OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS
Home > LOEKELOE > OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS > Kayuh Pedal Cumbu Indonesia
Total Views: 4061 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 10 of 10 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10

StressMetaL - 16/10/2012 08:54 PM
#181
Terima kasih, Pulau Moyo....
Di Pulau Moyo, banyak terima kasih untuk :

- Mas Heri dan keluarga, banyak menemani kami selama di Moyo
- Mas Solahudin sang staff desa
- sikembar Lisa dan Misa,
- pak Ary Mandalo beer:
- bu guru Erma
- bu bidan Ana
- mas Taufik
- semua yang tidak tersebutkan satu persatu. Keramahan warga tidak mungkin kami lupakan. Terimakasih, kalembo ade..
insanpenyendiri - 16/10/2012 11:41 PM
#182

Kayuh Pedal Cumbu Indonesia

Inilah suasana di perahu bagang sebulan silam, 16 September 2012, hari ke 97 KPCI. Siang itu Anto dan aku girang bisa duduk di atasnya untuk kali pertama seumur hidup. Sedikit norak, memang. Pembelaan supaya dimaklumi pembaca adalah karena kampung kami jauh dari laut dan kami tidak punya tetangga nelayan.

---
Mata kami berjalan-jalan ke tiap bagian perahu. Keheranan melihat hal - hal baru. Sekira dua meter di depan kami ada katrol besar untuk menarik jangkar. Dua tuas yang tertanam di pinggirnya memberi tanda kalau menggulung jangkar bukanlah pekerjaan enteng. Artinya, butuh tenaga dua orang dewasa. Tapi hebatnya, ada seorang abk yang mengepalnya lalu memutarnya sendirian -meski untuk melakukannya ia harus berusaha keras karena nafasnya terlihat cepat tarik ulur.

Kami santai di tengah perahu yang lumayan lega. Lebarnya hampir setinggi badanku. Persis di belakang punggung kami ada keluarga bang Chris yang sedang tidur-tiduran. Bergeser lagi ke belakang terdapat ruangan kecil di kolong perahu. Itulah tempat nongkrongnya mesin berkapasitas ratusan PK yang entah sudah berapa lama bertugas di laut lepas. Penampilannya tua. Dan di ruang itu juga acara ciduk-buang air yang masuk ke perahu rutin dilakukan. Sementara di atas kepala, terpal setengah usang membentang panjang melindungi kami dari sengat siang. Badan perahu nyaris terteduhi semua, kecuali bagian kepala dan ekor.

Alat penangkap ikan sendiri: bagang, adalah yang menjuarai perhatianku. Meski untuk merebut perhatianku ia harus bersaing ketat dengan si dapur kecil berkompor minyak butut yang posisinya seperti melayang di atas air, di sebelah kiri, di dekat pantat perahu. Sebab kata mataku, alat masak di atas perahu adalah ketidaklaziman. Unik. Namun, si bagang memang yang layak jadi pemenang karena rancang bangunannya sangat memesona. Kayu-kayu panjang dan bambu bersilangan membentuk segi empat besar. Ukurannya aku tidak tahu persis. Luas di satu sisinya mungkin bisa mencapai 8x8 meter atau lebih. Dan di dalam segi empat besar itu ada kayu-kayu lagi yang saling silang, sehingga terbentuk lagi segi empat - segi empat yang lebih kecil.

Sementara, di tengah-tengah perahu tertancap dua tiang yang menjulang sama tinggi, di sebelah depan dan belakang. Fungsi tiang-tiang tersebut untuk mengokohkan bagang sekaligus penyeimbang. Bobot bagang sangat berat dan tidak mampu bertahan jika hanya ditopang oleh badan perahu, karenanya, sebagian beratnya dibagi ke kedua tiang itu. Sedikitnya puluhan tali kawat meregang dari puncak-puncak tiang sampai ke bawah, ke kayu-kayu yang tersebar di seluruh bagang. Saat aku mendongak ke atas, susunan kawat terlihat bagai garis - garis yang mengarsir langit.

Sekilas, rupa bagang seperti sayap bodoh yang tidak bisa menerbangkan perahu. Tapi, kegunaan yang sebenarnya adalah memerangkap dan menarik ikan. Aku terbayang jasa besarnya yang telah mampu menghidupi banyak keluarga nelayan. Betapa bermakna sosoknya.

Ah, mesin telah mati, perahu berhenti. Ombak melambai dan kami siap snorkeling di laut Calabai yang biru bening.

Nanti saja aku melanjutkan cerita tentang perahu bagang. Atau jika beruntung, barangkali kami berkesempatan menaiki perahu jenis lain, kelak, di lain tempat di timur sana.
sysmartel - 16/10/2012 11:43 PM
#183

Teruslah berkarya hai putra putra terbaik bangsa !
Inspirasi tidak akan pudar sebanding dengan tiap gowes yang kau kayuh
iloveindonesias iloveindonesias iloveindonesias
insanpenyendiri - 17/10/2012 11:38 PM
#184

Kayuh Pedal Cumbu Indonesia

Untuk OANC

Pulang dari Lakey kami menerima tawaran mampir dari panorama pesisir Hu'u. Sepeda kami tepikan ke bahu jalan. Dua tiga jurus narsis dijepret. Beres, kami menyambung lagi kayuhan ke Dompu.

Pantai Hu'u ini jaraknya 5an kilometer sebelum Lakey, atau sekitar 35 kilo kalau bertolak dari keramaian Dompu. Berkendara motor paling hanya 1 jam. Tapi, pergi dengan kendaraan beroda berarti mau tidak mau harus merelakan roda - roda itu jadi biseks: bersetubuh dengan aspal mulus dan kadang - kadang menggelinjang akibat digetar jalan rusak.

Anyway, mampirlah ke Lakey dan Hu'u kalau teman - teman berkesempatan ke Dompu. Buat yang suka olahraga air cobalah meluncur dengan papan di atas gulungan ombak Lakey. Ia pasti memberi anda kepuasan (tapi bukan kepuasan di atas ranjang yah!)

-14 Oktober 2012,-
insanpenyendiri - 18/10/2012 12:02 AM
#185

Quote:
Original Posted By registery
Wow, semangat kakak. Kalo udah sampe Lampung dan melewati Lampung Barat dan (lagi) butuh tempat singgah, Kami siap membantu...







—KOBAR™


Tengkiu om. Kalo lewat sana nanti dhubungi, om
Quote:
Original Posted By Pakmans
weiitts si bakulrombeng ikut gowes juga...

jangan lupa abiz ini bikin buku kayak buku MERABA INDONESIA. cuma bedanya mereka pake sepeda motor ini pake sepeda...


congratz dach


Amin. Tengkiu om.
Quote:
Original Posted By banteng
Oom koboi and oom kelip ditunggu cerita-cerita tentang negriku yg indah ya


Iya om banteng.
Quote:
Original Posted By seemut
kyknya sharing berikutnya bakalan bikin merinding...
Indonesia bagian timur...
Mang Koboy n Mang Klip ditunggu ceritanya dr Indonesia Timur


Siap mang semut
aulia249 - 18/10/2012 01:25 AM
#186

Semangat kawan, tularkan semangat mu ke semua bumi nusatara !:2thumbup
lotus - 18/10/2012 02:47 AM
#187

lucu termangu sambil garuk kepalaku,
tersipu malu menatap tulisanmu,
tanpa ragu aku terpaku,
terpukau melihat buah pikirmu..

sehat selalu, tetap semangat iloveindonesia
jalucoesta - 19/10/2012 02:23 AM
#188

kelihatannya asyik juga tuh naik sepeda keliling Indonesia pasti banyak pengalaman2 baru yang di dapat ya mas gan...
semoga apa yang menjadi tujuan bisa tercapai.Amiiin.... iloveindonesiasiloveindonesiasiloveindonesias
Page 10 of 10 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10
Home > LOEKELOE > OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS > Kayuh Pedal Cumbu Indonesia