BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi
Total Views: 7103 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6

ngukurjalan - 18/10/2012 10:16 PM
#101

dibuat solusi yang win2 lah..mana yang boleh dan yang tidak, buat tukang gigi ..
felix.vendition - 18/10/2012 10:51 PM
#102

kyny g perlu selebay itu jg d
toh resiko dtanggung penumpang
klo tbukti malpraktek y kena hukum aj to?
mnrt ane sih gitu aj
Yb
Badvriel - 19/10/2012 01:44 AM
#103

fenomena beberapa minggu yang ane liat,,
ahli gigi pinggiran jalan ko tulisan pasang behelnya ilang bingungs
ViWekzz - 19/10/2012 12:26 PM
#104

Quote:
Original Posted By diverboy
hmmm.... ud sering ane dapet pasien 'korban' tukang gigi.

macem2 kasusnya, kebanyakan sih yang mengalami infeksi gusi berat, bahkan sampai jaringan gusinya mati (nekrosis). Jadi tukang gigi (yang gak ada sekolahnya itu) membuat gigi palsu lepasan dari bahan "self-curing acrylic" yang langsung ditempelkan permanen di gusi.

Padahal bahan "self-curing acrylic" hanya dipakai untuk membuat peralatan yg bersifat sementara pemakaiannya (misalnya: gigi tiruan sementara atau pun sendok cetak perseorangan).

Karena langsung menjepit gusi, maka aliran darah jaringan gusinya akan terhambat, selain itu sisa makanan akan tertahan dan membusuk di celah antara gigi palsu dan gusi. Akibat lebih lanjut adalah infeksi gusi, dan bahkan jaringan gusinya bisa membusuk dan mati.

Ud sering ane bongkar2in gigi palsu yg kacau setengah mampus buatan tukang gigi.

Tukang gigi sekarang juga semakin berani terang-terangan melakukan tindakan yg jelas2 hanya wewenang dokter gigi. Banyak juga yg sekarang melakukan perawatan ortodontik.
Ya, sama2 pake kawat sih, tapi prosedurnya banyak yg ngaco dan asal2an bgt capedes

Ini ane share foto pasien ane, dia pasang kawat gigi di tukang gigi:

Spoiler for kawat ortodontik ala tukang gigi

Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi

bracket hanya dipasang pada geligi depan. Tidak ada molar band sebagai penjangkaran kawat. Mau buat apa kawat model begini???


Tukang gigi, gak sekolah, tapi melakukan praktik kedokteran gigi. Tidak ada kompetensinya, jelas melanggar hukum, dan merugikan bagi masyarakat.





Gak bisalah dibandingin apple to apple gitu... Yang satu ada sekolahnya (dan gak sebentar), yang satu gak pake sekolah. Yang satu pendekatannya ilmiah, yg satu gak jelas.

Sebagai dokter gigi, gak bakal khawatir gak ada pasien. Gigi tiruan buatan Drg jelas beda jauh bgt dg buatan gigi palsu. Dalam mendesain gigi tiruan Drg mempertimbangkan faktor medis umum pasien, struktur tulang rahang dan gusinya, usia, dan biaya.

Lagi pula, kerjaan Drg bukan cuma bikin gigi tiruan aja. Termasuk dalam cakupan kompetensi Dokter Gigi adalah tindakan promotif & preventif, kuratif, dan rehabilitatif di bidang kesehatan gigi & mulut. Gigi tiruan masuk dalam upaya rehabilitatif.


majua terus pak dokter, mgkin lbh sering ikut dalam bakti sosial dapat mnyadarkan masyarakt bhwa dokter gigi lbh tepat dripda tukang gigi brikan playanan yg optimal pada para pasien D
KichigaiKid - 19/10/2012 01:04 PM
#105

Alasannya ke tradisional :

1. lebih murah

2. lebih professional, malah mama say abikin gigi palsu di tempat tradisional lebih bagus dan awet, biarpun bahal dari porcelain juga lebih murah lagi

3. Dokter gigi mahal, pernah bersihin plak di TA, sama dokter muda aja bisa sampe 600ribuan, itu aja udah diskon 30% dan belon bersih bener dan harus balik lagi.

4. biaya tambel aja 1 lubang bisa 100rb di dokter gigi, sdgkan di tradisional ga perlu sampe segitu....
tanyaknp. - 19/10/2012 01:54 PM
#106

baguslah kl tujuannya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tapi biayanya juga diatur ya.. masak cabut gigi aja sampai 125rb.. mahal amir pak...
Ade_Passau - 19/10/2012 02:44 PM
#107

untuk tukang gigi mungkin dibatasi pada pembuatan gigi palsu saja, kalo sampai penanganan akar gigi, implant atau orthodentis sepertinya berlebihan ya karena dokter gigi saja harus ada spesialisasi ortho..

sebulan lalu saya ke klinik dr gigi karena tambalan amalgam saya 19 tahun yg lalu lepas digraham. nambal 3 lubang di gigi yg sama, masing2 kena biaya 300rb lubang besar, 300rb sedang, 250rb lubang kecil total 850rb.tapi hasilnya bagus karena menggunakan resin komposit+sinar biru sewarna dg gigi.

kenapa saya minta yg bagus dan mahal, karena gigi saya lubangnya udah besar seperti sarang semut dan butuh peanganan khusus seperti pembersihan karies dahulu, dan pemolesan yg bagus. saya lihat dari monitor lcd dri mini camera dokter kondisi gigi saya benar2 membutuhkan penangan yg profesional, benar2 dokter teliti dan sabar ngerjain gigi saya yg gak karua2an bentuknya(ada fotonya) tapi hasil akhirnya saya puas sekali

saya gk mau kehilangan graham lagi seprti 6 tahun yg lalu, karena mau murah tambalan lepas malah langsung dicabut karena gk mau repot. gigi itu aset mas, repot kl giginya rusak semua.
SuniC - 19/10/2012 03:36 PM
#108

kebetulan gw lagi perawatan lubang gigi. dari mulai sterilisasi, perawatan saluran akar, pemasangan jaket onlay. kalo diliat dari kerumitannya begitu ga berani deh gw kalo ke tukang yg bukan dokter nohope:
jangankan tukang gigi, lah dokter gigi aja gw pilih2 yg pasiennya rame biar terpercaya.. emang sih lebih mahal tapi soal gigi gw ga mau ambil resiko soalnya sakit gigi lebih kejam dari sakit hati D
Ssetiady17 - 20/10/2012 01:12 AM
#109

dokter gigi mahal bgt, msh banyak orang yg ga mampu ke dokter, lagian tukang gigi itu juga pengalaman koq..capedes
Page 6 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Ini nih alasan pemerintah menutup praktik tukang gigi