Malang
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang
Total Views: 5737 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 11 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 

erlansander - 22/06/2012 05:30 PM
#121

Selamat sore dok, aku sudah baca-baca dari page 1-terakhir. di liat-liat aku ada gigi impaksi nih. lalu, aku termasuk seorang perokok~ dulu gigiku putih bersih ngakak
setelah merokok muncul plak-plak dan karang gigi. tentunya juga gigiku menjadi sedikit kuning dan gusi juga sudah mulai kecoklatan nih dok. oh iya dok gigi depan saya sudah mulai ada celah ya dok jadi antara gigi yang 1 dengan gigi sebelahnya mulai ada sedikit celah. jadi gak enak di liat.

yang ingin saya tanyakan :
1. SAMA SEPERTI AGAN INI
Spoiler for BUKA
Quote:
Original Posted By ndrembizz
dok, biaya buat memutihkan dan ngilangin karang gigi berapa?
PM dok, biar ane bisa nyiapain dananya dok.
thx



2. apa yang harus saya lakukan agar gigi saya kembali cerah bersinar layaknya malaikat tersenyum dok? Contohnya seperti menghilangkan plak-plak pada gigi, memutihkan kembali gigi saya, mengembalikan warna gusi, dsb.

3. untuk operasi impaksi tersebut kira-kira membutuhkan dana berapa ya dok?

4. apakah ada kemungkinan gigi saya bisa kembali normal dan rapih setelah di lihat dari kejadian-kejadian di atas?


Terima kasih dok, di tunggu reply-nya atau via cekpms kiss

luxor_wynn88 - 23/06/2012 12:42 PM
#122

Quote:
Original Posted By erlansander
Selamat sore dok, aku sudah baca-baca dari page 1-terakhir. di liat-liat aku ada gigi impaksi nih. lalu, aku termasuk seorang perokok~ dulu gigiku putih bersih ngakak
setelah merokok muncul plak-plak dan karang gigi. tentunya juga gigiku menjadi sedikit kuning dan gusi juga sudah mulai kecoklatan nih dok. oh iya dok gigi depan saya sudah mulai ada celah ya dok jadi antara gigi yang 1 dengan gigi sebelahnya mulai ada sedikit celah. jadi gak enak di liat.

yang ingin saya tanyakan :
1. SAMA SEPERTI AGAN INI
Spoiler for BUKA



2. apa yang harus saya lakukan agar gigi saya kembali cerah bersinar layaknya malaikat tersenyum dok? Contohnya seperti menghilangkan plak-plak pada gigi, memutihkan kembali gigi saya, mengembalikan warna gusi, dsb.

3. untuk operasi impaksi tersebut kira-kira membutuhkan dana berapa ya dok?

4. apakah ada kemungkinan gigi saya bisa kembali normal dan rapih setelah di lihat dari kejadian-kejadian di atas?


Terima kasih dok, di tunggu reply-nya atau via cekpms kiss



1. Merokok dan Perubahan warna Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang
Pada dasarnya ada 3 macam stain atau pewarnaan gigi: stain permukaan, deposit lunak dan stain yang sebenarnya merupakan bagian dari jaringan gigi. Stain permukaan biasanya terjadi pada seorang perokok, dijumpai pada di sela dan bagian belakang gigi. Pewarnaan gigi ini biasanya bisa diatasi dengan pembersihan gig dan mulut sehari-hari dan kunjungan ke dokter gigi yang teratur untuk pembersihan professional.

Mengapa rokok sangat erat kaitannya dengan kesehatan gigi dan mulut? Secara gampang bisa kita lihat bibir seorang perokok memang terlihat lebih gelap dibandingkan dengan bibir seorang yang bukan perokok, mengapa?

Secara umum kita mengetahui rokok yang ada di Indonesia ada 2 jenis, rokok dengan filter dan tanpa filter ( lebih dikenal dengan rokok kretek). Rokok tanpa filter cenderung lebih cepat merubah warna gigi dari pada rokok dengan filter. 

Sekarang mari kita ikuti jejak asap rokok kenapa begitu banyak organ – organ tubuh yang dirugikan. Saat kita menghisap rokok asap yang keluar dari sebatang rokok menuju rongga mulut, beberapa detik asap rokok dengan jutaan zat - zat kimia berada dalam rongga mulut dan mempengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam rongga mulut termasuk gigi itu sendiri. Asap panas yang berhembus terus menerus ke dalam rongga mulut merupakan rangsangan panas yang menyebabkan perubahan aliran darah dan mengurangi pengeluaran ludah. Akibatnya rongga mulut menjadi kering dan lebih an-aerob (suasana bebas zat asam) sehingga memberikan lingkungan yang sesuai untuk tumbuhnya bakteri an-aerob dalam plak. Dengan sendirinya perokok beresiko lebih besar terinfeksi bakteri penyebab penyakit jaringan pendukung gigi dibandingkan mereka yang perokok.

Gusi seorang perokok juga cenderung mengalami penebalan lapisan tanduk. Daerah yang mengalami penebalan ini terlihat lebih kasar dibandingkan jaringan di sekitarnya dan berkurang kekenyalannya. Penyempitan pembuluh darah yang disebabkan nikotin mengakibatkan berkurangnya aliran darah di gusi sehingga meningkatkan kecenderungan timbulnya penyakit gusi.


Tar dalam asap rokok juga memperbesar peluang terjadinya radang gusi, yaitu penyakit gusi yang paling sering terjadi disebabkan oleh plak bakteri dan faktor lain yang dapat menyebabkan bertumpuknya plak di sekitar gusi. Tar dapat diendapkan pada permukaan gigi dan akar gigi sehingga permukaan ini menjadi kasar dan mempermudah perlekatan plak. Dari perbedaan penelitian yang telah dilakukan plak dan karang gigi lebih banyak terbentuk pada rongga mulut perokok dibandingkan bukan perokok. Penyakit jaringan pendukung gigi yang parah, kerusakan tulang penyangga gigi dan tanggalnya gigi lebih banyak terjadi pada perokok daripada bukan perokok. Pada perawatan penyakit jaringan pendukung gigi pasien perokok memerlukan perawatan yang lebih luas dan lebih lanjut. Padahal pada pasien bukan perokok dan pada keadaan yang sama cukup hanya dilakukan perawatan standar seperti pembersihan plak dan karang gigi.

Keparahan penyakit yang timbul dari tingkat sedang hingga lanjut berhubungan langsung dengan banyaknya rokok yang diisap setiap hari berapa lama atau berapa tahun seseorang menjadi perokok dan status merokok itu sendiri, apakah masih merokok hingga sekarang atau sudah berhenti.
Nikotin berperan dalam memulai terjadinya penyakit jaringan pendukung gigi karena nikotin dapat diserap oleh jaringan lunak rongga mulut termasuk gusi melalui aliran darah dan perlekatan gusi pada permukaan gigi dan akar. Nikotin dapat ditemukan pada permukaan akar gigi dan hasil metabolitnya yakni kontinin dapat ditemukan pada cairan gusi.

Beberapa perawatan memang sangat menganjurkan pada pasien perokok untuk benrhenti merokok untuk sementara waktu, selama dalam proses perawatan. Seperti pasien yang dalam masa pemasangan implan.

Dapat disimpulkan kerugian yang timbul akibat kebiasaan merokok pada kesehatan gigi dan mulut:

1. Perubahan warna gigi, gusi dan bibir.
2. Karies pada gigi akan semakin cepat terbentuk.
3. Kemungkinan kanker pada jaringan mulut sangat besar.
4. Bau nafas jelas beraroma rokok.
5. Berubahnya jaringan" dalam rongga mulut yang menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap       kesehatan mulut itu sendiri seperti pemicu terbantuknya karies.

2. Perawatan dengan Dental Bleaching

Konsultasi Gigi Regional Malang

1.    Paket Bleaching one visit.

Sekali kunjungan gigi menjadi lebih putih. Bleaching ini menggunakan alat penyinaran, Sehingga memberikan  hasil yang efektif dalam waktu yang relative singkat. Paket ini dilakukan diruang praktek dokter gigi dan harus dilakukan oleh dokter gigi.

Berikut penjelasan tentang proses bleaching dengan penyinaran. 

2.    Paket Bleaching Home care.
Bleaching home care adalah Bleaching yang bisa dilakukan sendiri oleh pasien dirumah, tanpa bantuan dari dokter gigi. Dokter gigi hanya menyediakan alat-alat dan bahannya, setelah itu mentraining pasiennya, agar pasien bisa melakukan sendiri secara mudah. Dokter gigi akan mencatat warna gigi sebelum dan sesudah proses pemutihan dan memantau perubahan warna giginya. Hasilnya terlihat setelah 2 minggu sampai 4 minggu, warna gigi menjadi lebih putih.

Efek samping dari pemutihan gigi:
Pada beberapa pasien, ditemukan rasa ngilu pada gigi setelah di bleaching, rasa ini biasanya berlangsung selama seminggu.

Pertanyaan yg sering keluar seputar Dental Bleaching

Tahukah anda mengenai teeth bleaching? Bagaimana prosesnya? Berapa biaya yang perlu anda keluarkan? Apakah hasilnya memuaskan? 


Apakah Teeth Bleaching/Whitening itu?
Teeth bleaching adalah proses kimia untuk mencerahkan warna gigi. Prosedur ini dapat dilakukan di klinik atau di rumah dengan bahan-bahan yang disediakan oleh dokter gigi.

Seberapa putih hasil yang bisa anda dapatkan?
Tingkat keputihan gigi bervariasi dari orang ke orang. Struktur gigi dan tipe prosedur yang dipilih juga mempengaruhi hasil.

Apa yang menyebabkan perubahan warna pada gigi?
Perubahan warna gigi disebabkan oleh usia, bahan kimia, obat-obatan, kebiasaan merokok, minum kopi, teh, dan soda. Selain itu, faktor genetik juga dapat mempengaruhi warna gigi tiap individu.

Berapa lama teeth bleaching dapat bertahan?
Teeth bleaching bukan prosedur permanen. Hasilnya dapat bertahan untuk satu tahun atau lebih, tergantung dari kebiasaan tiap individu. Pada kebanyakan kasus, prosedur bleaching sangat efektif dan hasilnya memuaskan.

Berapa harga yang harus dibayar?
Harga dari prosedur ini bervariasi, tergantung dari prosedur yang dipilih, dan juga klinik tempat anda melakukan prosedur ini. Kisaran harganya mulai dari 1 juta sampai lebih dari 15 juta rupiah.

Untuk kasus gigi agan merupakan kasus yg kompleks
dengan masalah
1. Perubahan warna gigi bisa dengan "dental bleaching"
2. Permasalah mengatasi jarak antara gigi bisa dengan 
Dental Veneer
Konsultasi Gigi Regional Malang
Kawat Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang
3. Pembersihan Karang Gigi

gigi agan bisa kembali seperti sempurna dengan kerjasama yg baik anatar agan dengan drg yg merawat \)

Untuk Biaya By PM ya Gan \)



Jokiez - 26/06/2012 03:00 PM
#123

eh gan aku tanya2 ya

klo merokok tiap hari itu apa selalu bikin gigi kusam, apa orang tertentu aja

trus klo bleaching gigi itu ada resikonya ga
luxor_wynn88 - 03/07/2012 09:25 AM
#124
Jawab
Quote:
Original Posted By Jokiez
eh gan aku tanya2 ya

klo merokok tiap hari itu apa selalu bikin gigi kusam, apa orang tertentu aja

trus klo bleaching gigi itu ada resikonya ga


Apakah merokok memiliki dampak pada gigi dan gusi saya?
Merokok dapat menyebabkan penyakit gusi menjadi lebih parah. Perokok menghasilkan bakteri plak lebih banyak dari pada bukan perokok. Hal ini disebabkan karena dengan merokok berarti Anda mengurangi oksigen dalam aliran darah Anda, sehingga gusi yang sudah terinfeksi tidak bisa sembuh. Merokok juga membuat gigi berubah warna, gigi copot akibat penyakit gusi, mulut bau dan bahkan kanker mulut.

Konsultasi Gigi Regional Malang

Pemutihan gigi yang dilakukan di dokter gigi bukanlah tanpa resiko, karena melibatkan zat kimia yang akan berkontak langsung dengan struktur gigi maka pasien harus terlebih dahulu memahami segala resiko yang mungkin terjadi, dan yang paling sering dikeluhkan adalah gigi yang menjadi lebih sensitif setelah melakukan perawatan ini (Jika melakukan perawatan ini tanyakan kepada dokter mengenai cara mengatasi kemungkinan gigi sensitif yang akan timbul).
don bellamy - 03/07/2012 05:19 PM
#125

mo curhat ne sam o

gigi saya karies/berlubang, sempat mengikuti perawtan gigi di RSA 4x, dan sdh 2 bln saya tdk ngikutin perawatn lg dan faktor menunda/'salam' yg jd kendala...sekarang slalu bernanah \( \(

keinginan saya skrg mau dicabut, trus gmn solusi anda sam?

makasih \)
iloveindonesia
fadqur - 04/07/2012 01:58 AM
#126
Mohon infonya Dok,.:)
Quote:
Original Posted By erlansander
Selamat sore dok, aku sudah baca-baca dari page 1-terakhir. di liat-liat aku ada gigi impaksi nih. lalu, aku termasuk seorang perokok~ dulu gigiku putih bersih ngakak
setelah merokok muncul plak-plak dan karang gigi. tentunya juga gigiku menjadi sedikit kuning dan gusi juga sudah mulai kecoklatan nih dok. oh iya dok gigi depan saya sudah mulai ada celah ya dok jadi antara gigi yang 1 dengan gigi sebelahnya mulai ada sedikit celah. jadi gak enak di liat.

yang ingin saya tanyakan :
1. SAMA SEPERTI AGAN INI
Spoiler for BUKA



2. apa yang harus saya lakukan agar gigi saya kembali cerah bersinar layaknya malaikat tersenyum dok? Contohnya seperti menghilangkan plak-plak pada gigi, memutihkan kembali gigi saya, mengembalikan warna gusi, dsb.

3. untuk operasi impaksi tersebut kira-kira membutuhkan dana berapa ya dok?

4. apakah ada kemungkinan gigi saya bisa kembali normal dan rapih setelah di lihat dari kejadian-kejadian di atas?


Terima kasih dok, di tunggu reply-nya atau via cekpms kiss



Selain itu, saya ada gigi yang lubang dok, kalo filling harus di rawat dulu ya akarnya dok? terima kasih, saya tunggu PM ya Dok. \)
brosilver - 06/07/2012 01:05 AM
#127

Kalau mau periksa gigi, kira2 berapa biayanya??
luxor_wynn88 - 06/07/2012 07:32 PM
#128

kisskiss
luxor_wynn88 - 06/07/2012 07:34 PM
#129

Quote:
Original Posted By don bellamy
mo curhat ne sam o

gigi saya karies/berlubang, sempat mengikuti perawtan gigi di RSA 4x, dan sdh 2 bln saya tdk ngikutin perawatn lg dan faktor menunda/'salam' yg jd kendala...sekarang slalu bernanah \( \(

keinginan saya skrg mau dicabut, trus gmn solusi anda sam?

makasih \)
iloveindonesia


Prinsipnya, perawatannya adalah menghilangkan sumber infeksi, membentuk dan membersihkan saluran akar, kemudian diisi dengan bahan khusus, supaya tidak ada ruang kosong dan mencegah kuman masuk ke dalam tulang rahang.

Namun, mungkin karena saking tidak kuatnya menahan nyeri gigi, tidak sedikit pasien yang ingin giginya secepatnya dicabut. Padahal, kendati lubang pada gigi sudah mencapai akar, jika masih ada jaringan sehat, pasien tidak perlu menjalani operasi pencabutan gigi. Jika seluruh jaringan gigi yang rusak dan membusuk diangkat tuntas, rasa sakit yang sebelumnya dialami, akan hilang seketika,

Jadi, jika gigi masih bisa dipertahankan, sebaiknya jangan sembarang dicabut. Apalagi, bila gigi yang sudah tanggal itu tidak segera diganti. Karena, ruang kosong pada gusi lama kelamaan akan mengganggu keseimbangan pengunyahan. Misalnya, Anda terpaksa mengunyah pada satu sisi, yang akan berdampak pada kerusakan sendi rahang.

Kelainan ini bisa ditandai ketika membuka dan menutup mulut terdengar suara ‘klak’, ‘klak’ pada sendi rahang. Bila dibiarkan bisa-bisa rahang tidak bisa menutup, setelah membuka lebar, misalnya ketika menguap. Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Selepas perawatan saluran akar selesai, masih ada satu tahap lagi yang diperlukan, yaitu pembuatan restorasi (tambalan atau mahkota tiruan). Restorasi ini penting untuk mengembalikan bentuk, fungsi dan melindungi gigi yang sudah dirawat agar dapat bertahan seterusnya dalam mulut.

Saran saya gan memang perawatan ideal adalah dengan melakukan perawatan pada gigi yg berlubang kendala yg banyak ditemui adalah biaya yg cukup besar. tetapi melihat resiko apabila gigi dicabut seperti pada keterangan diatas maka agan bisa pertimbangkan solusi yg terbaik utnuk agan kisskisskiss
aradier - 06/07/2012 09:10 PM
#130

dok, untuku kuning2, trus bekas tembelan ireng ireng.. enek solusi dok?
cee koyo artis2 bapak kotangacir2

sampean buka praktek nak malang endi dok?ape dulenshakehand2
luxor_wynn88 - 07/07/2012 09:09 AM
#131

Quote:
Original Posted By brosilver
Kalau mau periksa gigi, kira2 berapa biayanya??


Konsultasi Gigi Regional Malang Gan
luxor_wynn88 - 07/07/2012 09:11 AM
#132

Quote:
Original Posted By aradier
dok, untuku kuning2, trus bekas tembelan ireng ireng.. enek solusi dok?
cee koyo artis2 bapak kotangacir2

sampean buka praktek nak malang endi dok?ape dulenshakehand2


Konsultasi Gigi Regional Malang Gan
may_konayuki - 09/07/2012 05:20 PM
#133

aku sms kok gak bisa dok?
PM.in biaya pasang behel plus alamat praktek di malang ya.. thankzz
AndiPramanaXp - 09/07/2012 05:53 PM
#134

WOW!!!
ngeri amat tuh gusinya sampe ada yang di bor.
takut
luxor_wynn88 - 10/07/2012 10:12 AM
#135

Quote:
Original Posted By may_konayuki
aku sms kok gak bisa dok?
PM.in biaya pasang behel plus alamat praktek di malang ya.. thankzz


Konsultasi Gigi Regional Malang Gan

Fast Response
0818530877
087831889191
082223339807
luxor_wynn88 - 10/07/2012 10:16 AM
#136

Quote:
Original Posted By AndiPramanaXp
WOW!!!
ngeri amat tuh gusinya sampe ada yang di bor.
takut



ngakakngakakngakakngakak
mazony - 12/07/2012 03:02 PM
#137

pm-in dong brp biaya implant 1 gigi..ohya buka praktik didaerah mn gan?
iopu - 13/07/2012 09:49 AM
#138
siippp
Quote:
Original Posted By luxor_wynn88
Konsultasi Gigi Regional Malang

Pernah merasa kebingungan saat hendak memilih sikat gigi, di antara sekian banyak pilihan yang terjajar di depan Anda? Wajar saja, mengingat banyaknya variasi mulai dari jenis sikat, bentuk kepala sikat, belum lagi merk dan bentuk gagangnya. Lantas apa ada bedanya, dan bagaimana memilih sikat gigi yang benar?

Pemilihan sikat gigi memang berperan penting dalam keberhasilan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun apapun sikat gigi yang akhirnya Anda pilih, yang terpenting adalah cara, waktu, dan durasi penyikatan gigi yang benar.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui saat akan memilih sikat gigi:

Lembut atau medium. Bulu sikat yang keras mungkin efektif untuk membersihkan lantai kamar mandi, tapi tidak untuk mulut Anda. Bulu sikat gigi yang keras dapat melukai gusi, dan lama kelamaan dapat menyebabkan gusi mengalami resesi, sehingga akar gigi yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos. Akibatnya gigi menjadi sensitif dan rentan terjadi karies pada akar gigi. Kecuali dokter gigi Anda menyarankan untuk menggunakan jenis sikat yang lembut (soft), lebih baik pilih jenis sikat medium.

Size does matter. Ukuran kepala sikat harus disesuaikan dengan mulut masing-masing. Pada dasarnya kepala sikat yang kecil lebih baik, karena dapat menjangkau ke daerah-daerah yang sulit terutama pada gigi belakang rahang atas.

Yang penting nyaman. Bentuk gagang sikat gigi tidak berpengaruh secara signifikan, yang penting enak digenggam saat melakukan gerakan-gerakan penyikatan.

Boleh elektrik atau manual. Sikat gigi elektrik tidak lebih baik dalam membersihkan gigi dibandingkan sikat gigi biasa. Namun sikat gigi elektrik adalah pilihan yang lebih baik pada orang-orang tertentu seperti orang lansia, penderita arthritis atau penyakit lain yang menyebabkan keterbatasan pergerakan tangan, dan penderita cacat seperti anak-anak dengan keterbelakangan mental yang harus dibantu saat menyikat gigi. Sikat gigi elektrik juga mungkin lebih menarik bagi anak-anak karena mudah dan menyenangkan saat digunakan, tentunya didampingi dengan orang tua.

Lebih selektif bagi si kecil. Sesuaikan sikat gigi dengan usia anak Anda. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, kepala sikat yang kecil khusus anak-anak, dengan ujung bulu sikat bulat dan gagang yang besar agar mudah digenggam anak. Boleh juga dipilih gagang sikat dengan warna-warni yang ceria atau bentuk-bentuk yang lucu agar lebih menarik dan memotivasi anak untuk lebih rajin menyikat gigi.

Setelah Anda memilih sikat gigi yang dirasa paling pas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

Pensiunkan sikat gigi Anda saat bulu sikat sudah terlihat sedikit megar, dan ganti secara berkala kira-kira setiap 3 bulan. Jangan tunggu hingga bulu sikat betul-betul megar karena sudah tidak efektif dalam penyikatan dan berpotensi lebih besar untuk melukai gusi.

Jangan saling bertukar sikat gigi dengan orang lain. Setiap anggota keluarga sebaiknya memiliki sikat gigi masing-masing, karena bakteri yang menyebabkan infeksi gigi dan gusi dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui sikat gigi, bahkan bila sikat gigi berkontak setelah pemakaian. Anjuran ini harus betul-betul diperhatikan, sebab penyakit yang berbahaya seperti Hepatitis C berpotensi untuk ditularkan melalui sikat gigi.

Cuci bersih sikat gigi setelah digunakan, lebih baik dengan air mengalir, dan simpan dengan posisi tegak. Bila menggunakan sikat gigi dengan penutup, sebaiknya terdapat lubang pada penutup sebab dalam kondisi tertutup rapat sikat gigi menjadi lembab dan lebih kondusif bagi perkembangbiakan bakteri.

Yang sering kali luput dari perhatian adalah mengganti sikat gigi setelah terkena flu, radang tenggorokan, atau infeksi mulut untuk mencegah kambuhnya infeksi.[](MM)


siippp
iopu - 13/07/2012 09:50 AM
#139
hmm
Quote:
Original Posted By luxor_wynn88
ngakakngakakngakakngakak


hmm:shutups
artanist - 27/07/2012 05:52 PM
#140

Di bulan yang penuh berkah ini [COLOR="DeepSkyBlue"]KASKUS Regional Malang mengadakan serangkaian kegiatan,[/COLOR]

yaitu antara lain :

[Hikmah Puasa] Berbagi Buku : Reg Malang
dan
- BERBAGI KASIH -
☼│Event│☼ [• Kampung Ramadhan Regional Malang • Sahur On The Road & Bukber 2012 •]


Untuk mendukung acara tersebut diatas, Kami juga mengajak rekan rekan semua yang mempunyai rejeki lebih bisa mengulurkan dana bantuan se iklhas nya & tak lupa juga bantuan tenaga untuk mendukung acara tersebut.

kami tunggu partisipasi dari rekan-rekan sekalian \)

" Mari kita jadikan puasa ini sebagai langkah awal untuk membangun gugusan amal ke depan "
Page 7 of 11 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang