TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 24 of 39 | ‹ First  < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 >  Last ›

heaven on earth - 27/12/2011 12:03 PM
#461

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Izin jawab om

Dalam sistem rakit apung, kedaan larutan nutrisi adalah statis/diam, laurutan tidak perlu diganti NAMUN harus secara berkala dicek Volumenya, pH dan EC sehingga adakalanya ditambahakan nutrisi atau ditambahkan air atau ditambahakan larutan nutrisi (sesuai hasil pengecekan tadi).

Setelah panen saran saya dikuras om, dibersihkan baknya, larutan nutrisinya bisa dipakai lagi untuk menyiram pembibitan atau dicek ulang pH dan EC jika mau dimasukkan kedalam bak lagi

Yb


ec apa ya?sorri oot..hihi
trus jaga biar ph stabil walau trus diaerasi gmn ya?bukan nya ph jd naik kl di aerasi?
tq gan
Arteroz - 27/12/2011 12:14 PM
#462

Quote:
Original Posted By heaven on earth
hihihi.....anubias mah dah dicoba di emersed ungkep style,skrg rakit apung di tes pina,donoi,tripartita..hihihi
ayo binung kan skrg?hehe

tq bgt info nya...cm yg namanya rakit apung..bukan nya akar pasti nyentuh aer selalu kan ya?hehe

kmrn sempet baca2 disini...kl hidroponik rakit apung air selalu di aerasi,sedangkan ph dijaga 6,5?bener bgt?
yg bingung..bukan nya kl di aerasi ph jd naik?gmana ya?tq infonya
tq

wah2 maenannya kelas tinggi om p
kalau paling gampang emang rakit apung sich om..
iy om tapi kalau khilaf kan lupa nambahin jadinya bisa kering p
airnya di kasih aerator aja cukup om, kalau pH saya kurang tau om, dulu wkt praktikum kayaknya g' ngitung2 pH om..
Quote:
Original Posted By heaven on earth
ec apa ya?sorri oot..hihi
trus jaga biar ph stabil walau trus diaerasi gmn ya?bukan nya ph jd naik kl di aerasi?
tq gan

ec mungkin mirip sama TDS om, ngitungnya pake EC meter
ganti kipas aja om p
DJogjaKelana - 27/12/2011 12:14 PM
#463

Senyawa2 yang bisa digunakan membuat Nutrisi Hidroponik om

Senyawa yang mengandung Unsur Hara Makro
Kalsium Amonium Nitrat 5Ca(NO3)2.NH4NO3.10H2O
Kalsium Nitrat Ca(NO3)2.4H2O
Kalium Nitrat KNO3
Monokalium Fosfat KH2PO4
Dikalium Fosfat K2HPO4
Kalium Sulfat K2SO4
Mono Amonium Fosfat (NH4)H2PO4
Di Amonium Fosfat (NH4)2HPO4
Amonium Sulfat (NH4)2SO4
Amonium Nitrat (NH4)NO3
Magnesium Sulfat MgSO4.7H2O

Senyawa yang mengandung Unsur Hara Mikro
Fe EDTA
Mangan Sulfat MnSO4.4H2O
Tembaga Sulfat CuSO4.5H2O
Seng Sulfat ZnSO4.7H2O
Asam Borat H3BO3
Borax Na2B4O7
Amonium Heptamolibdat (NH4)6Mo7O24.4H2O
Natrium Molibdat Na2MoO4.2H2O

dan banyak lagi lainnya
DJogjaKelana - 27/12/2011 12:25 PM
#464

Quote:
Original Posted By heaven on earth
hihihi.....anubias mah dah dicoba di emersed ungkep style,skrg rakit apung di tes pina,donoi,tripartita..hihihi
ayo binung kan skrg?hehe

tq bgt info nya...cm yg namanya rakit apung..bukan nya akar pasti nyentuh aer selalu kan ya?hehe

kmrn sempet baca2 disini...kl hidroponik rakit apung air selalu di aerasi,sedangkan ph dijaga 6,5?bener bgt?
yg bingung..bukan nya kl di aerasi ph jd naik?gmana ya?tq infonya
tq


Quote:
Original Posted By heaven on earth
ec apa ya?sorri oot..hihi
trus jaga biar ph stabil walau trus diaerasi gmn ya?bukan nya ph jd naik kl di aerasi?
tq gan


Yup bener om rakit apung dari b.inggrisnya floating system yaitu penggenangan, hanya akarnya aja ya om yang digenangi jangan sampei kena batang. Nah karena sifat sistem ini larutannya statis maka pasti ga ada oksigen om makanya perlu ditambah aerator, pakai yang biasa untuk akuarium aja om 1 aja tapi selangnya dicabang2 biar banyak gelembungnya

pH tanaman apapun sistem budidaya apapun dijaga selelu netral om 6-7

aerasi ga bikin pH naik om, karena pH itu indikasi dari reaksi kimia asam/basa yaitu ion H+ dan ion OH-

EC itu Electro conductivity om tingkat kelarutan suatu UH, gampangnya jumlah makanan yang tersedia buat tanaman

boleh dipupuk hijau ane om kalo berkenan cendolbcendolbcendolb
heaven on earth - 27/12/2011 12:38 PM
#465

Quote:
Original Posted By Arteroz
wah2 maenannya kelas tinggi om p
kalau paling gampang emang rakit apung sich om..
iy om tapi kalau khilaf kan lupa nambahin jadinya bisa kering p
airnya di kasih aerator aja cukup om, kalau pH saya kurang tau om, dulu wkt praktikum kayaknya g' ngitung2 pH om..

ec mungkin mirip sama TDS om, ngitungnya pake EC meter
ganti kipas aja om p


sep2,tq bgt ya info nya...kl gagal minimum kan jd bisa tanam cabe..hehe

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Yup bener om rakit apung dari b.inggrisnya floating system yaitu penggenangan, hanya akarnya aja ya om yang digenangi jangan sampei kena batang. Nah karena sifat sistem ini larutannya statis maka pasti ga ada oksigen om makanya perlu ditambah aerator, pakai yang biasa untuk akuarium aja om 1 aja tapi selangnya dicabang2 biar banyak gelembungnya

pH tanaman apapun sistem budidaya apapun dijaga selelu netral om 6-7

aerasi ga bikin pH naik om, karena pH itu indikasi dari reaksi kimia asam/basa yaitu ion H+ dan ion OH-

EC itu Electro conductivity om tingkat kelarutan suatu UH, gampangnya jumlah makanan yang tersedia buat tanaman

boleh dipupuk hijau ane om kalo berkenan cendolbcendolbcendolb


nah itu ph air sumur saya 8,5..hehe
apa kasi co2 or daun ketapang aja kali ya?pupuk makro dah di sent..hii

slama ini pupuk ramuan buat sndr..walau cm untuk aquascape..he2
kandungan makro primer.sekunder,mikro lengkap2..hehe
tq
DJogjaKelana - 27/12/2011 12:46 PM
#466

Quote:
Original Posted By heaven on earth
sep2,tq bgt ya info nya...kl gagal minimum kan jd bisa tanam cabe..hehe



nah itu ph air sumur saya 8,5..hehe
apa kasi co2 or daun ketapang aja kali ya?pupuk makro dah di sent..hii

slama ini pupuk ramuan buat sndr..walau cm untuk aquascape..he2
kandungan makro primer.sekunder,mikro lengkap2..hehe
tq


Saran saya om, siapin air sumurnya lalu baru dicampur nutrisinya semua lalu diaduk sebentar, cek pH pakai pH meter/Kertas pH yang murah Jika terlalu rendah tambahkan KOH Jika terlalu tinggi tambahkan 10% H2PO4 sedikit demi sedikit om sampai 6,5

kalau menambahakan CO2 atau daun ketapang ane blm pnh dgr om

Pupuk apapun om, dari bahan apapun, untuk tanaman apapun sama om, intinya semua tanaman butuh 16 unsur hara essensial tuk pertumbuhannya NAMUN jumlahnya yang berbeda tiap tanaman. Jadi kalau om mau mupuk atau beli pupuk ya baiknya bisa memberikan ke-16 UH tadi om (baik makro/mikro)


Makasih ya om pupuknya, lumayan daun muda tumbuh 1 nih om
Salam kenal om shakehand2
gondhezbanget - 27/12/2011 01:41 PM
#467

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana

... Nah kalo hidroponik kan kita pakai media yang tidak mengandung unsur hara gan seperti tanah jadi kemungkinan bakteri tersebut tidak ada jadi satu satunya cara menambahkan N pada sistem budidaya hidroponik hanya melalui pupuk/nutrisi gan ...


boleh nimbrung nanya juga ya om-om master semua,

saya ada kasus sama juga, beberapa taneman hidroponik mengalami kuning daunnya, cara mencampurkan unsur N ke larutan hidroponik gimana om?

Pupuk apa yang boleh dipake dan takarannya gimana?



thanks all om's

.
DJogjaKelana - 27/12/2011 08:49 PM
#468

Quote:
Original Posted By gondhezbanget
boleh nimbrung nanya juga ya om-om master semua,

saya ada kasus sama juga, beberapa taneman hidroponik mengalami kuning daunnya, cara mencampurkan unsur N ke larutan hidroponik gimana om?

Pupuk apa yang boleh dipake dan takarannya gimana?



thanks all om's

.


Silahkan om

Hidroponik ada nutrisi/pupuk khusus untuk hidroponik om, banyak dipasaran n cari yang sudah lengkap mengandung 16 UH (termasuk N). Nanti pasti dilabelnya atau sang penjual akan menjelaskan cara pakainya. Atau mau buat sendiri bisa om pakai aja senyawa2 yang ane sebutin diatas

Sukses om Yb
heaven on earth - 27/12/2011 09:15 PM
#469

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Saran saya om, siapin air sumurnya lalu baru dicampur nutrisinya semua lalu diaduk sebentar, cek pH pakai pH meter/Kertas pH yang murah Jika terlalu rendah tambahkan KOH Jika terlalu tinggi tambahkan 10% H2PO4 sedikit demi sedikit om sampai 6,5

kalau menambahakan CO2 atau daun ketapang ane blm pnh dgr om

Pupuk apapun om, dari bahan apapun, untuk tanaman apapun sama om, intinya semua tanaman butuh 16 unsur hara essensial tuk pertumbuhannya NAMUN jumlahnya yang berbeda tiap tanaman. Jadi kalau om mau mupuk atau beli pupuk ya baiknya bisa memberikan ke-16 UH tadi om (baik makro/mikro)


Makasih ya om pupuknya, lumayan daun muda tumbuh 1 nih om
Salam kenal om shakehand2


wah,seep bgt tq ni ilmunya lengkap..hehehe
wah,bli pupuk di saya jg?ini siapa ya?mudah2 an ga mengecewakan pupuk nya..hehehe
salam knal lg...
1x lg...tq2 bgt info nya...
DJogjaKelana - 28/12/2011 11:31 AM
#470

Quote:
Original Posted By heaven on earth
wah,seep bgt tq ni ilmunya lengkap..hehehe
wah,bli pupuk di saya jg?ini siapa ya?mudah2 an ga mengecewakan pupuk nya..hehehe
salam knal lg...
1x lg...tq2 bgt info nya...


Ane hanya senang sharing om, hanya yang saya tahu saja

Maksud Ane makasih cendolnya om (pupuk hijau) Yb
DJogjaKelana - 29/12/2011 07:55 PM
#471

Di dunia ini ada puluhan-ratusan unsur hara
Diantaranya ada yang HANYA dibutuhkan oleh MANUSIA/HEWAN
ada yang HANYA dibutuhkan oleh TANAMAN
dan ada yang dibutuhkan oleh keduanya (TANAMAN/MANUSIA/HEWAN)

Coba perhatikan minuman ber ion kadungannya itu UH yang dibutuhkan manusia dan yang berasal dari 4 sehat 5 sempurna
Untuk tanaman sudah jelas yaitu 16 UH baik makro/mikro
Yang sama2 dibutuhkan oleh keduanya sebagai contoh kalsium Ca, Besi Fe, posfor P, dll

Hal menarik jika UH yang dibutuhkan manusia kita subtitusikan melalui tanaman yang kita makan tentu akan lebih ekonomis, disebut biofortifikasi.

Yb
heaven on earth - 30/12/2011 12:42 AM
#472

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Ane hanya senang sharing om, hanya yang saya tahu saja

Maksud Ane makasih cendolnya om (pupuk hijau) Yb


hihihi,tq bgt2 gan buat sharing ilmunya...sukses ya......
gondhezbanget - 30/12/2011 03:34 PM
#473

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Silahkan om

Hidroponik ada nutrisi/pupuk khusus untuk hidroponik om, banyak dipasaran n cari yang sudah lengkap mengandung 16 UH (termasuk N). Nanti pasti dilabelnya atau sang penjual akan menjelaskan cara pakainya. Atau mau buat sendiri bisa om pakai aja senyawa2 yang ane sebutin diatas

Sukses om Yb


thanks jawabannya om,

nanya lagi ya om,

ini berandai-andai aja, larutan nutrisi yang sekarang ada tidak perlu dibuang, kemudian mau ditambahkan pupuk yang tersedia di pasaran.

nah ... kalo mau ditambahkan pupuk tsb yang (berkadar N gitu), bisa nggak? Kalo bisa, takaran yang aman kira-kira berapa? (butir/gram per sekian liter)
L0eb - 30/12/2011 06:08 PM
#474

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Di dunia ini ada puluhan-ratusan unsur hara
Diantaranya ada yang HANYA dibutuhkan oleh MANUSIA/HEWAN
ada yang HANYA dibutuhkan oleh TANAMAN
dan ada yang dibutuhkan oleh keduanya (TANAMAN/MANUSIA/HEWAN)

Coba perhatikan minuman ber ion kadungannya itu UH yang dibutuhkan manusia dan yang berasal dari 4 sehat 5 sempurna
Untuk tanaman sudah jelas yaitu 16 UH baik makro/mikro
Yang sama2 dibutuhkan oleh keduanya sebagai contoh kalsium Ca, Besi Fe, posfor P, dll

Hal menarik jika UH yang dibutuhkan manusia kita subtitusikan melalui tanaman yang kita makan tentu akan lebih ekonomis, disebut biofortifikasi.

Yb


Cek kebon om o
umi88 - 31/12/2011 06:15 AM
#475

nyimak dl deh,tp berguna bgt buat ibu2 kyk aku.soalnya sayuran lagi mahal nih.:addfriends
musikuhitam - 01/01/2012 09:08 PM
#476

misi om n tante numpang update dari https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=567294073&postcount=435
gambar yang kemarin hanya test siphon sekaligus memastikan tanaman tumbuh ato tidak D
sebelumnya maaf klo gambar kurang jelas maklum pake hengpon
Spoiler for aquaponic pvc

ALL about hidroponik
ALL about hidroponik
ALL about hidroponik

Spoiler for autosiphon

ALL about hidroponik
ALL about hidroponik
ALL about hidroponik


media strawberry
pot, bekas minuman + kerikil bekas juga hammer:
pipa pvc, lupa ukurannya hammer:
sambungan pvc, etc
total biaya +/- 50rb D
air kolam >- filter chamber (kapas+biobal) >- aquaponik pvc
-------------
daun tanaman ada yg menguning dan cokelat
bahkan batang strawberry ada yg jadi tempat telur semut hammer:
mungkin seperti om2 di page belakang bilang kekurangan nutrisi cmiiw
DJogjaKelana - 03/01/2012 12:37 AM
#477

Quote:
Original Posted By gondhezbanget
thanks jawabannya om,

nanya lagi ya om,

ini berandai-andai aja, larutan nutrisi yang sekarang ada tidak perlu dibuang, kemudian mau ditambahkan pupuk yang tersedia di pasaran.

nah ... kalo mau ditambahkan pupuk tsb yang (berkadar N gitu), bisa nggak? Kalo bisa, takaran yang aman kira-kira berapa? (butir/gram per sekian liter)



Ane coba jawab ya om
begini om, tanaman butuh ke 16 UH dengan jumlah setiap UH nya berbeda2 tiap tanaman.
Untuk kasus kekurangan N
Jadi langkah pertama om cari tau dulu tanaman yang om tanam butuh N berapa, bisa dari internet, buku dan studi pustaka
Terus om liat di pupuk yang sekarang sudah om kasih tuh N nya berapa, nah nanti kan ketauan kurangnya berapa, itu yang ditambahin om jadi tidak baku dan berbeda tiap jenis tanaman

Biasanya satuannya ppm om yaitu gram/1000liter
memang harus nguasain sedikit kimia dan matematika om tapi kalau mau dishare disini saya coba bantu

Om nanem apa? pupuk yang sekarang N nya brp? nanti ketauan kurangnya berapa


Sukses om Yb
DJogjaKelana - 03/01/2012 12:39 AM
#478

Quote:
Original Posted By L0eb
Cek kebon om o


Makasih om Salam Kenal shakehand2
DJogjaKelana - 03/01/2012 12:44 AM
#479

Quote:
Original Posted By musikuhitam
misi om n tante numpang update dari https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=567294073&postcount=435
gambar yang kemarin hanya test siphon sekaligus memastikan tanaman tumbuh ato tidak D
sebelumnya maaf klo gambar kurang jelas maklum pake hengpon
Spoiler for aquaponic pvc

ALL about hidroponik
ALL about hidroponik
ALL about hidroponik

Spoiler for autosiphon

ALL about hidroponik
ALL about hidroponik
ALL about hidroponik


media strawberry
pot, bekas minuman + kerikil bekas juga hammer:
pipa pvc, lupa ukurannya hammer:
sambungan pvc, etc
total biaya +/- 50rb D
air kolam >- filter chamber (kapas+biobal) >- aquaponik pvc
-------------
daun tanaman ada yg menguning dan cokelat
bahkan batang strawberry ada yg jadi tempat telur semut hammer:
mungkin seperti om2 di page belakang bilang kekurangan nutrisi cmiiw




Keren om :thumbup
Pengalaman adalah guru yang terbaik, om udah benari mencoba pasti nanti akan sukses

Oiya saran om, itu bahan yang digunakan sebagai alat apapun yang berwarna bening sebaiknya dicat untuk menghalangi sinar masuk
Kalau dirasa kekurangan nutrisi dalam sistem akuaponik saran saya ikannya jumlahnya ditambah om di kolamnya trus jumlah pelet/makananya juga ditambah, tujuannya adalah menambah kadar Nitrit dan amonia didalam air kolam sebagai sumber N untuk tanaman


Sukses om Yb
DJogjaKelana - 03/01/2012 12:46 AM
#480

Para pengguna sistem Rakit Apung/Floating System coba diperhatikan jika dilakukan penambahan aerator atau jumlah aeratornya yang ditambah apakah ada perubahan dalam pertumbuhan dan produksi tanaman. Hal sederhana namun bermanfaat

Selamat mencoba Yb
Page 24 of 39 | ‹ First  < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik