TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 25 of 39 | ‹ First  < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 >  Last ›

gondhezbanget - 03/01/2012 11:40 AM
#481

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Ane coba jawab ya om
begini om, tanaman butuh ke 16 UH dengan jumlah setiap UH nya berbeda2 tiap tanaman.
Untuk kasus kekurangan N
Jadi langkah pertama om cari tau dulu tanaman yang om tanam butuh N berapa, bisa dari internet, buku dan studi pustaka
Terus om liat di pupuk yang sekarang sudah om kasih tuh N nya berapa, nah nanti kan ketauan kurangnya berapa, itu yang ditambahin om jadi tidak baku dan berbeda tiap jenis tanaman

Biasanya satuannya ppm om yaitu gram/1000liter
memang harus nguasain sedikit kimia dan matematika om tapi kalau mau dishare disini saya coba bantu

Om nanem apa? pupuk yang sekarang N nya brp? nanti ketauan kurangnya berapa


Sukses om Yb




thanks jawabannya om Kelana shakehand2, sekedar berandai2 saja

ternyata mesti ngumpulin referensi datanya dulu ya, sayang dulu pas pelajaran kimia, matematika ama biologi keseringan bolos D

.
DJogjaKelana - 03/01/2012 11:57 AM
#482

Quote:
Original Posted By gondhezbanget
thanks jawabannya om Kelana shakehand2, sekedar berandai2 saja

ternyata mesti ngumpulin referensi datanya dulu ya, sayang dulu pas pelajaran kimia, matematika ama biologi keseringan bolos D

.


ok om salam kenal shakehand2
ane juga nubi cuma senang sharing aja
madkur - 06/01/2012 11:26 AM
#483

strobery di growbed aquaponik udah mau berbunga kayaknya,semoga berhasil jadi buah
DJogjaKelana - 06/01/2012 02:14 PM
#484

Quote:
Original Posted By madkur
strobery di growbed aquaponik udah mau berbunga kayaknya,semoga berhasil jadi buah


Fotonya dipajang om buat pelajaran kita semua Yb

==========================================================

*Sharing*
pH Larutan Antara 5,5 – 6,5
Jika terlalu rendah tambahkan KOH
Jika terlalu tinggi tambahkan 10% H2PO4

EC Larutan Nutrisi
Pembibitan 1-1,5 mS/cm
Vegetatif 2,7 mS/cm
Generatif 3,2 -3,5 mS/cm
Jika terlalu rendah tambahkan Nutrisi
Jika terlalu tinggi tambahakan air
batas ini tidak baku, silahkan berimprovisasi
berbeda dengan pH yang batasnya baku
JungleBoy77 - 06/01/2012 06:22 PM
#485

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Fotonya dipajang om buat pelajaran kita semua Yb

==========================================================

*Sharing*
pH Larutan Antara 5,5 – 6,5
Jika terlalu rendah tambahkan KOH
Jika terlalu tinggi tambahkan 10% H2PO4

EC Larutan Nutrisi
Pembibitan 1-1,5 mS/cm
Vegetatif 2,7 mS/cm
Generatif 3,2 -3,5 mS/cm
Jika terlalu rendah tambahkan Nutrisi
Jika terlalu tinggi tambahakan air
batas ini tidak baku, silahkan berimprovisasi
berbeda dengan pH yang batasnya baku

Kalo untuk pH UP saya pake HNO3, plus minusnya apa om?
DJogjaKelana - 07/01/2012 12:55 AM
#486

Quote:
Original Posted By JungleBoy77
Kalo untuk pH UP saya pake HNO3, plus minusnya apa om?


Kalo hubungannya sm pH sama om, HNO3 ya mengandung NO3 yang bisa diserap tanaman, klo h@PO4 ya PO4 diserap tanaman. Tapi hati2 om HNO3 itu asam kuat berbahaya klo tersentuh
JungleBoy77 - 07/01/2012 12:03 PM
#487

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Kalo hubungannya sm pH sama om, HNO3 ya mengandung NO3 yang bisa diserap tanaman, klo h@PO4 ya PO4 diserap tanaman. Tapi hati2 om HNO3 itu asam kuat berbahaya klo tersentuh

Thanks Om
untuk pH down , hno3 saya encerkan dulu. yg masih pekat saya simpan. jadi untuk pemakain sehari hari pake yg udah diencerkan.
madkur - 07/01/2012 09:19 PM
#488

perkembangan aquaponik sayurku
Spoiler for nop2011-januari2012
ALL about hidroponik


strobery yang mulai berbunga
Spoiler for strobery
ALL about hidroponik


tanaman tomat aquaponik
ALL about hidroponik
DJogjaKelana - 08/01/2012 11:04 AM
#489

Quote:
Original Posted By madkur
perkembangan aquaponik sayurku
Spoiler for nop2011-januari2012
ALL about hidroponik


strobery yang mulai berbunga
Spoiler for strobery
ALL about hidroponik


tanaman tomat aquaponik
ALL about hidroponik


mantabb om
saran om jarak tanamnya lebih diatur lagi biar pertumbuhannya maksimal n ga saling menaungi Yb
madkur - 09/01/2012 05:10 AM
#490

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
mantabb om
saran om jarak tanamnya lebih diatur lagi biar pertumbuhannya maksimal n ga saling menaungi Yb

maklum masih nubie dalam tanam menanam,jadi maruk banyak yang di tanam mau di cabut sayang udah tumbuh bagus...,biarin aja dulu deh ntar kalo nanam lagi aja...
DJogjaKelana - 09/01/2012 11:31 AM
#491

Penyerapan unsur hara oleh tanaman
Unsur hara yang terdapat pada media tanam akan diserap melalui akar, penyerapan air beserta hara dilakukan oleh ujung-ujung akar dan bulu-bulu akar, dengan demikian pembentukan akar sebagai awal pertanaman harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong perkembangan akar. Dengan perkembangan akar beserta bulu-bulu akar yang banyak, serapan air dan hara bisa menjadi lebih besar dan akan terjadi keseimbangan volume akar dengan pertumbuhan tanaman.

Penyerapan elemen-elemen oleh akar dipengaruhi oleh faktor di dalam lingkungan akar dan faktor di luar akar. Faktor dilingkungan akar misalnya jenis media tanam, kualitas air, pH dan EC larutan nutrisi. Sedangakan faktor luar misalnnya temperatur, angin, kelembaban, dan cahaya.

Elemen-elemen diserap oleh akar dalam bentuk ion-ion, yaitu anion yang bermuatan negatif dan kation yang bermuatan positif. Adanya perbedaan muatan antara ion-ion di dalam larutan hara dengan ion-ion dalam akar, menyebabkan terjadinya proses tukar-menukar ion. Contoh, ion K+ dari garam KNO3 akan masuk ke dalam akar karena tarikan ion OH- dari H2O, sedangkan ion NO3- akan tetap diluar karena terjadi ikatan dengan
ion H+.
DJogjaKelana - 09/01/2012 11:36 AM
#492

btw om2 semua kts:
sayang kan trit bgs2 tp ga dirawat Yb om TS
Arteroz - 09/01/2012 12:33 PM
#493

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
btw om2 semua kts:
sayang kan trit bgs2 tp ga dirawat Yb om TS


cek trit lain om, berapa banyak trit yg page one terawat.?
sekarang udah mulai sepi FT om, pada pindah FB semua p
DJogjaKelana - 11/01/2012 01:15 AM
#494

Beberapa keuntungan menggunakan teknologi hidroponik, ditinjau dari tiga aspek, yaitu :
1) Keuntungan secara teknologis
Keuntungan yang bisa didapat, produk hidroponik lebih terjamin kebebasannya dari hama penyakit yang berada di dalam tanah, hidroponik menggunakan metode kerja yang lebih praktis dan tepat guna, memungkinkan menanam suatu jenis tanaman di luar musim tanam, sehingga secara komersial mempunyai harga jual yang lebih baik, dan hidroponik mampu memanfaatan lahan sempit atau kritis dan tidak produktif.

2) Kuntungan secara ekonomis
Dapat menjadi sumber peningkatan penghasilan dan profesi, meningkatkan pemenuhan sumber pengadaan gizi masyarakat dan keluarga jika diusahakan dalam skala besar dapat meningkatkan ekspor yaitu produk hortikultura segar dan berkualitas tinggi.

3) Keuntungan bagi lingkungan dan sosial
Dapat dijadikan sarana pendidikan pertanian modern, memperindah lingkungan, dan mengesankan dunia pertanian yang bersih, dapat menimbulkan gairah usaha mandiri, menciptakan lapangan pekerjaan, bisa menjadi tempat berkreasi orang-orang lanjut usia, dan merupakan usaha agribisnis di perkotaan tanpa mencemari lingkungan.
Arteroz - 11/01/2012 12:11 PM
#495

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Beberapa keuntungan menggunakan teknologi hidroponik, ditinjau dari tiga aspek, yaitu :
1) Keuntungan secara teknologis
Keuntungan yang bisa didapat, produk hidroponik lebih terjamin kebebasannya dari hama penyakit yang berada di dalam tanah, hidroponik menggunakan metode kerja yang lebih praktis dan tepat guna, memungkinkan menanam suatu jenis tanaman di luar musim tanam, sehingga secara komersial mempunyai harga jual yang lebih baik, dan hidroponik mampu memanfaatan lahan sempit atau kritis dan tidak produktif.

2) Kuntungan secara ekonomis
Dapat menjadi sumber peningkatan penghasilan dan profesi, meningkatkan pemenuhan sumber pengadaan gizi masyarakat dan keluarga jika diusahakan dalam skala besar dapat meningkatkan ekspor yaitu produk hortikultura segar dan berkualitas tinggi.

3) Keuntungan bagi lingkungan dan sosial
Dapat dijadikan sarana pendidikan pertanian modern, memperindah lingkungan, dan mengesankan dunia pertanian yang bersih, dapat menimbulkan gairah usaha mandiri, menciptakan lapangan pekerjaan, bisa menjadi tempat berkreasi orang-orang lanjut usia, dan merupakan usaha agribisnis di perkotaan tanpa mencemari lingkungan.


efek negatifnya mana om :genit
DJogjaKelana - 11/01/2012 09:40 PM
#496

Quote:
Original Posted By Arteroz
efek negatifnya mana om :genit


Cendol dong om cendolbcendolbcendolb


===========================================================
Selain keuntungan dan manfaat seperti dipaparkan di atas, usaha hidroponik juga dihadapkan pada berbagai kendala yang menyebabkan masih tersendat-sendatnya perkembangan hidroponik di Indonesia. Kendala-kendala penerapan teknologi hidroponik di Indonesia, yaitu :

1. Kendala teknologi
Rendahnya pengetahuan tentang fisiologi tumbuhan (keperluan unsur hara, sinar matahari, oksigen, air, temperatur, ruang dll), pengetahuan tentang pupuk dan pemupukan, pengairan. Pengetahuan tentang green house (desain, bahan baku) dikalangan petani masih sangat kurang apalagi pengetahuan tentang cara budidaya setiap tanaman.

2. Kendala pemasaran
Untuk skala usaha yang kecil menyebabkan kuantitas produksi yang kecil/rendah pula, perlu menggandeng pemasok agar harga lebih rendah. Pasar elite sulit ditembus oleh pemula dan perlu pengetahuan pasca panen yang benar.

3. Kendala modal/biaya
Dalam biaya dibutuhkan modal besar untuk memulai, keperluan perawatan tanaman sehari-hari, perawatan green house dan kelengkapan irigasi dan biaya untuk pengemasan, pemasaran, dan promosi.


Berbagai kendala tersebut bisa diatasi dengan.........
Nanti ane share lagi Yb
madkur - 12/01/2012 09:45 PM
#497

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Cendol dong om cendolbcendolbcendolb


===========================================================
Selain keuntungan dan manfaat seperti dipaparkan di atas, usaha hidroponik juga dihadapkan pada berbagai kendala yang menyebabkan masih tersendat-sendatnya perkembangan hidroponik di Indonesia. Kendala-kendala penerapan teknologi hidroponik di Indonesia, yaitu :

1. Kendala teknologi
Rendahnya pengetahuan tentang fisiologi tumbuhan (keperluan unsur hara, sinar matahari, oksigen, air, temperatur, ruang dll), pengetahuan tentang pupuk dan pemupukan, pengairan. Pengetahuan tentang green house (desain, bahan baku) dikalangan petani masih sangat kurang apalagi pengetahuan tentang cara budidaya setiap tanaman.

2. Kendala pemasaran
Untuk skala usaha yang kecil menyebabkan kuantitas produksi yang kecil/rendah pula, perlu menggandeng pemasok agar harga lebih rendah. Pasar elite sulit ditembus oleh pemula dan perlu pengetahuan pasca panen yang benar.

3. Kendala modal/biaya
Dalam biaya dibutuhkan modal besar untuk memulai, keperluan perawatan tanaman sehari-hari, perawatan green house dan kelengkapan irigasi dan biaya untuk pengemasan, pemasaran, dan promosi.


Berbagai kendala tersebut bisa diatasi dengan.........
Nanti ane share lagi Yb


mesti pake greenhouse ya kalo hidroponik?
juman - 12/01/2012 10:22 PM
#498

Minat banget ane ama hidroponik,musti korek2 info lg biar gk salah ALL about hidroponik
juman - 12/01/2012 10:23 PM
#499

Dopost skalian tanya2.
Om hidroponik itu kayak tumbuhan enceng gondok ya.tumbuh ngapung di air.
Benih umur brapa hari baru bisa di pindahin ke air om.tq ALL about hidroponik
DJogjaKelana - 13/01/2012 11:15 AM
#500

Quote:
Original Posted By madkur
mesti pake greenhouse ya kalo hidroponik?


Hidroponik adalah cara budidaya om, jadi pakai atau tidak pakai GH ya tetap hidroponik, hanya saja GH memiliki beberapa fungsi yang jika kita butuhkan maka kita bisa gunakan.

Fungsi GH

Menghindari terpaan air hujan yang dapat merusak tanaman
Menghindarkan lahan dari kondisi yang becek
Mencegah masuknya air hujan ke dalam media tumbuh (karena dapat mengencerkan larutan hara)
Mengurangi intensitas cahaya yang masuk sehingga daun tidak terbakar pada saat terik
Mengisolasi tanaman mengurangi tingkat serangan OPT
Fotosintesis dapat berlangsung sempurna

Bahan Atap:
Plastik UV
Net
Kasa
Kaca

Rangka:
Bambu
Kayu
Logam (besi)

Dinding:
Kasa
Kaca

3 Tipe Dasar Bentuk Rumah Kaca/Plastik
Lean to
Tunnel house
Piggy back
Page 25 of 39 | ‹ First  < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik