Home > CASCISCUS > SEPUTAR PEMILU 2009 > Jalan PAN Menuju Kejatuhan?
Total Views: 5508 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

devilHen86 - 18/01/2009 09:04 PM
#1
Jalan PAN Menuju Kejatuhan?
Jalan PAN Menuju Kejatuhan?
INILAH.COM, Jakarta - Banyak pihak beranggapan Partai Amanat Nasional (PAN) kehilangan greget. Bahkan, PAN dinilai telah melepaskan diri dari entitas warga Muhammadiyah. Akankah PAN kembali kehilangan suara?

Pertanyaan di atas memang wajar dilontarkan. Perolehan suara partai berlambang matahari ini terus merosot tajam. Pada Pemilu 2004, misalnya, PAN hanya mengantongi 6,44% atau sekitar 7,3 juta pemilih dengan 52 kursi.

Ditilik dari jumlah kursi DPR, PAN memang mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan Pemilu 1999 yang meraup 34 kursi. Namun bila dari segi perolehan jumlah pemilih, angka yang diraih PAN melorot lumayan banyak.

Pada Pemilu 1999, PAN tercatat sebagai partai 5 besar dengan perolehan 7.528.956 pemilih (7,12%). Padahal di era Pemilu 2004 terjadi penambahan total sekitar 10 juta pemilih dan pengurangan jumlah partai yang berlaga dari 48 partai di tahun 1999 menjadi 24 partai.

Sejumlah hasil survei yang dirilis beberapa lembaga riset juga tidak menunjukkan prediksi berbeda. Survei teranyar yang dilakukan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menunjukkan PAN hanya memperoleh 3,8%. Jauh di bawah parpol baru, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang memperoleh 6,5%.

Salah satu mantan Ketua DPP PAN, Dawam Rahardjo, menilai kondisi PAN saat ini lebih buruk dibandingkan kepemimpinan Amien Rais. Karena itu, dirinya menduga suara PAN dalam Pemilu 2009 akan kembali merosot.

"Amien Rais banyak sekali memberikan pandangan-pandangan mengenai apa yang terjadi di Indonesia pada masa itu. Suaranya lebih terdengar dibandingkan saat PAN dipimpin oleh Soetrisno Bachir," kata Dawam kepada INILAH.COM.

Menurutnya, PAN kini tidak lagi pernah mengeluarkan pandangan kritis terhadap kondisi bangsa. Sehingga imej yang terbangun adalah PAN tidak lagi memiliki kejelasan identitas. "Misalnya masalah Israel-Palestina. Partai-partai lain sudah bertindak, PAN tidak terdengar jelas identitasnya. Iklan-iklan mengenai visi dan misi PAN juga tidak ada," keluh Dawam.

"Terpecahnya suara PAN menjadi Matahari Bangsa (PMB) dapat dikatakan tahun 2008 yang lalu adalah tahun nadir bagi PAN sendiri," tegas Dawam.

Bagi periset politik, Muhammad Qodari, suara PAN diprediksi menurun karena minimnya manuver untuk mendongkrak popularitas. "Perkiraan saya tahun 2009 suara PAN tidak jauh dari tahun 2004 yang memperoleh suara sebesar 6,7%. Dari hasil beberapa lembaga survei dapat dilihat tidak ada perbedaan perolehan suara. Jadi, bisa dikatakan stagnan," ungkap Qodari yang juga menjabat Direktur Eksekutif Indo Barometer ini.

Ia melihat memang cukup sulit membandingkan kepemimpinan PAN di bawah Amien dan Soetrisno. Sebab, keduanya memiliki latar belakang berbeda. Amien merupakan tokoh reformasi, sementara Soetrisno adalah tokoh di balik layar.

"Dia (Soetrisno) adalah seorang pengusaha. Pengaruhnya lebih kuat dikarenakan uangnya lebih banyak dibandingkan Amien Rais," ujar Qodari.

Menurutnya suara PAN bisa saja melonjak dari perolehan sebelumnya. Ia mengusulkan PAN melakukan langkah-langkah politik yang tepat. Salah satunya dengan membuat iklan sama seperti iklan yang sudah dibuat sebelumnya.

"Tahun 2008 tidak bisa dikatakan sebagai tahun nadir bagi PAN. Dalam waktu tiga bulan ke depan mungkin saja PAN membuat sebuah kejutan. Siapa tahu saja ada iklan-iklan yang bagus. Kita lihat saja nanti," harap Qodari.

Sang ketua, Soetrisno, beberapa waktu terakhir ini memang kerap membuat manuver politik. Mulai dari sibuk mengunjungi ulama NU hingga mengimingi caleg terpilih dengan uang ratusan juta rupiah. Apakah jalan itu efektif membuat suara PAN meroket? Kejutan yang dihasilkan tanggal 9 April lah yang akan menjawabnya.[L4]

kl brkenan blh digabung ama tuh tentang PAN...
Spoiler for "Thread Bikinan Orang Keren"
[Bandwith Killer]Favorite Snaps dr Berbagai Belahan Dunia
[Penggelapan Pajak]Gajinya Pas-pasan, Asetnya Milyaran
[RRC] Kakek Nenek Yang Mengalami Aniaya
“Love Hotels” di Jepang bukan sekedar tempat untuk bersenang-senang
10 racun psikologi
10 Resolusi Sehat Tahun 2009
10 Tipe wanita dilihat dari bentuk payudaranya
2 Anggapan Keliru Tentang Menstruasi
Ajang Pencarian Ahli Peracik Cocktail Terbaik Indonesia!
Alat Isi Ulang Baterai Gadget dgn Tenaga Angin
Aman di Toilet Umum
Aneka Ekspresi Bayi Saat Terlahir, Lucu..!!
Aqua Eye or Aqua Vu Fish TV
Artscape Energy Film: Lapisan Kaca Jendela utk Mengurangi Panas Matahari
Asus Keluarkan Triton 88, Desain Pilar Ganda Eksklusif Untuk Optimalisasi Overclockin
Asus T91: netbook dengan layar putar dan built-in GPS
Baju Robot Untuk Petani
Beberapa catatan kuno tentang UFO/BETA
Betapa Keren Bangunan2 di China, Just for Share
China Persulit Akses Pornografi Online
Diluncurkan Perdana 'Happy Tooth', Cokelat Sahabat Gigi
Fakta Penting tentang Bakrie & Brothers
Fenomena Ayam kampus di dalam dunia kampus
Film Bokep juga Punya Tingkatan Lho
Gadget Pemuas Hasrat Sang Pria
Google Usir 100 Karyawan dan Menstop Berbagai Layanannya
Hardisk portabel yang telah lulus uji coba militer
Hasil Penelitian: Perilaku Analseks di Kalangan Remaja AS Meningkat (:-O jadi trend k
Hidup Miskin di Negeri Kaya: Mengembalikan Kekayaan Milik Rakyat
Indonesia Mampu Kembangkan Robot Lunak
Ini dia daftar 10 besar pramugari pesawat terseksi
iPhone 3G: koneksi 3G dengan harga 50% lebih murah dari iPhone sebelumnya
Istri Minta Cerai, Dokter Minta Ginjalnya Dikembalikan
Jalan PAN Menuju Kejatuhan?
Jam tangan Tag Heuer yang juga berfungsi sebagai HP
Jaman Purba Jauh Lebih Canggih Dari Apa Yang Anda Bayangkan !
Kartu Memori dengan Teknologi Wi-Fi
Kenapa pria berhasrat memburu wanita lebih dari satu
Kerabunan
Kisah tiongkok kuno: "meminjam anak panah"
Klaim Keberhasilan Pemerintah yang Semu Menjelang Pemilu
Lelaki Super Gendut Ini Kini Langsing dan Jadi Instruktur Fitness
Maggie Ward, Nenek 172 Cucu
Mobil Terbang Dibanderol Rp 1,7 Miliar, Mau?
Motorola pamerkan ponsel dari botol plastik
Museum of HIV/AIDS Corpse utk Maniak NARKOBA
My Weight Loss Coach: game dari Nintendo DS untuk menurunkan berat badan
National Geographic Top Ten Photo Galleries
Negara2 Lain Tak Mau Kalah dgn Dubai...
Nian Gao, Kue Tradisional Imlek
Orient 8, Restoran Pan-Asian Terbaru
Palestina - Israel dalam Kronologi Sejarah
Panasonic SDR-SW20: video kamera yang dapat digunakan di dalam air
Papan Iklan Digital: Mencatat Jumlah Orang yg Melihat&Berapa Lama Mereka Meliha
Papan iklan pertama di dunia dengan tenaga matahari dan angin di New York
Patung2 dari permen karet
Pembangkit Listrik dgn Sumber dr Ombak di Laut (PLTO)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) Terbesar di Dunia dan di Negera Lain
Penemuan Jepang
Perkenalkan Nishiuchi Hiromi, Pemenang Image Girl Triumph Japan 2009
Pilih tak Berjilbab Asal Terhormat
Rekor Baru Uang Kertas Pecahan 100 Triliun Dollar
Roy Suryo Terancam Empat Tahun Penjara
Sepuluh Jenis Makanan Berkhasiat Buat Pria
Setiap Detik Lahir 16,5 Mobil Baru
Teh untuk memperbesar payudara?
Tempat- tempat prostitusi jadi target
Top 11 Weirdest Burgers
Tower-Tower Indah Di Dunia...
Video Kamera Atau Digitak Kamera wkt Menyelam?
Video Mesum Oknum Polisi Beredar Luas
Weleh-Weleh..!!! 50% APBD Untuk Belanja Aparat
yuk, Kenali 4 Ciri Wanita Selingkuh!
myaccount - 18/01/2009 09:17 PM
#2

kita liat saja hasilnya ntar...
apakah taktik SB lebih baik daripada AR...
abang bizan - 18/01/2009 09:52 PM
#3

Quote:
Jalan PAN Menuju Kejatuhan?


PAN - Amien Rais Yang Membesarkan PAN
PAN - Soetrisno Bachil Yang Menghancurkan PAN
lokajaya - 18/01/2009 10:23 PM
#4

PAN = Partai Artis Nasional
heekam - 19/01/2009 02:29 AM
#5

partainya abu2 sih gan,, gak punya diferensiasi yg jelas,,


(o)(o)LOVER - 19/01/2009 11:42 AM
#6

Digembosi PMB keknya...
laMignone - 19/01/2009 02:33 PM
#7

partai ini di dalamnya banyak orang orang yg suka mendobrak
tapi sayangnya orang ga banyak tahu
dan preswtasi orang orangnya buat bangsa ini
cukup bagus
tapi termasuk jarang tebar pesona
ga kaya partai partai lain
ga tahu kira kira bisa ga partai ini bertahan sampai 2014 ??

sementara ada partai lain yg selalu tebar pesona
semenatar prestasinya yaa gitu gitu ajah
Tamada77 - 19/01/2009 03:56 PM
#8

Quote:
Original Posted By abang bizan
PAN - Amien Rais Yang Membesarkan PAN
PAN - Soetrisno Bachil Yang Menghancurkan PAN



se7, gan maho
FBR_master - 19/01/2009 08:09 PM
#9

Quote:
Original Posted By Tamada77
se7, gan maho


ngikut juga gan.. setubuhhh





mau kaos kaskuser?
KAOS KASKUS


Jalan PAN Menuju Kejatuhan?

aanamimi - 20/01/2009 03:43 AM
#10

dengan sistem pemilihan yang sekarang, dimana caleg terpili berdasarkan suara terbanyak sepertinya akan mempengaruhi perolehan suara pan.
dibandingkan dengan partai yang gembar-gembor kampanye di media dengan sosok yang kuran populer, pan sepertinya malah akan memperoleh suara lebih banyak....
laMignone - 20/01/2009 06:57 AM
#11

mudah mudahan broo
tapi gw bingung niih
gerindra katanya iklannya gila yaa
belum lagi hanura
kabei - 20/01/2009 10:33 AM
#12

SB dan AR, akhirnya diadu domba dan keduanya kalah ....kenapa ga bersatu aja yah???
jloverst.jr - 20/01/2009 02:17 PM
#13

partai artis seh
devilHen86 - 20/01/2009 04:52 PM
#14

Quote:
Original Posted By laMignone
partai ini di dalamnya banyak orang orang yg suka mendobrak
tapi sayangnya orang ga banyak tahu
dan preswtasi orang orangnya buat bangsa ini
cukup bagus
tapi termasuk jarang tebar pesona
ga kaya partai partai lain
ga tahu kira kira bisa ga partai ini bertahan sampai 2014 ??

sementara ada partai lain yg selalu tebar pesona
semenatar prestasinya yaa gitu gitu ajah

maksudnya gerindra....
Quote:
Original Posted By laMignone
mudah mudahan broo
tapi gw bingung niih
gerindra katanya iklannya gila yaa
belum lagi hanura

ini mah sama aja bawahan dari soeharto, kmana mereka stlh membuat keributan pasca '98, wiranto dan probeo emang slalu keras tp tak punya otak, masak main pake serbu, kerusuhan aja beritanya wiranto probeo bicara dikit...orang yg mati sberapa banyak dan orang yg dianiaya serta diperkosa...
orang yg tak tau peristiwa tahun 1998 main dukung karn sering tampil diTV, kl orang yg suka kerusuhan mah dah pasti coblos, emang kelihatan darimana tuh orang membangun bangsa, bikin ribut lalu lari...
amien rais blh ngomong gede punya banyak artis, tp tetap aja gerindra cuman bikin onar, liat aja tuh FPI mau gmn itu?
begoget_liar - 20/01/2009 05:08 PM
#15

Quote:
Original Posted By abang bizan
PAN - Amien Rais Yang Membesarkan PAN
PAN - Soetrisno Bachil Yang Menghancurkan PAN


begitukah?
devilHen86 - 20/01/2009 05:44 PM
#16

Quote:
Original Posted By aanamimi
dengan sistem pemilihan yang sekarang, dimana caleg terpili berdasarkan suara terbanyak sepertinya akan mempengaruhi perolehan suara pan.
dibandingkan dengan partai yang gembar-gembor kampanye di media dengan sosok yang kuran populer, pan sepertinya malah akan memperoleh suara lebih banyak....


Quote:
Original Posted By kabei
SB dan AR, akhirnya diadu domba dan keduanya kalah ....kenapa ga bersatu aja yah???


Quote:
Original Posted By jloverst.jr
partai artis seh


ini dia gembargembor dan diadu domba, pemilu kurang bersih, moga aja nanti suaranya bisa bersih tuh, partai Amien tak jelek, hanya amiennya kurang tampil aja, sejak kagak jd mpr khan agak hilang dari peredaran...
devilHen86 - 22/01/2009 02:13 AM
#17

Quote:
Original Posted By moksarandu
kok abu-abu sih, bukannya warna biru gan?
ngacir:ngacir:ngacir:
Peace:


Quote:
Original Posted By heekam
partainya abu2 sih gan,, gak punya diferensiasi yg jelas,,


Quote:
Original Posted By abang bizan
PAN - Amien Rais Yang Membesarkan PAN
PAN - Soetrisno Bachil Yang Menghancurkan PAN


Quote:
Original Posted By lokajaya
PAN = Partai Artis Nasional


Quote:
Original Posted By aanamimi
dengan sistem pemilihan yang sekarang, dimana caleg terpili berdasarkan suara terbanyak sepertinya akan mempengaruhi perolehan suara pan.
dibandingkan dengan partai yang gembar-gembor kampanye di media dengan sosok yang kuran populer, pan sepertinya malah akan memperoleh suara lebih banyak....


td saya liat pak amien diwawancara, tak trlalu jelas distation mana waktu makan nasi goreng jam7an gitu, trnyata orangnya dari cara ngomong dan bersikap santun bangat, dia mencerminkan orang S3 tuh, katanya dia pernah kuliah 2tempat sekaligus, dan dapat 2ijasah langsung jaman dahulu...

figur amien bg orang2 trtentu mungkin sangat keren, aku aja salut waktu dengar dia bicara td...
cLuzt - 22/01/2009 06:16 AM
#18

nice inpo gan
wisnu999 - 22/01/2009 06:58 AM
#19

Uhm......PAN
jaman dulu orangnya pinter2 ga tau deh sekarang kek gimana
DEEP THROAT - 22/01/2009 07:00 AM
#20

sayang pasca kekalahan pemilu kemarin pan ga ada kontribusi yang terlihat di masyarakat...
rame nya kalo pas mo pencoblosan aja aja
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > SEPUTAR PEMILU 2009 > Jalan PAN Menuju Kejatuhan?