Malang
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang
Total Views: 5737 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

luxor_wynn88 - 04/04/2012 10:58 AM
#61
Nutrisi Sehat yang Baik untuk Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang

Makanan yang manis-manis sering menjadi kambing hitam penyebab gigi sakit dan berlubang. Tapi ada beberapa makanan sehat yang justru bisa menjadi sahabat dan menyehatkan gigi. Apa saja?

Makanan tertentu seperti makanan manis dan bersoda dapat menjadi musuh bagi gigi. Semakin lama terpapar dan makin tinggi frekuensi makanan yang menjadi musuh gigi, maka akan semakin bahaya bagi gigi Anda.

Namun beberapa makanan tertentu justru baik untuk gigi, seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (23/2/2012):

1. Keju
Keju dapat menyeimbangkan pH dalam mulut, sehingga bisa menjadi alternatif sebagai hidangan penutup.

2. Teh hijau
Minuman yang dikenal dengan khasiat melangsingkan ini sangat dianjurkan oleh dokter gigi karena dapat membunuh kuman di dalam mulut, sehingga mencegah pembentukan plak dan kerusakan gigi.

3. Bawang merah
Bawang merah mengandung senyawa sulfur tertentu yang membuat salah satu anti bakteri alamin paling kuat.

4. Daun mint
Daun mint baik untuk mulut karena dapat membantu melawan bau mulut.

5. Biji wijen
Biji wijen mengandung kalsium tinggi dan dapat meningkatkan kesehatan gigi Anda.

6. Air putih
Cukup minum air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan juga merangsang sekresi air liur. Minum air putih juga membantu mencuci partikel makanan yang jauh terjebak di gigi.

:2thumbup:2thumbup:2thumbup:2thumbup
b0urne - 04/04/2012 01:47 PM
#62

TS buka praktek di Malang ? lokasi di mana ?

PM in biaya untuk scaling sama tambal ya.
Thank you
luxor_wynn88 - 04/04/2012 03:55 PM
#63

Quote:
Original Posted By b0urne
TS buka praktek di Malang ? lokasi di mana ?

PM in biaya untuk scaling sama tambal ya.
Thank you


untuk sementara belum gan \)
msih renovasi untuk yg malang \)
untuk sementara praktek di surabaya dulu \)

cek pm ya gan
bucjo - 04/04/2012 10:10 PM
#64

untu pecah iso di modif gk yo ? malus
buruhcisco - 05/04/2012 12:08 AM
#65

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88
bisa banget gan \) melalui perawatan saluran akar

Konsultasi Gigi Regional Malang

berikut beberapa penjelasan:
Perawatan saluran akar dilakukan dengan cara mengangkat jaringan pulpa yang mengalami radang atau terinfeksi. Jaringan pulpa dapat mengalami peradangan atau infeksi karena adanya karies (keropos) gigi yang dalam,tambalan yang sangat dalam sehingga mengiritasi saluran pulpa, gigi pecah/patah sampai mendekati saluran pulpa karena trauma, atau kadang karena peradangan gusi yang sudah parah.

Kerusakan jaringan pulpa dapat ditandai dengan rasa nyeri, sensitif yang berlangsung lama saat makan/minum panas atau dingin,diskolorasi gigi,pembengkakan gusi. Kadangkala tanpa keluhan sama sekali. Dan bila kondisi ini dibiarkan maka akan menimbulkan nyeri dan bengkak serta kerusakan tulang penyangga gigi.

KEUNTUNGAN PERAWATAN SALURAN AKAR
Apabila kerusakan sudah mencapai jaringan pulpa maka daripada harus dilakukan pencabutan ,dokter gigi akan mempertahankan gigi dengan melakukan perawatan saluran akar. Sesudah perawatan, gigi menjadi non vital ( tanpa saluran pulpa), meski demikian masih ada jaringan vital disekeliling gigi seperti gusi,jaringan penyangga gigi dan tulang. Gigi yang telah dirawat akan tetap bisa digunakan berfungsi dan dijaga kebersihannya seperti gigi gigi vital lainnya

BAGAIMANA PENATALAKSANAAN PERAWATAN SALURAN AKAR?
- Langkah pertama adalah pengambilan jaringan pulpa yang terinfeksi. Kadang dilakukan anestesi,apabila
gigi masih vital atau rasa nyeri yang berlebihan. Pembukaan akses dari mahkota ke ruang pulpa
dilakukan untuk membuang jaringan pulpa yang terinfeksi
- Dengan menggunakan instrumen khusus, saluran akar dibersihkan dan dibentuk agar dapat ditutup
dengan bahan pengisi saluran akar. Kotoran di dalam saluran akar dikelurkan dengan cara menyemprot
saluran dengan cairan anti bakteri.
- Saluran akar akan diisi dengan bahan pengisi saluran akar.
- Tambalan sesudah perawatan gigi dapat berupa resin komposit,crown atau onlay dengan atau tanpa
post/pasak tergantung dari sisa jaringan keras gigi yang tersisa agar tidak patah/pecah saat berfungsi
Perawatan saluran akar dapat dilakukan sekali kunjungan atau lebih tergantung dari kondisi gigi. Apabila diperlukan, selama antar kunjungan,saluran akar akar diberi obat/medikasi untuk sterilisasi saluran akar dan lubang ditutup dengan tambalan sementara.
Pengambilan radiograf seringkali diperlukan untuk menentukan panjang akar dan memonitor tahap-tahap perawatan saluran akar.

APAKAH PERAWATAN TERSEBUT MENIMBULKAN RASA SAKIT?
Prosedur perawatan saluran akar diusahakan untuk dilakukan senyaman mungkin bagi pasien, sehingga kadang dilakukan anestesi sebelumnya. Sesudah perawatan kadang timbul rasa sensitive untuk beberapa hari karena peradangan yang sebelumnya telah terjadi. Rasa tidak nyaman ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat penahan sakit,misalnya Paracetamol. Apabila rasa sakit terus berlanjut,bahkan makin parah dan timbul pembengkakan, maka anda harus menghubungi dokter yang merawat.

PEMELIHARAAN GIGI SESUDAH PERAWATAN SALURAN AKAR.
Selama perawatan,hindari menggigit makanan keras di daerah gigi yang sedang dirawat untuk menghindari gigi pecah/retak kecuali gigi dilindungi dengan mahkota sementara.
Gigi yang telah dirawat,relatiflebih rapuh dari gigi vital,oleh karena itu restorasi gigi yang sesuai dengan kondisi gigi harus segera dilakukan.
Pemeliharaan kebersihan gigi seperti sikat gigi dan flossing pada gigi paska perawatan saluran akar tetap harus dilakukan untuk menghindari infeksi ulang. Lakukan pemeriksaan berkala tiap 6 bulan secara teratur.


kalau giginya sudah pecah tak bersisa? kalo diliat biasa kaya udah gak ada giginya, paling cuma ada akarnya aja ketinggal (yang bikin jadi polip) gimana dong?
dmaul91 - 05/04/2012 02:14 AM
#66

gan, karang gigi itu bersihinnya gimana ya?
dulu pernah disuruh balik ke dokternya kalo ada karang, tapi kadang juga ilang2 sendiri.
nah, kalo dibiarin aja si karangnya gimana? gpp kan ? D



.
luxor_wynn88 - 06/04/2012 12:42 PM
#67

Quote:
Original Posted By dmaul91
gan, karang gigi itu bersihinnya gimana ya?
dulu pernah disuruh balik ke dokternya kalo ada karang, tapi kadang juga ilang2 sendiri.
nah, kalo dibiarin aja si karangnya gimana? gpp kan ? D



.


Karang gigi? Sudah pernah dengar istilah itu, tapi tidak mengerti maksudnya? Karang gigi adalah plak atau kumpulan plak yang berkumpul di bagian-bagian gigi, bias di bagian depan, samping, belakang maupun di dalam gusi karena sudah lamanya karang tidak dibersihkan. Karang yang semakin lama dan semakin keras ini, akan sulit dibersihkan hanya dengan menggosok gigi atau menggunakan obat kumur. Obat kumur memang bisa membunuh kuman penyebab karang gigi tapi tidak bisa menghancurkan karang yang sudah terbentuk.

Berdasarkan lokasi karang gigi, ada dua tempat yaitu di permukaan gigi diatas gusi (supragingiva) dan di permukaan gigi dibawah gusi (subgingiva). Warna karang gigi kekuning-kuningan atau bias juga berwarna kecoklatan atau hitam karena pengaruh rokok, kopi atau teh.

Pertama kali biasanya karang gigi tumbuh didaerah yang sulit dibersihkan, seperti bagian sela-sela gigi dan pada susunan gigi-gigi yang berjejal. Apabila dibiarkan, karang gigi akan terus bertambah banyak dan arahnya pertumbuhan karang selalu ke daerah yang sullit dibersihkan yaitu ke dalam gusi sehingga merusak perlekatan antara gigi dan tulang penyangga. Karena itu banyak pasien yang merasa gigi-giginya goyang padahal tidak ada lubang di giginya. Selain itu, pasien juga bias melihat sendiri gejala-gejala pada gusinya seperti gusi membengkak dan memerah serta berdarah saat menggosok gigi. Kadang pasien juga, merasakan bau mulut yang keluar dari mulut mereka.

karang gigi dapat diperkecil kemungkinannya muncul dengan cara menggosok gigi dengan benar dan minimal 2 kali sehari serta menggunakan dental floss juga diperlukan untuk membersihkan bagian sela-sela gigi yang tidak dapat di capai oleh bulu sikat gigi. Dan tetap control ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali karena karena karang gigi tidak dapat di cegah dan dibersihkan dengan sikat gigi tapi dokter gigi punya alat khusus untuk membersihkan karang gigi anda.
Untuk membersihkan karang gigi anda harus meminta bantuan pada ahlinya.Jangan pernah mencoba untuk menggunakan benda tajam atau obat keras yang dapat merusak organ yang ada pada mulut anda.Konsultasikan masalah gigi anda ke dokter dan mintai solusi terbaik agar karang gigi anda bisa dihilangkan.Banyak cara yang bertebaran di situs internet tentang cara menghilangkan karang gigi atau cara membersihkan karang gigi yang bisa anda ambil selama tidak membahayakan untuk dicoba.Berikut beberapa tips untuk cara menghindari karang gigi pada mulut.

1. Rajin Gosok Gigi
Dengan anda menggosok gigi dengan mestinya,kemungkinan karang gigi tidak akan bisa terbentuk.Gosoklah gigi anda sesudah makan dan sebelum tidur agar dapat terhindar dari Plak.

2. Minum Air
Minum air tidak hanya untuk menyehatkan badan,tapi minuman yang sehat nan alami ini juga mampu membersihkan kotoran di mulut.Minumlah air sambil anda mengumurkannya.Dengan begitu,kotoran yang tadinya menempek bisa terbawa oleh air.

3. Kumur
Berkumur dengan bantuan obat kumur seperti (Listerin) atau yang lain mampu menghilangkan kuman yang menyebabkan karang gigi.

4. Konsumsi Buah Dan Sayur
Buah dan sayur baik untuk perkembangan tubuh maupun otak,selainl mencerdaskan otak anda,mengkonsumsi buah dan sayuran juga mampu membantu memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gusi.

Penyakit pertama sebagai akibat karang gigi adalah radang gusi, pada saat ini di masyarakat hampir semua orang menderita radang gusi dengan tingkat kepaahan yang bermacam-macam. Tanda-tanda dari radang gusi adalah, gusi berwarna merah mengkilat, licin, tidak rapi, nampak menggembung dan pada keadaan yang parah biasa disertai pendarahan bila disentuh, bahkan perdarahan spontan pada keadaan yang lebih parah. Radang gusi yang tak dirawat akan berlanjut menyebar ke jaringan pendukung gigi, khusunya selaput periodontal yang ditandai rasa linu dan tidak nyaman waktu digigitkan, lebih lanjut lagi dapat menyebabkan kerusakan tulang alveolar. Tulang alveolar adalah bagian dari tulang rahang tempat tertanamnya akar gigi. Pada keadaan ini gigi akan goyang, yang jika dibiarkan akhirnya gigi akan lepas dengan sendirinya. Akibat lain yang tak kalah mengganggu adalah bau mulut yang tidak sedap, atau halitosis.




luxor_wynn88 - 06/04/2012 12:43 PM
#68

Quote:
Original Posted By bucjo
untu pecah iso di modif gk yo ? malus


Bisa Gan tgtg pecahnya seberapa \)

berikut contoh :

Konsultasi Gigi Regional Malang
luxor_wynn88 - 06/04/2012 12:44 PM
#69

Quote:
Original Posted By buruhcisco


kalau giginya sudah pecah tak bersisa? kalo diliat biasa kaya udah gak ada giginya, paling cuma ada akarnya aja ketinggal (yang bikin jadi polip) gimana dong?


kalau tdk memungkinkan solusi terakhir adalah dengan pencabutan \)
luxor_wynn88 - 06/04/2012 12:52 PM
#70

Konsultasi Gigi Regional Malang

Konsultasi Gigi Regional Malang

Mahkota Selubung digunakan untuk memperbaiki gigi yang rusak berat atau gigi yang mengalami perubahan warna. Bahan untuk membuat mahkota selubung bermacam-macam, antara lain porcelain, akrilik, emas atau kombinasi porselain dengan emas atau porcelain dengan logam. Pemilihan bahan ini tergantung di mana mahkota selubung akan dipasang. Apabila gigi yang mengalami kerusakan ada dibagian depan maka sebaiknya digunakan bahan dari porcelain karena secara estetik sangat memuaskan. Sedangkan untuk gigi-gigi bagian posterior (belakang) dapat digunakan mahkota selubung selubung dari logam

Mahkota selubung dari porcelain terlihat seperti gigi asli sehingga orang awampun sulit membedakan mana mahkotta selubung dan mana gigi asli. Untuk membuat mahkota selubung ukuran gigi asli harus dikecilkan terlebih dahulu agar mahkota dapat disemen dengan permanen. Selagi Mahkota porcelain dibuat pasien akan dibuatkan mahkota sementara. Mahkota porcelain tidak gampang rusak (tahan lama) dan tahan terhadap berbagai noda yang ada di mulut (rokok, kopi dll).

Konsultasi Gigi Regional Malang
Apakah Gigi tiruan jembatan itu?



Gigi tiruan jembatan itu adalah gigi palsu yang dibuat untuk menggantikan satu atau lebih gigi asli yang hilang, dengan cara membuat perlekatan pada dua sisi gigi yang hilang. Perlekatan dengan cara menyemen jembatan pada gigi penyangga, sehingga gigi palsu ini tidak bisa dilepas oleh pasien. Berbeda dengan gigi palsu lepasan di mana pasien dapat melepas gigi palsunya.

_________________________________________________________
separatis - 06/04/2012 03:19 PM
#71

sapskrip sik lah,,,,
trit bagus nih,,,gigi ane jg sudah gak ideal lagi ngakaks
luxor_wynn88 - 06/04/2012 04:23 PM
#72

Quote:
Original Posted By separatis
sapskrip sik lah,,,,
trit bagus nih,,,gigi ane jg sudah gak ideal lagi ngakaks


kisskisskiss
coeltman - 06/04/2012 05:00 PM
#73

pengen takon merk odol seng rekomended kiro-kiro opo yo? D
kaconk10 - 06/04/2012 09:48 PM
#74

Quote:
Original Posted By
pengen takon merk odol seng rekomended kiro-kiro opo yo? D


mosok nang ausi ganok sing recomended D
opo njaluk dikirim teko ngalam D
luxor_wynn88 - 07/04/2012 01:26 AM
#75

Quote:
Original Posted By coeltman
pengen takon merk odol seng rekomended kiro-kiro opo yo? D


kalau dri merk semuanya baik... tetapi ada beberapa tips memilih pasta gigi yg baik

Konsultasi Gigi Regional Malang
MEMILIH PASTA GIGI YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Pasta gigi tidak boleh mengandung gula alami, tapi hanya boleh mengandung bahan substitusi atau pengganti, yang menghalangi perkembangbiakan bakteri kariogenik.
Zat abrasif yang terkandung dalam pasta gigi harus memiliki efek membersihkan yang baik. Selain itu, zat abrasif itu tidak boleh menyebabkan perubahan struktural apa pun pada enamel gigi dan harus mudah larut dalam air. Karena itu, jangan pilih pasta gigi yang zat abrasifnya berasal dari kapur (kalsium karbonat), yang sulit larut dan bisa menyebabkan demineralisasi enamel gigi. Sebagai gantinya, pilih pasta gigi yang mengandung garam phosphoric acid padat, yang mudah larut dalam air.
Hati-hati dengan pasta gigi yang mengandung triclosan, karena substansi antimikroba itu bisa tidak efektif lagi untuk mengusir bakteri ketika mikroorganisme-mikroorganisme yang ada di gigi dan rongga mulut telah mengembangkan resistansinya. Lagipula, triclosan juga bisa membunuh mikroorganisme-mikroorganisme yang bermanfaat.
Pasta gigi harus menghasilkan cukup buih, tapi tidak terlalu banyak. Pasta gigi yang berbuih ini memiliki kualitas pembersih yang tinggi dan mampu mengusir plak gigi.
Sekarang telah tersedia pasta gigi jenis gel, yang bersifat nonabrasif. Namun daya pembersih pasta gigi ini rendah.
Pasta gigi yang baik harus efisien untuk menghilangkan bau ronga mulut yang tidak sedap.
Penting memilih pasta gigi yang sesuai dengan  kondisi gigi dan mukosa oral anda. Dan hanya menyikat gigi pada pagi dan malam hari saja, tapi pada tengah hari.
Dianjurkan untuk menghabungkan beberapa pasta gigi secara serempak, untuk memperoleh manfaat komposisi dan kandungan bahan-bahan mereka yang berbeda. Dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi baru bila bulu sikatnya sudah mulai mengeriting dan periksakan gigi anda ke dokter gigi dua kali setahun.
BossNoval - 07/04/2012 02:49 PM
#76

subscribe dulu bang ts sama:rate5
mas ts jelasinnya lengkap banget ngomong'', suangar ngakak
calon dokter gigi recommended koyok e sam ts iki ngakak
luxor_wynn88 - 17/04/2012 08:44 AM
#77

Quote:
Original Posted By BossNoval
subscribe dulu bang ts sama:rate5
mas ts jelasinnya lengkap banget ngomong'', suangar ngakak
calon dokter gigi recommended koyok e sam ts iki ngakak

kisskisskisskisskisskisskisskisskiss
luxor_wynn88 - 17/04/2012 08:48 AM
#78
Pemutihan Gigi or Dental Whitening
Konsultasi Gigi Regional Malang

Konsultasi Gigi Regional Malang

Gigi kita semua pada awalnya putih agak kekuningan. Dengan berlalunya waktu, gigi kita menjadi tidak lagi seputih waktu masih kecil. Pengeruhan warna gigi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Merokok dalam jangka panjang menyebabkan gigi berwarna kecoklatan karena residu tar yang menempel di gigi.
Penuaan berperan membuat gigi terlihat kuning karena enamel, yang merupakan lapisan luar keras gigi Anda, semakin menipis oleh pemakaian sehingga lapisan dasar gigi yang berwarna kuning semakin tembus pandang.
Makanan dan minuman apa pun seperti saos, teh, kopi, coke, dll yang dapat menodai taplak meja, pakaian, atau karpet juga dapat menodai gigi Anda.
Jenis-jenis antibiotik tertentu dapat membuat gigi berwarna gelap.

Untungnya, kini kita dapat memutihkan kembali gigi kita melalui layanan dan produk yang banyak tersedia dan terjangkau.

Perawatan pemutihan gigi adalah satu cara untuk mencerahkan warna asal gigi tanpa mengasah enamel, namun ini bukan untuk mengembalikan warna gigi tersebut sepenuhnya. Hydrogen peroxide atau carbamide peroxide merupakan bahan aktif yang sering digunakan dalam produk pemutihan gigi.

Pemutihan gigi termasuk jenis perawatan gigi kosmetik yang sesuai bagi individu tanpa tambalan gigi dan masalah gusi. Dokter gigi umumnya menawarkan dua jenis perawatan, yaitu perawatan di tempat praktek atau perawatan sendiri di rumah dengan perangkat pemutih (whitening kit) yang mereka siapkan secara khusus. Kedua prosedur itu sama-sama menggunakan senyawa berbasis peroksida dengan kadar bervariasi dari 3% sampai 35%.

Peroksida adalah unsur utama yang digunakan sebagai pemutih (termasuk pemutih pakaian). Semakin tinggi konsentrasi peroksida, semakin kuat daya pemutihnya–namun, juga lebih berisiko menyebabkan kerusakan pada gusi dan jaringan sekitarnya.

Berikut adalah metode untuk memutihkan gigi Anda:

1. Pemutihan gigi di praktek dokter gigi (in-office whitening)

Pemutihan gigi metode ini diawali dengan pembersihan gigi dan penghapusan plak di sepanjang garis gusi. Setelah gigi bersih, gel peroksida hingga 35% diaplikasikan pada gigi. Selanjutnya, lampu khusus bersinar laser digunakan untuk mengaktifkan gel.

Proses ini biasanya memakan waktu sekitar satu jam, dan memutihkan gigi 10 sampai 14 derajat. Hasil bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang merespon sangat baik sehingga giginya memutih secara dramatis, sedangkan yang lain mungkin membuat perbedaan yang lebih kecil. Dokter gigi Anda dapat memberikan gambaran hasil maksimal yang dapat diperoleh gigi Anda. Dalam kasus-kasus ekstrim, prosedur pemutihan gigi laser mungkin perlu diulang di lokasi noda membandel yang disebabkan oleh obat seperti tetrasiklin.

2. Pemutihan gigi di rumah (home whitening)

Anda dapat memutihkan gigi sendiri dengan peralatan yang diapatkan dari dokter gigi. Dokter gigi akan membersihkan gigi Anda, menyiapkan sebuah cetakan (tray) gigi sesuai ukuran gigi dan kontur rahang Anda, dan memberikan gel berkadar peroksida antara 10% hingga 15%. Untuk memakainya, Anda cukup mengoleskan gel pada cetakan gigi lalu memasang nampan tersebut di gigi selama beberapa jam setiap malam untuk beberapa hari. Lama penerapan bervariasi, semakin rendah kadar peroksida dalam gel, semakin lama waktu pemakaian yang aman. Metode ini dapat memutihkan gigi 8 sampai 10 derajat. Banyak dokter gigi berpendapat pemutihan gigi metode ini memberikan efek yang bertahan lebih lama.

Efek samping

Pemutihan gigi adalah perawatan yang aman jika prosedurnya diikuti sesuai petunjuk. Namun, seperti halnya semua prosedur perawatan lain, ada potensi efek samping yang perlu dipahami:

Sensitivitas. Gigi yang baru diputihkan akan sensitif terhadap perubahan suhu, tekanan dan sentuhan. Hal ini paling mungkin terjadi pada gigi yang diputihkan di dokter gigi, di mana konsentrasi peroksida yang digunakan lebih tinggi. Beberapa orang bahkan merasakan ngilu pada gigi mereka. Sensitivitas ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari. Beberapa dokter gigi merekomendasikan pasta gigi dan gel yang mengandung kalium nitrat untuk gigi sensitif.
Iritasi gusi. Gusi dapat mengalami iritasi akibat kontak dengan pemutih berkonsentrasi peroksida tinggi. Namun, iritasi tersebut biasanya hanya terasa dalam beberapa hari dan menghilang setelah proses pemutihan selesai.

Demikian informasi mengenai pemutihan gigi, untuk lebih jelasnya bisa menghubungi dokter gigi anda.
petromakz - 17/04/2012 12:27 PM
#79

ape mbenakne untu seng wes pecah gak berbentuk tapi wedi larang capedes:
kira2 brapa duit ya gan? o
PM yaaa... kasih rataannya aja gan D

cabut segan, sakit tak mau Peace:

matur tengkyu
petromakz - 17/04/2012 12:30 PM
#80

ape mbenakne untu seng wes pecah gak berbentuk tapi wedi larang capedes:
kira2 brapa duit ya gan? o
PM yaaa... kasih rataannya aja gan D

cabut segan, sakit tak mau Peace:

matur tengkyu
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang