CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
Total Views: 386 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

Hansip.Kampung - 28/07/2012 11:39 AM
#1
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
iloveindonesia[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprakiloveindonesia


Quote:
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak


[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak

Quote:
Quote:
Pendahuluan

     Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terbentang di khatulistiwa sepanjang 3200 mil (5.120 km2) dan terdiri atas 13.667 pulau besar dan kecil. Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yaitu Indo yang berarti Indoa dan Nesia yang berarti kepulauan. Indonesia juga erupakan 1/5 populasi terbesar di dunia dengan penduduk yang berasal dari ras Melayu dan Polinesia serta terdiri dari 300 suku dan cabangnya yang masing-masing suku memiliki tradisi sendiri.

Saya yakin semuanya telah mengetahui semua yang saya lampirkan diatas. Oh iya, Indonesia kan merdeka tanggal 17 Agustus maka dari itu Thread ini saya buat untuk mengikuti lomba Cinta Indonesiaku yang bertemakan warna warni Indonesia yang sekaligus memperingati kemerdekaan negara Indonesia tercinta kita.


[Seni Peran] Yuk Mengenal KetoprakLansung saja yuk cekidot[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak

[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak

Quote:
Quote:
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak

     Hampir sama dengan Ludruk, Ketoprak merupakan drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian dan digelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita dari sejarah, cerita panji, dongeng dan lainnya dengan diselingi lawak.Ketoprak muncul pada tahun ± 1922 pada masa Mangkunegaran. Kesenian ini diiringi musik dari gamelan yang berupa lesung, alu, kendang dan seruling.

Karena cerita atau pantun-pantunnya merupakan sindiran kepada Pemerintah atau Kerajaan maka kesenian ketoprak ini dilarang. Namun kesenian rakyat ini akhirnya tetap berkembang di pedesaan/ pesisiran. Setelah sampai di Yogyakarta ketoprak disempurnakan dengan iringan gamelan Jawa lengkap dengan tema ceritanya mengambil babad sejarah, cerita rakyat atau kerajaan sendiri. Ketoprak ini dilakukan oleh beberapa orang sesuai dengan keperluan ceritanya.

Adapun ciri khas dari Ketoprak ini dilakukan dengan dialog bahasa Jawa. Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita) seperti Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang.


Quote:
Quote:
Sejarah Ketoprak


     Semula ketoprak merupakan hiburan rakyat yang diciptakan oleh masyarakat di luar kerajaan. Mereka menyiapkan panggung dan berlagak menjadi raja, pejuang, pangeran, putri, dan siapa pun yang mereka inginkan. Pada perkembangannya, hiburan ketoprak juga diminati oleh anggota kerajaan, dan di setiap penampilannya selalu ada pelawak yang membuat ketoprak terasa semakin hidup.
Pada awal abad 19 ketoprak dipentaskan di pendapa Wreksodiningrat, seorang bangsawan Kraton Solo. Saat itu, pentas ketoprak menggunakan cerita sederhana dan iringan instrumen gamelan. Tahun 1924, muncul kelompok ketoprak kelilingan Langen Budi Wanodya, pentas di daerah Demangan Yogya. Karena mudah ditirukan, bermunculan grup ketoprak. Hampir setiap kampung memiliki grup ketoprak.

Tahun 1925, format Ketoprak berubah bukan hanya alat musik yang menggunakan biola, beberapa instrumen dan rebana, tapi juga cerita berkembang tak hanya ungkapan syukur petani namun merambah problem sosial masyarakat. "Tahun 1925-1926 ini disepakati sebagai periode ketoprak peralihan. Iringan musik menggunakan seperangkat gamelan dan cerita berkembang bersumber pada sejarah masa lampau, tata kostum dan tata pentas mulai mengalami kemajuan.

Tahun 1940-an ketoprak sangat dikenal masyarakat dampak disiarkan radio (RRI Yogya) yang semula bernama MAVRO. Tahun 1950-1960 ketoprak berkembang menjadi primadona pertunjukan masyarakat. Namun tahun 1966-1969, ketoprak mati akibat pergolakan politik di Indonesia. Mulai tahun 1970-an, ketoprak dibangkitkan lagi oleh pemerintah Orde Baru lewat institusi militer Kodim, Korem dan Kodam.

Tahun 1990 muncul ketoprak plesetan (humor) di Yogya. Dengan menggunakan pola baru membuat ketoprak kembali berubah, karena banyak mengadopsi idiom-idiom teater modern yang diolah dan dikemas dalam sebuah pentas ketoprak. Maka muncul istilah ketoprak garapan yang menawarkan konsep baru.

Dalam penyajian atau pementasannya menggunakan bahasa Jawa ini memiliki cerita yang beragam dan menarik. Mirip dengan teater, pertunjukan ini diisi dengan dialog-dialog yang membawa penonton merasakan atmosfir “dunia” Jawa pada masa Raja-Raja berkuasa.

Ceritanya diambil dari mana saja, baik dari sejarah tanah Jawa hingga cerita-cerita fantasi. Penampilannya juga selalu disertai tembang-tembang Jawa yang disisipkan di beberapa bagian cerita, sehingga dapat juga dibilang ketoprak di satu pihak mirip dengan operet.

Kostum dan dandanannya menyesuaikan dengan adegan atau lakon.
Pada awalnya, ketoprak menggunakan iringan suara lesung dan alu yang biasa digunakan sebagai alat penumbuk padi. Alat-alat ini menimbulkan suara: prak, prak, prak, yang merupakan asal dari kata ketoprak. Namun saat ini jalan cerita ketoprak diiringi oleh irama gamelan dan keprak yang tak henti. Dan ini sangat menarik dinikmati, terutama apabila memang pertunjukan ketoprak yang disuguhkan mengangkat cerita humor yang dapat mengundang tawa.


[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak Lanjutan Di Bawaah ya Gan! [Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
Hansip.Kampung - 28/07/2012 11:40 AM
#2

[FONT="Arial Black"][Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak Jenis-jenis Ketoprak [Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak

Quote:
Quote:
Ketoprak Lesung

Spoiler for IMG
[CENTER][CENTER][Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak[/CENTER]
[/CENTER]
     [color=DarkGreen]Sesuai dengan namanya, alat musik yang dipergunakan dalam Ketoprak ini terdiri dari lesung, kendang, terbang dan seruling. Ceritera yang dibawakan adalah kisah-kisah rakyat yang berkisar pada kehidupan di pademangan - pademangan, ketika para demang membicarakan masalah penanggulangan hama yang sedang melanda desa mereka atau ceritera-ceritera tentang Pak Tani dan Mbok Tani dalam mengolah sawah mereka.

Oleh karena itu kostum yang dipakaipun seperti keadaan mereka sehari hari sebagai penduduk pedesaan, ditambah dengan sedikit make up yang bersifat realis.

Untuk mementaskan Ketoprak Lesung dibutuhkan pendukung sebanyak ± 22 orang, yaitu 15 orang untuk pemain (pria dan wanita) dan 7 orang sebagai pemusik. Dalam pertunjukan ini tidak dikenal adanya vokalis khusus atau waranggana. Vokal untuk mengiringi musik dilakukan bersama-sama baik oleh pemusik maupun pemain.

Pertunjukan Ketoprak Lesung ini menggunakan pentas berupa arena dengan desain lantai yang berbentuk lingkaran. Sampai sekarang Ketoprak Lesung yang ada masih mempertahankan alat penerangan berupa obor, tetapi ada juga pertunjukan Ketoprak Lesung yang menggunakan lampu.

Salah satu perbedaan Ketoprak Lesung dengan Ketoprak Gamelan adalah adanya unsur tari. Pada waktu masuk atau keluar panggung atau kegiatan lain pemain Ketoprak Lesung melakukannya dengan tarian yang bersifat improvisasi.

Lama pertunjukan Ketoprak Lesung ini tergantung pada kebutuhan. Bila diminta bermain semalam suntuk maupun setengah malam pemain ketoprak ini akan menyesuaikan diri dengan mengambil lakon yang tepat untuk itu, akan tetapi dengan catatan bahwa pertunjukan hanya dilakukan pada malam hari.


Quote:
Quote:
Ketoprak Gamelan

Spoiler for IMG
[CENTER][CENTER][Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak[/CENTER]
[/CENTER]
     Meskipun merupakan perkembangan lebih lanjut Ketoprak Lesung akan tetapi fungsi pertunjukan Ketoprak Gamelan ini tidak berubah, yaitu sebagai hiburan bagi masyarakat, yang kadang-kadang menyelipkan penerangan penerangan dari pemerintah kepada mereka.

Hanya saja ceritera yang dimainkan dalam Ketoprak Gamelan ini lebih banyak diambil dari ceritera babad tentang kerajaan-kerajaan yang pernah ada, terutama di Jawa. Untuk mementaskan Ketoprak diperlukan pendukung sebanyak kurang lebih 34 orang pemain, penabuh gamelan, waranggana, dan dalang.

Lama pertunjukan untuk setiap pementasan mencapai 7 sampai 8 jam, dan bisa dilakukan baik siang maupun malam hari. Dalam pertunjukan Ketoprak ini para aktor biasanya berpedoman pada naskah singkat yang dibuat oleh dalang. Naskah ini hanya memuat pedoman tentang adegan apa saja yang harus ditampilkan dari inti dan ceritera yang dipentaskan. Dialog, blocking dan lain-lain permainan di panggung sepenuhnya dilakukan oleh pemain secara improvisasi. Ketoprak ini menggunakan alat musik yang berupa gamelan Jawa lengkap pelog dan slendro, atau slendro saja.

Para pemain Ketoprak memakai kostum dan make up yang bersifat realis sesuai dengan peran dan waktu ketika mereka tampil. Tempat pertunjukan berupa pentas berbentuk panggung dengan dekorasi (latar belakang) yang bersifat realis (sesuai dengan lokasi kejadian, misalnya di hutan, di kraton dan lain-lain). Demikian juga dialog yang diucapkan para pemainnya.

Ketoprak Gamelan dapat dikatakan sebagai drama tradisional yang biasanya mengambil ceritera tentang kerajaan-kerajaan tempo dulu. Sebelum permainan utama ketoprak di mulai, biasanya disuguhkan terlebih dahulu pertunjukan extra berupa tari-tarian yang tidak ada hubungannya dengan ceritera yang akan dimainkan.


Quote:
Quote:
Modernisasi Ketoprak

Spoiler for IMG
[CENTER][CENTER][Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak[/CENTER]
[/CENTER]
     Seiring berkembangnya jaman, budaya-budaya tradisional harus dapat berkompromi dan beradaptasi dengan jaman sekarang agar mereka bisa bertahan. Modernisasi ini bertujuan agar budaya tradisional Indonesia tidak punah. Beberapa tayangan di televisi yang berhasil mempertahankan budaya ketoprak adalah Ketoprak Jenaka, Ketoprak Humor, Ketoprak Canda, Ketoprak Jampi Stres dan Ketoprak Plesetan. Tayangan-tayangan televisi di atas telah dimodifikasi sedemikian sehingga mereka dapat beradaptasi dengan jaman sekarang, tetapi tidak kehilangan esensi mereka sebagai kebudayaan tradisional.

Menurut data Survey Research Indonesia, salah satu lembaga pemeringkat acara televisi, akhir Juni 2000, rating (peringkat) Ketoprak Canda 5. Artinya, acara itu ditonton oleh 5% dari sejumlah pemirsa di beberapa kota yang disurvai. Sementara Ketoprak Humor mengumpulkan rating 9. Dari angka-angka di atas, dapat kita lihat bahwa modernisasi ketoprak di Indonesia cukup berhasil.
[/COLOR][/FONT]

Foto-Foto Adegan Ketoprak

Spoiler for Klik
[CENTER][Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
[/CENTER]

Atau mau liat videonya? Lihat aja ini
:request
Quote:
[youtube]qzHgX3GrQV8[/youtube]
[youtube]QN-TBdw05O8[/youtube]
Hansip.Kampung - 28/07/2012 11:43 AM
#3

Quote:


[FONT="Arial Black"][COLOR="DarkGreen"]Terimakasih Telah Mengunjungi Thread Ane
cendolbig :rate5 cendolbig

[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak[/COLOR][/FONT]
Hansip.Kampung - 28/07/2012 11:45 AM
#4

RESERVED UNTUK TANYA JAWAB
beer:
Yost23 - 28/07/2012 04:41 PM
#5

kalo pilm OVJ itu hitungannya masuk ketoprak ato drama ato teater ya om ? \)
isaaac.cuenca - 28/07/2012 05:53 PM
#6

walah.. lengkap bener yak...D
ketoprak humor...D
jadi keinget jaman smp dulu..ngakaks
isaaac.cuenca - 28/07/2012 05:54 PM
#7

Quote:
Original Posted By Yost23
kalo pilm OVJ itu hitungannya masuk ketoprak ato drama ato teater ya om ? \)


ovj udah bukan termasuk ketoprak..D
ceritanya udah melenceng jauh dari pakem, lebih universal..D
mungkin lebih ke teater..D
Hansip.Kampung - 29/07/2012 09:53 AM
#8

Quote:
Original Posted By Yost23
kalo pilm OVJ itu hitungannya masuk ketoprak ato drama ato teater ya om ? \)


kalo OVJ itu bukan termasuk ketoprak \)
karena ceritanya melenceng
Quote:
Original Posted By isaaac.cuenca
walah.. lengkap bener yak...D
ketoprak humor...D
jadi keinget jaman smp dulu..ngakaks


wah bisa bernostalgia nih D
thanks gan sudah mengunjungi thread ane \)
KetuaBesar - 30/07/2012 06:55 PM
#9

yuk mengenal ketopraak..
ane kira keteprak makanan gan D
ternyata ketoprak humorD

asik gan nonton ketoprak soal nya homor nya indonesia banget dengan menggunakan pakaiaan adat gtu ya D

asiikk dah
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak
Hansip.Kampung - 31/07/2012 06:05 AM
#10

Quote:
Original Posted By KetuaBesar
yuk mengenal ketopraak..
ane kira keteprak makanan gan D
ternyata ketoprak humorD

asik gan nonton ketoprak soal nya homor nya indonesia banget dengan menggunakan pakaiaan adat gtu ya D

asiikk dah
[Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak


kwkw iya gan D
emang asik gan D
iya ;) menggunakan pakaian adat D
Roasted - 12/08/2012 11:50 PM
#11

Selamat Malam Thread Starter D
Ane Mau Menanyakan Beberapa Hal D
ane melihat postingan yang ada di atas think:
ovj termasuk ketoprak humor moderenisasi ya... iloveindonesias
Lakon-lakon yang dimainkan biasanya tentang cerita rakyat Indonesia yang dimodifikasi, cerita tentang karir seseorang yang terkenal, cerita rekaan, cerita hantu, cerita dari negara lain, atau cerita dari hal-hal yang sedang populer. Sedangkan ketoprak humor sesuai sejarah Ceritanya diambil dari mana saja, baik dari sejarah tanah Jawa hingga cerita-cerita fantasi. Penampilannya juga selalu disertai tembang-tembang Jawa yang disisipkan di beberapa bagian cerita, sehingga dapat juga dibilang ketoprak di satu pihak mirip dengan operet.

--

Ketoprak moderenisasi membuat Sejarah Ketoprak menjadi bertepuk sebelah tangan. soalnya ketoprak jaman sekarang tidaklah seperti jaman dahulu. Pakaiannya ngasal, tidak sesuai lawakan dilakukan dengan improvisasi dan mengandalkan panduan dalang, namun selalu berantakan karena para pelawak pasti melenceng dari garis besar yang dibacakan dalang. Kalau sudah seperti itu, sang dalang sendiri akan turun tangan dengan perasaan kesal karena diabaikan. Ia akhirnya ikut naik ke panggung dan mengawasi cerita, seringkali ikut campur atau bahkan malah dipermainkan. Pertanyaan saya kenapa ketoprak humor moderenisasi tidak mengambil konsep konsep dari ketoprak humor sesuai sejarah? bingungs
juragandh - 13/08/2012 01:06 AM
#12

Quote:
Original Posted By Roasted
Selamat Malam Thread Starter D
Ane Mau Menanyakan Beberapa Hal D
ane melihat postingan yang ada di atas think:
ovj termasuk ketoprak humor moderenisasi ya... iloveindonesias
Lakon-lakon yang dimainkan biasanya tentang cerita rakyat Indonesia yang dimodifikasi, cerita tentang karir seseorang yang terkenal, cerita rekaan, cerita hantu, cerita dari negara lain, atau cerita dari hal-hal yang sedang populer. Sedangkan ketoprak humor sesuai sejarah Ceritanya diambil dari mana saja, baik dari sejarah tanah Jawa hingga cerita-cerita fantasi. Penampilannya juga selalu disertai tembang-tembang Jawa yang disisipkan di beberapa bagian cerita, sehingga dapat juga dibilang ketoprak di satu pihak mirip dengan operet.

--

Ketoprak moderenisasi membuat Sejarah Ketoprak menjadi bertepuk sebelah tangan. soalnya ketoprak jaman sekarang tidaklah seperti jaman dahulu. Pakaiannya ngasal, tidak sesuai lawakan dilakukan dengan improvisasi dan mengandalkan panduan dalang, namun selalu berantakan karena para pelawak pasti melenceng dari garis besar yang dibacakan dalang. Kalau sudah seperti itu, sang dalang sendiri akan turun tangan dengan perasaan kesal karena diabaikan. Ia akhirnya ikut naik ke panggung dan mengawasi cerita, seringkali ikut campur atau bahkan malah dipermainkan. Pertanyaan saya kenapa ketoprak humor moderenisasi tidak mengambil konsep konsep dari ketoprak humor sesuai sejarah? bingungs


nah itulah yg sy bilang tadi..
ovj bukan termasuk ketoprak.. soalnya udah keluar jauh dari pakemnya..\)
BettaHouseJr - 13/08/2012 09:53 PM
#13

Quote:
Original Posted By juragandh
nah itulah yg sy bilang tadi..
ovj bukan termasuk ketoprak.. soalnya udah keluar jauh dari pakemnya..\)


OVJ mah kadang2 bs kebablasan untuk ngelucunya hehehe D
kl menurut ak sih emg gak msk golongan ketoprak D
Hansip.Kampung - 15/08/2012 07:27 AM
#14

Quote:
Original Posted By Roasted
Selamat Malam Thread Starter D
Ane Mau Menanyakan Beberapa Hal D
ane melihat postingan yang ada di atas think:
ovj termasuk ketoprak humor moderenisasi ya... iloveindonesias
Lakon-lakon yang dimainkan biasanya tentang cerita rakyat Indonesia yang dimodifikasi, cerita tentang karir seseorang yang terkenal, cerita rekaan, cerita hantu, cerita dari negara lain, atau cerita dari hal-hal yang sedang populer. Sedangkan ketoprak humor sesuai sejarah Ceritanya diambil dari mana saja, baik dari sejarah tanah Jawa hingga cerita-cerita fantasi. Penampilannya juga selalu disertai tembang-tembang Jawa yang disisipkan di beberapa bagian cerita, sehingga dapat juga dibilang ketoprak di satu pihak mirip dengan operet.

--

Ketoprak moderenisasi membuat Sejarah Ketoprak menjadi bertepuk sebelah tangan. soalnya ketoprak jaman sekarang tidaklah seperti jaman dahulu. Pakaiannya ngasal, tidak sesuai lawakan dilakukan dengan improvisasi dan mengandalkan panduan dalang, namun selalu berantakan karena para pelawak pasti melenceng dari garis besar yang dibacakan dalang. Kalau sudah seperti itu, sang dalang sendiri akan turun tangan dengan perasaan kesal karena diabaikan. Ia akhirnya ikut naik ke panggung dan mengawasi cerita, seringkali ikut campur atau bahkan malah dipermainkan. Pertanyaan saya kenapa ketoprak humor moderenisasi tidak mengambil konsep konsep dari ketoprak humor sesuai sejarah? bingungs


maaf atas kesalahpahaman jawaban yg ane buat diatas, maksud ane di post atas itu Ovj bukan termasuk ketoprak, tapi terlihat mirip seperti ketoprak. Kenapa OVJ bukan termasuk ketoprak? Nah itu dia karena OVJ itu ceritanya melenceng dan juga tidak sesuai dengan sejarah.
Terimakasih ngacir:
ZerauchiDouble - 16/08/2012 01:06 PM
#15

wah ane kira Ketoprak makanan gan hammer ngakak
iloveindonesia nice thread semoga menang lomba iloveindonesia
mail - 17/08/2012 04:31 AM
#16

wah ketoprak sekarang mulai sudah tersingkir oleh jaman gan
banyak kaum muda yang kurang begitu suka akan kesenian ini
berduka
Apeglie - 09/09/2012 01:51 PM
#17

salah satu hiburan yg merakyat yah iloveindonesias
abangojan - 10/09/2012 06:20 AM
#18

Quote:
Original Posted By Apeglie
salah satu hiburan yg merakyat yah iloveindonesias


iya gan sayang tapi banyak di lupakan berdukas
BettaHouseJr - 10/09/2012 11:43 PM
#19

Quote:
Original Posted By abangojan
iya gan sayang tapi banyak di lupakan berdukas


krn lbh ke arah luar negeri bang para remaja skrg
gak membudayakan Indonesia D
DarkSanTA - 14/09/2012 03:08 PM
#20

wah udah jarang di pentasi ketoprak sekarang...
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > [Seni Peran] Yuk Mengenal Ketoprak