DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3
Total Views: 109175 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 153 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

4ndylau - 05/04/2012 10:14 PM
#61

Quote:
Original Posted By Choa
mahayana theravada sama

maitreya ini sebenarnya agama tou mengunakan nama buddhis
tujuanya surga


apakah sosok Lau Mu memang ada om Choa?
kalo ada, di alam mana keberadaannya?
kalo nga salah pernah dengar sosok Lau mu sebenarnya adalah ibu suri?
joeraygaul - 05/04/2012 10:27 PM
#62

Quote:
Original Posted By 4ndylau


kalo bedanya tidak prinsipil mungkin nga masalah om choa, misalnya tata cara ritual masing2 aliran beda tetapi ajaran pokoknya sama,

tapi kalo bedanya seperti ini bigung juga ya:
Mahayana/Theravada: Tunjuan akhir adalah mencapai Nibbana(benar nga ya tujuan akhir ajaran mahayana n theravada adalah Nibbana? takut salah tafsir ane)
Maitreya: mencapai pantai seberang, berkumpul kembali dengan Lau Mu/Tuhan yang maha esa.


Kalau dalam Buddhisme itu terdapat dua aliran yang dominan yaitu aliran utara dan selatan. Aliran utara diwakili oleh Madzhab Mahayana yaitu penekanan pada praktek jalan Boddhisatta dan jelas Nibbana yang menjadi tujuan sedangkan aliran selatan diwakili oleh aliran Theravadda yang penekanan prakteknya adalah pencapaian Nibbana pada kehidupan saat ini melalu jalur Savaka Boddhi. Dan satu lagi terdapat aliran yang dominan di Tibet yaitu Tantrayana/Vajrayana yang memadukan kedua praktek di atas dan penggunaan dari simbol2 mujdra dan visualisasi dari berbagai aspek Dhamma dalam bentuk2an Boddhisatta dan berbagai tantra.
Secara garis besar aliran2 tersebut tidak berbeda dalam doktrin utama yaitu penembusan Cattariariyasaccana/4 Kebenaran Mulia, Tilakkhana (3 corak), Ariyaattangikamagga (Jalan Mulia Beruas Delapan) dan berbagai doktrin utama Buddhisme lainnya.
Sedangkan aliran Buddha Meitriya (kebetulan dulu saya pernah pacaran sama salah satu umatnya dan sempat mengikuti peribadatan mereka) adalah merupakan sinkretisme dari berbagai aliran yang dominan di China/Thaiwan, ketimbang doktrin utama Buddhisme faham Taoisme mistis lebih dominan dalam ajaran mereka, karena itu mereka menekankan penyatuan pada Lao Mu sebagai doktrin ajaran mereka.
kristinalee - 05/04/2012 10:28 PM
#63

Quote:
Original Posted By 4ndylau
apakah DHAMMA yg diajarkan di masing2 aliran(mahayana, theravada, NSI, Maitreya) sama?


SELAMA dhamma yang diajarkan seperti yg diuraikan oleh bung menyan yg diuraikan diawal thread ini yaitu 4 kesunyataan mulia itu tadi ,

MAKA meskipun aliran itu berbeda tradisi,maka aliran itu sama dan sesuai dengan yang diajarkan sang buddha, praktek dhamma yg saya maksud adalah praktek dan hidup sesuai dgn 4 kesunyataan mulia tadi yang dimulai dari :
1 Kesunyataan Mulia tentang Dukkha
2 Kesunyataan Mulia tentang asal mula Dukkha
3 Kesunyataan Mulia tentang lenyapnya Dukkha
4 Kesunyataan Mulia tentang Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha melalui praktek Jalan Mulia Berunsur Delapan,

nah dhamma itu sendiri mempunyai kualitas seperti dibawah ini :

1.dhamma bukan filsafat spekulatif tetapi sebuah eksposisi dari Hukum Universal Alam berdasarkan analisis sebab-akibat dari fenomena alam.
2.Dhamma bisa menerima pengawasan ilmiah dan tidak berdasarkan iman. dapat diuji oleh praktek pribadi dan orang yang mengikutinya akan melihat hasil untuk dirinya sendiri melalui pengalaman sendiri.
3.Dhamma mampu memberikan hasil abadi dgn segera di sini dan sekarang, tidak perlu menunggu sampai adanya masa depan atau berikutnya. Dhamma tidak berubah dari waktu ke waktu dan tidak relatif terhadap waktu
4.Dhamma mengajak semua umat untuk mengujinya dan datang melihat sendiri
5.Dhamma dapat diikuti dan mengarah satu ke pembebasan.
Choa - 06/04/2012 12:18 PM
#64

Quote:
Original Posted By 4ndylau


apakah sosok Lau Mu memang ada om Choa?
kalo ada, di alam mana keberadaannya?
kalo nga salah pernah dengar sosok Lau mu sebenarnya adalah ibu suri?


saya ngak enak hati ngomong di forum terbuka
maaf..
Choa - 06/04/2012 12:20 PM
#65

Quote:
Original Posted By kristinalee


SELAMA dhamma yang diajarkan seperti yg diuraikan oleh bung menyan yg diuraikan diawal thread ini yaitu 4 kesunyataan mulia itu tadi ,

MAKA meskipun aliran itu berbeda tradisi,maka aliran itu sama dan sesuai dengan yang diajarkan sang buddha, praktek dhamma yg saya maksud adalah praktek dan hidup sesuai dgn 4 kesunyataan mulia tadi yang dimulai dari :
1 Kesunyataan Mulia tentang Dukkha
2 Kesunyataan Mulia tentang asal mula Dukkha
3 Kesunyataan Mulia tentang lenyapnya Dukkha
4 Kesunyataan Mulia tentang Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha melalui praktek Jalan Mulia Berunsur Delapan,

nah dhamma itu sendiri mempunyai kualitas seperti dibawah ini :

1.dhamma bukan filsafat spekulatif tetapi sebuah eksposisi dari Hukum Universal Alam berdasarkan analisis sebab-akibat dari fenomena alam.
2.Dhamma bisa menerima pengawasan ilmiah dan tidak berdasarkan iman. dapat diuji oleh praktek pribadi dan orang yang mengikutinya akan melihat hasil untuk dirinya sendiri melalui pengalaman sendiri.
3.Dhamma mampu memberikan hasil abadi dgn segera di sini dan sekarang, tidak perlu menunggu sampai adanya masa depan atau berikutnya. Dhamma tidak berubah dari waktu ke waktu dan tidak relatif terhadap waktu
4.Dhamma mengajak semua umat untuk mengujinya dan datang melihat sendiri
5.Dhamma dapat diikuti dan mengarah satu ke pembebasan.


sepertinya , mytreya tidak mengajarkan ini deh
coba cek ulang
vincaluna - 06/04/2012 01:28 PM
#66

Quote:
Original Posted By Choa


saya ngak enak hati ngomong di forum terbuka
maaf..


bukankah sebenarnya itu hanya sebuah perumpamaan??

CMIIW

cuman saya sedikit lupa akan perumpamaan wujud Lao Mu tersebut
joeraygaul - 06/04/2012 05:35 PM
#67

Quote:
Original Posted By Choa


sepertinya , mytreya tidak mengajarkan ini deh
coba cek ulang


Betul om, dulu waktu saya ikut puja bakti mereka, ada sejenis upacara yang disebut chiu tao. Waktu itu saya bersujud dan menempelkan dahi saya ke lantai sampai 1000 kali. Doktrin utamanya lebih kental pengaruh Taoisme Chang Tao Ling. Pada Altar utama terdapat arca Dewi Kuan Yin, Mi Lek Hud, Chi Kung, dan terkadang terdapat Amita Buddha, tergantung Fu Tong-nya, karena tiap Fu tong alatarnya berbeda.
...............:ngacir
1ndon3s14 - 06/04/2012 08:46 PM
#68

TANYA DONG

apakah semua ajaran Buddha bersumber dari Shidarta Gautama?
atau ada sumber lainnya?
trims cendols
kristinalee - 06/04/2012 09:05 PM
#69

Quote:
Original Posted By Choa
sepertinya , mytreya tidak mengajarkan ini deh
coba cek ulang


ya, saya tau \) maitreya tidak mengajarkan ini.. kan selama...maka.... \)
selama yang bersangkutan tidak menemukan adanya kesamaan yg saya sebut berarti itu bukan termasuk ajarannya sang buddha,..
kristinalee - 06/04/2012 09:08 PM
#70

Quote:
Original Posted By kristinalee
ya, saya tau \) maitreya tidak mengajarkan ini.. kan selama...maka.... \)
selama yang bersangkutan tidak menemukan adanya kesamaan yg saya sebut berarti itu bukan termasuk ajarannya sang buddha,..


kan tidak perlu saya sebut itu kalo itu ga bener..nanti ada yg tersungging..hehehe
Choa - 06/04/2012 09:21 PM
#71

Quote:
Original Posted By vincaluna

bukankah sebenarnya itu hanya sebuah perumpamaan??
CMIIW

cuman saya sedikit lupa akan perumpamaan wujud Lao Mu tersebut


bukan perumpamaan,
silahkan buka debat tentang ini di forum buddhis
Choa - 06/04/2012 09:22 PM
#72

Quote:
Original Posted By joeraygaul


Betul om, dulu waktu saya ikut puja bakti mereka, ada sejenis upacara yang disebut chiu tao. Waktu itu saya bersujud dan menempelkan dahi saya ke lantai sampai 1000 kali. Doktrin utamanya lebih kental pengaruh Taoisme Chang Tao Ling. Pada Altar utama terdapat arca Dewi Kuan Yin, Mi Lek Hud, Chi Kung, dan terkadang terdapat Amita Buddha, tergantung Fu Tong-nya, karena tiap Fu tong alatarnya berbeda.
...............:ngacir


Quote:
Original Posted By kristinalee


kan tidak perlu saya sebut itu kalo itu ga bener..nanti ada yg tersungging..hehehe


dapat di mengerti
saya angap selesai masalahnya
kristinalee - 06/04/2012 09:32 PM
#73

Quote:
Original Posted By 1ndon3s14
TANYA DONG

apakah semua ajaran Buddha bersumber dari Siddharta Gautama?
atau ada sumber lainnya?
trims cendols


Untuk saat ini ajaran buddha bersumber dari sidharta gautama, kedepannnya muncul ajaran buddha yang baru dan bersumber dari orang yang berbeda masih belum bisa dipastikan.toh semuanya bisa berubah alias tidak pasti atau anicca.tapi untuk saat ini adalah ajaran siddharta gautama

arti kata BUDDHA itu sendiri kan sebenarya merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mencapai pembebasan, atau telah mencapai penerangan sempurna,yang mana pertama kali dibabarkan atau diajarkan oleh Siddharta gautama sendiri melalui pengalamannya sendiri

maka itu siddharta gautama dianggap sebagai pendiri agama buddha dan merupakan guru agung agama buddha pada saat ini.
devaapineraka - 07/04/2012 06:45 PM
#74

Quote:
Original Posted By 1ndon3s14
TANYA DONG

apakah semua ajaran Buddha bersumber dari Shidarta Gautama?
atau ada sumber lainnya?
trims cendols


Quote:
Original Posted By kristinalee


Untuk saat ini ajaran buddha bersumber dari sidharta gautama, kedepannnya muncul ajaran buddha yang baru dan bersumber dari orang yang berbeda masih belum bisa dipastikan.toh semuanya bisa berubah alias tidak pasti atau anicca.tapi untuk saat ini adalah ajaran siddharta gautama

arti kata BUDDHA itu sendiri kan sebenarya merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mencapai pembebasan, atau telah mencapai penerangan sempurna,yang mana pertama kali dibabarkan atau diajarkan oleh Siddharta gautama sendiri melalui pengalamannya sendiri

maka itu siddharta gautama dianggap sebagai pendiri agama buddha dan merupakan guru agung agama buddha pada saat ini.


dalam masa sekarang memang dhamma mengacu pada Buddha Gotama,
Hippocantropus - 09/04/2012 10:33 AM
#75

Quote:
Original Posted By 1ndon3s14
TANYA DONG

apakah semua ajaran Buddha bersumber dari Shidarta Gautama?
atau ada sumber lainnya?
trims cendols


kl ajaran, itu bukan milik Buddha Gautama, sebab ajaran buddhisme yang ada sekarang itu sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu bgt bahkan sebelum Buddha Gautama itu ada.
Buddha Gautama hanya melakukan discovery dari yang sudah ada itu dan memberitahukan kepada kita semua.
gitu.
joeraygaul - 09/04/2012 10:56 AM
#76

Quote:
Original Posted By Hippocantropus


kl ajaran, itu bukan milik Buddha Gautama, sebab ajaran buddhisme yang ada sekarang itu sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu bgt bahkan sebelum Buddha Gautama itu ada.
Buddha Gautama hanya melakukan discovery dari yang sudah ada itu dan memberitahukan kepada kita semua.
gitu.


