THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > 5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
Total Views: 27457 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 107 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

tumpal.sinaga - 04/04/2012 04:28 PM
#1
5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
Nggak semua orang Indonesia mengerti dengan sempurna bahasanya sendiri, terutama untuk di forum formal. Kalau untuk bergaul sehari-hari sih nggak terlalu masalah. Ini dia Bahasa Indonesia salah kaprah yang sering 'keceplosan' dipake di forum formal:

Spoiler for rubah


5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
Di kelas pasti kamu pernah diskusi sama teman sekelas atau guru, "Bagian ini harus dirubah." Apa itu dirubah? Dibuat jadi rubah? Dijadikan rubah? kita kasih tau, yang benar itu ternyata "ubah", "diubah", atau "mengubah".

Spoiler for absen

5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
"Eh, nitip absen dong!" salah satu teman kamu pasti pernah bilang ini ke kamu. Itu artinya dia nitip untuk nggak dihadirkan di kelas, soalnya "absen" itu artinya tidak hadir.

Spoiler for acuh

5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
Biasanya kata ini digunakan salah kaprah dalam lirik lagu. Di beberapa lagu, kata "acuh" diartikan nggak peduli, padahal "acuh" itu sendiri artinya peduli. Jadi, kalau nggak peduli jadinya tidak acuh.

Spoiler for seronok

5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)
Pernah ada pejabat yang menyinggung soal pakaian, melarang orang untuk berpakaian tidak seronok. "Seronok" itu artinya enak dilihat. Jadi kalau menyuruh orang untuk berpakaian tidak seronok, berarti menyeruh mereka untuk berpakaian yang tidak enak diliat, misalnya: pake baju yang glitter-an sampe bikin sakit mata.

Spoiler for geming

5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah) "Diam tak bergeming", itu salah satu contoh kalimat yang kata di dalamnya kurang tepat. "Bergeming" itu artinya diam tidak bergerak.

Spoiler for .

Kalau sudah tau, nanti jangan keceplosan ya..

ada tambahan dari agan-agan??



Spoiler for tambahan dari agan-agan

Quote:
Original Posted By TheSaint007
kata "BILANG" salah om .

sering kali orang ngomong gini :

#eh bilangin aku kalau besok ijin (salah)
#eh sampaikan aku kalau besok ijin (benar)

kata bilang itu sebenarnya untuk di matematika :

"bilangan persegi sama kuadrat" .. ngakaks

taruh pekiwan gan :cool


ni juga salah kaprah yang salah tapi sudah terlanjur di benarkan, parahnya lagi oleh perusahaan ternama.
Contoh :
Bank BRI
[img]http://paktaintegritas.com/wp-content/uploads/2011/05/bri-260x300.jpg[img]

Kalau di baca Lengkapnya jadi "Bank Bank Rakyat Indonesia"
karena dalam singkatan BRI sudah mengandung kata Bank jadi tidak perlu di sebutkan ULANG.

Contoh lain :
Persija Jakarta
Persija sudah mengandung kata Jakarta jadi tidak usah di sebutin jakartanya lagi. Makanya klo di luar gak ada yang ngyebutin PSG Paris atau Paris PSG.
karena di dalam singkatan PSG sudah ada kata Pasisnya

Quote:
Original Posted By alacazzam
Kita.
Contohnya: Kita kasih tahu ya. Seharusnya adalah: Saya kasih tahu ya.

Contoh lagi:
A: Hey, kalian mau kemana?
B,C & D: Kita mau ke bioskop. Seharusnya: Kami mau ke bioskop


Quote:
Original Posted By p41jooo
ane tambahin gan

A: knapa blom pulang udah jam segini
B:iya nih lupa g bawa payung jadi nunggu hujan dulu deh

harus nya kan nunggun hujan terang hammer

Quote:
Original Posted By akukucing
PP
pulang pergi
bkn pergi pulang
gmn tuh logikanya?
ini kesalhaan yg dah dibenerkan

Quote:
Original Posted By Gaza2010
tambaha dari ane gan malus

a : ada ??? ga ? ( yg benar : ada ??? ini atau tidak ? )
b : adalah masa ga ada ( yg benar : ada, masa tidak ada )

a : tau ga sih ? ( yg benar : tahu atau tidak )
b : kurang tau juga ( yg benar : saya juga kurang tahu )

a : bisa ga kaya gitu ? ( yg benar : dapat seperti itu tidak ? )
b : mana mungkin bisa begitu ( yg benar : tidak mungkin bisa seperti itu )

klo berkenan tolong pejwan yah gan malus

Quote:
Original Posted By narazeetak
Dulu zaman kuliah, aku pernah buat penelitian tentang salah kaprah.
Salah kaprah adalah kesalahan yang sudah dianggap wajar oleh masyarakat umum, sehingga mereka tidak sadar bahwa mereka sendiri memang salah.
Jadi kalau biasa ada pertentangan, karena mereka yang salah kaprah merasa tidak salah.

Aku sendiri dari SD selalu beda sendiri dalam menggunakan kata-kata tersebut. Nggak ada konteks formal atau pun non-formal. Kalau salah, ya salah.
Contoh: Jam.
Untuk menunjukkan waktu menggunakan kata "pukul," bukan jam.
Jam sendiri digunakan untuk menunjukkan lamanya waktu.

Sekarang jam berapa? (salah)
Sekarang pukul berapa? (benar)
Perjalanannya memakan waktu dua jam (benar)

Contoh lain:
Air mancur di kolam rumah kamu bagus sekali. (salah)
Air mancar di kolam rumah kamu bagus sekali. (benar)
Mancur artinya keluar dari atas ke bawah. Ingat konteks pancuran?
Mancar artinya keluar dari satu tempat dan menyebar. Bisa dipakai pada sinar atau pun sesuatu yang keluar dari bawah atau sisi lainnya.

Masih banyak contoh lainnya, kalau mau berbagi.

Quote:
Original Posted By kr3th3k
Nambahin lagi gan.. Kata bonceng atau membonceng
Biasanya pada salah gunain kata ini.
Contohnya :
Andi membawa motor dengan Ryan di belakangnya. Artinya Ryan membonceng Andi, bukan Andi membonceng Ryan.

Sama seperti kalimat : Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng tentara Sekutu. Artinya Belanda datang ke Indonesia numpang sama Sekutu.

Kalau salah, ane dibenerin ya gan Yb


Spoiler for agan yang kontra

Quote:
Original Posted By sohib378
Ga gitu juga gan :cool, tergantung sikon dan konteks pembicaraan, sebelumnya kita harus tau dulu siapa yang ngomong seperti itu, setidaknya kita bisa membedakan apakah itu forum resmi bin formal atau forum santai, toh ungkapan2 semacem itu bisa dijadikan sebagai kiasan. Jadi ga perlu sakleg gitu kaleeeee cd

Tapi tetaplah belajar untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Spoiler for agan yang galau
ane tahu yang "acuh" itu dari guru ane gan,"acuh tak acuh" itu berarti peduli tak peduli" jd kurang tepat,tp kalo kita pakai yang bener malah kadang disalahin krn dah umum begitu ,jd gmna gan....

karna ada yang protes karna ga di cantumin sumbernya
Spoiler for ada yang muntah
Quote:
Original Posted By -gina-
woi cantumin sumbernya donk, lo nyomot ini di nyunyu.com!!
ini namanya pencurian karya cipta najisnajis

oke lah ane tambahin sumbernya. Sebenarnya harapannya sih di gambarnya dah kelihatan ada tulisan website sumbernya... Tapi sepertinya dia ga rela nglihat thread ini banyak yang komen, jadi untuk menghindari permusuhan dan prasangka buruk nih ane tampilin sumber nya gan :
Spoiler for sumber
Quote:


semoga dia puas ...ngakak ngakak ngakak
Bagonkids - 04/04/2012 04:35 PM
#2

hahaha ternyata kita salah kaprah --a matabelo:matabelo
nobuoken - 04/04/2012 04:37 PM
#3

makasih udah mengingatkan
ternyata ane juga sering salah malu
manuslav - 04/04/2012 04:37 PM
#4

ane baru ngeh setelah baca tadi
rama_oi - 04/04/2012 04:42 PM
#5

oowwhh..iyah yah..ane baru tau gan, selama ini ternyata kita seekor rubah hahahaha
alacazzam - 04/04/2012 04:44 PM
#6

Kita.
Contohnya: Kita kasih tahu ya. Seharusnya adalah: Saya kasih tahu ya.

Contoh lagi:
A: Hey, kalian mau kemana?
B,C & D: Kita mau ke bioskop. Seharusnya: Kami mau ke bioskop
om456 - 04/04/2012 04:45 PM
#7

salah kaprah yang udah mendarah daging gan.. susah me"rubah"nya...
mainz.0504 - 04/04/2012 04:48 PM
#8

TS-nya guru bhs Indonesia ni... Btw, thanks infonya...
Autek - 04/04/2012 04:56 PM
#9

PARABOLA
Parabola adalah setengah lingkaran
Antena parabola
"Di rumahku sekarang pakai parabola"
renbo - 04/04/2012 04:57 PM
#10

wah mantab gan
HzOChana - 04/04/2012 05:02 PM
#11

sumpah mantap infonya gan..... :2thumbup:2thumbup:2thumbup:2thumbup:2thumbup
Shisi - 04/04/2012 05:04 PM
#12

brarti banyak juga yah orang yang salah kaprah ngakak
redoks - 04/04/2012 05:04 PM
#13

Quote:
Original Posted By mainz.0504
TS-nya guru bhs Indonesia ni... Btw, thanks infonya...


Bisa jadi bos..hehe Peace:
bagia yng paling sering salah adalah pemakaian kata "kita" dan "kami"
lukky245 - 04/04/2012 05:08 PM
#14

mantap gan gw baru tau nih :2thumbup
ztibid - 04/04/2012 05:09 PM
#15

info dan ilustrasinya mantap gan :2thumbup
Pazonda95 - 04/04/2012 05:11 PM
#16

Quote:
Original Posted By alacazzam
Kita.
Contohnya: Kita kasih tahu ya. Seharusnya adalah: Saya kasih tahu ya.

Contoh lagi:
A: Hey, kalian mau kemana?
B,C & D: Kita mau ke bioskop. Seharusnya: Kami mau ke bioskop

dari dulu ane bingung kami dgn kita bedanya apa sih hammer:
bolon90 - 04/04/2012 05:13 PM
#17

waahh,. benar jga si agan,.
ane sering salah dalam pengupannya gan, tp gimana lah gan dah bawaan dari kecil,. ngakaks
Suya Lynx - 04/04/2012 05:18 PM
#18

salah kaprah akibat kebiasaan

berubah dan perubahan tetep pake rubah kok
Mr.Hoamz - 04/04/2012 05:19 PM
#19

wah baru tau ane gan. makasih gan buat di ingetin malu
Anshar - 04/04/2012 05:23 PM
#20

harusnya: 5 kata yang kita pakai tanpa tahu artinya, gan Yb

nice inpoh, anyway
Page 1 of 107 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > 5 Bahasa Indonesia yang Kita Pakai Tanpa Tau Artinya (salah kaprah)