Cooking mencooking + restaurant guide
Home > LOEKELOE > Cooking mencooking + restaurant guide > Mie Aceh& Masakan Aceh
Total Views: 6038 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 7 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7

sikukut - 18/01/2011 09:06 PM
#121

Quote:
Original Posted By adirenaldy
Mie Aceh& Masakan Aceh
Mie Aceh di Pidie 2000 yang d depan Gramedia Margonda Depok. harganya cuma 10K tp rasanya maknyus. paling enak d sini Mie Goreng Keringnya.

Mie Aceh& Masakan Aceh
Mie Kepiting yg cuma ada d Aceh huhuhuhu

Mie Aceh& Masakan Aceh
Mie Aceh d warung2 kecil d aceh, biasa aja tp rasanya nendang bgt...

Mie Aceh& Masakan Aceh
Gulai Kambing yang terkenal itu.
isinya cuma kambing n Nangka plus bumbu rahasia pastinya.
walo kadang suka d bilang raja na kholestrol tp di aceh abis makan beginian org2 minumnya jus mentimun huhuhuhu seger bgt ga tuh....

Mie Aceh& Masakan Aceh
Ayam Tangkap
Resepnya:
Ayam d potong kecil2
daun Pandan di potong kecil2
daun Kari d potong kecil2
cabe ijo d potong kecil2
bawang putih d geprek
bawang merah d iris2 tipis.

caranya:
ungkep ayam dengan bawang putih, garam dan bumbu penyedap biasa.
klo udah kering airnya goreng ayam dalam minyak secukupnya dengan semua bahan di atas. sampai garing dengan api besar cukup sampai warna ayamnya ke emasan


aslinya gan, ane pengen banget nyobain mie aceh... kayanya mantap.... ilovekaskus
adellzz - 19/01/2011 09:22 AM
#122

hm,,,gan saia lom pernah makan mie aceh..jadi pengen rasain
adirenaldy - 19/01/2011 12:35 PM
#123

Quote:
Original Posted By jamiroquai9
apa sih specialnya mie aceh dibanding mie yg laen?


Pertama, dari jenis mie nya adalah mie buatan sendiri/pabrik rumahan, bukan mie telor instan yg harus d rebus dulu.
jadi walaupun agan2 mesen mie rebus sampe rumah mie nya tidak mekar.

Kedua, Berani dalam bumbu alami, perpaduan bumbu rempah aceh yg menghangatkan badan di tambah dengan cita rasa bumbu khas yang unik menjadikan taste dari mie aceh ini berbeda dari mie lainnya.
basically bumbu mie aceh terdiri dari, bawang merah, bawang putih, kemiri, kacang tanah, kayu manis, cengkeh, kapulaga, bbrp bubuk masakan india dan bbrp bumbu rahasia yg menjadikan mie aceh mereka menjadi special.

Ketiga, penggunaan daging yang menantang agan buat berani mencoba rasa khas dr mie aceh ini, berbeda dengan mie goreng kebanyakan yang hanya memakai telur, sosis, baso dan/atau ayam, mie aceh berani memakai potongan daging sapi/Udang/kepiting dalam jumlah besar. kadang ini yang membuat harga mie aceh sedikit lebih mahal dari mie-mie goreng kebanyakan.
di aceh sendiri kalau beli mie special kepiting/udang/daging jangan kaget kalau porsi dari kepiting/udang/daging bisa 70/30 dari mie nya sendiri.
bisa d umpamakan makan kepiting pakai mie dari pada makan mie pakai kepiting.

Keempat, ada condiment wajib dalam menyantap mie aceh, yaitu Kerupuk emping, Timun dan Acar Bawang. emping menetralisir rasa pedas, timun sebagai pendingin dan acar bawang memberikan sensasi unik dalam menyantap mie aceh.
ane org yg gak suka dengan bawang mentah, tp begitu makan mie aceh dengan bawang merah yg sudah di bikin acar jadi nagih....

jgn memesan Mie Aceh pakai Ayam atau Telur, karena memang tidak ada.
mie aceh ada 3 jenis, kering, basah(nyemek) dan rebus (kuah)
tergantung selera dari agan2. kadang masing2 warung punya specialty masing2 dalam type mie yang dia buat.
ada bbrp warung yang mie goreng kering enak bgt tp tidak terlalu enak di mie rebus.
ane pribadi kalo lagi iseng siyy suka yang kering, karena bumbu lebih nendang.
kalau pengen buat makan malam sukanya yang basah (nyemek) jadi bumbu tetap nendang tp ada kuah nya sedikit.
kalau lagi kena flu/pilek, nah pesen yang kuah, di jamin sembuh xixixixi

issue penggunaan daun/biji ganja sepertinya tidaklah benar, karena kalaupun iya, dia harus jual berapa duit itu mie. ganjanya aja udah mahal blom daging nya segala macam.

saran kalau makan mie aceh pesanlah jus timun, untuk menghilangkan kolestrol dari daging kepiting/udang yang ada pada mie aceh

Mie Aceh& Masakan Aceh

Mie Aceh& Masakan Aceh
Mie Kepiting Razali - Banda Aceh



Nah, jika Anda ingin mencoba memasak sendiri mie aceh di rumah, berikut resep lengkap mie Aceh:

Bahan:

* 400 gram mie basah/kuning
* 750 mililiter kaldu sapi
* 150 gram udang basah, bersihkan, buang kulitnya
* 150 gram daging kambing/sapi, potong dadu
* 1 ekor kepiting
* 1 buah tomat, potong dadu
* 4 siung bawang putih, iris tipis
* 3 siung bawang merah, iris tipis
* 60 gram tauge, siangi, buang buntutnya
* 100 gram kol, iris tipis
* 1 sendok teh cuka
* 2 sendok makan kecap manis
* 1 batang daun bawang, iris halus
* 1 sendok makan seledri, iris halus
* 2 sendok teh garam
* Merica secukupnya
* 3 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus:

* 5 buah bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 4 buah cabai merah, buang bijinya
* ½ sendok makan bubuk kunyit
* 4 butir kapulaga
* 1 sendok teh jinten, sangria
* 1 sendok teh lada butir

Pelengkap:

* Emping goreng
* Acar mentimun
* Irisan bawang merah

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah iris, bawang putih iris, dan bumbu halus hingga harum.
Masukkan daging, aduk dan masak hingga daging berubah warna. Lalu tambahkan
udang, kepiting, dan tomat, dan aduk rata.
2. Masukkan kaldu, seledri, daun bawang, garam, dan cuka. Masak hingga daging
matang dan air berkurang sambil sesekali diaduk.
3. Masukkan kol dan tauge, dan aduk rata. Kemudian tambahkan mie dan kecap manis.
Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan matang. Lalu angkat.
4. Sajikan panas-panas dengan acar mentimun dan emping goreng.

Ya, dan mie Aceh pun siap disantap. Jika Anda belum pernah mencicipinya, maka cobalah. Ia akan mampu menggedor imajinasi Anda pada makanan.
dari pada bikin sendiri kayaknya lebih simple beli aja. di jamin rasanya masih asli.
adlina - 21/01/2011 09:37 PM
#124

ane pernah makan di meutia dan seulawah.. emang enak bener ini iloveindonesia



sekarang ada juga yang baru di daerah pancoran menuju manggarai, ane lupa nama pastinya..
itu baru.. tapi kalo makanan, gak ada yang ngalahin seulawah
wondersweet - 27/01/2011 09:09 AM
#125

aduh gan, ngiler. enak banget tu kayaknya. meluncur ke tkp.
raka101 - 28/01/2011 05:11 PM
#126

ane tambahin ya gan :
di Bandung
di dagonya , namanya gampon aceh
brambrembrom - 06/02/2011 03:40 PM
#127

Quote:
Original Posted By jamilah87
ok sippppp gan... :thumbup


gmn gan udah coba blm?

@adirenaldy
thanks infonya \)
Rano_Porno - 28/02/2011 02:06 AM
#128

Quote:
Original Posted By adirenaldy
Pertama, dari jenis mie nya adalah mie buatan sendiri/pabrik rumahan, bukan mie telor instan yg harus d rebus dulu.
jadi walaupun agan2 mesen mie rebus sampe rumah mie nya tidak mekar.

Kedua, Berani dalam bumbu alami, perpaduan bumbu rempah aceh yg menghangatkan badan di tambah dengan cita rasa bumbu khas yang unik menjadikan taste dari mie aceh ini berbeda dari mie lainnya.
basically bumbu mie aceh terdiri dari, bawang merah, bawang putih, kemiri, kacang tanah, kayu manis, cengkeh, kapulaga, bbrp bubuk masakan india dan bbrp bumbu rahasia yg menjadikan mie aceh mereka menjadi special.

Ketiga, penggunaan daging yang menantang agan buat berani mencoba rasa khas dr mie aceh ini, berbeda dengan mie goreng kebanyakan yang hanya memakai telur, sosis, baso dan/atau ayam, mie aceh berani memakai potongan daging sapi/Udang/kepiting dalam jumlah besar. kadang ini yang membuat harga mie aceh sedikit lebih mahal dari mie-mie goreng kebanyakan.
di aceh sendiri kalau beli mie special kepiting/udang/daging jangan kaget kalau porsi dari kepiting/udang/daging bisa 70/30 dari mie nya sendiri.
bisa d umpamakan makan kepiting pakai mie dari pada makan mie pakai kepiting.

Keempat, ada condiment wajib dalam menyantap mie aceh, yaitu Kerupuk emping, Timun dan Acar Bawang. emping menetralisir rasa pedas, timun sebagai pendingin dan acar bawang memberikan sensasi unik dalam menyantap mie aceh.
ane org yg gak suka dengan bawang mentah, tp begitu makan mie aceh dengan bawang merah yg sudah di bikin acar jadi nagih....

jgn memesan Mie Aceh pakai Ayam atau Telur, karena memang tidak ada.
mie aceh ada 3 jenis, kering, basah(nyemek) dan rebus (kuah)
tergantung selera dari agan2. kadang masing2 warung punya specialty masing2 dalam type mie yang dia buat.
ada bbrp warung yang mie goreng kering enak bgt tp tidak terlalu enak di mie rebus.
ane pribadi kalo lagi iseng siyy suka yang kering, karena bumbu lebih nendang.
kalau pengen buat makan malam sukanya yang basah (nyemek) jadi bumbu tetap nendang tp ada kuah nya sedikit.
kalau lagi kena flu/pilek, nah pesen yang kuah, di jamin sembuh xixixixi

issue penggunaan daun/biji ganja sepertinya tidaklah benar, karena kalaupun iya, dia harus jual berapa duit itu mie. ganjanya aja udah mahal blom daging nya segala macam.

saran kalau makan mie aceh pesanlah jus timun, untuk menghilangkan kolestrol dari daging kepiting/udang yang ada pada mie aceh

Mie Aceh& Masakan Aceh

Mie Aceh& Masakan Aceh
Mie Kepiting Razali - Banda Aceh



Nah, jika Anda ingin mencoba memasak sendiri mie aceh di rumah, berikut resep lengkap mie Aceh:

Bahan:

* 400 gram mie basah/kuning
* 750 mililiter kaldu sapi
* 150 gram udang basah, bersihkan, buang kulitnya
* 150 gram daging kambing/sapi, potong dadu
* 1 ekor kepiting
* 1 buah tomat, potong dadu
* 4 siung bawang putih, iris tipis
* 3 siung bawang merah, iris tipis
* 60 gram tauge, siangi, buang buntutnya
* 100 gram kol, iris tipis
* 1 sendok teh cuka
* 2 sendok makan kecap manis
* 1 batang daun bawang, iris halus
* 1 sendok makan seledri, iris halus
* 2 sendok teh garam
* Merica secukupnya
* 3 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus:

* 5 buah bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 4 buah cabai merah, buang bijinya
* ½ sendok makan bubuk kunyit
* 4 butir kapulaga
* 1 sendok teh jinten, sangria
* 1 sendok teh lada butir

Pelengkap:

* Emping goreng
* Acar mentimun
* Irisan bawang merah

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah iris, bawang putih iris, dan bumbu halus hingga harum.
Masukkan daging, aduk dan masak hingga daging berubah warna. Lalu tambahkan
udang, kepiting, dan tomat, dan aduk rata.
2. Masukkan kaldu, seledri, daun bawang, garam, dan cuka. Masak hingga daging
matang dan air berkurang sambil sesekali diaduk.
3. Masukkan kol dan tauge, dan aduk rata. Kemudian tambahkan mie dan kecap manis.
Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan matang. Lalu angkat.
4. Sajikan panas-panas dengan acar mentimun dan emping goreng.

Ya, dan mie Aceh pun siap disantap. Jika Anda belum pernah mencicipinya, maka cobalah. Ia akan mampu menggedor imajinasi Anda pada makanan.
dari pada bikin sendiri kayaknya lebih simple beli aja. di jamin rasanya masih asli.


wah thanks gan infonya lengkap sekali :thumbup

boleh dicopas ke halaman depan ya o
.reyn4. - 28/02/2011 04:52 AM
#129

ada nih baru , mie aceh di bogor \)
depan kampus IPB dramaga percis shakehand
indiralaksmi - 20/06/2011 08:44 AM
#130

Quote:
Original Posted By kiara11
ada di daerah Srengseng, kebun jeruk, coba ke tekape aja gan...\)


srengseng sebelah mananya gan?
kakek gue rumahnya disana. kok gue ngga pernah nemu resto aceh sama sekali ya? confused:
zeele - 20/06/2011 10:50 AM
#131

Quote:
Original Posted By adirenaldy

jgn memesan Mie Aceh pakai Ayam atau Telur, karena memang tidak ada.


Gan,,beberapa mie aceh udah ada yang menawarkan menu tambah telur, dan telurnya ini bisa dadar/ceplok pisah, tapi bisa juga dicampur.

..misalnya yang gw tau di Jali-Jali cabang depan RS. Pasar Rebo (ini yang jual orang aceh juga)

Gak orisinil?..dari satu sisi emang bener, tapi di sisi lain gw lebih memandang kalo itu bentuk adaptasi kultur aceh ke kultur lokal aja (soalnya, kalo di jakarta kan kebanyakan mie goreng kaki lima pasti pake telor)..jadi bisa lebih dinikmati semua golongan, dan yang pasti, sebagai bentuk variasi aja supaya lebih digemari oleh masyarakat non-aceh
nci.wanti - 20/06/2011 08:52 PM
#132

mie aceh depan mall pondok gede samping ria busana enak bgt gan harga murah gan cuman 10 rb,bisa request gak pedes lg mangstapp dech :thumbup
ideka - 02/07/2011 02:24 AM
#133

Quote:
Original Posted By indiralaksmi
srengseng sebelah mananya gan?
kakek gue rumahnya disana. kok gue ngga pernah nemu resto aceh sama sekali ya? confused:


Bantu jawab, kayanya yang di maksud agan Mie Aceh Sabang deket Pom Bensi Srengseng nih Gan sebelum Carefour ekspress..
Enak ini, cabangnya ada yang di belakang pasar slipi (depan alfamart).

Di Daerah slipi ada 3 tempat Makan Mie Aceh yang tempatnya deket2an gan:
1. Mie Aceh Sabang (depan alfamart pasar slipi).
2. Mie Aceh (ane lupa namanya), deket banget sama yang pertama. cuma dipisahin sama lapangan futsal.
3. Mie Aceh Ibu Daud, tempatnya di rumah letaknya di deket Komplek Hankam Slipi. >---- martabak sama timpan nya jagoan. Ini juga gak jauh dari tempat yang pertama dan kedua, masih satu jalur.

Silahkan di coba
utsukushiku - 08/07/2011 09:56 AM
#134

kalo ane ama cow ane suka makan mie aceh pinggir jalan yg ada di deket stasiun depok baru... namanya "NYOHOKA" ajib gan.. genit: porsinya kayak dikit tapi pas uda makan kenyang banget..
princess.nyot2 - 08/07/2011 05:57 PM
#135

Gan, kl yg di seputaran Slipi itu bisa request ga pedes nggak? *malu nih, ga doyan pedes*Mie Aceh& Masakan Aceh
e130nk - 18/10/2012 05:10 PM
#136

Quote:
Original Posted By 7oomz
di Tangerang ane biasa makan Mie Aceh di daerah Perum II Karawaci,
ada yang tau ga di daerah Tangerang selain di Perum ?
bagi2 dong infonya.

thx 4for


Gan skrng di perum ada di alamat mna mie aceh...??
ane lgi cari nih.... bingung:bingung
MacGeniusz - 18/10/2012 10:25 PM
#137

jdi ngiler gan ngliatnya, pengn bngt nyobain ky g5na rsanya mie aceh...
tp syng di tmpt tnggal ane g da yng jualan mie aceh............

:mewek
cassa.closet - 20/10/2012 09:55 AM
#138

Yg di bumi bekasi baru tepatnhya dimana gan?
Page 7 of 7 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7
Home > LOEKELOE > Cooking mencooking + restaurant guide > Mie Aceh& Masakan Aceh