TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 35 of 39 | ‹ First  < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > 

ichaljali - 22/07/2012 12:21 PM
#681

Quote:
Original Posted By lareusing
itu bukan poto ane gan D
ane nanya juga karena ane nubi Yb

ini pertanyaan sekalian ane bikin gambarnya, maklum belum paham bahasa hidroponik \(

Spoiler for Pertanyaan+Gambar 1

ALL about hidroponik

Sejauh yang ane paham aja ya gan :

[*]Pipa Udara
[*]Metan (Media Tanah)
[*]Selang
[*]Nutrisi
[*]Selang
[*]Pot bolong-bolong
[*]Pipa
[*]Kompresor
[*]Colokan



Itu gambaran ane tentang hidroponik setelah lihat video disini :
[spoiler=YOUTUBE][youtube]105e3eALKPs[/youtube]
PERTANYAAN :

[*]Di E (Dobel Selang), itu apa mengambil air dari nutrisi yang bawah? didorong oleh kompresor?
[*]Kegunaan dari Pipa Udara (A), untuk apa gan/sis?

[/spoiler]
Spoiler for Pertanyaan+Gambar 2

ALL about hidroponik

Yang ini pake botol Aqua. Perbedaan dengan yang atas berarti air+nutrisi dalam keadaan diam? Apakah supaya larutan nutrisi bisa diserap oleh metan, digunakan sumbu/kain?


yang pertama gak tau hehe capedes
yang kedua bisa pake sumbu bisa juga tidak, tergantung metannya, kalo media cukup porous gak pake sumbu bisa kok
vinyet - 22/07/2012 12:23 PM
#682

wah pengen belajar hidroponik nih....deket2 mojokerto sp yah gan?sp tw bisa mampir
lareusing - 22/07/2012 01:53 PM
#683

Quote:
Original Posted By achiepanita
klo yang pertama teh ribet pisan, nyari yang simple aja om..
klo yang kedua malah lebih mirip SIP hehehe D


Quote:
Original Posted By ichaljali
yang pertama gak tau hehe capedes
yang kedua bisa pake sumbu bisa juga tidak, tergantung metannya, kalo media cukup porous gak pake sumbu bisa kok


ow gitu ya, emang sih sambil lihat di SIP D

BETUL atau TIDAK ?
jadi maksud ane, gambar atas (1) larutan nutrisi (yg bawah) itu dibuat bergelombang/gelembung udara (seperti di akuarium) dengan menggunakan kompresor, apakah ini juga disebut dengan hidroponik?

Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 1
ALL about hidroponik

Dengan cara ini berarti air merembes ke metan dan merembes terbuang ke bawah, begitu kan?


Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 2
ALL about hidroponik

Apakah ini dibuat dengan satu tetesan/aliran dari atas dan larutan merembes sambung menyambung (Botol plastik bekas) ke bawah ?

* maap gan/sis, kalo ane bawel capedes
JungleBoy77 - 22/07/2012 03:17 PM
#684

Quote:
Original Posted By lareusing




ow gitu ya, emang sih sambil lihat di SIP D

BETUL atau TIDAK ?
jadi maksud ane, gambar atas (1) larutan nutrisi (yg bawah) itu dibuat bergelombang/gelembung udara (seperti di akuarium) dengan menggunakan kompresor, apakah ini juga disebut dengan hidroponik?

Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 1
ALL about hidroponik

Dengan cara ini berarti air merembes ke metan dan merembes terbuang ke bawah, begitu kan?


Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 2
ALL about hidroponik

Apakah ini dibuat dengan satu tetesan/aliran dari atas dan larutan merembes sambung menyambung (Botol plastik bekas) ke bawah ?

* maap gan/sis, kalo ane bawel capedes

gambar atas dan bawah, kalo saya nyebutnya fertigasi, bisa disebut hydroponik, kalo media yg digunakan bukan tanah, misal sekam bakar , perlite, rockwool, cocopeat, dll . CMIIW
achiepanita - 23/07/2012 08:54 AM
#685

Quote:
Original Posted By lareusing
ow gitu ya, emang sih sambil lihat di SIP D

BETUL atau TIDAK ?
jadi maksud ane, gambar atas (1) larutan nutrisi (yg bawah) itu dibuat bergelombang/gelembung udara (seperti di akuarium) dengan menggunakan kompresor, apakah ini juga disebut dengan hidroponik?

Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 1
ALL about hidroponik

Dengan cara ini berarti air merembes ke metan dan merembes terbuang ke bawah, begitu kan?


Spoiler for GAMBAR - Cara Tetes 2
ALL about hidroponik

Apakah ini dibuat dengan satu tetesan/aliran dari atas dan larutan merembes sambung menyambung (Botol plastik bekas) ke bawah ?

* maap gan/sis, kalo ane bawel capedes

udah djwb nie..
v
v
v
v

Quote:
Original Posted By JungleBoy77
gambar atas dan bawah, kalo saya nyebutnya fertigasi, bisa disebut hydroponik, kalo media yg digunakan bukan tanah, misal sekam bakar , perlite, rockwool, cocopeat, dll . CMIIW



yang jelas metannya bukan tanah/ bahan yang mengandung unsur hara, jadi tumbuhan mendapat unsur hara ya satu2nya dari air nutrisi.
lareusing - 23/07/2012 11:35 AM
#686

mantab!

media dan nutrisi, itu kuncinya hidroponik D
soal gimana ngaturnya, yang penting 2 point di atas ada
ya wis lah, seperti kat sis achi, nyoba dulu yg sederhana

thx all
lareusing - 23/07/2012 11:36 AM
#687

waduh, dobol post capedes
ichaljali - 23/07/2012 05:01 PM
#688

Quote:
Original Posted By lareusing
mantab!

media dan nutrisi, itu kuncinya hidroponik D
soal gimana ngaturnya, yang penting 2 point di atas ada
ya wis lah, seperti kat sis achi, nyoba dulu yg sederhana

thx all


betul om, kalo mau coba mulai dari yg simpel dulu aja \)
sy juga modal nekat coba anggrek hidroponik,
achiepanita - 23/07/2012 10:10 PM
#689

Quote:
Original Posted By lareusing
mantab!

media dan nutrisi, itu kuncinya hidroponik D
soal gimana ngaturnya, yang penting 2 point di atas ada
ya wis lah, seperti kat sis achi, nyoba dulu yg sederhana

thx all


hadeeeeh.. panggilannya sis achi :nohope
hom3coming - 24/07/2012 01:11 PM
#690

Quote:
Original Posted By celciuscorp


uda coba ke agrifarm?
no tlpnya 085693322285

kemaren sy beli pupuk hidroponik.. kebetulan saya di bogor, jadi langsung sy samperin aj..

dia ada rockwool..

tapi katanya klo mau komplit minggu depan lagi sih..


agrifarm ini bogornya sebelah mana gan? malus
di web nya sih jalan pajajaran, tapi yang sebelah mana ane ga taucapedes
mamang.koprol - 24/07/2012 01:15 PM
#691

Quote:
Original Posted By ichaljali
betul om, kalo mau coba mulai dari yg simpel dulu aja \)
sy juga modal nekat coba anggrek hidroponik,


ALL about hidroponik
achiepanita - 25/07/2012 09:53 AM
#692

tomato pindah rumah D
Spoiler for polibag 35
ALL about hidroponik
kojek1881 - 26/07/2012 12:04 AM
#693

Quote:
Original Posted By achiepanita
tomato pindah rumah D
Spoiler for polibag 35
ALL about hidroponik


Numpang nanya om, medianya pake apa ?
achiepanita - 26/07/2012 01:33 PM
#694

Quote:
Original Posted By kojek1881
Numpang nanya om, medianya pake apa ?


saya mah tanteee... cd

pake sekam mentah doang om..
kojek1881 - 26/07/2012 11:44 PM
#695

Quote:
Original Posted By achiepanita
saya mah tanteee... cd

pake sekam mentah doang om..


Sorry.., sorry tante Peace:
Apa kalo pakai media organik kayak gitu nggak terjadi defisiensi unsur hara, terutama kalsium dan boron ?
Ane nggak pernah berhasil nanem tomat pakai media organik nohope:
ichaljali - 26/07/2012 11:56 PM
#696

Quote:
Original Posted By kojek1881
Sorry.., sorry tante Peace:
Apa kalo pakai media organik kayak gitu nggak terjadi defisiensi unsur hara, terutama kalsium dan boron ?
Ane nggak pernah berhasil nanem tomat pakai media organik nohope:


coba bantu jawab ya, media sekam itu salah satu media hidroponik, sumber haranya bukan pada medianya tapi pada nutrisi hidro yang di siramkan atau di tambahkan ke media. selama penyiraman nutrisi lancar teratur tanaman gak akan kekurangan unsur hara... cmiiw
lareusing - 27/07/2012 12:22 PM
#697

ane coba pake cara ini :

Spoiler for TESTING
ALL about hidroponik
ga pake nutrisi, tapi air saja (hanya untuk tes) dan kuberi sumbu untuk penyerapan airnya. berikut di ujung tutup botol (bawah) dan agak ke atas ane kasih lubang2.
tapi kok serapannya ga nyampe ke atas ya? pendek sekali penyerapannya? ada yang kurang kah? bingungs

Sama persis seperti ini :
Spoiler for gambar
ALL about hidroponik

ALL about hidroponik

ALL about hidroponik
ghe-na - 27/07/2012 12:34 PM
#698

Quote:
Original Posted By lareusing
ane coba pake cara ini :

Spoiler for TESTING
ALL about hidroponik
ga pake nutrisi, tapi air saja (hanya untuk tes) dan kuberi sumbu untuk penyerapan airnya. berikut di ujung tutup botol (bawah) dan agak ke atas ane kasih lubang2.
tapi kok serapannya ga nyampe ke atas ya? pendek sekali penyerapannya? ada yang kurang kah? bingungs

Sama persis seperti ini :
Spoiler for gambar
ALL about hidroponik

ALL about hidroponik

ALL about hidroponik


sumbu nya dikasih apa om? sejauh ini yang saya praktekin, klo make sumbu kompor emang penyerapan kurang efektif... makanya kemarin saya disaranin pake sumbu dari kain flanel, daya serapnya top markotop :thumbup
ichaljali - 27/07/2012 03:36 PM
#699

Quote:
Original Posted By lareusing
ane coba pake cara ini :

Spoiler for TESTING
ALL about hidroponik
ga pake nutrisi, tapi air saja (hanya untuk tes) dan kuberi sumbu untuk penyerapan airnya. berikut di ujung tutup botol (bawah) dan agak ke atas ane kasih lubang2.
tapi kok serapannya ga nyampe ke atas ya? pendek sekali penyerapannya? ada yang kurang kah? bingungs

Sama persis seperti ini :
Spoiler for gambar
ALL about hidroponik

ALL about hidroponik

ALL about hidroponik


metannya pakai apa om, setahu saya selain sumbu metan yang porous juga berpengaruh loh...
lareusing - 27/07/2012 08:10 PM
#700

Quote:
Original Posted By ghe-na
sumbu nya dikasih apa om? sejauh ini yang saya praktekin, klo make sumbu kompor emang penyerapan kurang efektif... makanya kemarin saya disaranin pake sumbu dari kain flanel, daya serapnya top markotop :thumbup


bener gan, ane pake sumbu kompor. setelah itu pake kain lap ngakak
flanel? kanebo bisa dipake ga?? bingungs
oke gan, ane cari2 dulu. sapa tau emak punya Yb
thx gan

Quote:
Original Posted By ichaljali
metannya pakai apa om, setahu saya selain sumbu metan yang porous juga berpengaruh loh...


metan :

[*]sekam bakar
[*]kompos daun (buat sendiri) dikit
[*]cocopeat



---

tadi ane lihat di yutub, gambarnya kira2 begini :
Spoiler for GAMBAR
ALL about hidroponik

emang plastik lobang2 (PLASTIC WINDOW SCREEN) gitu ada ya? setau ane sih kawat.
Page 35 of 39 | ‹ First  < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > 
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik