Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
Total Views: 15820 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 51 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#1
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc
>>>[B][CENTER][COLOR="Black"][SIZE="5"] WELCOME TO
hansip - 22/07/2012 04:20 PM
#2
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/7997315 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#3

Quote:
Original Posted By vulvychint


dari hasil kopdar dan bukber pada hari jumat, 27 agustus 2010, didapat 4 kesepakatan:

1. Kok adalah komunitas yang independen, setiap individu boleh ikut bergabung dan tidak ada nomer registrasi

2. Kopdar rutin kok akan dilakukan pada jumat minggu kedua

3. Thread serba-serbi honda karisma akan segera ditutup dan akan segera dipindahkan ke thread baru

4. Susunan pengurus thread:
A. Ts : Vulvychint a.k.a kevin chint
b. Wakil ts : Jasen_pedrosa a.k.a jansen
c. Sie humas : Brenk008 a.k.a yardi f. R.
D. Desain : Buzz09 a.k.a rian hervianto
buat id dan password id kok, akan segera di.sounding ke para pengurus

untuk fr dan dokumentasi, akan segera diangkat ke thread.

Sekian dari saya.
Nanti untuk thread baru, akan segera saya informasikan kepada bohayers.


Regards


vulvychint
kevin chint


rules

Spoiler for titah sesepuh thread kok

Quote:
Original Posted By blijo3
berhubung banyaknya klonengan beraksi seenak udelnya sendiri dan di sini bukan tempatnya berternak klonengan jadi ogut mau kasih masukan ke pengurus trit army:

Kalau ada i'd baru ato asing,yg langsung nyapa ato posting di mari. Klo dia emang bener bikers dan punya motor karisma. Maka di harapkan segera posting gbr motornya,klo tidak dan masih posting +10 postingan tanpa kasih pic motor sbg bukti,maka akan ogut sambit bata klo perlu ogut request banned ke momod army:

Klo pake i'd baru,diharapkan location i'd nya di kasih nama bapake. Atau clan keluarganya. Hal ini utk menjaga suasana kekeluargaan dan kebersamaan kita.

Tak kenal maka tak sayang.
Karena di sini ga da nomor urut anggota jadi di harapkan hal seperti itu dapat di lakukan.

Kejank-kejank boleh aja asal tertib dan ga berlebihan. Tolong dewasa dalam berposting ria.
Maaf klo ogut agak keras dikit di sini.

Salam hangat dan jabat erat,
lenong leaders
ecko farm




Quote:
Original Posted By jasen_pedrosa


menindaklanjuti komen dari agan blijo3, maka saya sebagai tuan rumah di sini. Menegaskan bagi id yang baru di sini dan komen cuma sebatas cuap2 saja tanpa permisi ataupun salam kenal untuk memperkenalkan jati dirinya terlebih dahulu di sini. Maka dengan sangat hormat bagi kok'ers siapa pun di sini agar memperingati id tersebut. Namun apabila kaskuser tersebut tetap saja berulah buruk, maka bagi kok'ers yg sudah iso silahkan timpuk bata kepada id tersebut bata.

Aparat di sini tidak bisa online selalu 24 jam setiap harinya, oleh karena itu mohon bantuan kok'ers di marih agar trit kita ini tidak dijadikan tempat sampah bagi kaskuser yg tidak punya kepentingan di sini dan hanya sekedar kejar postingan.

maaf bro, sekiranya yg hanya bisa menambahkan data ke page one & ngedit page one hanya TS (vulvychint, jasen_pedrosa, buzz09, brenk008) army:
kalaupun ada yg mau ngedit karna postingannya ada di page one, mohon VM atau PM ke TS army:


Mari kita jaga bersama trit kita demi kepentingan kita bersama army:
Kalau bukan kita, siapa lagi coba?? D

terima kasih
pengurus kok cool:


[quote=vulvychint]
sedikit kata dari saya:

Pertama-tama, saya mohon maaf atas kejadian beberapa hari yang lalu. Klonengan membeludak dan terlalu banyak postingan junk.

Sesepuh ecko dan bro jansen sudah menjelaskan inti peraturan dari thread ini.

Karena kok adalah thread independen, maka setiap anggota thread berhak memperingatkan mereka yang melakukan posting disini sebanyak lebih dari 10 kali setiap harinya untuk memperkenalkan diri dan menyetorkan foto sepeda motornya serta mengisi data diri di social group kok. Apakah kami merupakan sebuah club? Tidak. Kami meminta data diri kaskuser untuk semakin mempererat tali persaudaraan dan sebagai sumber sumber informasi.

Disini kita sebagai thread serba-serbi. Para anggotanya boleh saja bukan pemilik honda karisma namun mereka yang mengerti seluk beluk motor ini dan ingin sharing ataupun bagi mereka yang berminat dengan sepeda motor ini. Tapi bukan berarti mereka boleh posting sembarangan dan melakukan junk ataupun spam.

Jika peringatan dari bohayers disini tidak diperhatikan, maka para aparat dimohon menindak junkers, jika peringatan tidak digubris, jangan salahkan kami jika bata meluncur ke id anda. Jika sudah kami bata masih juga belum jera, jangan salahkan kami jika id anda di.banned, karena kami punya koneksi ke moderator aktif.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun, hal ini kami lakukan demi thread serba-serbi honda karisma ke depannya...

Regards


vulvychint
kevin chint
ts kok
[/quote]
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#4

Quote:
Original Posted By B5997ZH
Sekilas Info

Spoiler for ukuran pelek dan ukuran ban



1.20 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = OK
1.40 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Kotak
1.60 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Pas
1.40 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = OK
1.60 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Kotak
1.85 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.40 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Pas
1.60 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.85 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Kotak
2.15 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat
1.40 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
1.60 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas
1.85 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
2.15 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak
2.50 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat
1.60 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
1.85 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas
2.15 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
2.50 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Kotak

1.20 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat
1.85 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
2.15 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas
2.50 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK

1.20 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat
2.15 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK
2.50 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas

1.20 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 120/70-17 = Bulat
2.50 X 17" | 120/70-17 = OK



Spoiler for merek, harga, tipe ban (All @ 17")

BATTLAX
BT 39 SS F (Racing)
80/90-17 Rp. 552.000
90/80-17 Rp. 580.000
100/80-17 Rp. 663.000
BT 39 SS R (Racing)
90/90-17 Rp. 589.000
100/80-17 Rp. 663.000

FDR
Duromax TT
2.25-17 Rp. 87.500
2.50-17 Rp. 104.500
2.75-17 Rp. 139.500
3.00-17 Rp. 165.000
Citypro TT
2.25-17 Rp. 87.500
2.50-17 Rp. 104.500
2,75-17 Rp. 139.500
3.00-17 Rp. 165.000
Cityrunner TT
70/90-17 Rp. 109.500
80/90-17 Rp. 147.500
Drax TT
50/90-17 Rp. 103.500
Duroforce
2.25-17 Rp. 87.500
2.50-17 Rp. 104.500
2.75-17 Rp. 139.500
3.00-17 Rp. 165.000
Flemmo TT
70/90-17 Rp. 109.500
80/90-17 Rp. 147.500
Cossapro TT
2.50-17 Rp. 161.500
2.75-17 Rp. 153.000
3.00-17 Rp. 183.500
Duro-126
2.50-17 TT Rp. 109.500
2.75-17 TT Rp. 147.500
Genzi
80/80-17 TT Rp. 166.500
90/80-17 TT Rp. 215.500

Racing Tire (Soft Compound)
90/80-17 Sport XT-R Rp. 320.000
90/80-17 Sport XR Rp. 320.000
90/80-17 Sport MP-27 Rp. 320.000
90/80-17 Sport MP-57 Rp. 320.000
90/80-17 Sport MP-76 Rp. 320.000

MIZZLE
70/90-17 M39F Rp. 123.500
80/90-17 M39R Rp. 158.000
Power Grip/Power Tread
225-17 Rp. 108.000
250-17 Rp. 124.000
275-17 Rp. 165.500
300-17 Rp. 196.000
225-17 Rp. 108.000
250-17 Rp. 129.000
275-17 Rp. 169.000
300-17 Rp. 202.600
Power VTX
50/90-17 Rp. 112.500
60/80-17 Rp. 123.500
70/80-17 Rp. 130.000
80/80-17 Rp. 169.000
90/80-17 Rp. 215.000
100/80-17 Rp. 234.000
M 52
250-17 Rp. 133.500
275-17 Rp. 172.500
300-17 Rp. 204.000
Tubeless
90/90-17 M600 Rp. 289.000
80/80-17 M700/M800 Rp. 223.000
90/80-17 M700/M800 Rp. 299.000
90/80-17 Super Sport Rp. 390.500
100/80-17 m700 Rp. 324.500

IRC
2.25-17 NF3, NR72, NR21 Rp. 99.000
2.50-17 NF6, NF40, NF47, NR6, NR21, NR72 Rp. 118.000
2.50-17 TR Rp. 126.000
2.75-17 SP1M, NR25, NR21, NR60, NR72 Rp. 158.000
3.00-17 SP1M, NR25 Rp. 190.000
2.75-17 TR Rp. 164.000
3.00-17 TR Rp. 195.000
70/90-17 NF35, NR69 Rp. 118.000
70/90-17 NR72 Rp. 118.000
80/90-17 NR41, NR69, NR72 Rp. 158.000
90/90-17 NR72 Rp. 215.000
90/80-17 NF33TL (Racing Tire) Rp. 390.000
90/80-17 RAZZO 166 TL Rp. 390.000

Corsa
price list
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4[/CENTER][Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for all about porting and polishing


What is a porting & polished head job?

The engine production process is not perfect. Imperfections in the casting of parts leads to rough surfaces. A "port" usually involves remove/changing the size/shape of an opening. A "polish" smoothens the surface. The overall combination flows more than stock. Thus yielding better power.

Changing the shape improves the path of intake air/fuel, and polishing smooths the path, reducing turbulence
* Porting & polishing intake dan exhaust manifold
Porting adalah membentuk kembali lubang intake dan exhaust cylinder head agar volume udara dan bahan bakar yang masuk jadi bertambah besar dan lebih bebas hambatan.
Polishing adalah menghaluskan bagian-bagian yang sudah diport(ing) dan bagian lain agar hisapan udara dan BBM yang masuk jadi semakin lancar.
* Membersihkan ruang bakar (permukaan piston dan kubah ruang bakar) sampai tuntas dan kinclong, ini penting agar sisa pembakaran tidak mudah menempel kembali di ruang bakar.
* Slip cylinder head (customized dengan spek yang diinginkan with extracost)
* Ganti gasket cylinder head
* Ganti gasket intake manifold
* Ganti gasket exhaust manifold
* Ganti seal klep
* Skir klep (overhaul cylinder head=turun mesin setengah=istilah bengkel umum)
* Bersihkan HLA (bila ada)
* Ganti gasket head cover
* Tune up
* Membersihkan plenum intake dan throtle body (EFI)
* Ini adalah paket basic, tambahan pekerjaan lain disesuaikan (custom) dengan kebutuhan yang dikehendaki.

SANGAT DIREKOMENDASIKAN untuk mesin yang volume olinya sering berkurang (cukup banyak) akibat oli mesin ikut terbakar masuk ke ruang bakar, karena seal klep sudah rusak, juga bagi yang ingin akselerasi dan tenaga monstornya meningkat tanpa harus boros.
Sekalian turun mesin setengah (overhaul cylinder head) untuk ganti seal klep dan skir klep, sekalian diporting dan polishing.
Hemat waktu, juga tenaga dan biaya.

Tujuan utama port and polish adalah meningkatkan efisiensi volumetrik sehingga tercapai performance mesin yang optimum dan efisien. Tentu saja kami juga menyesuaikan (custom) paket port & polish ini dengan kondisi yang dikehendaki, misal: untuk harian tentu beda dengan untuk ngedrag abis (or racing use only). Dengan performa mesin yang lebih optimum akan tercapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik juga, alias tetap irit namun lebih bertenaga. Dalam konteks tertentu, pakai Premium serasa pakai Pertamax atau bohay yang biasanya pakai Premium ngelitik bisa hilang ngelitiknya atau signifikan berkurang ngelitiknya, efek lainnya, bohay yang biasanya harus pakai Pertamax/Plus bisa pakai Premium dan tetap bertenaga!



Spoiler for HARGA BUSI


Buat NGK: cari yang CPR6EA series, kalo NGK Platinum CPR6EA-GP
Buat TDR, beli tang 065, kalo TDR Iridium 065Z (thanks 4 buzz09)
Buat DENSO, beli yang Iridium IX (thanks 4 gegerotak family)

NGK Iridium : Rp 85.000
NGK G-Power Platinum : Rp 25.000
Denso Iridium : Rp 95.000
Splitfire : Rp 35.000
Magnum : Rp 21.000
Autolite Dobel : Rp 85.000
platinum : Rp 50.000
Autolite Racing : RP 50.000
TDR Ballistic : Rp 20.000
TDR Iridium: Rp 75.000


KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#5

Quote:
Original Posted By B5997ZH
lanjutan SEKILAS INFO dan TROUBLESHOOT

Spoiler for KIPROK


Spoiler for WIRING

HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem




Spoiler for KATALOG PARTS

http://www.astra-honda.com/app/webroot/upload/sukucadang

buat MESIN dan KAKI KAKI serta BAGIAN KOPLING, Karisma = HSX 125


Spoiler for RASIO FINAL GEAR


"rasio = ukuran gir blakang / ukuran gir dpan"

klo standart Karisma kan gir blk 35 mata n gir depan 14 mata >> 35 / 14 = 2.500

klo mo lbi enteng brarti bilangan yg d bagi harus lbi gde alias gir blakang d gdein, ato gir dpan yg d kcilin...

ex :

* 36 / 13 = 2.769
* 36 / 12 = 3.00
* 40 / 14 = 2.857
* 42 / 14 = 3.00
* dst...

makin gde rasionya makin enteng n akselerasi lbih mantep tpi msin gmpng triak, klo mkin kcil tarikan berat tpi topspeed dapet...


Spoiler for PAKET SERVICE di AHASS

Pihak AHM membuat 3 paket perawatan rutin untuk para pemilik HONDA yaitu:

paket servis lengkap meliputi:
* Bersihkan Karburator
* Setel Kaburator
* Periksa saringan udara
* Periksa/ganti oli
* Periksa kondisi Busi
* periksa/Setel&lumasi rantai roda
* Periksa/setel rem depan&belakang
* periksa/Tambah air Accu
* Periksa Lampu&klakson
* Setel&lumasi Kabel gas
* Periksa/Setel Stang Kemudi
* Periksa/kencangkan mur&baut
* Periksa Roda&ban
* Setel klep
* Periksa/Setel Kopling
* Periksa Radiator
* Periksa throttle boddy&Puteran Mesin
* Periksa Bank Angle Sensor
* Periksa Saklar standar samping

Paket servis ringan meliputi
* Bersihkan Karburator
* Setel Kaburator
* Periksa saringan udara
* Periksa/ganti oli
* Periksa kondisi Busi
* periksa/Setel&lumasi rantai roda
* Periksa/setel rem depan&belakang
* periksa/Tambah air Accu
* Periksa Lampu&klakson
* Periksa Radiator
* Periksa throttle boddy&Puteran Mesin
* Periksa Bank Angle Sensor
* Periksa Saklar standar samping

Paket ganti oli plus
* Ganti Oli mesin
* Setel&lumasi rantai roda
* Setel rem depan&belakang
* Periksa tekanan angin ban
* Periksa Lampu&horn
* Periksa Radiator

jadi ga ada tuh paket servis besar,selain itu umumnya tuh adanya:

* skurr klep
* pres body+porok
* stel roda
* press velg racing
* dll


semua tuh disesuaikan kondisi dan situasi AHASS nya masing2

jadi ga heran kalau orang AHASS ditanyain servis besar tuh,soalnya ga ada tuh menu nya di ahassnya sendiri.kalau motor enteh setahun ga dipakai sebetulnya cukup servis lengkap dan ganti oli aza bro ga perlu servis besar,soalnya emang ga ada tuh servis besar di ahass

credit to chiang2x
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#6

Spoiler for BAN dan PELEK


Aplikasi Ban untuk harian ternyata nggak boleh sembarangan, karena jalanan yang dilewati bervariasi (berlubang, becek, berlumpur, tanjakan, tikungan, berpasir, hujan, dll.) ngga seperti kondisi jalanan di road race atau drag race.

Pemakaian ban harus memperhatikan ukuran velgnya. Ban dan velg yang ngga sesuai mengakibatkan ban meninggi atau melebar dari ukuran standar.

Jika tapak ban terlalu besar daripada tapak velg, ban cenderung meninggi dan lancip. Sehingga rawan melejit dari jepitan pinggir velg yang terlalu sempit. Hal ini terjadi jika memaksa memakai ban ukuran besar tanpa diikuti penggantian velg yang lebih lebar.

Jika tapak ban lebih kecil daripada tapak velg, ban akan melebar dan mengkotak. Akibatnya bibir ban ditarik paksa melewati batas agar menempel ke pinggir velg. Belum lagi suspensi motor terasa lebih keras karena fungsi ban meredam beban menurun. Contohnya, aplikasi ban drag di motor harian.

Ban lancip atau kotak sama ruginya. Jika lancip, saat jalan tegak, gigitan karet bundar ke aspal gak maksimal. Bahayanya di jalan gak rata, motor oleng. Saat menikung pun ban lancip tidak lebih baik. Sebab, tapak sampingnya yang besar bisa menipu kita. Rasanya ban masih menapak. Padahal, motor udah terlalu rebah. Kalo tidak disadari, tau-tau ngegelosor alias ngesot.

Ban kotak pun tak kurang ruginya. Kalau saat jalan tegak sih enak bener. Tapi, Giliran mau nikung, permukaan ban yang menempel di aspal minim. Jika maksa rebah, pasti langsung mencium tanah.
Sebaiknya naik turun lebar tapak ban jangan melebihi 1 tingkat. Misalkan velg depan 1,60x17 inci dengan ban standarnya 70/90-17 dapat diganti dengan ukuran ban 80/90-17 atau velg belakang 1,85x17inci dengan ban standarnya 80/90-17 dapat diganti dengan ban 90/90-17.

*KEMBANGAN / PATTERN BAN *

Perhatikan baik-baik ban motor sekarang. Masing-masing tampil dengan pola kembangan alias pattern beragam. Umumnya desain kembangan bergaya semi balap. Jelas itu bukan sekadar pemanis, pola kembangan memiliki beberapa fungsi. Pertama, Aqua Planning Phenomenon (APP) alias fenomena ban mengapung. Sehingga, kembangan berguna untuk jalur membelah air. Kedua, melepas panas.Terakhir, sebagai fashion. Nah, APP itu dipengaruhi oleh pola
kembangan.

Setiap pabrikan ban mendesain kembangan yang berbeda, sesuai kebutuhan kendaraan. Misalnya, untuk jalan basah, kering, bergelombang dan kecepatan tinggi.

Penentuan jenis pattern pada kendaraan, didasari riset masing-masing pabrikan. Hal yang mendasari antara lain bobot, desain dan power, juga karakter kendaraan.

Beberapa produsen berbeda di soal penamaan pola kembangan.
Pabrikan Ban Federal membagi dua. Pertama, jenis konvensional atau campuran alias ngeblok. Kedua, jenis sporty yang ulir kembangnya lebih halus menyerupai ban balap road race. Karet bundar standar lebih bernuansa campuran. Pola ini untuk segala medan. Bisa kering, licin, bergelombang, dan kecepatan tinggi.
Sedang Pabrikan Ban IRC membagi dengan slick (kering) dan wet (basah). Pola kering ditandai dengan kembangan garis lurus tidak terlalu banyak. Sedangkan basah dengan pola kembangan lebih rapat.

Gimana jika ingin ganti ban baru?
Idealnya ikuti pattern orsinal pabrik. Tapi kalau mau beda, perhatikan jalan yang dilaluinya. Lebih dominan becek, pilih kembangan campuran. Seandainya jalan yang dilewati mulus, lebih enak pakai pattern sporty.

*HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT GANTI BAN *

- Pilih tukang tambal ban yang mempunyai alat pelindung bibir velg, minimal tukang tambal yang kita kenal, karena jika kita asal pilih tukang tambal ban, biasanya tukang tambal ban tidak hati-hati mengerjakannya. Akibatnya, bisa lecet bibir velg kena alat congkelnya.
- Sedikit oli atau air sabun dapat digunakan sebagai alat bantu memasukkan ban ke velg dan membantu gerakan mengembangnya ban pada saat diisi angin, sehingga ban mendekap rata dan sempurna pada bibir velg.
- Tekanan Angin. Isi angin sesuai anjuran pabrikan. Pada saat musim hujan, tekanan ini dapat diturunkan sekitar 5 psi, tujuannya agar cengkeraman ban ke aspal lebih maksimal. Tetapi apabila ban agak kempis terus dipakai di jalanan kering, konsekuensinya bensin agak boros. Apalagi kalau dipakai berboncengan efeknya cukup terasa. Paling enak sih tekanan normal saja. tekanan ban depan 28 - 30 psi lalu belakangnya 32-34 psi.
- Saat musim hujan disarankan memilih ban dengan kompon lembut. Karena karet yang soft memiliki daya cengkeram lebih maksimal. jadi, pas banget buat melibas jalanan basah. Tetapi konsekuensinya usia pakai tipe soft compound lebih pendek alias cepat habis. Kebalikan bila pilih kompon keras. Usia pakainya lama namun saat hujan terasa licin. Ingat! Keras di sini maksudnya bukan karena usia pakai lo.
- Jangan langsung tancap gas setelah kelar mengganti ban. Tekan beberapa kali rem agar tekanan minyak rem kembali normal. Karena biasanya ketika pasang kembali piringan ke kaliper, pelat kampas rem kena cungkil obeng untuk memudahkan pemasangan kembali piringan di kaliper. Ini berakibat tekanan minyak rem melemah saat kampas kena congkel.

*Beberapa Kemungkinan Ban Motor Habis tidak Merata*

1. Velg motor tidak balance. Jika motor menggunakan velg jari-jari (spoke), sebaiknya distel ulang. Namun bila sudah didapati keretakan atau tidak memungkinkan disetel ulang, sebaiknya ganti velg racing dengan yang baru demi keselamatan Anda.

2. Laher sudah oblak. Karena itu cek dengan teliti lahernya. Bila motor
menggunakan dua sokbreker, cek sokbreker kiri kanan. Bisa jadi volume olinya tidak sama, atau posisinya miring sebelah, atau mati sebelah.

3. Pemasangan ban belakang dan ban depan tidak lurus, namun jangan berpatokan pada strip, tapi patokannya pada kelurusan ban. Satu lagi, coba cek bushing swing arm. Bila sudah oblak segera ganti karena hal ini juga dapat mengakibatkan ban habis tidak merata.

4. Cara duduk Anda di motor. Duduk yang tidak memusat, atau duduk yang agak miring sebelah bisa jadi menjadi penyebabnya. karena tumpuan beban menjadi berat sebelah. Hal ini dapat pula terjadi bilamana pembonceng seringkali duduk terlalu ke kiri atau kanan.

*Cara menjaga dan merawat ban motor Anda:*
1. Memperhatikan tekanan ban pada tekanan ideal/sesuai buku petunjuk.
Karena: tekanan yang tidak seimbang mengakibatkan ban retak dan dapat merusak bagian pinggir ban (side wall) sehingga dapat mengakibatkan ban menjadi tidak kokoh dan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, pinggiran ban (side wall) dapat retak dan sobek.
2. Usahakan anda memilih jalan yang paling nyaman
Karena: terkikisnya sebuah ban disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak merata, sehingga menyebabkan ban lebih cepat rusak.
3. Keawetan ban tergantung pada cara pengereman dan cara menarik gas
Karena: jika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan tinggi pengereman yang baik adalah secara halus dan berbarengan dengan menggunakan kedua rem secara bersamaan dan cara penarikan gas juga jangan terlalu over disaat permulaan mau jalan dikarenakan traksi roda dengan jalan akan lebih cepat mengikis sebuah ban
4. Suku cadang yang berhubungan dengan keawetan ban motor adalah velg dan shock absorber.
Karena: jika shock absorber tidak baik dan velg tidak rata dampak yang akan terkena adalah terkikisnya ban menjadi tidak merata/bergelombang dan ketika disaat menikung permukaan ban tidak bisa mencengkram dengan baik. maka dari itu pun akan membahayakan si pengendara kendaraan tersebut
5. Saat memasang ban, pastikan ban tersebut terpasang secara vertical, garis list tepi ban harus keluar secara merata dan juga arah rotasi ban harus sesuai dengan arah alur ban, agar ban dapat sempurna melaju secara rata di jalan.


Spoiler for OLI

ini ada postingan dari thread sebelah, tentang oli. Semoga bermanfaat
SAE = Society of Automotive Engineers (SAE International)
organisasi ini menentukan level dari pelumas otomotif...sedangkan angka di blkg kata SAE menentukan tingkat kekentalan oli tsb.

Klo API = American Petroleum Institute
ini jg suatu organisasi di benua Amerika sana yg menentukan tingkat kwalitas pelumas yg kita gunakan,sedangkan huruf setelah kata API menentukan kwalitas tsb,contoh: API-SL lebih tinggi dibanding API-SJ,sedangkan saat ini grade API tertinggi yg dijual di Indonesia sudah mencapai API-SM

JASO = Japanese Automotive Standards Organization
keterangannya jg sama kek diatas cmn ini dari Jepang

Saat ini grade JASO sudah mencapai JASO-MA2 tp agak susah dicari krn masih jarang pelumasnya,plg sering JASO-MA...

Jadi kwalitas pelumas yg kita pakai itu ditentukan oleh 3 organisasi diatas,s0 klo pilih oli jgn liat merknya tapi liat smua grade diatas dan pilih yg tingkat kekentalannya sesuai sama mbl kita...

Jd klo bli oLi,jgn baca merknya,hehehhe...


Spoiler for itungan bore up dan stroke up


diameter seher X diameter seher X langkah piston X 3.14 : 4

Karisma setandar
bore (diameter seher) = 52.4 mm
stroke (langkah piston) = 57.9 mm

52.4 X 52.4 x 57.9 X 3.14 / 4
= 124,798 cc

Karisma seher Kaze OS100
54 x 54 x 57.9 x 3.14 / 4
= 132,536 cc

Karisma seher Blitz Joy OS
0 56 x 56 x 57.9 x 3.14 / 4
= 142,535 cc

Karisma seher Honda Nouva Sonic
58 x 58 x 57.9 x 3.14 / 4
= 152,898 cc

Karisma seher Honda Tiger OS50
64 x 64 x 57.9 x 3.14 /4
= 186,169 cc

bore up dapat menyebabkan kanker (kantong kering),, serangan jantung (klo ngk kuat bawa motor kenceng),, ngempostensi (ngk ada kompresi),, ganguan kejiawaan (bawaannya pngn ngebut melulu) serta yg pasti ketagihan..
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#7

Quote:
masalah lampu

Spoiler for lampu terbalik

Quote:
Original Posted By dhozx
iy si oms emng kbalik tp ngk brarti bkan untuk s bohay.. Y namanya jg aftermarket.. Dy nyari yg bisa untuk smuanya.. Nah skrng bagi yg dah psang tp kbalik.. Klo maw byr bsa normal lg ada triknya.. Insyaallah bsa.. Ane dah cba d bohay.. Ngk prlu lama2 jg dah bsa..

Ni pic n ket nya..

[spoiler=fitting lampu][Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

ini fitting lampunya,, tanda bulat itu d bagian dalam sblh bawah d atas per fittingnya ada ganjelan/pegangan fitting.. Lepas bag itu dgn mencongkel dari samping..



Spoiler for tempat congkel
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

nah yg di kasih tanda itu tmpat untuk nyongkelnya..bsa juga dari atas fitting cma agak susah.. Oy nyongkelnya pas fitting dah lepas dari bohlam y.. Jg pas lg keadaan bgni.. Mna bsa.. Hhe..


Spoiler for setelah copot
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

nah ini dy gambarnya stlh copot.. Ygdi kasih tanda itu td ganjelan/peganganya.. Klo udah kluar bgtu putar daleman fitting ( yg item ) 180 derajat/di balik.. Yg tadinya ganjelan sblh kanan jd k sblh kiri gto.. Abis itu pasang lagi dah.. Tnggal d masukin lg k rumah fittingnya.. Abis itu pasang k reflektor deh.. Slesai.. Lampu bkal ngk kbalik lg.. Hhe..





maap y klo kurang jelas gambharnya.. Ngambil dr kamera ponsel soalnya..hhe..
Smoga brmanfaat..
:babyboy1


[/spoiler]

Quote:
Original Posted By octafiantos
buat yang mau liat2 lampu, secara saya juga pengeng genit:
cek tkp1
cek tkp2

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for Lampu Belakang Menyilaukan, Ditilang dan Denda Rp 500.000:


Jakarta - Akhirnya aksesoris yang menyebalkan itu bakal ditilang juga. Polisi akan menilang para bikers dan pengendara mobil yang mengganti warna lampu rem belakang dari warna merah menjadi putih atau transparan.

Seperti dikutip situs resmi Ditlantas Polda Metro Jaya, selain membuat silau dan membahayakan pengendara di belakangnya, polisi akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal Rp 500.000.

Dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan jika kendaraan bermotor dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan antara lain bumper tanduk dan lampu menyilaukan. Hal itu melanggar pasal 279 Jo 58 dengan denda maksimal Rp 500 ribu.

Menurut Pa Siaga TMC AKP Mujiana, TMC sering menerima keluhan dari masyarakat perihal pelanggaran tentang lampu motor menyilaukan pengendara di belakangnya.

Perlu diketahui, pabrikan telah mengatur peruntukan lampu sesuai fungsinya, yang mana lampu depan kendaraan terbuat dari mika berwarna bening sehingga memiliki pancaran cahaya yang memecah dan memudar sebagai fungsi pengelihatan jalan ke depan, sedangkan lampu belakang memang didesain kaca mika berwarna merah dan pancarannya redup sebagai fungsi pertanda kondisi kendaraan melakukan pengereman. ( ddn / ddn )


sumber= http://oto.detik..com/read/2010/04/2...enda-rp-500000


Quote:
Cara Merawat Bodi Si Bohay
Quote:
Original Posted By octafiantos
ada beberapa teman pernah bertanya cara memoles motor.
sebenernya saiah merasa kurang berhak untuk menjawabnya karena beberapa alasan. yang paling utama adalah karena saiah bukan pemilik kendaraan yang tunggangannya selalu kintjlong. selain itu, saiah juga tidak pernah menggunakan obat poles yang mahal2 untuk motor. tapi saiah mencoba berbagi cara memoles body dan metal di bagian senalpot dan jari2 (stainless steel).


memoles body
pertama siapkan kain majun dan bahan polesan. kain majun adalah kain kaos potongan yang biasa dijual di toko material. biasa dijual dalam satuan kilogram. terakhir saiah beli lebih dari setahun yang lalu, harganyah 12.000 untuk 1/2kg kain. beli kain majun warna putih polos. ingat yak, kain majun ituh enteng, jadih 1/2kg lebih dari cukup untuk memoles motor dan sepatu untuk berbulan-bulan.

Spoiler for kain majun

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


siapkan bodi motor yang akan dipoles dalam kondisi bersih. ini untuk mencegah terjadinya baret di bodi motor yang akan dipoles.
Spoiler for bodi motor

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


aplikasikan bahan poles ke bodi motor. usapkan secara perlahan ke kanan dan ke kiri. bahan poles menurut selera, karena terdapat bahan poles cair atau pasta dengan harga mulai dari 15.000 hingga ratusan ribu rupiah. saiah sendiri biasa menggunakan carrera -dulu sonax- cair seharga 15.000 yang murah meriah dan tidak merusak. hasilnya tentu saja berbeda dengan yang ratusan ribu, tapi ini motor harian bukan motor kompetisi modifikasi. beda paling jauh bukan di hasil akhir polesan tapi perbedaan kalo kena kotoran semisal debu/air. obat poles dengan harga cukup mahal biasanya tidak mengundang debu dan jika terkena air langsung mengalir sehingga cenderung tidak berbercak setelahnya.
Spoiler for aplikasi bahan poles

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


gosok bodi dengan perlahan dengan menggunakan kain majun.
tips: gosok ke kanan dan ke kiri, jangan digosok memutar. bodi motor rentan menghasilkan swirl/pusaran di permukaan bodi jika digosok memutar. lakukan hal serupa juga ketika mencuci, karena swirl sangat mudah terjadi jika bodi sering dicuci dengan gerakan memutar.
Spoiler for gosok bodi

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


lakukan hal yang sama ke bagian2 yang lain. untuk gambar di bawah memang tidak terlalu terlihat karena bodi cenderung tidak kotor dan gambar diambil di dalam rumah yang agak gelap.
Spoiler for bodi setelah dipoles

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


bersambung ke bagian metal ____________________________________________________ ngacir:
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

memoles bahan metal/stainless
pertama siapkan kain majun dan bahan polesan. bahan polesan yang saiah gunakan di sini adalah autosol kecil seharga 5.000. satu tube kecil ini masih berlebih untuk memoles knalpot dan sepasang velg jari2. yang biasanya nda tjukup adalah waktunya. keburu pegel duluan sebelum gatel bawa jalan2 linux2:
Spoiler for bahan polesan

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


siapkan permukaan metal yang akan dipoles. aplikasikan bahan disekitar bagian yang akan dipoles. jika anda mengaplikasikan dengan jari2 sebaiknya menggunakan sarung tangan kain. gosok merata dengan perlahan.
Spoiler for aplikasi di permukaan

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


gosok dengan kain majun. serupa dengan ketika memoles bodi, usahakan gosok ke arah kanan dan kiri. jika kotoran sangat sulit dibuang, tambahkan obat poles dan gosok kembali hingga permukaan tampak mengkilat dan halus pertanda terkikisnya lapisan kotoran. lihat kotoran yang menempel di kain yang dipergunakan.
Spoiler for menggosok permukaan

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


lihat hasilnya setelah dipoles. diambil dari sudut manapun bayangan terlihat sangat jelas. perhatikan bahwa yang saiah poles adalah bagian dalam knalpot yang biasa tertutup pelindung. bagian ini biasanya sangat kotor karena tidak terjangkau oleh kain pencuci. perhatikan juga di gambar kedua. gambar yang saiah ambil bukanlah permukaan pelindung knalpot, tetapi bagian dalam knalpot yang juga tidak pernah terjangkau ketika dicuci.
Spoiler for hasil polesan bagian knalpot

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

Spoiler for hasil polesan pelindung bagian dalam

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4



semoga bermanfaat
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#8

Quote:
Original Posted By B5997ZH
TROUBLESHOOT buat KARISMA


Spoiler for cek2 dikit.....

yang mau bantuin inpoh seputar mesin/utk ngatasin trouble di bohay, kasih link pagenya ya, biar bisa diquote dan ditampilin dimari D


Spoiler for penganan utama perKarismaan

Buku Pedoman Reparasi Honda Karisma
Ukuran: 24MB

URL="http://www.4*shared.com/document/OI46OiL_/PC_KArisma_X.html"]Parts Catalog Honda Karisma Per Detail Item[/URL]
Ukuran: 16MB

Perbaikan Sistem Rangka
Ukuran: 1MB

Perbaikan Sistem Mesin
ukuran: 1MB

thanks for octafiantos n crew


Spoiler for tabel ukuran SPUYER

TABEL UKURAN SPUYER

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

KEIHIN
Honda > pilot jet / main jet
Prima >
40 / 75
Supra >
38 / 72
Legenda > 40 / 75
Grand >
40 / 75
Karisma >
35 / 75
SupraX125 > 35 / 75

KEIHIN
Kawasaki > pilot jet / main jet
Kaze >
40/85
Blitz >
35/80

EXTREMEPilot-Jet
Supra 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48
Karisma 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48
Vario 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48
Tiger 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48
Ninja 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48

Main-Jet
Supra 72, 75, 78, 80, 82, 85
Karisma 72, 75, 78, 80, 82, 85
Kaze 72, 75, 78, 80, 82, 85
Tiger 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
Ninja 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
Vario 110, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160, 162, 165, 168, 170

Kitaco
Main-Jet
Kaze 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
Grand 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
Supra 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90

Karisma punya PJ dan MJ ULIR.na SIMILAR dengan:
Honda Grand, Honda Supra, Supra 125 Honda Blade, Vario dan RevA, Kawasaki Kaze, Kawasaki Blitz, Kawasaki Ninja.
karena sama" pake Keihin


Spoiler for JETTING KARBU

Cara Seting Main Jet dan Pilot Jet Karburator

Biasanya kita nggak puas dengan setingan mesin, jika motor kita suah dikorekmaka main-jet dan pilot-jet karburator perlu diseting ulang.
Setingannya tergantung pada korekan motor masing-masing, yang penting bedakan rasa tarikan motor di mesin.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara tepat. Jika motor dicoba digeber/gasfull terus tarikannya kurang maka setelan main jet kurang pas. Coba naikan setelan 5 angka dulu. Setelah itu, coba tarik gas lagi. Jika pada tarikan gas yang tinggi masih ada jeda pada pasokan bensin/masih mberebet, berarti main-jet masih kurang juga. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk korekan harian kenaikan itu sudah cukup tinggi.
Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan main jet terlalu besar, ciri-ciri kondisi dapat dilihat pada tema busi.
Sementara untuk setelan pilot-jet karburator, coba hal ini. Nyalakan motor, jika motor susah hidup setelah dilakukan penyetelan atau bisa hidup tapi pada putaran bawah tampak seperti ada jeda/kosongnya tarikan seperti bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet nggak pas, perlu dinaikan.
Cara menaikan juga bertahap. Sama seperti kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu, jika msih kurang bisa dinaikan satu step lagi antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja, tergantung karakter mesin msing-masing dan jenis karburator. Tapi biasanya setingan pilot dan main-jet karburator nggak sampai 10.

bengkelmotor.blogspot.com


Spoiler for settingan karbu a'la abang pulpi


a. untuk mencari setelan angin di karbu:
panasin motor sampe suhu kerja
standar tengah, starter motor, biarkan langsam
tahan gas antara 1/8 ampe 1/4 puteran gas, biarkan konstan, jangan dimainin gas.na...
di karbu kan ada 2 baut tuh, yang sebelah kiri untuk setelan angin dan yang sebelah kanan untuk setelan langsam... lu puter baut yang di kiri ampe mentok searah jarum jam... terus lu buka bautnya berlawanan arah jarum jam sampe dirasa ketemu putaran mesin tertinggi... itu untuk mencari setelan yang cenderung kering, mirip" cara setel angin di AHASS / BeRes..
kalo dirasa terlalu kering, elu coba tutup baut putaran anginnya antara 1/4 sampe 3/4 puteran dan cari kira" dimana setelan yang pas, kedengeran kok dari suara kenalpotnya dan karakter putaran mesinnya...

b. untuk mencari setelan langsam:
idealnya dilakukan setelah nyari setelan angin...
saran dari gw: nyalakan headlamp terlebih dulu...
puter baut setelan bensin (baut sebelah kanan di karbu) antara 1/4 ampe 1/2 puteran searah jarum jam, ntar puteran mesin akan naik
setelah dicapai putaran meisn yang konstan, putar baut langsam berlawanan arah jarum jam perlahan aja, cari puteran mesin yang dirasa pas, lampu nyala berirama dan beraturan, suara knalpot juga iramanya pas, getaran mesin ga terlalu besar dan suara langsam dinilai ga terlalu tinggi dan ga terlalu rendah

c. untuk mencari PJ yang tepat:
sama kayak 2 step diatas, mesin harus dalam suhu kerja..
caranya relatif sama, dengerin suara mesin n knalpot
tahan gas antara 1/8 ampe 1/4 putaran gas, lalu dengerin suara mesin dan knalpotnya
kalo dirasa ada suara brebet seperti kekurangan bensin, ditandai dengan adanya nembak nembak kecil dan irama mesinnya ga beraturan, itu tandanya PJ ente kurang gede...
kalo dirasa suara mesinnya belebeg blebeg seperti kebanyakan bensin, ditandai dengan putaran mesin susah naik dan suara knalpot cuma gede aja tapi ngempos tenaganya, uda pasti kegedean PJ...
PJ yang pas, ga belebek, dan gak berebet
sorry bahasa Sunda gw keluar, ga ngerti istilah permesinannya

d. untuk mencari MJ yang tepat:
geber mesin sampe RPM tinggi, ampe rada meraung mesinnya
jika di putaran tinggi waktu gas diputer mendadak ada terasa tahanan dari putaran mesin dan ada gejala berebet dan nembak seperti kekeringan bensin, dipastikan motor kekecilan MJ
jika di puteran atas waktu gas diputer mendadak RPM terasa lambat untuk naik dan suara kenalpot terdengar sangat basah, cuma gede doang tapi RPM ga naik naik, dipastikan MJ terlalu besar...

patokan aja dari pengalaman megang bebek AHM, PJ maksimal naik 3 step, dan MJ maksimal naik 3 step.
contoh, di NF125:
PJ standar ukuran 35, naik 1 step ukuran 38, 2 step ukuran 40, 3 step ukuran 42
MJ standar ukuran 75, naik 1 step ukuran 78, naik 2 step ukuran 80, naik 3 step ukuran 82
lebih dari itu, gw sarankan buat ganti karbu deh...
soalnya berdasarkan sharing di beberapa thread tentang karburator, kalo PJ dan MJ uda naik ampe 4 step / 10 angka, pengabutannya uda gak optimal dan disarankan buat ganti karburator sekalian...

secara teoritis, emang naek PJ dan MJ = nambah suplai bensin
tapi berdasarkan beberapa pengalaman gue, biarpun uda naik PJ MJ asalkan setelan klep dan karburator tepat, konsumsi BBM masi mirip" standaran, tapi power dan torsinya ada perbedaan...

semoga membantu




Spoiler for efek pakai peninggi shock

by: soto.sokaraja
nubi ijin sharing ya gan o
peninggi sok paling populer yang dipasang itu merubah posisi sok gan. cek di spoiler di bawah, sok keputer 90derajat (pasti inget posisi aslinya kudunya gimana).
[spoiler=posisi sok][Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


ini bikin rusak shock gan. di posisi aslinya, bantalan bawah dan bantalan atas itu ga statis gan, tapi elastis ngikutin arah ayunan. elastis disini jangan dibayangin gerak kasat mata, tapi sebatas meredam benturan yang dateng baik di atas maupun di bawah. kalo dia dipasang anting yang merubah posisi sok, bantalan yang kudunya gerak maju mundur buat bikin sok kerja jadi ga bisa. malah geraknya justru jadi kanan ke kiri karena posisinya dah diputer 90derajat. ini yang bikin shock patah karena ga elastis alias semua benturan diserap di satu titik. selain itu ditambah dari kualitas rata2 peninggi sok kurang baik, dan bikin posisi sok jadi miring. jadi kalo mau nyari peninggi sok, kalo bisa cari yang enggak ngerubah posisi sok.

demikian 2 sen dari saya malu:[/spoiler]
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#9

Quote:

PENGURUS KOK

vulvy (TS KOK)
Spoiler for vulvychint:
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


jasen_pedrosa (wakil TS KOK)
Spoiler for jasen_pedrosa
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Quote:
Original Posted By jasen_pedrosa
agan2 yg baek hati kisss
ane numpang share ya foto2 turing ane ke Tegal \)

[spoiler=turing ke Tegal]
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
angkringan orang Tegal iloveindonesias

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
waduk cacaban (objek wisata di Tegal) ilovekaskuss

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
beginilah tampilan ane saat turing malus

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
jembatan menuju waduk cacaban (jembatan unik karna ada jalur keretanya) takuts

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
tiba di Cirebon D

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
menu makanan di Pantura, ikan etong bakar thumbup:
daging tebal dan enak bener genit:

sekian foto2 dari saya ;)


[/spoiler]


buzz09 (div. desainer KOK)

Spoiler for buzz09 :

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4



brenk008 (div. HUMAS KOK)
Spoiler for brenk008 aka yardi
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4





Quote:
Original Posted By B5997ZH
Members
B5997ZH / alsira
Spoiler for B5997ZH

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


idos (mod)
Spoiler for idos(mod)

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


no-q
Spoiler for no-q

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


sezia
Spoiler for SeziaJr

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


ecko, blijo3
Spoiler for ecko241003

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


julz2010
Spoiler for Julz 2010

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


velconer
Spoiler for velconer

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


awen
Spoiler for Awen777

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


ryanpermana
Spoiler for Ryanpermana77

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


youndhee
Spoiler for youndhee

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


icecool87
Spoiler for icecool87

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


rist
Spoiler for rist

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


sampahkampus
Spoiler for sampahkampus

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


9ohan
Spoiler for 9oHaN

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


mpa gegerotak
Spoiler for mpa_gegerotak

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


najib
Spoiler for najib76

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


rama0684
Spoiler for rama

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


mond
Spoiler for mond

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


N4il4
Spoiler for N4il4

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


TeZeT
Spoiler for TeZeT:

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


dark.maverick
Spoiler for dark.maverick

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


alfattah
Spoiler for alfattah

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


GegerOtak
Spoiler for mendiang BGO

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


CriboRasta90
Spoiler for airbrushed

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


triadi42
Spoiler for triadi42
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
skrg dah update knalpotny distandarin lg D


dhozx
Spoiler for dhozx
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


ipaang
Spoiler for ipaang

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


yuliusagungp
Spoiler for yuliusagungp
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


lightswift
Spoiler for lightswift

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Mickeel
Spoiler for Mickeel

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


octafiantos
Spoiler for jangan dibuka
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


new_boyz
Spoiler for new_boyz
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


doncoel
Spoiler for doncoel
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


sandi31
Spoiler for sandi31
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


torque6309
Spoiler for torque6309
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


4ngga
Spoiler for 4ngga
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


SimonJr
Spoiler for SimonJr
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


supir76
Spoiler for bebek mampet
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#10

Quote:
MEMBERS
Spoiler for alfattah

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

Spoiler for mendiang andeeka

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for Chandra_weebee

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for vhoorbha_xxx
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for altema
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for minggatkekali
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for sigitnur
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for stefensinyo
[spoiler=knalpot beracun ][Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for motor cupu
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for Gurameasamanis

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for hottrott
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for didoizescon
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for dienoceper
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for sonyhardika
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for soul83
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for RodneyMullen
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

Spoiler for dedi1989
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for CrappyCrispy

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for fathares
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for bee.cepticon(Galatea)

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for sigit12345
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for "punyarazor"

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for avenged7fold

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for Denggol123

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


Spoiler for arista18
[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4


KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:20 PM
#11

Quote:
BAHASA ISYARAT TOURING

Bahasa isyarat touring” atau “hand signals group riding” yang dipergunakan di Indonesia pada umumnya adalah sama sebagaimana telah dipakai oleh berbagai komunitas maupun klub motor di Indonesia ketika mereka melakukan touring.

Gambar dibawah ini adalah yang harus dilakoni oleh ‘Petugas VJ Touring’ karena ia akan memimpin barisan grup, sudah tentu posisinya harus berada di barisan paling depan. Kemudian bahasa isyarat yang diberikan oleh VJ harus di ikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor dua dan terus kebelakang.

Keterangan :
VJ = Vooridjer atau Leader Captain. posisi dalam Touring : paling depan
SW = Sweeper. Posisi dalam Touring : paling belakang

1. START MESIN: Petugas VJ memberikan isyarat ‘hidupkan mesin’ dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan.
Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari petugas SW yang ada paling belakang. Usai klakson SW tadi, VJ memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua peserta, artinya ‘ready to go.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

2. BELOK KIRI: Petugas VJ memberikan isyarat ‘belok kiri’ dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum ia belok ke kiri.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

3. BELOK KANAN: Petugas VJ memberikan isyarat belok kanan dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapa tangan kiri tebuka mengarak kekanana. Gerakan dilulangi beberapa kali menunjuk kekanan.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

4. BAHAYA DI SISI KIRI: Petugas VJ memberikan isyarat ada ‘bahaya di sisi kiri’ dengan mengangkat tangan kiri, serta menurunkan tangan kirinya ke bawah sambil membuka jari telunjuknya. Menunjuk sesuatu kebawah kiri seperti ada lubang atau jalan rusak. Cara ini jauh lebih baik dari pada dengan mengangkat kaki.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

5. BAHAYA DI SISI KANAN: Petugas VJ jika terpaksa memberikan isyarat ‘bahaya disisi kanan’ dengan cara mengangkat kaki kanan secukupnya. Isyarat ini bukan aksi mau menendang, tetapi hanya sekedar memberitahukan adanya bahaya dikanan karena tangan kanan pengendara harus tetap pegang handle gas.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

6. TAMBAH KECEPATAN:Petugas VJ memberikan isyarat ‘tambah kecepatan’ dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukkan jari telunjuk kirinya. Isyarat ini bisa juga di lakukan dengan membuka telapak tangan kiri kemudian digerakkan kedepan berulang-ulang. Gerakan tangan yang lain, yaitu tangan kiri diangkat ke atas kemudian didorong kedepan. Pesannya mengatakan ‘ayo maju lagi, yuk kita lebih cepat lagi’. Isyarat ini harus melihat kondisi jalan, apakah aman serta memungkinkan kecepatan bisa ditambah.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

7. KURANGI KECEPATAN: Petugas VJ memberikan isyarat ‘kurangi kecepatan’ dengan cara melepas lengan tangan kiri dari handle kopling dengan secukupnya kemudian telapak tangan terbuka dimainkan atau diayunkan dengan perlahan. Bisa juga lengan tangan kiri secara besar diayun-ayunkan agar terlihat oleh semua peserta. Biasanya isyarat ini dilakukan ketika melewati tikungan-tikungan di pegunungan atau di jalan lurus dimana VJ minta kecepatan dikurangi secara perlahan, atau juga VJ minta extra perhatian grup untuk selalu “hati-hati”.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

8. RAPATKAN BARISAN: Petugas VJ memberikan isyarat ‘rapatkan barisan’ dengan mengangat tangkat kirinya keatas, mengepalkan telapak tangan kiri kemudian diayunkan beberapa kali. Isyarat ini bisa juga ketika kecepatan mendadak diminta VJ agar segera pelan dan kemudian akan berhenti karena “red traffic light” atau bahaya lainnya.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

9. BUAT SATU BARIS: Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat barisan jadi satu’ dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan menempatkan telapak tangan kirinya diatas helm terbuka menghadap ke kanan, kemudian telapak tangan tadi diayungkan seperlunya. Isyarat satu baris ini juga bisa dengan mengangkat tangan kiri kemudian memberikan telunjuk satu kiri.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

10. BUAT DUA BARIS: Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat dua baris’ dengan cara mengangkat tangan kirinya sembari memberikan dua jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini meminta formasi barisan grup menjadi dua dengan syarat kecepatan rendah, kondisi jalan sepi dan formasi memang layak untuk berbaris dua. Jika kondisi dua baris sudah tidak mungkin lagi, maka secepatnya VJ memberikan isyarat satu baris (no. 11).

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

11. STOP/BERHENTI: Petugas VJ memberikan isyarat “berhenti/stop” dengan cara melepaskan tangan kirinya dari handle kopling kemudian telapak kirinya dibuka ke belakang sambil dimainkan atau digoyang-goyang menandakan harap segera berhenti. Isyarat ini jarang dipergunakan karena isyarat no. 10 rapatkan barisan dipakai sekaligus untuk berhenti.

[Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4

Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan..
jasen_pedrosa - 22/07/2012 04:21 PM
#12

Info Karisma

Quote:




Quote:
Dari agan awen777 \)
Wiring Diagram Bohay




Quote:
Dari agan CROM.HondaMotor \)
Penggantian Sparepart Secara Paket


Quote:
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:23 PM
#13

Foto Kegiatan Karisma On Kaskus


KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:24 PM
#14

reserved
KarismaOnKasKus - 22/07/2012 04:26 PM
#15

reserved ke 15 D
5 postingan terakhir di page one untuk KOK'ers \)

[B]SELAMAT DATANG DI[/B] RUMAH BARU KOK ke-4
beer:
CriboRasta90 - 22/07/2012 04:49 PM
#16

Sore KOK sun:

Newbie mau maen bentar ah o

Kangen sm si bohay \(

#Eh maaf baru nyadar rumah baru, ngisi pageone gini jadinya ngacir:
zanetti28 - 22/07/2012 05:38 PM
#17

KOK pindah rumah lagi :matabelo
selamat ya untuk rumah barunya shakehand2
vulvyaddicted - 22/07/2012 06:54 PM
#18

Quote:
Original Posted By CriboRasta90
Sore KOK sun:

Newbie mau maen bentar ah o

Kangen sm si bohay \(

#Eh maaf baru nyadar rumah baru, ngisi pageone gini jadinya ngacir:


buset ane juga kangen \(
pulpiikuuu \( \(

Quote:
Original Posted By zanetti28
KOK pindah rumah lagi :matabelo
selamat ya untuk rumah barunya shakehand2


eh saya page one ya D
bee.cepticon - 22/07/2012 11:13 PM
#19

masih dapet page one gak ya?

mau nebeng reserve buat page one...

buat edit thread rekomendasi bengkel *toh yang dulu juga uda outdated.. musti direvisi.. D
altine - 22/07/2012 11:27 PM
#20

mohon share om....

ane mw tanya harga swim arm karisma berap ya gan..????

n set cakram depan smpe shock na...????

thanks ya gan...

iloveindonesias
Page 1 of 51 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > [Share Info] Serba-Serbi Honda Karisma 125cc - Part 4