TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik
Total Views: 45884 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 36 of 39 | ‹ First  < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > 

kojek1881 - 28/07/2012 12:10 AM
#701

Quote:
Original Posted By ichaljali
coba bantu jawab ya, media sekam itu salah satu media hidroponik, sumber haranya bukan pada medianya tapi pada nutrisi hidro yang di siramkan atau di tambahkan ke media. selama penyiraman nutrisi lancar teratur tanaman gak akan kekurangan unsur hara... cmiiw


Boleh jadi kalo pakai nutrisi komersial nggak masalah. Ane nekat nyampur nutrisi sendiri biar murah hammer: Ntar ane upload potonya antara pake media organik (cocopeat) dibandingkan pakai media anorganik (zeolit). Mau upload sekarang kaskus error mulunohope:
SeTECH - 28/07/2012 02:42 PM
#702

Quote:
Original Posted By lareusing

emang plastik lobang2 (PLASTIC WINDOW SCREEN) gitu ada ya? setau ane sih kawat.


Coba ke toko bahan bangunan dan nanya kawat/kasa nyamuk tp yg dr plastik.
Biasanya dipajang dlm bentuk gulungan dan bs dibeli per meter

http://khedanta.wordpress.com/2011/08/03/cara-membuat-layar-kawat-nyamuk-untuk-jendela-dan-ventilasi/
lareusing - 29/07/2012 07:08 PM
#703

Quote:
Original Posted By SeTECH
Coba ke toko bahan bangunan dan nanya kawat/kasa nyamuk tp yg dr plastik.
Biasanya dipajang dlm bentuk gulungan dan bs dibeli per meter

http://khedanta.wordpress.com/2011/08/03/cara-membuat-layar-kawat-nyamuk-untuk-jendela-dan-ventilasi/


sep2. belum sempat nyari gan, tapi infonya membantu banget. thx gan

sekedar info :
ane coba menanam jahe dari awal (masih bentuk jahe) dan ane tanam ke metan arang sekam, kompos daun dan cocopeat (2:1:1)

nutrisi ane beri POC saja dengan sistem manual dan fertigasi (masing2 lima polybag), 1 hari sekali ane siram. setelah seminggu, tunas/trubus jahe mulai muncul dan saat ini sudah memulai membentuk batang.

padahal sebelumnya ane coba di metan tanah+pupuk kandang, ga pernah nongol

sementara ini ga bisa dibilang bagus, karena belum memberi hasil sampe akhir. tapi bila bisa digunakan sebagai pengganti nutrisi AB Mix hidroponik, paling ga meminimalkan pengeluaran nutrisi Yb

*kamera lagi serpis, belum ada gambarnya

Spoiler for Kira2 yag fertigasi gini
ALL about hidroponik

*namanya fertigasi spon D
ichaljali - 02/08/2012 06:56 PM
#704

simpel hidroponik cabe

ALL about hidroponik

di bungkus biar gak lumutan
ALL about hidroponik
pawpaw.00 - 06/08/2012 02:13 AM
#705

tertarik sistem hidroponik...
lihat2 dulu neh ALL about hidroponik

Quote:
Original Posted By ichaljali
simpel hidroponik cabe

ALL about hidroponik

di bungkus biar gak lumutan
ALL about hidroponik



wow simpel tapi rapi om ALL about hidroponik
nutrisinya nyampur sendiri atw beli om ichal?
SeTECH - 06/08/2012 09:10 AM
#706

Quote:
Original Posted By ichaljali
simpel hidroponik cabe

ALL about hidroponik

di bungkus biar gak lumutan
ALL about hidroponik


om ichal, yg pita biru itu bahan apa ya? apa memang ada dijual khusus seperti itu? (soalnya saya liat paktani make pita yg sama tp warna pink)
ichaljali - 06/08/2012 03:49 PM
#707

Quote:
Original Posted By pawpaw.00
tertarik sistem hidroponik...
lihat2 dulu neh ALL about hidroponik


wow simpel tapi rapi om ALL about hidroponik
nutrisinya nyampur sendiri atw beli om ichal?


makasih Om, baru belajar nih, coba yg simel2 aja \)
nutrisinya beli Om, mau bikin gak punya timbangan digitalnya capedes

Quote:
Original Posted By SeTECH
om ichal, yg pita biru itu bahan apa ya? apa memang ada dijual khusus seperti itu? (soalnya saya liat paktani make pita yg sama tp warna pink)


Pak Tani? itu kain flanel Om, kebetulan ada di rumah, banyak kok di jual coba aja mampir ke toko kain ato toko buku
sbelumnya pernah pake sumbu kompor tp cepet hancur
pawpaw.00 - 06/08/2012 09:02 PM
#708

Quote:
Original Posted By lareusing
sep2. belum sempat nyari gan, tapi infonya membantu banget. thx gan

sekedar info :
ane coba menanam jahe dari awal (masih bentuk jahe) dan ane tanam ke metan arang sekam, kompos daun dan cocopeat (2:1:1)

nutrisi ane beri POC saja dengan sistem manual dan fertigasi (masing2 lima polybag), 1 hari sekali ane siram. setelah seminggu, tunas/trubus jahe mulai muncul dan saat ini sudah memulai membentuk batang.

padahal sebelumnya ane coba di metan tanah+pupuk kandang, ga pernah nongol

sementara ini ga bisa dibilang bagus, karena belum memberi hasil sampe akhir. tapi bila bisa digunakan sebagai pengganti nutrisi AB Mix hidroponik, paling ga meminimalkan pengeluaran nutrisi Yb

*kamera lagi serpis, belum ada gambarnya

Spoiler for "Kira2 yag fertigasi gini"
ALL about hidroponik

*namanya fertigasi spon D


tanya om..
keluarnya nutrisi/ POC pake sistem ini stabil gak?
maksudnya jumlah keluarnyaALL about hidroponik

Quote:
Original Posted By ichaljali
makasih Om, baru belajar nih, coba yg simel2 aja \)
nutrisinya beli Om, mau bikin gak punya timbangan digitalnya capedes


Pak Tani? itu kain flanel Om, kebetulan ada di rumah, banyak kok di jual coba aja mampir ke toko kain ato toko buku
sbelumnya pernah pake sumbu kompor tp cepet hancur


iya, akhir2 ini flanel konon paling bagus nyerap & daya tahannya :2thumbup
lareusing - 06/08/2012 11:13 PM
#709

Quote:
Original Posted By pawpaw.00
tanya om..
keluarnya nutrisi/ POC pake sistem ini stabil gak?
maksudnya jumlah keluarnyaALL about hidroponik



iya, akhir2 ini flanel konon paling bagus nyerap & daya tahannya :2thumbup


akan stabil bila ditanam pada metan yang lebih banyak rongga udara.
ane pake cara ini di metan arang sekam+cocopeat (1:1) sangat tidak stabil alias sering macet
terus ane coba perbanyak sekam arang (3:1), ngalirnya lancar2 saja.

tapi, cara ini ga ane rekomendasikan Yb
----
oh ya gan, ane masih bingung pemberian nutrisi AB mix pada tiap tanaman
katakan saja cabe dan tomat
di masa vegetatif, apakah nutrisi yang diberikan (tiap tanaman) berbeda ukuran ppm-nya? kalau beda, aturan/jadwalnya gimana? berikut masa generatif-nya.
misal :
10 hari setelah tanam, nutrisi sekian ppm
30 hari setelah tanam, nutrisi sekian ppm
hingga panen

ane udah pusing nyari2 di google ga nemu2 capedes
yang jelas ane sambil coba, tapi paling ga, ane tahu patokan ukuran baku untuk cabe
thx
ichaljali - 07/08/2012 01:52 PM
#710

Quote:
Original Posted By lareusing
akan stabil bila ditanam pada metan yang lebih banyak rongga udara.
ane pake cara ini di metan arang sekam+cocopeat (1:1) sangat tidak stabil alias sering macet
terus ane coba perbanyak sekam arang (3:1), ngalirnya lancar2 saja.

tapi, cara ini ga ane rekomendasikan Yb
----
oh ya gan, ane masih bingung pemberian nutrisi AB mix pada tiap tanaman
katakan saja cabe dan tomat
di masa vegetatif, apakah nutrisi yang diberikan (tiap tanaman) berbeda ukuran ppm-nya? kalau beda, aturan/jadwalnya gimana? berikut masa generatif-nya.
misal :
10 hari setelah tanam, nutrisi sekian ppm
30 hari setelah tanam, nutrisi sekian ppm
hingga panen

ane udah pusing nyari2 di google ga nemu2 capedes
yang jelas ane sambil coba, tapi paling ga, ane tahu patokan ukuran baku untuk cabe
thx


boleh tau Om untuk cabe berapa takarannyanya? ngukur ppm-nya gimana? thx
SeTECH - 07/08/2012 07:24 PM
#711

Quote:
Original Posted By ichaljali
Pak Tani? itu kain flanel Om, kebetulan ada di rumah, banyak kok di jual coba aja mampir ke toko kain ato toko buku
sbelumnya pernah pake sumbu kompor tp cepet hancur


Iya om, paktani hydrofarm, group di FB yg membahas ttg hidroponok dan semacamnya.

kain flanel ya namanya, sip2
Tq infonya om shakehand
pdo3004 - 08/08/2012 04:51 PM
#712

Quote:
Original Posted By SugengWidyarso
Banyak kok Om, di Paktani (kl gak salah Kebumen) ada, di Agrifam (Bogor) jg ada, kl saya karena deket ama Parung Hydroponik kemarin nenteng jeriken pulangnya bawa @ 5 liter (A dan B) dg mas kimpoi ala kadarnya he he he .. Salam kenal ya Om malus:genits


sekedar meluruskan, Paktani lokasi di Wonogiri, yg di Kebumen saya \)
SeTECH - 09/08/2012 01:32 PM
#713

Ok, jadi rockwool pesanan saya akhirnya sampai
Selama ini saya kira rockwool itu wujudnya keras, mirip2 spons busa gitu lah. Tapi ternyata lebih mirip busa isi sofa yg udah bulukan dan kalo dipelintir2 pake jempol dan telunjuk bisa ancur jd serat2 halus

Apa yg saya beli itu beneran rockwool? bingung
Hehehe, takut salah nih om-om sekalian
achiepanita - 09/08/2012 10:35 PM
#714

Quote:
Original Posted By SeTECH
Ok, jadi rockwool pesanan saya akhirnya sampai
Selama ini saya kira rockwool itu wujudnya keras, mirip2 spons busa gitu lah. Tapi ternyata lebih mirip busa isi sofa yg udah bulukan dan kalo dipelintir2 pake jempol dan telunjuk bisa ancur jd serat2 halus

Apa yg saya beli itu beneran rockwool? bingung
Hehehe, takut salah nih om-om sekalian


kan emang seratnya g beraturan om.. \)

==================================

mau nanem sawi ah
Spoiler for persiapan
ALL about hidroponik


pakcoy hidro saya
Spoiler for alus
ALL about hidroponik


belum sempat poto2 lagi malus
SeTECH - 10/08/2012 04:29 AM
#715

Quote:
Original Posted By achiepanita
kan emang seratnya g beraturan om.. \)

Jd memang wujudnya kayak busa sofa gitu ya? D

O ya, papan styrofoam yg tebel belinya dimana ya? Saya cuma nemu papan styrofoam yg tipis di toko alat tulis
ghe-na - 10/08/2012 12:17 PM
#716

Quote:
Original Posted By SeTECH
Jd memang wujudnya kayak busa sofa gitu ya? D

O ya, papan styrofoam yg tebel belinya dimana ya? Saya cuma nemu papan styrofoam yg tipis di toko alat tulis


katanya sih beli di toko bunga2 kertas gitu om...
saya juga blom nemu di kota saya, alhasil mulung styro ke yang jual buah malus
Penjelajah2012 - 10/08/2012 01:28 PM
#717

Quote:
Original Posted By SeTECH
Jd memang wujudnya kayak busa sofa gitu ya? D

O ya, papan styrofoam yg tebel belinya dimana ya? Saya cuma nemu papan styrofoam yg tipis di toko alat tulis


Di toko ikan hias juga ada.. \)

minta yg tebelnya 2 cm yg buat tatakan akuarium besar.. D
achiepanita - 10/08/2012 02:57 PM
#718

Quote:
Original Posted By SeTECH
Jd memang wujudnya kayak busa sofa gitu ya? D

O ya, papan styrofoam yg tebel belinya dimana ya? Saya cuma nemu papan styrofoam yg tipis di toko alat tulis

ada om di toko alat tulis yg grosir gedhe, yg tebelnya sampe 5cm ada koq
Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Di toko ikan hias juga ada.. \)

minta yg tebelnya 2 cm yg buat tatakan akuarium besar.. D

klo buat wick yg pot 2cm kurang om (kata temen sie) belum eksperimen sendiri D
ichaljali - 10/08/2012 06:10 PM
#719

Quote:
Original Posted By SeTECH
Jd memang wujudnya kayak busa sofa gitu ya? D

O ya, papan styrofoam yg tebel belinya dimana ya? Saya cuma nemu papan styrofoam yg tipis di toko alat tulis


emang susah cari yg tebel kalopun ada harga mahal dan ada jumlah minimal kalo mau beli, daripada repot sy pake yag biasa aja (yg tipis) trus di tempel dah capedes biar tebel
lareusing - 11/08/2012 08:36 PM
#720

Quote:
Original Posted By ichaljali
boleh tau Om untuk cabe berapa takarannyanya? ngukur ppm-nya gimana? thx


belum berani coba \(
nutrisi udah beli, tapi mau nyoba aja takutnya ga kelar2 \(
--
bila memang A:5ml dan B:5ml, tapi kan nutrisinya itu bubuk, bukan cair.
ok, ane siapin air bersih masing2 5 ml, tapi pas mau masukin nutrisi A+B ke masing2 wadah 5ml itu, ane bingung. masing2 A+B berapa sendok/banyak?

ok, ada EC meter + TDS. tapi sebelum mencoba, ane pengen tahu, biasanya per 5ml itu berapa banyak serbuk A/B yang dimasukkan?
sekalian, untuk vegetatif+generatif cabe dibutuhkan berapa ppm tiap2 fase/tanaman?
Spoiler for Shared

Gambar :
ALL about hidroponik

* weleh, ada marijuana juga capedes

ALL about hidroponik

Download Excel :
ppM.rar
Page 36 of 39 | ‹ First  < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > 
Home > LOEKELOE > TANAMAN > ALL about hidroponik