Pada kalpa ini Buddha Gautama adalah Sammasambuddha yang pertama mengajarkan Buddhasasana/Dhamma. Walau sebelumnya terdapat Buddha Kassapa dan Sammasambuddha lainnya namun ajarannya sudah tidak dapat dikenali lagi oleh umat manusia pada umumnya. Dhamma tetap berlangsung namun sasana/ajaran menghilang. Demikian juga akan berlaku ketika memasuki masa kalpa Buddha Metteya, Buddha terakhir dalam Baddhakappa ini. _/|\_
Hippocantropus - 09/04/2012 11:10 AM
#77

Quote:
Original Posted By joeraygaul


Pada kalpa ini Buddha Gautama adalah Sammasambuddha yang pertama mengajarkan Buddhasasana/Dhamma. Walau sebelumnya terdapat Buddha Kassapa dan Sammasambuddha lainnya namun ajarannya sudah tidak dapat dikenali lagi oleh umat manusia pada umumnya. Dhamma tetap berlangsung namun sasana/ajaran menghilang. Demikian juga akan berlaku ketika memasuki masa kalpa Buddha Metteya, Buddha terakhir dalam Baddhakappa ini. _/|\_


betul gan..
thx atas tambahannya..
anumodanna..
vichaksana - 10/04/2012 11:17 PM
#78

...namo budhayana...

Gan ane mo nanya ni: Jika memang benar bahwa ajaran Budha tidak mengenal doktrin dan sistem keimanan sebagaimana ajaran agama pada umumnya. Lantas bagaimana mungkin seorang mempraktekkan suatu ajaran tanpa dibekali dengan suatu paradigma berpikir? Bukankah sudah menjadi hukum alam, setiap tindakan selalu didahului oleh pikiran yang memacu seseorang untuk melakukan sebuah aksi? Apakah mungkin seorang bertindak hanya berlandaskan pikiran kosong?

Thanks
sang..pencerah - 10/04/2012 11:29 PM
#79

gan di film hangover 2, ada biksu yg bersumpah bisu. Emang buat apa biksu sumpah diem segala?

Trus katanya biksu dilarang membunuh hewan, tapi kok mau nerima damma daging? Apa gak curang tuh?
Choa - 10/04/2012 11:31 PM
#80

Quote:
Original Posted By vichaksana
...namo budhayana...

Gan ane mo nanya ni: Jika memang benar bahwa ajaran Budha tidak mengenal doktrin dan sistem keimanan sebagaimana ajaran agama pada umumnya. Lantas bagaimana mungkin seorang mempraktekkan suatu ajaran tanpa dibekali dengan suatu paradigma berpikir? Bukankah sudah menjadi hukum alam, setiap tindakan selalu didahului oleh pikiran yang memacu seseorang untuk melakukan sebuah aksi? Apakah mungkin seorang bertindak hanya berlandaskan pikiran kosong?

Thanks

pikiran kosong? get real man, mana ada tahap pikiran manusia kosong,

mungkin anda maksud landasan aksi dalam melaksanakan ajaranya, kalau di agama lain landasanya iman, coba kita telaah landasan para buddhis

saya kasih analogy saja, para ilmuan membuktikan teory itu landasanya apa?
boleh tidak landasanya mencari ketidak percayaan atau keraguan dari theory tersebut, dengan membuktikanya dapat di simpulkan teory itu benar atau salah sehinga kebenaran dapat di capai

so simple jika anda mau berpikir dari sudut yang berbeda
Page 4 of 153 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > [HOLY] Anda Bertanya, Buddhist Menjawab - Part 3