermain.


Catatan : Masih banyak zat, makanan, atau benda yang berbahaya bagi kesehatan anjing terutama pada anakan anjing disekitar rumah. Oleh karena itu, sebaiknya anda selalu mengawasi anjing anda atau menyediakan lingkungan yang aman disaat anda tidak bersamanya.
Page 2 of 19 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JATENG DIY > Yogyakarta > [eRYe-COMMUNITY] ►►►≡ DOG Lover Yogyakarta ≡◄◄◄