TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 23 of 39 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›

DJogjaKelana - 14/12/2011 08:39 PM
#441

Quote:
Original Posted By musikuhitam
aquaponik benar2 alakadarnya malus

ALL about hidroponik
ALL about hidroponik
ALL about hidroponik


Wow menurut saya ini sangat bagus gan. Mohon di share bagaimana cara mebuatnya, bahan2nya dll

:thumbup
DJogjaKelana - 14/12/2011 08:44 PM
#442

Quote:
Original Posted By tejosu2000
nanya para master hidro.. kalo nyampur unsur Ca(NO3)2, KNO3, KH2PO4, MgSO4, K2SO4 dan NH4PO4 yg harus dipisah yg mana saja... dipisah jd stok A dan B gitu biar tidak menggumpal gitu... katanya Ca harus dipisah dng PO4 dan SO4...


Itu agan sudah tau jawabannya Yb
Soalnya dalam keadaan pekat akan terjadi reaksi CaSO4 & Ca3(PO4)2 yang membentuk gips/endapan sehingga Ca, PO4, dan SO4 tidak bisa diserap tanaman. Kalu dalam keadaan setimbang (ppm) langsung aja gan semua dicemplungin jadi 1 ga masalah dalam air. Met nyoba gan
DJogjaKelana - 16/12/2011 05:27 PM
#443

Hidroponik adalah suatu cara budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah atau media apapun yang mengandung unsur hara (tanah mengandung unsur hara) dan kebutuhan unsur hara tanaman diberikan dalam bentuk larutan nutrisi. Jadi hidroponik adalah sebuah metode/cara, yang membedakan hanya medianya yaitu non tanah.

Jadi menanam appun asalkan media yang dipakai tidak mengandung unsur hara itu sudah bisa dinamakan hidroponik.
Misal menanam tanaman hias yang kebanyakan medianya berupa arang sekam, pasir, cocopeat, akar pakis dll. Apalagi yang memang menanam sayuran/buah yang medianya dikhususkan tanpa tanah.

Jadi hidroponik tidak harus menggunakan berbagai alat yang ribet, susah dan mahal.

Silahkan dikoreksi sesepuh hidroponik Yb
madkur - 22/12/2011 08:14 PM
#444

aquaponik ku,nanam sawi hijau,strobery,sawi putih,kembang kol,tomat
ikan koi 7 ekor komet 1 ekor,media growbed pakai kerikil

Spoiler for baru nanam 26-11-2011
ALL about hidroponik



Spoiler for foto tgl 22-12-2011
ALL about hidroponik



Spoiler for foto tgl 22-12-2011
ALL about hidroponik

ada beberapa tanaman yang agak kekuningan daunnya,defisiensi unsur hara kah?
L0eb - 22/12/2011 08:22 PM
#445

Quote:
Original Posted By madkur
aquaponik ku,nanam sawi hijau,strobery,sawi putih,kembang kol,tomat
ikan koi 7 ekor komet 1 ekor,media growbed pakai kerikil

Spoiler for "baru nanam 26-11-2011"
ALL about hidroponik



Spoiler for "foto tgl 22-12-2011"
ALL about hidroponik



Spoiler for "foto tgl 22-12-2011"
ALL about hidroponik

ada beberapa tanaman yang agak kekuningan daunnya,defisiensi unsur hara kah?


Kuning tandanya kurang unsur nitrogen om... o
madkur - 22/12/2011 08:53 PM
#446

Quote:
Original Posted By L0eb
Kuning tandanya kurang unsur nitrogen om... o

mungkin flow air ke growbed kurang ya atau bakteri di growbednya belum maksimal ya?tapi tulang daunnya masih hijau apakah kekurangan unsur lainnya ya?
kambing.saja - 23/12/2011 03:22 AM
#447

misi gan..
mau ikud nyimak aja gan, sekalian pengen menambah wawasan ane ttg tanaman
thanks b4 :addfriends

iloveindonesia
DJogjaKelana - 25/12/2011 02:12 PM
#448

Quote:
Original Posted By madkur
mungkin flow air ke growbed kurang ya atau bakteri di growbednya belum maksimal ya?tapi tulang daunnya masih hijau apakah kekurangan unsur lainnya ya?


Izin nambahin info gan
Daun menguning jika dikarenakan nutrisi maka kemungkinannya kekurangan
Nitrogen: warna daun menguning dimulai dari daun tua, seluruh bagian menguning, kelamaan akan klorosis, kering dan mati
Magnesium: warna daging daun saja yang menguning, tulang daun tetap hijau, dimulai dari daun tua
Sulfur: tulang daun menguning dimulai dari daun muda

Akar tanaman yang kekurangan oksigen juga bisa bikin daun menguning dan, maksudnya media terlalu banyak air sehingga kekurangan udara
Arteroz - 26/12/2011 10:17 AM
#449

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Izin nambahin info gan
Daun menguning jika dikarenakan nutrisi maka kemungkinannya kekurangan
Nitrogen: warna daun menguning dimulai dari daun tua, seluruh bagian menguning, kelamaan akan klorosis, kering dan mati
Magnesium: warna daging daun saja yang menguning, tulang daun tetap hijau, dimulai dari daun tua
Sulfur: tulang daun menguning dimulai dari daun muda

Akar tanaman yang kekurangan oksigen juga bisa bikin daun menguning dan, maksudnya media terlalu banyak air sehingga kekurangan udara


defisit N tambah tanaman legume aja om D
atau diantara media tanam di tanami beberapa kacang2'n kayak orok2 atau kacang tanah p
kalau airnya ngelir dan lokasi di luar seharusnya oksigen banyak om D
CMIIW
DJogjaKelana - 26/12/2011 12:43 PM
#450

Quote:
Original Posted By Arteroz
defisit N tambah tanaman legume aja om D
atau diantara media tanam di tanami beberapa kacang2'n kayak orok2 atau kacang tanah p
kalau airnya ngelir dan lokasi di luar seharusnya oksigen banyak om D
CMIIW


Nice share gan
Defisit N bisa ditanggulangi dengan menanam tanaman family leguminose yang mampu menambat nitrogen kedalam tanah. Nanti di tanah akan bereaksi dengan bakteri nitrobacter gan. Nah kalo hidroponik kan kita pakai media yang tidak mengandung unsur hara gan seperti tanah jadi kemungkinan bakteri tersebut tidak ada jadi satu satunya cara menambahkan N pada sistem budidaya hidroponik hanya melalui pupuk/nutrisi gan

Penyebab daun menguning ada banyak gan, diatas ane sebutin kemungkinan2nya aja nah tinggal disesuaikan sama ciri2 yang terjadi sama tanaman jadi nanti mudah penanggulangannya karena sudah tau penyebab pastinya

Yb
Arteroz - 26/12/2011 05:12 PM
#451

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Nice share gan
Defisit N bisa ditanggulangi dengan menanam tanaman family leguminose yang mampu menambat nitrogen kedalam tanah. Nanti di tanah akan bereaksi dengan bakteri nitrobacter gan. Nah kalo hidroponik kan kita pakai media yang tidak mengandung unsur hara gan seperti tanah jadi kemungkinan bakteri tersebut tidak ada jadi satu satunya cara menambahkan N pada sistem budidaya hidroponik hanya melalui pupuk/nutrisi gan

Penyebab daun menguning ada banyak gan, diatas ane sebutin kemungkinan2nya aja nah tinggal disesuaikan sama ciri2 yang terjadi sama tanaman jadi nanti mudah penanggulangannya karena sudah tau penyebab pastinya

Yb


betul om o
btw udah ngisi buku tamu belum om..?
disini pakenya om dan tante y om, di haramken pake agan atau aganwati o
DJogjaKelana - 26/12/2011 08:59 PM
#452

Quote:
Original Posted By Arteroz
betul om o
btw udah ngisi buku tamu belum om..?
disini pakenya om dan tante y om, di haramken pake agan atau aganwati o


Siapp om cendolb
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=597144579&posted=1#post597144579

Salam kenal shakehand2
Arteroz - 26/12/2011 09:41 PM
#453

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Siapp om cendolb
https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=597144579&posted=1#post597144579

Salam kenal shakehand2


salam kenal juga om D
shakehand2
madkur - 26/12/2011 10:07 PM
#454

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Izin nambahin info gan
Daun menguning jika dikarenakan nutrisi maka kemungkinannya kekurangan
Nitrogen: warna daun menguning dimulai dari daun tua, seluruh bagian menguning, kelamaan akan klorosis, kering dan mati
Magnesium: warna daging daun saja yang menguning, tulang daun tetap hijau, dimulai dari daun tua
Sulfur: tulang daun menguning dimulai dari daun muda

Akar tanaman yang kekurangan oksigen juga bisa bikin daun menguning dan, maksudnya media terlalu banyak air sehingga kekurangan udara


Quote:
Original Posted By Arteroz
defisit N tambah tanaman legume aja om D
atau diantara media tanam di tanami beberapa kacang2'n kayak orok2 atau kacang tanah p
kalau airnya ngelir dan lokasi di luar seharusnya oksigen banyak om D
CMIIW


memang seberapa besar kebutuhn oksigen akar tumbuhan?kalau ikan sih minimal oksigen terlarut di sekitaran 6 ppm kayaknya,apakah defisiensi nitrogen berdampak pada pertumbuhan?

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Nice share gan
Defisit N bisa ditanggulangi dengan menanam tanaman family leguminose yang mampu menambat nitrogen kedalam tanah. Nanti di tanah akan bereaksi dengan bakteri nitrobacter gan. Nah kalo hidroponik kan kita pakai media yang tidak mengandung unsur hara gan seperti tanah jadi kemungkinan bakteri tersebut tidak ada jadi satu satunya cara menambahkan N pada sistem budidaya hidroponik hanya melalui pupuk/nutrisi gan

Penyebab daun menguning ada banyak gan, diatas ane sebutin kemungkinan2nya aja nah tinggal disesuaikan sama ciri2 yang terjadi sama tanaman jadi nanti mudah penanggulangannya karena sudah tau penyebab pastinya

Yb


legume itu jenis kacang2an ya om?kacang hijau kacang kedelai apakah termasuk juga?lahan aquaponiknya masih kecil om,itu aja udah berdesakan deh kalau udah gede,sebenarnya jarak tanam untuk sayuran idealnya berapa ya?
Arteroz - 26/12/2011 10:18 PM
#455

Quote:
Original Posted By madkur
memang seberapa besar kebutuhn oksigen akar tumbuhan?kalau ikan sih minimal oksigen terlarut di sekitaran 6 ppm kayaknya,apakah defisiensi nitrogen berdampak pada pertumbuhan?


legume itu jenis kacang2an ya om?kacang hijau kacang kedelai apakah termasuk juga?lahan aquaponiknya masih kecil om,itu aja udah berdesakan deh kalau udah gede,sebenarnya jarak tanam untuk sayuran idealnya berapa ya?


saya g' tau om seberapa besar..
intinya kayak tanah yang terlalu padat dan aerasinya buruk bisa bikin anaerob, jadinya bisa bikin proses pembusukan dan reaksi kimia apalah gtu p
kalau aerasinya bagus kan tanaman juga jadi lega om p

iy om legume itu kacang2'n, trembesi juga legume looh om..
kacang hijau dan kedelai termasuk om, makanya kalau orang habis panen daunnya seharusnya di benamkan ke tanah buat ngembaliin unsur hara yang ada om..
y di gedein om p
jarak tanam tanaman itu tergantung dari tajuk daun atau panjang daun om..
jadi daunnya g' saling nutupin D
CMIIW
heaven on earth - 27/12/2011 12:38 AM
#456

misi suhu2 smua..nubi numpang tanya...

kl hidroponik sistem rakit apung..apa ada rutinitas untuk mengganti air yg dipakai dan jg pemberian nutrisi pupuk nya apa tiap hari/brapa lama skali???maklum masi oot...baru mau blajar hidroponik..
selama ini blajarnya aquascape an aja seh...hihihi
makasih...
Arteroz - 27/12/2011 10:30 AM
#457

Quote:
Original Posted By heaven on earth
misi suhu2 smua..nubi numpang tanya...

kl hidroponik sistem rakit apung..apa ada rutinitas untuk mengganti air yg dipakai dan jg pemberian nutrisi pupuk nya apa tiap hari/brapa lama skali???maklum masi oot...baru mau blajar hidroponik..
selama ini blajarnya aquascape an aja seh...hihihi
makasih...


hayoooo mau buat anubias niy y om..?
ngakak
ganti air g' usah om..
yang perlu y nambahin nutrisi, kalau dirasa akar udah g' bisa nyentuh permukaan nutrisi y ditambah om..
tiap berapa hari y tergantung keadaan, jadi om coba dulu baru bisa tau tiap berapa hari..
D
CMIIW
DJogjaKelana - 27/12/2011 11:55 AM
#458

Quote:
Original Posted By madkur
memang seberapa besar kebutuhn oksigen akar tumbuhan?kalau ikan sih minimal oksigen terlarut di sekitaran 6 ppm kayaknya,apakah defisiensi nitrogen berdampak pada pertumbuhan?



legume itu jenis kacang2an ya om?kacang hijau kacang kedelai apakah termasuk juga?lahan aquaponiknya masih kecil om,itu aja udah berdesakan deh kalau udah gede,sebenarnya jarak tanam untuk sayuran idealnya berapa ya?


Nambahin ya om
Sebagian besar tanaman pertumbuhan akarnya terhambat bila < 10% volume pori yang berisi udara dan laju difusi O2 kurang dari 0.2 ug/cm2/menit
Genangan selain menimbulkan penurunan difusi O2 masuk ke pori juga akan menghambat difusi gas lainnya, misal keluarnya CO2 dari pori tanah. CO2 terakumulasi di pori, pada tanah yang baru saja tergenang 50% gas terlarut adalah CO2, sebagian tanaman tidak mampu menahan keadaan tersebut
Pada kondisi tergenang ketersediaan N dalam bentuk nitrat sangat rendah karena proses denitrifikasi, nitrat diubah menjadi N2, NO, N2O, atau NO2 yang menguap ke udara jadi daun tanaman bisa menguning

Iya om itu termasuk family leguminose. Jarak tanam secara mudah dapat diukur dari diameter tajuk maksimal suatu tanaman, jadi antara tanaman tidak saling menaungi

Yb
DJogjaKelana - 27/12/2011 11:59 AM
#459

Quote:
Original Posted By heaven on earth
misi suhu2 smua..nubi numpang tanya...

kl hidroponik sistem rakit apung..apa ada rutinitas untuk mengganti air yg dipakai dan jg pemberian nutrisi pupuk nya apa tiap hari/brapa lama skali???maklum masi oot...baru mau blajar hidroponik..
selama ini blajarnya aquascape an aja seh...hihihi
makasih...


Izin jawab om

Dalam sistem rakit apung, kedaan larutan nutrisi adalah statis/diam, laurutan tidak perlu diganti NAMUN harus secara berkala dicek Volumenya, pH dan EC sehingga adakalanya ditambahakan nutrisi atau ditambahkan air atau ditambahakan larutan nutrisi (sesuai hasil pengecekan tadi).

Setelah panen saran saya dikuras om, dibersihkan baknya, larutan nutrisinya bisa dipakai lagi untuk menyiram pembibitan atau dicek ulang pH dan EC jika mau dimasukkan kedalam bak lagi

Yb
heaven on earth - 27/12/2011 12:00 PM
#460

Quote:
Original Posted By Arteroz
hayoooo mau buat anubias niy y om..?
ngakak
ganti air g' usah om..
yang perlu y nambahin nutrisi, kalau dirasa akar udah g' bisa nyentuh permukaan nutrisi y ditambah om..
tiap berapa hari y tergantung keadaan, jadi om coba dulu baru bisa tau tiap berapa hari..
D
CMIIW


hihihi.....anubias mah dah dicoba di emersed ungkep style,skrg rakit apung di tes pina,donoi,tripartita..hihihi
ayo binung kan skrg?hehe

tq bgt info nya...cm yg namanya rakit apung..bukan nya akar pasti nyentuh aer selalu kan ya?hehe

kmrn sempet baca2 disini...kl hidroponik rakit apung air selalu di aerasi,sedangkan ph dijaga 6,5?bener bgt?
yg bingung..bukan nya kl di aerasi ph jd naik?gmana ya?tq infonya
tq
Page 23 of 39 | ‹ First  < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik