Malang
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang
Total Views: 5737 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

luxor_wynn88 - 31/03/2012 11:55 AM
#41

Quote:
Original Posted By kaconk10


nais inpo gan kisss
to the point...
biaya rata² tuk pembersihan karang gigi berapa ?
PM aja jawabnya D


ok gan pm yaa \)kisskisskiss
luxor_wynn88 - 31/03/2012 12:02 PM
#42
Pentingnya Jaga Kesehatan mulut
Konsultasi Gigi Regional Malang

Banyak orang sering mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Mungkin karena letaknya yang tertutup dan tersembunyi. Padahal, kondisi gigi dan mulut ini juga berpengaruh besar pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Untuk merawat gigi dan mulut sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyikat gigi sehabis makan, dan membersihkan lidah dengan teratur. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya seperti menjaga kesehatan tubuh. Jika kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga dengan baik, bisa timbul komplikasi yang tidak hanya memicu penyakit serius
tetapi juga kematian. Untuk itu selalu jaga kesehatan gigi dan mulut, karena ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan.

1. Meningkatkan kepercayaan diri
Penyakit gigi ataupun gusi tidak hanya menimbulkan rasa nyeri tetapi juga aroma nafas yang tidak sedap. Jika hal itu terjadi tentu saja, kepercayaan diri Anda akan menurun. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda bisa terhindar dari penyakit yang memicu aroma tidak sedap. Kondisi gigi dan mulut yang sehat tidak akan menimbulkan masalah bau mulut.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung
Peradangan kronis yang terjadi pada gigi maupun gusi bisa memicu penyakit kardiovascular. Contohnya, penyumbatan pembuluh darah dan stroke. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi gigi dan mulut berpengaruh pada kesehatan jantung.

3. Menjaga daya ingat
Orang dewasa yang mengalami gingivitis (pembengkakan atau pendarahan pada gusi), hasil tes daya ingatnya lebih buruk dibandingkan orang dewasa yang kondisi gigi dan mulutnya sehat. Hal tersebut menurut laporan "Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry". Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, kondisi gigi dan mulut juga mempengaruhi daya ingat seseorang. Untuk mencegah terjadinya gingivitis, perhatikan kebersihan gigi dan gusi derta makanan yang Anda konsumsi.

4. Membantu wanita hamil melahirkan pada waktunya
Sebuah penelitian menujukan wanita yang mengalami masalah gigi dan gusi selama kehamilan, resiko melahirkan bayi prematurnya cukup tinggi. Risiko lainnya yaitu, meskipun bayi lahir tepat pada waktu berat badannya bisa kurang. Usahakan selama kehamilan, periksa secara teratur gigi Anda ke dokter, terutama jika ada masalah serius.

dinasty.happy - 31/03/2012 02:56 PM
#43

dok, d gusi saya kok ky ada kutilnya y?kira2 klo k dokter gigi diambil tindakan apa?
ngadeg.ngerog - 31/03/2012 06:05 PM
#44

Quote:
Originally Posted by kaconk10

nais inpo gan
to the point...
biaya rata² tuk pembersihan karang gigi berapa ?
PM aja jawabnya



Quote:
Original Posted By luxor_wynn88
ok gan pm yaa \)kisskisskiss



ane pminjugadong harganya...malus
zeff08 - 31/03/2012 06:44 PM
#45

untuku kroak 2 kiri bawah ambek 1 kanan bawah mas e, pengen nyabut tapi jare dokter kudu operasi \( , solusine opo yoh \(
niggaz - 31/03/2012 07:02 PM
#46

Quote:
Original Posted By zeff08
untuku kroak 2 kiri bawah ambek 1 kanan bawah mas e, pengen nyabut tapi jare dokter kudu operasi \( , solusine opo yoh \(


solusine ganti Gusi fes.hahahaha
febjoki - 01/04/2012 12:07 PM
#47

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88


iya gan kalau foto gigi itu seharusnya memang merupakan pro tap dalam perawatan gigi.... terutama untuk kasus kasus seperti perawtaan ortho, karen akalua perawatan ortho ga hanya difokuskan untuk kerapian gigi aja... tetapi harus diperhatikan fungi dan keadaan gigi yang menyeluruh.... hal ini sakah satunya didapatkan dari foto gigi \)


o gitu to
kirain buat apa pake difoto tampak samping ma tampak depan D
luxor_wynn88 - 01/04/2012 09:16 PM
#48

Quote:
Original Posted By dinasty.happy
dok, d gusi saya kok ky ada kutilnya y?kira2 klo k dokter gigi diambil tindakan apa?


mungkin yg dimaksud agan pulpa polip ya gan?
heheheh.....
berikut saya berikan penjelasan mengenai pulpa polip dan terapi yang bisa dilakukan

Konsultasi Gigi Regional Malang

Daging Tumbuh pada Gigi Graham (Polip Pulpa)

Kedalaman karies atau gigi berlubang terdiri dari beberapa macam. Mulai dari lubang/karies pada lapisan Email yaitu lapisan paling luar gigi, jika dibiarkan akan semakin dalam dan mencapai lapisan di bawahnya yaitu lapisan Dentin. Awal mula radang terjadi jika lubang sampai pada lapisan ini. Hal ini ditandai dengan adanya rasa ngilu saat lubang kemasukan makanan dan rangsangan manis, asam, dingin. Rasa ngilu berkurang jika rangsang dihilangkan.

Jika terjadi karies/lubang di kedua lapisan tersebut (Email dan Dentin), dipastikan masih bisa dilakukan perawatan penambalan pada gigi tersebut.

Di bawah lapisan dentin ditemui ruangan yang di dalamnya terdiri dari pembuluh darah, kelenjar getah bening dan pembuluh saraf, yang disebut Ruang pulpa (Ruang saraf). Jika kedalaman lubang/karies gigi mencapai bagian ini, akan mengalami rasa sakit yang amat hebat, menetap, tajam dan spontan. Cekot -cekot pada malam hari hingga ke kepala dan menggangu tidur.

Jika lubang/karies itu dibiarkan tanpa perawatan, daya tahan tubuh akan membentuk antibodi atau disebut pertahanan diri. Bila berlanjut dalam kurun waktu lama, maka akan terjadi Pulpitis kronis Hiperplastik. Biasa disebut juga polip pulpa. Itu ditandai dengan ditemukannya tonjolan jaringan granulomatosa yang keluar dari ruang pulpa.

Jaringan tersebut merupakan produk dari radang pulpa yang berasal dari pertambahan jumlah sel ataupun pembesaran sel-sel pulpa yang berlangsung lama dan di dukung vaskularisasi jaringan pulpa. Mudah berdarah dan biasanya terasa sakit jika tertekan oleh makanan.

Pemberian analgesik dan antibotik merupakan bentuk perawatan awal untuk menghilangkan faktor penyebab. Lalu, dilanjutkan dengan perawatan saluran akar (pulpektomy), yaitu dengan membersihkan dan menganggat jaringan tersebut.

Butuh waktu dan kesediaan pasien untuk datang berkali kali dalam perawatan ini. Disarankan lebih baik dilakukan pencabutan. Sebab dalam kasus ini, biasanya infeksi sudah berlangsung lama.
luxor_wynn88 - 01/04/2012 09:23 PM
#49

Quote:
Original Posted By zeff08
untuku kroak 2 kiri bawah ambek 1 kanan bawah mas e, pengen nyabut tapi jare dokter kudu operasi \( , solusine opo yoh \(


untuk kasus dengan gigi yg sudah berlubang parah solusinya memang dicabut gan... tetapi pencabutan gigi haruslah memeprhatikan kondisi klinis dr gigi tersebut gan........ apabila gigi tersebut rusak dan tidak nampak dri permukaan maka haruslah dilakukan bedah minor untuk pengambilan gigi tersebut.. atau biasa disebut dengan odontektomi
313354 - 01/04/2012 11:48 PM
#50

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88


mungkin yg dimaksud agan pulpa polip ya gan?
heheheh.....
berikut saya berikan penjelasan mengenai pulpa polip dan terapi yang bisa dilakukan

Konsultasi Gigi Regional Malang

Daging Tumbuh pada Gigi Graham (Polip Pulpa)

Kedalaman karies atau gigi berlubang terdiri dari beberapa macam. Mulai dari lubang/karies pada lapisan Email yaitu lapisan paling luar gigi, jika dibiarkan akan semakin dalam dan mencapai lapisan di bawahnya yaitu lapisan Dentin. Awal mula radang terjadi jika lubang sampai pada lapisan ini. Hal ini ditandai dengan adanya rasa ngilu saat lubang kemasukan makanan dan rangsangan manis, asam, dingin. Rasa ngilu berkurang jika rangsang dihilangkan.

Jika terjadi karies/lubang di kedua lapisan tersebut (Email dan Dentin), dipastikan masih bisa dilakukan perawatan penambalan pada gigi tersebut.

Di bawah lapisan dentin ditemui ruangan yang di dalamnya terdiri dari pembuluh darah, kelenjar getah bening dan pembuluh saraf, yang disebut Ruang pulpa (Ruang saraf). Jika kedalaman lubang/karies gigi mencapai bagian ini, akan mengalami rasa sakit yang amat hebat, menetap, tajam dan spontan. Cekot -cekot pada malam hari hingga ke kepala dan menggangu tidur.

Jika lubang/karies itu dibiarkan tanpa perawatan, daya tahan tubuh akan membentuk antibodi atau disebut pertahanan diri. Bila berlanjut dalam kurun waktu lama, maka akan terjadi Pulpitis kronis Hiperplastik. Biasa disebut juga polip pulpa. Itu ditandai dengan ditemukannya tonjolan jaringan granulomatosa yang keluar dari ruang pulpa.

Jaringan tersebut merupakan produk dari radang pulpa yang berasal dari pertambahan jumlah sel ataupun pembesaran sel-sel pulpa yang berlangsung lama dan di dukung vaskularisasi jaringan pulpa. Mudah berdarah dan biasanya terasa sakit jika tertekan oleh makanan.

Pemberian analgesik dan antibotik merupakan bentuk perawatan awal untuk menghilangkan faktor penyebab. Lalu, dilanjutkan dengan perawatan saluran akar (pulpektomy), yaitu dengan membersihkan dan menganggat jaringan tersebut.

Butuh waktu dan kesediaan pasien untuk datang berkali kali dalam perawatan ini. Disarankan lebih baik dilakukan pencabutan. Sebab dalam kasus ini, biasanya infeksi sudah berlangsung lama.


wah sepertinya gigiku jg ada yg kayak gini..
dulu beberapa bln yg lalu, pas dirumah sering bolak balik ke dokter gigi, krn teman bapakku, jadi ga bayar mahal2. malus
tapi aku ga betah + bosen, soalnya gini, penanganannya, ditambal dulu sampai gigi tidak sakit, lalu dicabut.
lha aku ya ga betah, setiap ditambal malah sakit, kapan dicabutnya?
padahal kalo dibiarin biasa ga sakit, tp pas kena makanan jadi sakit.
jadi solusinya gimana ya?
thanks..
taorent - 02/04/2012 12:54 PM
#51

kape takon mrene ah..
mas gan.. mutihno untu sing alami iku yaopo yoh? gigi kusam bekas rokok n kopi.. wes gawe pasta gigi perokok iku tp kok ga ilang2 kusam e hammer:
luxor_wynn88 - 03/04/2012 03:55 PM
#52

Quote:
Original Posted By 313354


wah sepertinya gigiku jg ada yg kayak gini..
dulu beberapa bln yg lalu, pas dirumah sering bolak balik ke dokter gigi, krn teman bapakku, jadi ga bayar mahal2. malus
tapi aku ga betah + bosen, soalnya gini, penanganannya, ditambal dulu sampai gigi tidak sakit, lalu dicabut.
lha aku ya ga betah, setiap ditambal malah sakit, kapan dicabutnya?
padahal kalo dibiarin biasa ga sakit, tp pas kena makanan jadi sakit.
jadi solusinya gimana ya?
thanks..

solusi utama untuk gigi agan adalah dengan dilakukan perawatan saluran akar gan \)
apabila kasus yg agan maksudkan sama dengan yg diatas \)
berikut sedikit penjelasan mengenai perawatan saluran akar apabila gigi agan jadi dilakukan perawatan



Perawatan saluran akar adalah perawatan yang dilakukan dengan mengangkat jaringan pulpa yang telah terinfeksi dari kamar pulpa dan saluran akar, kemudian diisi padat oleh bahan pengisi saluran akar agar tidak terjadi kelainan lebih lanjut atau infeksi ulang. Tujuannya adalah untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rahang, sehingga fungsi dan bentuk lengkung gigi tetap baik.

Perawatan saluran akar membutuhkan ketelatenan sehingga seringkali membutuhkan lebih dari 1 kunjungan, bervariasi tergantung kasusnya.

Tahapan PSA adalah sebagai berikut:

- Tahap 1

Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Semua tambalan dan jaringan rusak pada gigi (karies) dibuang.

- Tahap 2
Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.


- Tahap 3

Saluran akar diisi dan dibuat kedap dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.

- Tahap 4
Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).

- Tahap 5
Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/ tidaknya masalah. Setelah PSA selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.

Dalam masa Perawatan Saluran Akar (PSA) gigi, adakalanya gigi mengalami rasa sakit, bisa karena saraf pulpa belum seluruhnya mati, bisa juga karena pembersihan yang belum selesai. Bila gigi mempunyai akar yang bengkok, maka tingkat kesulitan pembersihan saluran akar lebih tinggi daripada saluran akar yang normal lurus. Belum lagi bila saluran akar utama mempunyai cabang-cabang. Oleh karena itu PSA kadang bisa gagal karena faktor-faktor di atas.
Jadi, bila anda merasa malas untuk bolak-balik menjalani PSA dan mempertimbangkan faktor kegagalannya, boleh saja si gigi durhaka dicabut. Namun hal penting yang harus diingat, gigi yang sudah “wafat” harus segera dibuatkan gigi palsu agar gigi-gigi di sebelahnya tidak bergeser.

kisskisskisskisskisskiss
luxor_wynn88 - 03/04/2012 03:57 PM
#53

Quote:
Original Posted By taorent
kape takon mrene ah..
mas gan.. mutihno untu sing alami iku yaopo yoh? gigi kusam bekas rokok n kopi.. wes gawe pasta gigi perokok iku tp kok ga ilang2 kusam e hammer:

Cara menjaga gigi tetap putih dan bersih

cendolbigcendolbigcendolbigcendolbigcendolbig

Hampir setiap hari kita pasti berhadapan dengan orang lain. Entah rekan kerja, saudara, keluarga atau tetangga. Kesehatan mulut dan kebersihan gigi tentu amatlah penting untuk kepercayaan diri kita. Bagaimana cara merawat dan menjaga agar gigi tetap bersih dan putih, mari kita liat tipsnya.

gosoklah gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Tapi jangan terlalu keras karena itu bisa mengikis email gigi dan membuat gigi abrasi serta rusak. Cobalah untuk gunakan sikat gigi elektrik dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit.
Pilih produk pasta gigi berpemutih. Kini produk pasta gigi telah memasukan enzim dan formula kimia sehingga anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi pasta gigi berpemutih.
Rajin mengkonsumsi brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayur-sayuran itu terbukti sangat manjur untuk urusan mencegah noda gigi
Strawberry adalah buah pemutih gigi yang sangat spesial. Caranya mudah. Hancurkan saja strawberry kemudian tempelkan pada seluruh gigi anda dengan menggunakan jari. Diamkan selama satu sampai dua menit. Setelah itu gosoklah gigi dengan menyeluruh sampai bersih.
Gunakan sedotan jika anda minum kopi, teh, minuman bersoda dan juga anggur merah. Dengan demikian, minuman tak mengenai gigi secara langsung. Minuman-minuman tersebut biasanya menjadi penyebab kerusakan gigi yang sangat kuat.
Bila anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya mencoba untuk membleaching gigi anda di klinik2 kesehatan atau perawatan gigi. perawatan gigi semacam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Tapi tetap saja setelah di bleaching, anda harus menjaga makanan dan minuman.

kisskisskisskiss
luxor_wynn88 - 03/04/2012 04:10 PM
#54
Cara Jitu Membuat Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi
Cara Jitu Membuat Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

Konsultasi Gigi Regional Malang

Berbicara mengenai masalah anak memang salah satu topik yang disukai para orang tua. Mulai dari pola pengasuhan anak, pendidikan, sampai hal-hal yang berkenaan dengan kesehatan anak. Salah satunya kesehatan gigi. Banyak anak yang menganggap dokter gigi itu menakutkan. Jarang sekali para orang tua berhasil ‘mulus’ mengajak anak ke dokter gigi, kalau tidak dengan rayuan dan bujukan, biasanya orang tua mengajak ke dokter gigi dengan paksaan, sehingga bukannya anak jadi mau ke dokter gigi,malah anak akan menjadi semakin takut pergi ke dokter gigi. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Berikan mind set positif kepada anak tentang seputar perawatan gigi dan profesi dokter gigi. Terangkan sejak dini bahwa dengan merawat gigi dan pola makan yang baik agar tidak merusak gigi akan terhindar dari berbagai masalah gigi, seperti gigi ompong, bolong, dll. Berikan pemahaman kepada anak bahwa menjadi dokter gigi adalah suatu profesi yang menyenangkan, dapat menolong anak-anak dari permasalahan gigi, dll.
Jangan menunggu anak sakit gigi. Pada saat gigi susu tumbuh lengkap (biasanya usia 2 tahun) bawalah anak ke dokter gigi walaupun gigi sedang dalam keadaan tidak sakit. Mintalah ke dokter untuk menjelaskan seputar perawatan gigi, seperti cara menyikat gigi yg baik, makanan yang tidak merusak gigi, dll. Kunjungan pertama anak akan mempengaruhi kunjungan berikutnya.
Jangan memaksa anak apabila anak tidak mau. Secara perlahan, berikan terus pemahaman kepada anak bahwa berkunjung ke dokter gigi adalah hal yg menyenangkan.

Semoga bermanfaat…
BossNoval - 03/04/2012 05:23 PM
#55

mas ts dokter gigi ya ? kalo iya ane minta saran nih kira'' dokter gigi ortho malang yg kompeten dokter siapa aja mas ts ? paling ga yg udah berpengalaman gitu ? bingungs

oh ya satu lagi nih mas gan, ane kan pake behel, di page'' depan katanya mas gan kalo ada kawat yg menusuk segera pergi ke dokter gigi ?

tapi kalo ane biasa nya ujung kawat, ujung kawat yg nyangkut di ring gigi graham belakang itu lho kan pasti dilebihin dikit
nah yg dilebihin itu kalo nusuk'' kadang ane bengkokin sendiri ujungnya dikit itu boleh ga sih aslinya ? bingungs

ngomong'' behel sekarang canggih ya ada retsleting nya ngakaks

tantangan dokter gigi kan membuat orang ga takut pasien, lha wong sodara ane aja udah gedhe banget masih takut ke dokter gigi ngakaks

sukses profesinya mas gan iloveindonesias


taorent - 03/04/2012 07:39 PM
#56

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88

Cara menjaga gigi tetap putih dan bersih

cendolbigcendolbigcendolbigcendolbigcendolbig

Hampir setiap hari kita pasti berhadapan dengan orang lain. Entah rekan kerja, saudara, keluarga atau tetangga. Kesehatan mulut dan kebersihan gigi tentu amatlah penting untuk kepercayaan diri kita. Bagaimana cara merawat dan menjaga agar gigi tetap bersih dan putih, mari kita liat tipsnya.

gosoklah gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Tapi jangan terlalu keras karena itu bisa mengikis email gigi dan membuat gigi abrasi serta rusak. Cobalah untuk gunakan sikat gigi elektrik dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit.
Pilih produk pasta gigi berpemutih. Kini produk pasta gigi telah memasukan enzim dan formula kimia sehingga anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi pasta gigi berpemutih.
Rajin mengkonsumsi brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayur-sayuran itu terbukti sangat manjur untuk urusan mencegah noda gigi
Strawberry adalah buah pemutih gigi yang sangat spesial. Caranya mudah. Hancurkan saja strawberry kemudian tempelkan pada seluruh gigi anda dengan menggunakan jari. Diamkan selama satu sampai dua menit. Setelah itu gosoklah gigi dengan menyeluruh sampai bersih.
Gunakan sedotan jika anda minum kopi, teh, minuman bersoda dan juga anggur merah. Dengan demikian, minuman tak mengenai gigi secara langsung. Minuman-minuman tersebut biasanya menjadi penyebab kerusakan gigi yang sangat kuat.
Bila anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya mencoba untuk membleaching gigi anda di klinik2 kesehatan atau perawatan gigi. perawatan gigi semacam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Tapi tetap saja setelah di bleaching, anda harus menjaga makanan dan minuman.

kisskisskisskiss


wah mantep penjelasane mas gan..
tak praktekno wes.. nakam brokoli sing akeh D
suwun2 tips e D
313354 - 03/04/2012 08:58 PM
#57

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88

solusi utama untuk gigi agan adalah dengan dilakukan perawatan saluran akar gan \)
apabila kasus yg agan maksudkan sama dengan yg diatas \)
berikut sedikit penjelasan mengenai perawatan saluran akar apabila gigi agan jadi dilakukan perawatan



Perawatan saluran akar adalah perawatan yang dilakukan dengan mengangkat jaringan pulpa yang telah terinfeksi dari kamar pulpa dan saluran akar, kemudian diisi padat oleh bahan pengisi saluran akar agar tidak terjadi kelainan lebih lanjut atau infeksi ulang. Tujuannya adalah untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rahang, sehingga fungsi dan bentuk lengkung gigi tetap baik.

Perawatan saluran akar membutuhkan ketelatenan sehingga seringkali membutuhkan lebih dari 1 kunjungan, bervariasi tergantung kasusnya.

Tahapan PSA adalah sebagai berikut:

- Tahap 1

Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Semua tambalan dan jaringan rusak pada gigi (karies) dibuang.

- Tahap 2
Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.


- Tahap 3

Saluran akar diisi dan dibuat kedap dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.

- Tahap 4
Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).

- Tahap 5
Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/ tidaknya masalah. Setelah PSA selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.

Dalam masa Perawatan Saluran Akar (PSA) gigi, adakalanya gigi mengalami rasa sakit, bisa karena saraf pulpa belum seluruhnya mati, bisa juga karena pembersihan yang belum selesai. Bila gigi mempunyai akar yang bengkok, maka tingkat kesulitan pembersihan saluran akar lebih tinggi daripada saluran akar yang normal lurus. Belum lagi bila saluran akar utama mempunyai cabang-cabang. Oleh karena itu PSA kadang bisa gagal karena faktor-faktor di atas.
Jadi, bila anda merasa malas untuk bolak-balik menjalani PSA dan mempertimbangkan faktor kegagalannya, boleh saja si gigi durhaka dicabut. Namun hal penting yang harus diingat, gigi yang sudah “wafat” harus segera dibuatkan gigi palsu agar gigi-gigi di sebelahnya tidak bergeser.

kisskisskisskisskisskiss


oh gt..
thanks bgt nih penjelasannya \)
ternyata itu namanya PSA ya D
dulu udah beberapa kali bolak-balik sih, eh males juga akhirnya, trus nahan sakitnya dan mau makan jg susah, ampe kadang tertelan jg itu tambalannya.. hammers

btw kalo pasang gigi palsu pengaruhnya apa ya?
apa perawatannya jg ekstra?
luxor_wynn88 - 04/04/2012 10:50 AM
#58

Quote:
Original Posted By BossNoval
mas ts dokter gigi ya ? kalo iya ane minta saran nih kira'' dokter gigi ortho malang yg kompeten dokter siapa aja mas ts ? paling ga yg udah berpengalaman gitu ? bingungs

oh ya satu lagi nih mas gan, ane kan pake behel, di page'' depan katanya mas gan kalo ada kawat yg menusuk segera pergi ke dokter gigi ?

tapi kalo ane biasa nya ujung kawat, ujung kawat yg nyangkut di ring gigi graham belakang itu lho kan pasti dilebihin dikit
nah yg dilebihin itu kalo nusuk'' kadang ane bengkokin sendiri ujungnya dikit itu boleh ga sih aslinya ? bingungs

ngomong'' behel sekarang canggih ya ada retsleting nya ngakaks

tantangan dokter gigi kan membuat orang ga takut pasien, lha wong sodara ane aja udah gedhe banget masih takut ke dokter gigi ngakaks

sukses profesinya mas gan iloveindonesias

halo gan \) untuk drg sp ortho d malang sampai saat ini saya kurang tahu karena baru aja pindah malang gan \)

heheheh............

kalau behel iya memang keluhannya kalau kawat terlalu panjang menusuk.... tetapi itu bukanlah suatu masalah karena bisa saja dipotong sampai sebatas behel yg terletak di gigi terakhir \)

iya gan sekarang behel uda canggih canggih dimana perawatan jauh lebih singkat dan cepat \) serta jauh lebih ga sakit dibandingkan dnegan behel behel tipe lama gan \)

shakehand2shakehand2shakehand2shakehand2






luxor_wynn88 - 04/04/2012 10:51 AM
#59

Quote:
Original Posted By taorent


wah mantep penjelasane mas gan..
tak praktekno wes.. nakam brokoli sing akeh D
suwun2 tips e D


shakehand2shakehand2shakehand2shakehand2
luxor_wynn88 - 04/04/2012 10:56 AM
#60

Quote:
Original Posted By 313354


oh gt..
thanks bgt nih penjelasannya \)
ternyata itu namanya PSA ya D
dulu udah beberapa kali bolak-balik sih, eh males juga akhirnya, trus nahan sakitnya dan mau makan jg susah, ampe kadang tertelan jg itu tambalannya.. hammers

btw kalo pasang gigi palsu pengaruhnya apa ya?
apa perawatannya jg ekstra?


salam kenal gan \) heheheh............
ada beberapa gigi palsu gan\)
dan berikut saya sampaikan beberapa macam tipe dari gigi palsu \)

Banyak jenis gigi pengganti atau gigi palsu yang ditawarkan dokter gigi. Ada yang bisa dilepas dan dipasang oleh pasien, ada pula yang tidak dapat dilepas/dipasang oleh pasien.

Pilih Gigi Palsu Sesuai Kondisi Agan

Masing-masing jenis gigi memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam tulisan ini akan diuraikan kekurangan dan kelebihan setiap jenis gigi tiruan.

Gigi tiruan lepasan akrilik

Gigi tiruan akrilik merupakan gigi tiruan yang paling sering dan umum dibuat pada saat ini, baik untuk kehilangan satu atau seluruh gigi. Gigi tiruan ini mudah dipasang dan dilepas oleh pasien. Bahan akrilik merupakan campuran bahan sejenis plastik yang manipulasinya mudah, murah, ringan dan bisa diwarnai sesuai dengan warna gigi dan warna gusi. Akan tetapi mudah menyerap cairan dan juga mudah kehilangan komponen airnya. Sehingga bila tidak dipakai, gigi tiruan akrilik harus direndam dengan air dingin supaya tidak mengalami perubahan bentuk. Gigi akrilik pun mudah terpengaruh perubahan warna. Misalnya warna dari makanan dan minuman, sehingga jenis gigi tiruan ini memerlukan perawatan yang lebih seksama, seperti selalu menyikatnya dengan sikat gigi lunak. Jangan menyikat gigi tiruan dengan sikat gigi yang keras karena akan mengakibatkan keausan. Akrilik juga mudah mengalami keausan, sehingga dengan pemakaian normal pun, dalam beberapa tahun gigi tiruan jenis ini harus diganti.

Untuk mengurangi risiko keausan, maka gigi tiruan akrilik bisa dikombinasikan dengan gigi tiruan porselen. Landasan maupun gigi buatan dari akrilik juga mudah patah, sehingga landasan gigi tiruan akrilik harus dibuat lebih tebal dan lebih luas. Hal itu mengakibatkan ketidaknyamanan, karena tertutupnya langit-langit akan mengganggu kontak lidah dengan langit-langit. Selain itu juga mengganggu bicara.

Apabila kehilangan gigi hanya di bagian belakang dan tidak terlalu banyak, daerah langit-langit yang berkontak dengan lidah dapat dibebaskan dari akrilik, tetapi bila gigi hilang terlalu banyak dan meliputi gigi depan, hal itu tidak dapat dilakukan. Untuk mengurangi ketebalan dan luasnya landasan, maka dapat digunakan gigi tiruan kerangka logam.

Gigi tiruan kerangka logam

Gigi tiruan ini terdiri dari landasan gigi tiruan dari logam sedang gigi buatannya dari akrilik atau porselen. Karena bahan logam cukup kuat, landasan gigi tiruan kerangka logam dapat dibuat lebih tipis dan lebih kecil sehingga si pemakai akan lebih nyaman. Kontak lidah dengan langit-langit tidak terlalu terganggu.

Logam yang dipergunakan merupakan campuran logam khusus yang memerlukan manipulasi lebih rumit, sehingga gigi tiruan ini lebih mahal dari gigi tiruan akrilik. Apabila patah pada bagian logam, tidak dapat disambung seperti akrilik, tetapi harus dibuat ulang. Akan tetapi apabila patah hanya gigi akriliknya saja bisa disambung/diganti akriliknya saja. Karena landasan logam harus dicoba dulu ketepatannya sebelum dipasang gigi-giginya, maka kunjungan pasien ke dokter gigi lebih banyak dari pemasangan gigi akrilik. Karena kekuatan logam, landasan gigi tiruan tidak terlalu terganggu oleh keadaan cairan/makanan di dalam rongga mulut, yang terpengaruh hanya bagian gigi buatannya.

Gigi tiruan mahkota/jaket

Gigi tiruan mahkota atau umum disebut jaket merupakan gigi tiruan yang dibuat untuk gigi yang belum dicabut tetapi mengalami kerusakan yang parah sehingga sudah tidak bisa ditambal lagi, tetapi syaraf giginya belum mati. Gigi yang rusak tersebut dikurangi sedemikian rupa dengan bentuk tertentu, kemudian diganti dengan bahan akrilik/porselen/ kombinasi logam-porselen yang menyerupai selubung/jaket yang bentuk dan warnanya disesuaikan dengan gigi sebelumnya atau menggunakan gigi sebelahnya sebagai panduan. Gigi tiruan ini tidak dapat dilepas oleh pasien karena ditempelkan langsung ke gigi dengan semen khusus.

Bahan gigi tiruan ini tergantung pada posisi dan kondisi giginya. Jaket porselen biasanya diberi penguat logam, jadi pengurangan gigi harus lebih banyak daripada akrilik. Keuntungan jaket porselen, warnanya lebih baik serta tahan aus dibanding akrilik. Tetapi lebih mahal karena proses pembuatannya lebih rumit.

Gigi tiruan pasak

Gigi tiruan pasak adalah gigi tiruan yang mengganti gigi yang belum dicabut tetapi mahkota gigi sudah rusak dan syaraf gigi sudah terinfeksi atau sudah mati, tetapi akar giginya masih utuh. Untuk membuat gigi pasak, terlebih dulu harus dilakukan perawatan syaraf dahulu sampai steril dalam beberapa kunjungan, sesudah itu baru dilakukan pembentukan konstruksi pasak. Gigi tiruan pasak terdiri dari bagian logam yang ditanam ke dalam akar gigi serta bagian di luar gigi sebagai pendukung mahkota. Setelah disemen ke dalam akar gigi, dibuat mahkota jaket seperti yang telah dikemukakan sebelumnya.

Gigi tiruan mahkota dan jembatan

Merupakan gigi tiruan untuk kasus kehilangan satu atau beberapa gigi yang tidak dapat dilepas sehingga pasien lebih nyaman, dan terhindar dari risiko gigi tiruan hilang. Tidak mengandung landasan yang akan mengganggu pengecapan lidah. Gigi tiruan ini terdiri dari pontik, yaitu pengganti gigi yang hilang serta penyangga. Penyangga gigi tiruan ini menggunakan gigi asli disebelahnya yang masih ada, dengan cara mengurangi/menggerinda gigi asli tersebut dengan bentuk seperti untuk membuat mahkota/jaket. Kemudian mahkota dibuat di gigi tersebut dan disambungkan dengan gigi yang diganti. Apabila gigi yang diganti lebih kecil dari gigi penyangga, gigi penyangga bisa hanya pada satu gigi. Bahan yang digunakan bisa dari akrilik dan porselen. Akan tetapi untuk gigi-gigi belakang yang tidak terlalu terlihat lebih baik digunakan bahan logam untuk kekuatan dan mencegah keausan.

Implan

Implan adalah gigi tiruan yang dibuat dengan menanamkan pasak khusus ke dalam tulang rahang yang telah kehilangan gigi. Fungsinya sebagai penyangga gigi tiruan. Untuk kehilangan satu gigi, pasak implan yang ditanam hanya satu, tetapi bila lebih bisa beberapa buah. Persyaratan untuk pembuatan implan ini lebih berat dibanding dengan gigi tiruan lain.

Di antaranya kesehatan umum pasien harus betul-betul prima serta tidak mempunyai penyakit-penyakit yang melemahkan seperti diabetes, kelainan tulang, dll. Struktur tulang untuk tempat ditanamnya pasak tersebut harus memunyai ketinggian tertentu serta kondisinya masih baik. Pasak implan dipasang melalui prosedur pembedahan sampai terjadi proses penyembuhan serta terdapat hubungan antara tulang dengan logam pasak. Apabila itu terjadi, maka setelah 6 bulan baru dipasang sekrup penyambung antara pasak dan mahkota dengan membuka lapisan mukosa gusi di ujung atas pasak.

Setelah sekrup terpasang ditunggu sampai sembuh luka jaringannya, kemudian dipasang pasak untuk penyangga mahkota, baru setelah itu dipasang mahkotanya. Dengan prosedur ini, pembuatan implan memerlukan waktu lebih dari 6 bulan, serta biaya yang lebih mahal karena memerlukan bahan-bahan khusus, seperti jenis logam pasak khusus yang dapat merangsang pertumbuhan tulang di sekitar pasak implan. Selain itu peralatan yang dipakai pun khusus dan memerlukan sterilitas tinggi. Keuntungannya gigi tiruan implan adalah tidak perlu dibuka/dilepas, dan tidak memerlukan gigi penyangga. Jadi dapat dipasang pada pasien yang telah kehilangan seluruh giginya. Seperti halnya mahkota dan jembatan, tidak ada daerah langit-langit yang tertutup landasan gigi tiruan. Sehingga persepsi rasa seperti gigi asli.

Pemakaian gigi tiruan tidak hanya mengganti gigi yang hilang, tetapi berfungsi sebagai pemelihara jaringan yang masih ada, yaitu jaringan gigi, gusi dan tulang. Sehingga pemakai gigi tiruan harus betul-betul memerhatikan kebersihan gigi tiruan dan gigi aslinya.

Pada pemakaian jaket, pasak, mahkota dan jembatan kebersihan di daerah gusi harus diperhatikan. Bila terjadi kerusakan gigi di daerah gusi akan mengakibatkan terjadinya kebocoran di daerah tersebut. Kebocoran lama-kelamaan akan menggerogoti bagian dalam gigi tiruan tersebut sehingga mahkota tidak terdukung. Gigi bisa tiba-tiba patah dan mahkota tidak dapat dipertahankan sehingga gigi harus dicabut.

Pemilihan setiap jenis gigi tiruan ini pada akhirnya tergantung dari kondisi dan situasi mulut pasien dan pertimbangan dokter gigi. Apabila semua jenis gigi tiruan ini memungkinkan, pertimbangan pun harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Semoga informasi ini bisa membantu agan untuk menentukan macam pilihan dari gigi palsu \)

:2thumbup:2thumbup:2thumbup:2thumbup:2thumbup
Page 3 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang