BERITA DAN POLITIK
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Hati-hati Strategi Pungli Petugas Kelurahan Duren Sawit
Total Views: 2238 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

Aditya Megantar - 18/07/2012 03:13 PM
#1
Hati-hati Strategi Pungli Petugas Kelurahan Duren Sawit
Ane mau share nih tentang kecurangan individu petugas Kelurahan Duren Sawit. Baru aja ane selesai mengurus perubahan KK di Kelurahan, namun ada yang gak beres, yang membuat ane kesel.
Spoiler for KK
[img][/img]

Keselnya begini gan, di kelurahan ada papan besar yang bertuliskan Retribusi Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk KK bagi WNI dikenakan Rp 3.000 ,- namun petugas loket kelurahan Duren Sawit tersebut meminta Rp. 10.000,- yang katanya untuk biaya blangko KK. Ane langsung bayar aja tanpa bertanya maksud biaya blangko KK dengan biaya retribusi pada papan tersebut. Setelah ane kasih, ternyata ane gak dapet bukti pembayarannya. Dari sini ane mulai curiga gan, berita tanpa foto = hoax, maka retribusi tanpa bukti = pungli. ane tanya deh akhirnya ke petugas itu, kenapa gak dikasih bukti pembayaran? tanpa bersuara, petugas itu memberikan ane tanda bukti penerimaan infaq yang tertera Rp 5.000,-.
Spoiler for tanda terima
Hati-hati Strategi Pungli Petugas Kelurahan Duren Sawit

ane: koq tanda terimanya ini mas?
petugas: itu buat bazis.
ane: yang blangko KK mana?
petugas: ..... (diam seribu bahasa)
ane: ini saya harus bayar juga?
petugas: seikhlasnya aja

berhubung ane harus segera ke kantor, ane kasih dah Rp 5.000,- dengan ikhlas. Tapi yang Rp 10.000,- harus dipertanyakan.

Jumlah KK di Kelurahan Duren Sawit (Agustus 2011) sebanyak 29.871 X Rp. 10.000,- = Rp 298.710.000 angka yang lumayan besar tanpa ada bukti pembayaran atau tidak tercatat.

setelah sampai kantor, ane cari peraturan yang mengatur retribusi ini, dan akhirnya ketemu PERDA DKI JAKARTA NOMOR 1 TAHUN 2006 TENTANG RETRIBUSI DAERAH berikut ini pasal yang mengaturnya.
Spoiler for pasal 8 Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil:

a. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

[*]WNI sebesar Rp 0,00
[*]WNA sebesar Rp 0,00


b. Kartu Keluarga (KK)

[*]WNI sebesar Rp 3.000,00
[*]WNA sebesar Rp 6.000,00


c. Kartu Identitas Pendatang (KIP)

[*]WNI sebesar Rp 5.000,00
[*]WNA sebesar Rp 25.000,00


d. Pencatatan Kelahiran

[*]WNI sebesar Rp 0,00
[*]WNA sebesar Rp 0,00


e. Pencatatan Kematian

[*]WNI sebesar Rp 0,00
[*]WNA sebesar Rp 0,00


f. Pencatatan Perkimpoian dalam kantor

[*]WNI sebesar Rp 75.000,00
[*]WNA sebesar Rp 150.000,00


g. Pencatatan Perkimpoian luar jam kerja/luar kantor/hari libur

[*]WNI sebesar Rp 150.000,00
[*]WNA sebesar Rp 300.000,00


h. Pencatatan Penceraian

[*]WNI sebesar Rp 100.000,00
[*]WNA sebesar Rp 200.000,00


i. Pencatatan Pengakuan Anak

[*]WNI sebesar Rp50.000,00
[*]WNA sebesar Rp100.000,00


j. Pencatatan Pengesahan Anak

[*]WNI sebesar Rp 50.000,00
[*]WNA sebesar Rp 100.000,00


k. Pencatatan Pengangkatan Anak

[*]WNI sebesar Rp 50.000,00
[*]WNA sebesar Rp 100.000,00


I. Pencatatan Mutasi Data

[*]WNI sebesar Rp 5.000,00
[*]WNA sebesar Rp 10.000,00


m. Pencatatan Perbaikan/Perubahan Akta Catatan Sipil

[*]WNI sebesar Rp 10.000,00
[*]WNA sebesar Rp 20.000,00


n. Pencatatan Pembatalan Akta

[*]WNI sebesar Rp 50.000,00
[*]WNA sebesar Rp 100.000,00


o. Duplikat Akta Catatan Sipil

[*]WNI sebesar Rp 25.000,00
[*]WNA sebesar Rp 50.000,00


p. Salinan Lengkap Akta

[*]WNI sebesar Rp 50.000,00
[*]WNA sebesar Rp 100.000,00


q. Surat Keterangan Pelaporan Akta Catatan Sipil Luar Negeri

[*]WNI sebesar Rp 25.000,00
[*]WNA sebesar Rp 50.000,00


r. Keterangan Pengesahan Perjanjian Perkimpoian

[*]WNI sebesar Rp50.000,00
[*]WNA sebesar Rp 100.000,00


s. Surat Keterangan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil lainnya

[*]Rp5.000,00



Keterlambatan pendaftaran/pencatatan/pelaporan kependudukan dan catatan
sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku selain
dipungut retribusi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) juga dikenakan
denda:

[*]WNI sebesar Rp10.000,00
[*]WNA sebesar Rp50.000,00




pada website resmi Dinas Kependudukan dan catatan sipil DKI jakarta pun sama dengan perda tersebut.

Dengan membuat trit ini ane berharap agar kaskuser semua bisa mengetahui motif pungli yang masih ada ditingkat birokrasi pemerintahan mulai paling bawah. Jadikan Kelurahan menjadi praktik kejujuran.
iloveindonesia
abu.zahira - 18/07/2012 03:45 PM
#2

sabar gan, Insya Alloh mulai oktober nanti pembuatan KTP, KK, dll di DKI Jakarta GRATIS..
abe413 - 18/07/2012 03:49 PM
#3

Quote:
Original Posted By abu.zahira
sabar gan, Insya Alloh mulai oktober nanti pembuatan KTP, KK, dll di DKI Jakarta GRATIS..


bener banget mudah"an sebentar lagi pungli-pungli yang bikin Jakarta berkumis (berantakan, kumuh, miskin) bisa di papas abis.
batu.merah - 18/07/2012 03:54 PM
#4

begitulah birokrasi di NKRI...

duit.. duit.. duit...

lembaga untuk masyarakat diduitin
Superde_GAN - 18/07/2012 04:05 PM
#5

sebenernya sih kaloa aturannya jelas dan ada kuitansi sih bayar 10rb juga gak masalah ya gan.. blanko KK n KTP juga nutuh uang juga kan bikinnya..
cuman kamulfasenya biasanya itu.. zakat n infaq..

--
sepertinya dikumpulin buat uang rokok... D
Pitung.Kw - 18/07/2012 04:08 PM
#6

sebetulnya yg bikin ane jengkel itu bukan punglinya, tapi ruwetnya itu loh, mau minta pungli aja pake berbelit2, kurang ini kurang itu foto ini foto itu, to the point aja kenapa sih, wani piro? wong kita udah paham kok tinggal di indonesia sekian lamaD
Aditya Megantar - 18/07/2012 04:37 PM
#7

Quote:
Original Posted By Superde_GAN
sebenernya sih kaloa aturannya jelas dan ada kuitansi sih bayar 10rb juga gak masalah ya gan.. blanko KK n KTP juga nutuh uang juga kan bikinnya..
cuman kamulfasenya biasanya itu.. zakat n infaq..

--
sepertinya dikumpulin buat uang rokok... D


betul gan.. asal jelas dan tercatat, pasti kita bayar..
Aditya Megantar - 18/07/2012 04:41 PM
#8

Quote:
Original Posted By Pitung.Kw
sebetulnya yg bikin ane jengkel itu bukan punglinya, tapi ruwetnya itu loh, mau minta pungli aja pake berbelit2, kurang ini kurang itu foto ini foto itu, to the point aja kenapa sih, wani piro? wong kita udah paham kok tinggal di indonesia sekian lamaD


klo langsung kan nanti yang lain gak kebagian gan.. ditilep semuanya.
fothermucker - 18/07/2012 04:45 PM
#9

Quote:
Original Posted By Pitung.Kw
sebetulnya yg bikin ane jengkel itu bukan punglinya, tapi ruwetnya itu loh, mau minta pungli aja pake berbelit2, kurang ini kurang itu foto ini foto itu, to the point aja kenapa sih, wani piro? wong kita udah paham kok tinggal di indonesia sekian lamaD


correct..!
ini seolah2 kita dibikin prustasi terus nyari jalan pintas..
padahal ya sekalian aja dari awal di bahas masalah "wanipiroh" D
mothervessel - 18/07/2012 04:49 PM
#10

kn ga sndri doank maenny..bwt storan jga k ats malus
pas udh tw psalny..agan lmpar aj k mukany D
dr.retro26 - 18/07/2012 04:52 PM
#11

ga duren sawit doang, kelurahan jatinegara coba tengok...pernah liat orang lagi ngurus surat keterangan tidak mampu buat disekolahan krn dapet beasiswa...setelah selesai dibuat, itu surat ditahan dan petugasnya minta duit 25rb cd

dah tau yg dibikin surat keterangan tidak mampu masih aja dimintain duit capedes
giizii - 18/07/2012 04:56 PM
#12

orang peraturan dibuat hanya untuk di acuhkan gan ..capedes walaupun peraturan itu dibuat juga pakai duit warga
sterling12 - 18/07/2012 04:58 PM
#13

begitulah birokrasi di NKRI...
biar cepat pake duit...
moeslimien - 18/07/2012 04:59 PM
#14

Besok balik lagi gan, foto orangnya, laporkan ke KPK. Mulai dari kita Gan untuk melawan korupsi..!!!
Aditya Megantar - 18/07/2012 06:06 PM
#15

Quote:
Original Posted By moeslimien
Besok balik lagi gan, foto orangnya, laporkan ke KPK. Mulai dari kita Gan untuk melawan korupsi..!!!


besok ane disuruh balik lagi ke kelurahan buat di tanda tangan lurah
B4T4X - 18/07/2012 06:11 PM
#16

orangnya yg kurus kacamata yah masbro ? D
sieghart_102 - 18/07/2012 06:15 PM
#17

bener gan, ane setuju klo segala macam pungli harus di hilangkan gan, mudah mudahan oktober bisa hilang semua pungli gan....
nentautako - 18/07/2012 06:23 PM
#18

yg begini aja diributin.... pasti anak kecil yg bikin thread beginian capedes
Aditya Megantar - 18/07/2012 06:23 PM
#19

Quote:
Original Posted By B4T4X
orangnya yg kurus kacamata yah masbro ? D


ente orang duren sawit juga ya gan?
klo tadi sih doi gak pake kacamata gan..
adhoez - 18/07/2012 06:27 PM
#20

kalo bisa dipersulit buat apa dipermudah


ngakaks
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > BERITA DAN POLITIK > Hati-hati Strategi Pungli Petugas Kelurahan Duren Sawit