Audio & Video
Home > LOEKELOE > GADGET & GIZMO > Audio & Video > [Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget
Total Views: 45482 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 78 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

pwib313 - 20/07/2012 06:19 PM
#1
[Sharing Audio Kere Hore] Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget
Prakata:

Kere hore, awalnyah hanyalah sebuah ungkapan utk menunjukkan bahwa hobi audio itu tdk identik dgn mahal, kita bs mendapatkan setup audio (cans/DAP/amp) dgn harga kere namun kualitas hore. Kere dlm artian harganyah murah, hore dlm arti kualitasnyah bagus, tdk kalah dgn setup audio yg lbh mahal.

Sudah 2 tahun berjalan sejak dirintis dr tahun 2010, kere hore telah menjadi komunitas yg cukup besar, terbukti dgn semakin banyaknyah orang yg bergabung baik di dlm forum kaskus itu sendiri maupun di dlm grup facebook. Aktivitas gathering, minimeet maupun micromeet jg sdh menjadi agenda yg telah berjalan di beberapa regional, spt jabodetabek, bandung, yogyakarta dan surabaya. Kegiatan modifikasi/DIY (do it yourself) pun telah mulai muncul dan berkembang.

Perkembangan komunitas kere hore yg cukup pesat ini, tentu saja menimbulkan konsekuensi yg tdk bs dihindari. Misalnyah: para pemula yg sdh mulai memahami ttg seluk-beluk dunia audio, ingin melakukan upgrade thd setup audionyah, yg akhirnyah memunculkan wacana utk menyesuaikan range harga setup audio kere hore agar bs memiliki lbh byk pilihan. Di samping itu, gesekan2/konflik antar anggota komunitas dlm hal postingan jg sdh mulai byk terjadi. Ibarat pohon, semakin tinggi maka semakin kencang pula angin yg menerpa.

Berdasarkan kondisi2 di atas itulah, ditambah dgn sorting data dr old kaskus ke new kaskus yg blm stabil, maka diputuskan utk memposting trit kere hore dgn penampilan yg baru. Range harga setup audio kere hore disesuaikan, kemudian ditambah dgn rules agar komunikasi di dlm komunitas ini lbh terjaga, tertib dan teratur.

Sesuai dgn visi dan misi para founder kere hore, bahwa komunitas kere hore bertujuan mencari solusi utk mendapatkan setup audio sesuai dgn preferensi/karakter dan limited bugdet, maka range harga setup audio kere hore tetap dibatasi sampai maksimal 500rb saja. Angka tsb diyakini cukup signifikan utk tetap dpt menikmati hobi audio yg berkualitas namun tanpa meninggalkan dana utk kebutuhan hidup yg lain. Bukanlah suatu hal yg membanggakan kalo kita memiliki setup audio yg berkualitas namun meninggalkan beban hutang atau malah mengorbankan kebutuhan hidup lain yg lbh penting.

Bagaimana jika ingin membahas setup audio yg melebihi range harga yg telah ditentukan? Hal itu bs dilakukan dlm trit audio lain yg lbh sesuai, atau bs jg dibahas dlm grup facebook audio kere hore, yg bentuk interaksinyah lbh fleksibel. Utk pembahasan ttg modifikasi/DIY maupun bahasan yg bersifat teknis, disarankan utk dilakukan di dlm trit Otak-Atik Gadget yg lbh akomodatif.

Akhir kata, para founder kere hore menyampaikan ucapan terima kasih yg sebesar2nyah kpd para anggota komunitas ini atas segala support dan dukungannyah sehingga komunitas kere hore bs berjalan dan menjadi besar spt sekarang ini. cendols
pwib313 - 20/07/2012 06:20 PM
#2

Montage:
Spoiler for filosofi kere hore

Filosofi Kere Hore Audiophile:

Kere Hore... Adalah sebutan bagi mereka yg menginginkan kualitas Hore dalam harga yg ekonomis.

Selama ini hobby audio identik dengan satu kata: Mahal! Nah, istilah kere hore yang dipopulerkan di au id, tampil sebagai "idiom" baru untuk menggeser paradigma Hobi Audio Identik dgn Mahal.

Spirit utama dari hobi audio - baik itu kere hore mania maupun para fanatik merek2 yang ternama - sebenarnya sama saja: Mencari SQ demi mencapai EARGASM (yang diakui oleh para hobiist tsb tidak ada batasnya). Namun tidak semua orang mampu menikmati hobi tersebut jika mereka sudah berhadapan dengan kenyataan bahwa hobi ini menuntut banyak hal dari kita. Kebanyakan kendalanya adalah keterbatasan budget. Sennheisser misalnya, cans entry level mereka di segmen binaural (PX 80 dan PX 100) masih berkisar di atas harga ratusan ribu. Belum lagi earbud dan IEMnya. Waduh, kalo gitu anak istri saya harus makan apa besok kalau saya mau upgrade cans? D

Apakah "kere hore" itu 'aib' bagi hobiist audio? Saya rasa tidak. Kere hore merupakan semangat baru dalam dunia audio, yang dengan natural hendak memberikan solusi bahwa EARGASM mampu dinikmati oleh semua kalangan. Kita-kita ini, para kere hore mania, tidak usah gensi dengan merek "kajol" yang kita gunakan. Soalnya orientasi kita bukan gengsi, tapi SQ dan harga.

Jika anda seorang basshead, misalnya, coba bandingkan Mdisk MD D3 dengan cans2 lain yang seharga beberapa kali lipat di atasnya seperti sonic gear earpump. Mereka yang mencari kualitas bass, pasti senang dengan Mdisk, padahal harganya 4 kali lipat lebih murah.

Anda pasti terkejut jika tahu kenyataan ini. Tidak dapat dipungkiri, bahwa para pemegang trade mark bergengsi, seperti misalnya Sennheiser, Samsung, iRiver, dll, sering memberikan lisensi dan desain prototype bagi pabrikan lain untuk membuat cans mereka secara massal. Lho, apakah mereka tidak bisa memproduksi sendiri? Hmm... bukan gitu, mereka juga menerapkan prinsip ekonomi dalam berdagang. China adalah gudangnya, dimana teknologi sangat berkembang maju, tenaga kerja handal namun dibayar dengan upah yg sangat murah... ! Hayoo... Sandisk Sansa adalah merek dari USA tapi produksinya di china... Samsung pun begitu... Di china, cans2 yang kita kenal sebagai line up dBe namanya Sound Magic lho D Di china banyak pabrik2 earphone yang mengerjakan orderan satu atau dua merek terkenal.... disamping merek buatan mereka sendiri - jika pabrik tsb lagi tidak ada order dari para pemegang lisensi.

nah, merek buatan sendiri inilah yang seringkali berharga murah, tidak terkenal, namun bisa bersaing secara kualitas dengan merek2 yang sudah ada. Atau seringkali, ada merek2 terkenal yang tidak lolos dalam kontrol standar kualitas... itu dia yg dijual mas perfect copy.

Jadi sebenarnya, para produsen tsb juga memiliki prinsip "kere hore" dalam memproduksi barang2 mereka. Bagaimana menekan harga produksi serendah2nya, dan mendapatkan keuntungan setinggi2nya. D

Murah tidak selalu berarti murahan. Di luar sana banyak merek2 asing berharga murah yang seringkali lepas dari pengamatan kita tapi kualitasnya tidak boleh dianggap cemen.

Pada akhirnya penilaian akan dikembalikan sama kuping masing2.


credit to: staf ahli omekimai


===============================================

Spoiler for renungan kere hore

Renungan Kere Hore:

Quote:
Original Posted By omekimai
Abis liat review2 amp di sini: http://www.audiophile-id.com/index.php?topic=3865.0 . Trus saya jadi merenung di dini hari.

Welcome to the club! Dimana racun-racun bertebaran. Racun bagi dompet anda, tapi madu bagi telinga anda. Dan ketika masuk di dunia audio, rasanya sulit untuk mencapai pensiun jika kita belum "mengenal" siapa diri kita dan apa yang kita cari. I mean, untuk berkata, "Ok, pencarian saya berhenti sampai di sini!" adalah sebuah kata yang sulit untuk diucapkan dalam dunia audio. Bukan berarti tidak mungkin kita melakukannya, tapi setidaknya kita membutuhkan begitu banyak kontemplasi untuk mencapainya. Dengan begitu kita bisa menghemat begitu banyak dana dan waktu. Pembelanjaan kita untuk upgrading setup pun jadi lebih terarah.

Langkah paling pertama yang wajib dilakukan adalah kenali genre musik yang paling diminati. That's it! Identitas anda yg paling sejati dalam dunia audio ditentukan oleh kecenderungan anda dalam memilih genre musik. Dalam hal ini, kita mengkotak-kotakkan diri kita dgn orang lain walaupun dia memiliki rig dan setup yang sama dgn kita. Saya dan pak lurah mungkin sama-sama punya Sansa Clip+, tapi selera musiknya beda. Pak lurah mungkin lebih menikmati lagu A, sedangkan saya lebih menikmati jenis lagu B. Nah, selera inilah yg (seharusnya) menjadi penentu apa yang akan kita beli.

Langkah selanjutnya yg mungkin paling sulit untuk dilakukan adalah berkenalan dengan berbagai jenis rig atau setup2 yang bisa memuaskan selera anda. Tidak semua cans yg mahal bisa memuaskan anda, kita semua pasti udah tau. Inilah pentingnya memperkaya wawasan dengan membaca review. Jangan hanya termakan oleh hype.... lakukan audisi dan komparasi, lalu putuskan yg mana yg akan dipilih. Jangan sampai anda jadi ababil hanya karena si A bilang cans ini bagus namun anda melupakan "identitas" anda atau musik yg anda suka. Langkah lebih maju, ikuti gathering.

Menentukan seberapa jauh anda ingin/akan "terjerumus" dalam dunia audio juga penting. Di sini kita sudah masuk ranah idealisme. Apakah cuma jadi orang yang masuk sesaat di dunia audio lalu berhenti ketika sudah mencapai suatu level eargasm, ataukah anda benar-benar serius mau menekuninya? Memang sih, menyenangkan ketika kita menikmati proses naiknya level eargasm kita, tapi dompet juga yg merana.

At the end, budgeting. Dan disinilah semangat kerehore datang untuk memberi solusi. Jika saya memilih untuk menekuni dunia audio sama saja jika saya bertanya: "Seberapa jauh saya mesti nyediain budget buat beli rig?" Walaupun sebenarnya tidak ada batasan dalam budgeting, dan yang menentukan batasannya adalah diri sendiri, akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan finansial yang kuat. Lakukanlah upgrade hanya ketika keadaan finansial anda memungkinkan. Jangan memaksakan diri. Dalam dunia audio, disamping butuh kesabaran, juga sangat diperlukan manajemen keuangan yang cerdas.

Moga ini bisa menjadi bacaan yg berguna. Cheers....


==============================================

Spoiler for mutiara kere hore

Mutiara Kere Hore:

Quote:
Original Posted By omekimai
Sangat setuju dgn pernyataan ini! Dulu tuh waktu gw baca review hippo amp, gw kesengsem abis. But, ternyata review tsb membuat ekspektasi gw berlebihan.

Tiap orang berbeda2 dalam memilih "penekanan" kata2 dalam membuat review. So, bukan hanya racun yg perlu diberi rating, tapi reviewernya juga.

Dalam soal DAP, gw suka reviewnya anthony tumiwa, don dari medan. Disamping dia punya banyak koleksi, dia juga memiliki kecenderungan menyukai warna "bright" dari sebuah racun. Waktu dia bilang "newman seri X itu suaranya seperti cowon." so, kita ada alternatif racun.

Untuk ketelitian dalam mereview, gw suka banget The Gunslinger, member au id di Singapore. Benar-benar detil dan apa adanya.

Sedangkan untuk kuping emas, beberapa member di au id jg bisa dijadikan referensi. Salah satunya goldpocket, stefanusj, tingm, dll.

Kalau di sini, gw suka stylenya om james, bignut, dan pak lurah... om poldar gw suka gayanya yg ringkas dalam memilih racun. Bukan berarti yg lain gw ga suka..... smuanya mantap abis... calon2 AOTM: (Ababil Of The Month) ____ngacir:


===============================================
pwib313 - 20/07/2012 06:20 PM
#3

[quote=]Rules
1. Patuhilah rules umum di kaskus sub-forum audio dan video.
2. Bacalah halaman 1 sblm membuat postingan, terutama utk warga baru, dan postinglah sesuatu yg bernilai utk sharing.
3. Salinglah bertegur sapa antara warga baru maupun warga lama. Pakailah bhs yg baik, sopan, sejuk, enak didengar, tinggalkan bhs yg kasar, tdk sopan, menyinggung perasaan, memicu konflik dan sejenisnyah.
4. Buatlah review, impresi dan apresiasi suatu produk scr proporsional/tdk berat sebelah, kemukakan kelebihan dan kekurangannyah.
5. Berilah alternatif saran sesuai dgn range budget yg diminta, jgn memberi alternatif yg jauh melebihi range budget.
6. Semua produk/brand/store punya kesempatan yg sama utk dijadikan sharing, tdk ada monopoli thd suatu produk/brand/store selama msh sejalan dgn visi dan misi komunitas kere hore.
7. Pembahasan produk/brand/store yg melebihi range harga kere hore hanya sbg pembanding dan pelengkap wawasan, bukan utk melakukan overhype, dan pembahasan lbh lanjut harap dilakukan di trit audio lain yg lbh sesuai atau dilakukan di dlm grup FB audio kere hore.
8. Pembahasan yg bersifat teknis atau menyangkut modifikasi/DIY harap dilakukan di dlm trit Otak-Atik Gadget yg lbh akomodatif, dgn tujuan para pemula audio tdk bingung dan bs mengikuti jalannyah diskusi di trit kere hore ini.
9. Tdk ada bashing produk/brand/store, semuanyah memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.
10. Tdk ada promo jualan baik scr langsung maupun tdk langsung krn ini adl forum sharing, promo hanya boleh dilakukan di grup FB audio kere hore.
11. Tdk ada aksi "show of force" (unjuk setup) yg melebihi range harga kere hore, baik dlm konteks guyonan apalagi serius.
12. Pelanggaran thd rules ini akan dikenai teguran dan bilamana perlu dilakukan request delete post. [/quote]


[quote=]Panduan Konsultasi
1. Sebutkan karakter musik yg lbh disukai, mencakup genre spt: rock, pop, blues, jazz, RnB, hiphop, klasik, orkestra dll.
2. Sebutkan karakter setup audio yg diinginkan, misalnyah: bass lovers, bright lovers, balance lovers, allrounder dll.
3. Sebutkan range budget yg tersedia utk masing2 setup audio, misal: 100k utk earbud/IEM, 300k utk amp, 500k utk DAP. [/quote]

[quote=]Panduan Soundsig

[Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget[/quote]

pwib313 - 20/07/2012 06:21 PM
#4

pwib313 - 20/07/2012 06:21 PM
#5

List Item Audio Kere Hore:

1. The Most Valuable Headphone

[B]A.
pwib313 - 20/07/2012 06:21 PM
#6

pwib313 - 20/07/2012 06:22 PM
#7

Review & Impresi Amp:

Hippo Pipe VS Fiio E6
pwib313 - 20/07/2012 06:22 PM
#8

Review & Impresi Speaker:

dbE SP77
pwib313 - 20/07/2012 06:23 PM
#9

reserved
pwib313 - 20/07/2012 06:23 PM
#10

reserved
big trouble - 20/07/2012 06:24 PM
#11

ikutaaaaaaaaaaaaaaaaaaan.............________________ngacir:

[Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget
omekimai - 20/07/2012 06:41 PM
#12

Reviewers & Journalists wanted!!



Suka nulis? Pengen ngelatih kemampuan review produk?
Suka icip2 cans baru? You are an informative person?

Yuk mari join membentuk tim reviewer Kerehore!
Dua tahun tak terasa, kerehore kini sudah menjadi sebuah komunitas audio di Indonesia yang cukup diperhitungkan, bukan hanya karena banyaknya anggota, namun juga karena komunitas ini mengusung semangat "kualitas melebihi harga" yang terbukti menarik minat banyak orang.

Untuk menyebarkan lebih luas semangat itu, kami berencana untuk membuat sebuah website/blog yang akan berisi review cans/dap/amp/etc, tutorial/tips n trik, informasi & laporan kegiatan (baksos, gathering, dll) kerehore, yang kesemua narasumbernya berasal dari member komunitas kerehore sendiri.

Untuk sementara web/blog-nya masih dalam tahap pre-launch. Namun bagi yang berminat untuk menjadi narasumber, sudah bisa mendaftar.

Cara daftar: kirim PM ke ane atau ke TS (pwib313) dengan subject: KereHore Reviewer! lalu mengisi format sbb:

Nama:
Alamat:
No HP:
Biografi singkat:
Contoh tulisan/review:


Siapa pun bisa ikut ambil bagian di program ini, dan tidak dikenakan biaya sepeser pun. \)
omekimai - 20/07/2012 06:42 PM
#13

Bagi rekan-rekan owner cans, amp, DAC, dap, cable, dock, etc, yang ingin agar 'barangnya' direview, bisa mengontak reviewer di bawah ini. Sambil nunggu official website kerehore jadi ya


Daftar Kerehore Reviewer (Kaskus Live Beta Only):

- Massacre (Jakarta barat)
- reza7392d (Surabaya)
- DrTrax (Tangerang)

Who's next?
omekimai - 20/07/2012 06:43 PM
#14

reserpit ah
svero - 20/07/2012 06:52 PM
#15

newbie gabung ya gan tabrakan:
white.gen - 20/07/2012 07:11 PM
#16

nubi ikut nimbrung ya \)
CHANNELV - 20/07/2012 07:26 PM
#17

kalo ngobrolin kere hore jgn omongin alat2 [gadget/device] yg mahal-mahal hammers


btw pejwan dolo :cool


[Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget
amesh - 20/07/2012 08:34 PM
#18
Reserved
Nogkrong di PAGE ONE
zeid - 20/07/2012 08:42 PM
#19

abseeen dulu :addfriends
Doctor.N - 20/07/2012 08:54 PM
#20

sep deh, tritnya sudah makin jelas dan makin rapi :addfriends

semoga komunitas kere hore bisa berkembang lebih baik lagi :addfriends





wuahahahahahaha~~~
[Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget
Page 1 of 78 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > GADGET & GIZMO > Audio & Video > [Sharing Audio Kere Hore]Panduan Sederhana Setup Audio Sesuai Karakter & Budget