Dunia Kerja & Profesi
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > Konsultasi Ketenagakerjaan di Indonesia
Total Views: 122975 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

flex - 03/02/2009 12:06 AM
#21

numpang nanya juga nih...

kalo misalnya ditanya oleh pewawancara..

"Anda mau gaji berapa?"

Jawabn apa yang sebaiknya kita jawab..

karena pertanyaan ini sedikit tricky...
peregrinefalcon - 03/02/2009 11:19 AM
#22

Quote:
Original Posted By flex
numpang nanya juga nih...

kalo misalnya ditanya oleh pewawancara..

"Anda mau gaji berapa?"

Jawabn apa yang sebaiknya kita jawab..

karena pertanyaan ini sedikit tricky...


Untuk menjawab hal ini ada beberapa point yang harus kita perhatikan, karena setiap perusahaan memiliki standard gaji yang sesuai dengan visi & misi serta kemampuan perusahaan.

Sama halnya seperti perusahaan, kita juga harus mempunyai standard untuk kita sendiri. Kita utarakan saja keinginan kita akan gaji tersebut. Karena hal ini akan lebih meyakinkan perusahaan (diwakilkan oleh HRD) bahwa apakah anda memang sesuai dengan standard perusahaan.

1. Apabila anda fresh graduate, terima nasib aja.... karena anda mau bikin standard sendiripun sudah pasti tidak akan dianggap karena yang namanya fresh graduate diibaratkan "anak ingusan" dan harus terima standard perusahaan. Namun diucapkan saja keinginan kita, meskipun lebih besar juga tidak mengapa.

2. Apabila anda sudah memiliki pengalaman, dijelaskan saja berapa gaji anda sekarang dan berapa gaji yang anda inginkan.
Biasanya para kandidat membesar2kan gaji di depan perusahaan yang ditujunya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum....he.....he.....
misalnya gaji 4 juta, tapi bilangnya sudah 5,5 juta.........

3. Khawatir gaji yang diutarakan kekecilan.
- Ada sebagian perusahaan yang punya standard gaji tersendiri, meskipun kandidat menawar dengan harga rendah, pasti akan diberikan harga standard perusahaan terendah. misalnya sang kandidat menawar 4 juta, sedangkan standard perusahaan = 4,5-6 juta. perusahaan tersebut pasti akan menggaji anda dengan 4,5 juta.
- Ada juga perusahaan yang memang "raja tega" sehingga memperkecil gaji sang kandidat meskipun mereka punya standard 4,5-6 juta, tapi karena kandidat hanya menawar 3,5 juta, sang kandidat diberi gaji 3,5 juta.
Namun biasanya perusahaan ini akan bermasalah dalam jangka panjangnya karena berkaitan dengan Performance Appraisal, Salary Structure dan Salary Survey baik Market maupun Internal.

Pada prinsipnya keinginan mengenai gaji diutarakan saja.
mungkin ini dulu yang saya bahas...

semoga berkenan

shakehandshakehandshakehand
duitseribu - 03/02/2009 12:59 PM
#23

Mas,

Saya mo tanya tentang tenaga kerja bisa di bantu khan?

Begini mas, aku baru pindah dari perusahaan X ke perusahaan Y dimana dapat benefit yg lebih baik,
tetapi baru 2 hari bekerja, divisi saya di perusahaan Y diakuisi oleh perusahaan Z, permasalahannya adalah apakah saya berhak dapat uang pisah dari perusahaan Y,
lalu benefit2 dan gaji yg di tawarkan perusahaan Z jauh berkurang dari perusahaan Y, apakah saya berhak menuntut perusahaan Y mengganti kerugian yg saya terima, mohon bantuannya, kalau bisa UU nya thx
peregrinefalcon - 03/02/2009 01:57 PM
#24

Quote:
Original Posted By duitseribu
Mas,

Saya mo tanya tentang tenaga kerja bisa di bantu khan?

Begini mas, aku baru pindah dari perusahaan X ke perusahaan Y dimana dapat benefit yg lebih baik,
tetapi baru 2 hari bekerja, divisi saya di perusahaan Y diakuisi oleh perusahaan Z, permasalahannya adalah apakah saya berhak dapat uang pisah dari perusahaan Y,
lalu benefit2 dan gaji yg di tawarkan perusahaan Z jauh berkurang dari perusahaan Y, apakah saya berhak menuntut perusahaan Y mengganti kerugian yg saya terima, mohon bantuannya, kalau bisa UU nya thx


Begini mas...
Saya coba jelaskan agar bisa mendapatkan gambarannya....

Ada hal yang saya sangat sayangkan dari anda karena seharusnya dalam recruitment yang telah anda lakukan di perusahaan Y (sebelum akuisisi berpindah ke perusahaan Z) anda sudah harus menggali informasi lebih dalam dengan perusahaan.

Saya yakin sekali bahwa pihak perusahaan Y (diwakili HRD) sudah menjelaskan kepada anda bahwa akan terjadi akuisisi dari oleh PT. Z terhadap PT Y. Apabila hal ini tidak dijelaskan oleh pihak HRD, hal ini sangatlah tidak pantas dan tidak ethis.

Mengenai kasus anda, berhubung anda baru bekerja 2 hari dimana saya yakin anda masih dalam masa percobaan 3 bulan (3 months Probation Period), maka baik perusahaan maupun anda sendiri tidak memiliki kekuatan hukum yang saling mengikat dalam arti kata baik anda maupun perusahaan bisa secara langsung memutuskan hubungan kerja.

Intinya.... jika anda tidak suka / tidak terima dengan kondisi yang ada, maka anda bisa segera hengkang / angkat kaki dari perusahaan tersebut.

Oke untuk point yang diatas, silahkan anda terjemahkan sendiri. Mari kita bahas Proses Akuisisi dari PT Y oleh PT Z. Ada 2 proses yang bisa dilakukan oleh perusahaan.

1. Akuisisi PT Y oleh PT Z, dimana karyawan PT Y tidak mau pindah ke PT Z, maka PT Y wajib membayar uang pesangon sebesar 1 (satu) kali, uang perhargaan masa kerja 1 (satu) kali dan uang penggantian hak kepada karyawan PT Y

2. Akuisisi PT Y oleh PT Z, dimana PT Z tidak mau menerima karyawan PT Y, maka PT Y wajib membayar uang pesangon sebesar 2 (dua) kali , uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali, dan uang penggantian hak.

Quote:
Pasal 163 UU No.13-2003
(1) Pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh dalam hal terjadi perubahan status, penggabungan, peleburan, atau perubahan kepemilikan perusahaan dan pekerja/ buruh tidak bersedia melanjutkan hubungan kerja, maka pekerja/buruh berhak atas uang pesangon sebesar 1 (satu) kali sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang perhargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3) dan uang penggantian hak sesuai ketentuan dalam Pasal 156 ayat (4).

(2) Pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh karena perubahan status, penggabungan, atau peleburan perusahaan, dan pengusaha tidak bersedia menerima pekerja/buruh di perusahaannya, maka pekerja/buruh berhak atas uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan dalam Pasal 156 ayat (3), dan uang penggantian hak sesuai ketentuan dalam Pasal 156 ayat (4).


Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat di UU Ketenaga Kerjaan No.13 Tahun 2003

Jadi jelas sekali posisi tawar anda sebagai karyawan.
Apabila anda sudah menjadi karyawan (belum khan....masih belum lulus percobaan...kan baru 2 hari kerja, jadi nggak bisa nuntut apa-apa, hanya meminta pertanggungjawaban moral saja...susah khan...?) maka penting sekali untuk meminta jaminan dari PT Y dan PT Z bahwa pada proses transisi perpindahan tersebut tidak ada gaji / kompensasi yang diturunkan melalui perjanjian tertulis.

Namun pada prakteknya hal ini sangat sulit dilakukan karena setelah transisi selesai, dengan mudah perusahaan yang baru (PT Z) dapat merubah struktur yang sudah baku sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Hal ini sangatlah mungkin terjadi. Jadi kita memang tidak dapat berbuat apa2.

Untuk case anda.... jalani saja pak..... terpaksa toh...karena anda sudah pindah dari perusahaan yang lama.... jadikan ini pelajaran agar pada waktu interview itu kita harus details dalam menggali informasi terlebih lagi memang kita adalah orang yang sudah memiliki pengalaman (bukan fresh graduate)

semoga berkenan

shakehandshakehandshakehand
tajirguy - 03/02/2009 02:00 PM
#25

mt-marketing indofood apakah permulaan yg baik untuk menuai karir yg cemerlang?

ada yg tau ga gajinya berapa?

thanx
peregrinefalcon - 03/02/2009 02:23 PM
#26

Quote:
Original Posted By tajirguy
mt-marketing indofood apakah permulaan yg baik untuk menuai karir yg cemerlang?

ada yg tau ga gajinya berapa?

thanx


Management Trainee merupakan sebuah program akselerasi / percepatan untuk menjadi seorang Manager di perusahaan tersebut.

Jadi Management Trainee adalah Back Up nya para Manager di perusahaan tersebut. Sehingga bisa dilihat pada kurikulum Management Trainee selalu para kandidat mengalami :
1. 1 tahun Kontrak yang sifatnya sistim gugur.
2. Rotasi antar departement misalnya 3 bulan di Operation (Produksi-Warehouse-Engineering-PPIC-Supply Chain-Export Import dll), 3 bulan Marketing, 3 bulan di Finance, 3 bulan di Sales dll.
3. Kurikulum disertai tugas2 serta project dari para Department Head dan ada presentasinya.
4. Ada juga MT yang haya di salah satu department misalnya begitu masuk langsung ditempatkan di marketing saja. Berarti kandidat tersebut hanya fokus pada Marketing.

Jadi beruntunglah apabila anda bisa masuk pada jajaran Management Trainee (dalam arti kata sesungguhnya, bukan MT-MTan ya....p:Peace\)

Pada dasarnya semua bidang merupakan permulaan karir yang cemerlang buat semua karyawan, namun hal ini tergantung bagaimana para kandidat tersebut menjalaninya saja. Karena untuk menjadi sukses tidak selalu harus melalui Management Trainee.

Pilihan anda sudah tepat menjadi seorang MT Marketing di Indofood, dimana Indonfood tersebut merupakan pemain terbesar dan terkuat di Indonesia pada bidangnya.

semoga sukses.....
salam sukses ......... LUAR BIASA..... (andrie wongso mode : on)

shakehandshakehandshakehand
water cat - 03/02/2009 03:00 PM
#27

monanya lg bro..

kapan sih ato apa sih saat kita sebaiknya memperhitungkan kembali untuk tetep melanjutkan kerja kita yg sedang kita jalani ini....soalnya kerjaan yg sedang saya jalani ini masi samar2 soalnya baru 5 orng termasuk saya yg sedang masa pembekalan...dan perusahaannya juga baru sebulan..

masi ada alasan2 lain sih yg blm saya sebutkan
peregrinefalcon - 03/02/2009 03:46 PM
#28

Quote:
Original Posted By water cat
monanya lg bro..

kapan sih ato apa sih saat kita sebaiknya memperhitungkan kembali untuk tetep melanjutkan kerja kita yg sedang kita jalani ini....soalnya kerjaan yg sedang saya jalani ini masi samar2 soalnya baru 5 orng termasuk saya yg sedang masa pembekalan...dan perusahaannya juga baru sebulan..

masi ada alasan2 lain sih yg blm saya sebutkan


Begini pak, sejujurnya saya kurang bisa menangkap pernyataan bapak diatas karena kurang jelas dan banyak sekali yang tidak diinformasikan. Namun saya mencoba menjawab secara garis besarnya saja ya pak....

Dalam berkarya di perusahaan, sebaiknya kita memperhitungkan beberapa faktor seperti :
1. Kenyamanan bekerja di perusahaan tersebut
2. Bidang yang kita inginkan dan sukai
3. Kepastian aturan main di perusahaan (reward & punishmentnya jelas)
4. Jenjang karir kita (masa depan) di perusahaan tersebut jelas.
5. Compensation & Benefit yang menjanjikan

Biasanya dalam perusahaan yang baru berdiri itu, memiliki banyak peluang untuk tampil ke depan. Sebaiknya anda turut ambil bagian dalam persaingan tersebut. Karena apabila kinerja anda bagus, maka posisi puncak akan bisa anda raih di tempat tersebut. Silahkan anda berkarya dengan lebih optimal.

Namun apabila kita merasa kurang nyaman, terintimidasi, over worked dan low benefit, mulailah bapak mencari lowongan di tempat yang bapak impikan. Namun jangan keluar dahulu karena anda harus bisa mengambil hikmahnya di perusahaan itu sehingga jika bapak berkarya di tempat lain, bapak bisa benchmark dengan lebih objectif.

semoga ini bisa menjawab pertanyaannya.

shakehandshakehandshakehand
flex - 03/02/2009 06:14 PM
#29

Quote:
Original Posted By tajirguy
mt-marketing indofood apakah permulaan yg baik untuk menuai karir yg cemerlang?

ada yg tau ga gajinya berapa?

thanx

wedew...

mau donk bos MT di Indofood...

shakehand
flex - 03/02/2009 06:18 PM
#30

Quote:
Original Posted By peregrinefalcon
Untuk menjawab hal ini ada beberapa point yang harus kita perhatikan, karena setiap perusahaan memiliki standard gaji yang sesuai dengan visi & misi serta kemampuan perusahaan.

Sama halnya seperti perusahaan, kita juga harus mempunyai standard untuk kita sendiri. Kita utarakan saja keinginan kita akan gaji tersebut. Karena hal ini akan lebih meyakinkan perusahaan (diwakilkan oleh HRD) bahwa apakah anda memang sesuai dengan standard perusahaan.

1. Apabila anda fresh graduate, terima nasib aja.... karena anda mau bikin standard sendiripun sudah pasti tidak akan dianggap karena yang namanya fresh graduate diibaratkan "anak ingusan" dan harus terima standard perusahaan. Namun diucapkan saja keinginan kita, meskipun lebih besar juga tidak mengapa.

2. Apabila anda sudah memiliki pengalaman, dijelaskan saja berapa gaji anda sekarang dan berapa gaji yang anda inginkan.
Biasanya para kandidat membesar2kan gaji di depan perusahaan yang ditujunya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum....he.....he.....
misalnya gaji 4 juta, tapi bilangnya sudah 5,5 juta.........

3. Khawatir gaji yang diutarakan kekecilan.
- Ada sebagian perusahaan yang punya standard gaji tersendiri, meskipun kandidat menawar dengan harga rendah, pasti akan diberikan harga standard perusahaan terendah. misalnya sang kandidat menawar 4 juta, sedangkan standard perusahaan = 4,5-6 juta. perusahaan tersebut pasti akan menggaji anda dengan 4,5 juta.
- Ada juga perusahaan yang memang "raja tega" sehingga memperkecil gaji sang kandidat meskipun mereka punya standard 4,5-6 juta, tapi karena kandidat hanya menawar 3,5 juta, sang kandidat diberi gaji 3,5 juta.
Namun biasanya perusahaan ini akan bermasalah dalam jangka panjangnya karena berkaitan dengan Performance Appraisal, Salary Structure dan Salary Survey baik Market maupun Internal.

Pada prinsipnya keinginan mengenai gaji diutarakan saja.
mungkin ini dulu yang saya bahas...

semoga berkenan

shakehandshakehandshakehand

wedew...

tengkiu banget bos inponya...

takutnya sih khan begini..

kalo kita mengajukan yang di atas standard, takutnya malah ditolak... karena standard kita yang ketinggian..

tapi kalo kita ngajuinnya kekecilan, takutnya tuh perusahaan juga "raja tega".. hammer:
adyudha - 03/02/2009 07:38 PM
#31

ro mau tanya.

kakak ipar saya gajinya diturunin gara2 sering dateng telat karena ngurus anak. dia kerja di salah satu BUMN. dia udah 9 tahun kerja disana.

mungkin gak sih gaji itu bisa diturunin?

terima kasih.
akangBRO - 03/02/2009 08:20 PM
#32

gan saya mo tanya?
1. bagaimana melihat perusahaan itu bonafit?, tidak bisa dipungkiri ini demi keselamatan karir kita
2. kemaren ada temen cerita dia bisa saja diterima disalah satu perusahaan tambang, namun karena dia ga enak (hubungan antara manusia) dikarenakan ketika misalnya dia sudah bekerja disana kurang lebih 6 bulan dia bisa resign dikarenakan diterima ditempat lain, itu gimana ya gan? apakah harus diambil atau tidak
3. ada temen juga yang bingung, karena ipk nya tidak sampai standar perusahaan sekarang (
peregrinefalcon - 03/02/2009 09:21 PM
#33

Quote:
Original Posted By flex
wedew...

mau donk bos MT di Indofood...

shakehand


silahkan melamar mas......
semoga berhasil....

shakehandshakehandshakehand

notes :
rejeki-jodoh-mati itu sudah ada garisnya sendiri.....

shakehandshakehandshakehand
peregrinefalcon - 04/02/2009 05:25 AM
#34

Quote:
Original Posted By flex
wedew...

tengkiu banget bos inponya...

takutnya sih khan begini..

kalo kita mengajukan yang di atas standard, takutnya malah ditolak... karena standard kita yang ketinggian..

tapi kalo kita ngajuinnya kekecilan, takutnya tuh perusahaan juga "raja tega".. hammer:


nggak usah takut....
jalankan saja tanpa ragu...

para recruitor biasanya akan melihat kesungguhan dari para kandidat untuk masalah ini.

selamat bernegosiasi gaji & mendapatkan hasil yang terbaik

shakehandshakehandshakehand
peregrinefalcon - 04/02/2009 05:38 AM
#35

Quote:
Original Posted By adyudha
ro mau tanya.

kakak ipar saya gajinya diturunin gara2 sering dateng telat karena ngurus anak. dia kerja di salah satu BUMN. dia udah 9 tahun kerja disana.

mungkin gak sih gaji itu bisa diturunin?

terima kasih.


begini mas..

sepertinya anda kurang mendapatkan informasi yang jelas dari kakak ipar anda. Pada tingkat pemerintahan dan BUMN, gaji sudah dipatok dan dibuat strukturnya dengan SK Presiden (untuk Pemerintah) dan ada sebagian BUMN mengikuti struktur tersebut dan sebagian lagi membuat sendiri dengan mengacu kaidah2 yang ada di pemerintahan (biasanya lebih tinggi).

Kalau dilihat dari pernyataan anda bahwa kakak ipar anda sering terlambat karena ngurus anak, ini berarti sang kakak ipar anda mendapatkan :
1. Teguran lisan (awalnya)
2. Surat Peringatan 1-2-3
3. Sanksi atas peringatan ke-3, biasanya berupa rotasi ke department lain, penurunan jabatan, atau jika berlarut-larut/terus-menerus bisa di PHK.

Jika dilihat dari atas mungkin pada diri kakak ipar anda mengalami penurunan jabatan atau dirotasi ke department lain sehingga :
1. Gaji pokok tidak berubah
2. Tunjangan jabatannya berubah karena turun jabatan atau rotasi ke department lain yang lebih kecil tunjangannya

Saran saya untuk kakak ipar anda, sebaiknya selesaikan masalah pribadi kakak ipar anda tersebut. Karena hal ini bisa mengakibatkan kakak ipar anda di PHK jika berlarut -larut (tindakan indisipliner dan melanggar perintah atasan). Jaman sekarang adalah jaman yang sulit dan susah untuk mencari kerja.....

Semoga bermanfaat.

shakehandshakehandshakehand
peregrinefalcon - 04/02/2009 06:14 AM
#36

[QUOTE=akangBRO;66106311]gan saya mo tanya?
1. bagaimana melihat perusahaan itu bonafit?, tidak bisa dipungkiri ini demi keselamatan karir kita
2. kemaren ada temen cerita dia bisa saja diterima disalah satu perusahaan tambang, namun karena dia ga enak (hubungan antara manusia) dikarenakan ketika misalnya dia sudah bekerja disana kurang lebih 6 bulan dia bisa resign dikarenakan diterima ditempat lain, itu gimana ya gan? apakah harus diambil atau tidak
3. ada temen juga yang bingung, karena ipk nya tidak sampai standar perusahaan sekarang (
ryoz55 - 04/02/2009 09:21 AM
#37

ikutan nanya donk.. gw barua aja dipecat dari perusahaan karena ada maslah.. tp jujur bukan maslah gw.. gw dilaporin yg nggak2 ama karyawan laen.. terus perusahaan nie outsorching gitu.. gw gak dikasih peringatan ma penurunan jabatan langsung dipecat aj.. terus gak dikasih pesangon jg.. tuh gimana pak...?

terus klo mau ngelamar lagi apa dicantumkan saja pengalaman kerja di tempt gw dipect.. to gak usah, soalnya akutnya diomongin yg nggak2 ma perusahaan lama sama perusahaan baru tmpat gw ngelamr.. terus gw gk punya referensinya juga.. gimana nih pak?

mohon penjelasannya y pak/..
ryoz55 - 04/02/2009 09:24 AM
#38

terus.. pengalaman gw cuma jd sales staff doank sebelumnya, tp referensinya gak gw update.. kira2 kerjaan yg cocok buat gw apa nih.. n gw sukanya marketing..

thank's
tajirguy - 04/02/2009 10:18 AM
#39

Quote:
Original Posted By flex
wedew...

mau donk bos MT di Indofood...

shakehand


coba search di google bro mengenai lowongannya..

sudah buka sih sejak bulan januari lalu, tp bisa jadi mungkin akan buka lagi..

btw bagi cendol dunk, aus nich, hehehehe ngarep mode on.. cendolb

salam sukses
duitseribu - 04/02/2009 11:00 AM
#40

Quote:
Original Posted By peregrinefalcon
Begini mas...
Saya coba jelaskan agar bisa mendapatkan gambarannya....
.
.
.

Untuk case anda.... jalani saja pak..... terpaksa toh...karena anda sudah pindah dari perusahaan yang lama.... jadikan ini pelajaran agar pada waktu interview itu kita harus details dalam menggali informasi terlebih lagi memang kita adalah orang yang sudah memiliki pengalaman (bukan fresh graduate)
semoga berkenan

shakehandshakehandshakehand


Terima kasih atas penjelasannya Masshakehandshakehand
Tapi belum puas neeh, he he he
Saya sebenarnya sudah check background perusahaan Y, dimana merupakan salah satu perusahaan idaman di Indo thumbup: dan saya masih merupakan karyawan perusahaan Y sampai 4 bulan kedepan.jadi status saya sudah merupakan karyawan

Nah permasalahan nya adalah PT.Z hanya mengakuisisi departemen saya saja contohnya Marketing secara internasional di seluruh dunia, dan perusahaan Y
masih tetap berdiri, pada pasal 163 khan seharusnya saya berhak mendapat uang pesangon , tetapi karena dibawah masa kerja 1 tahun nilainya 0 semua, bener nga siih. jadi saya tidak mendapatkan apa2 dan juga benefit saya akan turun

Nah saya ingin minta ganti kerugian sebesar besarnya gimana yah caranya mas, apa yg bisa mendukung saya untuk menuntut perusahaan Y, tolong yah mass
Page 2 of 176 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > Konsultasi Ketenagakerjaan di Indonesia