TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 26 of 39 | ‹ First  < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 >  Last ›

DJogjaKelana - 13/01/2012 11:20 AM
#501

Quote:
Original Posted By juman
Dopost skalian tanya2.
Om hidroponik itu kayak tumbuhan enceng gondok ya.tumbuh ngapung di air.
Benih umur brapa hari baru bisa di pindahin ke air om.tq ALL about hidroponik


Pengertian hidroponik yang benar coba dilihat halaman ini om
https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=582436682&postcount=443

Untuk masa pembibitan tanaman sayuran antara 2-3 minggu om, kalau tanaman buah lebih lama lagi om

cendolbcendolbcendolb om
juman - 13/01/2012 11:39 AM
#502

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana


Pengertian hidroponik yang benar coba dilihat halaman ini om
https://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=582436682&postcount=443

Untuk masa pembibitan tanaman sayuran antara 2-3 minggu om, kalau tanaman buah lebih lama lagi om

cendolbcendolbcendolb om

Thank om,coba saya liat tkp dulu ALL about hidroponik
kojek1881 - 14/01/2012 04:48 PM
#503

Met sore om2 semuanya, salam kenal..
Ijin ikut belajar hidroponik disini..D
juman - 14/01/2012 05:42 PM
#504

Quote:
Original Posted By kojek1881
Met sore om2 semuanya, salam kenal..
Ijin ikut belajar hidroponik disini..D

Sore om,salam kenal jg ALL about hidroponik
DJogjaKelana - 16/01/2012 07:28 PM
#505

Mau share mengenai dasar dasar pembibitan

Benih atau biji yang benar sebutannya ya?
Benih sudah pasti biji namun biji belum tentu benih
Yang ditanam disebut benih
Yang tidak ditanam, misal untuk makan unggas dll disebut biji

Benih hanya membutuhkan air dan O2 untuk mulai berkecambah, dan makanan untuk dia tumbuh masih tersedia di dalam tubuhnya, ARTINYA bisa disimpulkan sendiri apakah perlu media ini itu apakah perlu direndam apakah perlu dipupuk dll
itu sebabnya benih yang hanya ditaruh dikapas basah saja bisa tumbuh

Jika sudah mulai mengeluarkan akar dan daun maka di saat itu mulai membutuhkan unsur hara dan cahaya dan CO2 untuk bisa memasak sendiri. Media diperlukan karena untuk merangsang pertumbuhan akar supaya baik bentuknya dan sebagai tempat ditaruhnya unsur hara.
Media bagaimana yang baik? apakah harus rockwool, apakah harus ini itu dll
Media yang baik syaratnya, mampu menahan air dengan baik, steril, memudahkan pada saat pindah tanam (tidak memiliki resiko tinggi jika dicabut banyak akar yang putus akibat media terlalu padat)

Sampai disini dulu nanti dilanjut lagi... Yb
madkur - 17/01/2012 12:27 AM
#506

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Mau share mengenai dasar dasar pembibitan

Benih atau biji yang benar sebutannya ya?
Benih sudah pasti biji namun biji belum tentu benih
Yang ditanam disebut benih
Yang tidak ditanam, misal untuk makan unggas dll disebut biji

Benih hanya membutuhkan air dan O2 untuk mulai berkecambah, dan makanan untuk dia tumbuh masih tersedia di dalam tubuhnya, ARTINYA bisa disimpulkan sendiri apakah perlu media ini itu apakah perlu direndam apakah perlu dipupuk dll
itu sebabnya benih yang hanya ditaruh dikapas basah saja bisa tumbuh

Jika sudah mulai mengeluarkan akar dan daun maka di saat itu mulai membutuhkan unsur hara dan cahaya dan CO2 untuk bisa memasak sendiri. Media diperlukan karena untuk merangsang pertumbuhan akar supaya baik bentuknya dan sebagai tempat ditaruhnya unsur hara.
Media bagaimana yang baik? apakah harus rockwool, apakah harus ini itu dll
Media yang baik syaratnya, mampu menahan air dengan baik, steril, memudahkan pada saat pindah tanam (tidak memiliki resiko tinggi jika dicabut banyak akar yang putus akibat media terlalu padat)

Sampai disini dulu nanti dilanjut lagi... Yb


ikut menyimak om...(nb:kalau bisa dikasih gambar/foto om biar asik lihat penjelasannyaYb)
kojek1881 - 17/01/2012 02:02 PM
#507

Quote:
Original Posted By DJogjaKelana
Mau share mengenai dasar dasar pembibitan

Benih atau biji yang benar sebutannya ya?
Benih sudah pasti biji namun biji belum tentu benih
Yang ditanam disebut benih
Yang tidak ditanam, misal untuk makan unggas dll disebut biji

Benih hanya membutuhkan air dan O2 untuk mulai berkecambah, dan makanan untuk dia tumbuh masih tersedia di dalam tubuhnya, ARTINYA bisa disimpulkan sendiri apakah perlu media ini itu apakah perlu direndam apakah perlu dipupuk dll
itu sebabnya benih yang hanya ditaruh dikapas basah saja bisa tumbuh

Jika sudah mulai mengeluarkan akar dan daun maka di saat itu mulai membutuhkan unsur hara dan cahaya dan CO2 untuk bisa memasak sendiri. Media diperlukan karena untuk merangsang pertumbuhan akar supaya baik bentuknya dan sebagai tempat ditaruhnya unsur hara.
Media bagaimana yang baik? apakah harus rockwool, apakah harus ini itu dll
Media yang baik syaratnya, mampu menahan air dengan baik, steril, memudahkan pada saat pindah tanam (tidak memiliki resiko tinggi jika dicabut banyak akar yang putus akibat media terlalu padat)

Sampai disini dulu nanti dilanjut lagi... Yb


Nice, lalu apa yang mempengaruhi kecepatan perkecambahan (bener nggak istilah ini?). Soalnya pernah nyoba nanam benih selada (1 hari berkecambah), melon (2 hari) dan tomat (4-5 hari). Dan tomat ini pertumbuhan selanjutnya paling lambat.
DJogjaKelana - 17/01/2012 06:53 PM
#508

Quote:
Original Posted By madkur
ikut menyimak om...(nb:kalau bisa dikasih gambar/foto om biar asik lihat penjelasannyaYb)


Iya om soalnya inet lemot Yb

Quote:
Original Posted By kojek1881
Nice, lalu apa yang mempengaruhi kecepatan perkecambahan (bener nggak istilah ini?). Soalnya pernah nyoba nanam benih selada (1 hari berkecambah), melon (2 hari) dan tomat (4-5 hari). Dan tomat ini pertumbuhan selanjutnya paling lambat.


Kecepatan berkecambah dipengaruhi 2 faktor,
Faktor dalam, dari benihnya itu sendiri seperti kualitas benih, varietas, jenis tanaman, kandungan air, dorman/tidak dorman, tebal/tipis kulit dll
Faktor luar, kandungan Oksigen, kelembaban, cara penyimpanan, dll

Sudah pasti tiap jenis tanaman berbeda waktu berkecambahnya om, sesama selada aja beda merk benih kadang2 beda berkecambahnya Yb
sonic-sonic - 17/01/2012 09:07 PM
#509
Salam kenal
[youtube]dKN7Sro81Ys[/youtube]
CMFrame - 18/01/2012 07:43 AM
#510

Ijin mantau....
DJogjaKelana - 18/01/2012 08:19 AM
#511

Quote:
Original Posted By sonic-sonic
[youtube]dKN7Sro81Ys[/youtube]


Keren Om :2thumbup

Quote:
Original Posted By CMFrame
Ijin mantau....


Silahkan om, ikutan sharing juga boleh om shakehand2
madkur - 18/01/2012 08:00 PM
#512

Quote:
Original Posted By sonic-sonic
[youtube]dKN7Sro81Ys[/youtube]


keren growbednya gede...,itu shipon pakai di tengah ya?umur berapa minggu tanamannya ?aeratornya kenceng banget pakai yang brp watt?
punyaku growbednya kecil2...
sonic-sonic - 18/01/2012 08:31 PM
#513

Quote:
Original Posted By madkur
keren growbednya gede...,itu shipon pakai di tengah ya?umur berapa minggu tanamannya ?aeratornya kenceng banget pakai yang brp watt?
punyaku growbednya kecil2...


Tanamannya tgl 23 ini sebulan. shipon iya di tengah, coba2 ikutin tutorial yang ada di web org. hehe. growbednya bikin sendiri dari tiplex.. biar tahan tiplexnya di kasih waterproof dulu jadi gak cepat rusak. isinya batu semua.. (BERAT BGT).

aeratornya itu 35watt yah.. soalnya isinya banyak.... pertama pakai yang 50 watt (pinjam punya teman) setelah di coba terlalu kuat jadi di turunin ke 35watt, sepertinya bisa lebih kecil lagi. tp sudah terlanjur beli yg 35watt.

bro strawberrynya bisa gak tuh? harus dingin gak tptnya? mau coba tanaman yang lebih mantab. ini masih coba2 bisa idup or kagak. heheh
madkur - 18/01/2012 09:07 PM
#514

Quote:
Original Posted By sonic-sonic
Tanamannya tgl 23 ini sebulan. shipon iya di tengah, coba2 ikutin tutorial yang ada di web org. hehe. growbednya bikin sendiri dari tiplex.. biar tahan tiplexnya di kasih waterproof dulu jadi gak cepat rusak. isinya batu semua.. (BERAT BGT).

aeratornya itu 35watt yah.. soalnya isinya banyak.... pertama pakai yang 50 watt (pinjam punya teman) setelah di coba terlalu kuat jadi di turunin ke 35watt, sepertinya bisa lebih kecil lagi. tp sudah terlanjur beli yg 35watt.

bro strawberrynya bisa gak tuh? harus dingin gak tptnya? mau coba tanaman yang lebih mantab. ini masih coba2 bisa idup or kagak. heheh


stroberynya berbunga tapi gagal berbuah(busuk bunganya),kolam & growbed full outdoor jadi kena panas ujan,tapi bunga kol putih(cauiflower) udah mau berbunga & tomat udah mulai tinggi
apakah sama juga kasus kuning daunnya?dari baca2 sih katanya memang di aquaponik sering terjadi kekurangan zat besi ato kalsium...
juman - 18/01/2012 10:10 PM
#515

Quote:
Original Posted By sonic-sonic
[youtube]dKN7Sro81Ys[/youtube]

itu yg ada angka digitalnya ph meter apa pompa om,salam kenal,saya jg baru mau coba2 hidroponik,lg cari2 info:addfriends
sonic-sonic - 18/01/2012 10:38 PM
#516

Quote:
Original Posted By juman
itu yg ada angka digitalnya ph meter apa pompa om,salam kenal,saya jg baru mau coba2 hidroponik,lg cari2 info:addfriends


bukan ph meter bro. itu automatic feeder. buat kasih ikan makan. maklum saya kerja pagi pulang sore menjelang malam. kasihan ikan2 ga dapet makan. sebenarnya videonya mau melihat auto feedernya jalan or kagak. hehe.
sonic-sonic - 18/01/2012 10:41 PM
#517

Quote:
Original Posted By madkur
stroberynya berbunga tapi gagal berbuah(busuk bunganya),kolam & growbed full outdoor jadi kena panas ujan,tapi bunga kol putih(cauiflower) udah mau berbunga & tomat udah mulai tinggi
apakah sama juga kasus kuning daunnya?dari baca2 sih katanya memang di aquaponik sering terjadi kekurangan zat besi ato kalsium...


iya katanya sih demikian. kalau saya punya kolam dan growbed semi outdoor kali yah. soalnya atasnya masih ada seng.
zat besi dan kalsium sepertinya bisa di penuhi dgn pupuk organik.. saya juga lagi berpikir ke arah sana. tapi sementara ini masih ijo aja jadi mungkin belum butuh. Peliharra ikan apa bro?
madkur - 19/01/2012 06:25 AM
#518

Quote:
Original Posted By sonic-sonic
iya katanya sih demikian. kalau saya punya kolam dan growbed semi outdoor kali yah. soalnya atasnya masih ada seng.
zat besi dan kalsium sepertinya bisa di penuhi dgn pupuk organik.. saya juga lagi berpikir ke arah sana. tapi sementara ini masih ijo aja jadi mungkin belum butuh. Peliharra ikan apa bro?

ini kolam +growbedku bro...
ALL about hidroponik
juman - 19/01/2012 10:07 AM
#519

Pagi om,tanya2 lg,hidroponik itu akarnya kerendam dalam air apa disiram aja,maksudnya akar cukup kena sedikit air apa banyak air.klo akar kerendam apa gk busuk akarnya,tq ALL about hidroponik
DJogjaKelana - 19/01/2012 10:47 AM
#520

Quote:
Original Posted By juman
Pagi om,tanya2 lg,hidroponik itu akarnya kerendam dalam air apa disiram aja,maksudnya akar cukup kena sedikit air apa banyak air.klo akar kerendam apa gk busuk akarnya,tq ALL about hidroponik


Pembahasannya udh ada beberapa halaman kebelakang om, silahkan dibaca Yb
Page 26 of 39 | ‹ First  < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik