Malang
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang
Total Views: 5737 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 11 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 

size364 - 30/07/2012 10:21 PM
#141

Quote:
Original Posted By may_konayuki

PM.in biaya pasang behel plus alamat praktek di malang ya.. thankzz


ane juga dong dok malus
Gwesung - 16/08/2012 02:52 PM
#142

Dok PM in lokasi praktiknya dong sekalian kisaran biaya untuk pasang behel dan perawatannya.
jokopenceng - 31/08/2012 11:06 AM
#143

minta alamat prakteknya di Malang agan dokter....

dapat harga diskon gak buat kaskuser? Yb
luxor_wynn88 - 31/08/2012 11:50 PM
#144

Quote:
Original Posted By Gwesung
Dok PM in lokasi praktiknya dong sekalian kisaran biaya untuk pasang behel dan perawatannya.


Praktek Saya Di
Jl. Bromo No. 70 Malang
CP: 0818530877 - 087831889191

kisskisskisskisskiss
luxor_wynn88 - 31/08/2012 11:51 PM
#145

Quote:
Original Posted By jokopenceng
minta alamat prakteknya di Malang agan dokter....

dapat harga diskon gak buat kaskuser? Yb


Pasti Harga Spesial Gan \)
Dijamin \)

luxor_wynn88 - 31/08/2012 11:54 PM
#146
Manfaat Pasta Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang

Saya akan berbagi beberapa tips dan trik yang jarang diketahui orang dengan menggunakan bahan rumahan yang biasa Anda pakai sehari-hari.

1. Menghapus noda kopi atau teh
Gosok dengan cepat bagian dalam cangkir menggunakan pasta gigi, lalu cuci atau bilas seperti biasa. Mug anda akan bersih dan mengkilap segera. Pasta gigi adalah pembersih untuk semua jenis stainless steel di dapur Anda. Selain itu, Ia dapat menghilangkan buih sabun, noda air keras, dan kotoran yang menempel pada permukaan oven.
Pasta gigi mengandung abrasif lembut, persis apa yang Anda butuhkan untuk menggosok "gumpalan" pada perangkat besi Anda. Oleskan pasta gigi pada peralatan besi Anda selagi dingin, gosok dengan lap, lalu bilas dengan baik.

2. Menghilangkan bau
Makan malam lezat sudah siap, tetapi bau makanan beraroma kuat seperti ikan, bawang merah dan bawang putih yang tadi diolah di dapur masih melekat di tangan Anda? Gosok tangan dan kuku dengan pasta gigi untuk menghilangkan bau.

3. Membersihkan sepatu kotor
Sikat terlebih dahulu kotoran permukaan pada sepatu, oleskan pasta gigi secukupnya pada seluruh bagian sepatu kulit dan gosok dengan kain kering bersih. Pasta gigi juga bisa menghapus kotoran dari tas kulit.

4. Menghilangkan goresan pada permukaan jam
Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan jam yang tergores, gosok perlahan menggunakan kain lembut, goresan akan hilang.

5. Bahan Pembersih yang Aman Untuk Buah
Oleskan sedikit pasta gigi pada kulit buah. Lalu cuci, bilas dan lap hingga kering. Ini bisa menghilangkan bahan pengawet pada buah.

6. Pertolongan pertama untuk membantu mencegah infeksi akibat luka bakar
Jika mengalami luka bakar karena minyak atau air panas, pasta gigi dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegah infeksi. Bahkan jika Anda mengalami sakit gigi, memberi sejumlah pasta gigi pada gigi yang bermasalah, akan mengurangi rasa sakit.

7. Meringankan rasa nyeri karena gigitan serangga
Oleskan sedikit pasta gigi pada daerah yang tersengat serangga atau pada kulit teriritasi yang menyebabkan gatal-gatal. Sebagai tambahan, pasta gigi juga dapat membantu luka cepat kering dan proses penyembuhan.

8. Meringankan Mabuk Perjalanan
Pasta gigi mengandung mint dan minyak cengkeh yang bisa meredakan sakit kepala dan mabuk laut. Oleskan sedikit pasta gigi seukuran biji kacang ke ujung jari Anda dan pijatkan pada pelipis. (wid/ch)
luxor_wynn88 - 01/09/2012 12:00 AM
#147
Jaga Kebersihan Sikat Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang

Tahukah Anda bahwa sikat gigi andalan kita untuk membersihkan kuman dan bakteri justru bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan sakit.

Untuk mencegah kuman, selalu simpan sikat gigi di tempat yang jauh dari kloset. "Saat kita menekan tombol flush di kloset, uap dari air akan menempel ke berbagai permukaan di dalam toilet, termasuk ke sikat gigi," kata Charles Gerba, ahli mikrobiologi.

Karena itulah sebaiknya simpan sikat gigi di tempat yang agak jauh dari kloset atau tempat tertutup. Selain itu, sebaiknya sikat gigi tidak berdekatan dengan sikat gigi milik orang lain untuk mencegah kontaminasi.

Setiap sikat gigi bisa mengandung 10 juta mikroba, termasuk bakteri penyebab penyakit gusi dan lubang di gigi. Mikroba tersebut bisa bertahan sampai satu hari dalam sikat gigi.

"Sikat gigi adalah tempat yang ideal untuk berbagai kuman dan bakteri karena mengandung air dan juga makanan kuman. Sikat gigi juga merupakan pintu masuk ke tubuh manusia," kata Dr.Tom Glass, pakar patologi mulut dari Universitas Oklahoma.

Selalu bersihkan sikat gigi setelah digunakan dan hindari menyimpannya di tempat kecil, lembab dan tertutup.

Untuk mencegah penularan, sebaiknya ganti sikat gigi dengan baru setelah Anda sembuh dari penyakit influenza. Bila Anda menderita penyakit sistem imun, disarankan untuk berkumur dengan obat kumur sebelum Anda menyikat gigi.

Cara lain untuk mengurangi tumpukan bakteri di sikat gigi adalah merendamnya dalam cairan obat kumur antibakteri. Para pakar juga tidak menyarankan untuk melakukan sterilisasi sikat gigi dengan menaruhnya dalam microwave atau mesin pencuci piring karena akan merusak plastik.
luxor_wynn88 - 01/09/2012 12:07 AM
#148

Konsultasi Gigi Regional Malang

Sakit gigi dapat muncul tiba-tiba. Penyebab paling umum sakit gigi adalah lubang pada gigi yang disebut karies gigi atau kavitasi. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti gigi longgar, erosi gusi, atau infeksi kanal akar gigi. Jika ada peradangan saraf, sakit yang dirasakan bisa sangat intens.

1. Karies Gigi
sakit gigiKaries adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel (zat di mahkota gigi), sementum (zat di akar gigi), dan dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar).Gigi dapat berlubang karena bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Gigi terutama terdiri dari mineral yang secara konstan mengalami proses demineralisasi dan remineralisasi. Demineralisasi terjadi karena pemakaian gigi, terutama karena makan makanan yang mengandung asam. Remineralisasi gigi terjadi dengan bantuan air liur, pasta gigi ber-flouride, dan obat kumur. Ketika pH pada permukaan gigi turun di bawah 5,5 karena asam laktat yang diproduksi bakteri, demineralisasi lebih cepat dari remineralisasi sehingga gigi “tekor” mineral. Hal ini dapat mengarah ke gigi berlubang.

Gigi berlubang harus segera ditangani oleh dokter gigi agar tidak berkembang menjadi parah sehingga harus dicabut, atau bahkan menyebabkan infeksi berbahaya. Dokter gigi akan membor lubang untuk membersihkan kerusakan dan kemudian menambal gigi dengan implan.

2. Gigi longgar
Gigi longgar dapat terasa sangat menyakitkan saat mengunyah makanan. Penyebab gigi longgar biasanya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), meskipun bisa juga disebabkan oleh kecelakaan atau benturan. Untuk mengatasi gigi longgar, dokter gigi harus menghilangkan penyakit pada gusi dengan pembersihan gigi (scaling) dan pengobatan. Gigi yang sedikit goyang masih dapat diperkuat dengan menambatkan ke gigi di dekatnya. Gigi yang goyang ke segala arah harus dicabut.

3. Erosi gusi
Gusi yang mengalami erosi akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Erosi gusi bisa disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras atau karena penyakit gusi.

Erosi gusi berlangsung bertahap dalam waktu lama sehingga lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya tidak memperhatikan atau menganggap serius sampai menjadi masalah. Bila penyebab erosi adalah terlalu keras menyikat gigi, Anda harus mengganti sikat dengan yang lebih halus dan mengurangi tekanan.

Erosi gusi hanya bisa dibetulkan dengan cangkok gusi, sebuah prosedur operasi plastik yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis.

4. Infeksi kanal akar gigi
Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Tubuh mempertahankan diri dari infeksi sehingga menyebabkan peradangan. Kadang-kadang terjadi abses (nanah) dalam akar gigi yang dapat menetap di dalam tulang rahang pasien selama bertahun-tahun dan terus-menerus menyebarkan bakteri ke dalam aliran darah penderitanya.

Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati bukanlah pilihan. Penggunakan herbal, vitamin, atau bahkan resep antibiotik biasanya tidak memecahkan masalah bila tanpa diikuti ekstraksi dan pembersihan kanal akar gigi dan jaringan sekitarnya.
Apa yang dapat Anda lakukan bila sakit gigi?

Rasa sakit yang mengganggu dapat Anda kurangi dengan meminum parasetamol, ponstan atau pereda nyeri lainnya. Bila sakit gigi Anda parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter gigi.
luxor_wynn88 - 03/09/2012 04:40 AM
#149
Malas Menyikat gigi memicu kanker
Konsultasi Gigi Regional Malang

Jangan pernah menganggap remeh kebersihan gigi dan mulut. Baru-baru ini, para ilmuwan di Swedia menemukan bahwa peningkatan plak pada gigi telah dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker.

Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional yang dipublikasikan secara online dalam British Medical Journal Open, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai terkait faktor-faktor kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka.

Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal  dan 35 di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

Peneliti mencatat, partisipan yang meninggal memiliki indeks skor antara 0,84 sampai 0,91 - yang menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi ditutupi plak - sedangkan mereka yang masih hidup memiliki skor lebih rendah 0,66-0,67 - yang menunjukkan cakupan plak hanya sebagian saja.

Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria. Peneliti mengira, para wanita seharusnya dapat hidup sekitar 13 tahun lebih lama, dan pria 8,5 tahun lebih lama, sehingga kematian mereka bisa dianggap prematur, kata para peneliti.

"Berdasarkan temuan ini, tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis," kata peneliti.

Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa penyebab plak gigi sebagai penyebab kanker. "Hipotesis penelitian kami melihat buruknya kebersihan mulut, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan meningkatnya kematian akibat kanker," jelasnya.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati," ucap peneliti.

Plak gigi menandakan buruknya kebersihan mulut dan merupakan sumber potensi infeksi, yang juga punya hubungan dengan masalah kesehatan sistemik.
luxor_wynn88 - 03/09/2012 04:42 AM
#150
Malas Menyikat Gigi memicu kanker
Konsultasi Gigi Regional Malang

Jangan pernah menganggap remeh kebersihan gigi dan mulut. Baru-baru ini, para ilmuwan di Swedia menemukan bahwa peningkatan plak pada gigi telah dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker.

Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional yang dipublikasikan secara online dalam British Medical Journal Open, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai terkait faktor-faktor kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka.

Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal  dan 35 di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

Peneliti mencatat, partisipan yang meninggal memiliki indeks skor antara 0,84 sampai 0,91 - yang menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi ditutupi plak - sedangkan mereka yang masih hidup memiliki skor lebih rendah 0,66-0,67 - yang menunjukkan cakupan plak hanya sebagian saja.

Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria. Peneliti mengira, para wanita seharusnya dapat hidup sekitar 13 tahun lebih lama, dan pria 8,5 tahun lebih lama, sehingga kematian mereka bisa dianggap prematur, kata para peneliti.

"Berdasarkan temuan ini, tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis," kata peneliti.

Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa penyebab plak gigi sebagai penyebab kanker. "Hipotesis penelitian kami melihat buruknya kebersihan mulut, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan meningkatnya kematian akibat kanker," jelasnya.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati," ucap peneliti.

Plak gigi menandakan buruknya kebersihan mulut dan merupakan sumber potensi infeksi, yang juga punya hubungan dengan masalah kesehatan sistemik.
v1ru55 - 03/09/2012 05:42 PM
#151

gan ane mau tanya
1.kalo nambal gigi geraham kira2 abis brapa ya......sekalian di bersihin dulu g giginya?
2.gigi temen ane gigi depan geraham itu apa ya lupa, kyk ampir cabut gitu ke samping kira2 di gimanain n abisnya ampe brp?? mohon di jawab gan...pm.
luxor_wynn88 - 03/09/2012 06:17 PM
#152

Quote:
Original Posted By v1ru55
gan ane mau tanya
1.kalo nambal gigi geraham kira2 abis brapa ya......sekalian di bersihin dulu g giginya?
2.gigi temen ane gigi depan geraham itu apa ya lupa, kyk ampir cabut gitu ke samping kira2 di gimanain n abisnya ampe brp?? mohon di jawab gan...pm.


cekpmscekpmscekpms
v1ru55 - 04/09/2012 10:12 AM
#153

Quote:
Original Posted By luxor_wynn88


cekpmscekpmscekpms


g ada inbox gan....

luxor_wynn88 - 04/09/2012 12:27 PM
#154

Quote:
Original Posted By v1ru55


g ada inbox gan....



aku kirim ulang silahkan cek gan or tinggalin no HP ya \)
luxor_wynn88 - 04/09/2012 12:34 PM
#155
Merawat Gigi Secara Herbal
Konsultasi Gigi Regional Malang

Tahukah Anda bahwa di dalam mulut manusia, terdapat setidaknya 700 bakteri berbeda yang hidup berkoloni serta tinggal silih berganti dibagian mulut mulai dari gigi, gusi, bibir hingga lidah? Sayangnya, sebanyak 61.5% dari penduduk Indonesia tidak mengetahui cara menyikat gigi yang baik – setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Padahal dengan bersikat gigi, penyakit karang gigi dan gigi berlubang yang disebabkan penumpukkan bakteri dan plak pada gigi dapat terhindari.

Berdasarkan Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2004 lalu, dewasa ini penyakit karies gigi dan periodontal telah dialami oleh sekitar 90% masyarakat indonesia. Hal itu terjadi karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat minim.

Tentunya, usaha pencegahan bisa dilakukan dengan cara mudah yakni dengan memilih pasta gigi yang sesuai. Salah satunya, Pepsodent Herbal baru yang memiliki formulasi lebih lembut, diperkaya oleh kombinasi bahan alami (ekstrak daun sirih, garam dan jeruk nipis) dan bahan yang diproses secara ilmiah (calcium & fluoride) untuk gigi tetap kuat, gusi tetap sehat, dan mulut tetap segar.

Bahan herbal yang terkandung didalamnya memiliki kehebatan tersendiri dalam merawat kesehatan tubuh secara keseluruhan tak terkecuali kesehatan gigi. Berasal dari ekstrak bahan-bahan organik, manfaat bahan herbal yang terkandung dalam Pepsodent Herbal baru antara lain; garam dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Ekstrak daun sirih sudah dikenal masyarakat sebagai bahan alami anti kuman agar gigi dan mulut tetap sehat. Demikian pula dengan jeruk nipis yang dipercaya dapat membantu memberikan rasa segar pada mulut.

Perlu diingat menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan memiliki kesehatan tubuh seutuhnya dapat meningkatkan kepercayaan diri kita terutama pada saat berinteraksi dengan orang lain.

Pepsodent Herbal, bisa ditemukan di supermarket dan hypermarket dengan harga berkisar Rp. 3.950,- (75gr), Rp. 6.100,- (120gr), Rp. 9.500,- (190gr).

Tips singkat merawat kesehatan gigi dan mulut:
1. Lakukan dengan cara yang tepat, sebelumnya pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan rapat. Kemudian, terapkan cara menyikat gigi yang benar, yaitu menyikat dari arah gusi ke ujung gigi dengan gerakan berulang dan tidak terlalu keras.

2. Disiplin, segala sesuatu yang dilakukan secara rutin akan memberikan perubahan yang berarti. Rajin menyikat gigi dengan cara yang benar dan di waktu yang tepat yaitu minimal dua kali sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

3. Batasi mengkonsumsi makanan manis, makanan yang manis dan lengket mudah melekat pada gigi yang bilamana tidak langsung dibersihkan akan membentuk plak dan akhirnya menyebabkan kerusakan gigi. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makan tersebut.

4. Pasta gigi pilihan dengan perpaduan bahan alami dan ilmiah, pemilihan pasta gigi yang tepat juga membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasta gigi yang mengandung perpaduan bahan alami (jeruk nipis, garam dan daun sirih) untuk merawat kesehatan gigi dan mulut secara alami, dan bahan ilmiah (kalsium dan fluoride) sebagai perlindungan maksimum agar gigi tidak mudah berlubang.

5. Periksa gigi secara rutin, jagalah kebersihan gigi dan mulut dengan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali dengan catatan rutin.

“Hadir dengan inovasi terbaru, Pepsodent Herbal adalah pasta gigi yang dapat dijadikan alternatif pilihan bagi para pecinta produk alami dalam merawat kesehatan mulut dan giginya. Pepsodent selalu berupaya melakukan berbagai inovasi dalam rangka untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulutnya untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang baik sehingga membuat kita mampu menikmati hidup dengan lebih baik dan berkualitas,” ujar Erwin Cahaya Adi, Senior Brand Manager Pepsodent Premium, PT. Unilever Indonesia Tbk.
luxor_wynn88 - 05/09/2012 10:10 AM
#156
Perlukah pemasangan Kawat Gigi
Konsultasi Gigi Regional Malang

Kini semakin banyak orang menggunakan kawat gigi atau behel gigi untuk meluruskan dan merapikan gigi mereka.

Kawat gigi adalah jenis perawatan ortodonti, atau pengobatan yang ditujukan untuk mengoreksi letak gigi yang tidak beraturan atau menyesuaikan rahang atas dan bawah. Jika Anda memiliki gigi miring atau tidak sejajar (tidak klop untuk mengunyah dan menggigit), Anda dapat meluruskan gigi Anda dengan kawat gigi. Sebagian orang, misalnya para artis, menggunakan kawat gigi untuk memperbaiki penampilan, agar gigi mereka lebih rapi dan cantik.

Perawatan kawat gigi boleh dilakukan untuk anak-anak maupun orang dewasa, meskipun bukti menunjukkan efeknya lebih baik dan lebih cepat pada mereka yang lebih muda. Anak-anak yang telah memiliki gigi tetap (bukan gigi susu) dapat menerima perawatan kawat gigi.

Masalah kesehatan gigi yang paling umum memicu perawatan kawat gigi antara lain:

Mulit kecil. Mulut kecil dapat menyebabkan keterbatasan ruang bagi gigi untuk tumbuh. Hal ini mengakibatkan gigi tumbuh berjejalan secara tidak beraturan.
Gigi tonggos. Beberapa anak suka mendorong lidah mereka ke depan sehingga mengakibatkan tonjolan gigi atau rahang atas dan bawah tidak klop. Kebiasaan buruk seperti mengisap jempol di masa bayi juga dapat mengakibatkan masalah ini.
Gigi terlalu rapat atau terlalu jarang. Kadang-kadang, seseorang dapat memiliki gigi yang terlalu besar/menonjol atau gigi tertentu yang tidak berkembang atau menonjol sama sekali. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mengunyah.  Tanggalnya gigi susu sebelum waktunya atau cedera traumatis di wajah, mulut atau rahang juga dapat memengaruhi kemampuan Anda mengunyah.
Bagaimana perawatan kawat gigi dilakukan?
Kawat gigi bekerja dengan menerapkan tekanan terus-menerus selama satu periode untuk secara bertahap mengubah gigi ke arah tertentu. Kebanyakan pasien memakai kawat gigi selama satu atau dua tahun. Beberapa orang mungkin hanya perlu memakai selama beberapa bulan, dan sebagian lainnya mungkin harus terus memakainya hingga lebih dari dua tahun. Sepanjang waktu tersebut, kunjungan ke dokter gigi atau ahli ortodonti perlu dilakukan secara berkala untuk penyesuaian dan pembersihan karang gigi.

Setelah kawat gigi dilepas, Anda harus secara teratur memeriksakan diri. Gigi Anda bisa bergeser sedikit dengan berlalunya waktu, namun  biasanya tidak sampai memerlukan perawatan ortodonti lebih lanjut. Untuk mengurangi  pergeseran alami ini, Anda mungkin disarankan untuk memakai penahan (retainer) selama enam bulan dan kemudian cukup hanya di malam hari saat tidur. Penahan/retainer adalah kawat gigi lepasan yang biasanya terbuat dari karet atau plastik bening dan kawat yang menutupi permukaan luar gigi.

Jenis-jenis kawat gigi
Secara umum, ada tiga jenis kawat gigi:

Kawat gigi dari logam. Terbuat dari baja tahan karat (stainless steel), ini adalah jenis tertua yang telah digunakan selama puluhan tahun dan paling murah. Kawat logam dapat meninggalkan noda di permukaan gigi sehingga banyak dihindari orang.
Kawat gigi keramik atau plastik transparan. Jenis ini tidak begitu terlihat dan tampak lebih alami daripada kawat logam karena membaur dengan gigi. Kawat keramik tidak meninggalkan noda dan sama kuatnya dengan logam, namun membutuhkan waktu perawatan yang lebih lama dan lebih mahal. Pada beberapa kasus, kawat keramik atau plastik menjadi kotor dan berubah warna di akhir perawatan.
Kawat gigi emas. Sama seperti kawat gigi logam tradisional, tapi terbuat dari baja berlapis emas. Tidak ada kelebihan jenis kawat emas ini dibandingkan baja, kecuali terlihat lebih “wah” secara kosmetik.
Kawat gigi lingual. Kawat gigi ini ditempatkan di bagian dalam gigi sehingga tidak terlihat dari luar. Kelemahan terbesar kawat gigi lingual adalah tidak nyaman dan dapat mengakibatkan luka di gusi dan lidah Anda. Anda mungkin juga akan kesulitan berbicara pada awalnya.
Dokter gigi/ortodontis Anda akan mendiskusikan pilihan-pilihan kawat gigi yang tersedia bagi Anda dan menyarankan pilihan yang mungkin terbaik bagi Anda.

Biaya kawat gigi
Biaya pemasangan kawat gigi saat ini berkisar antara Rp7-20 juta, tergantung pada jenis perawatan, kondisi gigi, lokasi dan tindakan restoratif lain yang perlu dilakukan sebelum atau selama perawatan.
cHiptO - 05/09/2012 12:23 PM
#157

gan, ane msh baru ni di malang...
mo tanya, dokter gigi ortho yg bagus dan murah di malang di mn ya?
pokokny yg rekomended gitu..
luxor_wynn88 - 05/09/2012 12:48 PM
#158

Quote:
Original Posted By cHiptO
gan, ane msh baru ni di malang...
mo tanya, dokter gigi ortho yg bagus dan murah di malang di mn ya?
pokokny yg rekomended gitu..



cekpmscekpmscekpms
luxor_wynn88 - 14/09/2012 09:44 AM
#159
Mau Gigi Kuat dan Sehat, Inilah Caranya!

Konsultasi Gigi Regional Malang

Untuk mendapatkan dan memelihara gigi yang sehat dan kuat, tentu perlu ada upaya pencegahan dan pemeliharaan yang rutin. Kedisiplinan adalah salah satu kunci dalam merawat dan memelihara gigi. 

Inilah beberapa langkah yang perlu diperhatikan bila Anda ingin mendapatkan gigi yang putih, kuat, dan sehat.

-  Hindari makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin. Jangan makan atau minum sesuatu yang panas disertai dengan yang dingin.

-   Jangan pecahkan biji-bijian dengan gigi. Lebih baik iris atau pecahkah lebih dulu dengan alat tersendiri, baru dimakan.

-   Konsumsilah makanan yang membuat gigi bersih, semisal jambu biji, buah prambus hitam, dan sepotong kecil tebu.

-   Aliran liur sebaiknya ditingkatkan untuk membersihkan partikel makanan dengan air atau irisan jeruk atau bisa juga kapulaga.

-   Kunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum menelannya.

-   Hindari tindakan yang bisa menyebabkan gusi atau gigi terluka, misalnya membuang sisa makanan di mulut dengan tusuk gigi atau apa pun juga.

-   Bersihkan tenggorokan, lidah, dan dinding mulut. Lemon dengan garam bisa digunakan untuk itu. Untuk membersihkan lidah, seiris jahe dengan garam bisa digosokkan secara pelan-pelan.

-   Periksakan gigi Anda ke dokter setiap enam bulan sekali meski tidak ada keluhan apa pun.

-   Bersihkan partikel makanan yang terjepit di sela gigi dengan benang.

-   Biasakan membersihkan mulut dengan air beberapa kali sehari.

-   Bersihkan gigi dan mulut setiap hari (dua kali sehari) dengan cara yang benar dan alat yang tepat (tidak terlalu besar dan berbulu lembut sehingga tidak melukai gusi).

-   Makanlah dengan menu gizi seimbang, terutama sayuran dan buah, untuk tambahan vitamin dan mineral.

Teknik menggosok yang benar
-   Bersihkan permukaan dalam dan luar dari gigi bagian atas dengan gerakan memutar ke bawah

-   Bersihkan permukaan dalam dan luar gigi bagian bawah dengan gerakan memutar ke atas.

-   Tekan dan putar sikat dengan lembut pada gusi untuk memberi pijatan pada gusi.

-   Bersihkan permukaan gigi depan bagian dalam dengan gerakan dari dalam ke luar.

-   Bersihkan permukaan gigi geraham bagian atas dan bawah yang sering dipakai untuk mengunyah dengan gerakan dari belakang ke depan, dari dalam keluar, dan dari luar ke dalam.

-   Jangan pernah menyikat gigi dari satu sisi ke sisi lain karena tidak efektif.

-   Efektivitas menyikat gigi juga tergantung dari bulu sikat. Saat bulu sudah tidak efektif lagi untuk membersihkan gigi, gantilah segera.

-   Lima menit adalah waktu ideal untuk membersihkan gigi. Meliputi: pembersihan gigi, lidah, pembersihan, dan pembilasan lantai mulut dengan air, daerah antara gigi dan pipi, bibir dan lidah, serta berkumur pada daerah tenggorokan.
.UnyiL. - 14/09/2012 09:59 AM
#160

Pak dokter tanya D

kenapa setiap saya habis bangun tidur (bukan tidur malam biasanya, misalnya: tidur siang/ tidur sore) pasti bangun2 gigi ngilu, rasanya gak enak, kayak mau sakit gigi gitu..
kira-kira kenapa ya?

terimakasih \)b
Page 8 of 11 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JAWA TIMUR & BALI > Malang > Konsultasi Gigi Regional Malang