CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang
Total Views: 22704 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 40 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Nuttt - 20/04/2012 12:18 AM
#1
Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang
Quote:
Quote:
Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang

Quote:
Selain permainan, Niken Larasati juga mengajarkan 111 kosakata bahasa Jawa di Negeri Sakura.

Quote:
Perupa Indonesia, Niken Larasati, mengenalkan permainan tradisional anak Indonesia dan mengajarkan 111 kosakata bahasa Jawa di Jepang. Tindakannya menarik perhatian universitas di Jepang karena Indonesia dinilai memiliki keberagaman kebudayaan dan bahasa.

"Perkenalan" akan dilakukan Niken dengan mengadakan pameran tunggal di GBI Shinjuku-Ku Tokyo, Jepang pada 17 Maret -19 Juni 2012 mendatang. Pameran ini nantinya akan berisi 22 lukisan bertema Dolanan (Mainan) Tradisional Anak Indonesia.

"Anak-anak sekarang tak mengenal permainan seperti engklek, jamuran, yang biasa dimainkan anak-anak jaman dulu. Mereka justru sangat paham permainan yang ada di komputer atau di dunia maya. Mereka bilang, permainan yang ada di komputer itu modern. Pertanyaannya, apakah kalau sudah modern lantas meninggalkan permainan yang tradisional? Ini sungguh memprihatinkan," ujar Niken, Selasa (17/4).

Niken meyakini bila anak-anak memainkan permainan tradisional akan banyak manfaat yang diperoleh. Di antaranya sehat karena permainan seperti gobak sodor membuat anak-anak harus berlari. Melatih keseimbangan ketika bermain engklek, menjalin kebersamaan ketika bermain jamuran, serta mempererat persatuan dan kerukunan ketika bermain jamuran dengan bergandengan tangan.

Lewat bermain, seorang anak memperoleh banyak pelajaran dan kesempatan melihat berbagai hal di dalam kehidupan. Anak-anak terlibat dalam interaksi sosial dan emosi dengan pasangan bermainnya.

"Di situlah terjadi pembelajaran tenggang rasa, tahu aturan, pengembangan kognitif hingga kemampuan menerima perbedaan, konsekuen dalam menerima kekalahan," tegas Niken.

Ada kekhawatiran bila permainan tradisional ini punah, lenyap ditelan masa serta tak ada dokumentasi. "Mungkin generasi kita masih banyak yang tahu, tapi nanti tiga generasi berikutnya bagaimana?," ungkap Niken.

Karya lukisannya ini menarik perhatian Seiichi Okawa, Ketua Umum Graha Budaya Indonesia (GBI) di Tokyo. Namun, ia mengaku tidak mementingkan hal tersebut. " Yang saya pentingkan adalah menunjukkan pada dunia bahwa dolanan tradisional anak Indonesia ini sungguh menyenangkan kalau dimainkan, mengandung kebersamaan, kerukunan serta ada unsur olah raganya," ujar Niken.
(Olivia Lewi Pramesti)

gak nyangka jadi jadi ht matabelo:
terimakasih agan/sista yang udah mw mampir dan komeng shakehand2

Janganlah hanya menjadi generasi penerus bangsa
tp jadilah generasi perubah bangsa, yg merubah negeri ini untuk menjadi lebih baik
Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang

Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang

iloveindonesia Cintai Terus Negara dan Bangsamu.. iloveindonesia


ariec2 - 21/04/2012 04:15 PM
#2

wah Japan n Indonesia sama sama punya budaya tradisional yang sakral dan kuat

salut sama perupa2 Indonesia,disana juga ada lho matapelajaran alat tradisional Indonesia,gending dll

Jayalah Indonesiaku iloveindonesia


Thread Cinta Indonesiaku
HT juga D

Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang


Kunjungi Juga Thread Cinta Indonesiaku yang lainnya gan :


http://livebeta.kaskus.us/forum/479/cinta-indonesiaku
Nuttt - 21/04/2012 05:10 PM
#3

Spoiler for Buka
Quote:
Quote:
Original Posted By cigarro
tapi sekarang sudah jarang ditemukan anak-anak bermain permainan tradisional...apa lagi di kota-kota besar, teknologi sudah meracuni mereka, yang bertindak melestarikan berarti sadar karena yang sadar belum tentu bertindak...


Quote:
Original Posted By jurasicpark
org jepang lbh menghargai permainan tradisional dr negara manapun dibanding diri kita.. hammers


Quote:
Original Posted By SonOfGod88
Hebat :matabelo
bener2 prestasi yg membanggakan :2thumbup
semoga kedepannya indonesia semakin terus bersinar di mata dunia iloveindonesia
makasih infonya juragan :toast



Posted with [color=orange]kaskusBetaQR Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang[/color]


Quote:
Original Posted By vellavella
jadi inget jamannya masih bocah gan, dulu ane sering banget diomelin sama nyokap buat disuruh tidur siang, tapi ane lebih milih maen karet or tak umpet sama temen2 ane malu
mangkanya jamannya ane bocah keling banget coz maennya diluar rumah melulu,,beda sama anak jaman sekarang yang lebih seneng maen PS or game online hammer


Quote:
Original Posted By simbaratravel
Salut bwt perupa Indonesia yg msh peduli n melestarikan tradisi dan kekayaan budaya Indonesia iloveindonesiailoveindonesiasampe ke luar negeri. Maju trus gan!!!:thumbup


Quote:
Original Posted By angga93
Ayoo kenalkan INDONESIA di seluruh dunia !! iloveindonesia


Quote:
Original Posted By insectkillers
orang2 dijepang aja tertarik sama kebudayaan kita,kenapa kita gak tertarik sama kebudayaan sendiri ya..emang aneh rasanya anak jaman sekarang,tidak pernah mau menyentuh permainan tradisional sma sekali..ini mengenaskan gan,coba lihat anak jaman sekarang kebanyakan sombong,gak tahu tetangga kanan kiri,gak tahu anak2 dilingkungan,makanya anak jaman sekarang jadi aneh2 gtu,alias alay2 gitu,ini karena pengaruh teknologi yang begitu kuat..coba bandingan sma anak2 kecil jaman dahulu,tiap sore bermain diluar rumah sma anak sebayanya,tiap bulan purnama pasti rame diluar rumah,dan merekapun bersosialisasi gan..



DSEMOGA KASKUSER SEMUA [FONT="Comic Sans MS"]DIBERI KESEHATAN DAN REJEKI MELIMPAHD[/FONT]


Quote:
Original Posted By ardyjavanese
Ada perasaan bangga dan malu, ketika budaya kita go international.
Orang luar mencoba untuk mendalami apa yang bukan budaya mereka, tetapi kita mencoba acuh dengan kebudayaan tradisional dan pandangan sekarang budaya yang kuno.


Quote:
Original Posted By punyaubay


gak semua anak di indonesia seperti yg agan kira o
indonesia g cuma jakarta, indonesia g cuma surabaya
dan indonesia g hanya kota besar2
di kampung saya msih banyak anak2 yg msih suka permainan tradisional tuh p
cuma bagaimana caranya kita2 yg peduli akan budaya indonesia tetep melestarikan ke anak2 kita dan penerus kita kelak biar g musnah ditelan jaman D


Quote:
Original Posted By dfrenchman
nyambung sama thread ini, ane jd keingetan pas ane tinggal dijepang dl, pas ada acara family gathering dl, diadain beberapa lomba yang tujuannya buat fun, yang bikin ane kaget, salah satunya itu adalah balap bakiak, ane lp nama istilah jepangnya, tp pastinya cara bermain nya sama persis dengan bakiak yang ada di indonesia


Quote:
Original Posted By Headcow
iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesia

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja puja bangsa

Semoga rakyat Indonesia selalu meningkatkan kualitas diri di setiap waktu dan dapat selalu memberikan kontribusi positif pada Negeri kita tercinta ini

iloveindonesia

:thumbup


Quote:
Original Posted By brian99
permainan tradisional GO Internasional!! yessthumbup:2thumbup


Quote:
Original Posted By tatatian
Ayo jangan kalah sama bangsa lain.. hargai budaya asli kita.. iloveindonesia


Quote:
Original Posted By bohabohe
wuih bener juga ya gan amazed:
baru nyadar adek ane banyakan maenan game d hape ,maenan gituan mana ngerti skrg amazed:
yg diapal juga cuma lagu2 ceribelek doang nohope:


Quote:
Original Posted By riringo
Pas konser band rock Jepang L'Arc~en~Ciel 2 Mei di Jakarta kemaren mereka juga nampilin kesenian Indonesia di atas panggung D
wayang golek, gamelan kecil, suling bambu, petasan tradisional, pulpen batik... hehehee xD


Quote:
Original Posted By oclaknight
ane demen dah kalo ada trit macam beginian D

bener kata Niken Larasati, anak-anak generasi sekarang lebih suka permainan komputer yg lebih modern mungkin tiga generasi kedepan uda punah kali permainan tradisional itu berdukas
permainan-permainan tradisional itu kan salah satu budaya kita


Quote:
Original Posted By kenkentera
....pembelajaran tenggang rasa, tahu aturan, pengembangan kognitif hingga kemampuan menerima perbedaan, konsekuen dalam menerima kekalahan..

Ini nilai-nilai luhur yang terkandung dalam mainan tradisional kita, sayangnya banyak yang menganggap sudah tidak relevan dengan masa kini...sedih gan.


Quote:
Original Posted By arsyadqwerty
iloveindonesiailoveindonesiailoveindonesiailoveindonesia

garuda tetap di dadaQ...merah putih berkibar slalu di angkasa...indonesia tak kan pernah berakhir sebagai tanah airQ...

i love indonesia

kekayaanya tak kan pernah habis dikonsumsi siapapun...
bukan hanya kaya sumber daya alam nya..budaya nya pun kaya...

wajib bagi WNI selalu mengibarkan merah putih...

kotuptor dan penyakit lain yang ada di indonesia adalah sebuah virus yang akan kita obati bersama.....
indonesia akan selalu jaya....
merdeka!!!!!!!


Quote:
Original Posted By Pembunuhanak
wow :loveindonesia iloveindonesias dulu padahal indonesia yang dijajah sekarang kita jajah jepang pake permainan tradisional
sekarang saatnya berkata WOW !!!


Quote:
Original Posted By menex
anak-anak sekarang emang generasi instan
sukanya yg serba instan...tugas dan kewajiban orangtualah
mengenalkan dan mengajarkan pendidikan ke anak. termasuk
dolanan tradisional yg memang banyak mengandung unsur
pendidikan, kebersamaan, nilai nilai budi pekerti lainnya


Quote:
Original Posted By fysaiL
daerah ane masih kental loh gan, permainan anak2 nya. banyak lagi


Quote:
Original Posted By andree016
wah bener banget gan klo perminan tradisional tuh bisa ngembangin kepribadian qta....soalnya ane juga ngerasain hal kyak gtu...bahkan ane ngerasain efeknya smpe skarang,,,,,

ayo terus lestarikan permainan indonesia seperti main benteng,petak umpet,petak jongkok,tok-tok ubi(kalo ane nyebutnya gtu),wak-wak gung,,,dan lain2...

ane bangga gan jadi anak indonesia..iloveindonesiasiloveindonesias


Quote:
Original Posted By garudangangkang
Ada baiknya permainan tradisional ini dilestarikan dengan cara membuat game komputer ofline maupun online, yg berbasis permainnan tradisinonal tersebut gan...

Dalam artian, walaupun mungkin secara manfaat dari permainan tersebut belum tercapai. Paling tidak usaha mempertahankan kebudayaannya tercapai. Yaitu, tetap diingatnya permainan tersebut dalam ensiklopedi permainan. Dengan itu diharapkan orang akan mencoba untuk memainkannya secara tradisional.

Terkadang untuk mempertahankan sesuatu itu perlu inovasi gan. Idealisme saja tidak cukup. Karena larinya jaman semenjak era industri semakin cepat. Jauh dari era-era sebelumnya. Maka aktualkan permainan tradisional tersebut dalam permainan yg disukai anak2 jaman ini. Yaitu game.

Tolong taruh pejwan yaa gan, biar kawan2 yg ahli membuat game, membacanya..

iloveindonesiasiloveindonesiasiloveindonesias



Quote:
Original Posted By ariec2
wah Japan n Indonesia sama sama punya budaya tradisional yang sakral dan kuat

salut sama perupa2 Indonesia,disana juga ada lho matapelajaran alat tradisional Indonesia,gending dll

Jayalah Indonesiaku iloveindonesia


wah masa seh matabelo:
jaya terus Indonesiaku \D/
ngacir:
winixis - 21/04/2012 06:08 PM
#4

mainan indonesia sampai ke jepang matabelo:

bisa bersaing nih ma robot2an disana D
Nuttt - 21/04/2012 06:15 PM
#5

Quote:
Original Posted By winixis
mainan indonesia sampai ke jepang matabelo:

bisa bersaing nih ma robot2an disana D

permainan rakyat kita sudah go internasional cool:
ps 3 kalah cool:
ngacir:
nanankajadeh - 07/05/2012 11:26 AM
#6

mantep... lagian kan kakeknya orang jepang disana kan pasti ngerti mainan tradisional jepang, kan pernah 3,5 tahun di indonesia.. heheheh #ngasal

cool:
Draendzue - 07/05/2012 11:27 AM
#7

salut buat perupa indonesia yang ada disana :2thumbup
kayanya bentar lagi jadi inspirasi game nih ngakak

Yuk di share Lomba menarik apa aja buat 17 Agustusan \)
onerz - 07/05/2012 11:28 AM
#8

Quote:
Anak-anak sekarang tak mengenal permainan seperti engklek, jamuran, yang biasa dimainkan anak-anak jaman dulu.


bener bgt nih :addfriends
sekarang kenalnya sama Game Online aja capedes
jadi aja bawaannya anak jaman sekarang pada manja sama loyo loyo karena kurang gerak hammer:
adhittss - 07/05/2012 11:28 AM
#9

Ane kangen banget permainan-permainan tradisional kayak gamparan, engkleng, petak umpet. Jaman sekarang mah udah gak tahu, udah terlena dengan teknologi yang gak perlu keluar rumah. :sorry
tantatu - 07/05/2012 11:29 AM
#10

nampang di page one :addfriends cendols


sayang sekali permainan tradisioanl yang bisa melatih psikomotorik anak sudah tidak dilirik lagi, khususnya di kota besar seperti jakarta .... berdukas
dawudmuzza - 07/05/2012 11:31 AM
#11

wahh,, jdi pegen ke jepang gara" ini...

nice inpo dah iloveindonesia
cool parker - 07/05/2012 11:32 AM
#12

wow Page one di HT,,, semoga ramai acaranya :addfriends
YoonAddict4ever - 07/05/2012 11:34 AM
#13

wah luar biasa neh ,suatu kebanggan tersendiri iloveindonesia

Spoiler for mampir gan
mampir gan :travel

Quote:

Gan Bandnya Aryo Wahab Kalahkan 12 Ribu Band Di Seluruh Dunia
Delapan Taman Bermain Aneh Dan Unik
Kisah Butet Manurung Memperjuangkan Pendidikan Di Belantara Rimba
Pemanfaatan Teknologi Satelit Bantu Lindungi Satwa Laut
10 Situs Kuno Di Asia Yang Terancam Hilang

Inilah Reptil Terbesar Di Planet Bumi Saat Ini
[ Pict ] Foto Fenomena Supermoon Di Belahan Dunia
Uniknya Museum-Museum Di Jepang
5 Negara Terbahagia Di Dunia Favorit Wisatawan
8 Surga Keheningan Dan Relaksasi Bagi Anda Yang Menyukai Ketenangan
Kathryn Bigelow Sutradara Wanita Pertama Peraih Oscar
Marilyn Savant, Wanita Pemegang Rekor IQ Tertinggi !!
15 Tips Hijau Jadikan Perusahaan Go Green !!
100 Tahun Tenggelamnya Kapal Pesiar Legendaris Titanic
4 Ekspedisi Menguak Misteri Kedalaman Laut
9 Wisata Pantai Buatan Manusia
Enam Situs Terindah Milik Bulgaria
Enam Tempat Bersejarah Kreasi Manusia Nan Tersohor
target="_blank"Lima Keajaiban Alam Di Inggris
Situs Wisata Suci Penuh Pesona
Event Olahraga Seru & Menarik Wajib Didatangi
Lima Festival Bunga Terbaik Di Dunia
Mengurangi Polusi Dengan Taman Vertikultur
10 Stadion Olahraga Terbaik Dunia
Uniknya Menginap Sambil Menimba Ilmu Di Hotel-hotel Ini
5 Sisa Sejarah Kuno di Beijing
10 Tujuan Terbaik Menunggu Musim Semi
Seleb Dunia yang Pernah Jadi Tunawisma
Tujuh Destinasi Menakjubkan Tonton Atraksi Hewan
Tempat Terbaik Di Jepang Untuk Melihat Indahnya Sakura
4 Ekspedisi Menguak Misteri Kedalaman Laut
10 Pulau Tropis Milik Selebriti
Enam Situs Terindah Milik Bulgaria
9 Wisata Spa Alami Yang Menyehatkan
15 Mata Kuliah Paling Unik Dan Keren Di Amerika Serikat
10 Efek Positif Bermain "Game"
10 Bandara dengan Pusat Perbelanjaan Terbaik
9 Pantai Paling Mempesona disekitar Samudera Dunia
9 Stasiun Kereta Api Bersejarah di Kanada
9 Lokasi Wisata Penuh Kontroversi
Nikmati 7 Wisata Malam Dunia Yang Mempesona
7 Gedung Impian yang Tak Pernah Terwujud
Formasi rumah terunik didunia
10 Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat
Kangen 7 Hal yg Sering Bikin Kita dimarahin Mama
Fakta luar biasa dibalik film spider-man 3
Bergaul dengan penduduk Lokal saat liburan
8 Jenis Tanaman Bermanfaat di Rumah
6 Manfaat Berkebun dan Bertani
7 Tempat Terbaik Untuk Mencurahkan Isi Hati
Dirjen Pajak Indonesia Dari Masa Ke Masa
m3L14n4 - 07/05/2012 11:35 AM
#14

iya kangen nih ama permainan tempo dulu engklek, apalagi deh namanya tp asyik2 loh pas mainnya...
sekarang pada main yg beginian nih :games
apip_tea - 07/05/2012 11:36 AM
#15

snoozer279 - 07/05/2012 11:36 AM
#16

HEBAT!! mainan indonesia bisa nyampe Jepang
ado46 - 07/05/2012 11:37 AM
#17

cakep dah nih permainan
tradisional bisa eksis di negara Jepang :matabelo
kangMAD - 07/05/2012 11:41 AM
#18

warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan
vermilcrew_ed - 07/05/2012 11:41 AM
#19

org jepang lbh menghargai permainan tradisional dr negara manapun dibanding diri kita..berdukas
semoga roda trus berputar en cucu moyang kita bisa menikmati juga permainan tradisional indonesia..
asal ga di-klaim ma negara laen aj..iloveindonesias
AzizD - 07/05/2012 11:43 AM
#20

lestarikan terus budaya INDONESIA iloveindonesias
Page 1 of 40 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Perupa Indonesia Perkenalkan Permainan Tradisional RI di Jepang