TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 13 of 39 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›

curavee - 22/07/2011 12:49 PM
#241

Quote:
Original Posted By nggotra
berarti seluruh pasokan makanan di suplai dr air siraman om?
truz sebaiknya kita kasih nutrisi siraman beupa apa?
air biasa,em4,mol atau ap??


nutrisi yg digunakan khusus utk hidroponik, bisa dibeli atau meramu sendiri. klo dg nutrisi organik hasil masih kurang, krna nutrisi organik lebih optimal bermain di tanah. (peran mikro organisme)
nggotra - 22/07/2011 05:01 PM
#242

Quote:
Original Posted By curavee
nutrisi yg digunakan khusus utk hidroponik, bisa dibeli atau meramu sendiri. klo dg nutrisi organik hasil masih kurang, krna nutrisi organik lebih optimal bermain di tanah. (peran mikro organisme)


nek bli jadi namanya apa ya?
klu meramu ndiri gmn ya?
JungleBoy77 - 22/07/2011 05:22 PM
#243

Quote:
Original Posted By nggotra
nek bli jadi namanya apa ya?
klu meramu ndiri gmn ya?


mending beli, ga ribet. nutrisi ab mix, ada yg jual di fjb
Kakuto86 - 24/07/2011 12:19 AM
#244

Quote:


Itu sih kembar, kalo mata saya ga rabun..Yb
toko.enamsatu - 24/07/2011 12:57 AM
#245

Quote:
Original Posted By Kakuto86
Itu sih kembar, kalo mata saya ga rabun..Yb


masih dibahas...capedescapedescapedescapedescapedes
curavee - 24/07/2011 01:52 AM
#246

Quote:
Original Posted By toko.enamsatu
masih dibahas...capedescapedescapedescapedescapedes


yah itung2 biar tret naik lagi.. :2thumbup

Sekalian mo laporan perkembangan hidroponik dengan nutrisi organik, klo ngliat kondisi pakcoy yg sy hidroponikkan dengan diberi larutan nutrisi organik, kelihatannya bisa sampe panen. \)b

perlakuan hidroponik dengan nutrisi organik bisa menjadi salah satu artenatif untuk memperoleh sayuran sehat dan mudah, walaupun secara umum pertumbuhan tanaman masih kalah jika dibanding dengan diberi larutan khusus hidroponik.

dari beberapa uji coba yang saya lakukan, pemberian nutrisi organik untuk hidroponik sepertinya hanya bisa dilakukan untuk jenis tanaman umur pendek yang tidak rakus unsur hara makro/mikro, seperti : kangkung, sawi, pakcoy dll. untuk jenis yang lain, semisal cabe/tomat, nutrisi organik yang diberikan tidak mampu mencukupi kebutuhan unsur hara makro/mikro, terbukti cabe yg saya hidroponikkan paling lama bertahan 3 minggu.

teknik hidroponik dg nutrisi organik juga merupakan metode yang cukup ampuh untuk melihat sejauh mana kualitas dari pupuk cair organik, karena hidroponik asupan unsur hara makro /mikro murni dipasok dari larutan nutrisi. setidaknya untuk dapat menjadi arternatif nutrisi organik harus memiliki kandungan unsur hara makro /mikro dengan lengkap. dalam kasus ini peran mikro organisme tidak /kurang berperan, karena tidak menggunakan media tanah.
toko.enamsatu - 24/07/2011 02:28 AM
#247

Quote:
Original Posted By curavee
yah itung2 biar tret naik lagi.. :2thumbup

Sekalian mo laporan perkembangan hidroponik dengan nutrisi organik, klo ngliat kondisi pakcoy yg sy hidroponikkan dengan diberi larutan nutrisi organik, kelihatannya bisa sampe panen. \)b

perlakuan hidroponik dengan nutrisi organik bisa menjadi salah satu artenatif untuk memperoleh sayuran sehat dan mudah, walaupun secara umum pertumbuhan tanaman masih kalah jika dibanding dengan diberi larutan khusus hidroponik.

dari beberapa uji coba yang saya lakukan, pemberian nutrisi organik untuk hidroponik sepertinya hanya bisa dilakukan untuk jenis tanaman umur pendek yang tidak rakus unsur hara makro/mikro, seperti : kangkung, sawi, pakcoy dll. untuk jenis yang lain, semisal cabe/tomat, nutrisi organik yang diberikan tidak mampu mencukupi kebutuhan unsur hara makro/mikro, terbukti cabe yg saya hidroponikkan paling lama bertahan 3 minggu.

teknik hidroponik dg nutrisi organik juga merupakan metode yang cukup ampuh untuk melihat sejauh mana kualitas dari pupuk cair organik, karena hidroponik asupan unsur hara makro /mikro murni dipasok dari larutan nutrisi. setidaknya untuk dapat menjadi arternatif nutrisi organik harus memiliki kandungan unsur hara makro /mikro dengan lengkap. dalam kasus ini peran mikro organisme tidak /kurang berperan, karena tidak menggunakan media tanah.


nice gan...cendolscendolscendolscendolscendols
red orange - 24/07/2011 10:52 AM
#248


bener - bener mantab inpo nya om..

berhubung ane blm iso ane bantu RATE aja yah om... D


ALL about hidroponik
mamang.koprol - 24/07/2011 06:55 PM
#249

ALL about hidroponik

Gary Donaldson - The Urban Aquaponics Manual 2nd Edition 2008 | PDF | 124 MB
The Urban Aquaponics Manual - 2nd Edition
The most comprehensive manual on Aquaponics currently available - the product of the authors 30 year association with micro-farming. A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience from the tank to table. The advice in the manual will save you its cost many times over by helping you to avoid the pitfalls that have beset most Aquaponicists.

A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience - 90 A4 pages - 88 colour photos and 17 illustrations.

Chapter Headings

* In Search of Aquaponics.
* Urban Aquaponics - Why? Other benefits, How it Works
* Our First Urban Aquaponics System.
* Designing the Ideal Urban Aquaponics System.
* Selecting System Components. Tanks, Pumps, Filters. Valves & Connectors, Other Fixtures & Fittings.
* Choosing Your Fish Jade Perch, Silver Perch, Barramundi, Murray Cod, Catfish Other Freshwater Species of Interest, Freshwater Crayfish.
* Selecting Your Growing Systems Simple Aquaponics Growing Systems, Growing Media, Trays & Tubs, Satellite Pots, Flood & Drain Gravel Grow Beds, Coco Peat Grow Beds, System Layout.
* Growing Plants Productivity, Plant Types, Seed or Seedlings, Plant Spacing, Pest Control, Plant Deficiencies, Water Gardens.
* Managing Water Quality and Temperature Hardness pH, Ammonia Nitrites Nitrates, Dissolved Oxygen, Carbon Dioxide, Temperature.
* Starting up Your Aquaponics System Live Fish Cycling, Nitrogen DosingThe Start Up, Introducing Your Fish, Suppressing Territorial Behaviour.
* Operating your Aquaponics System.
* Bullet-proofing your Aquaponics System An Aquaponics Nightmare, Analysing the Risks, A Few Solutions.
* Feeding Your Fish. Weaning Freshwater Fish, Storing Fish Food.
* Growing Your Own Fish Food. Black Soldier Fly Larvae, Duckweed. Other Home-grown Food Options.
* Building the Ideal Urban Aquaponics System
* Enhancing the Urban Aquaponics System.
* Variations on the Aquaponics Theme.
* Where to Next?
* Bibliography

FILESERVE part 1, part 2

FILESONIC part1 , part 2
curavee - 24/07/2011 08:06 PM
#250

Quote:
Original Posted By mamang.koprol
ALL about hidroponik

Gary Donaldson - The Urban Aquaponics Manual 2nd Edition 2008 | PDF | 124 MB
The Urban Aquaponics Manual - 2nd Edition
The most comprehensive manual on Aquaponics currently available - the product of the authors 30 year association with micro-farming. A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience from the tank to table. The advice in the manual will save you its cost many times over by helping you to avoid the pitfalls that have beset most Aquaponicists.

A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience - 90 A4 pages - 88 colour photos and 17 illustrations.

Chapter Headings

* In Search of Aquaponics.
* Urban Aquaponics - Why? Other benefits, How it Works
* Our First Urban Aquaponics System.
* Designing the Ideal Urban Aquaponics System.
* Selecting System Components. Tanks, Pumps, Filters. Valves & Connectors, Other Fixtures & Fittings.
* Choosing Your Fish Jade Perch, Silver Perch, Barramundi, Murray Cod, Catfish Other Freshwater Species of Interest, Freshwater Crayfish.
* Selecting Your Growing Systems Simple Aquaponics Growing Systems, Growing Media, Trays & Tubs, Satellite Pots, Flood & Drain Gravel Grow Beds, Coco Peat Grow Beds, System Layout.
* Growing Plants Productivity, Plant Types, Seed or Seedlings, Plant Spacing, Pest Control, Plant Deficiencies, Water Gardens.
* Managing Water Quality and Temperature Hardness pH, Ammonia Nitrites Nitrates, Dissolved Oxygen, Carbon Dioxide, Temperature.
* Starting up Your Aquaponics System Live Fish Cycling, Nitrogen DosingThe Start Up, Introducing Your Fish, Suppressing Territorial Behaviour.
* Operating your Aquaponics System.
* Bullet-proofing your Aquaponics System An Aquaponics Nightmare, Analysing the Risks, A Few Solutions.
* Feeding Your Fish. Weaning Freshwater Fish, Storing Fish Food.
* Growing Your Own Fish Food. Black Soldier Fly Larvae, Duckweed. Other Home-grown Food Options.
* Building the Ideal Urban Aquaponics System
* Enhancing the Urban Aquaponics System.
* Variations on the Aquaponics Theme.
* Where to Next?
* Bibliography

FILESERVE part 1, part 2

FILESONIC part1 , part 2


om dari beberapa artikel yang saya baca tentang aquaponics, untuk pertumbuhan tanaman juga tidak sepesat tanaman yang ditanam di tanah/ diberi larutan hidroponik, so masih dibantu dengan diberi pupuk semprot..btw bisa benar bisa salah.. apa ada agan2 disini yang sudah mencoba aquaponics, coba dishare pengalamannya.. \)b
toko.enamsatu - 24/07/2011 11:25 PM
#251

kalau dapet tanaman, sudah 80persen daunnya mengering, tinggal 15 daun yang masih hijau,
mendingan diapain dulu nih? kondisi lama gak disiram....

1. dirawat dulu sampai sehat ( media nya agak kering, mungkin agak lama nyehatinnya)

2. langsung di repotting ke media baru yang gembur dan subur, dengan risiko tanaman makin stress dan mati?

3. adakah solusi lainnya?

tanamannya pohon kemuning...
toko.enamsatu - 24/07/2011 11:28 PM
#252

Quote:
Original Posted By mamang.koprol
ALL about hidroponik

Gary Donaldson - The Urban Aquaponics Manual 2nd Edition 2008 | PDF | 124 MB
The Urban Aquaponics Manual - 2nd Edition
The most comprehensive manual on Aquaponics currently available - the product of the authors 30 year association with micro-farming. A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience from the tank to table. The advice in the manual will save you its cost many times over by helping you to avoid the pitfalls that have beset most Aquaponicists.

A complete how-to guide that leads you through the whole Aquaponics experience - 90 A4 pages - 88 colour photos and 17 illustrations.

Chapter Headings

* In Search of Aquaponics.
* Urban Aquaponics - Why? Other benefits, How it Works
* Our First Urban Aquaponics System.
* Designing the Ideal Urban Aquaponics System.
* Selecting System Components. Tanks, Pumps, Filters. Valves & Connectors, Other Fixtures & Fittings.
* Choosing Your Fish Jade Perch, Silver Perch, Barramundi, Murray Cod, Catfish Other Freshwater Species of Interest, Freshwater Crayfish.
* Selecting Your Growing Systems Simple Aquaponics Growing Systems, Growing Media, Trays & Tubs, Satellite Pots, Flood & Drain Gravel Grow Beds, Coco Peat Grow Beds, System Layout.
* Growing Plants Productivity, Plant Types, Seed or Seedlings, Plant Spacing, Pest Control, Plant Deficiencies, Water Gardens.
* Managing Water Quality and Temperature Hardness pH, Ammonia Nitrites Nitrates, Dissolved Oxygen, Carbon Dioxide, Temperature.
* Starting up Your Aquaponics System Live Fish Cycling, Nitrogen DosingThe Start Up, Introducing Your Fish, Suppressing Territorial Behaviour.
* Operating your Aquaponics System.
* Bullet-proofing your Aquaponics System An Aquaponics Nightmare, Analysing the Risks, A Few Solutions.
* Feeding Your Fish. Weaning Freshwater Fish, Storing Fish Food.
* Growing Your Own Fish Food. Black Soldier Fly Larvae, Duckweed. Other Home-grown Food Options.
* Building the Ideal Urban Aquaponics System
* Enhancing the Urban Aquaponics System.
* Variations on the Aquaponics Theme.
* Where to Next?
* Bibliography

FILESERVE part 1, part 2

FILESONIC part1 , part 2



wah..sizenya gede banget om...
akucintabata - 25/07/2011 12:18 AM
#253

Quote:
Original Posted By toko.enamsatu
kalau dapet tanaman, sudah 80persen daunnya mengering, tinggal 15 daun yang masih hijau,
mendingan diapain dulu nih? kondisi lama gak disiram....

1. dirawat dulu sampai sehat ( media nya agak kering, mungkin agak lama nyehatinnya)

2. langsung di repotting ke media baru yang gembur dan subur, dengan risiko tanaman makin stress dan mati?

3. adakah solusi lainnya?

tanamannya pohon kemuning...

ane krang paham om, baru belajar,, mdh2n ada yg bantuin

Quote:
Original Posted By toko.enamsatu
wah..sizenya gede banget om...

iy om gede klo dimirorkan ke mediaapi atau idws enak jg D
mdh2n ada sukarelawan
Kakuto86 - 26/07/2011 01:06 AM
#254

Quote:
Original Posted By curavee
yah itung2 biar tret naik lagi.. :2thumbup

Sekalian mo laporan perkembangan hidroponik dengan nutrisi organik, klo ngliat kondisi pakcoy yg sy hidroponikkan dengan diberi larutan nutrisi organik, kelihatannya bisa sampe panen. \)b

perlakuan hidroponik dengan nutrisi organik bisa menjadi salah satu artenatif untuk memperoleh sayuran sehat dan mudah, walaupun secara umum pertumbuhan tanaman masih kalah jika dibanding dengan diberi larutan khusus hidroponik.

dari beberapa uji coba yang saya lakukan, pemberian nutrisi organik untuk hidroponik sepertinya hanya bisa dilakukan untuk jenis tanaman umur pendek yang tidak rakus unsur hara makro/mikro, seperti : kangkung, sawi, pakcoy dll. untuk jenis yang lain, semisal cabe/tomat, nutrisi organik yang diberikan tidak mampu mencukupi kebutuhan unsur hara makro/mikro, terbukti cabe yg saya hidroponikkan paling lama bertahan 3 minggu.

teknik hidroponik dg nutrisi organik juga merupakan metode yang cukup ampuh untuk melihat sejauh mana kualitas dari pupuk cair organik, karena hidroponik asupan unsur hara makro /mikro murni dipasok dari larutan nutrisi. setidaknya untuk dapat menjadi arternatif nutrisi organik harus memiliki kandungan unsur hara makro /mikro dengan lengkap. dalam kasus ini peran mikro organisme tidak /kurang berperan, karena tidak menggunakan media tanah.


D rate dl aj d...

Quote:
Original Posted By toko.enamsatu
masih dibahas...capedescapedescapedescapedescapedes


Sory gan, namay jg newbie..
Kakuto86 - 01/08/2011 04:47 PM
#255

Sepiiii amat...............
sup2:
bmxxxx - 01/08/2011 06:31 PM
#256

naiz inpohhhh gann
faible - 02/08/2011 03:35 AM
#257

Quote:
Original Posted By curavee
yah itung2 biar tret naik lagi.. :2thumbup

Sekalian mo laporan perkembangan hidroponik dengan nutrisi organik, klo ngliat kondisi pakcoy yg sy hidroponikkan dengan diberi larutan nutrisi organik, kelihatannya bisa sampe panen. \)b

perlakuan hidroponik dengan nutrisi organik bisa menjadi salah satu artenatif untuk memperoleh sayuran sehat dan mudah, walaupun secara umum pertumbuhan tanaman masih kalah jika dibanding dengan diberi larutan khusus hidroponik.

dari beberapa uji coba yang saya lakukan, pemberian nutrisi organik untuk hidroponik sepertinya hanya bisa dilakukan untuk jenis tanaman umur pendek yang tidak rakus unsur hara makro/mikro, seperti : kangkung, sawi, pakcoy dll. untuk jenis yang lain, semisal cabe/tomat, nutrisi organik yang diberikan tidak mampu mencukupi kebutuhan unsur hara makro/mikro, terbukti cabe yg saya hidroponikkan paling lama bertahan 3 minggu.

teknik hidroponik dg nutrisi organik juga merupakan metode yang cukup ampuh untuk melihat sejauh mana kualitas dari pupuk cair organik, karena hidroponik asupan unsur hara makro /mikro murni dipasok dari larutan nutrisi. setidaknya untuk dapat menjadi arternatif nutrisi organik harus memiliki kandungan unsur hara makro /mikro dengan lengkap. dalam kasus ini peran mikro organisme tidak /kurang berperan, karena tidak menggunakan media tanah.

bagi ramuan organiknya dong om..
dihasilkan dr mana aja tuh kandungan unsur yang sama kayak nutrisi A-B?
kaxtus - 02/08/2011 06:50 AM
#258

Quote:
Original Posted By toko.enamsatu
kalau dapet tanaman, sudah 80persen daunnya mengering, tinggal 15 daun yang masih hijau,
mendingan diapain dulu nih? kondisi lama gak disiram....

1. dirawat dulu sampai sehat ( media nya agak kering, mungkin agak lama nyehatinnya)

2. langsung di repotting ke media baru yang gembur dan subur, dengan risiko tanaman makin stress dan mati?

3. adakah solusi lainnya?

tanamannya pohon kemuning...


kalau ane punya tanaman kayak gitu, ya ane siram2 dulu..(asumsinya tanahnya kering gak pernah disiram lho)D
kalau si dia bisa seger lagi, ya selamat deh..D
CMIIW
curavee - 02/08/2011 09:29 PM
#259

Quote:
Original Posted By faible
bagi ramuan organiknya dong om..
dihasilkan dr mana aja tuh kandungan unsur yang sama kayak nutrisi A-B?


ramuan organik yg digunakan cuma MOL, seperti yang dibahas di trit sebelah :
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=483871862#post483871862

cuma utk hasilnya masih belum bisa maksimal seperti jika menggunakan nutrisi khusus untuk hidroponik.
saMPahkoTa - 05/08/2011 04:26 PM
#260

misi gan.....
ane nubi neh, mw tnya2 ttg metode hidroponik

metode hidroponik apa ya yg plng gampang diaplikasikan bwt nubi kyk sy?

klo bibit tanaman yg udah tmbuh di tanah bsa nggak y di pindah tanam pake metode hidroponik?
Page 13 of 39 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik