BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Kosasih-Gozali fans; "Detektif"-nya Indonesia, by S. Mara Gd.
Total Views: 1529 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 8 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8

Teenth - 23/08/2012 10:58 PM
#141

ngakak gw baca trit ini dari pejwan. Novel ini duluuuuu banget pernah gw baca sekitar 15 thn lalu. Saat itu gw masih SMU. Bisa bayangin berapa umur gw skrg hehehe.... Paling ga suka kisah roman Dessy dengan si PAklik, aneh aja. Ada yang inget nama Masnya dessy, kayaknya namanya Bambaaangg.....bener ga sih???
ngakak
thebanteng - 24/08/2012 11:38 AM
#142

Ane cuma pernah baca satu buku doang yang Dian Yang Padam, pinjem dari perpustakaan daerah pas sd kelas 6 ngakak

Sekarang masih ada yang jual ga ya ? atau ada yang punya link ebook nya malus
daninoviandi - 25/08/2012 07:09 PM
#143

Quote:
Original Posted By Teenth
ngakak gw baca trit ini dari pejwan. Novel ini duluuuuu banget pernah gw baca sekitar 15 thn lalu. Saat itu gw masih SMU. Bisa bayangin berapa umur gw skrg hehehe.... Paling ga suka kisah roman Dessy dengan si PAklik, aneh aja. Ada yang inget nama Masnya dessy, kayaknya namanya Bambaaangg.....bener ga sih???
ngakak

iya namanya Bambang D
pernah terlibat kasus juga dia di casanova D
Quote:
Original Posted By thebanteng
Ane cuma pernah baca satu buku doang yang Dian Yang Padam, pinjem dari perpustakaan daerah pas sd kelas 6 ngakak

Sekarang masih ada yang jual ga ya ? atau ada yang punya link ebook nya malus

banyak di gramed, cover baru D
fjb juga ada o
Quote:
Original Posted By VanDaniestha
pantesan bukunya Misteri mulu.\)
ternyata Translator buku2 Agatha Cristhie ya ? \)

katanya sih, dulu D
Quote:
Original Posted By ChikiCheetah88
eh iya, br liat ane hammer

nohope:
Quote:
Original Posted By maiden_prayer
Menunggu 2 buku anastasia yang ane pesen tiba di tempat ane... ga sabar pengen baca malu:

beli dimana mbak?think:
daninoviandi - 12/09/2012 03:11 PM
#144
Misteri Gugurnya Sekuntum Dahlia
     Kosasih-Gozali fans; "Detektif"-nya Indonesia, by S. Mara Gd.

Sebuah novel detektif yang baik tidak akan secara mudah menampilkan siapa si pelaku kejahatan sebenarnya sehingga mudah tertebak oleh pembaca.

Peristiwa pembunuhan kali ini berlatar belakang perselingkuhan, bisnis, dan akibat kegenitan wanita. Dahlia, si korban kejahatan, yang (nampaknya) menjadi cover dari buku ini (walaupun Dahlia ini sama sekali tidak diceritakan ketika ia hidup) merupakan wanita bersuami yang terjebak cinta lokasi dengan atasannya. Tidak sepenuhnya cinta lokasi sebenarnya, karena hampir semua orang tahu, wanita seperti apa Dahlia ini. Suaminya yang sekarang pun, Januar Sigit, menikahinya dengan mengorbankan keluarga kecilnya yang sebenarnya bisa bahagia apabila tidak ada Dahlia. Januar seolah terkena karma, Dahlia kini bergerilya lagi mencari pria lain, dan kali ini dalam diri Kamaludin, atasannya, yang telah mempunyai seorang istri.

Pembunuhan terhadap Dahlia terjadi di kantornya ketika seluruh karyawan di gedung kantor tersebut telah pulang, ya, pembunuhan ini terjadi di kala Dahlia sedang lembur. Kamaludin, yang terakhir bersama Dahlia; Ela Sigit, mantan istri Januar yang berkantor di gedung yang sama, yang kebetulan bekerja lembur juga di hari kejadian; Lisa Kamaludin, istri kamaludin yang kedapatan berangkat sendirian ke kantor untuk menemui Dahlia setelah suaminya pulang; dan Kohar, penjaga gedung yang sedang bersih-bersih kantor gedung ketika hari kejadian, diperiksa oleh kapten polisi Kosasih dan Gozali akibat peristiwa ini. Selain mereka, orang-orang yang berkaitan pun diperiksa gara-gara kehebohan ini. Ternyata, dibalik peristiwa pembunuhan ini, motif-motif para atersangka yang diperiksa oleh Kosasih-Gozali ini saling berkaitan, menyambung satu sama lain.

Belum selesai pengungkapan peristiwa pembunuhan Dahlia, kakak tiri dari Lisa Kamaludin yaitu Samsul Bakhtiar, ditemukan tewas di rumahnya. Akibat peristiwa ini, duet Kosasih-Gozali lebih mudah melacak kaitan antara dua peristiwa ini, dan pembunuh yang ternyata merupakan seorang yang sama sekali tidak pernah bisa diduga. Seorang yang tadinya menjadi orang kepercayaan, namun berbalik mengkhianati akibat mulai merasa semua peristiwa harus bisa diselesaikan sendiri, tanpa bantuan Tuhan.


Pembunuhan di buku ini sangat cepat terjadi. Di awal-awal buku kita diperkenalkan dengan tokoh-tokoh yang menjadi lakon dalam buku ini. Sampai akhirnya pembunuhan berlangsung, bayangan-bayangan gelap masih berseliweran di benak saya, karena bukti-bukti dan motif-motif yang ditunjukkan masih terlalu sedikit dan terlalu luas cakupannya. Pembunuhan disini dilatarbelakangi oleh peristiwa yang lazim terjadi di era modern ini, perselingkuhan dan perasaan nyaman antara dua orang kekasih yang sebenarnya sudah memiliki pasangan sah di rumah masing-masing. Semua mulai terkuak ketika banyaknya bukti dan motif yang mulai terungkap dan mengerucut. Namun tetap saja pelaku pembunuhan disini masih sulit untuk diraba, sampai akhirnya terjadi pembunuhan kedua, dan Gozali merekontruksi kejadian dengan melibatkan seluruh tersangka pun, pelaku masih sulit tertebak. Kelihaian penulis dalam berteka-teki patut dipuji, karena siapa yang menyangka bawa trik yang dipakai Gozali bisa berdampak signifikan terhadap tersangka.

Di buku ini pun, sedikit banyak diceritakan latar belakang Gozali sebagai eks pencuri. Bagaimana keluarganya, jalan hidupnya, hingga mengapa akhirnya ia bisa berteman akrab dengan kapten polisi Kosasih. Yang lebih seru, trik-trik ketika Gozali mencuri pun ia gunakan dalam mengungkap si pembunuh yang sebenarnya.

Pada akhirnya, satu pelajaran besar yang menjadi tanda tanya kita semua. Apakah memang orang yang jujur sudah tidak akan bisa eksis lagi di dunia modern seperti ini. Pertanyaan ini ditulis oleh S. Mara Gd pada tahun 1985 (tahun terbit awal buku ini), 27 tahun berselang, kejujuran ini masih menjadi hal yang layak diperdebatkan. Apakah di sekitar tempat kerja anda masih banyak orang-orang jujur yang eksis dan mampu sukses dalam karir dan usahanya? Terakhir, saya beri buku ini 4 bintang. Sebenarnya layak menjadi bintang 5, namun pada bab-bab akhir ada satu hal yang mengganjal, ketika salah seorang tersangka berbincang dengan Kosasih. Perbincangan ini pada akhirnya tidak dibahas, dan tidak diketahui pula siapa orang tersebut. Menggantung.


Judul: Misteri Gugurnya Sekuntum Dahlia
Penulis: S. Mara Gd
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 1985
Tebal: 305 hal.
Rate: 4/5
azzamsikage - 13/09/2012 09:19 AM
#145

Quote:
Original Posted By thebanteng
Ane cuma pernah baca satu buku doang yang Dian Yang Padam, pinjem dari perpustakaan daerah pas sd kelas 6 ngakak

Sekarang masih ada yang jual ga ya ? atau ada yang punya link ebook nya malus


kalo masih ada yang jual atau kaga... ane jawab... masih ... kalo mau beli bekas ada di toko2 buku bekas.... kalo mau beli baru, di gramedia masih ada... cuma gramedia yang besar ya.... seperti, kalau di Jakarta, Gramedia Salemba, lengkap banget dan masih ada.....
Ebook ane rasa ga ada kalo serial Kosasih-Gozali... Kalau yang seri Romance Melissa ada....
alecksandrite - 23/09/2012 12:58 AM
#146
Adiksi
Dulu ane termasuk golongan kebanyakan yang agak ragu2 dan skeptik untuk mulai baca novel S. Mara Gd (faktor sampul yang kurang menarik + judul yang agaaak 'apa sih') Cuma nyokap ane fans banget. Sampe ane bener2 coba untuk baca... daaaaan... ane suka banget pisan euy sama cerita2nya. Bener2 bagus. Sampe skrg ane udah baca almost 80% dan gak pernah bosen untuk tau kelanjutan cerita duo Kos Goz kissmalus

Intinya adalah... these books are worth, worth, reading. Try it.
daninoviandi - 24/09/2012 10:34 AM
#147

Quote:
Original Posted By alecksandrite
Dulu ane termasuk golongan kebanyakan yang agak ragu2 dan skeptik untuk mulai baca novel S. Mara Gd (faktor sampul yang kurang menarik + judul yang agaaak 'apa sih') Cuma nyokap ane fans banget. Sampe ane bener2 coba untuk baca... daaaaan... ane suka banget pisan euy sama cerita2nya. Bener2 bagus. Sampe skrg ane udah baca almost 80% dan gak pernah bosen untuk tau kelanjutan cerita duo Kos Goz kissmalus

Intinya adalah... these books are worth, worth, reading. Try it.

uhuy, ada lagi fansnya :selamat
udah baca yang mana aja gan? koleksi juga gak?
welcome to the club D
restuamalia - 01/10/2012 11:41 PM
#148

Banyak baca bukunya waktu kuliah dulu di perpus sastra. Menurutku yang khas dari si Eyang itu disetiap novelnya selaluuuuuu aja semua tokoh dibahas detail. Every single character.
Akhir Kosasih Desi gimana sih. Paling yang kuinget pas mereka break up secara sepihak krn Desi hilang ingatan n akhirnya jadian ama dokter yang ngrawat dia di rs.
Dulu tuh suka ngebayangin punya pacar Gozali yang bewokan n cool. ngakak Ngaco...... ternyata pas dapet suami yang cool.... tak seindah yang kuduga.....:sorry
daninoviandi - 07/10/2012 06:26 PM
#149

Quote:
Original Posted By restuamalia
Banyak baca bukunya waktu kuliah dulu di perpus sastra. Menurutku yang khas dari si Eyang itu disetiap novelnya selaluuuuuu aja semua tokoh dibahas detail. Every single character.
Akhir Kosasih Desi gimana sih. Paling yang kuinget pas mereka break up secara sepihak krn Desi hilang ingatan n akhirnya jadian ama dokter yang ngrawat dia di rs.
Dulu tuh suka ngebayangin punya pacar Gozali yang bewokan n cool. ngakak Ngaco...... ternyata pas dapet suami yang cool.... tak seindah yang kuduga.....:sorry

spoiler banget nohope:
belom nyampe bagian Desi masuk RS ituuu \(\(
komet795 - 11/10/2012 09:52 AM
#150

Quote:
Original Posted By restuamalia
Banyak baca bukunya waktu kuliah dulu di perpus sastra. Menurutku yang khas dari si Eyang itu disetiap novelnya selaluuuuuu aja semua tokoh dibahas detail. Every single character.
Akhir Kosasih Desi gimana sih. Paling yang kuinget pas mereka break up secara sepihak krn Desi hilang ingatan n akhirnya jadian ama dokter yang ngrawat dia di rs.
Dulu tuh suka ngebayangin punya pacar Gozali yang bewokan n cool. ngakak Ngaco...... ternyata pas dapet suami yang cool.... tak seindah yang kuduga.....:sorry


kok kosasih desi??? bingungs
kosasih kan bapaknya desi
daninoviandi - 14/10/2012 06:42 PM
#151

Quote:
Original Posted By komet795
kok kosasih desi??? bingungs
kosasih kan bapaknya desi

iya gw juga baru ngeh ngakaks
Gozali - Desi kudunya ngakaks
komet795 - 15/10/2012 02:20 PM
#152

Quote:
Original Posted By daninoviandi
iya gw juga baru ngeh ngakaks
Gozali - Desi kudunya ngakaks


kalo pacaran sama bapak sendiri,
namanya apaan tuh? bingungs
Page 8 of 8 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8
Home > CASCISCUS > BUKU new > Kosasih-Gozali fans; "Detektif"-nya Indonesia, by S. Mara Gd.