BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > We Read Banned Books - Intellectual Freedom Thread-
Total Views: 1245 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

Pepohonan - 10/05/2012 01:09 AM
#1
We Read Banned Books - Intellectual Freedom Thread-
We Read Banned Books - Intellectual Freedom Thread-

Sebenernya trit ini aku buat sebagai peringatan dan juga tanda duka atas dibubarkannya secara paksa acara diskusi buku...
Dan setelah aku cari tau buku yang dilarang/dibredel/dihilangkan jumlahnya gak sedikit. Buku yang mengundang kontroversial *sampai2 diskusi buku tsb dibubarkan paksa* juga gak cuma satu.

Tujuan dibuatnya trit ini, bukan sebagai wadah protes kenapa buku itu dilarang... Sesuai dengan nama forum ini, marilah kita membahas buku-buku tersebut, mengkritisinya, dan mencoba memahami apa yang sebenarnya penulis ingin sampaikan...


I read banned books, do you?;)
Pepohonan - 10/05/2012 01:10 AM
#2

reserved
Pepohonan - 10/05/2012 01:10 AM
#3

reserved
Pepohonan - 10/05/2012 01:10 AM
#4

reserved
Pepohonan - 10/05/2012 01:21 AM
#5

reserved
bima2bima - 10/05/2012 03:22 AM
#6

Pej wan Trid yang keren abis sis pohon o

yang di banned buku yang meng-global atau yang Indonesia aja sis? o

kalo yang di Indonesia kayak Aku Melawan Teroris - Imam Samudra ( buku dah terbit diambil lagi sama BIN \( ) , Irshad manji ( lagi populer nih - Allah, Love, Liberty), seinget saya ada buku Pramudya yang juga di banned tapi lupa judulnya apa yah hammer: buru2 gt deh hammer:

Kalo Global bisa Satanic Verses, even bible sendiri juga di banned di north korea \( , terus Da Vinci Code, buku2 karangan orientalis.
daninoviandi - 10/05/2012 10:38 AM
#7

listnya dong mod D
dan satu yg pasti, banned book itu ada kemungkinan BN berbusa:

masih belum terlalu penasaran sih ama buku2 banned, maklum otak pas2an malu:
komet795 - 10/05/2012 10:50 AM
#8

banned book? think: jadi kepikiran sama bukunya Vladimir Nabokov, Lolita
buku-buku yang dibanned biasanya buku yang isinya memaparkan hal-hal tabu dan mengundang kontroversi
ya, macam satanic verse, irshad manji, dll
buat saya pribadi buku-buku seperti itu justru makin menarik untuk dibaca
pengen tahu aja seberapa 'menyimpang'nya sih sampai-sampai harus dibanned?

tapi pernah lho pas mau baca salah satu buku banned, berasa kayak berdosa pas buka halaman pertama, kayak baca buku 'haram' aja gitu ngakaks padahal kan nggak gitu juga

D
Pepohonan - 10/05/2012 12:21 PM
#9

Quote:
Original Posted By bima2bima
Pej wan Trid yang keren abis sis pohon o

yang di banned buku yang meng-global atau yang Indonesia aja sis? o

kalo yang di Indonesia kayak Aku Melawan Teroris - Imam Samudra ( buku dah terbit diambil lagi sama BIN \( ) , Irshad manji ( lagi populer nih - Allah, Love, Liberty), seinget saya ada buku Pramudya yang juga di banned tapi lupa judulnya apa yah hammer: buru2 gt deh hammer:

Kalo Global bisa Satanic Verses, even bible sendiri juga di banned di north korea \( , terus Da Vinci Code, buku2 karangan orientalis.

Tetralogi pulau buru, panggil aku kartini saja, trus nyanyi sunyi seorang bisu..
karya2nya Pram kayaknya kena korban pembredelan semua. Sampe buku lanjutannya Gadis Pantai aja dibakar, padahal belum terbit, gak ada kopiannya, jadi hilang deh..
Quote:
Original Posted By daninoviandi
listnya dong mod D
dan satu yg pasti, banned book itu ada kemungkinan BN berbusa:

masih belum terlalu penasaran sih ama buku2 banned, maklum otak pas2an malu:

Listnya banyak banget ternyata.. aku liat di link ini indonesiabuku.com/?p=5541 mau aku kopiin, susah ngeditnya, kena limit terus wkwkwkw
Quote:
Original Posted By komet795
banned book? think: jadi kepikiran sama bukunya Vladimir Nabokov, Lolita
buku-buku yang dibanned biasanya buku yang isinya memaparkan hal-hal tabu dan mengundang kontroversi
ya, macam satanic verse, irshad manji, dll
buat saya pribadi buku-buku seperti itu justru makin menarik untuk dibaca
pengen tahu aja seberapa 'menyimpang'nya sih sampai-sampai harus dibanned?

tapi pernah lho pas mau baca salah satu buku banned, berasa kayak berdosa pas buka halaman pertama, kayak baca buku 'haram' aja gitu ngakaks padahal kan nggak gitu juga

D

Bukunya Gustave Flaubert yang Madame Bovary kan dilarang juga, sampai2 waktu itu si Flaubert harus disidang di pengadilan karena dianggap menodai agama dan norma..
Waktu megang buku yang pernah dilarang, deg2an juga ya.. Wkkww
daninoviandi - 10/05/2012 12:26 PM
#10

Quote:
Original Posted By Pepohonan
Tetralogi pulau buru, panggil aku kartini saja, trus nyanyi sunyi seorang bisu..
karya2nya Pram kayaknya kena korban pembredelan semua. Sampe buku lanjutannya Gadis Pantai aja dibakar, padahal belum terbit, gak ada kopiannya, jadi hilang deh..

Listnya banyak banget ternyata.. aku liat di link ini indonesiabuku.com/?p=5541 mau aku kopiin, susah ngeditnya, kena limit terus wkwkwkw

Bukunya Gustave Flaubert yang Madame Bovary kan dilarang juga, sampai2 waktu itu si Flaubert harus disidang di pengadilan karena dianggap menodai agama dan norma..
Waktu megang buku yang pernah dilarang, deg2an juga ya.. Wkkww

itu reservednya udah banyak juga nohope:

Panggil Aku Kartini Saja banned book?kagets:

kenapa kira2 mod? ada sih bukunya ovvo di rumah, tapi isinya kaya sejarah berbusa:
komet795 - 10/05/2012 12:32 PM
#11

Quote:
Original Posted By Pepohonan
Tetralogi pulau buru, panggil aku kartini saja, trus nyanyi sunyi seorang bisu..
karya2nya Pram kayaknya kena korban pembredelan semua. Sampe buku lanjutannya Gadis Pantai aja dibakar, padahal belum terbit, gak ada kopiannya, jadi hilang deh..

Listnya banyak banget ternyata.. aku liat di link ini indonesiabuku.com/?p=5541 mau aku kopiin, susah ngeditnya, kena limit terus wkwkwkw

Bukunya Gustave Flaubert yang Madame Bovary kan dilarang juga, sampai2 waktu itu si Flaubert harus disidang di pengadilan karena dianggap menodai agama dan norma..
Waktu megang buku yang pernah dilarang, deg2an juga ya.. Wkkww


penulis yang hobi 'menelanjangi' suatu hal yang selama ini tidak terkuak padahal bagus lho, nambah info banget dan membuka pikiran
sayangnya masih banyak beberapa pihak yang merasa bahwa dengan diterbitkannya buku-buku kayak gitu akan memicu perselisihan atau kontroversi atau apa
padahal itu kan wajar terjadi di setiap pikiran orang
tergantung gimana cara pandang aja sih

ya degdegan mod, apalagi kalau bacanya di tempat umum dan orang-orang yang ngeliyat yang tau buku itu pasti langsung mengernyitkan dahi begitu tau buku apa yang sedang dibaca ngakaks

seperti lagi 'berbuat kriminal' di tempat umum
eclips3 - 10/05/2012 01:03 PM
#12

saya sudah baca bukunya Manji.

walaupun saya tidak setuju diskusi buku itu dibubarkan dengan kekerasan, tapi saya setuju kalau buku itu dilarang beredar di Indonesia. Buku yang gak penting2 amat sih sebenernya buat didiskusiin.. cuma yang ngundang aja yang kepengen buat provokasi dan kontroversi. Masih banyak kok penulis lain yang karyanya lebih bagus atau mungkin jurnal-jurnal ilmiah buat didiskusiin.. ini kok kesannya mengambil kesempatan di saat RUU kesetaraan gender sedang digodok.

Kita seharusnya turut bertanggung jawab kan atas moral para penerus kita nanti, peran pemerintah dalam hal ini perlu dan ini juga tanggung jawab bersama. Gak bisa kita hanya mengandalkan kemampuan menelaah dan memilah tiap orang yang jelas2 berbeda. Apalagi khusus untuk buku-buku yang berhubungan dengan agama saya (Islam) sudah ada patokan yang jelas.. parameter yang jelas untuk mengukurnya.
baheula - 10/05/2012 01:21 PM
#13

Ini khusus di Indonesia atau bukan?
Buku yang di larang tiap zaman pasti beda, tergantung siapa yang berkuasa D

oh iya, bagaimana dengan buku2 porno atau stensilan, layak di banned ga? D
Retrostock - 10/05/2012 03:43 PM
#14

wah ada trit book banned nih,

sebenarnya sebagai penggemar buku, ane sangat antusias untuk membaca buku2 yg ga boleh beredar,

tp sayang di indo kdg carinya susah bgt ,

gw si pgn bgt bgt baca bukunya Michael J Behe " Darwin's Black Box"
SupirBemo - 10/05/2012 06:07 PM
#15

Quote:
Original Posted By eclips3
saya sudah baca bukunya Manji.

walaupun saya tidak setuju diskusi buku itu dibubarkan dengan kekerasan, tapi saya setuju kalau buku itu dilarang beredar di Indonesia. Buku yang gak penting2 amat sih sebenernya buat didiskusiin.. cuma yang ngundang aja yang kepengen buat provokasi dan kontroversi. Masih banyak kok penulis lain yang karyanya lebih bagus atau mungkin jurnal-jurnal ilmiah buat didiskusiin.. ini kok kesannya mengambil kesempatan di saat RUU kesetaraan gender sedang digodok.

Kita seharusnya turut bertanggung jawab kan atas moral para penerus kita nanti, peran pemerintah dalam hal ini perlu dan ini juga tanggung jawab bersama. Gak bisa kita hanya mengandalkan kemampuan menelaah dan memilah tiap orang yang jelas2 berbeda. Apalagi khusus untuk buku-buku yang berhubungan dengan agama saya (Islam) sudah ada patokan yang jelas.. parameter yang jelas untuk mengukurnya.


bingungs knapa melarang orang lain membaca, memahami, diskusi dan menilai sendiri

jika moral orang lain jadi tanggung jawab u, knapa ga sekalian ketidak mampuan menelaah dan memilah sekalian
ApakanSaya - 10/05/2012 06:28 PM
#16

semua yang dilarang emang bikin penasaran o
eclips3 - 11/05/2012 08:36 AM
#17

Quote:
Original Posted By SupirBemo
bingungs knapa melarang orang lain membaca, memahami, diskusi dan menilai sendiri

jika moral orang lain jadi tanggung jawab u, knapa ga sekalian ketidak mampuan menelaah dan memilah sekalian


ok, mau berdiskusi dengan siapa ? dengan si pengarang buku nya ? dengan para anggota JIL ? Kalau anda mau berdiskusi dengan pengarang buku ini, maka anda gak akan mendapatkan apa-apa. Yang dia tulis itu di bukunya hanya berdasarkan pengalaman dia saja. Sangat2 subjektif. Dia mencampur adukkan mana budaya dan mana perintah agama. Dan semua pertanyaan-pertanyaan dia di bukunya tentang jilbab, hukuman rajam, pernikahan paksa, bahkan tentang surah An Nisa ayat 34 pun sudah banyak di jawab dimana-mana. Justru kita sebagai umat muslim yang harus bertanya ke dia, dia yang tidak banyak membaca ? dia yang tidak pernah bertanya ? atau dia memang sengaja mencari gara-gara ?

Tipikal orang2 JIL itu sama saja, mereka berdiskusi bukan mencari kebenaran tapi mencari pembenaran.

Kemudian, pelarangan bukunya adalah untuk mencegah timbulnya manji2 yang lain. Karena banyak orang yang belajar agama secara otodidak bung, yang kemungkinan bisa saja dia salah paham dan mengambil kesimpulan yang terlalu dini tentang Islam gara-gara buku ini. Lalu saya juga sudah menulis tentang kemampuan menelaah dan memilah tiap orang yang berbeda-beda. Kalau kita anggap paham radikalisme agama berbahaya, mengapa kita tidak menganggap paham liberalisme agama sama bahayanya?

Lalu masalah tanggung jawab menelaah dan memilah. Memberikan Ilmu terhadap generasi penerus bangsa sehingga memiliki kemampuan menelaah dan memilah dengan baik juga tanggung jawab kita lah. Cuma harus dibarengi dengan tindakan pencegahan.

saya contohkan begini :
Apabila ada sebuah negara dimana situs porno bisa di akses dengan mudah bahkan oleh orang2 yang belum berhak mengaksesnya, apa yg kita dan pemerintah bisa lakukan untuk mengatasinya?
1. memberikan sex education kepada anak2 kita, dan
2. Menutup akses ke situs porno tersebut.
komandan123 - 11/05/2012 11:48 AM
#18

Buku-buku yang dibanned itu yang cukup kontroversial ya?

Tapi sepertinya novel-novel yang isinya tentang kisah kaum lesbian tidak termasuk buku yang kontroversial ya? Buktinya metropop berjudul 20, 30, 40 (Club Camilan) yang isinya tiga cerita dari tiga blog lesbian bisa diterbitkan PT. GRAMEDIA.

Apa ini pengaruh dari isu transgender dan pernikahan satu gender yang sedang marak dan booming saat ini? Sekarang saja banyak bermunculan buku dan bahkan ada film tentang itu.
daninoviandi - 11/05/2012 11:53 AM
#19

Quote:
Original Posted By SupirBemo
bingungs knapa melarang orang lain membaca, memahami, diskusi dan menilai sendiri

jika moral orang lain jadi tanggung jawab u, knapa ga sekalian ketidak mampuan menelaah dan memilah sekalian


kalo penerusnya itu anak kita, emang gak jadi tanggung jawab kita? D

yang dimasalahin yg dibold ya?
v
v
v
v
v
Quote:
Original Posted By eclips3
saya sudah baca bukunya Manji.

walaupun saya tidak setuju diskusi buku itu dibubarkan dengan kekerasan, tapi saya setuju kalau buku itu dilarang beredar di Indonesia. Buku yang gak penting2 amat sih sebenernya buat didiskusiin.. cuma yang ngundang aja yang kepengen buat provokasi dan kontroversi. Masih banyak kok penulis lain yang karyanya lebih bagus atau mungkin jurnal-jurnal ilmiah buat didiskusiin.. ini kok kesannya mengambil kesempatan di saat RUU kesetaraan gender sedang digodok.

Kita seharusnya turut bertanggung jawab kan atas moral para penerus kita nanti, peran pemerintah dalam hal ini perlu dan ini juga tanggung jawab bersama. Gak bisa kita hanya mengandalkan kemampuan menelaah dan memilah tiap orang yang jelas2 berbeda. Apalagi khusus untuk buku-buku yang berhubungan dengan agama saya (Islam) sudah ada patokan yang jelas.. parameter yang jelas untuk mengukurnya.


Quote:
Original Posted By komandan123
Buku-buku yang dibanned itu yang cukup kontroversial ya?

Tapi sepertinya novel-novel yang isinya tentang kisah kaum lesbian tidak termasuk buku yang kontroversial ya? Buktinya metropop berjudul 20, 30, 40 (Club Camilan) yang isinya tiga cerita dari tiga blog lesbian bisa diterbitkan PT. GRAMEDIA.

Apa ini pengaruh dari isu transgender dan pernikahan satu gender yang sedang marak dan booming saat ini? Sekarang saja banyak bermunculan buku dan bahkan ada film tentang itu.


mungkin gara2 gak diadain bedah bukunya, makanya jadi gak rame D

lagian kalo tau buku kita kontroversi, ngapain nantangin juga ya takuts
komandan123 - 11/05/2012 11:58 AM
#20

Quote:
Original Posted By daninoviandi

mungkin gara2 gak diadain bedah bukunya, makanya jadi gak rame D

lagian kalo tau buku kita kontroversi, ngapain nantangin juga ya takuts


tapi kalo aku mau review buku itu boleh gak pooh? malu:

sebenernya aku dah niat mau review sebelum heboh-heboh bukunya Manji

waktunya aja yang belum ada hammer:

bukunya gak vulgar kok D
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > BUKU new > We Read Banned Books - Intellectual Freedom Thread-