TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 14 of 39 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›

kembang.bersama - 05/08/2011 06:47 PM
#261

Quote:
Original Posted By saMPahkoTa
misi gan.....
ane nubi neh, mw tnya2 ttg metode hidroponik

metode hidroponik apa ya yg plng gampang diaplikasikan bwt nubi kyk sy?

klo bibit tanaman yg udah tmbuh di tanah bsa nggak y di pindah tanam pake metode hidroponik?


pake metode rakit apung om,,,,
kaxtus - 05/08/2011 07:23 PM
#262

Quote:
Original Posted By saMPahkoTa
misi gan.....
ane nubi neh, mw tnya2 ttg metode hidroponik

metode hidroponik apa ya yg plng gampang diaplikasikan bwt nubi kyk sy?

klo bibit tanaman yg udah tmbuh di tanah bsa nggak y di pindah tanam pake metode hidroponik?


ane coba jawab ya..malus
metode hidroponiknya silahkan di bekpej aja.
atau kalau punya kolam ikan di halaman terbuka, bisa coba aquaponik.

kalau tanaman yang udah di tanah, bisa dipindah ke media hidroponik.
tapi hanya saja hati2 waktu memindahnya. jangan sampai akarnya putus. apalagi kalo tanamannya dah gede.

CMIIW..:addfriends
faible - 05/08/2011 07:29 PM
#263

Quote:
Original Posted By saMPahkoTa
misi gan.....
ane nubi neh, mw tnya2 ttg metode hidroponik

metode hidroponik apa ya yg plng gampang diaplikasikan bwt nubi kyk sy?

klo bibit tanaman yg udah tmbuh di tanah bsa nggak y di pindah tanam pake metode hidroponik?


sebaiknya langsung pake sistem hidro sedari pembibitan karena menyangkut adaptasi tanamannya. kalo dr tanah ke hidro akan susah waktu adaptasinya.
curavee - 05/08/2011 07:45 PM
#264

Quote:
Original Posted By saMPahkoTa
misi gan.....
ane nubi neh, mw tnya2 ttg metode hidroponik

metode hidroponik apa ya yg plng gampang diaplikasikan bwt nubi kyk sy?

klo bibit tanaman yg udah tmbuh di tanah bsa nggak y di pindah tanam pake metode hidroponik?


sepertinya metode rakit apung dan sistem sumbu cukup mudah kok.
saMPahkoTa - 06/08/2011 01:59 PM
#265

Quote:
Original Posted By curavee
sepertinya metode rakit apung dan sistem sumbu cukup mudah kok.


Quote:
Original Posted By kembang.bersama
pake metode rakit apung om,,,,


o gtu y gan, ane jg lg browsing2 metode ntu...
o y gan, klo pake metode ntu pnggantian nutrisi gmn y gan? tiap hri, tiap mggu/tiap bln y gan?

makasih y gan atas inphox :2thumbup:2thumbup

Quote:
Original Posted By kaxtus
ane coba jawab ya..malus
metode hidroponiknya silahkan di bekpej aja.
atau kalau punya kolam ikan di halaman terbuka, bisa coba aquaponik.

kalau tanaman yang udah di tanah, bisa dipindah ke media hidroponik.
tapi hanya saja hati2 waktu memindahnya. jangan sampai akarnya putus. apalagi kalo tanamannya dah gede.

CMIIW..:addfriends


ane blm coba nerapin metode hidroponik gan, tp ane udah banyak nanam pake media tanah, ane pngn pake metode hidro coz lahan ane sempit

klo aquaponik pake nutrisi hidro jg g gan?


Quote:
Original Posted By faible
sebaiknya langsung pake sistem hidro sedari pembibitan karena menyangkut adaptasi tanamannya. kalo dr tanah ke hidro akan susah waktu adaptasinya.


ok gan, thank inphox :2thumbup
curavee - 06/08/2011 09:56 PM
#266

Quote:
Original Posted By saMPahkoTa
o gtu y gan, ane jg lg browsing2 metode ntu...
o y gan, klo pake metode ntu pnggantian nutrisi gmn y gan? tiap hri, tiap mggu/tiap bln y gan?

makasih y gan atas inphox :2thumbup:2thumbup



ane blm coba nerapin metode hidroponik gan, tp ane udah banyak nanam pake media tanah, ane pngn pake metode hidro coz lahan ane sempit

klo aquaponik pake nutrisi hidro jg g gan?




ok gan, thank inphox :2thumbup


aquaponik nutrisi yg digunakan memanfaatkan kotoran ikan om..
kembang.bersama - 07/08/2011 12:40 AM
#267

Quote:
Original Posted By curavee
aquaponik nutrisi yg digunakan memanfaatkan kotoran ikan om..


pake difermentasikan juga kah om?
curavee - 07/08/2011 05:18 AM
#268

Quote:
Original Posted By kembang.bersama
pake difermentasikan juga kah om?


tidak difermentasikan om, tapi tanki/kolam nutrisi diisi ikan dalam jumlah tertentu.
intinya aquaponik selain panen hasil tanaman juga panen ikan om.

skema kurang lebih seperti ini :

ALL about hidroponik
forumdisplay111 - 07/08/2011 10:06 AM
#269

ijin baca bosALL about hidroponik
tejosu2000 - 18/08/2011 06:46 PM
#270

dopost.....

strawberry dataran rendah wick sistem pake gelas plastik bekas, bekas hidro dan sumbunya tisu basah bekas, media pasir merapi...

ALL about hidroponik

mo pamer di grop hidroponiku dah ga bisa akses.. hammer
SandyWinchester - 24/08/2011 04:04 AM
#271

Quote:
Original Posted By tejosu2000
dopost.....

strawberry dataran rendah wick sistem pake gelas plastik bekas, bekas hidro dan sumbunya tisu basah bekas, media pasir merapi...

ALL about hidroponik

mo pamer di grop hidroponiku dah ga bisa akses.. hammer


beli dmn gan bibit/benih strawberryx??
mamang.koprol - 24/08/2011 07:09 AM
#272

Quote:
Original Posted By tejosu2000
dopost.....

strawberry dataran rendah wick sistem pake gelas plastik bekas, bekas hidro dan sumbunya tisu basah bekas, media pasir merapi...

ALL about hidroponik

mo pamer di grop hidroponiku dah ga bisa akses.. hammer


id-nya apa ? mungkin bisa ane bantu add ke group
tejosu2000 - 24/08/2011 12:51 PM
#273

Quote:
Original Posted By SandyWinchester
beli dmn gan bibit/benih strawberryx??


bijinya dari ampas jus stroberrry... D

skalian ralat, itu bukan strawberry dataran rendah, tp jenis kaliforniann yg ditanam di dataran rendah....

Quote:
Original Posted By mamang.koprol
id-nya apa ? mungkin bisa ane bantu add ke group


skrng udah bisa ngakses kok om.. tp pake id istri, malah dah pesen kit fertigasi ke om herunya.. D

trims...
Arteroz - 24/08/2011 08:42 PM
#274

om2 semua mohon bimbingannya y saya ada praktikum hydroponik di kampus D
mohon bimbingannya o
whend82 - 25/08/2011 10:48 AM
#275

@om curavee
benang siet apaan si?
curavee - 25/08/2011 01:24 PM
#276

Quote:
Original Posted By whend82
@om curavee
benang siet apaan si?


benang wol
whend82 - 25/08/2011 01:32 PM
#277

Quote:
Original Posted By curavee
benang wol


ooo benang wol
ada temen pengen nyoba hidroponik

tapi pupuknya mahal bener euy.... capedes
Arteroz - 25/08/2011 02:50 PM
#278

om2 maap pertanyaan newbie nih..
1. nutrisi buat hidroponik itu yang bagai mana y om..?
2. antara menanam di metan umum dibanding hydroponik bagusan yang mana om..?
3. biaya untuk membuat alat hydroponik yang murah berapa y om..? (yg bukan model botol dibelah terus bagian atas dibalik om)
o
JungleBoy77 - 25/08/2011 03:04 PM
#279

Quote:
Original Posted By Arteroz
om2 maap pertanyaan newbie nih..
1. nutrisi buat hidroponik itu yang bagai mana y om..?
2. antara menanam di metan umum dibanding hydroponik bagusan yang mana om..?
3. biaya untuk membuat alat hydroponik yang murah berapa y om..? (yg bukan model botol dibelah terus bagian atas dibalik om)
o


1. Pupuk hydroponik adalah pupuk yang larut air dan mengandung unsur hara lengkap makro dan mikro yang siap digunakan oleh tanaman. biasanya terdiri dari 2 botol larutan A dam Larutan B.

2. Bagus ga nya relatif Om, tapi Dengan Hydroponic kita bisa memberikan nutrisi yang maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan makanan, bebas penyakit dan hama yang menyebar lewat tanah.

3. Metode simple yang murah dan bukan pake botol adalah rakit apung, modal kotak styrofoam buah bekas (sekitar 5rb), plastik lembaran (tentunya juga murah ) dan styrofom lembaran (5rb ) dan gelas plastik (kalo mulung - gratis :Peace\) buat media sayurannya. kalo bisa ditambah pompa air (30-40rb). media biasa pake rockwool atau sekam bakar
whend82 - 25/08/2011 03:05 PM
#280

Quote:
Original Posted By Arteroz
om2 maap pertanyaan newbie nih..
1. nutrisi buat hidroponik itu yang bagai mana y om..?
2. antara menanam di metan umum dibanding hydroponik bagusan yang mana om..?
3. biaya untuk membuat alat hydroponik yang murah berapa y om..? (yg bukan model botol dibelah terus bagian atas dibalik om)
o


walau belum nyobain, tapi ikut diskusi ah. Ntar dibenerin lagi ama master-master o o

berdasarkan yang saya baca-baca,, termasuk di tret ini...
1. Pake pupuk hidroponik jadi yang terdiri dari pupuk A-B Mix. Jadi ada 2 jenis pupuk cair yang nanti diencerkan dulu sebelum diaplikasikan ke tanaman. Tiap tanaman biasanya punya kebutuhan berbeda untuk porsi campuran A:B, bisa 1:1 bisa lainnya. Pupuk di FJB juga ada, harganya sekitar 65rb/set
1 lagi pake pupuk cair organik versi om curavee, tapi katanya sejauh ini baru efektif untuk sayuran yang cepet panen.

2. Bila nutrisi yang dikasi pas serta pemberian nutrisi kontinu, secara umum lebih bagus hidroponik. Apalagi dicombo sama green house, pertama untuk pencegah hama dan kedua agar air hujan tidak merusak konsentrasi pupuk.

3. Yang murah-murah yah? D
Kalo buat sayuran bisa dibuat dari Paralon 4" yang dilubangi. Trus di lubangnya diselipkan gelas air minum plastik bekas yang dilubangi dan diisi media tanam.
Bisa juga pake talang air yang kotak. trus bikin "rakit" pake stereofoam yang digunting sesuai besar talang.
Kalo mau gede ya pake container plastik.
Media tanam dapat menggunakan sekam bakar
Pompa pake pompa sirkulasi aja yang beberapa puluh ribuan.
Kalo perlu timer, di bekpej dah ada diskusinya.

ini baru pendapat nubie, ntar tunggu lagi master-masternya Yb
Page 14 of 39 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik