TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 28 of 39 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›

madkur - 10/02/2012 11:38 PM
#541

Quote:
Original Posted By servant_hugi
om shere hidroponik rakit apung donk, tertarik ni p

itu pake metan lagi ga sih om? kok ane liat2 di googlee ada juga yg tanam di styroform langsung? dsini byk pake metan sekam bakar, \itu pake sekam ga bikin air butek ya om? harus pake gelembung udara? kalo iya berapa jam sekali nyala?

trus untuk persiapan bbibit ny gimna? tanem di tanah?


ini rakit apung di sistem aquaponik punyaku,semai di rockwool atau kapas filter baru di pindah styrofoam...ALL about hidroponik
methane1085 - 11/02/2012 11:14 AM
#542

Nubie numpang tanya dong Om . . Seberapa penting nya Electrical Conductivity untuk tanaman hidroponik, . . soalnya mo beli testernya muahal2 capedes
mamang.koprol - 11/02/2012 06:29 PM
#543

Quote:
Original Posted By methane1085
Nubie numpang tanya dong Om . . Seberapa penting nya Electrical Conductivity untuk tanaman hidroponik, . . soalnya mo beli testernya muahal2 capedes


anak bawang coba jawab.. mohon dikoreksi kalo salah
pake tds meter aja... 100rb-an.
karena ga pake media tanah, hara hanya didapat dari pelarutan pupuk ke air.
kalau ppm nya rendah berarti kekurangan pupuk, tumbuh merana
kalau ppm nya tinggi berarti kelebihan pupuk, tumbuh merana juga
HoshinaUtau - 20/02/2012 05:38 PM
#544

gan gw mau tanya dong,
gw dapet tugas bercocok tanam secara hidroponik.
dan kebagian untuk nanam tomat mirah.
kira2 media yang cocok apa ya sbg pengganti tanah?
air? arang? rotan?
trus kira2 berapa lama ya nanamnya?
harus kelar dalam 3 bulan lebih dikit nih \(
mamang.koprol - 20/02/2012 07:54 PM
#545

Quote:
Original Posted By HoshinaUtau
gan gw mau tanya dong,
gw dapet tugas bercocok tanam secara hidroponik.
dan kebagian untuk nanam tomat mirah.
kira2 media yang cocok apa ya sbg pengganti tanah?
air? arang? rotan?
trus kira2 berapa lama ya nanamnya?
harus kelar dalam 3 bulan lebih dikit nih \(


mungkin bisa pake fertigasi. media arang sekam + batu kerikil.

hidroponik @ FB
pdo3004 - 08/03/2012 01:09 PM
#546

Agan-agan, ada newbi nih .....

saya mau tanya (pingin belajar bertani)
Apa kegunaan rockwool bisa untuk tanaman yang tidak tahan air?
Dimana untuk mendapatkannya ?
Berapa harga per kg ?

Untuk media tanam yang hanya air, seperti nanam selada .....
apakah air tsb ada campurannya ? apa saja ?
bila mencampur pupuk organik (cair) berapa lama sekali dan
berapa dosisnya ?
thanks
Arteroz - 08/03/2012 05:02 PM
#547

Quote:
Original Posted By pdo3004
Agan-agan, ada newbi nih .....

saya mau tanya (pingin belajar bertani)
Apa kegunaan rockwool bisa untuk tanaman yang tidak tahan air?
Dimana untuk mendapatkannya ?
Berapa harga per kg ?

Untuk media tanam yang hanya air, seperti nanam selada .....
apakah air tsb ada campurannya ? apa saja ?
bila mencampur pupuk organik (cair) berapa lama sekali dan
berapa dosisnya ?
thanks


mau bertani hidroponik atau gimana niy om..?
emang mau hydroponikin taneman apa kok g' suka air..?
kalau g' suka air mending nutrisi hydroponik di jadiin pupuk aja terus di guyur ke media tanam
rockwoll sifatnya menyerap dan mengikat air kalau mau buat yg g' suka air y pake pasir malang aja yg porositas tinggi..
bold : pertanyaan haram niy soal harga cek FJB kaskus aje y om \)

aeroponik maksudnya om..?
y jelas pasti ada om yaitu unsur hara, hidropinik bukan bercocok tanam pure dengan air om tapi dengan media air yang mengandung nutrisi dan hara yang dibutuhkan tanaman..
g' usahh di campur2 apa2 lagi om kalau udah ada nutrisinya tercukupi, buang2 duit..
CMIIW
kojek1881 - 09/03/2012 12:51 AM
#548

Newbie coba nambahin jawaban diatas

Quote:
Original Posted By pdo3004
Agan-agan, ada newbi nih .....

saya mau tanya (pingin belajar bertani)
Apa kegunaan rockwool bisa untuk tanaman yang tidak tahan air?
Dimana untuk mendapatkannya ?
Berapa harga per kg ?

Untuk media tanam yang hanya air, seperti nanam selada .....
apakah air tsb ada campurannya ? apa saja ?
bila mencampur pupuk organik (cair) berapa lama sekali dan
berapa dosisnya ?
thanks


- Rockwool biasanya cuma untuk pembibitan, untuk tanaman yang tidak tahan air, seperti tanaman umbi2an (kentang misalnya), bisa pake aeroponik.
- Pada hidroponik, airnya tentu harus ada unsur haranya. Berikan nutrisi hidroponik yang sesuai untuk tanamannya atau bisa membuat nutrisi hidroponik sendiri.
- Bila menambahkan pupuk organik cair, perhatikan kandungan nutrisinya seperti yang tertera di kemasan. Bila ada unsur hara yang dibutuhkan tanaman kurang, tambahkan dengan pupuk kimia yang larut air.
pdo3004 - 10/03/2012 01:37 PM
#549

terimakasih gan ...
jadi tambah paham ...

iya saya punya beberapa pohon pepaya sudah agar besar
mau mindah ke tanah, tapi tanahnya ternyata keras .......
jadi bingung .... kemarin ada yg ngasih tahu, pakai pot besar
gpp ..... ini lagi nyari ember bekas cat 25kg-an ..... tadi
jalan2 ke pasar baru nemu dikit, masih kurang banyak \)
ditanam model hidoponik ya ?
campuran airnya dikasih pupuk apa gan ?
4tul97 - 12/03/2012 03:24 PM
#550
Pembibitan...
om mo tanya nih misal pas pembibitan tu pake pupuk kimia biar cpt trus dipindah ke sistem hidroponik misal sistem apung kira2 gmn om??bisa hidup gak??klo misal pake Pupuk hdroponik tw pupuk kandang kok kayake lama ya mulai dari biji mpe kecambah...
kojek1881 - 13/03/2012 05:27 AM
#551

Para master udah jarang OL ya... bingung:

Quote:
Original Posted By pdo3004
terimakasih gan ...
jadi tambah paham ...

iya saya punya beberapa pohon pepaya sudah agar besar
mau mindah ke tanah, tapi tanahnya ternyata keras .......
jadi bingung .... kemarin ada yg ngasih tahu, pakai pot besar
gpp ..... ini lagi nyari ember bekas cat 25kg-an ..... tadi
jalan2 ke pasar baru nemu dikit, masih kurang banyak \)
ditanam model hidoponik ya ?
campuran airnya dikasih pupuk apa gan ?


Ane nubi Peace:, lom pernah liat hidroponik pepaya bingungs


Quote:
Original Posted By 4tul97
om mo tanya nih misal pas pembibitan tu pake pupuk kimia biar cpt trus dipindah ke sistem hidroponik misal sistem apung kira2 gmn om??bisa hidup gak??klo misal pake Pupuk hdroponik tw pupuk kandang kok kayake lama ya mulai dari biji mpe kecambah...


Bisa tuh. Bisanya beli bibit trus cuci akarnya sampai bersih en pindah ke hidroponik (curang ya.. :Peace\)
4tul97 - 13/03/2012 09:31 AM
#552
Pembibitan...
Quote:
Original Posted By kojek1881
Para master udah jarang OL ya... bingung:



Ane nubi Peace:, lom pernah liat hidroponik pepaya bingungs




Bisa tuh. Bisanya beli bibit trus cuci akarnya sampai bersih en pindah ke hidroponik (curang ya.. :Peace\)


Yang saya maksud adalah apakah akan terjadi ketergantungan pada pupuk kimia tu sehingga pas dipindah bisa malah layu tw dapat diterima dengan baik bingung
kojek1881 - 13/03/2012 03:58 PM
#553

Quote:
Original Posted By 4tul97
Yang saya maksud adalah apakah akan terjadi ketergantungan pada pupuk kimia tu sehingga pas dipindah bisa malah layu tw dapat diterima dengan baik bingung


Nggaklah om, toh pupuk hidroponik unsur haranya sudah disesuaikan untuk tanaman ybs. Nanem apa sih om? Pernah saya ngecambahin slada, tomat & melon, pupuk yang digunakan cuma pupuk NPK sampai keluar daun sejatinya. Nggak ada masalah waktu dipindah ke hidroponik Yb,

Saya cuma nggak sabar nunggu pembibitan, trus beli bibit yang udah jadi. Yang jual tuh pembibitannya juga pakai pupuk kimia Peace:.
4tul97 - 15/03/2012 08:51 PM
#554
Benih...
Quote:
Original Posted By kojek1881


Nggaklah om, toh pupuk hidroponik unsur haranya sudah disesuaikan untuk tanaman ybs. Nanem apa sih om? Pernah saya ngecambahin slada, tomat & melon, pupuk yang digunakan cuma pupuk NPK sampai keluar daun sejatinya. Nggak ada masalah waktu dipindah ke hidroponik Yb,

Saya cuma nggak sabar nunggu pembibitan, trus beli bibit yang udah jadi. Yang jual tuh pembibitannya juga pakai pupuk kimia Peace:.


Pernah buat pembibitan cabe pertama make pupuk kimia yang ada dipasaran ok aj tapi pas dipindah gak sampe 2minggu udh layu gak tahu kenapa padahal udh pas lo takaran pupuk hidroponiknya,jadi bingung jadi klo buat nanem cabe tw tomat gak berani pake hidroponik om...
madkur - 17/03/2012 09:21 PM
#555

Quote:
Original Posted By 4tul97
Pernah buat pembibitan cabe pertama make pupuk kimia yang ada dipasaran ok aj tapi pas dipindah gak sampe 2minggu udh layu gak tahu kenapa padahal udh pas lo takaran pupuk hidroponiknya,jadi bingung jadi klo buat nanem cabe tw tomat gak berani pake hidroponik om...


lha memang hidroponik gak pake pupuk kimia?bingungs
kojek1881 - 18/03/2012 07:28 PM
#556
Udah 3 hari kaskus kepenuhan melulu..
Quote:
Original Posted By 4tul97
Pernah buat pembibitan cabe pertama make pupuk kimia yang ada dipasaran ok aj tapi pas dipindah gak sampe 2minggu udh layu gak tahu kenapa padahal udh pas lo takaran pupuk hidroponiknya,jadi bingung jadi klo buat nanem cabe tw tomat gak berani pake hidroponik om...


Quote:
Original Posted By madkur
lha memang hidroponik gak pake pupuk kimia?bingungs


Betul om, pupuk hidroponik dibuat dari bahan2 kimia yang biasanya kualitasnya lebih bagus daripada pupuk pertanian (makanya harganya lebih mahal berdukas).
Kalo sampai layu berarti nutrisi tidak sampai ke tanaman. Coba cek perakarannya (akar yang sehat harusnya berwarna putih).
mamang.koprol - 18/03/2012 08:49 PM
#557

Quote:
Original Posted By 4tul97


Pernah buat pembibitan cabe pertama make pupuk kimia yang ada dipasaran ok aj tapi pas dipindah gak sampe 2minggu udh layu gak tahu kenapa padahal udh pas lo takaran pupuk hidroponiknya,jadi bingung jadi klo buat nanem cabe tw tomat gak berani pake hidroponik om...


cabe hidroponik punyanya om RJ -palu

ALL about hidroponik

akarnya
[img]https://fbcdn-sphotos-a.akamaihd.net/hphotos-ak-snc7/s720x720/420472_2776939712593_1531135624_32 062928_308076881_n.jpg
[/img]

hasbindra - 19/03/2012 11:04 AM
#558

Quote:
Original Posted By 4tul97
Pernah buat pembibitan cabe pertama make pupuk kimia yang ada dipasaran ok aj tapi pas dipindah gak sampe 2minggu udh layu gak tahu kenapa padahal udh pas lo takaran pupuk hidroponiknya,jadi bingung jadi klo buat nanem cabe tw tomat gak berani pake hidroponik om...


maksudnya ini dpindah ke tanah om y?udah gak pake metode hidroponik lg gt?
4tul97 - 26/03/2012 03:59 AM
#559
Layu...
Quote:
Original Posted By kojek1881




Betul om, pupuk hidroponik dibuat dari bahan2 kimia yang biasanya kualitasnya lebih bagus daripada pupuk pertanian (makanya harganya lebih mahal berdukas).
Kalo sampai layu berarti nutrisi tidak sampai ke tanaman. Coba cek perakarannya (akar yang sehat harusnya berwarna putih).


mungkin sh om la keburu esmosi jadi gak sempet ngecek akarnya langsung dibuang,ntar coba tanam lagi moga berhasil...
JungleBoy77 - 05/05/2012 01:33 PM
#560

coba coba hidroponik Figtree
system DWC
Spoiler for DWC Figtree - Red Turkey

ALL about hidroponik
Page 28 of 39 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik