BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Perkenalan & Berbagi - Bedanya Pencerita dan Penulis
Total Views: 12619 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 12 of 14 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 14 > 

soey - 10/04/2012 05:40 PM
#221

Quote:
Original Posted By samanosuke20


nice move all....
baru cek 3 pages aja...

all ku banned 3 hari...
silahkan lain kali jangan menyampah...

kalau ada yang gak terima, karena beberapa user yang tidak ke banned..
silahkan buat di trit laporan..

trit2 HT dari forbuk..
sekali ku liat ada yang nyampah, lsg banned...

sori sebelumnya..


aw...aw...aw...

tegas sekali om momod.... *like this Peace:

@om adhit ... selamat bergabung di kaskus yah om.... *basa basi yg ga perlu.. ngakak

sayangnya ane cuma pernah baca 2 novel kayanya siy om ajha (jomblo n gege) itupun pas jaman SMA klo ga salah loh yah...

dan kedua novel itu sukses membuat saya keram perut selama beberapa hari... ngakak

mantebhlah pokoknya... yg saya mo tanyain... novel yg gege ga ada rencana buat di layar lebarin om??? ane ngrasanya gege lebih seru n lucu daripada jomblo... yg mulai dari cerita mreka bikin sandiwara radio lah (gege n the crew), yang kejar2an sambil disiarin... sampe pas waktu kejar2an di airpot....

sumpah... kayanya kalo divisualisasikan bakalan tambah lucu n keren pastinya...

ditunggu karya2 selanjutnyah om... Peace:

PS : yg 2 buku lagi itu lucu2an juga apa ga yah om??? Peace:
dewahmc - 10/04/2012 05:48 PM
#222

Wow...

Selamat selamat....

Jujur pas jaman2 SMP saya sangat suka menulis. jaman saya dulu saya suka sekali dgn Hilman & Lupus seriesnya.

Oh iya nama saya Dewa dan umur sekarang ampir 28.

Kenal Jomblo dan Gege kl tidak salah pas sedang kuliah.

Well dari semua buku yang ada pada saat itu jujur emang ga sengaja menemukan buku Jomblo.

Candaannya cerdas dan bahasanya ringkas. Ketagihan saya beli Gege mengejar cinta.

Sempet ga berhenti ketawa 3 hari gara2 statmen drama Prabu yang mau nusuk anus (saya lupa tepatnya gimana kata-katanya)...

Sisanya buku dari mas adit blm ada yang saya baca. Masih 2 saja. krn kesibukan \(

Dgn adaya blog seperti ini sepertinya saya jadi semangat untuk mencari lalu membacanya.

Untuk sekedar menghilangkan penat dan tulisan yang sangat segar serta ngebanyol dgn tindakan yang ga masuk akal.

Salam dari saya.

Sukses terus yah mas....
Si.Budi.Kecil - 10/04/2012 08:08 PM
#223

wow om adit gabung kaskus juga matabelo:
aku punya bukunya lho yang jomblo sama gege mencari cinta D, jomblo salah satu novel favoritku soalnya ceritanya mirip sama yang aku alamin hehehe.
aku juga suka nulis, tapi kalo lagi mood aja. seringnya dapet inspirasi, tapi ditengah2 malah males buat ngelanjutinnya.lebih produktif nulis tuh kalo suasana hati lagi sedih.
adhitya.mulya - 10/04/2012 10:10 PM
#224

*liat respon*
baru 250-an.
*balik badan*
*masuk lagi ke gua*

nggak deeeeng.

OK hai lagi serapers. Eh mohon maaf ya kalo omongan saya campur-campur ionggris sedikit. kakang/teteh momod jika tidak berkenan mohon ditegur ya. (biar gimana juga, yang orang baru kan saya)

OK kerjaan kantor sudah berakhir dan anak-anak sedang bersiap tidur. gue udah baca semua responnya *kejang-kejang*

gue grouping responnya ya, soalnya kalo gue quote, bisa berhalaman-halaman:

tentang buku2 gue dan nasibnya
Jomblo: terima kasih yang udah baca. mohon maaf gak akan ada jomblo 2. soalnya para pembaca gue pengennya gitu.

GMC: makasih yang udah baca. Maaf untuk sementara waktu gak ada yang berminat memfilmkan. dulu pernah dibeli rightsnya sama sinemart tapi sampe haknya expired, gak pernah dibikin. gak papa.

TT: Makasih yang udah baca.

menjawab pertanyaan kalian
Gimana caranya membangkitkan mood.
1. jangan stres. menulis itu gak boleh ada gangguan. make yourself happy aja dulu. Kalo abis dimarahin orang kan moodnya ilang tuh. Nah cari aja hal yang bis amembalikkan mood. gampar balik orangnya akan membuat membuat mood lo balik. nah lakukan itu.

2. kalo gue, membangkitkan mood itu harus sesuai dengan lagu. kalo nulis komedi cinta ya gue nulis sambil denger lagu-lagu tengilnya chanchuters. Kalo lagi nuilis scene sedih gue dengerin lagunya rita effendi.

Gimana caranya agar gak males nulis.
1. Coba set target. november ini harus beres, misalnya. itu akan memotivasi kita. Atau coba kayak patih gajah mada. gak akan makan kelapa sebelum menaklukkan indonesia. nah coba tuh gak makan KFC sampe novel selesai. seriusan. it works.
2. Memang harus komit. Ibaratnya novel ini anak-anak kita. harus jalan. Luangkan waktu untuk ini. Waktu nulis jomblo, gue sering tidur jam 2 pagi. gue ke kantor pagi, kemdudian ngejar tidur di basement biar ga telat ngantor. gitu aja sampe 4 bulan. jadi juga jomblo.

Bahwa pencerita lebih baik dari penulis
Yah gak juga lah. gue bka thread ini bukan untuk mengotak-kotakkan orang mana yang lebih baik dan lebih buruk. Yang kerasa sama gue dari pengalaman pribadi, bahwa kalo kita berusaha menjadi pencerita, potensi rejeki kita lebih banyak karena karyanya jadi lintas media. Jomblo, dari buku ke film. testpack istri gue, dari buku, bisa diterjemahkan ke film.

Again, gue gak akan bilang pengarang buku X itu penulis dan pengarang buku Y itu pencerita. Mereka juga sama kayak gue, engais rejeki (halaaaah) dari buku kan. Siapa yang lebih baik, hanya pembaca yang layak menilai. gue sih nggak dan gak perlu tau juga.


caranya mulai merangkai cerita / menulis buku
gampang. pastikan dulu sekitar 70% kita mau endingnya gimana. dari sana baru tentukan awalnya. nah kalo ekornya udah 70% yakin dan kepalanya udah tau dari mana mau mulai, Insya Allah kalo belom kiamat, jalan cerita akan ditemukan.
kalo gak gini, akan susah menyelesaikan cerita.

bagaimana caranya kita menyelesakan cerita yang endingnya kita gak tau gimana? nah makanya endingnya kita mesti tau bahkan sebelum kita nulis ceritanya. minimal 70% yakin lah.

ok gitu aja dulu ya guys. anak gue bangun. kalo ada pertanyaan lagi, sialhkan. tapi semoga gak berulang ya. thanks.
rgds/ Adhitya
@adhityamulya
www.books.istribawel.com
ps: mampir ya ke toko buku online gue. semua buku yang dijual di sana, ada TTD penulisnya.
akfg - 10/04/2012 10:54 PM
#225

Cakepplah.. dibales sama si om...
Walopun pertanyaan ane yang sebelumnya gak dijawab secara eksklusif.Peace:

Nanya lagi nih om,
Inspirasi ane dapet ide2 kayak gitu kan campur dari segala jagad media.

ada cerita film, komik, animasi, novel, buku, pengalaman, dll..
Asik sih, makin lama pengembangan idenya jadi makin luas.
Cuman kadang2 ane suka mempermasalahin orisinalitas dari ide ane om adhit..

Jadi semisal ane udah ngerangkai adegan keren nih, terus ane pikir ulang,
kok bagian ini mirip banget ya sama cerita XXX (bukan xxx yg itu lho:shutup\),
terus ane jadi ngerasa kurang asik dan ngerombak lagi adegannya.

Nah, pertanyaannya adalah.... Jreng Jreng..bingung:

Gimana kita bisa memisahkan ide kita dari inspirasi kita?
Maksudnya, mirip2 oke, tapi ketika orang liat adegan tadi, dia tetep mikirin adegan versi kita,
bukan ngait2in dengan adegan di cerita XXX..D

dan gimana batesan ide itu bisa dikatakan orisinil punya kita atau nyeplak punya orang?
Ane sering denger orang bilang kalo jaman sekarang susah nyari yang original,
kebanyakan modifikasi/pengembangan ide aja.
Tapi tertarik pengen denger pendapat ente om.. ;)

Hehe..
Thanks yah om.. Prioritasin anak-istri dulu deh, baru jawab pertanyaan kita2 Peace:
xixixipeople - 10/04/2012 10:57 PM
#226

kalo kata syahrini ini adlah seusatu banget...

2 kontributor forum yang baru di angkat jadi forum beberapa bulan yang lalu...
dengan beda background dan 2 lulusan universitas yang bersaing..si kuning dan si biru...
di tambah 2 cara penulisan yang bertolak belakang...antara mbak ayu dan mas adhit...
biar penuh warna...gehehe

well welcome to om adhit..moga reseup disini...

kalo ngomongin pencerita dan penulis...
yang berbeda pasti dari bahsa yang di gunkan...walau sama sama di awali dengan kata pen....(bingung mau ngejoke kaya gimana hammer)

nah pertanyaannya adalah.....
buku jomblo di shareable secara gratis kah...?? gehehe....
why.be - 11/04/2012 12:02 AM
#227

jujur, buku om adhit sepertinya bagus dan ingin segera ku miliki malus

ok, soal bedanya pencerita dan penulis, om adhit menjelaskan kalau dalam novel kita harus bercerita ke pembaca agar novel tersebut enak untuk dibaca dan seakan-akan menemani pembaca disetiap saat.

nah lho, makin g jelas hammer:

kembali ke pertanyaan.....
apa point terpenting yang harus kita lakukan dalam menulis sebuah novel agar terlihat seperti bercerita?
HK-7286 - 11/04/2012 12:30 AM
#228

Hmmm... jadi dari endingnya dulu toh senior adhit? siplah, berarti sy sudah di jalan yang benar hahahahaha (tertawa ala mad sciencetist). coba sy terusin dulu ah, siapa tau bisa sama markotopnya ama si bos hahahahahaha (tertawa lagi ala mad sciencetist).

oya senior, mau tanya lagi ya. kalau misalnya ceritanya bersambung gitu, kan biasanya pembaca setelah membaca beberapa lama dan ketika hampir ending, pengennya endingnya bermacam2 sesuai dengan keinginan mereka (misalnya kenapa si A kok jadinya sama si B bukan si C?, kenapa si B ga mati aja?), ini mengatasinya gimana? soalnya sebagai yang nulis, pasti kan pinginnya ending sesuai kita, tapi kan ide dari pembaca kan kadang2 ada benernya plus yang nulis pengen bikin seneng yang baca, bukannya malah bikin gondok.

makasih senpai.
BennLie - 11/04/2012 06:46 AM
#229

kisss kayanya boleh nih belajar dari Kang Adhit hammershammers

sukses ya gan...
rahmat152 - 11/04/2012 08:42 AM
#230

Quote:
Original Posted By samanosuke20
nice move all....
baru cek 3 pages aja...

all ku banned 3 hari...
silahkan lain kali jangan menyampah...

kalau ada yang gak terima, karena beberapa user yang tidak ke banned..
silahkan buat di trit laporan..

trit2 HT dari forbuk..
sekali ku liat ada yang nyampah, lsg banned...

sori sebelumnya..

lebih baik request ke manajmen agar forum buku disable HT seperti forum militer dan forum kepolisian.
sebab dipastikan klo trit HT bakalan banyak yang nyampah \)
iobyband - 11/04/2012 09:15 AM
#231

ane tunggu2 dr dl bwat film gege dunk kang

demen bgt tuh ane cerita gegeny
DiegoToys - 11/04/2012 09:22 AM
#232

mas adhit, saya penulis pemula, masih dalam tahap penyelesaian satu novel, sedikit mau tanya nih, dalam suatu diskusi kecil kecilan, saya menceritakan alur novel ini ke beberapa teman, dan mereka mengkritik alur novelnya, dan saya setuju dengan kritik mereka, nah yang membuat saya bingung novel itu sudah sampai ke bab V, untuk merubah alur atau mengganti akhir cerita apa masih mungkin? terimakasih sebelumnya \)
moonlight.star - 11/04/2012 09:37 AM
#233

ane baru taunya yang "Jomblo" doang Mas Adhit.. Peace:
oh ya ini enaknya manggil Mas apa OM adhit ya.. kekeke Peace:
rizcoool - 11/04/2012 11:11 AM
#234

kalo gw suka cerita yg bisa membangun motivasi..from zero to hero..
btw, ini penting ya
Quote:
perkenalkan nama saya Adhitya Mulya. Biasa dipanggil Adit. Tahun ini umur saya 35 (penting!) dan pelanggan tetap onclinic

ngakakngakak
playonjakarta - 11/04/2012 11:14 AM
#235

"Seorang pencerita yang menulis, rata-rata memiliki visi akan novelnya di kala dia menulis novel itu. Itu sebabnya untuk beberapa novel, oleh kita dapat terbayang dengan sangat jelas apa yang penulis ingin gambarkan. Ini karena pencerita tersebut di kala menulis, dia membayangkan bagaimana cerita tersebut mengalirdalam bentuk visual (film). Di beberapa novel lain, gelap gulita."

Maaf, Mas.. kurang sepakat kalau dibilang penulis enggak punya visi untuk bikin novel, atau seorang penulis enggak akan lebih bagus hasil karyanya dibandingkan pencerita.

Yang saia pahami, tidak semua pencerita bisa menulis dan tidak semua penulis bisa lancar bercerita.

Keduanya beda dari 'sana'nya, Mas. Jadi enggak bisa dibanding-bandingkan atau tidak untuk diperbandingkan. cendols
PhotoFreaks - 11/04/2012 11:35 AM
#236

sudah baca 3 buku om adit. Jomblo - Gege - Travelers Tale. Ketiganya beli, bukan minjem p

sampe buku terakhir, om adhit gak kehilangan 'arah' dari gaya bercerita. baru tau soal buku keempat disini malah. sukses buat om adhit, selamat bergabung di Kaskus.
:addfriends

*nyari buku keempat dulu ah*
lampuajaib - 11/04/2012 12:22 PM
#237

mas adit: salam buat mba Ninit Yunita, yang sabar ya mba...walau mas aditnya pelanggan setia on clinic, tapi dia kan bisa bikin cerita yang macem2....ngakakngakakngakak
nyambung ga ya???hammers
Nduk.Ayu - 11/04/2012 12:28 PM
#238

Halo mas Adhit,
saya suka dengan cara "bercerita" mas adhit di tiap bukunya. bener2 membawa pembaca masuk dalam "cerita".
saya juga sedang berlatih "menulis" tapi setelah membaca trit ini saya baru tau, ternyata tulisan saya adalah adalah sebuah cerita dan brati saya seorang "pencerita" dan bukan "penulis"...
#hehehehe..membanggakan diri sendiri....



aku punya blog..tapi malu mau show di mari..hahahah...malu

numpang pamer twit @ayu3kumalasari

salam dari nuwbie
bakpaoku - 11/04/2012 12:40 PM
#239

Quote:
Original Posted By hondastar
wah, thanks sharingnya.
kebetulan bgt, br 2 hr lalu ane iseng nanya anak sy (5 th) "apa cita2mu kl udah gede"? dia jawab pgn jd pendongeng. garuk2 dah ane ^_^

anak ane, suka banget skecthing n berfantasi ria dg cerita fiksi yg kadang ngawur. beberapa sketchnya perna cb dijadiin book, hasilnya kek gini :http://www.joomag.com/magazine/Kebun_Binatang_Surabaya/0798292001332680982


utk anak umur segitu, kira2 stimulasi apa yg bs dilakuin ya?


@ hondastar : aq dah buka joomagnya, n bagus banget tuh, walo pun gambarnya belum terlalu terlihat nyata, tapi dah langsung tau pas baca ceritanya, bener-bener ngalir. Terusin aja, :thumbup ko menurutku, coba aja dikirim ke penerbit, siapa tau bisa. Bagus ko untuk jadi cerita anak-anak.

@mas adhit: bukunya yang terakhir ' catatan mahasiswa gila' bikin ngakak abis, keren
aq baru aja coba-coba nge-blog, pengennya sih bisa bikin bahasa yang g terlalu serius, alias kaya orang cerita, tapi ko syusyah y? ada tips nya ga yang paling gampang buat kita bisa cerita? berkali-kali aq baca isi blog ku ko kaya nya terlalu kaku y? hiks hiks hiks.. bantuin duong
makasih master :matabelo
mustadafin_85 - 11/04/2012 12:50 PM
#240

mas ada ebooknya gag hammer: ups
jadi penasaran mo baca neh D
Page 12 of 14 | ‹ First  < 7 8 9 10 11 12 13 14 > 
Home > CASCISCUS > BUKU new > Perkenalan & Berbagi - Bedanya Pencerita dan Penulis