BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi
Total Views: 7103 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

grahabarusolo - 14/06/2012 03:51 PM
#61

harusnya dibina, bukan dibinasakan. kalo mau tutup ya carikan lapangan kerja lain. bisnis itu jalan karena memang ada konsumennya. peran pemerintah membuat regulasi supaya tidak ada yang dirugikan
VhieQuinn - 14/06/2012 04:22 PM
#62

ya ampun gan, utk jd dokter gigi sekarang, gausah sekolah tinggi2 lagi gan. hahaha...bata
diverboy - 14/06/2012 04:29 PM
#63

Quote:
Original Posted By JubeiGojo
justru tukang gigi itulah ahlinya membuat gigi palsu... itu kan seni gan... gak gampang buatnya.

hubungan pelayanan kesehatan maksimal dengan penutupan tukang gigi tidak ada hubungannya... lha wong tukang gigi gak memeriksa gigi kok? itu kan ranahnya dokter gigi... tukang gigi cuna membuat dan mencetak gigi palsu


Sorry to say, Gan. Anda gak ngerti apa yg anda omongin.

Membuat gigi tiruan memang seni. Buka sekedar menyusun geligi tiruan sesuai urutan saja.

Contoh kasus yg saya pernah lakukan pada saat masih kuliah ko-as. Pasien saya sudah tidak memiliki gigi sama sekali pada rahang bawah & rahang atas tersisa geligi depan saja, tulang rahang bawah sudah mengecil.

Tantangan yg saya hadapi: harus membuat gigi tiruan penuh lepasan yg harus stabil dipasang pada rahang bawah yg kecil, dan harus bisa berkontak dg baik dg gigi tiruan atas yg bagian depannya masih ada giginya. Dan yg jelas harus dapat dipakai dg baik utk : fungsi bicara, fungsi estetika, & terutama fungsi pengunyahan.

Dan pada akhirnya pasien saya bisa mengunyah kacang lagi!! Sesuatu yg mustahil bagi dia sebelumnya. Geligi tiruannya dapat digunakan secara optimum utk mengunyah, bicara, dan dari segi penampilan terlihat alami.

Tentunya gigi tiruan tersebut didahului dg pemeriksaan dan pengukuran yg cermat, baik dari segi anatomis-mekanis rahang pasien dan kondisi kesehatan umumnya. Bahkan saya melakukan sendiri penyusunan geligi tiruannya, satu demi satu.

Hal-hal yang saya uraikan di atas, tentunya tidak dimiliki oleh tukang gigi.
Yang jelas tukang gigi bertindak seolah-olah sebagai dokter gigi, padahal tidak ada pendidikannya sama sekali. Coba baca postingan saya sebelumnya.

Sebagai informasi umum, dalam kedokteran gigi ada spesialisasi gigi tiruan yang dikenal sebagai Spesialis Prostodontik (Sp. Pros). Dokter gigi Sp. Pros inilah yang sejatinya adalah ahli gigi tiruan.
engaskus - 14/06/2012 04:33 PM
#64

Quote:
Original Posted By surajayaNETcell


kayanya di kampung" masi banyak tu gan
malahan masarakat kampung itu lebih percaya bidan tradisional daripada bidan beneran cd

MangAjaywowcantik


di Baduy bidan tradisionalnya didampingi bidan sekolahan. supaya menengahi, yang namanya adat dan budaya itu susah ditembus.
Maestro - 14/06/2012 04:52 PM
#65

biarpun saya adalah seorang guru bahasa Inggris dan bukan seorang dokter gigi, tapi saya setuju dengan penjelasan para dokter gigi di sini. pada akhirnya, konsumen yang dirugikan dengan keberadaan para tukang gigi yang tidak jelas pendidikannya meskipun biayanya lebih murah dibandingkan dengan biaya dokter gigi.

pacar saya pernah menjadi korban tukang gigi, dan sejak itu saya mengingatkan dia akan bahaya tukang gigi yang tidak punya latar belakang pendidikan kedokteran gigi tapi sok seolah-olah menjadi dokter gigi. dia juga sudah kapok ke tukang gigi, dan kini setiap ada masalah di giginya, dia selalu pergi ke dokter gigi.

tadi ada yang bilang bahwa lapangan kerja baru harus disiapkan bagi para tukang gigi kalau memang nanti dilarang. iya, jelas. mereka butuh makan, tetapi mereka bisa mencari uang dengan cara yang lebih aman, misalnya menjadi pedagang, sopir, dan lain-lain, sesuai kemampuan mereka selain membuat gigi palsu.

carilah pekerjaan sendiri - jangan menuntut pemerintah, jangan jadi orang manja.
cysers2 - 14/06/2012 04:55 PM
#66

Gw si setuju banget dengan menutup praktek2 tukang gigi kaki lima...
disamping mereka ngga ada sertifikasi dan izin, alat2nya belum tentu dijamin higenis..

Setuju banget ditutup semua tuh tukang gigi kakilima...


Posted by Cysers2
ID 3964872
juggernaunt - 14/06/2012 04:58 PM
#67

Quote:
Original Posted By surajayaNETcell
apakabar dengan bidan tradisional ya.....







MangAjaywowcantik


Di kampung ane masih rame tuh gan
bengbengs - 14/06/2012 05:11 PM
#68

dokter gigi yang asli takut saingan tuh ngakak
kloningangeje - 14/06/2012 05:13 PM
#69

apa bedanya tukang gigi asli sama dokter gigi?
emang dokter gigi bisa buat gigipalsu alias gipal

kalaupun bisa kayanya ngga sebagus kaya spesialis tukang bikin gipal deh p
diverboy - 14/06/2012 05:15 PM
#70

Quote:
Original Posted By Maestro

... tapi saya setuju dengan penjelasan para dokter gigi di sini. pada akhirnya, konsumen yang dirugikan dengan keberadaan para tukang gigi yang tidak jelas pendidikannya ...

pacar saya pernah menjadi korban tukang gigi, .... kini setiap ada masalah di giginya, dia selalu pergi ke dokter gigi.

tadi ada yang bilang bahwa lapangan kerja baru harus disiapkan bagi para tukang gigi kalau memang nanti dilarang. iya, jelas. mereka butuh makan, tetapi mereka bisa mencari uang dengan cara yang lebih aman, misalnya menjadi pedagang, sopir, dan lain-lain, sesuai kemampuan mereka selain membuat gigi palsu.

carilah pekerjaan sendiri - jangan menuntut pemerintah, jangan jadi orang manja.


Ane suka sekali dengan pendapat Pak Guru yang satu ini, terutama yang ane bold. Like this, Bro!!

Turut prihatin atas pengalaman pacarnya yang tidak mengenakkan di tukang gigi.

Ane sendiri sudah cukup sering mendapati pasien2 korban 'hasta karya' para tukang gigi. Ane sangat sedih (dan jengkel) melihat geligi & gusi pasien yang rusak dan infeksi berat akibat desain gigi tiruan yg sangat ngawur.

Menyoal pendapat tarif perawatan dokter gigi mahal, ya itu relatif. Kalo di praktek swasta, pastinya lebih mahal.

Tetapi perawatan di puskesmas saat ini sudah cukup memadai dan biayanya sangat terjangkau. Ane sendiri adalah dokter gigi puskesmas, dan tempat tugas ane bukan di tengah kota, tetapi di daerah kepulauan.
pandu saksono - 14/06/2012 05:16 PM
#71

sepupu ane pernah gan pasang behel di tukang gigi. pasangnya asal-asalan.
untung dia pernah main ke tempat temennya yang bapaknya dokter gigi beneran. jadi ketauan kalo itu pasang behelnya asal-asalan. akhirnya dibetulin deh.

yang ditakutin ya gitu. dia ga ada kompetensi bikinnya asal-asalan. padahal di gigi itu kan ada saraf-saraf juga yang kalo sampe salah bisa bahaya.
JubeiGojo - 15/06/2012 02:37 PM
#72

Quote:
Original Posted By diverboy


Sorry to say, Gan. Anda gak ngerti apa yg anda omongin.

Membuat gigi tiruan memang seni. Buka sekedar menyusun geligi tiruan sesuai urutan saja.

Contoh kasus yg saya pernah lakukan pada saat masih kuliah ko-as. Pasien saya sudah tidak memiliki gigi sama sekali pada rahang bawah & rahang atas tersisa geligi depan saja, tulang rahang bawah sudah mengecil.

Tantangan yg saya hadapi: harus membuat gigi tiruan penuh lepasan yg harus stabil dipasang pada rahang bawah yg kecil, dan harus bisa berkontak dg baik dg gigi tiruan atas yg bagian depannya masih ada giginya. Dan yg jelas harus dapat dipakai dg baik utk : fungsi bicara, fungsi estetika, & terutama fungsi pengunyahan.

Dan pada akhirnya pasien saya bisa mengunyah kacang lagi!! Sesuatu yg mustahil bagi dia sebelumnya. Geligi tiruannya dapat digunakan secara optimum utk mengunyah, bicara, dan dari segi penampilan terlihat alami.

Tentunya gigi tiruan tersebut didahului dg pemeriksaan dan pengukuran yg cermat, baik dari segi anatomis-mekanis rahang pasien dan kondisi kesehatan umumnya. Bahkan saya melakukan sendiri penyusunan geligi tiruannya, satu demi satu.

Hal-hal yang saya uraikan di atas, tentunya tidak dimiliki oleh tukang gigi.
Yang jelas tukang gigi bertindak seolah-olah sebagai dokter gigi, padahal tidak ada pendidikannya sama sekali. Coba baca postingan saya sebelumnya.

Sebagai informasi umum, dalam kedokteran gigi ada spesialisasi gigi tiruan yang dikenal sebagai Spesialis Prostodontik (Sp. Pros). Dokter gigi Sp. Pros inilah yang sejatinya adalah ahli gigi tiruan.



hmmm... kalo rancangan dari dokter gigi dan dibuatkan oleh tukang gigi dengan bahan yang berkualitas gimana gan? konsepnya kan win -win solution ...

diverboy - 15/06/2012 03:02 PM
#73

Quote:
Original Posted By JubeiGojo
hmmm... kalo rancangan dari dokter gigi dan dibuatkan oleh tukang gigi dengan bahan yang berkualitas gimana gan? konsepnya kan win -win solution ...


Dokter gigi biasanya memesan pembuatan gigi tiruan ke tekniker gigi (dental tekniker) atau ke Dental-Lab (yg memperkerjakan tekniker gigi).
Dental tekniker ada pendidikan tersendiri, paling tinggi D-3.
Patut dicatat, bahwa dental tekniker tidak menerima pasien langsung. Klien dental tekniker adalah Dokter Gigi atau Klinik Gigi.

Sementara, (sekali lagi) tukang gigi tidak ada pendidikannya sama sekali. Tentunya, tanpa pendidikan yg memadai, maka tukang gigi tidak memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang benar tentang pembuatan gigi tiruan. Sementara gigi tiruan jenisnya bermacam, baik jenis bahannya, maupun fungsionalnya. Dari yang paling sederhana adalah gigi tiruan lepasan akrilik, sampai yg rumit gigi tiruan cekat berlapis porselain hi-fusion, dan digunakan sebagai supra-structure dental implant.

Jelas tidak mungkin bagi seorang dokter gigi untuk memesan desain gigi tiruan kepada tukang gigi.
kerajaan.sorga - 15/06/2012 03:05 PM
#74

di tempat ane tukang gigi masih unjuk gigi dalam ber aksiD
JubeiGojo - 15/06/2012 08:30 PM
#75

Quote:
Original Posted By diverboy


Dokter gigi biasanya memesan pembuatan gigi tiruan ke tekniker gigi (dental tekniker) atau ke Dental-Lab (yg memperkerjakan tekniker gigi).
Dental tekniker ada pendidikan tersendiri, paling tinggi D-3.
Patut dicatat, bahwa dental tekniker tidak menerima pasien langsung. Klien dental tekniker adalah Dokter Gigi atau Klinik Gigi.

Sementara, (sekali lagi) tukang gigi tidak ada pendidikannya sama sekali. Tentunya, tanpa pendidikan yg memadai, maka tukang gigi tidak memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang benar tentang pembuatan gigi tiruan. Sementara gigi tiruan jenisnya bermacam, baik jenis bahannya, maupun fungsionalnya. Dari yang paling sederhana adalah gigi tiruan lepasan akrilik, sampai yg rumit gigi tiruan cekat berlapis porselain hi-fusion, dan digunakan sebagai supra-structure dental implant.

Jelas tidak mungkin bagi seorang dokter gigi untuk memesan desain gigi tiruan kepada tukang gigi.



Oke gan... point taken....
Serahkan pada ahlinya...

satu lagi nih gan, masalah harga.. antara harga gigi tiruan di tukang gigi dan dental tekniker rujukan dari dokter gigi perbandingannya jauh gak ya?

pertanyaan ini juga untuk menyikapi kondisi ekonomi masyarakat kita yang tidak semuanya sama kan.

Bata.Merah. - 16/06/2012 08:09 AM
#76

Persaingan usaha, doketr gigi udah mahal2 sekolah kalah saingan sama tukang gigi abal2 D
arifarsenal - 16/06/2012 08:23 AM
#77

kalau alesannya supaya masyarakat mendapat layanan kesehatan maksimal. tapi gak dibarengin biaya sih percuma
ShiningPath - 16/06/2012 08:28 AM
#78

Quote:
Original Posted By mikung
alasannya sangat manis, "biar masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal" tentu saja dengan biaya yang maksimal juga


di satu sisi ingin biar masyarakat dapet pelayanan kesehatan maksimal, tp di sisi lain ga bisa ngejamin biar pelayanan kesehatan terjangkau bwt semua kalangan D
mynameisrock - 16/06/2012 09:08 AM
#79

Quote:
Original Posted By ajichristian

Jakarta, Rencana pemerintah menutup praktik para tukang gigi mendapat reaksi keras. Dalam sidang uji materi yang diajukan tukang gigi di Mahkamah Konstitusi (MK), pemerintah berdalih penutupan ini supaya masyarakat mendapat layanan kesehatan maksimal.


Supaya masyarakat mendapat layanan kesehatan maksimal???
Pale lo peyaanngg !!! fuck:

Kalo ngomong supaya masyarakat mendapat layanan kesehatan maksimal, bangun PUSKESMAS dengan fasilitas dan kualitas RS PONDOK INDAH
juvestadium - 16/06/2012 09:22 AM
#80

hehe sekolah dokter gigi mahal gan, tapi ke dokter gigi juga mahal gan apalagi kalo kontrol behel waduuhhh
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi